1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Cutter sangat diperlukan saat aktivitas sekolah ataupun saat melakukan proyek DIY. Saat ini ada berbagai macam bentuk cutter yang beredar, seperti paper cutter, cutter kecil, cutter yang bisa berputar, dan lainnya. Merek yang bagus, seperti Kenko dan Joyko, juga sering muncul sebagai merek cutter pilihan.

Berikut ini kami akan mengulas tuntas poin penting saat memilih cutter. Setelahnya, kami akan memperkenalkan sepuluh produk rekomendasi cutter unggulan yang bisa Anda dapatkan secara daring. Baca juga artikel ini sampai akhir untuk menemukan cara menggunakan cutter dengan tepat!
Diperbaharui 07-20-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih cutter

Cutter dengan berbagai cara penggunaan bisa dikategorikan sebagai alat tulis atau perkakas. Hal paling penting saat memilih cutter tentunya adalah keamanan dan kenyamanan. Kali ini kami akan membahas lebih lanjut poin-poin saat memilih cutter yang harus diperhatikan.

① Pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan

Ketika hendak membeli cutter, bisa jadi Anda akan kebingungan dengan banyaknya variasi jenis serta ukuran yang tersedia. Mari kita lihat lebih dalam mengenai jenis cutter agar Anda bisa mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan.

Cutter ATK, untuk berbagai keperluan sehari-hari

Cutter ATK, untuk berbagai keperluan sehari-hari
Cutter alat tulis kantor (ATK) biasa digunakan dalam pekerjaan kantor, prakarya, dan keseharian. Dengan pisau selebar 9 mm, cutter ATK cocok untuk memotong kertas, kertas film, atau kulit tipis. Sayangnya, cutter ini tidak dapat digunakan untuk memotong bahan yang terlalu tebal dan keras, seperti kertas kardus. 

Heavy duty cutter, untuk memotong lembaran yang lebih tebal

Heavy duty cutter, untuk memotong lembaran yang lebih tebal
Untuk memotong lembaran yang lebih tebal, seperti kertas kardus, tripleks, atau papan gipsum, gunakan heavy duty cutter. Jenis ini memiliki pisau dengan lebar 1825 mm yang lebih tebal dan kuat. Alat ini praktis digunakan dan dapat dimasukkan ke dalam kotak perkakas.

Designer knife, untuk memotong garis melengkung

Designer knife, untuk memotong garis melengkung
Untuk pekerjaan seni yang lebih halus dan mendetail, gunakanlah designer knife. Jenis ini memiliki ujung pisau serta genggaman menyerupai pena. Alhasil, produknya lebih praktis untuk pemotongan garis melengkung dan membuat goresan halus. Biasanya, designer knife digunakan untuk membuat model, memotong gambar, dan sebagai alat bantu memahat.

Rotary cutter, untuk memotong kain dengan lancar

Rotary cutter, untuk memotong kain dengan lancar
Rotary cutter berpisau bulat dapat memudahkan Anda dalam memotong kain atau bahan kulit tebal. Cutter jenis ini memiliki pisau tebal berbentuk melingkar sehingga bisa memotong media dengan rotasi pisaunya. Berkat pisau bundarnya, cutter ini memiliki keistimewaan untuk bisa melakukan potongan melengkung yang sulit dilakukan dengan cutter biasa.

Cutter akrilik, untuk memotong papan plastik dan papan akrilik

Cutter akrilik, untuk memotong papan plastik dan papan akrilik
Untuk memotong papan plastik dan akrilik, pakailah cutter akrilik. Dengan cutter khusus ini, Anda dapat menusukkan pisau pada lembaran akrilik yang akan Anda potong. Dari segi keamanan pun, lebih baik memakai cutter akrilik untuk memotong bidang tebal

Cutter pembuka amplop, untuk membuka surat dan paket dengan rapi

Cutter pembuka amplop, untuk membuka surat dan paket dengan rapi

Cutter pembuka amplop berguna untuk membuka surat atau paket berukuran kecil dengan mudah dan rapi. Karena ringan dan berukuran kecil, cutter ini mudah disimpan serta tidak memakan tempat. Mari ucapkan selamat tinggal pada amplop-amplop yang tidak terbuka dengan rapi!

② Pertimbangkan jenis penguncian cutter

Dalam tipe penguncian pisau cutter, terdapat jenis sekrup dan jenis autolock (slide). Walaupun banyak anggapan bahwa tipe autolock lebih praktis, ternyata tiap-tiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari pelajari satu per satu!

Tipe sekrup: Untuk pengerjaan di bidang keras dan panjang

Tipe sekrup: Untuk pengerjaan di bidang keras dan panjang
Pengunci tipe sekrup memberikan kestabilan pada pisau cutter saat memotong media keras, seperti lapisan kayu atau gipsum. Sebaliknya, pengunci tipe autolock tidak bisa menstabilkan bilah pisau cutter sekuat tipe sekrup.


Tipe sekrup juga membuat pegangan Anda lebih mantap sehingga mampu menghasilkan pekerjaan yang lebih rapi. Manfaat ini akan lebih terasa saat Anda melakukan pemotongan di bidang yang panjang.

Tipe autolock: Untuk pengunaan sehari-hari yang serbaguna

Tipe autolock: Untuk pengunaan sehari-hari yang serbaguna
Pengunci autolock lebih mudah digunakan saat mengatur blade dibandingkan pengunci tipe sekrup. Meski begitu, Anda dapat menemui kesulitan pada waktu harus menekan pisaunya dengan keras. Jadi, cutter dengan pengunci tipe ini lebih cocok untuk pekerjaan yang ringan.

③ Periksa bahan baku pisau cutter

Periksa bahan baku pisau cutter
Bahan baku pisau cutter yang umum digunakan adalah baja jenis SK (baja karbon). Namun, apabila cutter akan sering terkena air, pilih pisau cutter berbahan dasar stainless steel yang lebih tahan karat.

Ada juga pisau cutter dari bahan keramik yang antikarat dan ketajamannya dapat bertahan lama. Selain itu, bahan keramik tidak memiliki sifat magnetik, tahan dengan bahan kimia, dan tahan panas. Kekurangannya adalah pisau keramik rentan rusak apabila terjatuh atau terbentur dengan keras.

④ Tentukan berdasarkan ukuran cutter

Tentukan berdasarkan ukuran cutter
    Sebenarnya, tidak ada standar ukuran untuk pisau cutter. Dengan pertimbangan kenyamanan pengguna, produsen kerap menyamakan ukuran cutter secara umum. Umumnya ukuran cutter yang ada di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Ukuran Kecil (S・A): Lebar pisau 9 mm, tebal pisau 0,38 mm

  • Ukuran Sedang (M): Lebar pisau 12,5 mm, tebal pisau 0,45 mm

  • Ukuran Besar (L): Lebar pisau 18 mm, tebal pisau 0,5 mm

  • Ukuran Sangat besar (H): Lebar pisau 25 mm, tebal pisau 0,7 mm

⑤ Perhatikan juga bahan dasar pegangan cutter

Perhatikan juga bahan dasar pegangan cutter
Pegangan atau badan cutter umumnya terbuat dari dua bahan dasar, yaitu plastik atau logam. Bahan plastik biasanya lebih ringan, sedangkan bahan dasar logam lebih berat dan solid. Untuk pekerjaan kantor, umumnya cutter dengan pegangan berbahan dasar plastik sudah cukup. Sementara itu, cutter dengan pegangan berbahan logam lebih disarankan untuk pekerjaan yang lebih berat.

Penggunaan sarung tangan saat menggunakan cutter akan membuat pegangan Anda terhadap cutter menjadi licin. Cutter dengan tambahan fungsi antiselip atau pegangan karet akan sangat berguna bagi Anda.

10 Rekomendasi cutter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cutter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Joyko

Mini Cutter

Joyko Mini Cutter  1枚目

Cutter mini berdesain imut, muat masuk ke dalam saku Anda!

2

Deli

Cutter SK5

Deli Cutter SK5  1枚目

Mudah digunakan dan didapatkan, simpel juga perawatannya!

3

Joyko

Cutter L-500

Joyko Cutter L-500 1枚目

Desain kokoh plus kualitas tepercaya dengan harga terjangkau

4

SDI

Ingenuity Precision Cutters (30 degree)

SDI Ingenuity Precision Cutters (30 degree) 1枚目

Award-winner dengan kemiringan mata pisau 30° untuk hasil potongan maksimal

5

OLFA

Rotary Cutter

OLFA Rotary Cutter 1枚目

Lebih mudah memotong pola lurus dan meliuk-liuk pada material kain

6

Maped

Scalpel Easy'Cut - Blister

Maped Scalpel Easy'Cut - Blister 1枚目

Cutter-nya para seniman, mampu memotong kertas secara detail dan presisi

7

STANLEY

6 in Classic 99® Retractable Utility Knife

STANLEY 6 in Classic 99® Retractable Utility Knife 1枚目

Pegangan terbuat dari metal, lebih tahan banting!

8

SDI

Letter Opener

SDI Letter Opener 1枚目

Ucapkan selamat tinggal pada amplop-amplop yang tidak terbuka rapi!

9

Paperie Lab

Cut & Cut 2in1 Cutter and Scissors

Paperie Lab Cut & Cut 2in1 Cutter and Scissors 1枚目

Dapatkan dua fungsi dalam satu produk ini!

10

OLFA

Plastic/Laminate Cutter

OLFA Plastic/Laminate Cutter 1枚目

Memudahkan pemotongan akrilik untuk kreasi DIY Anda

Perincian produk
Close
No.1

JoykoMini Cutter CU-506

Mulai dari Rp6.300,00

Cutter mini berdesain imut, muat masuk ke dalam saku Anda!

Kelebihan:

  • Tawarkan lima pilihan warna cerah yang menarik
  • Terdapat lubang untuk menggantungkan kunci

Kekurangan:

  • Pisau cutter-nya cukup pendek dan isinya tidak bisa diganti


Cutter mini ini sangat praktis untuk dibawa-bawa, bahkan bisa muat masuk ke dalam saku kemeja Anda, lho. Produk berukuran imut ini praktis digunakan dalam pekerjaan ringan, seperti memotong kertas tipis, membuka kemasan, serta membuka amplop.


Walaupun berukuran mini, cutter ini memiliki mata pisau yang tajam. Cutter ini tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu pink, biru, navy, oranye, dan hijau. Anda pun bisa memilih warna cutter sesuai dengan warna favorit.

No.2

Mudah digunakan dan didapatkan, simpel juga perawatannya!

Kelebihan:

  • Di bagian belakang terdapat klip yang memudahkan saat menyelipkannya di buku
  • Terdapat empat pilihan warna cerah yang berkesan modern

Kekurangan:

  • Ketiga pilihan warnanya kurang cocok dipakai oleh Anda penyuka warna netral

Apabila Anda sedang mencari cutter ATK yang bisa diandalkan, produk ini bisa menjadi pilihan. Bentuk rampingnya memudahkan Anda untuk membawanya di dalam saku ataupun tempat pensil. Hal ini menjadikannya sebagai cutter yang pas untuk keperluan kantor atau sekolah.


Ditambah lagi, produk ini juga memiliki snap-off di bagian belakang untuk mematahkan pisau yang sudah aus. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk menjaga ketajaman pisau. Cutter SK5 beserta refill-nya ini bisa dengan mudah dibeli secara daring atau langsung. 

No.3

Desain kokoh plus kualitas tepercaya dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Terdapat bonus lima buah pisau lengkap dengan box-nya
  • Dilengkapi blade snapper, mempermudah saat memotong blade yang tidak tajam

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan jika pisau cutter-nya mudah berkarat

Cutter Joyko L-500 merupakan produk heavy duty yang dirancang untuk membantu pekerjaan berat. Produk ini mampu memotong benda-benda tebal, seperti tripleks ataupun kardus. Cutter ini memiliki badan yang berdesain kokoh serta pengunci berbentuk sekrup. 


Anda pun bisa menggunakan produk ini dengan rasa aman. Terlebih, Anda juga akan mendapatkan satu tube blade pada setiap pembeliannya. Produk ini cocok dipilih oleh Anda yang mencari produk jenis heavy duty dengan harga terjangkau.

No.4

SDIIngenuity Precision Cutters (30 degree)0443C

Mulai dari Rp31.800,00

Award-winner dengan kemiringan mata pisau 30° untuk hasil potongan maksimal

Kelebihan:
  • Pisaunya tahan tekanan hingga 5 kg
  • Didesain dengan anti-sway clamp, blade lebih stabil

Kekurangan:

  • Karena dibalut dengan warna putih, noda akan mudah tampak

Cutter ini berbentuk semi segitiga untuk memudahkan pemakaian bagi Anda yang kidal sekalipun. Kenyamanan pemakaian cutter didukung oleh kemiringan pisau sebesar 30°, yaitu sudut terbaik dalam pemakaian cutter. Tidak lupa SDI juga menambahkan fitur hollow pada badan cutter yang memudahkan Anda memotong benang tipis dengan ringkas.


Produk ini telah berhasil menyabet penghargaan Good Design Award pada tahun 2014. Pada tahun berikutnya cutter yang sama juga meraih penghargaan IF Design Award. Apabila Anda mencari cutter ATK yang bernilai tinggi dari sisi desain dan kualitas, pertimbangkanlah produk ini!

No.5

OLFARotary CutterRTY-2/G

Mulai dari Rp187.400,00

Lebih mudah memotong pola lurus dan meliuk-liuk pada material kain

Kelebihan:
  • Banyak review yang mengatakan jika ketajamannya tak akan membuat pola kain rusak

Kekurangan:

  • Hanya memiliki pilihan warna kuning yang cukup mencolok 

OLFA, sebagai penemu rotary cutter memiliki keunggulan tersendiri pada kreasi cutter jenis ini. Rotary cutter ini mudah digunakan pada semua jenis bahan, seperti kain, kertas, plastik, kulit, dan lain sebagainya. 


Keistimewaan rotary cutter adalah dapat memotong berbagai macam pola lurus atau meliuk-liuk. Fungsi ini menjadikannya cocok digunakan dalam kegiatan kerajinan tangan. Kelebihan lain dari cutter ini adalah pegangannya yang nyaman dan bisa dipakai oleh Anda yang bertangan kidal.
No.6

MapedScalpel Easy'Cut - Blister

Mulai dari Rp59.000,00

Cutter-nya para seniman, mampu memotong kertas secara detail dan presisi

Kelebihan:

  • Memiliki desain yang ergonomis sehingga nyaman digenggam


Kekurangan:

  • Gampang tumpul jika Anda tidak menggunakan cutting mat ketika memakainya


Cutter berbentuk pena ini didesain sebagai alat pemotong dalam pengerjaan karya seni. Sangat tepat digunakan sebagai alat bantu dalam pengerjaan paper craft, bukan? Mata pisau yang bisa disimpan dengan cara dibalik menambah faktor keamanan pada cutter pen ini. 


Saat membeli cutter ini, Anda akan mendapatkan dua buah mata pisau cadangan sehingga lebih hemat. Jadikan karya seni Anda lebih rapi, presisi, dan menawan dengan cutter berbentuk pena ini!

No.7

STANLEY6 in Classic 99® Retractable Utility Knife10-099

Mulai dari Rp87.000,00

Pegangan terbuat dari metal, lebih tahan banting!

Kelebihan:
  • Mempunyai slot di bagian pegangan untuk menampung sepuluh pisau isi ulang
  • Tawarkan tiga bentuk pisau yang berbeda, tinggal pilih sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu pilihan warna

STANLEY adalah sebuah merek peralatan tukang dan mesin asal Amerika Serikat. Salah satu produk yang dikeluarkannya adalah cutter klasik dengan kualitas premium dan tepercaya. Sebetulnya, cutter ini bisa diklasifikasikan sebagai cutter semipisau karena kekuatannya untuk memotong benda-benda tebal.


Cutter besar ini hadir dengan pegangan berbahan metal yang kokoh, keren, dan lebih tahan banting. Dilihat dari fungsi dan tampilan, cutter ini cocok untuk digunakan pada pekerjaan pertukangan ataupun bengkel.

No.8

Ucapkan selamat tinggal pada amplop-amplop yang tidak terbuka rapi!

Kelebihan:

  • Desainnya kecil. mudah disimpan di dalam tas dan tak akan memakan tempat

Kekurangan:

  • Anda perlu lebih berhati-hati agar tidak melukai tangan karena produk ini tidak memiliki penutup

Membuka amplop secara tidak rapi terasa menyebalkan, terutama apabila isinya merupakan dokumen penting. Cutter mini dan praktis ini akan memudahkan Anda saat membuka amplop-amplop tersebut! 


Ukuran cutter ini sangat kecil dan pipih sehingga bisa dengan mudah disimpan ke dalam laci meja. Namun, karena tidak dilengkapi dengan penutup, pastikan Anda menyimpannya dengan benar, ya!

No.9

Paperie LabCut & Cut 2in1 Cutter and Scissors

Mulai dari Rp42.000,00

Dapatkan dua fungsi dalam satu produk ini!

Kelebihan:

  • Pisau pemotongnya dapat Anda ganti
  • Nyaman dipakai, bahkan oleh Anda yang kidal

Kekurangan:

  • Pisau pemotong cutter-nya cukup pendek

Pilihlah produk ini apabila Anda tidak mau membawa banyak pemotong. Pasalnya, produk ini didesain dengan dua sisi yang berbeda. Satu sisinya dapat digunakan untuk menggunting, sedangkan sisi lainnya merupakan cutter. Tinggal pilih saja sisi yang sesuai dengan kebutuhan. 


Anda juga tak perlu khawatir tangan akan mudah terluka. Alasannya karena produk ini dilengkapi dengan penutup di bagian guntingnya dan autolock untuk bagian cutter-nya.

No.10

OLFAPlastic/Laminate CutterPC-L

Mulai dari Rp110.000,00

Memudahkan pemotongan akrilik untuk kreasi DIY Anda

Kelebihan:
  • Mata pisaunya dibuat dari bahan yang antikarat
  • Memiliki slot untuk menyimpan satu pisau isi ulang

Kekurangan:

  • Bahan dasar pegangannya mudah terbakar serta tergores jika terkena benda tajam

OLFA adalah sebuah perusahaan dari Jepang yang dikenal sebagai penemu snape off blade cutter dan rotary cutter. Salah satu produk andalannya adalah cutter pemotong media akrilik dan plastik laminasi.


Keunggulan cutter ini adalah pisau yang dimilikinya. Bentuk pisau didesain khusus dan cocok untuk memotong plastik akrilik sampai ketebalan 0,6 mm. Pegangan cutter juga didesain untuk menyimpan satu pisau isi ulang cadangan di kompartemen tambahannya. 

Cara memakai cutter yang baik dan benar

Setelah menemukan cutter yang tepat, tentunya penting juga untuk mengetahui cara pemakaiannya. Mari kenali cara pemakaian cutter yang baik dan benar!

Pegang cutter dengan benar agar menghasilkan potongan yang baik

Pegang cutter dengan benar agar menghasilkan potongan yang baik

Saat memotong garis lurus atau memotong bidang lebar, letakkanlah telunjuk Anda di punggung cutter, lalu genggamlah badan cutter. Begitu juga saat Anda melakukan pekerjaan keras dengan cutter. Genggaman tersebut akan memberikan lebih banyak kekuatan pada tekanan cutter. Sementara itu, saat ingin melakukan pekerjaan kecil dan mendetail, peganglah cutter layaknya memegang pensil.

Tips memegang cutter serta hal yang sebaiknya diperhatikan

Penggunaan cutter adalah hal wajar yang dilakukan sehari-hari. Namun, ternyata ada tips dan trik untuk membuat potongan cutter menjadi lebih presisi!

Cara memotong garis lurus

Cara memotong garis lurus

Pada dasarnya, Anda cukup mengeluarkan sedikit mata pisau saat memotong menggunakan cutter. Apabila mengeluarkan terlalu banyak, garis yang dihasilkan tidak akan lurus. Terlebih lagi, mengeluarkan pisau cutter terlalu banyak berbahaya apabila mata pisau tiba-tiba patah. Saat memotong garis lurus, tariklah garis secara vertikal dari ujung sisi terjauh menuju ke arah Anda

Cara memotong dengan penggaris

Cara memotong dengan penggaris

Saat memotong menggunakan penggaris, siapkan cutter terlebih dahulu di atas bidang yang akan dipotong. Penggaris diletakkan setelahnya untuk mencegah kesalahan pada ketebalan mata pisau cutter. Kemudian, dalam memotong beberapa lembar kertas sekaligus, miringkan mata pisau sedikit ke arah luar. Hal tersebut akan mencegah potongan kertas menjadi miring karena pergeseran tepi potongan.

Disarankan menggunakan penggaris yang tebal

Disarankan menggunakan penggaris yang tebal

Pilihlah penggaris tebal saat memotong dengan cutter. Menggunakan penggaris tipis akan berbahaya. Alasannya karena bisa saja cutter menaiki penggaris dan melukai jari Anda saat sedang menarik garis lurus. Selain itu, pilihlah penggaris yang terbuat dari logam. Penggaris plastik kurang cocok digunakan bersama cutter karena rawan tergores. 

Potonglah ujung pisau cutter saat menjadi tumpul

Potonglah ujung pisau cutter saat menjadi tumpul

Mata pisau cutter yang tumpul akan tersangkut saat digunakan dan tidak dapat memotong dengan bersih. Selain itu, Anda membutuhkan lebih banyak tenaga saat memotong dan berisiko terluka. Jika mata pisau dirasa sudah tumpul, Anda bisa mematahkan ujung bilah pisau.


Saat ingin mematahkan mata pisau cutter, keluarkanlah satu ruas pisau cutter, dan jepit erat dengan tang. Lipatlah pisau cutter ke arah diagonal. Hindari mematahkan mata pisau dengan menekannya pada benda keras untuk menghindari patahan yang terbang.

Baca juga rekomendasi ATK lainnya di sini

Cutter merupakan salah satu ATK yang sering dipakai dalam kegiatan perkantoran, prakarya, atau keseharian. Selain cutter, tentu ada banyak produk ATK lain yang sering Anda gunakan setiap harinya. Mari lihat artikel lainnya yang membahas mengenai ATK di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan beragam jenis cutter yang kami rekomendasikan, sudahkah Anda menemukan cutter favorit yang sesuai dengan kebutuhan? Pilihlah yang terbaik menurut kebutuhan Anda, ya.

Sebelum membeli cutter, pikirkanlah kembali mengenai pekerjaan yang akan Anda lakukan dengan cutter tersebut. Pilihlah produk yang sekiranya mudah untuk Anda gunakan. Dengan menggunakan cutter yang sesuai dengan kebutuhan, tentunya pekerjaan akan menjadi lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer