• 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Cutter sangat diperlukan saat aktivitas sekolah maupun saat melakukan proyek DIY. Saat ini, ada berbagai macam bentuk cutter yang beredar, seperti paper cutter, cutter kecil, cutter yang bisa berputar, dan lainnya. Merk yang bagus seperti Kenko dan Joyko juga sering muncul sebagai merk cutter pilihan.

Berikut ini kami akan mengulas tuntas poin penting saat memilih cutter dan isi pisaunya. Setelahnya, kami akan memperkenalkan sepuluh produk rekomendasi cutter unggulan yang bisa Anda dapatkan secara daring. Baca juga artikel ini sampai akhir untuk menemukan cara menggunakan cutter dengan tepat!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Arina Mabruroh
  • Pembaharuan terakhir: 31 Maret 2021
  • 27.332 Views
Daftar isi

Cara memilih cutter

Cutter dengan berbagai cara penggunaan bisa dikategorikan sebagai alat tulis maupun perkakas. Hal paling penting saat memilih cutter tentunya adalah keamanan dan kenyamanan. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut poin-poin saat memilih cutter yang harus Anda perhatikan.

Pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan

Ketika hendak membeli cutter, bisa jadi Anda akan kebingungan dengan banyaknya variasi jenis serta ukuran yang tersedia. Mari kita lihat lebih dalam mengenai jenis cutter agar Anda bisa mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan.

Cutter ATK, untuk berbagai keperluan sehari-hari

Cutter ATK, untuk berbagai keperluan sehari-hari
Cutter alat tulis kantor (ATK) biasa digunakan dalam pekerjaan kantor, prakarya, dan keseharian. Dengan pisau selebar 9 mm, cutter ATK sangat cocok untuk memotong kertas, kertas film, maupun kulit tipis. Namun, cutter ini tidak dapat digunakan untuk memotong bahan yang terlalu tebal dan keras seperti kertas kardus. Jenis ini juga cocok untuk dipakai di sekolah untuk prakarya ataupun kerajinan tangan.

Heavy duty cutter, untuk memotong lembaran yang lebih tebal

Heavy duty cutter, untuk memotong lembaran yang lebih tebal
Untuk memotong lembaran yang lebih tebal, seperti kertas kardus, tripleks, atau papan gipsum, gunakan heavy duty cutter. Jenis heavy duty memiliki pisau dengan lebar 18 mm – 25 mm yang lebih tebal dan kuat daripada jenis yang telah disebutkan sebelumnya. Alat ini praktis untuk Anda gunakan dan dapat dimasukkan ke dalam kotak perkakas.

Designer knife, untuk memotong garis melengkung

Designer knife, untuk memotong garis melengkung
Untuk pekerjaan seni yang lebih halus dan mendetail, gunakanlah designer knife. Jenis cutter ini memiliki ujung pisau serta genggaman menyerupai pena, praktis untuk pemotongan garis melengkung dan membuat goresan halus. Biasanya, designer knife digunakan untuk membuat model, memotong gambar, dan sebagai alat bantu memahat.

Rotary cutter, untuk memotong kain dengan lancar

Rotary cutter, untuk memotong kain dengan lancar
Rotary cutter berpisau bulat dapat memudahkan Anda dalam memotong kain atau bahan kulit tebal. Cutter jenis ini memiliki pisau tebal berbentuk melingkar sehingga bisa memotong media dengan rotasi pisaunya. Berkat pisau bundarnya, cutter ini memiliki keistimewaan untuk bisa melakukan potongan melengkung yang sulit dilakukan dengan cutter biasa.

Cutter akrilik, untuk memotong papan plastik dan papan akrilik

Cutter akrilik, untuk memotong papan plastik dan papan akrilik
Untuk memotong papan plastik dan akrilik, Pakailah cutter akrilik. Dengan cutter khusus ini, Anda dapat menusukkan pisau pada lembaran akrilik yang akan Anda potong. Dari segi keamanan pun, lebih baik memakai cutter akrilik untuk memotong bidang tebal. Karena itu, mari pertimbangkan cutter ini saat Anda hendak memotong papan akrilik.

Cutter pembuka amplop, untuk membuka surat dan paket dengan rapi

Cutter pembuka amplop, untuk membuka surat dan paket dengan rapi

Cutter pembuka amplop berguna untuk membuka surat atau paket berukuran kecil dengan mudah dan rapi. Karena ringan dan berukuran kecil, cutter ini mudah disimpan serta tidak memakan tempat. Mari ucapkan selamat tinggal pada amplop-amplop yang tidak terbuka dengan rapi!

Pertimbangkan jenis penguncian cutter

Dalam tipe penguncian pisau cutter, terdapat jenis sekrup dan jenis autolock (slide). Walaupun banyak anggapan bahwa tipe autolock lebih praktis, ternyata masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mari pelajari satu per satu!

Tipe sekrup: Untuk pengerjaan di bidang keras dan panjang

Tipe sekrup: Untuk pengerjaan di bidang keras dan panjang
Pengunci tipe sekrup memberikan kestabilan pada pisau cutter saat memotong media keras seperti lapisan kayu atau gipsum. Sebaliknya, pengunci tipe autolock tidak bisa menstabilkan bilah pisau cutter sekuat tipe sekrup.

Pisau yang tidak terkunci dengan rapat memungkinkan pisau cutter keluar dari tempatnya sehingga dapat membahayakan Anda. Pengunci tipe sekrup membuat pegangan Anda lebih mantap sehingga mampu menghasilkan pekerjaan yang lebih rapi. Manfaat ini akan lebih terasa saat Anda melakukan pemotongan di bidang yang panjang.

Tipe autolock: Untuk pengunaan sehari-hari yang serbaguna

Tipe autolock: Untuk pengunaan sehari-hari yang serbaguna
Pengunci tipe autolock lebih mudah digunakan dalam pengaturan pisau cutter daripada pengunci tipe sekrup. Meski begitu, Anda dapat menemui kesulitan pada waktu harus menekan pisaunya dengan keras. Karena itu, cutter dengan pengunci tipe ini lebih cocok untuk pekerjaan yang ringan seperti pekerjaan kantor yang umum saja.

Ada juga jenis cutter yang memiliki fitur gabungan antara sekrup pengatur pisau dan pengunci pisau otomatis. Cutter jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan cutter serbaguna untuk digunakan pada berbagai media dan pekerjaan.

Tentukan berdasarkan bahan dasar pisau dan ketajamannya

Pisau cutter yang dikeluarkan oleh produsen cutter sangat beragam, baik dari jenis bahan baku dan variasi ukuran. Mari kita pelajari lebih lanjut lagi!

Periksa bahan baku pisau cutter

Periksa bahan baku pisau cutter
Bahan baku pisau cutter yang paling umum digunakan adalah baja jenis SK (baja karbon). Namun, apabila cutter akan sering terkena air, pilihlah pisau cutter berbahan dasar stainless steel atau titanium. Dua bahan tersebut lebih tahan terhadap karat.

Ada juga pisau cutter dari bahan keramik yang antikarat dan ketajamannya dapat bertahan lama. Selain itu, bahan keramik tidak memiliki sifat magnetik, tahan dengan bahan kimia, dan tahan panas. Kekurangannya, pisau keramik rentan rusak apabila terjatuh atau terbentur dengan keras.

Tentukan berdasarkan ukuran cutter

Tentukan berdasarkan ukuran cutter
    Sebenarnya tidak ada standar ukuran untuk pisau cutter. Dengan pertimbangan kenyamaan pengguna, produsen kerap menyamakan ukuran cutter secara umum. Umumnya, ukuran cutter yang ada di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Ukuran Kecil (S・A): lebar pisau 9 mm, tebal pisau 0,38 mm

  • Ukuran Sedang (M): lebar pisau 12,5 mm, tebal pisau 0,45 mm

  • Ukuran Besar (L): lebar pisau 18 mm, tebal pisau 0,5 mm

  • Ukuran Sangat besar (H): lebar pisau 25 mm, tebal pisau 0,7 mm

Pertimbangkan juga bahan dasar pegangan cutter

Pertimbangkan juga bahan dasar pegangan cutter
Pegangan atau badan cutter umumnya terbuat dari dua bahan dasar yaitu plastik atau logam. Bahan plastik biasanya lebih ringan, sedangkan bahan dasar logam lebih berat dan solid. Untuk pekerjaan kantor, umumnya cutter dengan pegangan berbahan dasar plastik sudah cukup. Sementara cutter dengan pegangan berbahan logam lebih disarankan untuk pekerjaan yang lebih berat.

Penggunaan sarung tangan saat menggunakan cutter akan membuat pegangan Anda terhadap cutter menjadi licin. Cutter dengan tambahan fungsi antiselip atau pegangan karet akan sangat berguna bagi Anda.

Pilihlah yang bentuknya mudah digenggam

Pilihlah yang bentuknya mudah digenggam
Cutter yang mudah digenggam oleh tangan Anda akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebaliknya, apabila Anda tidak dapat menggenggam cutter dengan baik, Anda dapat kesulitan dalam menggunakannya. Perhatikanlah bentuk serta pegangan cutter, lalu pilihlah yang sesuai dengan tangan Anda. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan cutter sebelum Anda membelinya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi cutter terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk cutter terbaik dari berbagai varian jenis dan ukuran. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
Tipe cutterCutter ATK, cutter pembuka amplop
Ukuran cutterS size (59 mm x 34 mm)
Tipe pengunciAutolock
Bahan dasar peganganPlastik
Bahan mata pisauTidak disebutkan
9
Tipe cutterCutter ATK
Ukuran cutterS size (150 mm x 21 mm x 14 mm)
Tipe pengunciAutolock
Bahan dasar peganganPlastik
Bahan mata pisauBesi ringan
8

OLFAHeavy-duty plastic/laminate cutter

PC-L

Mulai dari Rp 130.000,00

Tipe cutterCutter akrilik, heavy duty cutter
Ukuran cutterL size (145 mm x 30 mm x 15 mm)
Tipe pengunciSekrup
Bahan dasar peganganPlastik
Bahan mata pisauBaja
7
Tipe cutterCutter ATK
Ukuran cutterLebar pisau: 9 mm
Tipe pengunciAutolock
Bahan dasar peganganTidak disebutkan
Bahan mata pisauTidak disebutkan
6
Tipe cutterRotary cutter
Ukuran cutterDiameter pisau: 45 mm・Dimensi bodi: 180 mm x 30 mm x 15 mm
Tipe pengunciPenutup blade
Bahan dasar peganganPlastik
Bahan mata pisauTungsten carbide steel
5
Tipe cutterPembuka amplop
Ukuran cutter3,2 inci (81,28 mm)
Tipe pengunciTidak ada
Bahan dasar peganganTidak disebutkan
Bahan mata pisauStainless steel
4

STANLEYClassic 99® Retractable Utility Knife

10-099

Mulai dari Rp 75.000,00

Tipe cutterHeavy duty cutter
Ukuran cutter6 inci (152,4 mm)
Tipe pengunciAutolock
Bahan dasar peganganTidak disebutkan
Bahan mata pisauCarbon alloy steel
3
Tipe cutterDesigner knife
Ukuran cutterLebar pisau: 6 mm
Tipe pengunciTidak ada
Bahan dasar peganganPlastik
Bahan mata pisauTidak disebutkan
2
Tipe cutterHeavy duty cutter
Ukuran cutterL size (155 mm x 27 mm x 10 mm)
Tipe pengunciSekrup
Bahan dasar peganganPlastik
Bahan mata pisauTidak disebutkan
1

SDIIngenuity Precision Cutters (30 degree)

0443C

Mulai dari Rp 32.000,00

Tipe cutterCutter ATK
Ukuran cutterS size (9 mm)
Tipe pengunciAutolock (mampu menahan beban sampai 5 kg)
Bahan dasar peganganPlastik
Bahan mata pisauTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk cutter terbaik

Gambar produk
1
SDI Ingenuity Precision Cutters (30 degree) 1

SDI

2
Kenko Cutter Blade 1

Kenko

3
Maped Scalpel Easy'Cut - Blister 1

Maped

4
STANLEY Classic 99® Retractable Utility Knife 1

STANLEY

5
SDI Letter Opener 1

SDI

6
OLFA Rotary Cutter 1

OLFA

7
Maped New Best of Cutter 1

Maped

8
OLFA Heavy-duty plastic/laminate cutter 1

OLFA

9
Joyko Cutter 1

Joyko

10
Joyko Mini Cutter 1

Joyko

Nama produk

Ingenuity Precision Cutters (30 degree)

Cutter Blade

Scalpel Easy'Cut - Blister

Classic 99® Retractable Utility Knife

Letter Opener

Rotary Cutter

New Best of Cutter

Heavy-duty plastic/laminate cutter

Cutter

Mini Cutter

Keunggulan

Award-winner dengan kemiringan mata pisau 30° untuk hasil potongan yang maksimal

Desain kokoh, kualitas tepercaya, harganya pun terjangkau

Cutter-nya para seniman! Mampu memotong kertas secara detail dan presisi

Pegangan terbuat dari metal, lebih tahan banting!

Ucapkan selamat tinggal pada amplop-amplop yang tidak terbuka rapi!

Memudahkan Anda untuk memotong pola lurus dan meliuk-liuk pada material kain

Desain ergonomis dan disertai garansi 10 tahun

Memudahkan pemotongan akrilik untuk kreasi DIY Anda

Mudah digunakan dan didapatkan, simpel juga perawatannya!

Cutter mini dengan desain imut yang muat masuk ke dalam saku Anda

Harga mulai dariRp 32.000,00Rp 15.400,00Rp 51.500,00Rp 75.000,00Rp 30.000,00Rp 243.700,00Rp 22.500,00Rp 130.000,00Rp 14.100,00Rp 2.800,00
Tipe cutterCutter ATKHeavy duty cutterDesigner knifeHeavy duty cutterPembuka amplopRotary cutterCutter ATKCutter akrilik, heavy duty cutterCutter ATKCutter ATK, cutter pembuka amplop
Ukuran cutterS size (9 mm)L size (155 mm x 27 mm x 10 mm)Lebar pisau: 6 mm6 inci (152,4 mm)3,2 inci (81,28 mm)Diameter pisau: 45 mm・Dimensi bodi: 180 mm x 30 mm x 15 mmLebar pisau: 9 mmL size (145 mm x 30 mm x 15 mm)S size (150 mm x 21 mm x 14 mm)S size (59 mm x 34 mm)
Tipe pengunciAutolock (mampu menahan beban sampai 5 kg)SekrupTidak adaAutolockTidak adaPenutup bladeAutolockSekrupAutolockAutolock
Bahan dasar peganganPlastikPlastikPlastikTidak disebutkanTidak disebutkanPlastikTidak disebutkanPlastikPlastikPlastik
Bahan mata pisauTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanCarbon alloy steelStainless steelTungsten carbide steelTidak disebutkanBajaBesi ringanTidak disebutkan
Tautan produk

Cara memakai cutter yang baik dan benar

Setelah menemukan cutter yang tepat, tentunya penting juga untuk mengetahui cara pemakaiannya. Mari kenali cara pemakaian cutter yang baik dan benar!

Pegang cutter dengan benar agar menghasilkan potongan yang baik

Pegang cutter dengan benar agar menghasilkan potongan yang baik

Saat memotong garis lurus atau memotong bidang lebar, letakkanlah telunjuk Anda di punggung cutter, lalu genggamlah badan cutter. Begitu juga saat Anda melakukan pekerjaan keras dengan cutter. Genggaman tersebut akan memberikan lebih banyak kekuatan pada tekanan cutter. Sementara itu, saat ingin melakukan pekerjaan kecil dan mendetail, peganglah cutter layaknya memegang pensil.

Tips memegang cutter serta hal yang sebaiknya diperhatikan

Penggunaan cutter adalah hal wajar yang dilakukan sehari-hari. Namun, ternyata ada tips dan trik untuk membuat potongan cutter menjadi lebih presisi. Berikut selengkapnya!

Cara memotong garis lurus

Cara memotong garis lurus

Pada dasarnya Anda cukup mengeluarkan sedikit mata pisau saat memotong menggunakan cutter. Apabila mengeluarkan terlalu banyak, garis yang dihasilkan tidak akan lurus. Ditambah lagi, mengeluarkan pisau cutter terlalu banyak berbahaya apabila mata pisau tiba-tiba patah. Saat memotong garis lurus, tariklah garis secara vertikal dari ujung sisi terjauh menuju ke arah Anda. 

Cara memotong dengan penggaris

Cara memotong dengan penggaris

Saat memotong menggunakan penggaris, siapkan cutter terlebih dahulu di atas bidang yang akan dipotong. Penggaris diletakkan setelahnya untuk mencegah kesalahan pada ketebalan mata pisau cutter. Kemudian, dalam memotong beberapa lembar kertas sekaligus, miringkan mata pisau sedikit ke arah luar. Hal tersebut akan mencegah potongan kertas menjadi miring karena pergeseran tepi potongan.

Disarankan menggunakan penggaris yang tebal

Disarankan menggunakan penggaris yang tebal

Pilihlah penggaris tebal saat memotong dengan cutter. Menggunakan penggaris tipis akan berbahaya karena bisa saja cutter menaiki penggaris dan melukai jari Anda saat sedang menarik garis lurus. Selain itu, pilihlah penggaris yang terbuat dari logam. Penggaris plastik kurang cocok digunakan bersama cutter karena rawan tergores. 

Potonglah ujung pisau cutter saat menjadi tumpul

Potonglah ujung pisau cutter saat menjadi tumpul

Mata pisau cutter yang tumpul akan tersangkut saat digunakan dan tidak dapat memotong dengan bersih. Selain itu, Anda pun membutuhkan lebih banyak tenaga saat memotong dan berisiko terluka. Bila mata pisau dirasa sudah tumpul, Anda bisa mematahkan ujung bilah pisau.


Saat ingin mematahkan mata pisau cutter, keluarkanlah satu ruas pisau cutter, dan jepit erat dengan tang. Lipatlah pisau cutter ke arah diagonal. Hindari mematahkan mata pisau dengan menekannya pada benda keras untuk mengindari patahan yang terbang.

Baca juga rekomendasi produk ATK lainnya di sini

Cutter merupakan salah satu ATK yang sering dipakai dalam kegiatan perkantoran, prakarya, maupun sehari-hari. Selain cutter, tentu ada banyak produk ATK lain yang sering Anda gunakan setiap harinya. Mari lihat artikel lainnya yang membahas mengenai ATK di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan beragam jenis cutter yang ada, sudahkan Anda menemukan cutter yang sesuai dengan kebutuhan? Pilihlah yang terbaik menurut kebutuhan Anda.

Sebelum membeli cutter, pikirkanlah kembali mengenai pekerjaan yang akan Anda lakukan dengan cutter tersebut. Pilihlah produk yang sekiranya mudah untuk Anda gunakan. Dengan menggunakan cutter yang sesuai dengan kebutuhan, tentunya pekerjaan akan menjadi lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Alat tulis
    91.104 Views
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merk pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!
    Alat tulis
    102.179 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen gel merupakan alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Saat ini, terdapat banyak pilihan merek pulpen gel yang mungkin membuat Anda bingung ketika memilih.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas tips dan cara memilih pulpen gel terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda beli secara online. Ada beberapa merek yang dapat Anda pilih, seperti Pilot, Zebra, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
    51.678 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini atau berbentuk pulpen yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan makin banyaknya pilihan, Anda pun bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain UHU dan Deli, ada merek-merek lain yang bagus dengan berbagai kelebihan untuk digunakan. Temukan produk terbaik dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas yang telah kami susun untuk Anda.
    Alat tulis
    66.874 Views
  • 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dari sekian banyak jenis alat tulis, penghapus termasuk alat tulis yang wajib dimiliki. Jika dahulu penghapus hanya digunakan untuk pensil, saat ini bermunculan penghapus yang bahkan mampu menghapus pena dan tinta bolpoin. Banyaknya produk yang beragam tentu membuat Anda bingung.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih penghapus yang bagus. Produk-produk terbaik dari merk ternama, seperti Faber-Castell, Swordfish, Joyko, dan Staedtler juga akan kami ulas di bawah ini. Kami juga berkolaborasi dengan illustrator kami, Karina Doniho. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Alat tulis
    23.003 Views
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang sering berkutat dengan pekerjaan menggambar garis, penggaris wajib tersedia di meja kerja Anda. Alat tulis ini dijual di pasaran dengan berbagai varian, baik dari segi ukuran, bentuk, maupun bahan. Varian ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan.Kali ini, kami akan membahas tips memilih penggaris dan rekomendasi produk-produk penggaris terbaik untuk Anda. Merek berkualitas, seperti Kenko, Maped, Butterfly, dan lainnya pun akan turut diulas.
    Alat tulis
    20.057 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Joyko Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Joyko Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda penggemar pulpen gel? Yuk, coba pulpen gel merk Joyko! Harga pulpen gel Joyko memang murah, tetapi kualitasnya tak main-main. Warna tintanya juga beragam, mulai dari warna tunggal seperti biru untuk menulis hingga warna-warni untuk menggambar.Artikel kali ini secara khusus akan memberikan tips memilih pulpen gel dari Joyko. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Pulpen gel Joyko yang populer, seperti Joyko Q Gel, Joyko iDiamond, dan Joyko Savanna juga ada. Baca artikel ini sampai akhir, ya!
    Alat tulis
    593 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori