10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hidup di era digital membuat banyak orang tertarik menekuni fotografi. Tidak hanya sebagai hobi, tapi juga bagian dari pekerjaan. Selain kamera, ada beberapa piranti lain yang perlu Anda miliki jika ingin serius terjun ke dunia fotografi. Salah satunya adalah tripod, yang biasa digunakan para fotografer agar kamera tetap stabil pada posisi tegak lurus. Tripod juga dapat membantu mengambil gambar dengan lebih santai dan mengurangi noise akibat guncangan tangan yang kelelahan.

Walaupun bentuknya terlihat sama, namun ada berbagai jenis tripod yang berbeda dari segi tinggi, material, kapasitas, kapabilitas, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan memberitahukan cara memilih tripod yang baik serta memberikan rekomendasi produk tripod terbaik dengan membandingkan performa, harga, dan spesifikasinya. Jadi, tripod seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Daftar isi

Cara memilih tripod

Apabila Anda ingin mendapatkan tripod yang terbaik, Anda harus memilih yang sesuai dengan kamera maupun piranti rekam yang Anda punya. Perhatikan beberapa tips berikut ini.

Kapasitas beban ditentukan berdasarkan berat peralatan dan pabrikannya

Kapasitas beban ditentukan berdasarkan berat peralatan dan pabrikannya

Tripod memiliki kapasitas beban yang sudah ditentukan batas maksimalnya. Sebaiknya Anda menghitung terlebih dahulu jenis kamera yang akan Anda gunakan serta piranti lainnya seperti lensa tambahan. Baru setelah itu Anda tentukan spesifikasi tripod untuk menunjang kegiatan Anda. Jika kapasitas beban tripod lebih kecil daripada beban yang ditanggungnya, maka kamera bisa jatuh atau tidak stabil.

Tripod bisa bertahan lama bila peletakan bebannya benar dan tidak melebihi kapasitas. Pemasangan kamera yang benar pada tripod penting untuk diperhatikan karena sangat mempengaruhi kenyamanan Anda saat menggunakannya. Selain itu kapasitas beban juga bisa ditentukan dari pabrikannya. Tripod buatan China berkualitas baik dengan harga murah, namun tidak sekuat tripod buatan negara lain, seperti Jepang.

Pilih kepala tripod berdasarkan lokasi pengambilan gambar

Selain kaki tripod, bagian lain yang tak kalah pentingnya adalah kepala tripod. Bagian ini adalah bagian yang membantu pengaturan arah dengan meletakkan kamera di atasnya. Berdasarkan lokasi pengambilan gambarnya, berikut 3 tipe kepala tripod yang dibutuhkan.

Kepala tripod berjenis “3 way head” saat Anda mengambil gambar landscape

Kepala tripod berjenis “3 way head” saat Anda mengambil gambar landscape

Kebanyakan kepala tripod yang sering digunakan para fotografer adalah jenis 3 way head. Kepala tripod jenis ini memiliki tuas yang mampu diatur secara vertikal maupun horizontal. Pengaturannya mudah disesuaikan dengan komposisi foto yang Anda inginkan, seperti untuk mengambil gambar landscape sebuah bangunan/objek-objek yang tidak bergerak.

Namun, arah vertikal dan horizontal pada kepala tripod jenis 3 way head diatur secara terpisah. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan salah satunya saja. Selain masalah pengaturan, ukuran dari kepala tripod ini juga agak besar, sehingga sedikit repot untuk dikemas.

Leluasa mengatur kamera dalam waktu singkat dengan kepala tripod jenis “ball head

Leluasa mengatur kamera dalam waktu singkat dengan kepala tripod jenis “ball head”

Standar kepala tripod yang banyak digunakan di seluruh dunia adalah jenis ball head. Berbeda dengan jenis 3 way head, kepala tripod jenis ini dapat mengatur arah vertikal dan horizontal dalam satu gambar. Pengaturan tersebut memudahkan Anda menentukan komposisi gambar dengan lebih cepat.

Kepala tripod jenis ini memiliki ukuran lebih kecil, fleksibel dan tidak ada tuas seperti jenis 3 way head. Faktor-faktor tersebut membuatnya lebih ringan, mudah dibawa ke mana saja, dan cocok untuk fotografi outdoor. Namun, jika Anda sudah melepas kuncinya, baik pengaturan horizontal maupun vertikal juga lepas. Anda pun harus mengatur komposisinya kembali saat akan menggunakannya.

Gunakan “gear head” untuk komposisi gambar yang lebih bervariasi

Gunakan “gear head” untuk komposisi gambar yang lebih bervariasi

Jika dibandingkan dengan dua jenis kepala tripod sebelumnya, gear head termasuk yang jarang digunakan oleh kebanyakan orang. Hampir sama seperti 3 way head, Anda bisa mengatur arah vertikal dan horizontalnya secara terpisah. Bedanya tidak ada tuas yang mengatur, melainkan gear yang ada pada kepala tripod jenis ini.

Selain itu, Anda tetap bisa mengubah komposisinya setelah Anda mengunci posisi secara vertikal maupun horizontal. Dengan begitu, kepala tripod jenis ini cocok untuk mengambil gambar produk hingga objek bangunan. Walau begitu, mekanisme yang rumit membuatnya lebih mahal dan lebih berat dibandingkan kepala tripod jenis lain.

Pilih jenis material kaki tripod sesuai budget dan penggunaannya

Pilih jenis material kaki tripod sesuai budget dan penggunaannya

Ada berbagai jenis material yang digunakan pada kaki tripod. Namun, kaki tripod yang baik biasanya terbuat dari bahan alumunium dan karbon.

Kaki tripod yang terbuat dari bahan alumunium memiliki harga murah. Tapi, bahan alumunium masih lebih berat bila dibandingkan dengan karbon. Hal ini mampu menyulitkan Anda yang ingin membawanya saat hiking atau perjalanan jauh.

Untuk kaki tripod dengan bahan karbon biasanya mempunyai beban yang lebih ringan dan tahan lama. Karbon juga punya daya tahan tinggi terhadap panas. Inilah yang membuatnya lebih awet. Tapi, ada kualitas, ada harga. Harga kaki tripod berbahan karbon biasanya jauh lebih mahal daripada bahan lain.

Maka dari itu, pilihlah material tripod yang sesuai dengan kegunaan yang Anda butuhkan dan anggaran yang Anda miliki!

Pilih tinggi kaki yang sesuai dengan objek fotografi

Pilih tinggi kaki yang sesuai dengan objek fotografi

Tinggi kaki tripod bisa diatur sesuai kebutuhan pengambilan gambar. Hal ini tentunya tetap dipengaruhi oleh tinggi maksimal (maximum height) dan tinggi minimal (minimum height) dari tripod itu sendiri.

Pada acara-acara tertentu seperti event olahraga atau pernikahan, akan cukup sulit apabila tinggi tripod tidak sejajar dengan mata. Apabila tinggi maksimal dari tripod yang Anda gunakan lebih rendah dari tinggi Anda, akan sangat tidak nyaman saat Anda terpaksa membungkuk untuk mengambil gambar.

Hal ini juga berlaku saat Anda harus mengambil gambar sebuah objek yang sangat rendah seperti bunga atau tanaman yang tingginya hampir sejajar dengan tanah. Akan sangat menyulitkan apabila tinggi minimal dari tripod yang Anda gunakan ternyata terlalu tinggi dari dari permukaan tanah. Itulah mengapa Anda perlu memilih tripod sesuai dengan tinggi dari objek yang akan Anda foto.

Ada beberapa tipe tripod yang bagian kakinya bisa/tidak bisa dimodifikasi. Modifikasi pada kaki tripod adalah dengan melebarkan ruas kakinya. Sehingga apabila dirasa masih terlalu tinggi, bagian kakinya masih bisa diturunkan. Apabila anggaran Anda mencukupi, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli tripod dengan bagian kaki yang bisa dimodifikasi. Tripod ini membantu Anda mengambil berbagai objek gambar yang lebih bervariasi.

Tuas pengunci jenis lever lock

Tuas pengunci jenis lever lock

Ada beberapa perbedaan dalam pengaturan posisi kaki tripod. Tuas pengunci yang biasa digunakan adalah tipe nut lock dan lever lock.

Pada tipe nut lock, Anda perlu memutar dan menguncinya. Tipe ini berbentuk lingkaran dan tidak menonjol, sehingga mudah untuk dibawa. Namun karena harus diputar dan dikunci, tidak bisa dipastikan secara kasat mata apakah tuas tipe ini benar-benar mengunci kaki tripod dengan baik/tidak.

Sedangkan untuk tipe lever lock, Anda hanya perlu melipatnya dan kaki tripod dipastikan sudah terkunci dengan memiringkan tuasnya. Anda juga dapat dengan mudah memeriksanya saat mengatur posisi tripod. Namun karena bentuknya yang menonjol, lebih repot untuk dibawa bila dibandingkan dengan jenis kunci mur.

Apabila kaki tripod tidak terkunci secara baik, tripod bisa ambruk dan mengakibatkan rusaknya kamera. Agar lebih aman sebaiknya Anda memilih jenis kunci tuas yang mudah dicek langsung secara visual.

Pilih jenis kaki tripod dari proses melipatnya

Pilih jenis kaki tripod dari proses melipatnya

Dalam memilih kaki tripod, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda lebih memerlukan tripod yang dapat dibawa dengan mudah atau tripod yang stabil saat digunakan? Anda bisa melihatnya dari tahapan proses melipatnya.

Apabila Anda lebih memerlukan tripod yang mudah dibawa, pilih tripod yang perlu 4 langkah dalam melipatnya. Walau lebih mudah dibawa, namun semakin banyak tahap melipatnya, semakin tipis bagian bawah kaki tripod tersebut. Ini membuatnya tidak lebih stabil dibanding tripod yang dilipat kurang dari 4 langkah.

Jika Anda memerlukan tripod untuk dibawa saat mendaki gunung, sebaiknya pilih tripod yang dilipat hingga 4 langkah. Bila tidak terlalu memikirkan kemudahan dalam membawanya, pilih yang tahap melipatnya hanya 3 langkah.

10 Rekomendasi tripod terbaik

Berikut beberapa tripod yang kami rekomendasikan. Pilihlah berdasarkan kelengkapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

10. Weifeng Tripod Stainless 3110

10. Weifeng Tripod Stainless 3110

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.000

Sangat terjangkau untuk para fotografer pemula!

Masih baru di dunia fotografi? Tripod dari Weifeng ini akan sangat membantu Anda. Harganya sangat terjangkau dan cocok untuk Anda yang tergolong pemula. Tripod ini membantu para pemula untuk mempelajari setting dan fotografi menggunakan tripod sebagai percobaan awal, tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak dana.

Weifeng Tripod Stainless 3110 mampu menahan beban hingga 7 kg. Rangkanya terbuat dari material alumunium yang berkualitas. Dengan tinggi maksimal 80 cm, sehingga membutuhkan objek lain untuk menyangganya jika Anda tidak ingin terlalu membungkuk saat mengambil gambar. Anda hanya perlu meletakkannya di atas meja agar sejajar dengan objek yang dibidik dan mengatur tingginya lebih mudah.

9. Fotopro Tripod Flexible

9. Fotopro Tripod Flexible

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.090

Fleksibel dan bisa digantung di tempat-tempat yang “tidak biasa”

Jika pada umumnya tripod diletakkan dengan posisi berdiri, Fotopro Tripod Flexible mengubah prespektif tersebut. Tripod ini tidak hanya mampu diposisikan berdiri tegak, namun bisa juga digantung di tempat-tempat yang tidak biasa. Kaki tripodnya yang fleksibel memungkinkan tripod ini digantung di tiang, pagar, atau bahkan pohon.

Selain fleksibel, tripod ini juga membantu Anda mengambil gambar dari angle yang berbeda. Dengan tinggi maksimal 27 cm, tripod dari Fotopro ini cocok untuk mengambil gambar macro melalui kamera ponsel Anda karena bentuk kakinya yang dapat diatur untuk memotret objek dekat. Berat kurang dari 1 kg membuatnya ringan untuk dibawa bepergian.

8. Takara Tripod Lightweight Eco-193A

8. Takara Lightweight Tripod Eco-193A

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 170.000

Tripod yang kecil ukurannya, namun kokoh penompangnya

Sekilas, ukuran tripod dari Takara ini terlihat kecil dan ramping. Walau ramping, tripod ini dapat menompang beban kamera hingga 3 kg. Anda bisa menggunakannya untuk mengambil gambar dengan kamera DSLR hingga kamera berlensa tele yang cukup besar.

Material rangka kaki tripod ini terbuat dari alumunium karbon dengan tinggi maksimal 150 cm dan tinggi minimal 55 cm. Untuk bidikan objek jarak jauh, Anda hanya perlu sedikit membungkuk agar hasil gambar tertangkap dengan baik. Tripod ini termasuk travel friendly untuk disimpan di koper atau travel bag.

7. YUNTENG Tripod VCT-1688

7. YUNTENG Tripod VCT-1688

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 264.000

Selfie dengan smartphone hingga fotografi profesional dengan DSLR

Tripod untuk selfie? Anda tidak salah baca, kok. Selain untuk kebutuhan fotografi profesional, tripod VCT-1688 dari Yunteng ini dapat digunakan sebagai selfie stick dengan cara mengatupkan ruas kakinya. Terdapat pula remote shutter yang kompatibel untuk selfie menggunakan smartphone dengan iOS atau Android versi 4.3 ke atas.

Tripod dengan tinggi maksimal 130 cm ini dapat dilipat hingga berukuran 32 cm. Kapasitas beban sebesar 5 kg mampu ditopangnya. Material berupa alumunium yang ringan namun tetap kokoh. Ringannya beban tripod dan penggunaan yang bervariasi membuat Anda yang gemar travelling tak ingin meninggalkannya begitu saja saat bepergian.

6. Bexin Tripod Ultra Mini PRO-MS08

6. Bexin Tripod Ultra Mini PRO-MS08

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Kapasitas maxi pada tripod berukuran mini

Seperti namanya, tripod dari Bexin ini benar-benar berukuran mini. Dalam keadaan terlipat, tripod ini hanya berukuran 18 cm. Sangat mini, bukan? Tripod ini cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai food blogger. Anda dapat membawanya dengan totebag saat jalan-jalan atau wisata kuliner.

Tripod ini mempunyai kapasitas beban hingga 8 kg. Kaki tripod ini dapat dilebarkan untuk memudahkan Anda dalam pengambilan gambar dengan low angle atau pun micro shooting. Kepala tripod berjenis ball head membuat pengambilan gambar yang bergerak menjadi lebih halus dan minim blurry.

5. Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base

5. Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 840.000

Mengurangi rasa lelah walau harus merekam video selama berjam-jam

Permasalahan yang biasa terjadi saat harus merekam video selama berjam-jam lamanya adalah rasa lelah yang berlebih. Tripod yang juga mampu berfungsi sebagai monopod dari alumunium alloy ini mampu menguranginyanya. Dengan tinggi maksimal hingga 166 cm, Anda tidak perlu terlalu membungkuk saat sedang merekam atau mengambil foto.

Anda bisa menambahkan piranti quick release untuk mengganti posisi kamera dengan lebih cepat. Kapasitas beban sebanyak 5 kg membuat Anda leluasa untuk menggunakan kamera jenis apapun. Para fotografer pernikahan layak memilikinya karena tripod ini mampu menjaga stabilitas pengambilan gambar, baik video maupun foto.

4. Manfrotto Tripod Compact Light

4. Manfrotto Tripod Compact Light

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 787.900

Mudah dibawa ke mana saja, termasuk saat mendaki gunung

Anda suka memotret panorama saat mendaki gunung? Produk ini cocok untuk Anda. Tripod yang mampu menopang berat kamera hingga 1,5 kg ini memiliki berat tidak lebih dari 1 kg. Material alumunium membuat tripod ini sangat ringan saat dibawa bepergian. Tripod ini memang ditujukan untuk Anda yang gemar melakukan perjalanan jauh tanpa harus memikirkan bawaan yang terlalu berat.

Kepala tripod dari Manfrotto Tripod Compact Light ini berjenis ball head. Ada 4 tingkatan kaki tripod yang bisa disesuaikan dengan objek yang akan diambil. Selain itu, tripod ini memiliki sistem flip lock yang memudahkan Anda memastikan apakah kaki tripod sudah terkunci dengan baik.

3. Velbon Tripod CX – 888

3. Velbon Tripod CX - 888

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Hasil foto dan video menjadi lebih baik dengan tripod yang kokoh dan stabil

Sering mendapatkan hasil video atau foto yang blurry? Mungkin Anda masih belum menguasai teknik pengambilan gambar yang tepat. Namun, bisa juga karena tripod yang Anda gunakan sering “mengguncang” kamera, sehingga hasil foto maupun video tidak seperti yang Anda harapkan.

Tripod dari Velbon mampu mengurangi guncangan yang sering terjadi saat mengambil gambar. Tripod ini terbuat dari material alumunium yang ringan, tapi juga kokoh dan stabil. Berat kamera yang mampu ditopang tripod ini sebesar 2 kg. Sangat cocok untuk kamera DSLR, mirrorless, maupun camcorder milik Anda.

2. Manfrotto Tripod Compact Advanced

2. Manfrotto Tripod Compact Advanced

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Tuasnya dapat dilipat untuk menghemat tempat

Berbeda dengan tipe Compact Light, Manfrotto Tripod Compact Advanced mampu menopang beban kamera hingga 2x lipatnya. Beban tripod sebesar 1,4 kg ini mampu menopang kamera hingga 3 kg. Rangka dengan material alumunium membuatnya mudah dibawa ke mana saja.

Tripod ini menggunakan jenis 3 way head dengan 2 tuas handle pada bagian kepalanya. Tuasnya dapat dilipat saat sedang tidak digunakan, sehingga menghemat space saat disimpan. Kaki tripodnya terdiri atas 5 tingkatan yang dapat dikunci dengan sistem flip lock. Untuk Anda para travel blogger/vlogger, tripod ini layak Anda miliki karena kemudahan setting dan portability-nya.

1. Andoer Tripod A-618

1. Andoer Tripod A-618

Lihat produk ini di Lazada

Harga : RP 3.687.000

Tripod para fotografer profesional!

Selain material alumunium yang ringan, tripod ini mampu menopang beban kamera hingga 20 kg. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu capek membungkuk karena tripod ini mempunya tinggi maksimal hingga 180 cm. Itulah sebabnya tripod ini layak dimiliki para fotografer jurnalistik/olahraga.

Selain kapasitas beban dan tinggi maksimal yang lebih dari yang lain, tripod ini mampu digunakan untuk segala jenis fotografi. Anda bisa menggunakannya untuk mengambil gambar low angle, macro, hingga panorama. Tidak hanya berfungsi sebagai tripod, tapi bisa Anda gunakan juga sebagai monopod dengan melepas salah satu kakinya.

Kesimpulan

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, tripod menjadi salah satu piranti yang wajib Anda miliki. Maka, penting untuk memilih tripod terbaik yang mampu mendukung proses pengambilan gambar maupun video menjadi lebih baik.

Dengan tripod yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil foto maupun video yang maksimal. Posisi kamera menjadi lebih stabil dan mengurangi rasa lelah akibat menopang kamera terlalu lama dengan tangan Anda. Carilah tripod yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Apakah Anda sudah menemukan tripod terbaik yang cocok untuk Anda?