• 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tripod merupakan alat yang berfungsi untuk menyangga dan mengatur posisi kamera. Tripod juga dapat membantu Anda memotret dengan komposisi yang lebih stabil. Walaupun bentuknya terlihat sama, terdapat perbedaan dari segi tinggi kaki, material, kapasitas, pan head, dan lainnya. Pemilihan tripod juga tergantung pada tipe kamera, baik DSLR, mirrorless, maupun kamera video.


Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih tripod serta memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Produk dari BEIKE, Attanta, dan Manfrotto bisa menjadi pilihan untuk Anda. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ardian Kusuma
Benazio Rizki Putra (Benakribo)
Putra Agung Agustinus
  • Pembaharuan terakhir: 30 Agustus 2020
  • 43.386 Views
Daftar isi

Cara memilih tripod

Sebelum membeli tripod, Anda perlu menyesuaikannya dengan tipe kamera dan lokasi pengambilan gambar. Selain itu, masih ada beberapa tips yang akan kami jabarkan berikut ini supaya Anda tak salah pilih.

Pilih ukuran berdasarkan kamera yang digunakan

Pilih ukuran berdasarkan kamera yang digunakan

Tripod terbagi menjadi tiga ukuran, yaitu small, medium, dan large. Ukuran small ditujukan untuk kamera berukuran kecil, misalnya mirrorless. Untuk tripod ukuran medium, Anda dapat memasangkannya dengan kamera DSLR. Lalu, untuk kamera berbobot berat seperti DSLR full frame dengan lensa telephoto, gunakanlah tripod berukuran large.


Jika Anda menggunakan smartphone maupun kamera digital, Anda dapat memilih tripod mini yang compact. Karena tripod memiliki kapasitas beban yang berbeda-beda, pastikan untuk memilih berdasarkan peranti rekam yang Anda gunakan.

Pilih tripod dengan kapasitas beban dua kali lipat dari berat kamera

Pilih tripod dengan kapasitas beban dua kali lipat dari berat kamera

Kapasitas beban pan head dan bagian kaki pada tripod sudah ditentukan batas maksimalnya. Cobalah untuk mengukur berat kamera, termasuk lensa yang digunakan. Dengan demikian, Anda dapat menentukan tipe tripod yang sesuai dengan kebutuhan.


Pada beberapa produk, kapasitas pan head bisa saja lebih rendah dari beban yang dapat ditopang oleh kaki tripod. Anda pun harus mempertimbangkan kenyamanan saat mengambil gambar karena lokasi pengambilan gambar juga berpengaruh terhadap tripod yang dipasang. Karena itu, penting untuk memilih tripod yang dapat menahan beban dua kali lipat dari berat peranti rekam Anda.

Pilih tipe pan head berdasarkan lokasi pengambilan gambar

Pan head adalah kepala tripod untuk penyesuaian arah dan kemiringan kamera. Pemilihan pan head juga harus disesuaikan dengan lokasi pengambilan gambar. Pilihlah produk yang pas untuk masing-masing penggunaan, ya!

Tipe 3 way head untuk mengambil gambar landscape

Tipe 3 way head untuk mengambil gambar landscape
Kepala tripod tipe 3 way head direkomendasikan untuk Anda yang mendalami fotografi landscape, objek tak bergerak, dan super telephoto. Kepala tripod yang juga disebut sebagai pan and tilt head ini memiliki tuas yang mampu diatur secara vertikal dan horizontal. Fungsi tersebut juga mendukung untuk mendapatkan komposisi yang bagus pada pengaturan kamera.

Namun, arah vertikal dan horizontal pada kepala tripod tipe ini diatur secara terpisah. Untuk pemotretan benda bergerak seperti pertandingan olahraga dan binatang liar, sebaiknya tidak menggunakan kepala tripod ini. Ukuran kepalanya juga agak besar sehingga sedikit repot untuk dikemas.

Tipe ball head untuk mengatur kamera dalam waktu singkat

Tipe ball head untuk mengatur kamera dalam waktu singkat

Jika ingin lebih mudah dan cepat dalam memotret, gunakanlah kepala tripod yang paling standar ini. Dengan tuas berbentuk bulat, Anda dapat mengatur arah dan sudut dalam satu pengaturan. Jangan lupa untuk mengunci tuas pada sudut yang telah Anda tentukan untuk mendapatkan komposisi yang tepat.


Namun, jika kuncinya sudah dilepas, Anda harus mengatur ulang setelan untuk mendapatkan komposisi yang diinginkan. Tidak seperti tuas 3 way head yang berat, tipe ball head lebih kecil dan ringan. Ideal untuk fotografi outdoor karena mudah dibawa ke mana saja.

Tipe gear head untuk komposisi yang lebih akurat

Tipe gear head untuk komposisi yang lebih akurat

Bagi Anda yang kerap memotret benda tak bergerak atau objek mati, sebaiknya gunakan kepala tripod gear head. Hampir sama seperti 3 way head, Anda bisa mengatur arah vertikal dan horizontal secara terpisah. Bedanya, pengaturannya bukan dilakukan dengan tuas, melainkan gear. Keunggulan dari tipe ini ialah Anda dapat mengubah komposisi gambar sedikit demi sedikit dan tidak mudah goyang.


Mekanisme yang rumit membuatnya lebih berat dan mahal dibandingkan kepala tripod tipe lain. Namun, Anda dapat memotret bangunan dan produk komersial dengan komposisi yang lebih mantap.

Fluid head untuk keperluan videografi

Fluid head untuk keperluan videografi

Apabila Anda hendak merekam video dengan pergerakan kamera yang halus, pilihlah fluid head atau kepala tripod fluida. Fluid head yang berisi cairan fluida ini dapat digunakan untuk merekam pertandingan olahraga dan pergerakan burung liar. Cairan fluida yang terdapat pada kepala tripod berfungsi menjaga bagian kepala berotasi dengan mulus.


Ketika menggunakan tripod standar, biasanya posisi kamera akan merunduk saat Anda melepas kunci. Untuk mengontrol pergerakan yang tidak diinginkan, fluid head dapat mengatasinya. Dengan demikian, Anda dapat mengoperasikan kamera dan lensa yang berat dengan mudah saat mengambil video.

Pilih dudukan kamera yang mudah dipasang

Poin selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan kamera dapat terpasang dengan mudah pada tripod. Untuk mengetahui tipe dudukan kamera berdasarkan cara pemasangan, berikut ini penjelasannya!

Tipe direct mount yang berstabilitas tinggi dengan harga terjangkau

Tipe direct mount yang berstabilitas tinggi dengan harga terjangkau

Kami merekomendasikan dudukan kamera tipe direct mount untuk Anda yang menggunakan peranti rekam berat seperti lensa telephoto. Cara memakainya pun mudah, Anda cukup memasangkan kamera langsung pada baut yang terdapat di dudukan. Dudukan kamera tipe ini cukup lebar sehingga terasa lebih stabil. Peranti rekam Anda yang berat pun tidak akan mudah tergores akibat bersentuhan dengan bagian tripod.


Saat menggunakan produk ini, pemasangan dan pelepasan kamera pada tripod memang memakan waktu lama. Meski demikian, tripod dengan dudukan tipe direct mount memiliki harga yang terjangkau sehingga mudah didapat.

Tipe quick shoe yang memiliki setelan ringkas

Tipe quick shoe yang memiliki setelan ringkas

Untuk pemasangan yang mudah dan cepat, Anda dapat memilih tripod dengan dudukan tipe quick shoe. Dudukan tipe ini memiliki plate yang terpisah untuk dipasangkan pada kamera. Jadi, Anda dapat memasang kamera pada tripod kapan pun saat dibutuhkan.


Karena persiapan pengambilan gambar dapat dilakukan dengan lebih cepat, Anda dapat memotret dengan timing yang tepat. Namun, berhati-hatilah saat memasangkannya dengan peranti rekam yang berbobot berat. Dudukannya berpotensi longgar dan membuat tripod kehilangan keseimbangan. Untuk itu, periksalah kapasitas beban tripod sebelum membeli.

Cek ketersediaan bubble level untuk hasil potret horizontal yang presisi

Cek ketersediaan bubble level untuk hasil potret horizontal yang presisi

Anda tentu ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, bukan? Karena itu, pastikan untuk memilih tripod yang dilengkapi dengan bubble level. Fitur tersebut berfungsi untuk memeriksa posisi horizontal. Adanya bubble level akan mengurangi kemungkinan terjadinya blur. Anda dapat memotret dengan posisi horizontal yang presisi atau rata sehingga dapat mengambil foto landscape secara optimal.

Perhatikan juga material, tinggi, dan fungsi kaki tripod

Untuk bagian kaki tripod, Anda perlu memilih produk dengan material, tinggi, dan fungsi lock yang sesuai dengan pemakaian. Anda dapat membandingkannya melalui poin-poin berikut ini.

Pilih material kaki tripod sesuai budget dan kebutuhan

Pilih material kaki tripod sesuai budget dan kebutuhan

Ada berbagai jenis material yang digunakan pada kaki tripod. Namun, kaki tripod yang baik biasanya terbuat dari bahan aluminium atau karbon. 


Keunggulan dari material aluminium ialah harganya yang murah. Ideal untuk Anda yang ingin menggunakan tripod dengan mudah dan hanya memakainya untuk acara tertentu. Misalnya saja pertandingan olahraga, presentasi, dan liburan keluarga. Namun, material aluminium lebih berat daripada karbon sehingga akan menyulitkan ketika dibawa mendaki.


Di sisi lain, kaki tripod dari karbon mempunyai bobot yang lebih ringan dan tahan lama. Meskipun relatif lebih mahal, bahan karbon memiliki daya tahan tinggi terhadap panas sehingga awet digunakan. Jika Anda berencana memakainya dalam waktu yang lama dan sering, kami merekomendasikan tripod berbahan karbon.

Pilih tinggi kaki yang sesuai dengan objek fotografi

Pilih tinggi kaki yang sesuai dengan objek fotografi

Terdapat dua kategori pengaturan tinggi kaki pada tripod, yaitu tinggi maksimal (maximum height) dan tinggi minimal (minimum height). Jika Anda memotret dalam posisi berdiri, pilihlah produk dengan tinggi maksimal yang sejajar dengan mata Anda. Anda akan membutuhkannya saat memotret event olahraga dan acara pernikahan.


Lain halnya ketika Anda ingin mengambil gambar dengan objek yang posisinya sangat rendah seperti bunga atau serangga. Jika tinggi kaki tripod tidak dekat dengan permukaan tanah, Anda akan kesulitan memotretnya. Karena kedua alasan inilah Anda perlu memilih tripod dengan tinggi kaki yang sesuai dengan objek fotografi.

Pilih metode penguncian kaki tripod sesuai portabilitas dan pengoperasiannya

Pilih metode penguncian kaki tripod sesuai portabilitas dan pengoperasiannya

Ada dua metode penguncian untuk mengatur tinggi kaki tripod, yakni twist lock dan flip lock (lever lock). Tipe twist lock dapat dibawa dengan mudah, sedangkan flip lock unggul dalam pengoperasian.


Pengaturan twist lock ialah dengan cara diputar dan tidak ada tonjolan tambahan pada kuncinya. Anda harus memegangnya untuk memastikan bahwa kaki tripod telah terkunci dengan baik. Tipe ini dapat diringkas menjadi lebih ramping.


Untuk tipe flip lock, Anda hanya perlu mengunci kaki dengan tuas yang telah tersedia tanpa perlu memutar-mutarnya. Waktu yang diperlukan untuk memanjangkan dan memendekkan tripod juga lebih cepat dan mudah. Namun, bentuknya lebih menonjol sehingga lebih repot dibawa.

Pilih ketebalan kaki tripod sesuai kamera dan lensa yang digunakan

Pilih ketebalan kaki tripod sesuai kamera dan lensa yang digunakan

Ketebalan atau diameter kaki tripod juga termasuk penting untuk dipertimbangkan guna mencegah terjadinya penumpukan. Kaki tripod yang tebal memang lebih stabil, tetapi lebih berat dibawa dan cenderung lebih tinggi. Maka, sebaiknya Anda memilih produk sesuai lokasi pengambilan gambar dan peranti rekam yang digunakan.


Jika Anda pengguna kamera mirrorless dan DSLR, kaki tripod dengan diameter 20—25 mm sudah mencukupi kebutuhan. Namun, jika Anda menggunakan kamera DSLR tipe mid range atau lensa telephoto, gunakan produk berdiameter 25—30 mm. Bagi pengguna kamera DSLR tipe advanced dan lensa telephoto superlarge, pilih produk berdiameter 30 mm atau lebih.

Sesuaikan jumlah section dengan kebutuhan

Sesuaikan jumlah section dengan kebutuhan

Terdapat beberapa jumlah section pada kaki tripod, mulai dari 2 hingga 8 section. Namun, yang paling banyak tersedia ialah kaki tripod dengan 3 dan 4 section. Makin banyak jumlah section-nya, makin ringkas pula produk tersebut. Jadi, jika Anda menginginkan produk portabel untuk mendaki gunung, pilihannya adalah tripod dengan 4 section.


Perlu diketahui bahwa jika sebuah tripod makin mudah dibawa, berarti bagian bawah kakinya juga makin tipis. Hal tersebut tentu berpengaruh pada keseimbangannya. Jika Anda mampu membawa produk yang cukup berat, sebaiknya pilih tripod dengan 3 section yang dapat terpasang lebih kokoh.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi tripod terbaik

Berikut beberapa tripod yang kami rekomendasikan. Pilihlah berdasarkan kelengkapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

10
Beban maksimal0,22 kg
Tipe pan headTidak disebutkan
Material Aluminium
Tinggi minimal31,5 cm
Tinggi maksimal134 cm
Metode penguncian kakiTwist lock
Jumlah section5
9
Beban maksimal2,5 kg
Tipe pan head3 way head
Material Aluminium
Tinggi minimal35 cm
Tinggi maksimal106 cm
Metode penguncian kakiFlip lock
Jumlah section3
8
Beban maksimal8 kg
Tipe pan headBall head
Material Aluminium
Tinggi minimal43 cm
Tinggi maksimal159 cm
Metode penguncian kakiTwist lock
Jumlah section4
7

ManfrottoCompact Light Aluminium Tripod with Ball Head

MKCOMPACTLT-BK

Rp 790.000,00

Beban maksimal1,5 kg
Tipe pan headBall head
Material Aluminium, technopolymer
Tinggi minimal39 cm
Tinggi maksimal103 cm
Metode penguncian kakiFlip clock
Jumlah section4
6
Beban maksimal8 kg
Tipe pan headBall head
Material Aluminium
Tinggi minimal43 cm
Tinggi maksimal156 cm
Metode penguncian kakiTwist lock
Jumlah section4
5
Beban maksimal10 kg
Tipe pan headFluid head
Material Aluminium
Tinggi minimal71 cm
Tinggi maksimal154 cm
Metode penguncian kakiFlip lock
Jumlah section3
4
Beban maksimal4 kg
Tipe pan headBall head
Material Aluminium
Tinggi minimal28,4 cm
Tinggi maksimal151,1 cm
Metode penguncian kakiHyperlock
Jumlah section5
3
Beban maksimal8 kg
Tipe pan headBall head
Material Carbon fiber
Tinggi minimal43,2 cm
Tinggi maksimal157,5 cm
Metode penguncian kakiTwist lock
Jumlah section4
2
Beban maksimal20 kg
Tipe pan headFluid head
Material Aluminium
Tinggi minimal61 cm
Tinggi maksimal180 cm
Metode penguncian kakiTwist lock
Jumlah section4
1

Manfrotto190 Aluminium 4-Section Tripod with Head

MK190XPRO4-3W

Rp 4.434.000,00

Beban maksimal6 kg
Tipe pan head3 way head
Material Aluminium
Tinggi minimal8 cm
Tinggi maksimal173 cm
Metode penguncian kakiFlip clock
Jumlah section4

Tabel perbandingan produk tripod terbaik

Gambar produk
1
Manfrotto 190 Aluminium 4-Section Tripod with Head 1

Manfrotto

2
Andoer Tripod Kamera Multifungsi 1

Andoer

3
Fotopro X-Go Plus 1

Fotopro

4
MeFOTO BackPacker Air 1

MeFOTO

5
Attanta Video Tripod 1

Attanta

6
BEIKE Tripod 1

BEIKE

7
Manfrotto Compact Light Aluminium Tripod with Ball Head 1

Manfrotto

8
BEIKE Tripod + Monopod 1

BEIKE

9
Takara  Tripod  1

Takara

10
Yunteng Tripod  1

Yunteng

Nama produk

190 Aluminium 4-Section Tripod with Head

Tripod Kamera Multifungsi

X-Go Plus

BackPacker Air

Video Tripod

Tripod

Compact Light Aluminium Tripod with Ball Head

Tripod + Monopod

Tripod

Tripod

Keunggulan

Kokoh dan stabil untuk fotografer landscape

Jangan ngaku fotografer profesional kalau belum pakai produk ini!

Produknya awet dan ringan dibawa

Tersedia banyak pilihan warna yang lebih mencolok di tengah keramaian

Tripod untuk videografer profesional

Dapat diputar hingga 360° secara horizontal

Ringan dan mudah dibawa ke mana saja

Mau tripod atau monopod? Bisa!

Sangat terjangkau untuk para fotografer pemula!

Dilengkapi bluetooth, selfie pun makin mudah

HargaRp 4.434.000,00Rp 3.096.100,00Rp 2.090.000,00Rp 1.090.000,00Rp 2.239.000,00Rp 975.000,00Rp 790.000,00Rp 790.000,00Rp 110.000,00Rp 90.000,00
Beban maksimal6 kg20 kg8 kg4 kg10 kg8 kg1,5 kg8 kg2,5 kg0,22 kg
Tipe pan head3 way headFluid headBall headBall headFluid headBall headBall headBall head3 way headTidak disebutkan
Material AluminiumAluminiumCarbon fiberAluminiumAluminiumAluminiumAluminium, technopolymerAluminiumAluminiumAluminium
Tinggi minimal8 cm61 cm 43,2 cm28,4 cm71 cm43 cm39 cm43 cm35 cm31,5 cm
Tinggi maksimal173 cm180 cm157,5 cm151,1 cm154 cm156 cm103 cm159 cm106 cm134 cm
Metode penguncian kakiFlip clockTwist lockTwist lockHyperlockFlip lockTwist lockFlip clockTwist lockFlip lockTwist lock
Jumlah section4445344435
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat penyangga kamera lainnya di sini

Selain tripod yang telah kami bahas, terdapat pula penyangga kamera lain yang perlu diketahui, sebut saja tripod mini dan monopod. Kedua alat bantu ini lebih ringkas dan dapat menjadi teman traveling yang sempurna. Bahkan, Anda dapat menggunakannya meskipun hanya berbekal smartphone. Baca rekomendasinya dengan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan tripod yang tepat? Jika menggunakan tripod sesuai objek foto, Anda akan mendapatkan komposisi sempurna. Memotret pun akan menjadi lebih menyenangkan karena memperoleh hasil yang memuaskan.


Dengan tripod, Anda juga bisa merasakan banyak manfaat. Posisi kamera menjadi lebih stabil dan mengurangi rasa lelah akibat menopang kamera terlalu lama dengan tangan Anda. Selain itu, carilah tripod yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop telah menjadi perlengkapan yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sekolah, bekerja, hingga hiburan. Ada banyak jenis laptop dengan spesifikasi yang beragam. Maka dari itu, penting untuk memilih laptop dengan spek yang tinggi. Dengan demikian, aktivitas Anda menggunakan laptop tidak terganggu.Laptop dengan spesifikasi tinggi tidak selalu memiliki harga yang mahal. Kali ini, kami akan mengulas laptop dengan harga 4 jutaan yang memiliki spek terbaik. Setelah itu, ada juga rekomendasi produk yang bisa jadi referensi Anda seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    195.775 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    120.928 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    140.524 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    117.379 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    94.089 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para gamer, laptop gaming sudah menjadi perangkat yang tak terpisahkan. Dengan laptop gaming, Anda dapat memainkan game favorit Anda di rumah atau di mana saja. Laptop gaming mempunyai kemampuan grafis yang tinggi sehingga disukai di antara para gamer dan video editor. Saat ini, banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lain-lain yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih laptop gaming dan merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilihlah laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, kemudian nikmatilah permainan Anda!
    Komputer & kamera
    84.179 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Komputer & kamera
    1.482 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori