mybest
Primer

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)

Makeup base atau primer menyiapkan wajah Anda seumpama kanvas yang mulus sebelum dilukis oleh makeup. Sayangnya, tidak semua primer cocok di kulit Anda, terlebih bila kulitnya sensitif berminyak dan berjerawat. Lalu, bagaimana cara memilih primer yang tepat untuk kulit sensitif?

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih primer untuk kulit sensitif serta merekomendasikan sepuluh produk yang bagus. Terdapat produk dari merek impor seperti Hourglass dan Too Faced, ada pula primer lokal yang kualitasnya bersaing. Tidak lupa, artikel ini juga sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, simak selengkapnya!

Diperbaharui 14/07/2023
Luella Artistry
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kulit sensitif itu yang seperti apa?

Kulit sensitif itu yang seperti apa?

Kulit sensitif sering kali dianggap sebagai salah satu jenis kulit. Padahal, Anda dapat memiliki jenis kulit kering yang sensitif ataupun kulit berminyak sekaligus berjerawat yang sensitif. Bahkan, jenis kulit Anda mungkin saja normal, tetapi sensitif. Pasalnya, kulit sensitif termasuk ke dalam permasalahan kulit, bukan jenis kulit atau skin typeTerlepas dari jenis kulit yang Anda miliki, kulit sensitif akan lebih rentan terhadap iritasi akibat faktor eksternal


Bahan kimia, pewangi, dan pewarna dapat menjadi pemicu munculnya peradangan kulit serta reaksi iritasi. Kulit Anda akan terlihat kemerahan, muncul sensasi terbakar, atau terasa gatal saat bersentuhan dengan bahan pemicu reaksi hipersensitivitas. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit dan makeup bila mempunyai permasalahan kulit sensitif.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih primer untuk kulit sensitif

Selain kandungan pelembap, ada beberapa komposisi lain yang perlu diperhatikan saat memilih primer untuk kulit sensitif. Simaklah beberapa poin di bawah ini sebagai acuan memilih primer bagi kulit sensitif.
1

Pilihlah primer yang dikhususkan untuk kulit sensitif atau bersifat hypoallergenic

Pilihlah primer yang dikhususkan untuk kulit sensitif atau bersifat hypoallergenic

Bahan-bahan yang cenderung membuat orang dengan kulit sensitif iritasi berbeda-beda. Namun, secara umum pemilik kulit sensitif lebih rentan terhadap alkohol, paraben, UV absorber, dan surfaktan berbasis minyak bumi. Selain itu, minyak mineral serta pewangi buatan juga dapat menjadi trigger


Maka dari itu, pilihlah primer yang bebas dari bahan-bahan tersebut dan diberi label "untuk kulit sensitif" atau "hypoallergenic". Selain itu, di antara bahan-bahan tersebut, Anda perlu memperhatikan kandungan UV absorber. Jika Anda menginginkan primer yang dilengkapi sunblock, pertimbangkan produk berlabel "UV absorber free" atau "non-chemical"

2

Cari yang mengandung bahan pelembap tinggi agar kulit tidak kering

Cari yang mengandung bahan pelembap tinggi agar kulit tidak kering
Pemilik kulit sensitif cenderung lebih kering dan makin sensitif akibat kekeringan tersebut. Karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang mengandung bahan pelembap tinggi. Primer yang mengandung bahan-bahan seperti collagen, ceramide, dan hyaluronic acid dapat menjadi pertimbangan.


Untuk kondisi kulit sensitif yang cenderung berminyak, Anda bisa pilih pelembap dan primer yang mengandung Centella asiatica atau ceramide. Kedua bahan tersebut dapat membantu menenangkan kulit karena biasanya kulit sensitif berminyak lebih rentan berjerawat dan mengalami kemerahan.


Di samping itu, Anda juga bisa mengandalkan makeup base yang dilengkapi shea butter dan jojoba oil. Bahan kandungan tersebut telah diketahui efektivitasnya dalam melembapkan kulit. Hal ini sangatlah bagus untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Namun, untuk hasil maksimal, jangan lupa tetap menggunakan skincare sebelum makeup, ya.


3

Temukan yang formulanya tidak membebani kulit

Temukan yang formulanya tidak membebani kulit
Untuk mengurangi iritasi kulit, ada baiknya Anda memilih produk yang formulanya tidak membebani kulit. Fluoro merupakan contoh bahan yang akan terasa berat di kulit. Bahan yang satu ini sering kali terdapat dalam produk primer antisebum. Berikutnya, silikon yang mampu mengurangi produksi keringat juga cenderung memberatkan untuk kulit. 

Maka dari itu, meskipun silikon lazim ada dalam makeup base, kandungan tersebut jarang ada dalam primer untuk kulit sensitif. Jadi, primer untuk kulit sensitif cenderung lebih mudah luntur jika dibandingkan dengan yang biasa. Namun, jangan khawatir karena kami juga akan memperkenalkan produk yang cukup tahan lama.

4

Dapatkan produk dengan tekstur yang mudah diaplikasikan

Dapatkan produk dengan tekstur yang mudah diaplikasikan

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pastikan bahwa tekstur primer yang Anda pilih mudah diaplikasikan ke kulit. Pengaplikasian primer dengan tekstur yang terlalu kental dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada kulit sensitif Anda. Hasilnya, kulit akan terasa kasar atau pecah-pecah.


Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah primer yang memiliki tekstur ringan dan mudah diaplikasikan. Selain itu, hindari primer yang bertekstur gel. Biasanya, makeup base gel mengandung oil control yang bisa membuat kulit sensitif menjadi lebih kering.

5

Pertimbangkan yang mampu melindungi dari sinar UV

Perlindungan terhadap sinar UV sangat penting, termasuk bagi kulit sensitif. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan primer yang dilengkapi SPF sambil tetap berhati-hati dengan komponen UV absorber di dalamnya. Supaya Anda bisa menemukan produk yang tepat, simak poin-poin berikut ini!

UV scattering agent, memecah sinar UVA

UV scattering agent, memecah sinar UVA

UVA diketahui sebagai faktor utama penyebab tanning dan munculnya tanda-tanda penuaan. Untuk menghindarinya, Anda dapat memilih primer yang dibekali dengan UV scattering agent atau physical sunscreen. Contoh bahan UV scattering agent adalah titanium oxide dan zinc oxide


Kedua bahan tersebut akan memecah sinar UVA agar tidak bisa mencapai kulit. Keuntungan lainnya, bahan scattering agent ini mempunyai partikel yang sangat halus sehingga relatif lebih aman untuk kulit sensitif. Di samping itu, bahan tersebut bekerja di atas kulit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Kulit sensitif Anda jadi lebih mudah 'bernapas' berkat kandungan sunscreen yang tidak memberatkan kulit.

UV absorber, mengubah UVB menjadi energi lain

UV absorber, mengubah UVB menjadi energi lain

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda perlu waspada dengan primer yang mengandung UV absorber sebab cenderung memicu iritasi. Akan tetapi, kandungan ini sebetulnya tetap dibutuhkan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB. Saat terpapar UVB berlebihan, kulit dapat meradang, bahkan mengalami sunburn


Nah, UV absorber atau chemical sunscreen akan mengubah sinar UVB menjadi bentuk energi lain, misalnya phosphorescence. Sebagai solusi, Anda bisa memilih primer dengan kandungan UV absorber yang relatif ramah di kulit. Produk dengan kandungan ethylhexyl methoxycinnamate dan drometrizole trisiloxane tergolong cukup amanbagi kulit sensitif.


Berbeda dengan UV scattering agent, chemical sunscreen bekerja dengan cara meresap ke dalam kulit. Jadi, pemilik kulit sensitif selain perlu memilih kandungan yang ringan, jangan lupa untuk selalu double cleansing. Tujuannya supaya pori-pori bersih maksimal dan tidak memicu masalah kulit lain.

6

Jangan salah pilih meski produk tersebut berlabel organik

Jangan salah pilih meski produk tersebut berlabel organik

Saat mendengar produk yang berlabel organik, ada kecenderungan anggapan bahwa produk tersebut ramah untuk kulit. Namun, sebaiknya jangan memilih primer hanya karena berlabel organik. Jika Anda ingin memilih produk organik, pilihlah yang bersertifikat organik seperti BIO dari Prancis atau USDA dari Amerika Serikat. 


Semua produk dengan label tersebut sudah melalui pemeriksaan ketat. Jadi, primer dengan label BIO atau USDA biasanya banyak mengandung bahan alami. Selain itu, kandungan seperti alkohol dan bahan pengawet pun jarang digunakan pada produk berlabel organik ini.


※Gambar di atas bukan label resmi sebenarnya

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi primer terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk primer terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

PIXY

Make It Glow Beauty Skin Primer

PIXY Make It Glow Beauty Skin Primer 1

Rp58.000

Agak Murah

Mau makeup menyatu dengan baik dan kulit terjaga kelembapannya? Bisa!

2

Make Over

Hydration Serum

Make Over Hydration Serum 1

Rp125.000

Menengah

Peroleh riasan tahan lama ala makeup artist profesional!

3

Azarine®

Let It Glow Hydraveil Primer Serum

Azarine® Let It Glow Hydraveil Primer Serum 1

Rp89.000

Menengah

Diformulasikan dengan bahan alami, menjadikan wajah tampak dewy

4

Luxcrime

Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer

Luxcrime  Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer 1

Rp99.000

Menengah

Kandungan soothing agent-nya bantu tenangkan kulit yang iritasi

5

Wardah

Instaperfect Blur Mattifying Primer

Wardah Instaperfect Blur Mattifying Primer 1

Rp85.000

Menengah

Makeup tahan lama seharian? Bisa dong!

6

PINKFLASH

PRO TOUCH MAKEUP BASE PRIMER

PINKFLASH PRO TOUCH MAKEUP BASE PRIMER 1

Rp49.900

Lebih Murah

Kebaikan natural ingredients untuk wajah tampak mulus

7

GALDERMA

Cataphil Bright Healthy Radiance Day Protection Cream

GALDERMA Cataphil Bright Healthy Radiance Day Protection Cream 1

Rp302.500

Agak Mahal

Bukan sekadar primer, mampu melawan tanda-tanda kulit sensitif

8

Y.O.U

Makeup Prep Bright & Moist Primer

Y.O.U Makeup Prep Bright & Moist Primer 1

Rp81.500

Agak Murah

Kulit lebih cerah merata berkat ekstrak bunga magnolia

9

Hourglass

Veil Mineral Primer

Hourglass  Veil Mineral Primer 1

Rp350.000

Agak Mahal

Menjadikan permukaan kulit sensitif dan berjerawat sekalipun terasa halus

10

Too Faced

Hangover Replenishing Face Primer

Too Faced  Hangover Replenishing Face Primer 1

Rp275.000

Agak Mahal

Kurang tidur? Produk ini akan menyegarkan wajah Anda dengan segera!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PIXYMake It Glow Beauty Skin Primer

Make It Glow Beauty Skin Primer 1
Sumber: pixy.co.id
Make It Glow Beauty Skin Primer 2
Sumber: shopee.co.id
Make It Glow Beauty Skin Primer 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp58.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp58.000
Agak Murah

Mau makeup menyatu dengan baik dan kulit terjaga kelembapannya? Bisa!

Kelebihan:

  • Aplikasi lebih mudah berkat teksturnya yang mudah diratakan

Kekurangan:

  • Di area pori-pori yang tampak jelas, produk perlu diaplikasikan berulang kali

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan saat memilh primer untuk kulit sensitif adalah teksturnya yang tidak terlalu kental. Nah, produk yang satu ini memiliki tekstur yang mudah diratakan dan tidak menggumpal. 


Karena itu, makeup yang diaplikasikan setelahnya pun menjadi lebih menyatu. Menariknya lagi, primer ini akan membuat kulit Anda tetap lembap berkat kandungan minyak alami di dalamnya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Make OverHydration Serum

Harga referensi
Rp125.000
Menengah

Peroleh riasan tahan lama ala makeup artist profesional!

Kelebihan:
  • Dilengkapi bahan soothing agent yang menenangkan bagi kulit sensitif

Kekurangan:
  • Perlu tambahan skincare sebelum aplikasi primer bila jenis kulit Anda kering

Apakah Anda menginginkan makeup yang tahan lama seperti hasil riasan makeup artist profesional? Jika jawabannya adalah iya, gunakanlah Hydration Serum dari Make Over ini sebelum Anda mengaplikasikan makeup. Sesuai namanya, produk ini akan menghidrasi dan mempersiapkan kulit Anda supaya lebih siap saat dirias. 


Tidak perlu khawatir bila kulit Anda sensitif sebab primer ini mengandung pelembap sekaligus soothing agent, yaitu Aloe vera. Secara khusus, pakar kami merekomendasikan produk ini untuk pemilik kulit sensitif berminyak. Sementara itu, bila kulit kulit Anda sensitif dan cenderung kering, jangan lupa aplikasikan skincare sebelum memakai primer. Dengan begitu, kulit terhidrasi lebih maksimal.

No.3

Azarine®Let It Glow Hydraveil Primer Serum

Harga referensi
Rp89.000
Menengah

Diformulasikan dengan bahan alami, menjadikan wajah tampak dewy

Bagi pemilik kulit sensitif yang menyukai tampilan dewy makeup, primer lokal yang satu ini dapat menjadi andalan. Let It Glow Hydraveil Primer Serum diformulasi dengan bahan alami yang menenangkan kulit sekaligus merawat skin barrierMaka dari itu, kelembapan kulit akan terjaga sehingga wajah Anda pun tampak dewy


Tidak hanya itu, base makeup yang ringan ini karakternya sangat buildable. Anda bisa mendapatkan medium sampai high coverage sehingga pori-pori atau bekas jerawat pun tersamarkan. Kelebihan lainnya, finish produk ini dapat membuat kulit tampak lebih smooth.

No.4

Luxcrime Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Kandungan soothing agent-nya bantu tenangkan kulit yang iritasi

Produk ini merupakan primer yang mampu membuat pori-pori tampak kecil dengan hasil akhir matte. Perfect Canvas varian Mattifying Poreless Primer akan membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Makeup pun tidak mudah luntur dan lebih tahan lama.


Primer wajah berminyak ini juga mengandung glycerin dan allantoin. Allantoin sendiri berfungsi untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Jadi, primer ini cocok untuk Anda yang mungkin memiliki kulit sensitif yang sering tampak kemerahan akibat iritasi.

No.5

WardahInstaperfect Blur Mattifying Primer

Harga referensi
Rp85.000
Menengah

Makeup tahan lama seharian? Bisa dong!

Kelebihan:

  • Membuat makeup menjadi lebih tahan lama
  • Diklaim non-comedogenic dan non-acnegenic sehingga tidak memicu komedo dan jerawat

Kekurangan:

  • Produk bisa menggumpal jika digunakan terlalu banyak

Untuk menghasilkan riasan wajah yang tahan lama, Anda bisa memulainya dengan menggunakan Instaperfect Blur Mattifying Primer. Primer dari Wardah ini memberikan efek grip-lasting yang membuat makeup menempel sempurna dan bertahan lebih lama di wajah.


Diformulasikan dengan Ectoin sebagai Urban Skin Veil, primer ini juga mampu melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari, debu dan polusi, serta turut memperkuat skin barrier. Bonusnya lagi, primer ini tidak memicu komedo, jerawat, dan reaksi alergi di kulit.

No.6

PINKFLASHPRO TOUCH MAKEUP BASE PRIMER

Harga referensi
Rp49.900
Lebih Murah

Kebaikan natural ingredients untuk wajah tampak mulus

Kelebihan:
  • Hadir dalam kemasan kecil, mudah dibawa traveling

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi dengan UV protection

Primer ini mengandung bahan aktif alami seperti chamomile dan Brassica campestris (rapeseed) sterols. Berkat kandungan tersebut, Anda akan merasakan kulit yang lebih halus, lembap lebih lama, dan lebih tenang. Jadi, foundation Anda dapat menyatu sempurna setelah mengaplikasikan primer ini. Bagi pemilik kulit sensitif yang ingin mengucapkan selamat tinggal pada cakey foundation, cobalah produk ini.

No.7

GALDERMACataphil Bright Healthy Radiance Day Protection Cream

Harga referensi
Rp302.500
Agak Mahal

Bukan sekadar primer, mampu melawan tanda-tanda kulit sensitif

Kelebihan:

  • Dengan teknologi Gentlle Bright, bisa melindungi kulit sensitif, mengembalikan kesehatan kulit, sekaligus mencerahkan kulit

Kekurangan:
  • Tidak mengandung perlindungan terhadap sinar UVA

Bila Anda menginginkan primer yang berfungsi untuk melembapkan sekaligus melawan tanda-tanda kulit sensitif, ini dia jawabannya! Selain menghidrasi, produk ini juga akan mengurangi rasa kaku, kasar, tidak nyaman, dan dehidrasi yang lazim dialami oleh pemilik kulit sensitif.


Tak hanya itu, produk dari Cetaphil ini akan membantu memperbaiki kelembapan kulit yang terganggu. Tak berhenti sampai di sana, krim ini juga akan mencerahkan sekaligus mengembalikan kesehatan kulit. Kulit Anda pun menjadi sehat, warnanya lebih merata, dan lebih toleran!

No.8

Y.O.UMakeup Prep Bright & Moist Primer

Harga referensi
Rp81.500
Agak Murah

Kulit lebih cerah merata berkat ekstrak bunga magnolia

Kelebihan:

  • Mengandung physical sunscreen untuk perlindungan dari sinar UV
  • Diformulasikan dengan ekstrak bunga magnolia yang bisa mencerahkan dan meratakan warna kulit
  • Teknologi Hymagic-4D yang dapat melembapkan dan mempersiapkan kulit sebelum memakai makeup

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi box sehingga ada kemungkinan bocor saat pengiriman
  • Mengandung fragrance yang mungkin dapat mengiritasi kulit sensitif

Mengusung ekstrak bunga magnolia sebagai salah satu formulanya, produk ini memiliki manfaat brightening. Makeup primer Y.O.U diklaim mampu mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit dan mengatasi hiperpigmentasi. 


Anda yang memiliki masalah kulit kusam layak menjadikannya sebagai pilihan. Produk ini juga dibekali teknologi Hymagic-4D untuk mempersiapkan kulit sebelum memakai makeup agar hasilnya lebih bagus dan tahan lama.

No.9

Hourglass Veil Mineral Primer

Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal

Menjadikan permukaan kulit sensitif dan berjerawat sekalipun terasa halus

Kelebihan:

  • Vegan friendly, tak ada kandungan bahan hewani


Kekurangan:
  • Kemasan botol kaca, rentan pecah saat dibawa bepergian


Primer ini memiliki tekstur lembut yang akan membuat kulit wajah Anda sangat halus sekaligus menutupi segala kekurangan kulit sensitif. Berbagai masalah kulit, seperti kemerahan, pori-pori besar, dan jerawat mampu disamarkannya.


Formulanya dilengkapi dengan kandungan mineral penolak sinar UV, yaitu titanium dan zinc oxide. Berbahan vegan, produk ini bebas dari pewangi buatan, paraben, sulfat, nanoparticles, gluten, minyak, dan pewarna sintetis. Hourglass Veil Mineral Primer ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang mendambakan primer favorit untuk kulit sensitif dan berjerawat.
No.10

Too Faced Hangover Replenishing Face Primer

Harga referensi
Rp275.000
Agak Mahal

Kurang tidur? Produk ini akan menyegarkan wajah Anda dengan segera!

Kelebihan:
  • Tidak mengandung bebas dari bahan silikon, paraben, sulfat, dan phthalates
  • Lebih dari sekadar makeup, terdapat kandungan skincare yang merawat skin barrier

Kekurangan:

  • Bentuk krim transparan, tidak membantu menjadikan warna kulit tampak merata

Apabila Anda mencari primer yang efektif menyegarkan kulit, produk ini bisa jadi pilihan. Terlihat dari namanya, Hangover Replenishing Face Primer akan membuat Anda tampak seolah-olah sudah tidur cukup. Kandungan probiotik dari air kelapa dalam produk ini berfungsi meningkatkan elastisitas kulit. Tak hanya itu, kandungan probiotik ini juga akan membantu merawat skin barrier


Seperti yang sudah diketahui, pemilik kulit sensitif memiliki skin barrier yang rentan. Dengan demikian, kulit Anda akan terhidrasi dan tampak sehat. Selain itu, primer ini bebas dari bahan silikon, paraben, sulfat, dan phthalates. Tambahan pula, produk yang ramah bagi vegan ini akan menghaluskan dan mencerahkan kulit Anda.

Tips memakai skincare sebelum primer

Tips memakai skincare sebelum primer

Kulit kering adalah musuh besar bagi pemilik kulit sensitif. Karena itu, menggunakan skincare sebelum primer sangat penting untuk mencegah kulit kering. Jadi, kami sarankan untuk memakai moisturizer, cream, atau oil secukupnya sebelum menggunakan makeup.


Untuk kulit sensitif, pakailah toner wajah tiga kali lebih banyak dari biasanya sebelum mengaplikasikan makeup. Dengan begitu, kulit akan lebih lembap dan tidak terasa kering hingga sore hari. Usahakan untuk selalu menjaga kelembapan dan membersihkan makeup agar kulit tidak menjadi kering.


Selain toner, Anda juga bisa memakai essence toner. Essence toner adalah salah satu skincare yang kandungan hydrating agent-nya lebih tinggi daripada toner biasa. Lebih dari itu, pilihlah produk yang mengandung hyaluronic acid atau ceramide.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk kulit wajah sensitif di sini

Selain primer, Anda juga mungkin membutuhkan produk lainnya yang diformulasi khusus untuk kulit sensitif. Bila Anda mencari sabun muka, pelembap, atau BB cream untuk kulit sensitif, langsung saja klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi produk primer untuk kulit sensitif pilihan kami? Apakah Anda sudah menemukan produk favorit Anda? Kulit sensitif sangat rentan terhadap rangsangan dari bahan-bahan yang dikandung suatu produk. Karena itu, memang tidak mudah mencari produk kosmetik yang cocok.


Untuk tahap awal, Anda bisa mencoba sample dari beberapa produk yang kami rekomendasikan. Mulai sekarang, Anda bisa tampil cantik dengan memilih primer yang tepat untuk kulit sensitif. Selamat memilih produk yang terbaik!

5 Rekomendasi Primer untuk Kulit Sensitif terbaik

No. 1: PIXYMake It Glow Beauty Skin Primer

No. 2: Make OverHydration Serum

No. 3: Azarine®Let It Glow Hydraveil Primer Serum

No. 4: Luxcrime Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer

No. 5: WardahInstaperfect Blur Mattifying Primer

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.