1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Peralatan makeup
  6. >
  7. 10 Lip Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lip Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lip Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lip Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lip Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lip Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lip Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Bentuk garis bibir yang rapi dan presisi tidak bisa didapatkan jika Anda mengoleskan lipstik secara langsung. Untuk membuat garis bibir yang presisi dan indah, lip brush adalah solusinya.

Ada banyak sekali kuas lipstik yang bagus dari merek populer. Ada Real Techniques, Tammia, Holika Holika, Masami Shouko, hingga merek lokal MUAQ bisa dijadikan pilihan. Lalu, bagaimanakah cara memilih lip brush yang terbaik? Simak artikel dari kami ini sampai selesai! Artikel ini juga sudah ditinjau oleh beauty content creator dan makeup artist kami, Luella Artistry.
Diperbaharui 11-10-2022
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengapa menggunakan lip brush atau kuas lipstik?

Mengapa menggunakan lip brush atau kuas lipstik?

Anda mungkin sudah tahu cara mengaplikasikan lipstik tanpa menggunakan kuas lipstik atau lip brush. Namun, lip brush direkomendasikan untuk pemula yang ingin membuat riasan bibir sempurna. Jika belum terbiasa mengaplikasikan lipstik, butuh waktu atau teknik tertentu untuk memulas lipstik di bibir tanpa keluar garis. Penggunaan lip brush dinilai jauh lebih efektif daripada mengaplikasikan lipstik secara langsung. Penggunaan lip brush juga membantu mengoreksi bentuk bibir yang cenderung asimetris.


Sebelum Anda membeli lip brush untuk mengaplikasikan lipstik, simaklah fungsi-fungsinya di bawah ini.


  • Anda dapat melukis garis bibir secara presisi

Garis bibir yang presisi sulit dibentuk apabila Anda mengoleskan lipstik secara langsung. Nah, lip brush yang mungil mampu mengikuti tepian garis bibir secara pas dari sudut ke sudut. Anda juga bisa membuat bibir yang tebal atau tipis serta membuat bentuk bibir sesuai dengan keinginan.


  • Anda bisa meratakan lipstik dan membuat warna yang indah

Lipstik yang dioleskan secara langsung cenderung tidak merata dan gagal menjangkau seluruh permukaan bibir. Dengan lip brush, Anda dapat memoles keseluruhan bibir, mulai dari bagian lekuk bibir hingga ke sudut bibir terkecil. Jika warna lipstik tampak merata di seluruh area bibir, riasan bibir Anda pasti lebih cantik!


  • Anda mudah mengatur ketebalan lipstik, khususnya saat retouch

Mengaplikasikan lipstik secara langsung cenderung membuat bibir tampak berlapis tebal, lalu sering kali terasa lengket. Dengan lip brush, Anda jadi mudah mengatur tipis atau tebalnya lipstik yang perlu dioleskan. Anda juga bisa membuat lipstik menempel lebih kuat sehingga warnanya tahan lama. Ingin retouch lipstik? Cukup bubuhkan lipstik dengan lip brush ke area bibir yang perlu diwarnai.


  • Anda jadi lebih ekonomis dalam pemakaian lipstik

Lipstik umumnya dikemas dalam bentuk tube. Ketika lipstik mulai habis, otomatis lipstik akan menyusut turun. Sering kali Anda tidak dapat memutarnya naik dan menggunakannya lagi, padahal masih tersisa banyak lipstik di dasar tabung. Tidak perlu dicungkil dengan jari, Anda tinggal mencelupkan lip brush ke dalam tube untuk menjangkau sisa lipstik. Ekonomis!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lip brush

Setelah Anda mengetahui keunggulan lip brush, bacalah informasi tentang bentuk-bentuk lip brush berdasarkan fungsinya di bawah ini. Mari disimak!

① Pilih bentuk lip brush berdasarkan fungsinya

Bentuk lip brush bervariasi tergantung pada produsennya, tetapi umumnya terbagi menjadi dua bentuk. Ada lip brush berbentuk datar dengan ujung bulu sejajar dan lip brush berbentuk meruncing.

Flat (datar), untuk mengisi keseluruhan area bibir

Flat (datar), untuk mengisi keseluruhan area bibir

Lip brush berbentuk flat atau datar biasa dipakai untuk mengisi permukaan yang lebar. Dengan demikian, kuas ini cocok dipakai membubuhkan lipstik dan meratakan warnanya ke seluruh permukaan bibir. Anda juga dapat melukis tepian bibir dengan menggunakan ujungnya yang bergaris datar. Kuas ini direkomendasikan untuk pemula atau jika Anda menginginkan hasil riasan bibir yang natural.

Pointed (meruncing), untuk menggaris tepian bibir

Pointed (meruncing), untuk menggaris tepian bibir

Lip brush berbentuk pointed atau lancip digunakan untuk melukis tepi bibir secara mendetail atau bagian yang membutuhkan ketelitian. Anda juga dapat melukis bagian bibir yang berkerut ataupun sudut bibir yang sulit diwarnai. 


Di sisi lain, ujungnya yang meruncing mampu membentuk kontur bibir Anda secara tegas. Namun, tipe ini tidak cocok dipakai untuk mengisi keseluruhan bibir, tetapi hanya di bagian garis atau tepian bibir.

Round atau tapered (oval), multifungsi untuk shading bibir dan memberi gradasi warna

Round atau tapered (oval), multifungsi untuk shading bibir dan memberi gradasi warna

Ada pula round lip brush dan tapered lip brush dengan bentuk bulat atau sedikit oval yang meruncing. Tipe ini terlihat seperti gabungan dari bentuk flat dan pointed. Kepala kuasnya memiliki lengkungan yang presisi dan bisa dipakai untuk mengisi bibir sekaligus menggaris tepi bibir. 


Selain itu, tipe ini bisa juga digunakan untuk membuat shading dan gradasi warna bibir. Tidak heran, kuas lipstik tipe ini juga lebih banyak diproduksi karena dinilai sangat multifungsi.

② Ketahui jenis bulu kuas yang sesuai dengan jenis kulit dan hasil riasan

Bulu kuas makeup terbagi menjadi dua jenis, yaitu kuas berbulu alami (bulu binatang) dan kuas berbulu artifisial (serat sintetis). Selain itu, ada juga kuas makeup yang mengombinasikan kedua bahan tersebut. Harga kuas umumnya tergantung pada kualitas bulunya. Jadi, pilihlah jenis bulu lip brush yang sesuai dengan kondisi kulit dan kebutuhan riasan Anda.

Bulu alami: Halus, elastis, dan menghasilkan riasan indah

Bulu alami: Halus, elastis, dan menghasilkan riasan indah
Kuas berbulu alami memiliki elastisitas dan warna bulu yang tidak merata serta dipercaya dapat memberikan hasil riasan yang khas dan elegan. 


  • Lip brush berbulu alami banyak diambil dari bulu keluarga binatang sejenis tupai. Karakter bulunya adalah tipis, lembap, dan memiliki elastisitas yang baik. Lip brush berbahan bulu tupai ini juga dianggap paling ideal dan tahan lama.
  • Lip brush lainnya ada yang berbahan bulu kolinsky (sejenis cerpelai) yang memiliki ciri bulu sangat tipis dan panjang. 
  • Ada pula lip brush berbulu weasel (musang gunung) yang lembut, tetapi memiliki elastisitas sangat tinggi. 
  • Satu lagi adalah lip brush berbulu sable (sejenis musang kecil) dengan karakteristik bulu yang pekat dan sangat halus. 

Namun, beberapa orang mungkin akan merasakan gatal saat menggunakan bulu kuas alami, terutama Anda yang berkulit sensitif atau alergi bulu binatang. Berhati-hatilah saat memilih, ya.


Selain itu, bulu alami kebanyakan dapat mudah menyerap minyak dan air. Jadi, Anda perlu memberikan ketelitian ekstra saat mencucinya agar lip brush benar-benar bersih.

Bulu sintetis: Inovatif dan mudah dibersihkan

Bulu sintetis: Inovatif dan mudah dibersihkan
Kuas berbulu sintetis lebih banyak dijual di pasaran. Beberapa produsen juga telah menciptakan inovasi serat sintetis yang menggabungkan zat antibakteri berdaya tahan tinggi sehingga mudah dicuci. Kuas berbulu sintetis juga lebih mudah dipakai, terutama untuk Anda yang alergi bulu binatang.

Kuas makeup berbulu sintetis yang beredar di pasaran umumnya terbuat dari serat nilon. Namun, kuas untuk lip brush biasanya terbuat dari serat poliester polybutylene terephthalate (PBT). Bahan PBT memiliki kualitas penyerapan air yang rendah, lebih mudah kering, dan lebih kaku dibandingkan nilon. Bahan PBT juga tahan terhadap minyak dan air sehingga ideal untuk riasan bibir.

③ Pertimbangkan kuas lipstik dengan penutup atau tipe retractable

Kebersihan kuas tentu menjadi hal utama. Jika Anda membawa kuas lipstik untuk bepergian, pilihlah yang dilengkapi dengan penutup atau cap. Apabila tutupnya terpasang, bagian dalam kantong makeup akan terhindar dari kotor. Bulu kuas pun terjaga lebih higienis


Selain kuas lipstik dengan penutup, Anda juga bisa memilih lip brush tipe retractable atau automatic lip brush. Kuas dapat ditekan atau diputar terbuka dan tertutup secara praktis. Lalu, bagaimana jika kuas lipstik Anda tidak memiliki penutup? Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan brush guard atau membeli case khusus untuk menyimpan kuas.

10 Rekomendasi lip brush terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip brush terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tammia

Deluxe Angled Lip Brush

Tammia Deluxe Angled Lip Brush 1枚目

Flat lip brush dengan inovasi kemiringan, bisa menggaris bibir lebih presisi

2

MUAQ

MUAQ X January Christy Lip Brush

MUAQ MUAQ X January Christy Lip Brush 1枚目

Kuas lipstik yang awet dari brand lokal

3

Masami

Automatic Lip Brush

Masami Automatic Lip Brush 1枚目

Dapat digunakan untuk mengaplikasikan berbagai tekstur kosmetik

4

Miss U2

Lip Brush

Miss U2 Lip Brush 1枚目

Lip brush murah berkualitas, mungil dan portabel untuk para traveller

5

Armando Caruso

Elegant Precision Lip Brush

Armando Caruso Elegant Precision Lip Brush 1枚目

Desain elegan dan bulu sangat lembut, hasil riasan lebih natural

6

Angola

Lip Brush Professional

Angola  Lip Brush Professional  1枚目

Hasilkan riasan lipstik yang lebih bervolume

7

Holika Holika

Magic Tool Auto Lip Brush

Holika Holika Magic Tool Auto Lip Brush 1枚目

Kuas lancip menggaris bibir lebih presisi

8

Masami

90 Lip Brush Flat

Masami 90 Lip Brush Flat 1枚目

Natural flat lip brush untuk lipstik merata sempurna

9

Berlala

Lip Brush Single Pack

Berlala Lip Brush Single Pack 1枚目

Lip brush sekali pakai? Ada, dong!

10

Real Techniques

Lip Color & Blur

Real Techniques Lip Color & Blur 1枚目

Satu set dapat dua lip brush? Riasan bibir makin total!

Perincian produk
Close
No.1

TammiaDeluxe Angled Lip Brush1201

Mulai dari Rp79.900,00

Flat lip brush dengan inovasi kemiringan, bisa menggaris bibir lebih presisi

Salah satu kelemahan flat brush adalah bentuknya yang kaku atau terlalu simetris. Padahal, bibir kita memiliki lengkungan yang akan sulit dibentuk dengan ujung flat brush. Maka dari itu, pilihlah lip brush dari merek lokal ini. Kuasnya berbentuk flat yang didesain dengan kemiringan (angled). Dengan begitu, kuas ini bisa digunakan untuk mendefinisikan kontur bibir secara pas.

Meskipun berbentuk flat, kuas lipstik ini juga memiliki sudut lancip yang bisa digunakan untuk melukis tepi bibir, terutama di bagian cupid's bow. Untuk mengisi dan membaurkan warna ke seluruh bibir, tinggal menggunakan sisi kuasnya yang pipih. 

No.2

MUAQMUAQ X January Christy Lip Brush

Mulai dari Rp375.000,00

Kuas lipstik yang awet dari brand lokal

Kami menyarankan lip brush ini untuk Anda yang mengutamakan kualitas. Brand lokal MUAQ berkolaborasi dengan January Christy membuat lip brush berkualitas premium. Setiap kuasnya menggunakan bulu alami dari kolinsky yang sangat lembut. Bulu kuasnya diklaim awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, kualitas bulunya akan meningkat seiring dengan penggunaannya. 
No.3

MasamiAutomatic Lip Brush3867350000

Mulai dari Rp128.900,00

Dapat digunakan untuk mengaplikasikan berbagai tekstur kosmetik

Masami Shouko memiliki beragam koleksi kuas makeup yang populer. Salah satu kuas lipstik best seller dari Masami adalah Automatic Lip Brush. Kuas ini sudah dilengkapi dengan cap sehingga aman dan bersih saat dibawa bepergian. Selain itu, bulu kuas vegannya diklaim cocok untuk mengaplikasikan berbagai kosmetik dengan bentuk gel, krim, dan liquid. Multifungsi, ya!
No.4

Lip brush murah berkualitas, mungil dan portabel untuk para traveller

Apabila Anda mencari lip brush dengan harga di bawah 50 ribu rupiah, pertimbangkan produk ini. Meski harganya terbilang murah dibandingkan kuas lainnya, bulu kuasnya lembut dan mudah diaplikasikan. Selain itu, bentuk kuasnya lebih kecil sehingga memudahkan Anda untuk melukis atau mengisi bibir secara detail. 


Panjang gagang kuasnya pun pendek sehingga produk mudah disimpan. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari lip brush mungil dan travel friendly. Berhubung brush ini tipe sintetis, Anda harus rajin membersihkannya karena bulu kuas cenderung kaku apabila ada banyak lipstik yang menempel. Akibatnya, brush kurang enak saat digunakan untuk meratakan lipstik dan membentuk bibir.

No.5

Armando CarusoElegant Precision Lip Brush912

Mulai dari Rp95.000,00

Desain elegan dan bulu sangat lembut, hasil riasan lebih natural

Jika Anda mementingkan desain kuas untuk koleksi ataupun hadiah, kuas lipstik dari Armando Caruso ini pilihannya. Tidak hanya unggul dalam segi desain, Elegant Precision Lip Brush dirancang dengan fitur bulu kuas tiga lapis. Hasil sapuannya lebih alami dengan efek airbrushed pada kulit bibir. Bulu kuasnya pun didesain tebal dan lembut dengan kemampuan membaurkan yang baik.

No.6

Angola Lip Brush Professional T09

Mulai dari Rp50.000,00

Hasilkan riasan lipstik yang lebih bervolume

Bulu kuas lipstik pada umumnya memiliki bentuk pipih. Namun, kuas dari Angelo ini berbeda karena bulu kuasnya berbentuk bulat dan padat (buff). Kuas ini dapat digunakan untuk mengontur dan meratakan lipstik atau lip gloss sehingga bibir tampak lebih bervolume. Kualitas bulunya pun lembut dan nyaman di bibir. Lip brush ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan riasan plump lips.
No.7

Holika HolikaMagic Tool Auto Lip Brush

Mulai dari Rp68.000,00

Kuas lancip menggaris bibir lebih presisi

Untuk menggaris tepian bibir Anda secara lebih presisi, gunakan kuas lipstik dari Holika Holika ini. Kuas bibir ini memiliki bulu padat yang lembut dengan ujung lancip. Anda bisa dengan mudah mempertegas bentuk cupid's bow (lekukan bibir atas) untuk menciptakan bibir berbentuk hati yang seksi. Karena dikemas dengan fitur retractable, kuas jadi lebih higienis dan mudah dibawa saat travelling.

No.8

Masami90 Lip Brush Flat4767156000

Mulai dari Rp122.000,00

Natural flat lip brush untuk lipstik merata sempurna

Masami Shouko mengeluarkan line kuas profesional yang lebih mumpuni dibandingkan line kuas reguler mereka. Apabila kuas lipstik yang reguler terbuat dari bulu sintetis, kuas profesional ini terbuat dari bulu alami. 

Ujung bulunya yang datar memiliki ketebalan sebesar 0,1 cm. Bentuk dan ketebalan tersebut ideal untuk meratakan warna lipstik dan membuat kontur bibir. Lip brush ini juga cocok dipakai untuk mengaplikasikan concealer serta lip cream.
No.9

BerlalaLip Brush Single PackBLL100

Mulai dari Rp4.000,00

Lip brush sekali pakai? Ada, dong!

Kuas lipstik diaplikasikan langsung pada bibir sehingga perlu sering dicuci untuk menjaga kebersihannya. Jika faktor kebersihan sering menjadi concern Anda, bagaimana jika menggunakan lip brush sekali pakai saja? Lip brush Berlala ini bisa jadi pilihan praktis dan ekonomis. Lip brush tipe ini juga paling sering dipakai oleh makeup artist untuk menjaga kehigienisan.


Selain untuk mengaplikasikan lipstik dan berbagai kosmetik bibir, brush sekali pakai ini dapat digunakan untuk concealer dan cat kuku juga, lho! Pilihan warnanya pun banyak. Anda bisa membawa satu atau dua buah untuk dipakai retouch lipstik di perjalanan. 

No.10

Real TechniquesLip Color & Blur1532

Mulai dari Rp199.000,00

Satu set dapat dua lip brush? Riasan bibir makin total!

Kembali ke merek Real Techniques! Seri 1532 adalah salah satu koleksi brush terbaru mereka. Set ini terdiri dari dua jenis lip brush. Kuas pertama berbentuk lancip untuk membentuk bibir. Kuas kedua disebut lip blur brush berbentuk oval yang mampu membaurkan warna dan memberikan efek soft focus

Riasan bibir bergradasi dapat dibuat dengan mudah meskipun Anda seorang pemula! Harga produk ini memang sedikit mahal dibandingkan dengan brand lain, tetapi kualitas bulunya terkenal sangat baik. Bulu lip brush tidak mudah rontok meski sudah di cuci berkali-kali.

Baca juga rekomendasi produk lip liner di sini

Jika Anda ingin melengkapi riasan bibir, gunakan juga lip liner bersama dengan lip brush. Hasil riasan bibir Anda dijamin tampak lebih indah dan elegan. Kami telah menyiapkan artikel produk lip liner yang dapat Anda pertimbangkan. Baca artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Hanya dengan berbekal lip brush, seorang pemula makeup pun mampu membuat riasan bibir yang menawan. Untuk memulai, Anda bisa memilih produk lip brush terbaik berdasarkan rekomendasi yang kami berikan. 

Untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan lip brush, pastikan bulu kuasnya masih dalam keadaan baik untuk memaksimalkan fungsinya. Mari memperindah riasan bibir Anda dengan lip brush terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer