10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cutter sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan di kantor, sekolah, maupun di rumah. Saat ini ada berbagai macam bentuk cutter yang beredar, seperti cutter untuk kertas, cutter kecil, cutter yang bisa berputar, cutter pembuka amplop, dan lain sebagainya.

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 cutter terbaik yang dapat Anda pilih, sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami akan mengulas mengenai cara memilih dan menggunakan cutter dengan tepat. Temukanlah cutter yang tepat untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih cutter

Sebagai salah satu alat tulis kantor, cutter biasanya sudah memiliki pengaman dan mudah untuk digunakan. Dalam memilih cutter yang tepat untuk Anda, ada baiknya Anda memperhatikan jenis dan bahan dasar dari cutter tersebut.

Jenis dan ukuran cutter

Ketika Anda akan memilih cutter di sebuah toko alat tulis, bisa jadi Anda akan kebingungan dengan banyaknya variasi jenis serta ukuran cutter yang tersedia. Mari kita lihat lebih dalam mengenai jenis cutter yang ada di pasaran saat ini.

Untuk pekerjaan kantor

Untuk pekerjaan kantor

Cutter jenis ini dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor dan merupakan jenis yang dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pekerjaan lainnya. Lebar pisau yang dimiliki adalah 9 mm. Tipe cutter ini tergolong sebagai cutter dengan ukuran kecil. Penggunaannya sangat cocok untuk memotong kertas, menipiskan dan menguliti sesuatu, seperti karton. Akan tetapi, cutter ini tidak dapat digunakan pada bahan yang terlalu tebal dan keras. Tentunya jenis cutter ini juga cocok untuk dipakai di sekolah untuk prakarya ataupun kerajinan tangan anak sekolah.

Untuk memotong bahan yang tebal

Untuk memotong bahan yang tebal

Karton dan kardus berukuran tebal biasanya sulit dipotong dengan cutter berukuran kecil, karena kekuatan yang dimilikinya tidak cukup. Mari kita gunakan cutter dengan ukuran besar yang memiliki pisau yang lebih lebar, lebih tebal, dan lebih kuat. Lebar pisau cutter dengan ukuran besar biasanya sebesar 18 mm. Cutter ini cocok digunakan untuk memotong papan lapisan kayu yang tipis dan papan gipsum.

Untuk memotong bahan yang lebih tebal dan keras

Untuk memotong bahan yang lebih tebal dan keras

Saat memotong papan lapisan kayu dengan ketebalan tertentu atau memotong sebuah bahan lembaran yang tebal, gunakanlah cutter dengan lebar pisau sebesar 25 mm. Alat ini praktis untuk Anda gunakan dan dapat dimasukkan dalam kotak perkakas Anda.

Untuk pekerjaan yang detail

Untuk pekerjaan yang detail

Cutter pada umumnya memiliki sudut pemotongan sebesar 60°, tetapi untuk pekerjaan yang sangat detail, maka Anda memerlukan cutter dengan pisau yang sangat tajam dan memiliki sudut pemotongan sebesar 30°. Cutter jenis ini dapat menghasilkan potongan-potongan yang lebih detail sehingga cocok untuk digunakan pada pembuatan model dan desain dari bahan karet.

Untuk pekerjaan seni

Untuk pekerjaan seni

Untuk pekerjaan yang lebih halus dan detail, disarankan untuk menggunakan cutter jenis ini. Ujung pisaunya berbentuk seperti pena, dan cara memegangnya seperti memegang pena, sehingga mudah untuk membuat goresan-goresan kecil pada media yang digunakan. Karena ujung pisaunya yang kecil dan tajam, cutter ini sangat ideal untuk melakukan pemotongan yang detail, bahkan yang memiliki banyak lengkungan. Biasanya cutter ini digunakan untuk membuat model, memotong gambar, dan mengukir patung.

Untuk memotong majalah

Untuk memotong majalah

Pada saat menggunting koran atau majalah, bisa jadi Anda ikut memotong halaman berikutnya yang tidak diperlukan, karena halaman tersebut menumpuk. Untuk pekerjaan ini, maka sangat mudah bagi Anda untuk menggunakan top sheet cutter, yang dapat memotong hanya satu lembar kertas pada bagian yang paling atas saja. Ujung pisau yang dimilikinya sedikit keluar, sehingga dapat memotong dengan sangat tipis. Selain itu, cutter ini didesain untuk dapat menyesuaikan tekanan yang ada pada mata pisaunya.

Untuk memotong kain

Untuk memotong kain

Anda mungkin akan menemui kesulitan pada saat memotong bahan kain atau kulit yang tebal dengan menggunakan pisau biasa. Kesulitan ini dapat teratasi dengan menggunakan rotary cutter.

Cutter ini memiliki pisau yang melingkar, sehingga ia memotong media dengan cara memutar pisaunya. Cutter ini dapat memotong bahan lain selain kain, seperti kulit dan kertas. Karena cutter ini bentuknya memutar, maka Anda dapat menjalankannya dengan mudah dan mampu memotong lengkungan secara halus, yang sulit untuk dilakukan dengan cutter biasa.

Untuk membuat perforasi

Untuk membuat perforasi

Cutter jenis ini memiliki pisau bundar yang tidak rata, yang berfungsi untuk melubangi media yang Anda gunakan. Penggunaan cutter ini biasanya untuk melubangi tiket, kertas catatan, atau buku notes.

Untuk memotong lingkaran

Untuk memotong lingkaran

Anda dapat membuat sebuah potongan lingkaran yang bagus dengan menggunakan compass cutter. Dengan menyesuaikan titik tengah lingkaran dengan jarum dan memutar bagian pisaunya seperti jangka, Anda dapat memotong sebuah lingkaran yang bersih dan rapi. Ada dua tipe pisau pada jenis cutter ini, yaitu pisau lurus dan pisau melingkar, yang dapat memotong kain dengan lebih baik.

Untuk memotong styrofoam dan kayu

Untuk memotong styrofoam dan kayu

Cutter ini memiliki mata pisau yang menyerupai gergaji. Cara menggunakannya adalah dengan menggerakannya seperti menggerakkan gergaji. Cutter jenis ini dapat digunakan untuk memotong kardus yang tebal, styrofoam, dan kayu dengan ukuran kecil.

Untuk memotong akrilik

Untuk memotong akrilik

Anda akan menemukan kesulitan apabilan memotong lembaran akrilik dengan menggunakan cutter biasa. Pakailah cutter dengan jenis mata pisau khusus untuk akrilik, dimana Anda dapat menusukkan pisau pada lembaran akrilik yang akan Anda potong.  Cutter ini akan lebih nyaman untuk Anda gunakan.

Untuk membuka amplop dan paket

Untuk membuka amplop dan paket

Alat pembuka surat berguna untuk membuka amplop dan paket berukuran kecil. Anda dapat membuka amplop paket dengan mudah dengan alat ini, sehingga tidak lagi menggunakan tangan secara manual dengan menyobek amplop ataupun paket tersebut.

Tidak ada salahnya untuk memiliki alat ini. Bentuknya yang kecil dan ringan, dapat dengan mudah untuk Anda bawa dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya.

Untuk Anda yang kidal

Untuk Anda yang kidal

Pada umumnya, cutter didesain untuk digunakan oleh tangan kanan. Misalnya, si penggerak pisau berada pada bagian kiri cutter. Untuk Anda yang menggunakan tangan kanan, akan dengan mudah menggerakan alat tersebut dengan ibu jari tangan kanan Anda. Hal ini dapat menjadi tidak nyaman dilakukan oleh Anda yang kidal.

Bagi Anda yang kidal, ada baiknya memilih cutter dengan desain yang khusus untuk orang kidal.

Jenis sekrup atau pengunci otomatis

Ada fitur pada cutter yang menyerupai bentuk sekrup yang berfungsi sebagai alat bantu untuk dapat mengeluarkan dan memasukkan pisau cutter dan dapat mengunci pisau pada cutter agar tidak bergerak. Selain itu, ada juga cutter yang memiliki pengunci pisau secara otomatis. Kedua jenis ini sama bagusnya.

Jenis sekrup harus kencang

Jenis sekrup harus kencang

Penggunaan sekrup pada pengatur pisau cutter bisa jadi merepotkan Anda apabila tidak terbiasa menggunakannya. Padahal, sewaktu sekrup ini dikencangkan, ia berguna untuk memberi kekuatan lebih pada cutter tersebut. Pada waktu memotong media yang keras, seperti lapisan kayu atau papan gipsum, jika sekrup tidak dikencangkan, bisa terjadi pisau cutter keluar dari tempatnya dan hal ini tentunya dapat membahayakan Anda.

Dengan menggunakan pisau cutter yang terpasang dengan kuat, goyangan pada pisau pada saat pemotongan dapat dihindari dan tentunya akan menghasilkan pekerjaan yang lebih rapi. Manfaat ini akan lebih terasa pada saat Anda melakukan suatu pemotongan yang panjang.

Jenis pengunci otomatis dan pemasangan pisau yang mudah

Jenis pengunci otomatis dan pemasangan pisau yang mudah

Cutter dengan pengunci pisau otomatis biasanya memiliki kemudahan dalam memasukkan dan mengeluarkan pisau dari cutter. Penggunaannya tentunya lebih mudah daripada cutter yang menggunakan sekrup dalam pengaturan pisau, tanpa mengurangi kualitas cutter itu sendiri.

Dalam menggunakan cutter ini, mungkin Anda dapat menemui kesulitan pada waktu menekan pisaunya terlalu keras. Akan tetapi, ini tidak akan menjadi masalah yang besar apabila hanya Anda gunakan untuk pekerjaan kantor yang umum saja. Intinya, cutter dengan pengunci pisau otomatis ini cocok digunakan untuk pekerjaan yang singkat dan berulang kali memasukkan dan mengeluarkan pisau dari cutter.

Ada juga jenis cutter yang memiliki fitur gabungan antara sekrup pengatur pisau dan pengunci pisau otomatis. Dengan adanya fitur pengunci otomatis, Anda dapat dengan mudah mengeluarkan pisau cutter, dan untuk mengencangkannya, dapat Anda kencangkan dengan sekrup pengatur pisau. Cutter jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin memiliki cutter yang dapat digunakan pada berbagai macam media dan pekerjaan.

Pemilihan bahan dasar pisau dan ketajamannya

Pisau cutter yang dikeluarkan oleh produsen cutter sangat beragam, baik dari jenis bahan baku dan ukurannya yang sangat bervariasi.

Bahan baku pisau

Bahan baku pisau

Bahan baku pisau cutter yang paling umum digunakan adalah baja jenis SK. Jika Anda sering menggunakan cutter pada tempat yang basah, maka Anda lebih baik memilih cutter dengan pisau berbahan dasar stainless steel atau titanium, yang tahan terhadap karat.

Ada juga pisau cutter dari bahan keramik yang anti karat dan ketajamannya dapat bertahan lama. Selain itu, bahan keramik tidak memiliki sifat magnetik, tahan dengan bahan kimia, dan tahan panas. Kekurangannya adalah bahan ini rentan untuk rusak apabila terjatuh atau terbentur dengan benda lain.

Ukuran pisau

Ukuran pisau

Sebenarnya tidak ada standar ukuran untuk pisau cutter. Namun, untuk pertimbangan kenyamaan Anda sebagai pengguna, maka produsen cutter mengeluarkan berbagai macam jenis ukuran yang berbeda. Pada umumnya, ukuran cutter yang ada di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Kecil (S), dengan lebar pisau sebesar 9 mm dan ketebalan pisau 0,38 mm
  • Sedang (M), dengan lebar pisau sebesar 12,5 mm dan ketebalan pisau 0,45 mm
  • Besar (L), dengan lebar pisau sebesar 18 mm dan ketebalan pisau 0,5 mm
  • Sangat besar (H), dengan lebar pisau sebesar 25 mm dan ketebalan pisau 0,7 m

Perbedaan antara pisau putih dan pisau hitam

Perbedaan antara pisau putih dan pisau hitam

Tahukah Anda, selain pisau cutter berwarna putih, ada pula yang berwarna hitam? Kedua pisau itu memiliki bahan dasar yang sama, tetapi pisau berwarna hitam dipoles dengan lebih cermat, sampai pada bagian tertajamnya.

Karena itu, ketajaman pisau yang berwarna hitam lebih baik dan direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan ketajaman pisau.

Bahan dasar pegangan cutter

Bahan dasar pegangan cutter

Pegangan cutter pada umumnya terbuat dari bahan dasar resin dan logam. Dengan bahan dasar resin, cutter akan menjadi ringan dan mudah untuk Anda gunakan. Dengan bahan dasar logam, cutter menjadi lebih berat, tetapi lebih kuat.

Untuk pekerjaan kantor pada umumnya, Anda disarankan untuk menggunakan cutter dengan pegangan berbahan dasar plastik yang ringan. Namun, ketika Anda melakukan pekerjaan yang lebih berat, maka disarankan untuk memilih cutter dengan pegangan berbahan dasar logam yang lebih kuat.

Selain itu, ada fitur tambahan pada cutter, seperti fitur anti slip dan pegangan karet. Jika Anda menggunakan sarung tangan pada waktu menggunakan cutter, maka pegagan Anda terhadap cutter bisa menjadi licin. Karena itu, Anda membutuhkan cutter dengan fitur anti slip.

Pilih yang mudah untuk Anda pegang

Pilih yang mudah untuk Anda pegang

Jika Anda memilih cutter yang mudah untuk Anda gunakan serta sesuai dengan tangan Anda, maka pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Sebaliknya, ketika Anda menggunakan cutter yang tidak sesuai dengan tangan Anda, Anda dapat menemui kesulitan dalam menggunakannya dan dapat berbahaya bagi Anda. Perhatikanlah bentuk serta pegangan cutter, dan pilihlah yang sesuai dengan tangan Anda. Jika memungkinkan, cobalah sebelum Anda membelinya, pilihlah yang nyaman dengan tangan Anda.

10 Rekomendasi cutter terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 jenis cutter terbaik. Cobalah pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. SGK002 Cutter Mini

10. SGK002 Cutter Mini

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.200

Cutter kecil dengan desain imut yang dapat masuk ke dalam saku Anda

Cutter mini tipe SGK002 memiliki ukuran 1,2 cm x 3,3 cm x 5,8 cm. Dengan ukurannya yang sangat kecil ini, Anda dapat membawanya bepergian dan dapat dimasukkan ke dalam saku kemeja Anda. Ukurannya yang kecil menjadikannya serbaguna untuk digunakan dalam pekerjaan yang ringan seperti memotong kertas, membuka kemasan makanan/ produk, serta membuka amplop.

Walaupun cutter ini memiliki ukuran yang kecil, cutter ini tetap memiliki pisau yang tajam. Anda pun dapat memilih warna cutter ini sesuai dengan warna favorit Anda, karena tersedia warna pilihan merah muda, biru muda, dan putih. Namun, kelemahan cutter ini adalah tidak adanya pisau isi ulang yang sesuai dengan ukurannya.

9. OLFA PC-L Heavy Duty Acrylic Plastic Laminate Cutter

9. OLFA PC-L Heavy Duty Acrylic Plastic Laminate Cutter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 498.000

Cutter dengan pisau pemotong akrilik untuk kreasi DIY Anda

OLFA adalah sebuah perusahaan dari Jepang yang dikenal sebagai penemu snape off blade cutter dan rotary cutter. Salah satu produk andalannya adalah cutter yang dapat digunakan untuk memotong media berbahan akrilik dan plastik laminasi. Ukuran yang dimiliki cutter ini adalah 3 cm x 1,5 cm x 14,5 cm, sehingga nyaman untuk dipegang oleh tangan Anda sewaktu memotong akrilik.

Keunggulan cutter ini adalah pisau yang dimilikinya. Bentuk pisaunya didesain khusus untuk memotong akrilik, dengan lebar pisau sebesar 13 mm dan ketebalan pisaunya sebesar 0,6 mm. Pegangan cutter ini didesain dengan memiliki sebuah kompartemen yang dapat digunakan untuk menyimpan pisau isi ulang cutter ini.

8. OLFA Perforation Cutter PRC-2 18 mm

8. OLFA Perforation Cutter PRC-2 18mm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 400.000

Perlu membuat kupon atau potongan kertas yang berlubang-lubang? Ini jawabannya!

OLFA mengeluarkan jenis rotary cutter dengan pisau yang tidak halus. Dengan celah pada pisaunya, cutter ini akan menghasilkan bolongan-bolongan dengan jarak yang konstan pada kertas Anda. Cutter ini disebut juga perforation cutter. Diameter pisau cutter ini adalah sebesar 18 mm, terbuat dari bahan stainless steel yang tahan lama.

Cutter ini dapat digunakan pada berbagai macam media, seperti kertas, kertas film, dan karton untuk membuat kupon. Selain sebagai cutter yang membolongi, cutter ini juga dapat digunakan sebagai top sheet cutter, yaitu cutter yang memiliki fungsi untuk memotong halaman pertama saja, dari beberapa halaman yang menumpuk, seperti pada koran atau majalah. Tak perlu repot membuat lubang satu per satu lagi.

7. SDI Pen-Type Cutter

7. SDI Pen-Type Cutter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.000

Cutter dengan kemiringan mata pisau 30° untuk kerajinan tangan Anda

Cutter ini memiliki bentuk yang menyerupai pena, dengan mata pisau yang sangat tajam dan memiliki kemiringan pisau sebesar 30°. Dengan bentuk yang menyerupai pena ini, tentunya akan nyaman untuk Anda gunakan, terutama pada saat Anda membuat kerajinan tangan yang memerlukan goresan-goresan yang sangat detail. Anda yang ingin cutter kecil berbentuk pena pun dapat memakai produk ini.

Ukuran yang cutter ini adalah 3 cm x 7 cm x 20 cm. Pembelian cutter ini disertai dengan isi ulang pisau sebanyak 30 buah. Sebagai pekerja kerajinan tangan, tentunya Anda cutter jenis ini sangat tepat untuk Anda. Mari berkreasi dengan cutter ini!

6. Linex Compass Cutter CK 1300

6. Linex Compass Cutter CK 1300

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 83.000

Memotong lingkaran dengan mulus

Linex CK 1300 adalah sebuah cutter dengan bentuk menyerupai jangka. Fungsi utama dari cutter ini adalah memotong media menjadi berbentuk lingkaran yang rapi dan mulus pada bagian pinggirannya. Diameter lingkaran yang dapat dipotong oleh cutter ini berukuran 10 mm hingga 300 mm.

Pisau dari cutter ini mampu memotong kertas, plastik film, dan lainnya. Selain itu, pisau ini sangat tajam, tidak mudah tumpul, dan terbuat dari baja berkualitas tinggi. Pembelian cutter ini dilengkapi dengan 5 buah pisau isi ulang dan 2 buah isi pensil. Tak perlu susah-susah lagi dalam memotong lingkaran. Dapatkan hasil yang bagus dan mulus dengan cutter ini.

5. OLFA Rotary Cutter RTY-2/G

5. OLFA Rotary Cutter RTY-2/G

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 217.000

Memudahkan Anda untuk memotong pola lurus dan meliuk-liuk pada kerajinan tangan Anda

OLFA, sebagai penemu rotary cutter, tentunya memiliki keunggulan tersendiri pada kreasi cutter jenis ini. Rotary cutter keluaran OLFA ini sangat mudah untuk digunakan pada semua jenis bahan, seperti kain, kertas, plastik, kulit, dan lain sebagainya. Cutter ini memiliki dimensi sebesar 3 cm x 1,5 cm x 18 cm.

Rotary cutter ini dapat memotong berbagai macam pola lurus maupun yang meliuk-liuk, sehingga sangat cocok digunakan oleh Anda yang menyukai kerajinan tangan. Kelebihan lain dari cutter ini adalah adanya pelindung mata pisau, pegangan cutter yang didesain secara khusus sehingga nyaman untuk Anda gunakan, dan dapat digunakan oleh Anda yang kidal.

4. STANLEY Cutter Classic 99-10-099

4. STANLEY Cutter Classic 99-10-099

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 97.500

Cutter dengan pegangan besi yang tahan banting

STANLEY adalah sebuah merek peralatan tukang dan mesin asal Amerika Serikat. Salah satu produk yang dikeluarkannya adalah cutter classic dengan kualitas premium dan terpercaya. Pisau yang dimiliki cutter ini sangat tajam, memiliki pegangan cutter dengan bahan besi secara keseluruhan, dan sangat mudah untuk digunakan. Tampilannya pun kokoh dan keren, berbeda dengan cutter pada umumnya.

Pengaturan pisau terdapat pada sebuah roda gerigi pada sisi atas cutter, yang dapat dengan mudah dikendalikan oleh Anda yang kidal maupun yang normal. Panjang pisau yang dimiliki cutter ini adalah sepanjang 15,2 cm. Cutter ini cocok untuk digunakan pada pekerjaan di kantor, di bengkel, maupun untuk kerajinan tangan.

3. SDI Professional Cutter 0439C

3. SDI Professional Cutter 0439C

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 100.000

Mudah mengganti mata pisaunya, mudah juga mengatur presisi pemotongannya!

SDI professional cutter 0439C adalah cutter dengan mata pisau selebar 9 mm dan sudut kemiringan pisau sebesar 30°. Cutter ini dilengkapi dengan pengunci pisau otomatis yang dapat menahan tekanan beban hingga 8 kg. Dengan kemiringan mata pisau sebesar 30°, cutter ini mampu memotong berbagai media dengan presisi tinggi.

Media yang dapat dipotong oleh cutter ini antara lain kardus, plastik, dan papan styrofoam. Keunggulan lainnya adalah kemudahan Anda untuk mengganti mata pisau yang tumpul, yaitu dengan melepaskan bagian atas cutter dan menjadikannya pemotong atau pematah pisau yang tumpul tersebut. Karena pisau yang disediakan cukup panjang, maka penggantian pisau dengan cara ini dapat Anda ulangi sampai beberapa kali.

2. OLFA XH-AL Extra Heavy Duty Cutter with Auto-Lock

2. OLFA XH-AL Extra Heavy Duty Cutter with Auto-Lock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Cutter besar berkualitas dengan kekuatan ekstra

OLFA mengeluarkan cutter dengan ukuran besar yang memiliki pengunci pisau otomatis. Kelebihan utamanya adalah pisau dengan kekuatan ekstra, baik dari segi ketajaman serta kualitas pisau hitam yang sudah dipoles terlebih dahulu. Dengan kualitas pisau dan ukurannya yang besar, cutter ini akan memudahkan Anda yang suka DIY, dan juga Anda yang menginginkan cutter berkualitas yang tahan lama.

Lebar pisau yang dimiliki cutter ini adalah 25 mm. Pegangan cutter ini dilengkapi dengan adanya anti slip, sehingga akan sangat nyaman untuk Anda gunakan, terutama pada pemotongan media yang tebal dan keras. Cutter ini dapat digunakan untuk memotong lapisan kayu, papan gipsum, kulit, karet, dan lain sebagainya. Silakan dijajal ketajaman dan kemampuan potongnya!

1. Kenko Handy Cutter K-200

1. Kenko Handy Cutter K-200

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 21.000

Cutter kecil yang kuat dengan harga terjangkau

Kenko adalah salah satu perusahaan alat tulis kantor  yang terpercaya di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1986. Kenko mengeluarkan cutter tipe K-200 yang memiliki ukuran kecil (4 cm x 6 cm x 16 cm) dan dilengkapi dengan pengunci pisau otomatis. Cutter ini nyaman dan aman untuk digunakan dalam berbagai pekerjaan kantor, rumah, maupun untuk kebutuhan sekolah.

Pisau yang digunakan cutter ini adalah pisau yang sangat tajam dan berkualitas, dapat digunakan untuk memotong berbagai macam media, seperti karton, kulit, dan panel interior dengan ketebalan sedang hingga sangat tebal. Pegangan yang dimiliki cutter ini terbuat dari bahan besi, sehingga cutter ini lebih kuat dan tahan lama. Untuk keperluan sehari-hari, cutter ini sungguh ekonomis dan berkualitas!

Kesimpulan

Dengan beragam jenis cutter yang ada, sudahkan Anda menemukan cutter yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Pilihlah yang terbaik menurut kebutuhan Anda.

Ingat, sebelum membeli cutter pilihan, pikirkanlah kembali mengenai pekerjaan yang akan Anda lakukan dengan cutter tersebut dan pilihlah yang mudah untuk Anda gunakan. Dengan menggunakan cutter yang sesuai dengan kebutuhan, tentunya pekerjaan Anda akan menjadi lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga.