• 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Makeup base atau primer menyiapkan wajah Anda seumpama kanvas yang mulus sebelum dilukis oleh makeup. Sayangnya, tidak semua primer cocok di kulit Anda, terlebih bila kulitnya sensitif berminyak dan berjerawat. Lalu, bagaimana cara memilih primer yang tepat untuk kulit sensitif?

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih primer untuk kulit sensitif serta merekomendasikan sepuluh produk yang bagus. Terdapat produk dari merek impor seperti Laneige dan Marc Jacobs, ada pula primer lokal yang kualitasnya bersaing. Tidak lupa, artikel ini juga sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, simak selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Luella Artistry
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty content creator dan makeup artist, Luella Artistry

Profil pakar: Beauty content creator dan makeup artist, Luella Artistry
Luella Artistry
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator.


Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Kulit sensitif itu yang seperti apa?

Kulit sensitif itu yang seperti apa?

Kulit sensitif sering kali dianggap sebagai salah satu jenis kulit. Padahal, Anda dapat memiliki jenis kulit kering yang sensitif ataupun kulit berminyak sekaligus berjerawat yang sensitif. Bahkan, jenis kulit Anda mungkin saja normal, tetapi sensitif. Pasalnya, kulit sensitif termasuk ke dalam permasalahan kulit, bukan jenis kulit atau skin typeTerlepas dari jenis kulit yang Anda miliki, kulit sensitif akan lebih rentan terhadap iritasi akibat faktor eksternal


Bahan kimia, pewangi, dan pewarna dapat menjadi pemicu munculnya peradangan kulit serta reaksi iritasi. Kulit Anda akan terlihat kemerahan, muncul sensasi terbakar, atau terasa gatal saat bersentuhan dengan bahan pemicu reaksi hipersensitivitas. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit dan makeup bila mempunyai permasalahan kulit sensitif.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih primer untuk kulit sensitif

Selain kandungan pelembap, ada beberapa komposisi lain yang perlu diperhatikan saat memilih primer untuk kulit sensitif. Simaklah beberapa poin di bawah ini sebagai acuan memilih primer bagi kulit sensitif.

Pilihlah primer yang dikhususkan untuk kulit sensitif atau bersifat hypoallergenic

Pilihlah primer yang dikhususkan untuk kulit sensitif atau bersifat hypoallergenic

Bahan-bahan yang cenderung membuat orang dengan kulit sensitif iritasi berbeda-beda. Namun, secara umum pemilik kulit sensitif lebih rentan terhadap alkohol, paraben, UV absorber, dan surfaktan berbasis minyak bumi. Selain itu, minyak mineral serta pewangi buatan juga dapat menjadi trigger


Maka dari itu, pilihlah primer yang bebas dari bahan-bahan tersebut dan diberi label "untuk kulit sensitif" atau "hypoallergenic". Selain itu, di antara bahan-bahan tersebut, Anda perlu memperhatikan kandungan UV absorber. Jika Anda menginginkan primer yang dilengkapi sunblock, pertimbangkan produk berlabel "UV absorber free" atau "non-chemical"

Cari yang mengandung bahan pelembap tinggi agar kulit tidak kering

Cari yang mengandung bahan pelembap tinggi agar kulit tidak kering
Pemilik kulit sensitif cenderung lebih kering dan makin sensitif akibat kekeringan tersebut. Karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang mengandung bahan pelembap tinggi. Primer yang mengandung bahan-bahan, seperti collagen, ceramide, dan hyaluronic acid dapat menjadi pertimbangan.


Untuk kondisi kulit sensitif yang cenderung berminyak, Anda bisa pilih pelembap dan primer yang mengandung Centella asiatica atau ceramide. Kedua bahan tersebut dapat membantu menenangkan kulit karena biasanya kulit sensitif berminyak lebih rentan berjerawat dan mengalami kemerahan.


Di samping itu, Anda juga bisa mengandalkan makeup base yang dilengkapi shea butter dan jojoba oil. Bahan kandungan tersebut telah diketahui efektivitasnya dalam melembapkan kulit. Hal ini sangatlah bagus untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Namun, untuk hasil maksimal, jangan lupa tetap menggunakan skincare sebelum makeup, ya.


Temukan yang formulanya tidak membebani kulit

Temukan yang formulanya tidak membebani kulit
Untuk mengurangi iritasi kulit, ada baiknya Anda memilih produk yang formulanya tidak membebani kulit. Fluoro merupakan contoh bahan yang akan terasa berat di kulit. Bahan yang satu ini sering kali terdapat dalam produk primer antisebum. Berikutnya, silikon yang mampu mengurangi produksi keringat juga cenderung memberatkan untuk kulit. 

Maka dari itu, meskipun silikon lazim ada dalam makeup base, kandungan tersebut jarang ada dalam primer untuk kulit sensitif. Jadi, primer untuk kulit sensitif cenderung lebih mudah luntur jika dibandingkan dengan yang biasa. Namun, jangan khawatir karena kami juga akan memperkenalkan produk yang cukup tahan lama.

Dapatkan produk dengan tekstur yang mudah diaplikasikan

Dapatkan produk dengan tekstur yang mudah diaplikasikan

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pastikan bahwa tekstur primer yang Anda pilih mudah diaplikasikan ke kulit. Pengaplikasian primer dengan tekstur yang terlalu kental dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada kulit sensitif Anda. Hasilnya, kulit akan terasa kasar atau pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah primer yang memiliki tekstur ringan dan mudah diaplikasikan. Selain itu, hindari primer yang bertekstur gel. Biasanya, makeup base gel mengandung oil control yang bisa membuat kulit sensitif menjadi lebih kering.

Pertimbangkan yang mampu melindungi dari sinar UV

Perlindungan terhadap sinar UV sangat penting, termasuk bagi kulit sensitif. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan primer yang dilengkapi SPF sambil tetap berhati-hati dengan komponen UV absorber di dalamnya. Supaya Anda bisa menemukan produk yang tepat, simak poin-poin berikut ini!

UV scattering agent, memecah sinar UVA

UV scattering agent, memecah sinar UVA

UVA diketahui sebagai faktor utama penyebab tanning dan munculnya tanda-tanda penuaan. Untuk menghindarinya, Anda dapat memilih primer yang dibekali dengan UV scattering agent atau physical sunscreen. Contoh bahan UV scattering agent seperti titanium oxide dan zinc oxide


Kedua bahan tersebut akan memecah sinar UVA agar tidak bisa mencapai kulit. Keuntungan lainnya, bahan scattering agent ini mempunyai partikel yang sangat halus sehingga relatif lebih aman untuk kulit sensitif. Di samping itu, bahan tersebut bekerja di atas kulit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Kulit sensitif Anda jadi lebih mudah 'bernapas' berkat kandungan sunscreen yang tidak memberatkan kulit.

UV absorber, mengubah UVB menjadi energi lain

UV absorber, mengubah UVB menjadi energi lain

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda perlu waspada dengan primer yang mengandung UV absorber sebab cenderung memicu iritasi. Akan tetapi, kandungan ini sebetulnya tetap dibutuhkan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB. Saat terpapar UVB berlebihan, kulit dapat meradang, bahkan mengalami sunburn


Nah, UV absorber atau chemical sunscreen akan mengubah sinar UVB menjadi bentuk energi lain, misalnya phosphorescence. Sebagai solusi, Anda bisa memilih primer dengan kandungan UV absorber yang relatif ramah di kulit. Produk dengan kandungan ethylhexyl methoxycinnamate dan drometrizole trisiloxane tergolong cukup aman bagi kulit sensitif.


Berbeda dengan UV scattering agent, chemical sunscreen bekerja dengan cara meresap ke dalam kulit. Jadi, pemilik kulit sensitif selain perlu memilih kandungan yang ringan, jangan lupa untuk selalu double cleansing. Tujuannya supaya pori-pori bersih maksimal dan tidak memicu masalah kulit lain.

Jangan salah pilih meski produk tersebut berlabel organik

Jangan salah pilih meski produk tersebut berlabel organik

Saat mendengar produk yang berlabel organik, ada kecenderungan anggapan bahwa produk tersebut ramah untuk kulit. Namun, sebaiknya jangan memilih primer hanya karena berlabel organik. Jika Anda ingin memilih produk organik, pilihlah yang bersertifikat organik seperti BIO dari Prancis atau USDA dari Amerika Serikat. 


Semua produk dengan label tersebut sudah melalui pemeriksaan ketat. Jadi, primer dengan label BIO atau USDA biasanya banyak mengandung bahan alami. Selain itu, kandungan seperti alkohol dan bahan pengawet pun jarang digunakan pada produk berlabel organik ini.


※Gambar di atas bukan label resmi sebenarnya

10 Rekomendasi primer terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk primer terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.

10

Marc Jacobs Undercover Perfecting Coconut Face Primer

Mulai dari Rp 710.000,00

Kandungan pelembapGlycerin, lecithin, glycine soja (soybean), glyceryl cocoate
Isi30 ml
UV protectionTidak disebutkan
Pilihan shadeInvisible 30
9

LaneigeWater Glow Base Corrector SPF 41 PA++

Mulai dari Rp 560.000,00

Kandungan pelembapGlycerin
Isi35 ml
UV protectionSPF 41/PA++
Pilihan shadeRosy pink, light purple, light green
8

Paula’s Choice Smoothing Primer Serum SPF 30

Mulai dari Rp 219.000,00

Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf extract
Isi10 ml, 30 ml
UV protectionSPF 30
Pilihan shadeTidak disebutkan
7

Too Faced Hangover Replenishing Face Primer

Mulai dari Rp 275.000,00

Kandungan pelembapGlycerin
Isi20 ml, 40 ml
UV protectionTidak disebutkan
Pilihan shadeTidak disebutkan
6
Kandungan pelembapHyaluronic acid, mushroom super hydrator
Isi50 ml
UV protectionTidak disebutkan
Pilihan shadeTidak disebutkan
5
Kandungan pelembapTidak disebutkan
Isi8,9 ml, 30 ml, 60 ml
UV protectionSPF 15
Pilihan shadeTidak disebutkan
4
Kandungan pelembapGlycerin, mannitol
Isi40 ml
UV protectionTidak disebutkan
Pilihan shadeTidak disebutkan
3
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, ceramide
Isi20 ml
UV protectionTidak disebutkan
Pilihan shadeTidak disebutkan
2
Kandungan pelembapAloe vera, provitamin B5
Isi33 ml
UV protectionTidak disebutkan
Pilihan shadeTidak disebutkan
1
Kandungan pelembapOlive oil, jojoba oil
Isi25 ml
UV protectionSPF 35/PA++
Pilihan shadeBeige

Tabel perbandingan produk primer terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
PIXY Make It Glow Beauty Skin Primer 1

PIXY

2
Make Over Hydration Serum 1

Make Over

3
Azarine Let It Glow Hydraveil Primer Serum 1

Azarine

4
Bioderma Sensibio Light 1

Bioderma

5
Hourglass  Veil Mineral Primer 1

Hourglass

6
Glossier  Priming Moisturizer 1

Glossier

7
Too Faced  Hangover Replenishing Face Primer 1

Too Faced

8
Paula’s Choice  Smoothing Primer Serum SPF 30 1

Paula’s Choice

9
Laneige Water Glow Base Corrector SPF 41 PA++ 1

Laneige

10
Marc Jacobs  Undercover Perfecting Coconut Face Primer 1

Marc Jacobs

Nama produk

Make It Glow Beauty Skin Primer

Hydration Serum

Let It Glow Hydraveil Primer Serum

Sensibio Light

Veil Mineral Primer

Priming Moisturizer

Hangover Replenishing Face Primer

Smoothing Primer Serum SPF 30

Water Glow Base Corrector SPF 41 PA++

Undercover Perfecting Coconut Face Primer

Keunggulan

Mau makeup menyatu dengan baik dan kulit terjaga kelembapannya? Bisa!

Peroleh riasan tahan lama ala makeup artist profesional!

Diformulasi dengan bahan alami, menjadikan wajah tampak dewy

Bukan sekadar primer, mampu mengurangi sensitivitas kulit

Menjadikan permukaan kulit sensitif dan berjerawat sekalipun terasa halus

Melembapkan dan memudarkan kemerahan pada kondisi alergi

Kurang tidur? Produk ini akan menyegarkan wajah Anda dengan segera!

Merawat kulit sensitif plus menutupi garis penuaan dengan bahan anti-aging!

Warnanya sempurna menutupi kekurangan kulit sensitif!

Kebaikan kelapa untuk wajah tampak mulus dan awet muda

Harga mulai dariRp 57.000,00Rp 120.000,00Rp 89.000,00Rp 297.000,00Rp 312.700,00Rp 479.000,00Rp 275.000,00Rp 219.000,00Rp 560.000,00Rp 710.000,00
Kandungan pelembapOlive oil, jojoba oilAloe vera, provitamin B5Sodium hyaluronate, ceramideGlycerin, mannitolTidak disebutkanHyaluronic acid, mushroom super hydratorGlycerinAloe barbadensis leaf extractGlycerinGlycerin, lecithin, glycine soja (soybean), glyceryl cocoate
Isi25 ml33 ml20 ml40 ml8,9 ml, 30 ml, 60 ml50 ml20 ml, 40 ml10 ml, 30 ml35 ml30 ml
UV protectionSPF 35/PA++Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSPF 15Tidak disebutkanTidak disebutkanSPF 30SPF 41/PA++Tidak disebutkan
Pilihan shadeBeigeTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanRosy pink, light purple, light greenInvisible 30
Tautan produk

Tips memakai skincare sebelum primer

Tips memakai skincare sebelum primer

Kulit kering adalah musuh besar bagi pemilik kulit sensitif. Karena itu, menggunakan skincare sebelum primer sangat penting untuk mencegah kulit kering. Jadi, kami sarankan untuk memakai moisturizer, cream, atau oil secukupnya sebelum menggunakan makeup.


Untuk kulit sensitif, pakailah toner wajah tiga kali lebih banyak dari biasanya sebelum mengaplikasikan makeup. Dengan begitu, kulit akan lebih lembap dan tidak terasa kering hingga sore hari. Usahakan untuk selalu menjaga kelembapan dan membersihkan makeup agar kulit tidak menjadi kering.


Selain toner, Anda juga bisa memakai essence toner. Essence toner adalah salah satu skincare yang kandungan hydrating agent-nya lebih tinggi daripada toner biasa. Lebih dari itu, pilihlah produk yang mengandung hyaluronic acid atau ceramide.

Baca juga rekomendasi produk primer terbaik lainnya di sini!

Dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan primer terbaik yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Bagaimana dengan primer terbaik untuk jenis kulit lainnya? Apabila Anda tertarik, simak rekomendasi produk lainnya berikut ini!

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi produk primer untuk kulit sensitif pilihan kami? Apakah Anda sudah menemukan produk favorit Anda? Kulit sensitif sangat rentan terhadap rangsangan dari bahan-bahan yang dikandung suatu produk. Karena itu, memang tidak mudah mencari produk kosmetik yang cocok.

Untuk tahap awal, Anda bisa mencoba sample dari beberapa produk yang kami rekomendasikan. Mulai sekarang, Anda bisa tampil cantik dengan memilih primer yang tepat untuk kulit sensitif. Selamat memilih produk yang terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    BB cream adalah salah satu produk kecantikan asal Korea yang booming di seluruh dunia. Coverage BB cream yang apik sekaligus tidak berlebihan membuatnya dapat menghasilkan riasan natural. Karena itu, banyak orang menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation.Ada beragam merek BB cream yang bagus, seperti Wardah, Emina, hingga Y.O.U. Kami akan membagikan tips memilih BB cream terbaik serta merekomendasi beberapa produknya. Ada yang produksi lokal hingga asli dari Korea. BB cream untuk remaja dan untuk kulit berminyak pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Liquid Concealer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Liquid Concealer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit mulus dengan warna merata dan tanpa noda adalah impian hampir setiap orang. Salah satu cara instan untuk mendapatkannya ialah menggunakan concealer. Anda dapat menyamarkan ketidaksempurnaan di kulit dengan concealer supaya wajah terlihat flawless. Salah satu jenis concealer yang banyak dipakai adalah liquid concealer. Namun, banyaknya produk yang ditawarkan mungkin akan membingungkan Anda dalam memilih.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan liquid concealer yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik dari sejumlah merk, seperti Wardah, Maybelline, dan Focallure. Sudah tidak sabar? Langsung saja, yuk!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori