10 Rekomendasi Parutan Keju Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Parutan Keju Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda ingin mulai belajar memasak makanan Italia? Keju sangat identik dengan makanan Italia seperti pasta dan pizza. Biasanya makanan Italia dilengkapi dengan keju parut. Daripada memilih keju parut kemasan siap pakai di supermarket, keju asli yang Anda parut sendiri akan memberikan cita rasa yang lebih autentik. Untuk itu, Anda membutuhkan parutan keju.

Banyak brand yang memproduksi parutan keju seperti IKEA, Facklemann, Koziol dan masih banyak lagi. Parutan keju pun hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran serta harga. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang parutan keju serta memberikan rekomendasi parutan keju terbaik sebagai referensi Anda dalam memilih. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih parutan keju

Parutan keju pertama kali ditemukan oleh François Boullier pada tahun 1540-an. Parutan keju muncul karena ide keju yang keras tetap harus digunakan agar tidak terbuang sia-sia. Sejak itu, parutan keju mulai hadir dalam berbagai jenis. Setelah abad ke-20, bermunculan pula parutan keju dalam bentuk elektronik.

Mungkin Anda sudah memiliki parutan keju di dapur Anda. Apa parutan keju tersebut sudah membuat Anda nyaman menggunakannya? Lalu kriteria apa yang harus Anda perhatikan dalam memilih parutan keju? Berikut kami berikan beberapa kriteria dalam memilih parutan keju.

Pilih berdasarkan jenisnya

Parutan keju hadir dalam berbagai jenis dari yang klasik, multifungsi, sampai elektrik. Nah, kami akan memperkenalkan berbagai jenis parutan keju untuk Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

Tipe standar

Tipe standar

Bentuk standar adalah bentuk parutan keju yang banyak Anda jumpai di pasaran. Parutan keju ini hanya terdiri dari gagang dan parutan saja. Biasa banyak digunakan di restoran maupun di rumah. Tipe ini adalah yang paling sederhana. Tetapi, Anda membutuhkan tenaga lebih untuk memarut keju dengan tipe parutan keju standar ini.

Dengan wadah

Dengan wadah

Mungkin model dengan wadah ini jarang Anda temukan di pasar atau toko. Model seperti ini sangat praktis ketika Anda membutuhkan jumlah parutan keju yang lebih banyak sehingga Anda dapat menampung hasil parutan keju Anda di dalam wadah.

Tipe multifaset (bersegi banyak)

Tipe multifaset (bersegi banyak)

Rasa dari keju beragam tergantung dari tingkat ketebalan hasil parutannya. Tipe ini memiliki beberapa model parutan dalam 1 alat sehingga memudahkan Anda memilih hasil parutan seperti apa yang pas dengan masakan Anda. Karena memiliki lebih dari 1 model parutan, Anda dapat menggunakannya juga untuk memarut bahan makanan lainnya.

Rotary type

Tipe dengan putaran

Tipe yang satu ini aman digunakan oleh anak-anak karena tangan Anda tidak bersentuhan langsung dengan mata pisau. Anda hanya perlu memasukkan batangan keju ke dalam lubang kemudian memutar tuasnya. Tetapi, ada beberapa jenis parutan putar ini yang tidak dapat dibongkar sehingga sulit untuk dibersihkan. So, pilihlah jenis parutan yang dapat dibongkar ya!

Tipe elektrik

Tipe elektrik

Banyak bahan yang harus Anda persiapkan tentunya untuk memasak. Mulai dari mengupas bawang, merebus spaghetti, menumis saus, dan lain-lainnya termasuk memarut keju. Pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah dengan adanya tipe pemarut keju elektrik. Tipe ini memang termasuk jarang tapi dapat Anda temukan juga di toko online. Anda dapat mengerjakan pekerjaan lain dan menyerahkan keju Anda pada parutan elektrik ini!

Pilih cutting edge

Pilih cutting edge

Anda mungkin sering mengalami keju yang masih menempel pada parutan Anda. Hal ini dapat terjadi karena cutting edge atau sudut pisau yang tidak sempurna. Jika Anda memilih parutan keju dengan cutting edge yang tepat, seluruh keju yang terparut dapat keluar dengan sempurna dari parutan Anda.

10 Rekomendasi parutan keju terbaik

Setelah membaca tentang kriteria pemilihan parutan keju, berikutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi parutan keju untuk Anda. Perhatikan fiturnya dengan baik ya!

10. DCI DJ Grater Stainless Steel Cheese Grater

10. DCI DJ Grater Stainless Steel Cheese Grater

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 603.702

Parutan keju yang muat di kantong Anda

DCI DJ Grater Stainless Steel Cheese Grater merupakan parutan keju dengan desain seperti turntable. Bentuknya sangat unik, bukan? Cocok Anda berikan sebagai hadiah untuk teman Anda yang berprofesi sebagai DJ dan suka memasak! Dengan ukuran yang kecil, cocok pula bagi Anda yang suka pergi camping untuk melengkapi peralatan masak Anda di alam bebas.

Ukurannya yang kecil dan flat dapat sangat menghemat ruang penyimpanan di rumah maupun tas ransel Anda. Meskipun hanya berukuran 12 cm, terdapat 2 jenis parutan yang berbeda untuk keju. Terbuat dari stainless steel sehingga awet jika Anda bawa kemana saja. Menarik sekali ya!

9. Convenient Hand Stainless Steel Kitchen Cheese Grater

9. Convenient Hand Stainless Steel Kitchen Cheese Grater

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.000

Tangan tetap aman terjaga

Parutan keju ini adalah rotary type. Anda hanya perlu memutar tuas yang ada pada pemarut keju Convenient Hand Stainless Steel Kitchen Cheese Grater. Dengan adanya tuas, Anda tak perlu khawatir tangan Anda terkena pisau parut. Ukuran dan model parutan ini juga cocok dipakai oleh anak Anda.

Convenient Hand Stainless Steel Kitchen Cheese Grater terbuat dari plastik sehingga ringan digunakan. Mungkin Anda berpikir parutan keju jenis ini sulit untuk dibersihkan. Tentu tidak, Anda dapat membongkar produk ini terlebih dahulu, baru kemudian membersihkan sisa makanan yang menempel. Warna yang ceria melengkapi tema pop eclectic dapur Anda!

8. Paderno World Cuisine A4982208 Cheese Grater Box with Drawer

8. Paderno World Cuisine A4982208 Cheese Grater Box with Drawer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.497.564

Gunakan dengan 2 cara

Paderno World Cuisine A4982208 Cheese Grater Box with Drawer memiliki kesan rustic. Dengan model klasik terbuat dari kayu beech memberikan alur kayu yang natural serta tahan lama. Bentuk kotak kayu dengan gagang kecil membuat desain ini sangat klasik untuk melengkapi koleksi peralatan dapur Anda.

Anda dapat menggunakan parutan ini dengan 2 cara karena Anda dapat melepaskan parutan dari kotak kayu. Parutan tersebut dapat Anda pakai seperti parutan standar pada umumnya yakni tanpa kotak maupun dengan kotak untuk menampung hasil parutan.

7. Epicureanist Elektronik Parutan Keju

7. Epicureanist Elektronik Parutan Keju

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.176.397

Lebih mudah dengan teknologi

Seiring perkembangan zaman, muncul parutan keju elektrik. Epicureanist Elektronik Parutan Keju hanya menggunakan baterai tanpa kabel sambungan ke sumber listrik. Anda dapat memarut keju di mana saja bahkan sambil menonton acara TV kesukaan Anda! Praktis ya!

Parutan elektrik ini cocok untuk Anda gunakan jika membutuhkan keju dalam jumlah banyak tanpa perlu pegal memarut. Terlebih lagi dilengkapi dengan tempat penyimpanan, Anda tak perlu menggunakan wadah lainnya. Desain yang ramping dan tanpa kabel memudahkan Anda untuk menyimpan.

6. Boska Holland Rosewood Handle Cheese Grater

6. Boska Holland Rosewood Handle Cheese Grater

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 700.000

Sederhana dan elegan

Untuk Anda yang mencari parutan keju sederhana, kami rekomendasikan Boska Holland Rosewood Handle Cheese Grater. Dengan panjang 24 cm dapat Anda masukkan dalam rak peralatan makan di dapur. Sangat pas Anda letakkan di meja makan untuk memarut keju di atas roti ataupun salad saat makan bersama keluarga.

Meski ukurannya tidak besar, parutan ini dapat Anda gunakan untuk memarut keju yang keras seperti Edam, Gouda, Parmesan, dan Pecorino. Gagang yang terbuat dari rosewood akan membawa kesan hangat di meja makan Anda tentunya. Sederhana, bukan?

5. IKEA 365+ Vardefull Grater

5. IKEA 365+ Vardefull Grater

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 128.900

Tidak ada lagi keju berceceran!

Jika Anda membutuhkan keju parut dalam jumlah banyak untuk makanan Anda, tentunya Anda harus menampung hasil parutan Anda terlebih dahulu. IKEA menawarkan produk parutan keju yang dilengkapi dengan wadah penyimpanan, yaitu IKEA 365+ Vardefull Grater. Dilengkapi dengan tempat penyimpanan hasil parutan, tak ada lagi keju yang tercecer di meja dapur Anda!

Memiliki 2 sisi parutan, Anda dapat memilih untuk memarut keju anda secara kasar atau lebih halus. Pegangan pada tempat penyimpanannya memudahkan Anda untuk mengeluarkan tempat penyimpanan dari parutan serta meningkatkan kenyamanan Anda saat memarut. Dengan inovasi ini, IKEA 365+ Vardefull Grater siap mengisi dapur Anda!

4. Parutan Keju Premium

4. Parutan Keju Premium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Parutan keju rasa pepper mill

Parutan keju yang satu ini memiliki bentuk yang sama dengan pepper mill. Bentuk yang persis dengan pepper mill membuat Anda lebih mudah memegangnya sekaligus ramah untuk anak Anda. Kenapa? Karena jari-jari tangan Anda tidak perlu bersentuhan langsung dengan mata pisaunya.

Memiliki 2 mata pisau untuk menyesuaikan bentuk parutan, kasar atau lebih halus. Sangat pas untuk Anda yang ingin memasak casserole atau lasagna. Desain badan parutan yang cukup besar dan pisau yang kokoh, Anda dapat menggunakannya untuk memarut keju yang lebih keras. Inovatif ya!

3. Koziol KASIMIR Hedgehog

3. Koziol KASIMIR Hedgehog

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 702.766

Pengalaman memasak menyenangkan bersama buah hati

Koziol, sebuah brand dari Jerman, telah menciptakan banyak desain menarik untuk peralatan dapur sejak 1927. Salah satu produk Koziol adalah Kasimir Hedgehog, sebuah parutan keju dari plastik. Model parutan landak menjadi sebuah kombinasi sempurna dari desain, fungsi, dan passion serta menjadi ornamen yang menarik untuk meja atau dapur Anda.

Jika Anda senang memasak bersama sang buah hati, pasti buah hati Anda sangat tertarik dengan bentuk parutan ini. Koziol KASIMIR Hedgehog dapat melengkapi pengalaman masak yang tak terlupakan bersama anak Anda. Cocok pula untuk Anda yang gemar mengoleksi peralatan dapur yang unik!

2. Joseph Joseph Fold Flat Grater Black

2. Joseph Joseph Fold Flat Grater Black

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 686.000

Desain minimalis menghemat ruang simpan

Bentuk Joseph Joseph Fold Flat Grater Black terlihat seperti bentuk parutan kotak klasik. Tetapi, yang unik dari Joseph Joseph Fold Flat Grater Black adalah dapat dilipat untuk lebih menghemat tempat penyimpanan. Parutan ini juga dilindungi casing untuk melindungi tangan Anda dari pisau parutan ketika mencari peralatan memasak di laci dapur Anda.

Memiliki 4 sisi dengan 4 jenis parutan yang berbeda, dapat Anda gunakan pula untuk memarut sayuran, kulit lemon, dan bumbu masak lainnya. Parutan lipat yang menggabungkan keamanan dan fungsionalitas untuk desain yang inovatif sangat pas untuk dapur minimalis Anda!

1. Microplane Grater Peeler Zester

1. Microplane Grater Peeler Zester

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 46.122

Parutan klasik favorit

Jika Anda menginginkan desain parutan yang klasik, Microplane Grater Peeler Zester kami rekomendasikan untuk Anda. Microplane Grater Peeler Zester telah dipilih oleh para koki profesional dan rumahan. Desain ergonomis, gagang plastik yang mudah digenggam, serta permukaan parutan yang datar membuat parutan klasik ini mudah digunakan.

Parutan ini memiliki cutting edge yang baik sehingga tak adalagi keju yang menempel pada parutan. Microplane Grater Peeler Zester dapat Anda cuci menggunakan dishwasher. Bentuk parutan yang kokoh ini dapat Anda gunakan dalam jangka waktu lama! Harganya pun sangat ekonomis!

Kesimpulan

Ada banyak jenis parutan keju dari berbagai brand. Semuanya terlihat menarik ya! Desain yang unik, ukuran, cara memarut, dan jenis parutan pun sangat beragam. Sudahkan Anda menentukan mana parutan keju favorit Anda? Tipe klasik? Dengan tuas pemutar? Atau model elektronik?

Semoga Anda terbantu dengan artikel ini ya. Sesuaikan parutan keju yang Anda pilih dengan kebutuhan Anda sehari-hari dan jangan lupa sesuaikan pula budget Anda. Selamat memasak!