• 10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kartu tarot sangat populer di berbagai kalangan. Selain untuk meramal, kartu tarot dapat dipakai untuk mengasah intuisi, sumber inspirasi, pengembangan diri, dan hubungan spiritual. Konon sulit memilih set tarot yang tepat karena setiap kartu didesain untuk individu tertentu.

Saat ini kartu tarot hadir dengan beragam ilustrasi menawan. Beberapa tarot mengusung metode tradisional dan modern serta dilengkapi buku panduan. Anda bisa memilih mulai dari tarot klasik Rider-Waite-Smith, TrueBlack, hingga The Wild Unknown yang populer. Kartu tarot bahasa Indonesia juga ada di sini. Temukan set kartu tarot kebanggaan Anda di artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu kartu tarot?

Apa itu kartu tarot?

Kartu tarot adalah kartu yang digunakan untuk kebutuhan spiritual ataupun meramal. Set tarot terdiri dari sekumpulan kartu bergambar yang melambangkan berbagai elemen di alam semesta. Gambar dan simbol tersebut mempresentasikan kehidupan manusia. 


Dek kartu tarot umumnya terdiri dari 78 lembar kartu. Sebanyak 78 kartu terbagi lagi menjadi 22 kartu Major Arcana dan 56 kartu Minor Arcana. Jika Anda pertama kali membeli, pilihlah set tarot komplet berjumlah 78 kartu. Dengan begitu, Anda dapat berlatih membaca tarot sekaligus mempelajari semua makna kartu. 


Kartu tarot memiliki sejarah panjang dan telah berulang kali mengalami evolusi. Namun, ada setidaknya dua macam basis atau tradisi atau gaya pembacaan tarot yang populer, yaitu Rider-Waite-Smith (RWS) dan Marseilles. Saat ini Anda juga bisa menemukan banyak set tarot modern dengan gaya Rider-Waite yang sudah dimodifikasi.

Cara memilih kartu tarot

Ada ribuan jenis kartu tarot yang beredar saat ini. Setiap tarot dirancang dengan latar belakang, ilustrasi, simbol, kisah, tema, dan mitologi yang berbeda-beda. Jadi, bagaimanakah cara memilih kartu tarot yang tepat? Khususnya untuk Anda para pemula tarot, simaklah beberapa poin di bawah ini!

Ketahui jenis kartu tarot berdasarkan basis atau gaya pembacaannya

Apakah Anda pemula yang baru pertama kali ingin membeli tarot? Ataukah Anda sudah terbiasa membaca tarot dan sedang ingin mencari set tarot terbaru? Perhatikanlah jenis tarot hingga urutan nomor yang tercantum di setiap kartunya. 

Rider-Waite-Smith: Untuk pemula yang ingin mempelajari makna tiap kartu

Rider-Waite-Smith: Untuk pemula yang ingin mempelajari makna tiap kartu

Tarot Rider-Waite-Smith (RWS) atau Rider-Waite adalah tarot yang direkomendasikan untuk pemula karena mudah dibaca. Tarot Rider-Waite mengusung ilustrasi gambar dan simbol sederhana yang memudahkan interpretasi


Hampir semua tarot modern menganut tradisi Rider-Waite. Namun, ada pula set tarot Rider-Waite yang merupakan kombinasi dari berbagai metode pembacaan yang lebih modern. Set tersebut tentu saja tidak semuanya cocok untuk pemula. Sebelum membeli, periksa apakah set tarot tersebut merupakan Rider-Waite murni, bukan modifikasi.


Untuk pemula, pastikan Anda membeli set tarot komplet berjumlah 78 kartu. Sebenarnya, Anda bisa meramal dengan menggunakan 22 kartu Major Arcana saja. Set Major Arcana lebih disarankan jika Anda kesulitan menghafal makna dari seluruh kartu dalam waktu singkat. Apabila Anda sudah terbiasa, silakan menambahkan set kartu Minor Arcana dalam pembacaan tarot.

Marseilles dan tradisi campuran: Untuk pembaca tarot profesional atau yang sudah terbiasa

Marseilles dan tradisi campuran: Untuk pembaca tarot profesional atau yang sudah terbiasa

Pembaca tarot profesional mungkin lebih menyukai tarot dengan tradisi yang lebih menantang intuisi. Berikut beberapa jenis tarot yang kami rekomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa membaca tarot.


  • Tarot Marseilles memiliki ciri khas gambar klasik dan pola-pola yang rumit. Gambar di setiap kartunya bisa memiliki beragam makna. Marseilles tidak mudah ditafsirkan dan terkadang memiliki urutan kartu atau penomoran yang berbeda dengan Rider-Waite. Sayangnya, tarot dengan gaya pembacaan Marseilles masih cukup jarang ditemukan di e-commerce Indonesia.

  • Pembaca tarot profesional juga tetap bisa memilih dek dengan aturan Rider-Waite. Struktur kartu tarot Rider-Waite pun tidak berbeda dengan tarot Marseilles. Jika ingin lebih menantang, Anda bisa memilih dek tarot dengan basis Rider-Waite yang sudah dimodifikasi ataupun campuran, contohnya After Tarot dan Deviant Moon, dan Wild Unknown

  • Set tarot dengan aturan modern dan unik juga dapat dipilih. Set tarot modern, seperti The Transparent Tarot, menawarkan banyak interpretasi baru yang tidak biasa dan terkadang mendobrak aturan klasik.

Pilih ukuran kartu tarot yang mudah digenggam

Pilih ukuran kartu tarot yang mudah digenggam

Saat membeli melalui toko online, Anda perlu memastikan ukuran kartu tarotnya. Tarot tersedia dalam ukuran mini 4,4 cm x 8 cm, ukuran standar 6 cm x 12 cm, dan ukuran yang lebih besar berupa 8 cm x 14,5 cm


Ukuran standar paling banyak dijual dan direkomendasikan karena mudah digenggam, terutama bagi pemula. Jika Anda sudah terbiasa atau sering bepergian sebagai peramal tarot, pilihlah ukuran kecil agar mudah dibawa. 

Pertimbangkan tarot keluaran penerbit atau kreator ternama untuk kualitas terbaik

Pertimbangkan tarot keluaran penerbit atau kreator ternama untuk kualitas terbaik

Setiap set kartu tarot memiliki tema desain dan kualitas produk yang berbeda. Hal ini bergantung pada penerbit, kreatoratau seniman pembuatnya. Jika tarot akan digunakan untuk kebutuhan profesional seperti meramal, Anda membutuhkan kualitas terbaik.


  • Set tarot keluaran penerbit Amerika, U.S. Games Systems, memiliki kualitas kartu yang tebal dan awet. Produk mereka cocok digunakan untuk jangka panjang. Namun, beberapa set tarotnya mungkin memiliki kualitas desain yang kurang istimewa. 


  • Penerbit Italia Llewellyn dan Lo Scarabeo memiliki set tarot berdesain ilustrasi yang sangat menawan. Meskipun begitu, kualitas kartunya tidak seawet dan sekuat produk dari U.S. Games Systems. Hal baiknya adalah kartu produksi Lo Scarabeo memiliki tekstur yang licin dan mudah dikocok.


  • Anda juga bisa menemukan kreator dan seniman kartu tarot lainnya di pasaran yang menerbitkan karya secara self publishing. Contohnya adalah set tarot TrueBlack yang memiliki desain unik kekinian dan populer.

Carilah set tarot yang sesuai dengan style dan selera. Dengan begitu, Anda lebih mudah terkoneksi secara spiritual dan lebih nyaman menggunakan kartunya. 

Pastikan tarot telah dilengkapi dengan buku panduan

Beberapa set tarot modern didesain tanpa nomor dan nama. Ada pula set tarot dengan gaya yang berbeda di luar aturan tradisional. Para pakar tarot mudah mengenali dan menginterpretasikannya, tetapi para pemula tentunya kesulitan. 


Karena itu, para pemula dianjurkan membeli set tarot yang dilengkapi dengan buku panduan khusus. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui aturan, arti, dan cara kerja kartu tarot tersebut sebelum melakukan penafsiran. Anda juga bisa memilih buku panduan dan set kartu tarot Bahasa Indonesia yang tentunya lebih mudah dimengerti.

10 Rekomendasi kartu tarot terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kartu tarot terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

LlewellynMarseille Cat Tarot by Lo Scarabeo

Mulai dari Rp 437.850,00

Gaya pembacaanMarseilles
Ukuran kartu6,6 cm x 12 cm
PenggunaPemula hingga profesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
9

Hisyam A. FachriTarot Nusantara

Mulai dari Rp 390.000,00

Gaya pembacaanRider-Waite
Ukuran kartu7 cm x 10 cm
PenggunaPemula hingga profesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
8

Schiffer PublishingThe Transparent Tarot (2) by Emily Carding

Mulai dari Rp 1.200.000,00

Gaya pembacaanModern
Ukuran kartu11,5 cm x 12,6 cm
PenggunaProfesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
7

LlewellynLo Scarabeo After Tarot Deck by Pietro Alligo, Corrine Kenner, Giulia F. Massaglia

Mulai dari Rp 505.000,00

Gaya pembacaanRider-Waite (modifikasi)
Ukuran kartu6,5 cm x 12 cm
PenggunaProfesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
6

Quirk BooksThe Zombie Tarot by Paul Kepple, Stacey Graham

Mulai dari Rp 464.000,00

Gaya pembacaanRider-Waite (dengan sedikit perbedaan makna pada kartu Minor Arcana)
Ukuran kartu6,9 cm x 12 cm
PenggunaPemula hingga profesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
5

LlewellynShadowscapes Tarot by Stephanie Pui-Mun Law, Barbara Moore

Mulai dari Rp 444.400,00

Gaya pembacaanRider-Waite
Ukuran kartu6,9 cm x 11,4 cm
PenggunaPemula hingga profesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
4

HarperCollinsThe Wild Unknown Tarot Boxset by Kim Krans

Mulai dari Rp 686.000,00

Gaya pembacaanCampuran (kombinasi Rider-Waite dan Marseilles)
Ukuran kartu7 cm x 12 cm
PenggunaPemula hingga profesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
3

U.S. Games SystemsDeviant Moon Tarot Deck by Patrick Valenza

Mulai dari Rp 590.000,00

Gaya pembacaanCampuran (modifikasi dari tradisi Rider-Waite)
Ukuran kartu6,9 cm x 13 cm
PenggunaProfesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
2

Penguin Books Ebury PublishingThe Original Rider Waite Tarot Deck by A.E. Waite, Pamela Colman Smith

Mulai dari Rp 454.000,00

Gaya pembacaanRider-Waite
Ukuran kartu7 cm x 12 cm
PenggunaPemula hingga profesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu78
1
Gaya pembacaanRider-Waite (modifikasi)
Ukuran kartu6,9 cm x 12 cm
PenggunaProfesional
Buku panduanAda
Jumlah kartu79

Tabel perbandingan produk kartu tarot terbaik

Gambar produk
1
Arthur Wang TrueBlack Tarot 1

Arthur Wang

2
Penguin Books Ebury Publishing The Original Rider Waite Tarot Deck by A.E. Waite, Pamela Colman Smith 1

Penguin Books Ebury Publishing

3
U.S. Games Systems Deviant Moon Tarot Deck by Patrick Valenza 1

U.S. Games Systems

4
HarperCollins The Wild Unknown Tarot Boxset by Kim Krans 1

HarperCollins

5
Llewellyn Shadowscapes Tarot by Stephanie Pui-Mun Law, Barbara Moore 1

Llewellyn

6
Quirk Books The Zombie Tarot by Paul Kepple, Stacey Graham 1

Quirk Books

7
Llewellyn Lo Scarabeo After Tarot Deck by Pietro Alligo, Corrine Kenner, Giulia F. Massaglia 1

Llewellyn

8
Schiffer Publishing The Transparent Tarot (2) by Emily Carding 1

Schiffer Publishing

9
Hisyam A. Fachri Tarot Nusantara 1

Hisyam A. Fachri

10
Llewellyn Marseille Cat Tarot by Lo Scarabeo 1

Llewellyn

Nama produk

TrueBlack Tarot

The Original Rider Waite Tarot Deck by A.E. Waite, Pamela Colman Smith

Deviant Moon Tarot Deck by Patrick Valenza

The Wild Unknown Tarot Boxset by Kim Krans

Shadowscapes Tarot by Stephanie Pui-Mun Law, Barbara Moore

The Zombie Tarot by Paul Kepple, Stacey Graham

Lo Scarabeo After Tarot Deck by Pietro Alligo, Corrine Kenner, Giulia F. Massaglia

The Transparent Tarot (2) by Emily Carding

Tarot Nusantara

Marseille Cat Tarot by Lo Scarabeo

Keunggulan

Tarot berkualitas tinggi, ilustrasinya gelap dan sangat aesthetic!

Terbaik sepanjang masa, tarot nomor satu di seluruh dunia!

Deck bernuansa gotik ini mengajak Anda menyelami gambar imajinatif nan quirky

Disebut cult sensation, set tarot kontemporer terpopuler abad ini!

Memanjakan mata penggemar fantasi dengan ilustrasi indahnya

Kapankah kiamat zombi terjadi? Ramalkan dengan Zombie Tarot!

Kartu tarot bertema Rider-Waite dengan konsep revolusioner

Transparan dan penuh makna, set tarot yang lain dari yang lain!

Kartu tarot Indonesia, sarat makna dan filosofi budaya Nusantara

Tarot Marseilles klasik kini berilustrasi kucing, menggemaskan dan inspiratif!

Harga mulai dariRp 2.100.000,00Rp 454.000,00Rp 590.000,00Rp 686.000,00Rp 444.400,00Rp 464.000,00Rp 505.000,00Rp 1.200.000,00Rp 390.000,00Rp 437.850,00
Gaya pembacaanRider-Waite (modifikasi)Rider-WaiteCampuran (modifikasi dari tradisi Rider-Waite)Campuran (kombinasi Rider-Waite dan Marseilles)Rider-WaiteRider-Waite (dengan sedikit perbedaan makna pada kartu Minor Arcana)Rider-Waite (modifikasi)ModernRider-WaiteMarseilles
Ukuran kartu6,9 cm x 12 cm7 cm x 12 cm6,9 cm x 13 cm7 cm x 12 cm6,9 cm x 11,4 cm6,9 cm x 12 cm6,5 cm x 12 cm11,5 cm x 12,6 cm7 cm x 10 cm6,6 cm x 12 cm
PenggunaProfesionalPemula hingga profesionalProfesionalPemula hingga profesionalPemula hingga profesionalPemula hingga profesionalProfesionalProfesionalPemula hingga profesionalPemula hingga profesional
Buku panduanAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Jumlah kartu79787878787878787878
Tautan produk

Jenis kartu tarot dan artinya

Dalam sebuah kartu tarot tunggal, ada banyak sekali makna atau interpretasi. Apakah kartunya terbuka secara terbalik? Tiap-tiap jenis kartu tarot tentu memiliki makna dan interpretasi tersendiri tergantung pada cara pembacaannya. Di bawah ini kami akan membagikan informasi mengenai jenis kartu tarot dan artinya secara garis besar.

Major Arcana, kartu yang melambangkan perjalanan hidup manusia

Major Arcana, kartu yang melambangkan perjalanan hidup manusia

Major Arcana terdiri dari 22 kartu yang dikenal sebagai kartu utama dari tarot. Major Arcana dimulai dari kartu The Fool (Si Bodoh) di nomor 0 dan berakhir di kartu The World (Dunia) di nomor ke-21. Major Arcana mempresentasikan perjalanan Si Bodoh dalam mengarungi kehidupan. Berikut adalah arti kartu tarot Major Arcana secara umum.


  • The Fool, 0:

    Awal dari sebuah perjalanan, risiko, dan potensi.

  • The Magician, I: Manifestasi, penyembuhan, spiritualitas, dan hubungan dengan Tuhan.
  • The High Priestess, II: Feminin ilahi, kebijaksanaan, mempelajari alam dan misteri spiritual, dan kebatinan.
  • The Empress, III: Alam, kesuburan, kekuatan, dan kepandaian.
  • The Emperor, IV: Kepemimpinan, pengaruh, stabilitas, dan potensi penguasaan.
  • The Hierophant, V: Pelajaran yang berkaitan dengan hukum alam dan menguasai bidang keahlian.
  • The Lovers, VI: Keputusan sulit atau perubahan dalam hubungan, kompromi, dan perkembangan dalam suatu hubungan.
  • The Chariot, VII: Pemberdayaan, pencapaian, mengatasi rintangan, dan kemenangan.
  • Strength, VIII: Ego melawan intuisi, kebutuhan akan disiplin, penyempurnaan kepentingan diri untuk mencapai keselarasan dengan batin.
  • The Hermit, IX: Introspeksi, kontemplasi, refleksi batin, dan manfaat dari waktu yang dihabiskan sendirian.
  • Wheel of Fortune, X: Perubahan (sering kali positif) yang akan terjadi dan musim serta siklus kehidupan yang tak dapat dihindari.
  • Justice, XI: Keadilan, kepekaan moral, karma, dan perhatian terhadap detail.
  • The Hanged Man, XII: Konsekuensi, penyerahan, stagnasi, dan situasi yang harus dinanti.
  • Death, XIII: Akhir, panen, membebaskan diri, dan bergerak maju. Bukan ramalan kematian.
  • Temperance, XIV: Kesederhanaan, keseimbangan, dan evolusi diri.
  • The Devil, XV: Bayangan diri, kesenangan material dan duniawi, hubungan yang tidak sehat, dan jebakan.
  • The Tower, XVI: Bahaya, pergolakan, dan perubahan tak terduga.
  • The Star, XVII: Spiritual dengan Tuhan, transendensi, dan inspirasi.
  • The Moon, XVIII: Ilusi, penipuan, kebingungan, dan perselisihan.
  • The Sun, XIX: Vitalitas, kegembiraan, keberuntungan, kepercayaan diri, dan keaslian. Kartu ini tidak memiliki makna terbalik atau negatif.
  • Judgement, XX: Kebangkitan, kebebasan dari konflik batin, dan keputusan yang harus dibuat.
  • The World, XXI: Melambangkan akhir dari sebuah siklus, perubahan besar, dan aktualisasi diri. Kartu ini tidak memiliki makna terbalik atau negatif.

Minor Arcana, kartu yang melambangkan urusan sehari-hari dalam kehidupan

Minor Arcana, kartu yang melambangkan urusan sehari-hari dalam kehidupan

Minor Arcana terdiri dari 56 kartu yang terbagi menjadi 4 jenis kelompok kartu dan pada tiap kelompoknya terdiri dari 14 kartu. Kartu Minor Arcana memiliki arti secara umum sebagai berikut:


  • Pedang (swords): Elemen angin yang menyimbolkan pikiran manusia.
  • Tongkat (wands): Elemen api yang menyimbolkan jiwa dan hasrat manusia.
  • Cawan (cups): Elemen air yang menyimbolkan emosi manusia. 
  • Koin (pentacles): Elemen tanah yang menyimbolkan harta benda.

Baca juga rekomendasi permainan kartu lainnya di sini

Selain kartu tarot, mungkin Anda tertarik dengan permainan kartu lainnya untuk dipakai bersama keluarga. Simak selengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Setiap set tarot memiliki tema yang unik. Ada yang bertemakan dunia fantasi, zombi, gotik, dan lain sebagainya. Biasanya Anda akan mendapat intuisi tertentu atau panggilan jiwa saat memilih tarot berdasarkan gambarnya. Pilihlah tarot yang sesuai dengan selera dan karakter Anda sendiri. 


Bagi pemula, yang terpenting adalah memiliki kartu tarot dasar untuk belajar makna. Setelah terbiasa, silakan memilih set tarot unik yang dirasakan memiliki koneksi spiritual dengan Anda. Selamat mengoleksi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beyblade sudah eksis sejak 1999. Kemunculan Metal Saga dan Beyblade Burst pada 2015 membuat permainan ini kembali meledak. Gasing Beyblade asli diproduksi oleh dua merek ternama, yakni Takara Tomy dan Hasbro. Produknya sangat beragam sehingga Anda perlu teliti sebelum membeli.Untuk membantu Anda mendapatkan gasing Beyblade terbaik, kami akan membagikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh Beyblade yang bagus. Ada Storm Pegasus, Prominence Valkyrie, Archer Hercules dari Beyblade Burst Turbo, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda menemukan Beyblade terkuat untuk memenangkan berbagai duel!
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Board game sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Board game pun dapat dimainkan di kafe dan event tertentu. Saat ini, telah beredar berbagai jenis board game yang bagus di Indonesia yang dapat dibeli secara online. Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan review dan tips memilih board game terbaik. Kami sertakan juga rekomendasi merek board game ternama, seperti Hasbro yang terkenal dengan Monopoly-nya dan Bezier dengan game Werewolf-nya. Pilihlah board game yang tepat agar Anda enjoy memainkannya.
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tamiya Mini 4WD memang tidak ada habisnya. Sejak awal dirilis pada tahun 1986, permainannya masih eksis sampai sekarang. Mainan ini memang menawarkan banyak pilihan. Produknya bisa dikoleksi atau dijadikan jagoan di track balap.Kami akan memandu Anda memilih Tamiya Mini 4WD, serta memberi rekomendasi produk terbaiknya. Produk yang kami rekomendasikan tentu merupakan Tamiya Mini 4WD original. Magnum Saber bisa Anda jadikan produk nostalgia. Untuk balap STB atau STCB, seri Mini 4WD PRO dapat diandalkan. Selain itu, perhatikan juga kombinasi chassis dan roda yang dibutuhkan. Yuk, kita mulai pembahasannya!
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan Rubik's Cube sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Hanya saja, mainan ini baru booming mulai tahun 2008. Mainan sejenis puzzle yang dapat mengasah kemampuan otak ini banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Variasi model yang beragam menambah asyiknya permainan.Rubik kini dapat dibeli hampir di seluruh toko mainan, baik yang offline maupun online. Ada beberapa produk ternama seperti Yong Jun, Rubik's, dan Mo Yu yang mungkin sering Anda dengar. Namun, untuk mengetahui lebih jelas mengenai Rubik, silakan simak artikel berikut ini. 
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sering berkumpul bersama teman atau keluarga besar? Terkadang, Anda pasti bingung saat harus menyusun acara kebersamaan, baik bersama teman maupun keluarga Anda. Sisipkan saja permainan kartu untuk mengisi kebersamaan dan membuat acara yang lebih seru.Kali ini, kami akan memberikan informasi seputar permainan kartu serta memberikan rekomendasi produknya kepada Anda. Berbagai macam dan jenis permainan kartu yang bagus, seperti UNO, Kuartet, Werewolf, dan Monopoly Deal juga akan kami ulas. Yuk, simak terus artikel ini.
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Nanoblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nanoblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan konstruksi memang sangat menarik untuk dirakit. Salah satu merek mainan konstruksi ternama adalah Nanoblock. Nanoblock berasal dari Jepang. Mainan ini mulai banyak diminati karena harganya yang relatif ekonomis, serta ukurannya yang lebih mini sehingga mudah disimpan.Jika Anda tertarik untuk membeli Nanoblock, simak tips dari kami dalam artikel ini. Jangan lewatkan juga bagian rekomendasi produk. Di sana, Anda akan menemukan berbagai produk menarik, seperti bentuk Motocycle, Japanese House, Pokemon, dan lainnya. Simak terus dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Permainan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori