• 10 Scalp Shampoo Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Scalp Shampoo Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Scalp Shampoo Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Scalp Shampoo Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Scalp Shampoo Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Scalp Shampoo Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)

Untuk kulit kepala yang sehat, Anda bisa menggunakan scalp shampoo. Meskipun bisa dipakai siapa saja, scalp shampoo sering dipakai oleh pria yang menginginkan rambut lebih lebat. Selain itu, scalp shampoo juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kepala sensitif dan untuk menghilangkan jerawat di kepala.

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih shampo yang bagus untuk kulit kepala. Temukan juga tips memilih scalp shampoo yang aman dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti TRESemmé, Shiseido, dan Kiehl’s. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Apa saja manfaat scalp shampoo?

Apa saja manfaat scalp shampoo?
Beberapa tahun belakangan ini, scalp shampoo sudah mulai banyak dicari orang. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah lewat online shop di Indonesia. Namun, di antara banyaknya produk tersebut, mungkin Anda belum mengetahui perbedaan antara sampo biasa dengan sampo khusus untuk kulit kepala.
Sampo biasa memiliki fungsi untuk membersihkan dan membuat rambut halus, serta tampak berkilau. Sementara itu, scalp shampoo lebih berfungsi untuk membersihkan kulit kepala Anda.
Perawatan rambut dengan scalp shampoo akan menyehatkan rambut Anda serta memperkuat kulit kepala sebagai dasar tempat tumbuhnya rambut. Hasilnya, rambut Anda dapat tumbuh lebih sehat dan kuat. Tentu saja, produk scalp shampoo juga dapat dipakai oleh Anda yang tidak memiliki masalah dengan kulit kepala.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sering kali, ketika berbicara tentang sampo, orang hanya fokus pada permasalahan, seperti rambut kering, bercabang, ataupun rusak karena proses pewarnaan. Padahal, masalah rambut juga bisa menyangkut masalah di kulit kepala seperti ketombe atau dandruff.


Scalp shampoo berfungsi bukan hanya untuk mengatasi rambut lepek atau menutrisi rambut yang rusak saja. Produk ini dapat memberikan efek deep cleansing sehingga dapat membantu membersihkan kulit kepala penyebab ketombe dan rambut rontok.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih scalp shampoo

Ada begitu banyak jenis scalp shampoo yang dijual saat ini. Memilih produk yang salah dapat menimbulkan masalah bagi kulit kepala Anda. Agar Anda tidak salah dalam memilih scalp shampoo, berikut ini poin-poin yang harus Anda perhatikan.

Untuk pria atau wanita? Pastikan perbedaannya!

Untuk pria atau wanita? Pastikan perbedaannya!
Secara umum scalp shampoo dibagi menjadi dua jenis yaitu untuk wanita dan untuk pria. Secara kemasan, keduanya juga memiliki penampilan yang berbeda, tetapi apakah Anda pernah memperhatikannya?
Karena pengaruh hormon, kulit kepala pria lebih mudah berminyak jika dibandingkan wanita sehingga scalp shampoo untuk pria memiliki kemampuan membersihkan yang lebih kuat. Berbeda dengan pria, kulit kepala wanita lebih tipis. Dengan demikian, bahan scalp shampoo yang digunakan adalah bahan yang lebih ringan dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala wanita.
Namun, hal tersebut tidak selalu berlaku. Ada juga produk scalp shampoo untuk wanita yang memiliki kemampuan membersihkan yang kuat. Anda juga bisa mencoba scalp shampoo pria yang juga cocok dipakai untuk wanita.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Pemilihan scalp shampoo bisa menjadi hal yang tricky karena banyaknya merek scalp shampoo di pasaran. Sebisa mungkin, pilihlah scalp shampoo berdasarkan kandungan atau ingredients yang ada pada sampo tersebut. Setelah itu, cocokkanlah kandungan dan fungsinya dengan masalah rambut yang Anda alami. 


Sama dengan tipe kulit wajah, kulit kepala juga memiliki tipe sendiri. Ada kulit kepala bertipe oily dan ada juga yang dry. Keduanya memiliki masalah yang berbeda sehingga pemilihan scalp shampoo harus disesuaikan dengan tipe kulit kepala yang dimiliki. 


Untuk permasalahan kulit kepala seperti ketombe, Anda bisa memilih sampo yang memiliki kandungan tertentu. Kandungan tersebut, seperti salicylic acid, coal tar, zinc pyrithione, ketoconazole, atau selenium sulfide (The Makers of Denorex, n.d.). 

Pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulit kepala Anda

Mau berapa banyak pun jenis sampo yang Anda gunakan, jika sampo tersebut tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala Anda, permasalahan Anda tidak akan teratasi. Maka dari itu, kami akan mengulas scalp shampoo seperti apa yang sebaiknya Anda gunakan di bawah ini.

Untuk rambut tipis dan gampang rontok, gunakan scalp shampoo tanpa bahan silikon

Untuk rambut tipis dan gampang rontok, gunakan scalp shampoo tanpa bahan silikon
Scalp shampoo mengandung bahan yang terfokus untuk menumbuhkan rambut. Namun, di sisi yang lain, bahan tersebut tidak mampu mencegah kerontokan rambut yang sudah tumbuh. Kesehatan kulit kepala merupakan hal yang penting untuk mencegah kerontokan rambut. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya menggunakan sampo yang tidak mengandung silikon.
Untuk mencegah kerontokan terutama pada rambut yang tipis, scalp shampoo sebaiknya tidak hanya mengandung bahan yang dapat membersihkan rambut, tetapi disertai dengan suplemen yang dapat menutrisi kulit kepala. Jadi, ketika memilih scalp shampoo, janganlah hanya terfokus pada fungsi untuk menumbuhkan rambut saja. Pikirkanlah apa yang menjadi fungsi utama sampo tersebut.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kandungan silikon pada sampo sudah digunakan sejak 1970. Silikon pada sampo dapat memberikan efek seperti lapisan yang menyelimuti seluruh rambut. Karena kandungan ini, rambut menjadi lebih mudah diatur, tidak frizzy, dan lembut. Silikon sebenarnya bukanlah kandungan yang toxic. Namun, ada beberapa efek negatif yang dihasilkan dari penggunaan sampo yang mengandung silikon.


Silikon bekerja sebagai layering yang menyelimuti setiap helai rambut sehingga kelembapan rambut terjaga. Sifat silikon sendiri tidak mudah dibilas dengan air. Karena itu, penyerapan vitamin ke dalam helai rambut menjadi tidak maksimal akibat adanya silikon. Alhasil, rambut yang tidak ternutrisi dengan baik menjadi lebih gampang patah dan rontok (Sharkey, n.d.). 

Pilih sampo yang mampu membersihkan kulit kepala berminyak

Pilih sampo yang mampu membersihkan kulit kepala berminyak
Untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah sampo yang memiliki kemampuan membersihkan yang kuat agar rambut dapat dibersihkan dengan sempurna. Minyak yang tersisa di kulit kepala Anda dapat menimbulkan bau. Parahnya lagi, sisa minyak juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.
Untuk Anda yang rambutnya tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan sampo biasa, Anda bisa menggunakan scalp shampoo khusus untuk kulit berminyak. Bacalah bahan-bahan yang terdapat dalam komposisi produk sehingga Anda merasa aman menggunakannya.

Apabila Anda sudah menggunakan sampo khusus kulit berminyak, tetapi belum mendapatkan hasil maksimal, gunakan air hangat saat keramas. Dengan begitu, minyak pada rambut Anda akan lebih mudah dibersihkan.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kulit kepala juga menghasilkan minyak atau sebum. Sebum sendiri dihasilkan oleh kelenjar sebacea yang terletak di folikel rambut. Jika produksi sebum terlalu banyak, rambut menjadi lepek atau greasy. 


Selain tidak nyaman dilihat, kondisi rambut yang lepek tentunya tidak nyaman. Ditambah lagi, minyak berlebih di kepala juga dapat menimbulkan masalah seperti ketombe, hair loss, dan lainnya. Karena itu, ada baiknya Anda menggunakan sampo dengan kandungan minyak natural. Adapun kandungan yang direkomendasikan antara lain adalah rosemary, lavender, tea tree, peppermint, lemongrass, dan ylang-ylang oil. 


Orang dengan kulit kepala berminyak menjadi lebih sering keramas karena rambutnya lebih gampang lepek. Karena itu, pemilik kulit kepala berminyak sebaiknya memilih sampo yang sulfate-free agar kulit kepala tidak mudah teriritasi.

Kombinasi oil shampoo dan pelembap cocok untuk rambut kering dan berketombe

Kombinasi oil shampoo dan pelembap cocok untuk rambut kering dan berketombe
Untuk Anda yang memiliki kulit kepala kering dan sering mengalami gatal-gatal di kepala akibat ketombe, pilih sampo yang mengandung jojoba oil, argan oil, camellia oil, atau bahan lainnya yang mengandung pelembap alami tumbuhan.
Selain itu, medical shampoo juga dapat menjadi solusi untuk Anda yang berketombe. Di dalam medical shampo terkandung bahan yang dapat mengurangi gatal-gatal, khususnya untuk Anda yang bermasalah dengan ketombe yang diakibatkan oleh mikroba.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kondisi kulit kepala yang kering bisa juga menyebabkan masalah kulit bersisik, ketombe kering, gatal, dan lainnya. Untuk mengatasi keluhan tersebut, Anda sebaiknya mencoba produk yang mengandung oil, seperti jojoba, rosemary, peppermint oil, dan sebagainya. 


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk tambahan seperti serum untuk kulit kepala. Apabila keluhan kulit kepala kering tidak membaik, silakan memeriksakan diri ke dermatologist. Hal ini penting agar Anda bisa tahu apakah ada kondisi medis lainnya terkait hal tersebut.

PR

P&GHead & Shoulders Shampo Anti-Ketombe Cool Menthol

Mulai dari Rp 51.400,00

Isi160 ml, 300 ml, 400 ml, 680 ml, 850 ml
FungsiMenghilangkan ketombe basah, menyegarkan kulit kepala
PenggunaPria dan wanita

Percayakan perawatan rambut untuk atasi ketombe dengan Head & Shoulders

Percayakan perawatan rambut untuk atasi ketombe dengan Head & Shoulders

Kenali permasalahan kulit kepala Anda dan pilihlah sampo yang sesuai dengan kondisi rambut. Mencari sampo antiketombe yang pas tentunya membutuhkan waktu dan kecocokan. Kini Anda bisa menghemat waktu dengan mempercayakan perawatan pada Head & Shoulders! Sampo dari Head & Shoulders akan membantu mengatasi ketombe secara menyeluruh dengan kandungan dan Formula Tiga Aksi Baru-nya.

Rangkaian produk perawatan rambut untuk antiketombe dari Head & Shoulders memiliki beragam varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bermasalah dengan ketombe basah? Serahkan pada Head & Shoulders Menthol Dingin yang akan membantu menyegarkan dan membersihkan kulit kepala.

10 Rekomendasi scalp shampoo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk scalp shampoo terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.

10

Milbon PlarmiaMoisture Balancing Scalp Shampoo

Mulai dari Rp 198.000,00

Isi50 ml, 200 ml, 500 ml, 1000 ml
FungsiMerawat kulit kepala kering dan sensitif, melembapkan rambut, mencegah gatal
PenggunaTidak disebutkan
9
Isi200 ml, 400 ml
FungsiMerawat kulit kepala sensitif dan iritasi, melembutkan rambut
PenggunaWanita
8

ShiseidoFuente Forte Shampoo Scalp Care Purifying

Mulai dari Rp 315.000,00

Isi250 ml, 1000 ml
FungsiMembersihkan kulit kepala berminyak, menghilangkan bau, menyegarkan kulit kepala
PenggunaWanita
7
Isi400 ml, 480 ml
FungsiMembersihkan minyak hingga ke akar rambut, menghilangkan bau keringat, melembapkan kulit kepala
PenggunaPria
6

P&GPantene Micellar Rosewater Detox and Hydrate Scalp Shampoo

Mulai dari Rp 84.900,00

Isi300 ml
FungsiMengatasi rambut kering dan kusam, menutrisi rambut dan kulit kepala
PenggunaWanita
5

Good Virtues Co.Happy & Heavenly Clarifying Hair and Scalp Shampoo for Oily Hair

Mulai dari Rp 81.300,00

Isi180 ml, 300 ml
FungsiHidrasi rambut, antikusut, mengontrol minya, membuat rambut lebih bervolume
PenggunaWanita
4
Isi160 gram, 320 gram
FungsiMengurangi rasa tidak nyaman di kulit kepala
PenggunaWanita
3

Surya Dermato Medica Laboratories Ketomed Scalp Solution

Mulai dari Rp 44.000,00

Isi60 ml
FungsiMengobati ketombe, membersihkan mikroba, mencegah kerontokan
PenggunaPria dan wanita
2
Isi170 ml, 340 ml, 670 ml
FungsiMengobati ketombe, mencegah kerontokan
PenggunaWanita
1
Isi160 ml, 300 ml
FungsiMenutrisi kulit kepala, menghilangkan ketombe
PenggunaPria dan wanita

Tabel perbandingan produk scalp shampoo terbaik

Gambar produk
1
Unilever Clear Complete Soft Care 1

Unilever

2
Unilever TRESemmé Scalp Care Shampoo 1

Unilever TRESemmé

3
Surya Dermato Medica Laboratories  Ketomed Scalp Solution 1

Surya Dermato Medica Laboratories

4
Safi Hair Xpert Treatment Shampoo Itchy Scalp 1

Safi

5
Good Virtues Co. Happy & Heavenly Clarifying Hair and Scalp Shampoo for Oily Hair 1

Good Virtues Co.

6
P&G Pantene Micellar Rosewater Detox and Hydrate Scalp Shampoo 1

P&G

7
NatureLab Maro Deo Scalp Shampoo 1

NatureLab

8
Shiseido Fuente Forte Shampoo Scalp Care Purifying 1

Shiseido

9
Klorane  Shampoo with Peony 1

Klorane

10
Milbon Plarmia Moisture Balancing Scalp Shampoo 1

Milbon Plarmia

Nama produk

Clear Complete Soft Care

Scalp Care Shampoo

Ketomed Scalp Solution

Hair Xpert Treatment Shampoo Itchy Scalp

Happy & Heavenly Clarifying Hair and Scalp Shampoo for Oily Hair

Pantene Micellar Rosewater Detox and Hydrate Scalp Shampoo

Maro Deo Scalp Shampoo

Fuente Forte Shampoo Scalp Care Purifying

Shampoo with Peony

Moisture Balancing Scalp Shampoo

Keunggulan

Scalp care shampoo berbentuk gel yang cocok untuk jenis rambut apa saja

Miliki kulit kepala yang bersih dan bebas lepek

Solusi untuk masalah ketombe yang parah

Kombinasi habbatus sauda, minyak argan, dan menthol untuk kulit kepala yang segar

Menggunakan 100% bahan alami, bebas dari minyak mineral, paraben, dan pewarna sintetis

Mengandung air mawar dari hasil penyulingan kelopak dan kuncup bunga Rosa Gallica

Menghilangkan bau apek dan minyak di kulit kepala pria!

Mulai dari faktor usia, rambut berminyak, sampai ketombe, segalanya teratasi!

Diformulasikan untuk melindungi kulit kepala sensitif

Merawat rambut rusak agar tampak baru

Harga mulai dariRp 26.000,00Rp 26.500,00Rp 44.000,00Rp 28.000,00Rp 81.300,00Rp 84.900,00Rp 148.500,00Rp 315.000,00Rp 150.000,00Rp 198.000,00
Isi160 ml, 300 ml170 ml, 340 ml, 670 ml60 ml160 gram, 320 gram180 ml, 300 ml300 ml400 ml, 480 ml250 ml, 1000 ml200 ml, 400 ml50 ml, 200 ml, 500 ml, 1000 ml
FungsiMenutrisi kulit kepala, menghilangkan ketombeMengobati ketombe, mencegah kerontokanMengobati ketombe, membersihkan mikroba, mencegah kerontokanMengurangi rasa tidak nyaman di kulit kepalaHidrasi rambut, antikusut, mengontrol minya, membuat rambut lebih bervolumeMengatasi rambut kering dan kusam, menutrisi rambut dan kulit kepalaMembersihkan minyak hingga ke akar rambut, menghilangkan bau keringat, melembapkan kulit kepalaMembersihkan kulit kepala berminyak, menghilangkan bau, menyegarkan kulit kepalaMerawat kulit kepala sensitif dan iritasi, melembutkan rambutMerawat kulit kepala kering dan sensitif, melembapkan rambut, mencegah gatal
PenggunaPria dan wanitaWanitaPria dan wanitaWanitaWanitaWanitaPriaWanitaWanitaTidak disebutkan
Tautan produk

Tips menggunakan scalp shampoo

Untuk hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan scalp shampoo. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pijat kepala Anda sebelum keramas

Pijat kepala Anda sebelum keramas
Pijatlah kepala Anda sebelum keramas. Untuk Anda yang memiliki masalah dengan rambut tipis dan mudah rontok, pijatan sebelum keramas akan membantu scalp shampoo bekerja secara lebih efektif.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Menurut penelitian dari Taro Koyama, hasil pemijatan kulit kepala selama 24 minggu dapat meningkatkan ketebalan rambut. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk Anda memijat kulit kepala ketika keramas. Hal ini karena memijat kulit kepala dapat menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah. Dengan memijat kulit kepala, aliran darah ke kulit kepala pun akan bertambah. 


Berkat hal ini, penyerapan nutrisi yang dibawa oleh sirkulasi darah ke kepala akan meningkat. Alhasil, pertumbuhan rambut bisa menjadi lebih baik. Selain itu, memijat kulit kepala saat keramas dapat membantu kandungan dalam sampo terserap lebih optimal. 

Pastikan sampo sudah berbusa sebelum menggunakannya di kulit kepala

Pastikan sampo sudah berbusa sebelum menggunakannya di kulit kepala
Jika Anda menggunakan scalp shampoo dalam kondisi masih cair tanpa menggosoknya terlebih dahulu hingga berbusa, sampo tidak dapat berfungsi secara optimal. Namun, jika sampo Anda tetap tidak berbusa meskipun Anda sudah menggosoknya, gunakanlah sponge mandi.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Gunakan scalp shampoo sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada di bagian belakang kemasan. Ada baiknya Anda membaca petunjuknya terlebih dahulu sebelum memakainya. Biasanya, scalp shampoo difokuskan untuk pemakaian di area kulit kepala. Namun, tetaplah keramas dengan benar dan bilas sampai bersih sehingga tidak ada sisa busa di kulit kepala

Keramas yang benar dapat membantu memperlancar peredaran darah

Keramas yang benar dapat membantu memperlancar peredaran darah
Cucilah rambut Anda dengan cara memijat menggunakan bagian dalam jari agar kulit kepala tidak terkena kuku. Pertama-tama, cucilah kepala bagian samping, kemudian belakang, dan yang terakhir adalah bagian depan. Cara keramas seperti ini akan membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar. Kondisi kulit kepala Anda pun lebih terjaga dengan baik.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Pemijatan pada kulit kepala memberikan banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Selain memberikan efek relaksasi, memijat kulit kepala juga meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Berkat hal itu, penyerapan nutrisi yang dibawa oleh darah makin meningkat sehingga kesehatan rambut juga membaik.

Baca juga rekomendasi sampo penumbuh rambut untuk mengatasi kebotakan di sini

Kami telah merekomendasikan scalp shampoo yang cocok untuk perawatan kulit kepala, terutama untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan. Jika Anda menginginkan produk penumbuh rambut, gunakanlah sampo penumbuh rambut dengan formula khusus untuk mengatasi kebotakan. Di bawah ini kami membagi tips cara memilih sampo penumbuh rambut dan merekomendasikan produk terbaiknya. 

Kesimpulan

Jadi, bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Karena ada begitu banyak jenis scalp shampoo yang dijual secara online, cermat-cermatlah sebelum membeli. Kami sarankan supaya Anda memilih sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala. 

Perhatikan juga masalah rambut yang sedang Anda alami dan gunakan sampo yang dapat mengatasi masalah tersebut. Semoga artikel dari kami dapat membantu Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin tampil outstanding dengan warna rambut baru, tetapi takut rambut rusak? Cat rambut tanpa bleaching solusinya! Anda bisa mencari produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching di marketplace. Jika sudah membaca review, tetapi masih bingung dalam menentukan produknya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Kami akan memaparkan cara memilih pewarna rambut yang bagus tanpa bleaching sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menemukan berbagai merek cat rambut populer, seperti Garnier, Nyu, Miranda, hingga Revlon. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang ini, mewarnai rambut bukan lagi hal yang asing. Bahkan, Anda dapat mewarnai rambut di rumah. Salah satu brand cat rambut yang bagus dan praktis sekaligus dapat merawat rambut adalah Garnier. Cat rambut Garnier hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari yang netral sampai yang fashionable.Kali ini, kami akan memberikan tips dalam memilih cat rambut Garnier. Kami juga akan merekomendasikan pilihan warna cat rambut terbaik dari Garnier. Berbagai warna, seperti golden brown, hitam, sampai raspberry red ada dalam rekomendasi kami. Sebelum mewarnai rambut Anda, simak dahulu artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rambut rontok.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar, sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merk L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan sampo dengan formula penumbuh rambut merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut tipis dan rontok. Saat ini, ada banyak sampo penumbuh rambut yang dijual di marketplace. Banyaknya produk dengan kualitas baik yang dijual terkadang membuat Anda bingung menentukan pilihan.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih sampo penumbuh rambut. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sampo penumbuh rambut terbaik dari merek terkenal, seperti shampo Metal, Kelaya, Pura D'or, Erhair, dan shampo kuda, Mane 'n Tail. Simak ulasan kami sampai akhir, ya!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut sehat yang berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat Anda gunakan adalah serum rambut. Serum rambut yang bagus akan melindungi rambut Anda sehingga tak mudah patah, serta bebas kusam.Tenang saja jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut karena kami akan memberikan tips mudah untuk memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk serum rambut terbaik, seperti merk L'Oreal, Kérastase, Kiehl's, dan lainnya. Yuk, segera simak pembahasan kami berikut ini!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisioner merupakan produk perawatan rambut yang diaplikasikan setelah keramas. Berbeda dengan sampo, kondisioner digunakan pada batang rambut. Produk ini memiliki banyak manfaat sesuai kebutuhan rambut Anda, mulai dari menutrisi sampai memperbaiki rambut rusak. Meski begitu, penggunaannya perlu diperhatikan agar efeknya terasa.Agar Anda tidak salah memilih kondisioner, simak dahulu tips dari kami dalam artikel ini. Berbagai merek kondisioner terbaik juga akan kami rekomendasikan untuk Anda, seperti TRESemmé, L'Oreal, Dove, Makarizo, dan banyak lainnya. Setelah itu, temukan tips menggunakan kondisioner dengan benar agar rambut lebih sehat. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori