10 Rekomendasi Lip Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lip Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mengoleskan lipstik secara langsung tidak akan bisa membuat garis bibir yang mendetail dan presisi. Kuas bibir adalah solusinya. Lip brush, atau kuas bibir, dikenal sebagai senjata rahasia yang berfungsi untuk membuat riasan bibir yang cantik.

Ada banyak sekali kuas bibir dari merek populer seperti Sigma Beauty, Real Techniques, Armando Caruso Milan, Morphe, Coastal Scents, Make Up For Ever, ELF, hingga Masami Shouko Professional, yang bisa Anda jadikan pilihan. Bagaimana cara memilih kuas bibir yang bagus dan kuas bibir manakah yang terbaik? Yuk, simak artikel dari kami sampai selesai!

Daftar isi

Mengapa menggunakan lip brush?

Bentuk lipstik umumnya tidak sesuai dengan bentuk bibir. Fungsi utama lipstik untuk mewarnai bibir, namun tidak bisa melukis garis bibir secara presisi dan mendetail, dengan tanpa risiko keluar garis. Apabila Anda ingin membuat efek bibir tebal seperti Kylie Jenner, dibutuhkan alat seperti kuas bibir yang mampu merias bibir secara akurat.

Kuas bibir disukai oleh penata rias profesional dan direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan riasan bibir sempurna. Sebelum membeli kuas bibir, simak apa saja fungsi kuas bibir di bawah ini.

Anda bisa membentuk bibir yang indah!

Bagi yang tidak terbiasa mengaplikasikan lipstik, butuh waktu dan teknik tertentu untuk membuat lipstik Anda dapat mengisi bibir tanpa keluar garis. Kuas bibir lebih mudah digunakan tanpa memerlukan waktu atau teknik tertentu. Kini banyak orang berpendapat bahwa menggunakan kuas bibir jauh lebih efektif ketimbang mengaplikasikan lipstik secara langsung. Temukan alasannya di bawah ini!

Anda dapat melukis garis bibir secara presisi

Anda dapat melukis garis bibir secara presisi

Garis bibir yang presisi sangat sulit dibentuk apabila Anda mengoleskan lipstik secara langsung. Kuas bibir yang berukuran mungil mampu mengikuti tepian garis bibir Anda secara pas dari sudut ke sudut. Hasilnya adalah riasan yang rapi dan elegan.

Selain itu, Anda juga bisa menutupi kekurangan bibir. Misalnya, Anda bisa membuat bibir tipis tampak lebih tebal dengan cara melukisnya sedikit, dengan rapi, di luar garis. Juga, Anda bisa membuat garis bibir terlihat lebih berbentuk hati, untuk kesan bibir seksi. Semua ini hanya bisa dilakukan dengan kuas bibir.

Anda bisa meratakan lipstik dan membuat warna yang indah

Anda bisa meratakan lipstik dan membuat warna yang indah

Lipstik yang dioleskan secara langsung cenderung tidak merata dan tak dapat menjangkau seluruh permukaan bibir. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan kuas bibir. Anda bisa memoles keseluruhan bibir, mulai dari bagian lekuk bibir yang bergaris-garis vertikal hingga ke sudut bibir yang terkecil. Apabila warna lipstik dapat memenuhi seluruh permukaan bibir secara sempurna, hasilnya bibir Anda akan terlihat sangat cantik.

Anda bisa mengatur ketebalan lipstik dan lebih mudah untuk retouch

Anda bisa mengatur ketebalan lipstik dan lebih mudah untuk retouch

Mengaplikasikan lipstik secara langsung cenderung membuat bibir tampak berlapis tebal, dan sering kali terasa lengket. Namun, dengan kuas bibir, Anda mudah mengatur sebanyak apa substansi lipstik yang perlu dioleskan, baik tipis maupun tebal. Selain itu, Anda bisa membuat lipstik menempel lebih kuat sehingga warnanya bisa tahan lama. Butuh retouch? Tidak perlu boros mengoleskan lipstik ke seluruh bibir, Anda cukup mengaplikasikan lipstik dengan kuas ke area bibir yang butuh diwarnai.

Anda bisa lebih ekonomis dalam pemakaian lipstik!

Anda bisa lebih ekonomis dalam pemakaian lipstik!

Umumnya lipstik dikemas dalam bentuk tabung. Ketika batang lipstiknya habis, maka akan menyusut turun. Sering kali Anda tidak bisa memutarnya naik dan menggunakannya lagi. Padahal masih tersisa banyak lipstik di dasar tabungnya. Tidak perlu dicungkil dengan jari, Anda tinggal memasukkan kuas bibir ke dalamnya dan menjangkau sisa lipstik. Ekonomis, kan?

Cara memilih lip brush

Setelah mengetahui keunggulan kuas bibir, selanjutnya kami akan membagi informasi tentang bentuk-bentuk kuas bibir sesuai fungsinya.

Pilihlah bentuk lip brush sesuai fungsinya

Bentuk kuas bibir bervariasi tergantung produsennya, tetapi umumnya terbagi dalam tiga bentuk berdasarkan fungsinya. Ada kuas bibir berbentuk flat dengan ujung bulu sejajar, kuas bibir ramping berbentuk runcing, dan kuas bibir berbentuk bulat dengan kemiringan.

Ujung berbentuk flat untuk mengisi bibir

Ujung berbentuk flat untuk mengisi bibir

Kuas bibir yang berbentuk datar dipakai untuk mengisi permukaan yang lebar. Dengan demikian, kuas ini ideal dalam membubuhkan lipstik dan meratakan warnanya ke seluruh permukaan bibir. Anda juga bisa melukis tepian bibir menggunakan ujungnya yang bergaris datar.

Ujung berbentuk runcing untuk menggaris bibir

Ujung berbentuk runcing untuk menggaris bibir

Kuas bibir runcing cocok untuk melukis bagian tepi bibir secara mendetail dan berhati-hati. Anda juga bisa melukis pada bagian bibir yang berkerut, atau bagian lainnya seperti sudut bibir yang sulit diwarnai secara presisi. Selain itu, ujungnya yang tajam mampu membentuk kontur bibir secara profesional. Kuas ini tidak cocok dipakai untuk mengisi seluruh bibir, hanya pada garis bibir atau tepian bibir saja.

Ujung berbentuk bulat atau oval yang multifungsi

Ujung berbentuk bulat atau oval yang multifungsi

Bentuk kuas bibir bulat atau oval dengan kemiringan adalah gabungan dari bentuk flat dan runcing. Kepala kuasnya memiliki kemiringan yang presisi dan bisa dipakai untuk mengisi bibir sekaligus menggaris tepi bibir. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat shading dan gradasi warna bibir. Kuas tipe ini lebih banyak diproduksi karena dinilai sangat multifungsi.

Pilihlah bulu kuas sesuai dengan kulit dan preferensi makeup Anda

Kualitas bulu kuas terbagi menjadi dua jenis, yaitu kuas berbulu alami (bulu binatang) dan kuas berbulu artifisial (serat sintetis). Selain itu, ada juga kuas yang mencampurkan keduanya. Harga kuas umumnya setara dengan kualitas bulu kuasnya. Pilihlah kuas bibir sesuai dengan preferensi Anda.

Bulu alami yang halus dan indah

Bulu alami yang halus dan indah

Kuas berbulu alami memiliki elastisitas dan warna bulu yang tidak merata, serta dipercaya dapat memberikan hasil riasan yang khas dan elegan. Karena tingkat elastisitasnya yang sedang, kuas berbulu alami dianjurkan untuk pemula. Namun, beberapa orang mungkin akan merasa gatal saat pemakaian, terutama apabila Anda memiliki kulit yang sensitif atau alergi bulu binatang.

Kuas bibir berbulu alami banyak diambil dari bulu binatang seperti tupai dan kambing yang tipis, lembap, dan memiliki elastisitas yang baik. Namun, di sisi lain, kekurangan dari kuas berbulu alami adalah mudah rusak saat dicuci dengan air, juga rentan terkena bakteri. Oleh karena itu, kuas berbulu alami saat ini jarang ditemui. Beberapa produsen terkenal, seperti Sigma Beauty, telah merancang inovasi kuas berserat sintetis yang memiliki kualitas sebaik bulu alami.

Bulu artifisial yang inovatif dan mudah dibersihkan

Bulu artifisial yang inovatif dan mudah dibersihkan

Kuas berbulu artifisial, atau bulu sintetis, lebih banyak dijual di pasaran. Beberapa produsen juga telah menciptakan inovasi serat sintetis yang menggabungkan zat antibakteri dan daya tahan tinggi sehingga sangat mudah dicuci. Kuas berbulu sintetis lebih mudah dipakai terutama untuk Anda yang memiliki alergi terhadap bulu binatang.

10 Rekomendasi lip brush terbaik

Setelah mengetahui cara memilih kuas bibir, di bawah ini ada sepuluh rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda miliki!

10. Morphe Brushes R1065 Silver Deluxe Retractable Lip Brush

 10. Morphe Brushes R1065 Silver Deluxe Retractable Lip Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Kuas bibir yang praktis dan portable

Sejak tahun 2008, Morphe menjadi beauty retailer yang telah memproduksi kosmetik dan alat makeup profesional dengan harga yang terjangkau. Morphe Brushes R1065 berbahan serat sintetis dan berfitur retractable. Kuas ini memiliki ujung runcing yang presisi sehingga memudahkan Anda mengaplikasikan lipstik dan lip gloss.

Selain itu, Anda juga dapat melukis tepian bibir secara mendetail untuk hasil riasan bibir lebih tahan lama. Kuasnya mudah diputar terbuka dan tertutup secara praktis, serta mudah disimpan di dalam kantong kosmetik. Untuk Anda yang senang bepergian, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

9. Lucky Trendy Felicela Slide Lip Brush

9. Lucky Trendy Felicela Slide Lip Brush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 215.000

Kuas berbulu sangat halus yang populer di kalangan beauty blogger

Kuas bibir handmade ini diproduksi oleh merek asal Osaka sejak tahun 1887. Felicela Slide Lip Brush terbuat dari serat nilon berukuran sangat tipis, yaitu 0.05 mm! Kehalusan bulu kuasnya dianggap sebagai yang terbaik, menjadikan kuas ini populer di kalangan beauty blogger. Produk ini cocok untuk mengaplikasikan lipstik bertekstur creamy.

Desain bulu kuasnya berwarna putih elegan, serasi dengan gagang aluminium yang keemasan. Ujung kuas yang runcing mempermudah Anda dalam membentuk garis bibir dan menguatkan warna lipstik. Untuk Anda yang sering bepergian, kuas berukuran medium ini dilengkapi dengan penutup magnet yang praktis!

8. Masami Shouko Professional 60 Pen Style Lip Brush – Pink

8. Masami Shouko Professional 60 Pen Style Lip Brush - Pink

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 108.900

Kuas berbulu sintetis dan alami

Masami Shouko mengeluarkan line kuas profesional yang lebih mumpuni dibanding dengan line kuas reguler mereka. Apabila kuas yang reguler terbuat dari bulu sintetis, kuas profesional ini memiliki kombinasi bulu alami dan sintetis. Produk ini cocok dipakai untuk lipstik bertekstur cair, gel, dan krim.

Badannya berdesain metalik perak, dengan sentuhan merah muda pada gagangnya untuk Anda yang senang tampil feminin. Ujung bulunya yang lancip dan lembut akan membuat garis bibir Anda terlihat menawan. Selain itu, kuas ini dirancang travel-friendly karena dilengkapi dengan penutup yang higienis.

7. Tenwa Beauty T611 Lip Brush Flat

7. Tenwa Beauty T611 Lip Brush Flat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Kuas flat mewah berbulu alami

Tenwa adalah merek asal Jepang yang setiap kuasnya diproduksi 100% handmade dengan ketelitian tinggi. Kuas ini menggunakan bulu tupai Kanada yang lembut dan berkualitas premium, aman dipakai oleh Anda yang berkulit wajah sensitif.

Gagang kuasnya berbahan kayu dengan sentuhan nikel, serta memiliki ukuran panjang 15 cm yang ideal. Tenwa Beauty T611 Lip Brush Flat berbentuk datar dengan panjang bulu ukuran 1 cm dan berbidang sempit, untuk memenuhi bibir Anda dengan warna lipstik yang cantik.

6. Armando Caruso Milan 5071 Duo Slant/Flat Lip Brush

6. Armando Caruso Milan 5071 Duo Slant/Flat Lip Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 105.000

Kuas flat dua sisi yang sangat praktis

Apabila Anda mencari kuas bibir serbaguna, produk ini bisa jadi pilihan! Kuas ini memiliki dua sisi yang berbeda. Ujung yang satu berbentuk slanted tip untuk membuat kontur bibir, dan ujung lainnya berbentuk flat untuk mengisi bibir. Praktis!

Kuas bibir dari Armando Caruso ini dirancang dengan kuas yang kokoh dan tebal untuk memenuhi kebutuhan berlipstik Anda. Badan dan bulu kuasnya yang didesain berwarna hitam mengilat tampak mahal. Selain itu, ukurannya yang compact juga nyaman dibawa bepergian.

5. Real Technique Retractable Lip brush

5. Real Technique Retractable Lip brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Dari merek kuas makeup terbaik!

Real Techniques, sebagai salah satu merek kuas makeup terbaik, juga mengeluarkan kuas bibir yang dirancang dengan ujung meruncing tegas. Kuas ini memberikan definisi dan menggaris kontur bibir Anda secara presisi. Karena bentuknya yang sedikit bulat, kuas ini juga bisa Anda pakai untuk mengisi bibir.

Kuas ini dilengkapi dengan penutup sehingga kebersihannya terjaga. Bulu sintetisnya juga lembut dan mudah dicuci. Untuk Anda yang ingin menggaris bibir dengan sempurna di mana saja, disarankan membeli Real Technique Retractable Lip brush!

4. Coastal Scents Classic Retractable Lip Brush Natural

4. Coastal Scents Classic Retractable Lip Brush Natural

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 68.000

Kuas compact berbulu alami yang sangat halus

Retractable lip brush dari Coastal Scents ini bisa ditarik panjang atau pendek untuk membuka dan menutup kuasnya, sehingga praktis saat dibawa bepergian. Gagang aluminium peraknya memiliki bahan yang kokoh dan melindungi bulu kuas saat tidak sedang digunakan.

Bulu kuasnya memiliki ukuran panjang 0,9 cm dan ujung lancip 0,4 cm. Bulunya sangat halus, berjalin rapat, dan mudah digunakan untuk melukis tepi bibir Anda bersama lipstik, lip gloss, dan perona bibir favorit lainnya. Produk ini adalah salah satu kuas bibir berbulu alami yang sangat baik. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang menyukai kuas compact berbulu alami.

3. Make Up For Ever Lip Brush With Cap – 304

3. Make Up For Ever Lip Brush With Cap - 304

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Kuas bulat dengan kemiringan yang two-in-one

Make Up For Ever, bersama penata rias dan pakar serat, menghadirkan kuas bibir berbentuk bulat ideal. Kepadatan helainya dirancang optimal untuk meratakan lipstik Anda secara cepat. Bulunya terbuat dari serat sintetis halus yang meniru bulu alami, dengan penutup berbahan metal yang memastikan kebersihan kuas.

Keunggulan lip brush ini adalah bentuk bulat yang memiliki kemiringan dengan fungsi two-in-one, sebagai penggaris tepi bibir dan juga untuk mengisi bibir. Untuk Anda yang sering bepergian, Make Up For Ever Lip Brush juga dilengkapi dengan penutup dan akan memudahkan Anda melakukan touch up lipstik sepanjang hari.

2. ELF Beautifully Bare Lip Brush

2. ELF Beautifully Bare Lip Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Kuas flat yang multifungsi sebagai kuas kontur

Ini adalah lip brush berbentuk flat yang menjadi favorit para pencinta kuas! ELF Beautifully Bare Lip Brush, sesuai namanya, akan mempercantik bibir Anda dengan riasan lipstik yang flawless dan natural. Kuas yang cruelty-free dan vegan ini dikemas dalam bentuk compact yang mudah Anda bawa bepergian.

Bulunya terbuat dari 100% serat sintetis, dirancang untuk mengisi, mengontur, dan menggaris bibir. Anda bisa melukis secara presisi di luar garis bibir untuk kesan bibir tebal dan seksi. Selain itu, Anda bisa memakainya sebagai kuas highlighting dan contouring, misalnya untuk melukis garis hidung secara mendetail. Bulu kuasnya juga cocok untuk kosmetik berbentuk krim, padat, dan bubuk.

1. Sigma Beauty L05 Lip Brush

1. Sigma Beauty L05 Lip Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Kuas bibir terbaik dari merek pemenang penghargaan

Sigma Beauty adalah merek yang telah menenangkan banyak sekali penghargaan untuk produk kuas terbaik. Bulu Sigma Beauty L05 Lip Brush dirancang dengan serat sintetis inovatif antimikroba bernama SigmaTech. Gagangnya adalah kayu berlapis cat yang mewah, dengan cincin metal berbahan SigmaAlloy antikorosi, serta telah dilengkapi penutup.

Kuas ini berbentuk bulat dengan ujung yang kokoh. Bulu seratnya sangat rapat sehingga Anda bisa menciptakan garis bibir yang sempurna. Ujungnya mendefinisikan dan memberi kontur secara presisi. Kuas ini sempurna dalam pengaplikasian lipstik, touch up, dan dibawa bepergian!

Kesimpulan

Seorang pemula dapat membuat riasan bibir yang sangat baik dengan lip brush. Untuk memulai, Anda bisa memilih kuas bibir terbaik berdasarkan rekomendasi yang kami berikan. Selain itu, apabila Anda sudah terbiasa menggunakan kuas bibir, pastikan bulunya masih dalam keadaan baik untuk memaksimalkan riasan. Mari memperindah bibir Anda dengan lip brush terbaik!