• 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Hidup di era digital membuat banyak orang tertarik menekuni fotografi. Tidak hanya sebagai hobi, tapi juga bagian dari pekerjaan. Selain kamera, ada beberapa piranti lain yang perlu Anda miliki jika ingin serius terjun ke dunia fotografi. Salah satunya adalah tripod, yang biasa digunakan para fotografer agar kamera tetap stabil pada posisi tegak lurus. Tripod juga dapat membantu mengambil gambar dengan lebih santai dan mengurangi noise akibat guncangan tangan yang kelelahan.

Walaupun bentuknya terlihat sama, namun ada berbagai jenis tripod yang berbeda dari segi tinggi, material, kapasitas, kapabilitas, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan memberitahukan cara memilih tripod yang baik serta memberikan rekomendasi produk tripod terbaik dengan membandingkan performa, harga, dan spesifikasinya. Jadi, tripod seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda?
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.713 Views
Daftar isi

Cara memilih tripod

Apabila Anda ingin mendapatkan tripod yang terbaik, Anda harus memilih yang sesuai dengan kamera maupun piranti rekam yang Anda punya. Perhatikan beberapa tips berikut ini.

Kapasitas beban ditentukan berdasarkan berat peralatan dan pabrikannya

Kapasitas beban ditentukan berdasarkan berat peralatan dan pabrikannya
Tripod memiliki kapasitas beban yang sudah ditentukan batas maksimalnya. Sebaiknya Anda menghitung terlebih dahulu jenis kamera yang akan Anda gunakan serta piranti lainnya seperti lensa tambahan. Baru setelah itu Anda tentukan spesifikasi tripod untuk menunjang kegiatan Anda. Jika kapasitas beban tripod lebih kecil daripada beban yang ditanggungnya, maka kamera bisa jatuh atau tidak stabil.
Tripod bisa bertahan lama bila peletakan bebannya benar dan tidak melebihi kapasitas. Pemasangan kamera yang benar pada tripod penting untuk diperhatikan karena sangat mempengaruhi kenyamanan Anda saat menggunakannya. Selain itu kapasitas beban juga bisa ditentukan dari pabrikannya. Tripod buatan China berkualitas baik dengan harga murah, namun tidak sekuat tripod buatan negara lain, seperti Jepang.

Pilih kepala tripod berdasarkan lokasi pengambilan gambar

Selain kaki tripod, bagian lain yang tak kalah pentingnya adalah kepala tripod. Bagian ini adalah bagian yang membantu pengaturan arah dengan meletakkan kamera di atasnya. Berdasarkan lokasi pengambilan gambarnya, berikut 3 tipe kepala tripod yang dibutuhkan.

Kepala tripod berjenis “3 way head” saat Anda mengambil gambar landscape

Kepala tripod berjenis “3 way head” saat Anda mengambil gambar landscape
Kebanyakan kepala tripod yang sering digunakan para fotografer adalah jenis 3 way head. Kepala tripod jenis ini memiliki tuas yang mampu diatur secara vertikal maupun horizontal. Pengaturannya mudah disesuaikan dengan komposisi foto yang Anda inginkan, seperti untuk mengambil gambar landscape sebuah bangunan/objek-objek yang tidak bergerak.
Namun, arah vertikal dan horizontal pada kepala tripod jenis 3 way head diatur secara terpisah. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan salah satunya saja. Selain masalah pengaturan, ukuran dari kepala tripod ini juga agak besar, sehingga sedikit repot untuk dikemas.

Leluasa mengatur kamera dalam waktu singkat dengan kepala tripod jenis “ball head”

Leluasa mengatur kamera dalam waktu singkat dengan kepala tripod jenis “ball head”
Standar kepala tripod yang banyak digunakan di seluruh dunia adalah jenis ball head. Berbeda dengan jenis 3 way head, kepala tripod jenis ini dapat mengatur arah vertikal dan horizontal dalam satu gambar. Pengaturan tersebut memudahkan Anda menentukan komposisi gambar dengan lebih cepat.
Kepala tripod jenis ini memiliki ukuran lebih kecil, fleksibel dan tidak ada tuas seperti jenis 3 way head. Faktor-faktor tersebut membuatnya lebih ringan, mudah dibawa ke mana saja, dan cocok untuk fotografi outdoor. Namun, jika Anda sudah melepas kuncinya, baik pengaturan horizontal maupun vertikal juga lepas. Anda pun harus mengatur komposisinya kembali saat akan menggunakannya.

Gunakan “gear head” untuk komposisi gambar yang lebih bervariasi

Gunakan “gear head” untuk komposisi gambar yang lebih bervariasi
Jika dibandingkan dengan dua jenis kepala tripod sebelumnya, gear head termasuk yang jarang digunakan oleh kebanyakan orang. Hampir sama seperti 3 way head, Anda bisa mengatur arah vertikal dan horizontalnya secara terpisah. Bedanya tidak ada tuas yang mengatur, melainkan gear yang ada pada kepala tripod jenis ini.
Selain itu, Anda tetap bisa mengubah komposisinya setelah Anda mengunci posisi secara vertikal maupun horizontal. Dengan begitu, kepala tripod jenis ini cocok untuk mengambil gambar produk hingga objek bangunan. Walau begitu, mekanisme yang rumit membuatnya lebih mahal dan lebih berat dibandingkan kepala tripod jenis lain.

Pilih jenis material kaki tripod sesuai budget dan penggunaannya

Pilih jenis material kaki tripod sesuai budget dan penggunaannya
Ada berbagai jenis material yang digunakan pada kaki tripod. Namun, kaki tripod yang baik biasanya terbuat dari bahan alumunium dan karbon.
Kaki tripod yang terbuat dari bahan alumunium memiliki harga murah. Tapi, bahan alumunium masih lebih berat bila dibandingkan dengan karbon. Hal ini mampu menyulitkan Anda yang ingin membawanya saat hiking atau perjalanan jauh.
Untuk kaki tripod dengan bahan karbon biasanya mempunyai beban yang lebih ringan dan tahan lama. Karbon juga punya daya tahan tinggi terhadap panas. Inilah yang membuatnya lebih awet. Tapi, ada kualitas, ada harga. Harga kaki tripod berbahan karbon biasanya jauh lebih mahal daripada bahan lain.
Maka dari itu, pilihlah material tripod yang sesuai dengan kegunaan yang Anda butuhkan dan anggaran yang Anda miliki!

Pilih tinggi kaki yang sesuai dengan objek fotografi

Pilih tinggi kaki yang sesuai dengan objek fotografi
Tinggi kaki tripod bisa diatur sesuai kebutuhan pengambilan gambar. Hal ini tentunya tetap dipengaruhi oleh tinggi maksimal (maximum height) dan tinggi minimal (minimum height) dari tripod itu sendiri.
Pada acara-acara tertentu seperti event olahraga atau pernikahan, akan cukup sulit apabila tinggi tripod tidak sejajar dengan mata. Apabila tinggi maksimal dari tripod yang Anda gunakan lebih rendah dari tinggi Anda, akan sangat tidak nyaman saat Anda terpaksa membungkuk untuk mengambil gambar.
Hal ini juga berlaku saat Anda harus mengambil gambar sebuah objek yang sangat rendah seperti bunga atau tanaman yang tingginya hampir sejajar dengan tanah. Akan sangat menyulitkan apabila tinggi minimal dari tripod yang Anda gunakan ternyata terlalu tinggi dari dari permukaan tanah. Itulah mengapa Anda perlu memilih tripod sesuai dengan tinggi dari objek yang akan Anda foto.
Ada beberapa tipe tripod yang bagian kakinya bisa/tidak bisa dimodifikasi. Modifikasi pada kaki tripod adalah dengan melebarkan ruas kakinya. Sehingga apabila dirasa masih terlalu tinggi, bagian kakinya masih bisa diturunkan. Apabila anggaran Anda mencukupi, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli tripod dengan bagian kaki yang bisa dimodifikasi. Tripod ini membantu Anda mengambil berbagai objek gambar yang lebih bervariasi.

Tuas pengunci jenis lever lock

Tuas pengunci jenis lever lock
Ada beberapa perbedaan dalam pengaturan posisi kaki tripod. Tuas pengunci yang biasa digunakan adalah tipe nut lock dan lever lock.
Pada tipe nut lock, Anda perlu memutar dan menguncinya. Tipe ini berbentuk lingkaran dan tidak menonjol, sehingga mudah untuk dibawa. Namun karena harus diputar dan dikunci, tidak bisa dipastikan secara kasat mata apakah tuas tipe ini benar-benar mengunci kaki tripod dengan baik/tidak.
Sedangkan untuk tipe lever lock, Anda hanya perlu melipatnya dan kaki tripod dipastikan sudah terkunci dengan memiringkan tuasnya. Anda juga dapat dengan mudah memeriksanya saat mengatur posisi tripod. Namun karena bentuknya yang menonjol, lebih repot untuk dibawa bila dibandingkan dengan jenis kunci mur.
Apabila kaki tripod tidak terkunci secara baik, tripod bisa ambruk dan mengakibatkan rusaknya kamera. Agar lebih aman sebaiknya Anda memilih jenis kunci tuas yang mudah dicek langsung secara visual.

Pilih jenis kaki tripod dari proses melipatnya

Pilih jenis kaki tripod dari proses melipatnya
Dalam memilih kaki tripod, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda lebih memerlukan tripod yang dapat dibawa dengan mudah atau tripod yang stabil saat digunakan? Anda bisa melihatnya dari tahapan proses melipatnya.
Apabila Anda lebih memerlukan tripod yang mudah dibawa, pilih tripod yang perlu 4 langkah dalam melipatnya. Walau lebih mudah dibawa, namun semakin banyak tahap melipatnya, semakin tipis bagian bawah kaki tripod tersebut. Ini membuatnya tidak lebih stabil dibanding tripod yang dilipat kurang dari 4 langkah.
Jika Anda memerlukan tripod untuk dibawa saat mendaki gunung, sebaiknya pilih tripod yang dilipat hingga 4 langkah. Bila tidak terlalu memikirkan kemudahan dalam membawanya, pilih yang tahap melipatnya hanya 3 langkah.

10 Rekomendasi tripod terbaik

Berikut beberapa tripod yang kami rekomendasikan. Pilihlah berdasarkan kelengkapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

10. Weifeng Tripod Stainless 3110

Rp 69.000,00

9. Fotopro Tripod Flexible

Rp 119.090,00

8. Takara Tripod Lightweight Eco-193A

Rp 170.000,00

7. YUNTENG Tripod VCT-1688

Rp 264.000,00

6. Bexin Tripod Ultra Mini PRO-MS08

Rp 750.000,00

5. Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base

Rp 840.000,00

4. Manfrotto Tripod Compact Light

Rp 787.900,00

3. Velbon Tripod CX – 888

Rp 550.000,00

2. Manfrotto Tripod Compact Advanced

Rp 1.400.000,00

1. Andoer Tripod A-618

Rp 0,00

Kesimpulan

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, tripod menjadi salah satu piranti yang wajib Anda miliki. Maka, penting untuk memilih tripod terbaik yang mampu mendukung proses pengambilan gambar maupun video menjadi lebih baik.
Dengan tripod yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil foto maupun video yang maksimal. Posisi kamera menjadi lebih stabil dan mengurangi rasa lelah akibat menopang kamera terlalu lama dengan tangan Anda. Carilah tripod yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Apakah Anda sudah menemukan tripod terbaik yang cocok untuk Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    17.824 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    16.375 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    12.057 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara tentang game, baru-baru ini jumlah produsen game yang merilis game khusus untuk laptop telah meningkat pesat dibandingkan produsen yang merilis game untuk konsol rumahan. Namun, ukuran game yang terlalu besar menjadi kendala sehingga Anda diharuskan untuk memilih laptop yang memadai.Kali ini kami akan memperkenalkan laptop gaming terbaik. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan kini Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan cara memilih laptop yang tepat. Mulai dari segi grafis, memori, kenyamanan saat pemakaian, dan tentu saja harganya. Untuk Anda yang juga sedang berpikir untuk mengganti laptop, selamat membaca artikel dari kami!
    Komputer & kamera
    8.506 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    8.303 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    11.633 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)
    Teropong binocular biasa digunakan pada berbagai kegiatan, seperti menonton konser atau pertandingan olahraga, serta pengamatan burung dan astronomi. Mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam memilih teropong yang sesuai dengan kegunaannya karena banyaknya tipe yang beredar di pasaran, baik dari segi bentuk, lensa maupun harga.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan petunjuk cara memilih teropong binocular yang tepat. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dan bisa dibeli secara online agar Anda dapat menikmati objek lebih jelas dan detail.
    Komputer & kamera
    314 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori