1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Meski penggaris online dan aplikasi penggaris di HP sudah marak, penggaris yang bagus masih banyak dicari. Bukan hanya arsitek atau pekerja bidang teknik sipil, penggaris banyak dipakai dalam keseharian. Karena itu, penggaris siku, penggaris besi, penggaris busur, dan sebagainya, sebaiknya tersedia di meja kerja Anda.

Selain penggaris 30 cm, macam-macam penggaris dijual di pasaran, baik dari berbagai variasi ukuran, bentuk, maupun bahan. Kali ini, kami akan membahas tips memilih penggaris dan rekomendasi produk-produk penggaris terbaik untuk Anda. Merek berkualitas, seperti Joyko, Maped, Butterfly, dan lainnya pun akan turut diulas.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih penggaris

Apapun tujuan Anda dalam menggunakan penggaris, memilih penggaris yang tepat dapat mempermudah pekerjaan Anda. Berikut kami akan memberikan informasi tentang cara memilih penggaris.

① Ketahuilah berbagai jenis penggaris berdasarkan karakteristiknya

Anda mungkin membutuhkan penggaris untuk menggambar atau membuat tabel. Tak jarang Anda juga menggunakan penggaris untuk merobek kertas. Agar pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien, mari ketahui berbagai jenis dan karakteristik penggaris! 

Penggaris lurus, penggaris yang paling umum digunakan

Penggaris lurus, penggaris yang paling umum digunakan
Jenis ini tentu sudah sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk menggambar garis lurus, penggaris ini juga biasa digunakan untuk mengukur panjang. Penggaris lurus memiliki berbagai ukuran, mulai dari 15 cm, 20 cm, hingga 30 cm. Bahannya pun beragam, seperti plastik, kayu, aluminium, dan sebagainya.

Penggaris segitiga, memudahkan untuk membuat garis tegak lurus

Penggaris segitiga, memudahkan untuk membuat garis tegak lurus

Penggaris segitiga umumnya digunakan berpasang-pasangan dengan sesama penggaris segitiga atau penggaris lurus. Anda dapat menggambar garis vertikal yang lurus, serta garis dengan berbagai kemiringan, seperti 30°, 45°, atau 60°. Penggaris ini sangat esensial bagi mereka yang berkutat di bidang perancangan busana, arsitektur, atau teknik sipil.

Penggaris siku, menandai sudut perkiraan dan bidang potong dengan cepat

Penggaris siku, menandai sudut perkiraan dan bidang potong dengan cepat

Penggaris siku atau siku ukur sangat berguna untuk menandai sudut perkiraan dan bidang potong. Jenis ini banyak digunakan dalam bidang pertukangan. Tidak heran, produk yang berbahan stainless steel dan aluminium lebih banyak beredar di pasaran. Umumnya terdapat dua model penggaris siku di pasaran yaitu yang dilengkapi dan tidak dilengkapi dengan busur pengukur sudut.

Penggaris busur, mengetahui ukuran sudut suatu objek

Penggaris busur, mengetahui ukuran sudut suatu objek

Pada jenis penggaris ini, barangkali Anda tidak akan menemukan skala satuan untuk pengukuran panjang. Hal itu karena penggaris yang umumnya berbentuk setengah lingkaran ini berguna untuk mengukur besar sudut suatu objek. Untuk pengukuran sudut yang lebih mudah, penggaris busur yang transparan atau memiliki bilah penanda sudut lebih disarankan.

Penggaris cetak, membantu menggambar berbagai bentuk dalam berbagai ukuran

Penggaris cetak, membantu menggambar berbagai bentuk dalam berbagai ukuran
Penggaris cetak dapat membantu Anda membuat berbagai bentuk bangun datar dengan sempurna. Mulai dari lingkaran, persegi, segitiga, hingga bentuk tak beraturan dapat Anda gambar dengan mudah. Ada pula penggaris cetak yang khusus untuk menghitamkan lembar jawaban komputer.

Cetakan dengan bentuk bangun datar seperti ini pun banyak dimanfaatkan sebagai alat bantu membuat prakarya. Misalnya, untuk menggambar atau sekadar menghias catatan agar tidak terkesan flat.

Penggaris skala segitiga, lebih praktis untuk mengatur gambar berskala

Penggaris skala segitiga, lebih praktis untuk mengatur gambar berskala

Ketiga sisi penggaris ini akan memudahkan Anda membaca ukuran nyata dari gambar yang dibuat pada skala tertentu. Misalnya saja, mengetahui ukuran nyata dari sebuah denah rumah atau peta. Tak hanya digunakan oleh profesional, Anda pun dapat menggunakannya dalam keseharian seperti saat merencanakan tata letak perabot di dalam rumah atau membuat prakarya.

Penggaris untuk memotong dan merobek, membantu pekerjaan cutting

Penggaris untuk memotong dan merobek, membantu pekerjaan cutting
Penggaris untuk memotong memiliki bentuk yang sama dengan penggaris pada umumnya. Penggaris ini terbuat dari akrilik dengan pinggiran berbahan stainless steel untuk mencegah goresan pada penggaris saat digunakan. Ada juga yang seluruhnya terbuat dari stainless steel. Penggaris ini juga memiliki berbagai tingkat ketebalan untuk mencegah tangan Anda terkena cutter.

Selain itu, penggaris dengan bobot yang berat akan membantu Anda memotong kertas tanpa bantuan cutter atau gunting. Bobotnya berguna untuk mencegah kertas menjadi miring pada saat disobek. Anda dapat memilih penggaris dengan tepi yang tajam dan memiliki kemiringan yang sesuai untuk menghasilkan potongan kertas yang sempurna.

② Perhatikan skala penggaris untuk kemudahan melakukan pengukuran

Fungsi utama penggaris adalah untuk mengukur panjang suatu sisi bidang tertentu. Dalam melakukan pengukuran, skala tentu menjadi perhatian di samping satuan panjang. Untuk dapat melakukan pengukuran yang presisi, simaklah penjelasan berikut sebelum membeli penggaris.

Tidak semua penggaris memiliki skala visibilitas yang sama

Tidak semua penggaris memiliki skala visibilitas yang sama
Penggaris dengan garis-garis skala yang terlihat jelas tentu akan meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda. Kejelasan skala pada penggaris dapat dipengaruhi berbagai faktor, seperti, desain, bahan, ketebalan garis skala, dan lainnya. Untuk kemudahan pengukuran, penggaris dengan desain sederhana dan bahan yang tidak memantulkan cahaya lebih disarankan.

Sementara itu, ketebalan garis skala yang dibedakan berdasarkan satuan lebih prefereable. Selain kinerja mata menjadi lebih ringan, kesalahan pengukuran pun dapat diminimalkan. Pekerjaan pun bisa lebih efisien.

Posisi atau letak awal garis skala penggaris

Posisi atau letak awal garis skala penggaris
Banyak penggaris yang tidak memposisikan awal garis skala tepat di ujung penggaris, melainkan beberapa milimeter dari ujungnya. Bila Anda hendak menggunakan penggaris untuk mengukur kedalaman, pilihlah penggaris dengan garis skala yang dimulai tepat di ujungnya. Hal ini akan membantu Anda untuk mengukur dengan lebih akurat.

Penggaris dengan gridlines akan sangat membantu saat membuat garis paralel

Penggaris dengan gridlines akan sangat membantu saat membuat garis paralel
Untuk membuat tabel, Anda membutuhkan penggaris agar hasilnya dapat lebih rapi. Penggaris dengan gridlines akan memandu Anda membuat garis-garis paralel dengan presisi. Bagi Anda yang bekerja dengan kertas berwarna gelap, ada baiknya untuk mempertimbangkan warna garis skalanya juga.

③ Tentukan berdasarkan material untuk kenyamanan penggunaan

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih penggaris adalah material pembuatnya. Ada berbagai material yang digunakan untuk penggaris. Masing-masing memiliki karakteristiknya tersendiri. Berikut selengkapnya!

Penggaris plastik transparan yang praktis

Penggaris plastik transparan yang praktis
Penggaris plastik, salah satunya yang berbahan akrilik, merupakan penggaris yang paling umum Anda temukan di toko. Penggaris ini tergolong murah dan ringan untuk digunakan. Dengan material yang transparan, Anda akan lebih mudah melihat garis dan tulisan di bawah penggaris Anda. Namun, penggaris ini lebih mudah tergores dan patah jika diberi tekanan yang berlebihan.

Penggaris logam yang tahan lama

Penggaris logam yang tahan lama
Ada dua material yang biasa digunakan untuk membuat penggaris logam yaitu stainless steel dan aluminium. Selain kuat dan awet, garis-garis skalanya pun tidak mudah hilang. Khususnya penggaris berbahan stainless steel yang terbilang kuat, cocok Anda gunakan sebagai alat bantu untuk merobek atau memotong kertas.

Di sisi lain, bahan aluminium lebih ringan dan lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan penggaris berbahan stainless steel. Namun, materialnya tidak sekuat stainless steel dan bisa saja pecah ketika terjatuh. Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda dapat memilih penggaris aluminium yang tebal.

Penggaris kayu yang nyaman digenggam

Penggaris kayu yang nyaman digenggam

Penggaris kayu memiliki karakter hangat dan natural sehingga lebih nyaman digenggam. Garis skala pun umumnya terlihat sangat jelas pada penggaris kayu. Kayu yang digunakan umumnya jenis kayu ringan yang dilapisi cairan khusus agar penggaris lebih kuat dan tahan lama. Meski begitu, dibandingkan dengan bahan lainnya, penggaris kayu paling terpengaruh pada kelembapan udara.

④ Perhatikan pula spesifikasi lainnya agar makin praktis

Setelah jenis, skala, dan material, perhatikan pula spesifikasi lain pada penggaris agar makin serasi dengan tujuan penggunaan Anda. Spesifikasi ini akan berpengaruh pada kenyamanan penggunaan dan penyimpanan penggaris.

Antiselip agar stabil saat digunakan

Antiselip agar stabil saat digunakan
Penggaris yang licin hanya akan menyulitkan Anda saat menggunakannya. Pilihlah penggaris dengan bahan antiselip sehingga stabil saat digunakan. Anda pun bisa membuat garis atau memotong dengan lebih presisi.

Di sisi lain, penggaris antiselip akan sulit digunakan bila Anda harus sedikit demi sedikit menggeser posisi penggaris. Untuk keadaan seperti ini, pilihlah penggaris dengan antiselip di salah satu sisinya saja. Anda dapat membagi pemakaiannya sesuai dengan tujuan penggunaan.

Dapat dilipat untuk kemudahan penyimpanan

Dapat dilipat untuk kemudahan penyimpanan

Pastinya merepotkan jika penggaris yang terlalu pendek digunakan untuk mengukur objek yang cukup panjang. Anda tentu harus melakukan pengukuran berulang-ulang. Sebaliknya, penggaris panjang memang mudah digunakan, tetapi menyulitkan dalam penyimpanan. Untuk itu, penggaris yang dapat dilipat dan hemat tempat penyimpanan adalah solus tepat untuk Anda.

Memiliki berat dan ketebalan yang ideal

Memiliki berat dan ketebalan yang ideal
Penggaris hadir dalam berbagai tingkat ketebalan, mulai dari yang tipis hingga yang tebal. Penggaris yang tipis akan pas digunakan sebagai pembatas buku catatan Anda. Jika Anda hendak menggunakan penggaris sebagai alat bantu memotong, pilihlah yang berketebalan cukup untuk melindungi tangan Anda.

Penggaris yang berketebalan cukup pun akan memudahkan Anda memungutnya dari bidang datar. Di samping itu, permukaan penggaris yang didesain tidak rata juga akan membantu Anda mengambilnya dari atas bidang datar.


Pemilihan bobot penggaris juga perlu diperhatikan. Penggaris yang ringan lebih mudah dibawa ke mana saja. Sebaliknya, pilihlah penggaris yang cukup berbobot bila Anda hendak sering menggunakannya untuk menggambar atau memotong sesuatu.

Dapat mencegah noda tinta meleber ke segala arah

Dapat mencegah noda tinta meleber ke segala arah
Ketika menggunakan pulpen untuk menggambar garis dengan penggaris, tinta dapat meresap di antara penggaris dan kertas. Akibatnya, garis hasil gambar tidak terlihat jelas, sementara kertas maupun penggaris malah menjadi kotor terkena tinta. Untuk itu, pilihlah penggaris dengan desain taper cut atau ink edge, seperti gambar di atas.

Bentuk penggaris yang makin tipis di bagian pinggirnya disebut dengan taper cut. Sementara, celah antara pinggiran penggaris dengan permukaan kertas merupakan akibat dari desain ink edge. Gunakan penggaris dengan perpaduan dua desain ini secara terbalik untuk menghindari tinta meresap pada celah antara penggaris dan kertas.

10 Rekomendasi penggaris terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk penggaris terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Joyko

Stainless Steel Ruler

Joyko Stainless Steel Ruler 1枚目

Serbaguna dan tahan lama, tidak pakai mahal!

2

Penggaris Kayu Motif Kucing Lucu

 Penggaris Kayu Motif Kucing Lucu 1枚目

Desain mata kucing yang lucu dan menarik

3

Kenmaster

Penggaris Siku Baja

Kenmaster Penggaris Siku Baja 1枚目

Penggaris tukang untuk pengukuran yang lebih presisi

4

Deli

Penggaris Tahan Gores

Deli Penggaris Tahan Gores 1枚目

Antigores, tak khawatir penggaris rusak saat cutting kertas

5

Stainless Degree Protractor

 Stainless Degree Protractor 1枚目

Hibrida antara penggaris busur dan penggaris lurus, lebih multifungsi!

6

Triangular Prism Clear Ruler Stick

 Triangular Prism Clear Ruler Stick 1枚目

Mengukur skala lebih efisien dengan angka yang terlihat jelas

7

Butterfly

Template Ruler

Butterfly Template Ruler 1枚目

Membuat catatan jadi tak membosankan dengan cara yang mudah

8

Kokuyo

Triangle Ruler

Kokuyo Triangle Ruler 1枚目

Ciptakan rancangan yang lebih akurat hanya dengan satu alat

9

Maped

Foldable Ruler

Maped Foldable Ruler 1枚目

Bisa dilipat, tak ada lagi penggaris patah!

10

General Tools

Angel-izer™ Template Tool Item

General Tools Angel-izer™ Template Tool Item 1枚目

Dapat diatur sesuai kebutuhan untuk pengukuran yang lebih efisien

Perincian produk
Close
No.1

JoykoStainless Steel RulerRL-ST30

Mulai dari Rp7.000,00

Serbaguna dan tahan lama, tidak pakai mahal!

Siapa yang tidak kenal penggaris legendaris ini? Barangkali hampir setiap orang pernah memiliki atau setidaknya memakainya. Selain digunakan sebagai penggaris, bodinya yang kokoh dan berbobot dapat Anda manfaatkan untuk merobek kertas, tanpa perlu alat pemotong. Anda juga dapat menggunakannya untuk membantu pemotongan dengan cutter. Terlebih lagi, harganya terjangkau dan produknya tahan lama!
No.2

Penggaris Kayu Motif Kucing LucuRL0008

Mulai dari Rp5.800,00

Desain mata kucing yang lucu dan menarik

Siapa yang tidak suka dengan kelucuan kucing? Bila Anda penggemar stationery bertema kucing, penggaris bergambar mata kucing dalam berbagai ekspresi ini bisa dipilih. Selain ukuran yang pas untuk dimasukkan ke dalam tempat pensil, desain lucunya bikin Anda semangat mengerjakan tugas. Bagi Anda yang gemar membaca buku juga bisa menggunakannya sebagai pembatas buku.
No.3

KenmasterPenggaris Siku BajaPENG012

Mulai dari Rp32.500,00

Penggaris tukang untuk pengukuran yang lebih presisi

Pekerjaan tukang membutuhkan keterampilan mengukur yang mumpuni dan alat pengukur berkualitas agar hasilnya memuaskan. Sedikit saja tidak presisi, maka hasilnya bisa menjadi jauh dari yang diharapkan. Untuk itu, pilihlah penggaris baca dari Kenmaster ini. 

Warna dasar dan penanda skala pada produk ini begitu kontras sehingga terlihat sangat jelas. Size-nya pun mampu mengakomodir kebutuhan pengukuran dalam hal pertukangan. Penggaris kukuh ini akan membantu Anda melakukan pengukuran yang lebih presisi dengan mudah.

No.4

DeliPenggaris Tahan GoresE6250

Mulai dari Rp12.000,00

Antigores, tak khawatir penggaris rusak saat cutting kertas

Bila Anda kerap berkutat dengan pekerjaan potong-memotong kertas secara manual, produk ini pantas dipilih. Produk ini diklaim antigores sehingga Anda tak perlu khawatir penggaris akan cepat rusak. Di samping itu, penggaris ini memiliki clarity yang super agar Anda dapat melihat garis skala dengan jelas. Dengan penggaris ini, Anda dapat lebih berkonsentrasi dalam memotong dan menghasilkan potongan yang presisi.

No.5

Stainless Degree Protractor

Mulai dari Rp39.000,00

Hibrida antara penggaris busur dan penggaris lurus, lebih multifungsi!

Bila pekerjaan Anda kerap berhubungan dengan pengukuran sudut dan lingkaran, produk ini akan sangat membantu Anda. Dengan penggaris lurus yang terhubung pada bagian tengah busur, Anda bisa mengukur garis tengah lingkaran dengan mudah. Penggaris lurus tersebut juga berfungsi sebagai penunjuk ukuran sudut. 


Sementara itu, angka dan garis skala yang ditunjukkan begitu jelas dan mudah dibaca. Karena dibuat dari baja tahan karat, penggaris ini bisa Anda gunakan dalam waktu lama.

No.6

Triangular Prism Clear Ruler Stick

Mulai dari Rp6.200,00

Mengukur skala lebih efisien dengan angka yang terlihat jelas

Bagi Anda yang sering kali bekerja dengan gambar berskala, produk ini bisa menjadi andalan. Anda dapat bekerja dengan lebih efisien berkat penggaris yang terbuat dari plastik transparan ini. Berkat clarity dan modelnya yang simpel, angka-angka dan garis skala pun terlihat jelas. Risiko salah ukur jadi minim, hasil pengukuran pun presisi.
No.7

ButterflyTemplate RulerBT-8000

Mulai dari Rp5.900,00

Membuat catatan jadi tak membosankan dengan cara yang mudah

Bagi Anda yang kerap mengunjungi toko alat tulis, brand Butterfly pastinya tak asing lagi. Salah satu produk dari merek tersebut hadir dengan berbagai bentuk cetakan dalam berbagai ukuran. Tentu saja tanpa melewatkan fungsi utamanya sebagai penggaris yaitu untuk mengukur.

Bila Anda rajin membuat catatan, sebaiknya cobalah menggambar ilustrasi atau sekadar menghias tulisan Anda menggunakan cetakan penggaris ini. Padukan dengan pulpen warna-warni agar buku catatan Anda makin menarik.
No.8

KokuyoTriangle RulerGY-GBA210

Mulai dari Rp40.000,00

Ciptakan rancangan yang lebih akurat hanya dengan satu alat

Bagi Anda yang bekerja di bidang engineer atau arsitek, produk ini akan sedikit meringankan kerja Anda. Adanya gridlines akan membuat pengukuran yang Anda lakukan dapat lebih akurat. Produk ini pun begitu user friendly bagi Anda yang mengutamakan kemudahan. Dibuat dari material transparan dengan warna gridlines yang berselang-seling, Anda bisa melakukan pengukuran presisi dengan lebih mudah.
No.9

Bisa dilipat, tak ada lagi penggaris patah!

Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun sering ceroboh dalam menggunakan penggaris sehingga mematahkannya. Penyebabnya pun bermacam-macam, salah satunya adalah tempat penyimpanan yang terlalu kecil. Karena itu, Anda bisa memilih penggaris lipat yang lebih hemat tempat penyimpanan ini. 


Ketika dilipat, Anda dapat dengan mudah menyimpannya di tempat pensil. Di sisi lain, Anda tetap dapat memperoleh manfaat optimal dari penggaris panjang.

No.10

General ToolsAngel-izer™ Template Tool Item#836

Mulai dari Rp40.000,00

Dapat diatur sesuai kebutuhan untuk pengukuran yang lebih efisien

Produk yang terdiri dari empat bilah penggaris yang dihubungkan dengan sekrup. Dengan sekrup yang dapat dikencangkan dan dikendurkan, produk ini mudah dilipat sehingga tak merepotkan dalam hal penyimpanan.

Tidak hanya itu, sekrup yang dapat diatur kekencangannya ini pun memungkinkan Anda mengunci suatu ukuran bangun datar tertentu. Bagi Anda yang menekuni dunia pertukangan, produk ini akan mempermudah Anda untuk mengukur dengan lebih presisi.

Baca juga rekomendasi produk alat tulis lainnya di sini!

Tidak hanya penggaris, pekerjaan yang menuntut pengukuran dengan tingkat presisi tinggi tentunya juga membutuhkan alat tulis yang berkualitas. Temukan produk-produk pendukung pekerjaan maupun belajar Anda dalam artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Sudahkan Anda menentukan penggaris yang tepat untuk membantu pekerjaan Anda? Beragam jenis penggaris hadir di pasaran dalam berbagai bahan, bentuk, skala pengukuran, dan sebagainya. Anda hanya tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Selain mempertimbangkan hal-hal pokok yang umum dimiliki semua penggaris, adanya tambahan fungsi akan makin mempermudah pekerjaan Anda. Lalu, jangan lupa pertimbangkan berat dan ketebalannya juga agar pekerjaan Anda tidak terhambat. Nah, selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer