mybest
Blush on

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024)

Memakai makeup tak lengkap rasanya tanpa polesan blush on di pipi. Dengan menambahkan blush on, Anda bisa melihat perbedaan yang nyata, lho. Selain memberi efek merona, blush on juga dapat mempertegas bentuk wajah. Tidak hanya remaja, wanita dewasa usia 40-an juga perlu menggunakan blush on untuk menunjang penampilan. 

Artikel ini akan membantu Anda menemukan blush on yang ideal untuk mature skin. Selain tips memilih, kami juga merekomendasikan sepuluh blush on yang bagus dari sejumlah merek. Ada blush on dari ESQA, Wardah, Make Over, dan Luxcrime. Simak, yuk!

Diperbaharui 14/07/2023
Meirna L.
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Meirna L.

Meirna merupakan lulusan Program Studi Jepang Universitas Indonesia. Setelah lulus, Meirna berkesempatan bekerja di salah satu perusahaan Jepang di Indonesia dan sesekali menjadi interpreter serta penerjemah lepas. Sejak memulai blog pribadinya dari SMP, beauty and skincare enthusiast yang juga pencinta kucing ini sadar bahwa ia menemukan spark joy saat menulis. Di tahun 2018, ia mendapat beasiswa Kemendikbud untuk melanjutkan kuliah Magister Manajemen Pemasaran di Universitas Indonesia. Setelah menjadi penulis lepas di mybest, saat ini Meirna bekerja sebagai content marketing officer di Kompas TV. Di waktu senggang, ia suka membaca komik, menonton film, dan membuat konten di Recommeirndation.

Profil Meirna L.
Lanjut membaca

Daftar isi

Mengapa blush on penting pada usia 40-an?

Mengapa blush on penting pada usia 40-an?
Anda mungkin bertanya, seberapa besar pengaruh blush on pada tampilan Anda? Selain dapat memberikan efek kilau kulit sehat, blush on juga dapat mempertegas tulang pipi. Caranya, aplikasikan blush on di atas tulang pipi secara diagonal ke arah sudut mata. Cara pengaplikasian ini bisa memberikan kesan tulang pipi lebih tinggi sehingga Anda terkesan lebih muda.

Selain itu, kulit pada usia empat puluhan biasanya cenderung tampak kusam. Jika Anda menggunakan blush on, rona pipi Anda akan lebih terlihat dan tidak pucat. Dengan demikian, wajah Anda jadi terlihat lebih sehat, segar, dan lebih hidup!


Banyak orang bertanya-tanya, apakah blush on bisa menyebabkan flek hitam? Sejumlah sumber mengatakan, bila produk blush on mengandung fotosensitivitas, area kulit akan lebih rentan terhadap sinar matahari. Sayangnya, artikel dan jurnal penelitian yang valid tentang terkait hal ini masih minim. Karena itu, jadikan penggunaan sunscreen sebagai rutinitas wajib Anda sebelum berias.

Cara memilih blush on untuk usia 40-an

Blush on tersedia dalam berbagai pilihan warna, bentuk, dan merek. Namun, memakai blush on juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan usia sehingga tidak boleh dipilih sembarangan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih blush on untuk Anda.

1

Ketahui tipe blush on yang sesuai untuk wanita usia 40-an

Gaya makeup wanita berusia empat pulahan tentu berbeda dengan gaya makeup wanita-wanita muda. Pada usia ini, idealnya tampilan makeup lebih menonjolkan kematangan usia Anda. Karena itu, simak ulasan di bawah ini untuk membantu Anda menemukan blush on yang tepat.

Blush on dengan warna tidak terlalu terang, memberikan kesan dewasa

Blush on dengan warna tidak terlalu terang, memberikan kesan dewasa

Kesalahan paling umum dalam menggunakan blush on adalah salah menentukan warna. Berikut beberapa pertimbangan dalam memilih warna blush on


  • Berdasarkan warna atau tone kulit Anda

Kesalahan menentukan warna dapat dihindari jika Anda mampu menyesuaikan warna blush on dengan tone kulit. Pemilik cool undertone sebaiknya memilih blush on dengan unsur warna merah, pink, atau ungu. Bila undertone Anda tergolong warm, cobalah blush on bernuansa kecokelatan seperti merah bata atau bronze.


  • Berdasarkan turunan warna senada

Pada usia empat puluhan, sebaiknya Anda meninggalkan warna dengan kesan yang terlalu manis. Sebagai alternatif, jika Anda ingin menggunakan warna tertentu, carilah warna turunan yang senada, tetapi dengan tone yang lebih gelap. Sebagai contoh, saat Anda ingin memakai warna pink, pilihlah warna dusty pink ketimbang pink cerah.


  • Berdasarkan tema acara

Selain berdasarkan tone, salah satu cara untuk menentukan blush on yang tepat adalah menyesuaikan dengan tema acara. Misalnya saja, makeup saat pergi ke kantor akan lebih tepat jika memberi kesan kalem. Sementara itu, untuk acara pribadi atau pesta, blush on dengan nuansa warna yang cerah akan lebih cocok.

Blush on dengan gaya makeup terkini, memberikan kesan yang berbeda daripada biasanya

Blush on dengan gaya makeup terkini, memberikan kesan yang berbeda daripada biasanya

Apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan gaya makeup dan produk yang sama selama bertahun-tahun? Mungkin juga Anda suka menjadikan suatu merek sebagai standar makeup usia tertentu? Inilah saatnya Anda keluar dari zona nyaman!


Sekarang ini, banyak makeup artist dan beauty influencer yang memberikan inspirasi gaya dan padu padan dalam ber-makeup. Tidak ada salahnya berkreasi dengan style yang belum pernah Anda coba sebelumnya atau mencoba tren makeup terbaru.

Blush on dengan bahan mineral, sesuai untuk kondisi kulit yang mature

Blush on dengan bahan mineral, sesuai untuk kondisi kulit yang mature
Pada usia empat puluhan ini, kulit rawan terhadap perubahan yang fluktuatif. Perubahan kulit yang tidak menentu tersebut diakibatkan oleh hormon yang tidak seimbang. Agar kulit Anda senantiasa aman, utamakan blush on berbahan mineral yang ramah terhadap kulit

Saat ini, ada lini makeup yang menggunakan bahan-bahan organik sebagai pewarna. Jika Anda bisa menemukan makeup dengan bahan yang ramah di kulit, utamakan memilih makeup tersebut, ya!

2

Tentukan hasil akhir yang diinginkan sesuai dengan riasan Anda

Tentukan hasil akhir yang diinginkan sesuai dengan riasan Anda

Selain berdasarkan warna, Anda dapat memilih blush on berdasarkan riasan yang ingin ditampilkan. Dalam hal ini, Anda bisa memilihnya dari sisi hasil akhir blush on


Apabila Anda adalah seorang ibu rumah tangga, tidak ada salahnya jika Anda ingin tampil fresh setiap hari. Anda bisa memilih blush on dengan hasil akhir satin agar tampak natural dan menyatu di kulit


Jika Anda adalah wanita karier, tentu Anda dituntut untuk selalu terlihat menarik dan profesional. Cobalah blush on dengan hasil akhir matte yang berpigmentasi tinggi. Bila kulit Anda cenderung kering, pertimbangkan blush on velvet matte yang cukup melembapkan. Untuk menghadiri acara tertentu, pertimbangkan blush on dengan tambahan shimmer atau glitter agar penampilan makin elegan.

3

Temukan blush on dengan tekstur yang mudah digunakan

Setelah Anda menemukan warna blush on yang tepat, mari temukan tekstur yang Anda suka. Beberapa merek kini berinovasi dengan berbagai tekstur blush on. Anda akan menemukan blush on dengan bentuk powder, loose powder, cream, atau bahkan liquid. Tinggal tentukan tipe produk yang paling mudah untuk Anda gunakan, ya.

Powder blush, tekstur paling umum yang mudah digunakan

Powder blush, tekstur paling umum yang mudah digunakan
Jika Anda adalah seorang pemula dalam ber-makeupblush on jenis ini paling mudah digunakan. Dengan powder blush, Anda bisa mengatur ketebalan warna yang diinginkan dengan sangat mudah. Namun, Anda tetap perlu mengecek pigmentasi warnanya agar tidak tampak berlebihan di pipi. 


Untuk menggunakannya, Anda bisa memakai kuas blush on berukuran besar. Kuas yang besar tersebut akan menghasilkan warna yang lembut dan terkesan alami. Sejumlah produk powder blush sudah dilengkapi kuas aplikator di dalam kemasan sehingga lebih praktis.

Liquid dan cream blush, untuk warna tahan lama dan kesan natural

Liquid dan cream blush, untuk warna tahan lama dan kesan natural
Sesuai namanya, liquid blush on bertekstur lebih cair, sedangkan cream blush on menyerupai krim. Blush on dengan tekstur krim dan cair lebih mudah dibaurkan dan dapat menempel dengan baik di kulit. Blush on ini dianjurkan bagi Anda yang menyukai tampilan wajah glowing bagaikan bersemu alami dari dalam. 

Warna yang dihasilkan oleh cream blush dan liquid blush juga lebih tahan lama sehingga Anda tidak perlu touch up berkali-kali. Kedua tipe blush on ini dapat diaplikasikan dengan jari atau sponge. Jika sudah terbiasa, Anda pasti dapat dengan mudah menggunakannya tanpa kesulitan berarti.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi blush on terbaik untuk usia 40-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blush on terbaik untuk usia 40-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

ESQA

Radiant Cushion Blush

ESQA Radiant Cushion Blush 1

Rp150.000

Menengah

Tampilkan riasan dewy ala Korea dengan blush on berbentuk cushion

2

Make Over

Multifix Matte Blusher

Make Over Multifix Matte Blusher 1

Rp135.000

Menengah

Wajah tetap merona cantik meskipun bermobilitas tinggi

3

Luxcrime

Flushy-Cheek Blush

Luxcrime Flushy-Cheek Blush 1

Rp79.000

Agak Murah

Menawarkan warna yang cocok untuk semua skin tone orang Indonesia

4

Hanasui

Perfect Cheek Blush & Go Powder

Hanasui Perfect Cheek Blush & Go Powder  1

Rp35.500

Lebih Murah

Dilengkapi aplikator puff, buat pipi merona dalam sekali tepukan

5

Rosé All Day

Eye Cheek You Pot

Rosé All Day Eye Cheek You Pot 1

Rp119.000

Menengah

Tekstur buttery tanpa rasa berminyak atau lengket di kulit

6

Allglows

Cheek Pigment

Allglows  Cheek Pigment 1

Rp129.000

Menengah

Lebih praktis dengan liquid blush yang dilengkapi aplikator doe-foot

7

PIXY

Twin Blush

PIXY Twin Blush 1

Rp51.000

Agak Murah

Formula unik cream to powder yang lembut dan ringan

8

Wardah

Crystallure Precious Lustre Prism Blush

Wardah Crystallure Precious Lustre Prism Blush 1

Rp129.500

Menengah

Ciptakan berbagai riasan dengan tiga warna blush sekaligus

9

INGLOT

AMC Cream Blush

INGLOT AMC Cream Blush 1

Rp300.000

Lebih Mahal

Cream blush dengan hasil velvet matte berpigmentasi warna tinggi

10

KOSÉ

ESPRIQUE Glow Cheek

KOSÉ  ESPRIQUE Glow Cheek 1

Rp259.000

Agak Mahal

Buildable, hasilkan riasan glamor tanpa terlihat menor

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

ESQARadiant Cushion Blush

Radiant Cushion Blush 1
Sumber: esqacosmetics.com
Harga referensi
Rp150.000
Menengah
Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Tampilkan riasan dewy ala Korea dengan blush on berbentuk cushion

Kelebihan:

  • Dilengkapi aplikator dan cermin sehingga lebih travel-friendly
  • Berpigmentasi tinggi dengan hasil satin

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan produk ini cukup tricky untuk dibaurkan sehingga kurang cocok bagi pemula

Jika Anda menyukai riasan dewy ala Korea, cobalah produk lokal ini. ESQA menghadirkan liquid blush vegan bertekstur cair dan memiliki kemasan berbentuk cushion.


Dengan kemasan yang compact, Anda tidak perlu repot membawa aplikator dan kaca tambahan lagi. Hasil akhir yang diberikan cushion blush ini adalah satin finish sehingga wajah akan tampak segar berkilau.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Make OverMultifix Matte Blusher

Harga referensi
Rp135.000
Menengah

Wajah tetap merona cantik meskipun bermobilitas tinggi

Kelebihan:

  • Dilengkapi formula Powder Shifter Technology dan Hi-Impact SoftBlend Formula

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan formulanya cukup patchy 

Merek lokal Make Over menghadirkan blush on berbentuk stik yang sangat praktis digunakan. Cukup dipoleskan dan dibaurkan untuk menghasilkan pipi merona. Produk dengan tekstur creamy ini akan langsung meleleh di kulit sehingga mudah dibaurkan dengan jari. 


Warna yang dihasilkan blush on ini juga pigmented, tetapi tetap natural tanpa kilau berlebihan. Karena itu, Multifix Matte Blusher cocok sekali untuk dibawa saat travelling.

No.3

LuxcrimeFlushy-Cheek Blush

Harga referensi
Rp79.000
Agak Murah

Menawarkan warna yang cocok untuk semua skin tone orang Indonesia

Kelebihan:

  • Sejumlah review mengatakan produk ini memiliki warna pigmented dan tidak mudah crack


Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi aplikator
  • Sejumlah review mengatakan packaging saat pengiriman kurang aman sehingga rentan pecah 

Dari segi warna, blush on ini menyediakan shade netral yang cocok untuk semua tone kulit Indonesia. Warna blush on ini juga tergolong intens hanya dengan sekali pulasan serta mudah dibaurkan. Karena itu, Flushy-Cheek Blush cocok untuk Anda penggemar fresh makeup look yang tampak merona sehat.


Produk ini dilengkapi dimethicone yang menawarkan hasil lembut serta isononanoate yang membuatnya terasa ringan. Selain itu, blush on Luxcrime ini dilengkapi hydrogenated polyisobutene yang membuat kulit tetap halus.

No.4

HanasuiPerfect Cheek Blush & Go Powder

Harga referensi
Rp35.500
Lebih Murah

Dilengkapi aplikator puff, buat pipi merona dalam sekali tepukan

Kelebihan:

  • Dilengkapi aplikator dan cermin sehingga lebih travel-friendly

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan produk agak sulit keluar, perlu effort lebih untuk mengaplikasikannya

Sejumlah orang mungkin lebih menyukai blush on dengan bentuk loose powder karena lebih mudah membangun intensitas warnanya. Bila Anda salah satunya, Perfect Cheek Blush & Go Powder adalah pilihan tepat. Anda tidak perlu repot membawa aplikator tambahan sebab blush on ini telah dilengkapi dengan puff.


Puff blush on ini menempel pada bagian atas kemasannya. Dalam pemakaiannya, Anda hanya perlu menepuk-nepuk lembut langsung pada pipi Anda. Produk ini juga dapat menjadi pilihan bila Anda mencari blush on untuk keseharian wanita berusia 40-an dengan harga terjangkau.

No.5

Rosé All DayEye Cheek You Pot

Harga referensi
Rp119.000
Menengah

Tekstur buttery tanpa rasa berminyak atau lengket di kulit

Kelebihan:

  • Bisa digunakan di pipi dan kelopak mata
  • Mengandung sunflower seed oil, rosehip oil, dan shea butter

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan produk ini cukup sulit diaplikasikan dan kurang tahan lama

Bila Anda menyukai kosmetik dengan tekstur buttery, inilah produk yang tepat. Dengan tekstur creamy, Eye Cheek You Pot dapat dipoleskan tanpa rasa berminyak atau lengket. Anda bisa memoleskannya di pipi serta kelopak mata.


Rosé All Day menambahkan kandungan sunflower seed oil, rosehip oil, dan shea butter yang menutrisi kulit. Dengan begitu, kulit Anda akan tetap lembut dan lembap saat menggunakan blush on ini.

No.6

Allglows Cheek Pigment

Harga referensi
Rp129.000
Menengah

Lebih praktis dengan liquid blush yang dilengkapi aplikator doe-foot

Kelebihan:

  • Banyak review memberikan ulasan positif mengenai koleksi warnanya yang pigmented
  • Diklaim tahan hingga delapan jam
  • Dapat digunakan di pipi dan kelopak mata

Kekurangan:

  • Beberapa reviewers mengatakan aromanya cukup menyengat

Liquid blush dari Allglows tengah menjadi favorit baru. Selain memiliki tekstur yang mudah di-blend, blush on cair ini mampu menempel lebih lama di kulit. Cheek Pigment cocok untuk Anda yang gemar dengan tampilan pipi yang bersemu alami. Anda juga bisa menggunakannya sebagai eyeshadow, lho.


Dari segi kemasan, liquid blush ini dilengkapi dengan aplikator doe-foot untuk memudahkan Anda mengambil produknya. Di samping itu, formula blush cair ini diklaim dapat bertahan lama dengan matte finish sehingga tidak perlu sering retouch. Ada banyak pilihan shades sesuai dengan tone kulit. Varian Rose, Paloma, Merlow, dan Sherry adalah yang paling best seller.

No.7

PIXYTwin Blush

Harga referensi
Rp51.000
Agak Murah

Formula unik cream to powder yang lembut dan ringan

Kelebihan:

  • Diperkaya madu sebagai pelembap
  • Dapat digunakan di pipi, bibir, dan kelopak mata

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan kemasannya terasa ringkih

Produk ini merupakan opsi tepat bila Anda menginginkan rona pipi yang serasi dengan warna bibir dan kelopak mata. PIXY Twin Blush merupakan produk multifungsi yang bisa digunakan sebagai blush on, eyeshadow, dan lipstik. 


Teksturnya yang semula creamy akan berubah menjadi powdery setelah diaplikasikan. Hasil akhir yang ditampilkan berupa velvet finish serta tidak terasa kering berkat kandungan ekstrak madu.

No.8

WardahCrystallure Precious Lustre Prism Blush

Harga referensi
Rp129.500
Menengah

Ciptakan berbagai riasan dengan tiga warna blush sekaligus

Kelebihan:

  • Memiliki tiga warna blush dan satu highlighter dalam satu palet
  • Dilengkapi kandungan Gleaming Pear, Finest Pigment, dan Crystalline Gold Powder Peptide 

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan produk ini kurang cocok digunakan secara berlapis

Memasuki usia 40-an bukan berarti tidak boleh lagi bereksperimen dengan riasan. Produk ini dapat dipertimbangkan bila Anda senang berganti riasan tanpa perlu banyak produk. Produk ini memiliki empat warna yang terdiri dari tiga warna blush (Rose, Coral, Bronze), dan satu highlighter.


Anda bisa menggunakannya secara satuan atau digabungkan untuk menciptakan warna baru. Wardah melengkapi blush on ini dengan Crystalline Gold Powder Peptide yang mampu mengurangi tampilan kerutan pada wajah. Selain itu, kandungan Gleaming Pearl akan menambah kilau dan Finest Pigment membuat blush on ini lebih menempel dan tahan lama.

No.9

INGLOTAMC Cream Blush

Harga referensi
Rp300.000
Lebih Mahal

Cream blush dengan hasil velvet matte berpigmentasi warna tinggi

Kelebihan:

  • Pigmentasi tinggi, tetapi mudah diratakan dan tahan lama
  • Diperkaya dengan jojoba oil

Kekurangan:

  • Harganya tergolong tinggi ketimbang cream blush on lokal

Bertambahnya usia sering kali menyebabkan kulit terasa lebih kering sehingga makeup sulit menempel. Nah, blush on berbentuk krim yang mudah diratakan dan diaplikasikan ini dapat menjadi pilihan para MUA profesional. AMC Cream Blush dari Inglot memiliki pigmentasi tinggi sehingga pipi tampak merona lebih nyata.


Dengan hasil velvet matte, blush on ini dapat dipoleskan di atas foundation. Produk ini dilengkapi kandungan minyak jojoba yang kaya manfaat. Tidak hanya melembapkan, kandungan ini juga mampu menenangkan dan mengurangi kemerahan di kulit.

No.10

KOSÉ ESPRIQUE Glow Cheek

Harga referensi
Rp259.000
Agak Mahal

Buildable, hasilkan riasan glamor tanpa terlihat menor

Kelebihan:

  • 2-in-1, blush on yang dilengkapi highlighter
  • Mengandung hyaluronic acid dan phospholipids untuk menghidrasi kulit

Kekurangan:

  • Harganya tergolong tinggi sehingga kurang cocok untuk pemula
  • Dijual terpisah dengan case dan aplikatornya

Produk Jepang ini cocok digunakan bila Anda menginginkan riasan glowing di acara tertentu. Tidak hanya blush on, ESPRIQUE Glow Cheek dilengkapi highlighter sehingga dapat menghasilkan tampilan wajah berdimensi. Teksturnya ringan dan blendable, serta diperkaya hyaluronic acid dan phospholipids yang melembapkan.


KOSÉ menawarkan case tambahan yang dilengkapi cermin dan brush dengan tampilan mewah. Dengan begitu, produk ini juga pantas dijadikan hadiah untuk wanita berusia 40-an.

Baca juga rekomendasi makeup lainnya untuk usia 40-an di sini

Selain blush on, kami juga menyediakan berbagai artikel lain mengenai makeup yang cocok untuk usia 40-an. Jika Anda ingin melengkapi rangkaian makeup Anda, klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagi Anda yang tidak terbiasa, memakai blush on mungkin tampak berlebihan. Namun, berbeda halnya jika Anda dapat menemukan blush on yang cocok dengan skin tone Anda. Blush on akan menambah rona pada wajah Anda.

Tidak hanya tampak segar, makeup Anda akan terlihat lebih atraktif. Beberapa warna blush on bahkan bisa membuat wajah Anda tampak lebih muda. Jika Anda masih bingung memilih produk, gunakanlah tips dari kami.

5 Rekomendasi Blush On untuk Usia 40-an terbaik

No. 1: ESQARadiant Cushion Blush

No. 2: Make OverMultifix Matte Blusher

No. 3: LuxcrimeFlushy-Cheek Blush

No. 4: HanasuiPerfect Cheek Blush & Go Powder

No. 5: Rosé All DayEye Cheek You Pot

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.