1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Perangkap/Pengusir Tikus Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Perangkap/Pengusir Tikus Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Perangkap/Pengusir Tikus Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Perangkap/Pengusir Tikus Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Perangkap/Pengusir Tikus Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Perangkap/Pengusir Tikus Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Perangkap/Pengusir Tikus Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tikus dapat masuk rumah melalui celah tanpa Anda sadari. Selain dapat menggerogoti benda-benda dan mencuri makanan, tikus juga membawa penyakit yang sangat berbahaya apabila dibiarkan. Karena itu, mari memberantas tikus dengan memilih perangkap/pengusir tikus yang tepat.

Akan tetapi, banyaknya produk perangkap/pengusir tikus yang beredar barangkali membuat Anda kesulitan memilih. Kami akan memaparkan cara memilih perangkap/pengusir tikus yang bagus. Perangkap/pengusir tikus terbaik dari merek populer seperti Cap Gajah, COBRA, dan Antikus ada dalam rekomendasi kami. Silakan baca artikel ini sampai habis.
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih perangkap/pengusir tikus

Terdapat berbagai jenis dan klaim produk pembasmi tikus yang beredar di pasaran. Anda pun pasti bingung untuk memutuskan salah satu di antaranya. Berikut kami akan memberikan tips agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Ketahui jenis perangkap/pengusir tikus

Sebelum memutuskan membeli perangkap/pengusir tikus, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya. Terdapat tiga jenis pembasmi tikus yang beredar di pasaran, yakni jenis perangkap, pengusir, dan racun tikus. Berikut kami akan menjelaskan perbedaan ketiganya.

Perangkap tikus, menangkap tanpa membunuh tikus

Perangkap tikus, menangkap tanpa membunuh tikus
Perangkap tikus memungkinkan Anda menangkap tikus tanpa membunuhnya. Tentu Anda dilanda kebingungan saat memilih jenis perangkap tikus. Berikut adalah poin yang harus Anda perhatikan saat memilih perangkap tikus:

  • Kertas perekat tikus, murah dan dapat menjebak banyak tikus sekaligus

Kertas perekat tikus adalah jenis perangkap yang banyak dipakai. Selain harganya yang murah dan gampang digunakan, kertas perekat ini bisa menangkap dalam jumlah banyak dalam sekali penggunaan. Untuk menggunakannya, Anda cukup membentangkan kertas perekat dan menunggu tikus untuk melewatinya.

Namun, kertas perekat tikus menggunakan lem yang sangat kuat. Apabila kucing atau anjing Anda terkena lemnya, Anda harus mencukur bulunya. Jadi untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya.


  • Perangkap sangkar, jebak tikus dengan mengurung atau menjepitnya

Perangkap sangkar telah dipakai sejak jaman dahulu. Sistem dan mekanisme yang digunakan untuk perangkap sangkar juga telah banyak berkembang.


Perangkap jenis baru yang sudah banyak digunakan adalah kurungan yang tidak dapat dibuka lagi dari dalam. Ada pula penjepit tikus yang menggunakan kekuatan pegas untuk menjepit tikus.

Perangkap tikus jenis ini dapat digunakan untuk menangkap tikus hidup-hidup. Namun, ada juga yang sekaligus berfungsi membunuh tikus dengan racun atau aliran listrik. Perangkap tikus jenis ini dapat digunakan berkali-kali dan hasilnya akan optimal jika diletakkan di tempat yang sering dilalui tikus.

Pengusir tikus, menyingkirkan dan mencegah tikus memasuki rumah

Pengusir tikus, menyingkirkan dan mencegah tikus memasuki rumah

Pengusir tikus berfungsi menyingkirkan dan mencegah tikus memasuki rumah. Jenis perangkap tikus untuk mengusir biasanya direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin membunuh tikus. Anda cukup memasang bau atau bunyi yang tidak disukai tikus agar tikus pergi dan tak kembali lagi.


  • Pengusir tikus, membuat tikus tidak betah dengan bau yang tidak disukai

Pengusir tikus atau rat repellent memanfaatkan bau yang dibenci tikus sebagai senjata pengusir yang ampuh. Dahulu, pengusir tikus banyak beredar dalam bentuk tablet dan cukup diletakkan saja di area tertentu. Sekarang telah banyak muncul pengusir tikus jenis spray dan jenis asap.


Pengusir tikus ini juga tersedia jenis dempul yang dapat Anda selipkan di celah lubang tikus. Ada pula pengusir berbentuk gel dari essential oil. Tak ketinggalan, ada pula pengusir tikus berupa kayu dengan bau ular sanca yang tidak disukai tikus. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.


  • Gelombang ultrasonik, usir tikus dengan bunyi yang mengganggu

Perangkap tikus yang menjadi pusat perhatian belakangan ini adalah pengusir tikus dengan gelombang ultrasonik. Gelombang ultrasonik ini memanfaatkan pendengaran tikus yang tajam agar mereka menjauh dari rumah Anda. Anda tidak akan merasa terganggu karena suara ini hanya bisa didengar oleh tikus.


Akan tetapi, tikus juga dapat beradaptasi. Apabila Anda terus memperdengarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang sama, efeknya akan semakin berkurang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memilih produk yang memiliki program pengubah frekuensi gelombang ultrasonik secara otomatis.

Racun tikus, membasmi tikus dengan efektif

Racun tikus, membasmi tikus dengan efektif
Racun tikus adalah pembasmi tikus paling efektif. Dengan racun tikus, Anda bisa langsung membunuh tikus melalui umpan yang telah diberi racun. Biasanya tikus langsung mati. Namun, ada juga yang menunggu lama sehingga tikus bisa mati di sembarang tempat.

Namun, tikus bisa mati di sembarang tempat sehingga akan menimbulkan bau. Meskipun praktis, umpan beracun memiliki risiko untuk anak kecil dan hewan peliharaan Anda.


Anda bisa memberi tanda yang jelas di makanan yang diberi racun tikus. Anda juga dapat menaruhnya di tempat yang biasanya tidak dilalui hewan peliharaan. Untuk penggunaannya pun Anda disarankan menggunakan sarung tangan dan segera mencuci tangan sampai bersih.


Bagi Anda yang sedang mencari racun tikus, rekomendasi dari kami berikut akan berguna. Silakan klik tautan berikut ini untuk cari tahu sepuluh rekomendasi racun tikus terbaik.

② Perhatikan klaim produknya

Beberapa produk perangkap/pengusir tikus mungkin mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi Anda. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan klaim produknya. Klaim produk biasanya sudah tertera di kemasan perangkap/pengusir tikus.

Antikarat, produk tidak menyebabkan karat

Antikarat, produk tidak menyebabkan karat

Beberapa produk pengusir tikus berbentuk spray yang penggunaannya cukup disemprotkan pada area yang menjadi sarang tikus. Kap mobil, ruang mesin, dan tempat berbahan besi adalah beberapa area yang menjadi tempat favorit tikus. Beberapa produk mengklaim bahwa produknya antikarat sehingga aman ketika disemprotkan ke tempat-tempat tersebut.

Enviromentally friendly, produk ramah lingkungan

Enviromentally friendly, produk ramah lingkungan

Banyak produk perangkap/pengusir tikus mengandung bahan-bahan yang tidak alami. Bahan-bahan yang tidak alami tersebut efeknya bisa saja membahayakan lingkungan sekitar Anda. Kini, sudah ada perangkap/pengusir tikus yang terbuat dari bahan-bahan alami. Produk-produk ramah lingkungan pada umumnya bisa digunakan secara berkelanjutan karena tidak memberikan efek samping.

Nontoxic, produk tidak mengandung racun

Nontoxic, produk tidak mengandung racun

Beberapa produk perangkap/pengusir tikus mengandung bahan-bahan yang berbahaya, seperti pestisida dan racun. Bahan-bahan beracun tersebut sudah pasti sangat membahayakan bagi Anda, keluarga, dan hewan peliharaan Anda. Untuk itu pilihlah jenis perangkap/pengusir tikus yang tidak beracun (nontoxic). Dengan perangkap/pegusir yang tidak beracun, Anda, keluarga, dan hewan peliharaan Anda akan aman.

10 Rekomendasi perangkap/pengusir tikus terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk perangkap/pengusir tikus terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

COBRA

Lem Tikus

COBRA Lem Tikus 1枚目

Daya rekat tinggi, membuat tikus tidak berkutik

2

Mao Wang

Racun Tikus

Mao Wang Racun Tikus 1枚目

Tikus langsung mati di tempat kurang dari satu menit!

3

Pest Reject

Pengusir Tikus dan Serangga

Pest Reject Pengusir Tikus dan Serangga 1枚目

Dirancang untuk dapat dipakai di luar ruangan

4

Cap Gajah

Lem Perangkap Tikus

Cap Gajah Lem Perangkap Tikus 1枚目

Papan lebih lebar, bisa menangkap banyak tikus sekaligus

5

JONI CAT

Perangkap Tikus

JONI CAT Perangkap Tikus 1枚目

Jepit dan bunuh tikus tanpa membuatnya berantakan

6

San Great

Bye Bye Mouse Rat Reppelent Gel

San Great Bye Bye Mouse Rat Reppelent Gel 1枚目

Usir tikus dengan gel pengusir tikus alami non pestisida

7

Perangkap Tikus Besi Reusable

 Perangkap Tikus Besi Reusable 1枚目

Pintunya kokoh, tikus tidak mungkin bisa kabur

8

Antikus

Parfum Pengusir Tikus Spray

Antikus Parfum Pengusir Tikus Spray 1枚目

Solusi mengusir tikus tinggal semprot di sarangnya

9

Auto Dazzling

Rat Repellent

Auto Dazzling Rat Repellent 1枚目

Usir tikus yang bersarang di kap mobil dengan spray pengusir tikus

10

Dragon Wood

Pengusir Tikus

Dragon Wood Pengusir Tikus 1枚目

Menakuti dengan bau ular sanca, tikus tak akan berani mendekat

Perincian produk
Close
No.1

Daya rekat tinggi, membuat tikus tidak berkutik

Perangkap lem tikus merek COBRA ini berwarna bening dan tidak berbau, serta memiliki daya perekat yang sangat kuat. Lem ini dapat membuat tikus terperangkap tanpa dicurigai oleh tikus karena tidak berbau. Perangkap ini juga dapat menangkap hewan lain seperti kecoa, cicak dan sebagainya. Solusi untuk Anda yang juga ingin membasmi hewan pengganggu lainnya.


Cara penggunaanya cukup oleskan lemnya hingga rata di atas kertas tebal dan taruh umpan di bagian tengahnya. Untuk Anda yang memelihara hewan, sebaiknya berikan perhatian lebih saat menggunakan lem ini agar hewan peliharaan Anda tidak menyentuhnya.

No.2

Tikus langsung mati di tempat kurang dari satu menit!

Anda ingin membasmi tikus dengan membunuhnya? Anda bisa memilih racun tikus ini. Umpan racun tikus produksi China ini berbentuk beras berwarna merah muda. Produk ini diklaim mampu membunuh tikus dalam waktu kurang dari satu menit setelah termakan. Tikus akan langsung mati dan kering di tempat sehingga Anda tak perlu takut tikus mati di sembarang tempat.

No.3

Pest RejectPengusir Tikus dan Serangga

Mulai dari Rp47.025,00

Dirancang untuk dapat dipakai di luar ruangan

Alat ini dapat dipakai untuk mengusir tikus, kecoa, nyamuk, dan hewan pengganggu lainnya yang lemah terhadap gelombang ultrasonik. Alat ini memiliki frekuensi gelombang ultrasonik 0,8–8 Hz dan jarak efektifnya adalah 150 meter persegi. Jangkauan yang cukup untuk rumah dengan ukuran standar, bukan?


Berkat jangkauan luasnya, alat gelombang ultrasonik berteknologi canggih ini juga dapat digunakan untuk menemani aktivitas di luar rumah Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang suka berkemah, memancing atau mendaki gunung. Kegiatan Anda pun akan berlangsung lebih lancar tanpa gangguan hewan pengerat dan hama yang mengganggu.

No.4

Cap GajahLem Perangkap Tikus

Mulai dari Rp14.900,00

Papan lebih lebar, bisa menangkap banyak tikus sekaligus

Perangkap tikus dari Cap Gajah ini adalah perangkap lem yang berbentuk papan buku. Anda cukup membuka bungkusannya dan langsung membentangkannya di tempat yang sering dilalui oleh tikus. Lem perangkap tikus ini tidak beracun dan tidak berbau, tetapi daya rekatnya tidak perlu diragukan.


Produk ini ukurannya cukup lebar sehingga bisa menangkap tikus dalam jumlah yang banyak. Apabila Anda mencari perangkap tikus yang praktis dan gampang dibuang, produk ini cocok untuk Anda.

No.5

Jepit dan bunuh tikus tanpa membuatnya berantakan

JONI CAT adalah produk pembasmi tikus dengan desain modern, mudah digunakan, dan dapat membunuh tikus dalam sekali pasang. Produk ini memiliki gerigi tumpul yang berat sehingga tikus yang terjebak akan langsung mati tanpa meninggalkan darah.

Keunggulan dari produk ini adalah dapat membunuh tikus dengan ukuran yang besar sekalipun. Perangkap tikus ini cocok untuk Anda yang ingin membuang bangkai tikus tanpa perlu menyentuhnya. Bonusnya, produk ini pun mudah dibersihkan!
No.6

San GreatBye Bye Mouse Rat Reppelent Gel

Mulai dari Rp35.000,00

Usir tikus dengan gel pengusir tikus alami non pestisida

Bye Bye Mouse adalah pengusir tikus alami nonpestisida. Produk ini berupa essential oil dan fragrance dengan bau yang ditakuti tikus. Pengusir tikus ini berbentuk gel yang diformulasikan khusus sebagai rat reppelent. Sebagian besar tikus tidak suka wangi Bye Bye Mouse sehingga tikus akan pergi dari tempat yang tercium bau tersebut.

No.7

Perangkap Tikus Besi Reusable

Mulai dari Rp80.826,00

Pintunya kokoh, tikus tidak mungkin bisa kabur

Perangkap tikus berbentuk kandang ini terbuat dari logam yang tahan lama dan dirancang agar mudah digunakan. Produk ini memiliki mekanisme untuk mengunci otomatis apabila tikus masuk ke dalamnya.

Perangkap kandang tikus ini juga didesain agar tikus sulit kabur setelah tertangkap dan dapat digunakan berulang kali. Untuk Anda yang ingin menangkap tikus tanpa membunuhnya, maka produk ini sesuai buat Anda.
No.8

AntikusParfum Pengusir Tikus Spray

Mulai dari Rp30.000,00

Solusi mengusir tikus tinggal semprot di sarangnya

Antikus adalah pengusir tikus dalam bentuk parfum atau spray. Pemakaian spray antitikus ini juga gampang. Anda cukup mencari tempat yang menjadi sarang tikus dan bersihkan kotoran tikus, lalu tinggal semprot.


Produk ini sangat ampuh disemprotkan di kap mobil atau ruang mesin yang sering dijadikan sarang tikus. Spray pengusir tikus ini tidak mengandung racun atau pestisida sehingga aman untuk keluarga dan hewan peliharaan.

No.9

Auto DazzlingRat Repellent

Mulai dari Rp69.000,00

Usir tikus yang bersarang di kap mobil dengan spray pengusir tikus

Anda pasti sering khawatir dengan tikus yang bersarang di kap mobil. Tikus bisa saja memakan dan merusak kabel atau menghancurkan mesin mobil Anda. Jangan khawatir, kini ada spray pengusir tikus yang diformulasikan khusus untuk mengusir tikus di mobil.


Cara kerja produk ini adalah memberikan efek panas pada telapak kaki tikus yang melewatinya. Selain itu, aromanya juga tidak disukai tikus. Produk ini terbuat dari bahan natural dan nonpestisida sehingga aman untuk manusia dan tidak membuat karat pada mesin.

No.10

Dragon WoodPengusir Tikus

Mulai dari Rp37.900,00

Menakuti dengan bau ular sanca, tikus tak akan berani mendekat

Dragon Wood pengusir tikus adalah pengusir tikus berbentuk kayu yang memiliki bau seperti ular sanca. Tentu saja baunya akan ditakuti oleh tikus-tikus. Produk ini hanya dapat dicium oleh tikus dengan memanfaatkan penciumannya yang tajam. Anda cukup membasahinya dan menaruhnya di tempat yang sering dilalui oleh tikus.


Produk ini sangat aman dan cocok untuk digunakan oleh Anda yang tinggal bersama anak kecil atau hewan peliharaan. Pengusir tikus ini juga tidak memiliki efek buruk pada lingkungan. Anda tidak perlu khawatir akan muncul bangkai tikus karena produk ini tidak dapat membunuh tikus, tetapi hanya mengusir tikus.

Pertanyaan umum seputar perangkap/pengusir tikus

Pertanyaan umum seputar perangkap/pengusir tikus

Selain mengulas cara memilih dan merekomendasikan produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan yang populer seputar perangkap/pengusir tikus. Jika Anda penasaran dengan umpan yang disukai dan tempat persembunyian tikus, simak jawabannya di bawah ini.

Umpan apa yang disukai tikus?

Tikus suka sekali dengan makanan manis dan berbau cukup menyengat. Berikut adalah makanan yang disukai tikus dan cocok sebagai umpan:

  • Selai kacang
  • Sosis atau potongan daging
  • Ikan asin
  • Madu
  • Cokelat
  • Makanan kucing atau anjing
  • Permen lengket, termasuk marshmallow
  • Gandum
  • Biji-bijian
  • Buah-buahan, terutama buah berry

Di mana tikus bersembunyi?

Tikus biasanya bersembunyi di tempat-tempat yang sempit karena ukurannya yang mungil. Selain itu, tikus juga menyukai tempat-tempat yang gelap untuk bersembunyi.


Loteng, atap, bawah/belakang peralatan rumah tangga, lemari, dan kap mobil adalah beberapa tempat yang biasanya menjadi sarang tikus. Pada umumnya terdapat tanda-tanda berupa kotoran tikus di sekitar sarang tersebut.

Baca juga rekomendasi produk pengusir serangga lainnya di sini

Selain tikus, tak jarang serangga seperti nyamuk dan kecoa sering kali menghampiri rumah. Untuk mengetahui produk pengusir serangga yang tepat, silakan buka tautan artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk-produk pilihan kami? Anda pasti sudah menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tikus tentunya dapat menjadi sumber bencana di dalam rumah. Selain membawa penyakit, tikus juga dapat menggerogoti barang dan mencuri makanan Anda.

Dengan artikel ini kami berharap Anda dapat menemukan perangkap/pengusir tikus yang sesuai dan aman untuk keluarga Anda. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan rumah agar kediaman Anda tidak menjadi tempat persembunyian tikus.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer