10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda bekerja pada bidang yang membutuhkan tingkat presisi yang tinggi? Seperti perancang busana, arsitek, atau teknik sipil? Tentunya Anda membutuhkan penggaris untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Atau Anda seorang pelajar? Pastinya pelajar selalu membutuhkan penggaris ya!

Ada berbagai jenis penggaris yang dijual di pasaran yang dapat Anda pilih, mulai dari ukurannya, bentuk, sampai materialnya. Apa saja ya yang perlu diperhatikan saat memilih penggaris? Nah, kali ini kami akan membahas tentang penggaris dan tentunya memberikan rekomendasi penggaris terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih penggaris

Anda mungkin membutuhkan penggaris untuk menggambar, membuat tabel, bahkan mengatur buku catatan Anda. Tak jarang Anda juga menggunakan penggaris untuk merobek kertas tanpa gunting atau cutter. Berikut kami akan memberikan info tentang cara memilih penggaris yang pas untuk Anda.

Cek jenis penggaris

Penggaris memiliki berbagai jenis, seperti penggaris lurus dan segitiga. Kami akan memperkenalkan Anda beberapa jenis penggaris yang biasa digunakan.

Penggaris lurus/straight ruler, penggaris yang paling umum

Penggaris lurus / straight ruler, penggaris yang paling umum

Penggaris seperti ini tentunya sudah sering Anda temui ya. Penggaris ini dapat Anda gunakan untuk menggambar garis lurus dan mengukur. Straight ruler memiliki berbagai ukuran mulai dari 15 sampai 50 cm. Bahannya pun beragam seperti plastik, kayu, dan alumunium.

Penggaris segitiga

Penggaris segitiga

Penggaris segitiga biasanya digunakan oleh desainer atau arsitek untuk membuat draft gambar. Beberapa brand menjual sepasang penggaris segitiga siku-siku dengan ukuran yang berbeda. Ada pula penggaris segitiga yang dijual satuan dengan gridlines. Penggaris segitiga juga dapat digunakan untuk pekerjaan sehari-hari, seperti membuat garis tegak lurus atau membuat kerajinan tangan.

Pencetak lingkaran

Pencetak lingkaran

Penggaris dengan bentuk lingkaran ini tentunya digunakan untuk membantu Anda membuat lingkaran yang sempurna. Anda dapat memilih berbagai ukuran lingkaran yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan penggaris ini untuk membuat prakarya bahkan menghitamkan lembar jawaban ujian Anda.

Pengukur skala

Pengukur skala

Penggaris skala segitiga ini memiliki 3 sisi yang dapat Anda gunakan. Anda dapat dengan mudah mengetahui panjang sebenarnya dari gambar yang ditulis pada skala tertentu, seperti denah lantai atau peta tanpa perhitungan yang merepotkan. Anda dapat pula menciptakan desain gambar dengan lebih cepat menggunakan penggaris ini.

Penggaris untuk memotong

Penggaris untuk memotong

Penggaris untuk memotong memiliki bentuk yang sama dengan penggaris umumnya. Penggaris untuk memotong terbuat dari stainless steel yang menempel pada salah satu sisi penggaris akrilik atau seluruhnya terbuat dari stainless steelStainless steel mencegah goresan pada penggaris pemotong. Penggaris ini juga memiliki berbagai tingkat ketebalan untuk mencegah tangan Anda terkena cutter.

Penggaris untuk merobek kertas

 Penggaris untuk merobek kertas

Selain untuk menggambar, penggaris juga dapat digunakan untuk membantu Anda memotong kertas tanpa cutter atau gunting. Penggaris untuk memotong merupakan penggaris biasa. Anda dapat memilih penggaris dengan tepi yang tajam dan memiliki kemiringan yang sesuai untuk menghasilkan potongan kertas yang sempurna.

Perhatikan skala penggaris

Meskipun penggaris memiliki berbagai jenis, tentunya Anda tetap harus memperhatikan skala pada penggaris. Skala pada penggaris harus mudah dilihat dan dilihat. Berikut ulasannya.

Visibilitas skala

Visibilitas skala

Sebaiknya Anda dapat melihat skala penggaris Anda secara jelas untuk meningkatkan efisiensi kerja. Perhatikan juga garis-garis skala yang ada pada penggaris. Beberapa produk memiliki desain dan bahan yang membuat Anda kesulitan melihat skala dengan jelas.

Apakah skala mulai dari ujung?

Apakah skala mulai dari ujung?

Banyak penggaris tidak memulai pengukuran dari ujung, biasanya dilebihkan beberapa milimeter dari ujung. Jika Anda menggunakan penggaris untuk mengukur kedalaman, sebaiknya pilihlah penggaris dengan titik 0 pada paling ujung. Ini akan membantu Anda untuk mengukur dengan lebih akurat.

Penggaris dengan gridlines

Penggaris dengan gridlines

Untuk membuat tabel, Anda membutuhkan penggaris untuk hasil yang lebih rata. Penggaris dengan gridlines akan memandu Anda membuat garis-garis yang pararel. Bagi Anda yang bekerja dengan kertas berwarna gelap, ada baiknya pertimbangkan warna skala juga.

Pemilihan material

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih penggaris adalah materialnya. Ada berbagai material yang digunakan untuk penggaris berdasarkan fungsinya.

Plastik yang transparan

Plastik yang transparan
Penggaris plastik, salah satunya akrilik, merupakan penggaris yang paling umum Anda temukan di toko. Penggaris ini tergolong murah dan ringan untuk digunakan. Dengan material yang transparan, tentunya Anda lebih mudah melihat garis dan tulisan di bawah penggaris Anda. Tetapi, penggaris ini lebih mudah tergores dan patah jika diberi tekanan yang berlebihan.

Penggaris logam yang tahan lama

Penggaris logam yang tahan lama

Ada 2 material yang biasa digunakan untuk penggaris logam, stainless steel dan alumunium. Stainless steel dapat dibuat menjadi penggaris logam yang tipis dan cocok Anda gunakan sebagai alat bantu merobek atau membantu Anda memotong kertas dengan cutter. Berbeda dari stainless steel, alumunium lebih ringan tetapi tidak sekuat stainless steel. Perlu Anda ketahui bahwa penggaris logam dapat mengalami perubahan ukuran atau memuai karena perubahan suhu.

Tekstur penggaris kayu yang pas di tangan

Tekstur penggaris kayu yang pas di tangan

Penggaris kayu terbuat dari bambu yang ringan, kuat, dan fleksibel. Penggaris kayu memiliki karakter yang natural dan “hangat”. Tekstur naturalnya pun bersahabat dengan tangan Anda. Sayangnya, penggaris ini juga dapat mengalami perubahan bentuk karena kelembapan.

Anti slip

Anti slip

Jika Anda menggunakan penggaris yang terlalu licin, Anda akan kesulitan untuk menggambar atau memotong. Sebaiknya Anda memilih penggaris yang tidak licin. Penggaris tersebut memiliki satu sisi anti slip yang dapat Anda tahan dengan tangan lainnya.

Spesifikasi lainnya

Selain info di atas, Anda perlu memperhatikan spesifikasi lainnya. Apakah mudah disimpan? Mudah diambil? Bagaimana dengan ketebalannya?

Penggaris lipat

Penggaris lipat

Pastinya agak merepotkan jika Anda memiliki penggaris yang terlalu pendek untuk mengukur objek yang cukup panjang karena Anda harus menggukur berulang-ulang. Sebaliknya, jika Anda memiliki penggaris yang cukup panjang, akan sulit untuk menyimpannya. Penggaris lipat adalah solusi yang tepat untuk Anda!

Dengan penggaris lipat, Anda dapat menghemat tempat penyimpanan. Anda dapat menyimpan penggaris Anda di dalam buku bahkan di dalam tempat pensil Anda.

Perhatikan berat dan ketebalan

Perhatikan berat dan ketebalan

Penggaris memiliki berbagai tingkat ketebalan, dari yang sangat tipis sampai penggaris yang cukup tebal. Jika Anda menggunakan penggaris sebagai alat bantu memotong, sebaiknya pilihlah penggaris yang memiliki ketebalan yang cukup untuk melindungi tangan Anda. Jika Anda ingin menyimpan penggaris Anda di dalam buku, pilihlah penggaris yang cukup tipis.

Pemilihan bobot penggaris juga perlu diperhatikan. Penggaris yang ringan lebih mudah dibawa kemana saja. Tetapi jika Anda menggunakan penggaris untuk menggambar atau memotong, pilihlah penggaris yang cukup berbobot.

Mudah diambil

Mudah diambil

Pernahkan Anda kesulitan mengambil penggaris di meja Anda? Pastinya sangat tidak nyaman ya! Penggaris yang terlalu tipis tentunya akan sulit diambil. Pilihlah penggaris memiliki sudut seperti di gambar atau pegangan yang memudahkan Anda mengambilnya.

Mecegah tinta meluber

Mecegah tinta meluber

Ketika menggunakan pulpen saat menggambar dengan penggaris, tinta dari pena dapat meresap di antara penggaris dan kertas. Hasil garis Anda menjadi tidak kelihatan atau kertas maupun penggaris Anda menjadi kotor terkena tinta. Pilihlah penggaris yang memiliki sudut pada bagian atas seperti di gambar. Anda dapat membalik penggaris Anda untuk menciptakan celah antara penggaris dan kertas sehingga tinta pulpen Anda tidak meluber.

10 Rekomendasi penggaris terbaik

Nah, Anda sudah menentukan penggaris seperti apa yang akan Anda beli? Berikutnya untuk lebih memudahkan Anda, kami berikan rekomendasi penggaris dari berbagai brand seperti Butterfly, KOKUYO, KENKO, MAPED, dan lainnya.

10. Astar New Cute Lace Wooden 15 cm Straight Ruler

10. Astar New Cute Lace Wooden 15 cm Straight Ruler

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 37.000

Lebih natural dengan penggaris kayu

Anda penggemar stationery dari kayu? Astar New Cute Lace Wooden 15 cm Straight Ruler sangat pas untuk Anda. Penggaris kayu dengan motif lace yang lucu ini bisa membuat mood Anda membaik saat mengerjakan tugas. Ukuran 15 cm tentunya pas untuk di masukkan ke dalam kotak pensil. Karena terbuat dari kayu, penggaris ini ramah lingkungan.

Bentuknya yang cantik dan tipis, dapat Anda selipkan pula ke dalam buku. Hingga saat ini, koleksinya tersedia dalam 2 pilihan warna, yakni cokelat dan hitam. Yuk lengkapi koleksi cantik alat tulis Anda dengan Astar New Cute Lace Wooden 15 cm Straight Ruler!

9. Butterfly Penggaris Cetakan / BT-795

9. Butterfly Penggaris Cetakan / BT-795

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.970

Membuat jurnal harian lebih bervariasi

Butterfly pastinya sudah menjadi brand yang sangat akrab ya! Untuk Anda yang suka menulis jurnal harian dengan berbagai tanda di dalamnya, kami rekomendasikan Butterfly Penggaris Cetakan / BT-795. Penggaris ini memiliki berbagai cetakan bentuk mulai dari lingkaran, persegi, sampai segitiga dalam berbagai ukuran. Dengan begitu, jurnal harian Anda akan lebih lengkap dan tidak membosankan.

Anda dapat lebih berkreasi dengan jurnal harian Anda dan tentunya lebih rapih. Selain itu, penggaris ini juga dapat digunakan untuk menggaris dengan satuan sentimeter maupun inchi. Meskipun banyak fitur yang menarik dari penggaris ini, harganya tetap tergolong murah, lho!

8. Arteza 12″ Triangular Architect Scale Aluminum Color-Coded Grooves

8. Arteza 12" Triangular Architect Scale Aluminum Color-Coded Grooves

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 618.000

Mengukur skala lebih cepat

Untuk Anda para arsitek atau kontraktor yang sering kali bermain dengan skala, kami rekomendasikan Arteza 12″ Triangular Architect Scale Aluminum Color-Coded Grooves untuk membantu pekerjaan Anda. Penggaris ini dilengkapi 6 skala, 1 : 100 sampai 600, 2 skala di setiap sisinya. Selain itu, setiap 2 skala ditandai dengan warna sehingga mempercepat Anda untuk memilih skala mana yang akan Anda pakai.

Terbuat dari alumunium grade tinggi yang dianodisasi membuat penggaris ini awet untuk Anda gunakan dalam jangka waktu lama. Gunakan Arteza 12″ Triangular Architect Scale Aluminum Color-Coded Grooves membantu Anda mengukur hasil yang akurat dan presisi pada proyek-proyek Anda!

7. KOKUYO Penggaris Lipat

7. KOKUYO Penggaris Lipat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 95.800

Penggaris lipat untuk penyimpanan yang lebih efisien

KOKUYO, produsen stationery dari Jepang yang terkenal di Indonesia. KOKUYO menjual buku catatan, tempat solatip, tempat alat tulis, sampai penggaris. Salah satu penggaris dari KOKUYO adalah penggaris lipat untuk memudahkan penyimpanan. Karena mudah dilipat, penggaris ini cocok untuk Anda yang berkarakter tidak mau membawa banyak barang saat pergi ke sekolah.

Penggaris dengan panjang 30 cm ini terbuat dari alumunium sehingga ringan saat digunakan. Anda juga tidak perlu khawatir tinta pena Anda meluber saat menggaris karena penggaris ini memiliki sudut ketebalan di bagian atas. Anda hanya perlu membaliknya saat menggaris dan tak ada tinta yang meluber! Penggaris ini tersedia dalam 2 pilihan warna, hitam dan abu-abu.

6. Designer Ruler Set

6. Designer Ruler Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 299.000

Dilengkapi variasi desain untuk merancang busana

Anda senang dengan fashion? Gemar merancang busana? Atau sedang menuntut ilmu sebagai fashion designer? Pastinya Anda akan sering membuat pola pakaian ya. Untuk melengkapi peralatan Anda, kami rekomendasikan Designer Ruler Set dengan 9 jenis penggaris ini. Bentuk dan jenisnya yang bervariasi membuat Anda dapat mengeksplor lebih jauh lagi kreativitas Anda dalam merancang busana.

Sebagai fashion designer tentunya Anda harus membuat pola pakaian dengan ukuran yang rinci setiap lekukannya. Designer Ruler Set akan membantu Anda menciptakan pola pakaian yang lebih akurat. Terbuat dari plastik yang transparan membantu Anda untuk melihat gambar di bawah penggaris Anda. Yuk, ciptakan busana yang lebih pas!

5. KOKUYO Cutting Ruler

5. KOKUYO Cutting Ruler

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 191.000

Membantu cutter memotong dengan sempurna

Anda gemar mengerjakan kerajinan tangan? Mungkin Anda membutuhkan penggaris untuk membantu Anda memotong. KOKUYO Cutting Ruler dapat menjadi pilihan Anda. Terdapat plat stainless steel yang menempel pada ujung sisi atas penggaris untuk mencegah goresan di ujung penggaris. Sehingga Anda dapat memotong lebih presisi dengan menggunakan produk ini.

Adanya garis ukuran (gridlines) membantu Anda menentukan ukuran yang pas ketika memotong. Detail garis ukuran dan angka yang lebih besar juga membuatnya mudah dilihat dan digunakan. Penggaris ini memiliki ketebalan 3 mm untuk memberikan kenyamanan saat memotong.

4. MAPED Essentials Ruler With Handle 20 cm

4. MAPED Essentials Ruler With Handle 20 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.300

Tak perlu repot lagi mengambil penggaris!

Ketika Anda sedang terburu-buru, pastinya sangat menjengkelkan ketika sulit mengambil penggaris dari meja ya. Maped menciptakan sebuah terobosan untuk Anda, Essentials Ruler With Handle 20 cm. Dilengkapi dengan pegangan pada penggaris, memudahkan Anda untuk mengambilnya dari atas meja atau ketika jatuh di lantai.

Pegangnya pada penggaris juga dapat membantu Anda menahan penggaris saat ingin memotong kertas dengan cutter. Tentunya jari Anda akan tetap aman! Penggaris berukuran 20 cm ini pas untuk Anda gunakan sehari-hari dan ukurannya juga pas di dalam kotak pensil Anda. Pegangan di atasnya sangat membantu, bukan?

3. Butterfly Penggaris Teknik Segitiga

3. Butterfly Penggaris Teknik Segitiga 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Ciptakan rancangan yang lebih akurat

Anda yang menuntut ilmu untuk menjadi engineer atau arsitek tentunya sangat kenal dengan penggaris segitiga ini ya. Penggaris ini sangat cocok untuk Anda yang menuntut studi di fakultas teknik dan setia menemani Anda dalam mengerjakan tugas-tugas. Dengan penggaris ini, Anda dapat mengukur lebih akurat karena adanya gridlines.

Penggaris ini dapat Anda gunakan untuk membuat garis tegak lurus serta mengukur sudut. Dilengkapi dengan pegangan, tentunya lebih mudah mengambil penggaris ini. Karena terbuat dari plastik, penggaris ini tidak terlalu berat dan bisa Anda bawa kemana-mana. Hasilkan gambar rancangan yang presisi dan akurat dengan Butterfly Penggaris Teknik Segitiga!

2. KENKO Penggaris Besi

2. KENKO Penggaris Besi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

Penggaris besi yang tahan lama

Anda sering menggunakan penggaris dan sedang mencari penggaris yang awet? KENKO Penggaris Besi cocok untuk Anda. Penggaris ini terbuat dari stainless steel yang awet Anda gunakan sepanjang waktu. Harganya pun sangat murah. Karena ujung-ujungnya lancip dan terbuat dari stainless steel, sebaiknya ingatkan anak Anda untuk berhati-hati saat menggunakannya agar tidak terluka.

Skala penggaris ini dimulai dari ujung sebelah kiri untuk mengurangi kesalahan mengukur. Model penggaris yang tipis, cocok juga Anda gunakan untuk merobek kertas dengan lebih rapih. Dengan begitu hasil robekan kertas akan lebih presisi. Bolongan yang ada pada penggaris berguna untuk mencegah penggaris menempel pada kertas.

1. Maped Twist n Flex Unbreakable Ruler 30 cm

1. Maped Twist n Flex Unbreakable Ruler 30 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Tak ada lagi penggaris patah!

Anda sering membeli penggaris karena penggaris Anda patah? Produk ini cocok untuk Anda. Dengan Maped Twist n Flex Unbreakable Ruler tak ada lagi persoalan penggaris patah! Maped Twist n Flex Unbreakable Ruler terbuat dari bahan plastik yang sangat lentur membuatnya tidak mudah patah dan sangat lentur.

Ukuran 30 cm membantu Anda untuk menggaris atau mengukur lebih panjang. Penggaris ini memiliki banyak pilihan warna yang trendi! Seperti biru langit, violet dan transparan. Harganya pun sangat bersahabat di kantong. Tak perlu lagi membeli penggaris, deh!

Kesimpulan

Wah ternyata banyak sekali informasi tentang penggaris ya. Mulai dari fungsinya, material, serta informasi lainnya untuk memilih penggaris. Apakah Anda sudah menentukan penggaris mana yang pas untuk Anda? Yang lentur? Memiliki pola bentuk-bentuk? Penggaris dengan gridlines? Penggaris untuk fashion designer?

Tentunya kami berharap semua informasi dari kami dapat membantu Anda menentukan penggaris yang pas dengan kebutuhan Anda ya! Selamat memilih!