10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kartu tarot adalah kartu yang sangat populer di berbagai kalangan. Bukan hanya untuk meramal, kartu tarot juga dapat dipakai untuk mengasah intuisi, sumber inspirasi, pengembangan diri, dan hubungan spiritual. Konon, sulit memilih kartu tarot yang tepat sebab setiap kartu didesain untuk individu tertentu.

Saat ini, kartu tarot dijual dengan beragam ilustrasi menawan, mengusung metode tradisional dan modern, serta dilengkapi buku panduan. Anda bisa memilih mulai dari dek kartu tarot klasik Rider-Waite, Zombie Tarot, Shadowscapes Tarot, hingga Wild Unknown yang populer. Simak artikel ini sampai selesai dan dapatkan dek kartu tarot kebanggaan Anda!

Daftar isi

Cara memilih kartu tarot

Ada ribuan jenis kartu tarot yang beredar saat ini. Masing-masing memiliki latar belakang, ilustrasi, simbol, kisah, tema, dan mitologi tertentu yang berbeda-beda. Ada yang menganut paham Rider-Waite dan juga paham Marseilles. Ada yang tradisional dan modern. Semuanya sangat indah, tetapi bagaimana cara memilih yang tepat? Simaklah beberapa poin di bawah ini!

Kartu tarot untuk profesional dan pemula

Kartu tarot untuk profesional dan pemula

Dalam sebuah kartu tarot tunggal, ada banyak sekali makna dan interpretasi. Anda bisa membaca makna tersebut dengan cara melihat ilustrasi kartunya. Artinya juga bisa berubah, tergantung apakah orang di dalam ilustrasi tersebut melihat ke kanan atau ke kiri, serta apakah kartunya dibuka secara terbalik. Metode pembacaannya bermacam-macam.

Karena ada berbagai versi, beberapa dek kartu tarot modern didesain tanpa nomor dan nama, serta urutan yang berbeda di luar aturan tradisional. Para pakar tarot mudah mengenali dan menginterpretasikannya, tetapi para pemula tentunya kesulitan. Oleh karena itu, para pemula dianjurkan membaca buku panduannya terlebih dahulu dan mengetahui dasar-dasar kartu tarot sebelum melakukan penafsiran.

Anda bisa mempelajari kartu major Arcana terlebih dahulu sebelum mengetahui minor Arcana. Apabila sudah terbiasa, nantinya Anda akan lebih mudah menafsirkan berbagai macam gambar dan simbol dalam kartu tarot.

Ketahui dua tradisi tarot: Rider-Waite-Smith dan Marseilles

Ketahui dua tradisi tarot: Rider-Waite-Smith dan Marseilles

Kartu tarot memiliki sejarah panjang dan telah berulang kali mengalami evolusi. Ada beberapa tradisi yang muncul selama evolusi tersebut. Namun, dalam artikel ini, kami akan membahas dua tradisi yang paling populer yaitu Rider-Waite-Smith (RWS) dan Marseilles.

Tarot Rider-Waite-Smith, atau lebih sering disebut Rider-Waite saja, adalah kartu tarot yang dikembangkan oleh Dr. Waite, diilustrasikan oleh Pamela Colman Smith, dan diterbitkan oleh Rider Company. Karena diterbitkan oleh Rider, kartu ini disebut sebagai versi Rider. Meski sejarahnya lebih dangkal dibandingkan Marseilles, para pembaca tarot dari pemula hingga profesional sangat memuja tarot Rider-Waite. Dek Rider-Waite memiliki ilustrasi gambar dan simbol sederhana yang memudahkan interpretasi. Tidak heran, dek Rider-Waite adalah yang terpopuler dan disebut nomor satu terbaik di dunia, terutama di Inggris.

Di sisi lain, tarot Marseilles sudah ada sejak abad ke-15 dan menjadi pelopor dari berbagai pengembangan tarot pada abad ke-19. Marseilles memiliki ciri khas gambar klasik, pola-pola indah, tetapi rumit. Gambar di setiap kartunya bisa memiliki beragam makna. Apabila dibanding dengan gambar sederhana dan simbol yang jelas dari tarot Rider-Waite, tarot Marseilles dianggap terlalu maju. Tarot Marseilles tidak mudah ditafsirkan dan memiliki urutan kartu yang berbeda dengan versi Rider-Waite.

Para pembaca tarot profesional mungkin akan lebih menyukai Marseilles karena sangat menantang intuisi. Sementara itu, para pemula dianjurkan memilih tarot Rider-Waite. Saat ini, hampir semua tarot modern menganut tradisi Rider-Waite. Akan tetapi, kartu tarot Marseilles cukup jarang ditemukan di toko online di Indonesia.

Pastikan terdapat kartu minor Arcana lengkap di dalam dek tarot Anda

Pastikan terdapat kartu minor Arcana lengkap di dalam dek tarot Anda

Pada umumnya, kartu tarot berjumlah 78 buah yang terbagi menjadi 22 kartu major Arcana dan 56 kartu minor Arcana. Dek kartu tarot yang berjumlah 78 buah ini disebut dek utuh.

Sebenarnya, Anda bisa meramal dengan menggunakan 22 kartu major Arcana saja. Set major Arcana lebih disarankan untuk pemula karena terlalu sulit menghafal makna dari 78 kartu dalam waktu singkat. Apabila ingin menjajal minor Arcana, mulailah terlebih dahulu dengan mengenali ke-22 major Arcana.

Dek kartu tarot biasanya dijual lengkap sebanyak 78 kartu. Apabila Anda pemula, tidak masalah apabila Anda membeli dek tarot, tetapi hanya menggunakan kartu major Arcana saja. Namun, perhatikanlah dek kartu tarot yang akan dibeli. Ada dek kartu tarot yang dijual hanya dengan major Arcana saja. Dek kartu tarot terbaik adalah yang memiliki kartu minor Arcana lengkap.

Pilih ukuran kartu tarot yang sesuai kebutuhan

Pilih ukuran kartu tarot yang sesuai kebutuhan

Sebagaimana ilustrasi kartu tarot yang bermacam-macam, ukuran kartunya pun beragam. Beberapa kartu tarot dirancang kecil agar mudah dibawa, sedangkan ada juga kartu tarot yang berukuran sebesar kartu pos. Untuk peramal tarot yang sering bepergian keluar rumah sebaiknya membeli ukuran kecil.

Selain itu, memilih ukuran kartu tarot yang sesuai akan memudahkan Anda dalam mengocok kartu. Kartu tarot yang besar juga memudahkan Anda dalam melihat gambarnya. Pilihlah dek kartu tarot sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Pilih kartu tarot yang sesuai dengan karakter pemiliknya

Pilih kartu tarot yang sesuai dengan karakter pemiliknya

Bagaimanapun juga, kartu tarot adalah alat spiritual yang sering dipakai untuk membaca masa depan. Oleh karena itu, dipercaya bahwa setiap dek tarot dirancang berbeda. Tidak semua dek tarot dapat mengalami koneksi spiritual dengan pemiliknya. Biasanya, Anda akan mendapat intuisi tertentu atau panggilan jiwa saat memilih kartu tarot berdasarkan gambarnya.

Setiap kartu tarot memiliki tema dan style yang berbeda. Ada yang bertema fantasi, zombi, gotik, historis, mode, dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda memilih kartu tarot yang sesuai dengan karakter Anda sendiri. Tergantung juga bagaimana Anda akan menggunakannya. Misalnya, seorang seniman atau penulis akan memilih kartu tarot yang dapat membuahkan inspirasi. Untuk yang senang bermeditasi, ada kartu tarot yang didesain sebagai media kontemplasi.

Namun, bagi pemula, yang terpenting adalah memiliki kartu tarot dasar untuk belajar makna. Setelah terbiasa, Anda bisa memilih set kartu tarot unik yang dirasakan memiliki koneksi spiritual atau kompatibel dengan kepribadian Anda.

10 Rekomendasi kartu tarot terbaik

Apa saja sepuluh rekomendasi kartu tarot terbaik yang patut dijadikan pilihan? Simak daftar di bawah ini!

10. United States Games Systems Dreaming Way Tarot

10. United States Games Systems Dreaming Way Tarot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 410.000

Favorit para peramal tarot muda, inilah kartu tarot paling fashionable!

Dreaming Way Tarot dibuat oleh Rome Choi bersama dengan pelukis terkenal Korea, Kwon Shina, dan diterbitkan oleh US Games Systems pada tahun 2012. Kartu tarot kontemporer ini berukuran 6.9 cm x 12 cm dengan gambar artistik yang sangat stylish, pasti disukai oleh Anda pencinta mode! Dek ini dilengkapi juga dengan booklet mungil berwarna putih sebagai panduannya.

Dek tarot ini memiliki pendekatan Rider-Waite. Sebanyak 78 kartunya mengangkat tema numerological yang diilustrasikan secara lembut, evokatif, berjiwa muda, dan mempersembahkan interpretasi yang segar. Cocok untuk para pembaca tarot berusia muda, Dreaming Way Tarot adalah salah satu dek terfavorit para penggemar tarot dunia.

9. Quirk Books The Zombie Tarot

9. Quirk Books The Zombie Tarot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 395.000

Kapankah kiamat zombi terjadi? Ramalkan dengan Zombie Tarot!

Tarot Rider-Waite berkolaborasi dengan film zombi klasik Night of the Living Dead … dan terciptalah Zombie Tarot! Dibuat oleh Paul Kepple pada tahun 2012, Zombie Tarot terdiri dari 78 kartu bergambar mayat hidup. Empat lambang minor Arcana ikut berubah: Tongkat menjadi tungkai zombi, cawan menjadi tengkorak, pedang menjadi kapak pembunuh, dan koin menjadi simbol bioharzard.

Zombie Tarot dilengkapi buku panduan berwarna setebal 96 halaman yang mengajari Anda cara bertahan hidup dengan tarot selama kiamat zombi berlangsung. Kotaknya didesain unik untuk menyimpan peluru dan abu kremasi. Penggemar zombi dan penyuka tema dark wajib mengoleksi kartu tarot ini! Anda juga bisa menjadikannya sebagai kado halloween.

8. Llewellyn Lo Scarabeo Marseille Cat Tarot

8. Llewellyn Lo Scarabeo Marseille Cat Tarot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 396.000

Tarot Marseilles klasik kini berilustrasi kucing. Tak hanya menggemaskan, tetapi juga inspiratif

Tentu saja dek tarot tidak selalunya berilustrasi gotik. Jika Anda mencari dek berilustrasi gambar yang ringan dan hangat, pilih dek kartu ini. Bagi penyuka kucing, Anda pasti akan terhibur dengan gambar-gambar kucing antromorfis di dalamnya. Kartu tarot ini menyatukan tradisi tarot Prancis dan karakter-karakter sejarah dalam perwujudan kucing yang lucu!

Kartu Marseilles yang tua dan serius dibawakan dengan tokoh-tokoh kucing yang playful dan menginspirasi Anda dalam pembacaan. Warna-warna primer hangatnya memudahkan Anda memilah antara jenis-jenis kartu minor Arcana. Dek ini direkomendasikan pula untuk pemula yang ingin mempelajari tarot bertradisi Marseilles.

7. United States Games Systems Deviant Moon Tarot Deck

7. United States Games Systems Deviant Moon Tarot Deck

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 370.000

Dek bernuansa gotik yang mengajak Anda menyelami gambar imajinatif yang quirky

Terbit pertama kali pada tahun 2008, Deviant Moon Tarot adalah karya artist dan penulis buku cerita bernama Patrick Valenza. Dek ini terdiri dari 78 kartu tarot komplet yang mengusung tradisi campuran dan dilengkapi dengan booklet panduan mungil. Gaya ilustrasinya disajikan dengan tema gotik dan surealis yang kental.

Patrick Valenza terinspirasi dari mimpi buruk masa kanak-kanak, simbol-simbol kuburan, dan rumah sakit jiwa. Setiap kartunya dirancang untuk menyelami alam bawah sadar dengan ilustrasi gelap nan imajinatif, yang meski beberapa dinilai disturbing, tetapi memiliki makna mendalam. Kartu berukuran 6.99 cm x 13.02 cm ini wajib dikoleksi oleh pencinta tarot yang menyukai tema gelap.

6. Llewellyn Lo Scarabeo After Tarot Deck

6. Llewellyn Lo Scarabeo After Tarot Deck

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 410.000

Kartu bertema Rider-Waite dengan konsep paling kreatif!

Terbit pada tahun 2016, After Tarot memiliki konsep yang sangat kreatif. Setiap kartunya mengilustrasikan kelanjutan adegan dari tarot Rider-Waite yang asli. Misalnya, adegan apa yang kira-kira terjadi dengan The Fool setelah ia menginjakkan kakinya ke jurang? Kartu After Tarot tampak seperti foto before-after apabila disandingkan dengan kartu Rider-Waite yang asli.

Selain 78 kartu komplet berukuran 6.5 cm x 12 cm, Anda juga mendapat buku panduan 160 halaman yang diterbitkan dalam enam bahasa. Ilustrasinya juga sangat menyerupai gambar pelukis asli dari Rider-Waite yaitu Pamela Colman Smith. After Tarot cocok untuk penggemar tarot Rider-Waite yang sudah berpengalaman dan ingin berganti suasana, bukan untuk para pemula.

5. Schiffer Books The Transparent Tarot

5. Schiffer Books The Transparent Tarot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 825.000

Transparan dan penuh makna, dek tarot yang lain dari yang lain!

Ratusan kartu tarot dijual dengan desain unik, tetapi yang satu ini disebut memiliki inovasi terkeren di dunia tarot. Dibuat oleh Emily Carding pada tahun 2008, Transparent Tarot terdiri dari 78 kartu plastik transparan dengan gambar sederhana dan simbolis. Satu kartu apabila dipadu dengan kartu lain akan menampakkan kombinasi gambar dan makna baru! Metode inovatif ini dianggap genius dan mempersembahkan dimensi berbeda.

Transparent Tarot akan mengasah intuisi Anda dalam menangkap lambang, sosok, dan panorama tersembunyi. Kartunya berukuran 11.5 x 12.6 cm dan dilengkapi buku panduan berwarna setebal 149 halaman. Transparent Tarot cocok dikoleksi oleh seluruh penggemar tarot, baik pemula maupun profesional, untuk dipakai sebagai sarana meditasi, brainstorming, dan meramal.

4. Weiser Books English Magic Tarot

4. Weiser Books English Magic Tarot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 445.000

Telusuri sejarah Inggris yang kelam dengan kartu bergaya komik klasik

English Magic Tarot dibuat oleh Rex Van Ryn, Steve Dooley, dan Andy Letcher pada tahun 2016. Berlatar belakang Inggris abad ke-16, Anda akan dibawa ke era bersejarah yang sangat kental dengan sihir. Buku panduan setebal 149 halamannya akan menyertai Anda dengan kiat-kiat membaca tarot, berikut segala informasi mengenai zaman kegelapan di Inggris.

Kartu ini berukuran 7.6 x 12 cm dengan ilustrasi bergaya komik yang menampilkan adegan tarot sederhana, tetapi modern dan penuh teka-teki tersembunyi. Beberapa pembaca tarot berpengalaman mungkin akan dikejutkan oleh twists dan perspektif baru dari English Magic Tarot. Kartu ini juga direkomendasikan untuk para penggemar komik klasik dan sejarah sihir.

3. Llewellyn Shadowscapes Tarot

3. Llewellyn Shadowscapes Tarot

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Memanjakan mata para penggemar fantasi dengan ilustrasi indahnya

Untuk penggemar fantasi dan pengagum ilustrasi cat air, Anda akan menyukai Shadowscapes Tarot. Shadowscapes diterbitkan oleh Llewellyn pada tahun 2010 dan segera menjadi favorit para penggemar tarot dunia. Terdiri dari 78 kartu berukuran 6.9 x 11.4 cm dan pocket-sized booklet setebal 250 halaman, dek ini akan memanjakan mata dan intuisi Anda dengan ilustrasi indah karya Stephanie Pui-Mun Law.

Shadowscapes menggabungkan unsur Celtic, Asia, dan fantasi yang diilhami dari tradisi Rider-Waite. Terdapat pula paduan berbagai simbol khas negeri dongeng, mitologi, dan cerita rakyat dari berbagai belahan dunia. Di dalam bukunya, Anda juga bisa menemukan kata pengantar dari Barbara Moore, pakar tarot yang memenangkan penghargaan. Baik pemula maupun profesional, Shadowscapes Tarot bisa melengkapi koleksi tarot terbaik Anda.

2. The Wild Unknown Tarot by Kim Krans

2. The Wild Unknown Tarot by Kim Krans

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 620.000

Disebut cult sensation, kartu tarot kontemporer terpopuler abad ini!

Wild Unknown Tarot terbit pada tahun 2012 dan hingga kini menjadi dek yang paling digilai oleh penggemar tarot dunia. Kartu tarot ini perpaduan tradisi Rider-Waith dan Marseilles. Tema yang diusung adalah tentang alam dan kerajaan binatang. Sederhana, namun sangat intuitif. Kartunya berukuran 7 cm x 12 cm dan dilengkapi buku panduan 208 halaman berisi tulisan tangan Kim Krans. Kotaknya pun didesain elegan dengan lifting ribbon hitam.

Saking populernya, gambar-gambar kartu Wild Unknown Tarot telah banyak menginspirasi pembuatan lukisan, busana, tato, dan menjadikan Kim sebagai pelopor metode pembacaan tarot abad ke-21. Kartu tarotnya adalah karya seni yang membawa Anda mengeksplorasi misteri alam yang hitam putih. Wild Unknown mendapat titel “A New York Times Bestseller” dan wajib dimiliki pencinta kartu tarot kontemporer.

1. United States Games Systems Rider-Waite Tarot Deck

1. United States Games Systems Rider-Waite Tarot Deck

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 385.000

Terbaik sepanjang masa, kartu tarot nomor satu di seluruh dunia!

Dari ribuan kartu tarot, baik yang tradisional maupun modern, mungkin masih belum bisa mengalahkan Rider-Waite-Smith Tarot yang asli. Dek klasik ini merupakan kreasi Arthur Edward Waite dan Pamela Colman Smith sebagai ilustratornya. Pada tahun 1971, penerbit United States Games Systems mengantongi lisensi original untuk mencetak RWS dalam berbagai ukuran, menggantikan penerbit William Rider & Son.

Kualitas kertasnya berbahan glossy yang memudahkan pengocokan kartu dengan ukuran standar 6.9 cm x 11.7 cm. RWS dari U.S. Games juga dilengkapi buku panduan untuk Anda belajar pemahaman dasar-dasar tarot. Bagi pemula, RWS selalu direkomendasikan untuk menjadi kartu tarot pertama. Bagi para profesional, RWS akan selalu menjadi panduan meramal yang utama. Ini adalah kartu tarot terbaik sepanjang masa.

Kesimpulan

Manakah kartu tarot yang menjadi pilihan Anda? Kartu tarot bukan hanya digunakan untuk meramal, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kepentingan spiritual, menggali inspirasi, dan mengasah intuisi. Pilihlah dek kartu tarot terbaik sesuai dengan kepribadian Anda yang unik. Semoga artikel dari kami dapat bermanfaat!