• 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)

Tripod yang kokoh dan ringan kerap menjadi incaran fotografer. Tripod memiliki varian harga yang luas, mulai dari 100 ribuan hingga 1 jutaan. Ada banyak sekali berbagai jenis tripod, seperti untuk kamera DSLR, mirrorless, atau HP. Anda juga bisa memilih tripod besar atau tripod mini sesuai dengan kebutuhan Anda.


Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi tripod terbaik. Beberapa merek tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Baca ulasannya, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Zizy Damanik
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Travel blogger & photographer, Zizy Damanik

Profil pakar: Travel blogger & photographer, Zizy Damanik
Zizy Damanik
Lifestyle blogger & photographer
Zizy Damanik

Zizy adalah seorang travel blogger & photographer yang sudah menulis lebih dari 15 tahun. Karena keseriusannya pada pada traveling dan fotografi, dia sering diminta menuliskan cerita perjalanannya oleh beberapa brand layanan perjalanan.


Saat ini Zizy menjalani profesi sebagai seorang digital strategist. Ia menggunakan waktu luangnya untuk melakukan perjalanan dengan teman-teman fotografer dan putri remajanya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tripod

Sebelum membeli tripod, Anda perlu menyesuaikannya dengan tipe kamera dan lokasi pengambilan gambar. Selain itu, masih ada beberapa tips yang akan kami jabarkan berikut ini supaya Anda tak salah pilih.

Pilih tripod dengan kapasitas beban dua kali lipat dari berat kamera

Pilih tripod dengan kapasitas beban dua kali lipat dari berat kamera

Pan head dan bagian kaki pada tripod memiliki batas maksimal beban yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengecek berat kamera, termasuk berat lensa yang digunakan. Dengan demikian, Anda dapat menentukan tipe tripod yang sesuai dengan kebutuhan.


Pada beberapa produk, kapasitas pan head bisa saja lebih rendah dari beban yang dapat ditopang oleh kaki tripod. Anda juga harus mempertimbangkan kenyamanan saat mengambil gambar. Hal ini karena lokasi pengambilan gambar juga berpengaruh terhadap tripod yang dipasang. Karena itu, penting untuk memilih tripod yang mampu menahan beban dua kali lipat dari berat kamera Anda.

Sesuaikan tipe pan head berdasarkan jenis gambar yang akan diambil

Pan head adalah kepala tripod untuk penyesuaian arah dan kemiringan kamera. Pemilihan pan head juga harus disesuaikan dengan jenis foto dan lokasi pengambilan gambar. Pilihlah produk yang pas untuk setiap penggunaan, ya!

3-way head, mengambil gambar landscape jadi makin mudah

3-way head, mengambil gambar landscape jadi makin mudah
Jenis kepala tripod ini direkomendasikan untuk Anda yang mendalami fotografi landscape, objek tak bergerak, dan super telephoto. Kepala tripod ini memiliki tuas yang mampu diatur secara vertikal dan horizontal. Fungsi tersebut juga mendukung untuk mendapatkan komposisi yang bagus pada pengaturan kamera.

Pengaturan arah vertikal dan horizontal pada kepala tripod tipe ini diatur secara terpisah. Oleh sebab itu, tipe ini kurang cocok untuk pemotretan benda bergerak seperti pertandingan olahraga dan binatang liar. Ukuran kepalanya juga agak besar sehingga sedikit repot untuk dikemas.

Ball head, persingkat waktu Anda saat mengatur kamera

Ball head, persingkat waktu Anda saat mengatur kamera

Jika Anda ingin lebih mudah dan cepat dalam memotret, gunakanlah kepala tripod paling standar ini. Dengan tuas berbentuk bulat, Anda dapat mengatur arah dan sudut dalam satu pengaturan. Jangan lupa untuk mengunci tuas pada sudut yang telah Anda tentukan untuk mendapatkan komposisi yang tepat.


Kelebihan dari ball head adalah kestabilan serta fleksibilitas yang baik dalam interaksinya dengan kamera. Saat Anda sudah mengunci tripod, kamera akan anteng dan tidak akan goyah ke kanan kiri lagi. Namun, jika kuncinya sudah dilepas, Anda harus mengatur ulang setelan untuk mendapatkan komposisi yang diinginkan. 


Tidak seperti tuas 3-way head, tipe ball head punya ukuran yang lebih ringkas dan ringan. Tipe pan head ini ideal untuk fotografi outdoor karena mudah dibawa ke mana saja.

Gear head, berikan kompisi yang lebih akurat sebelum memotret

Gear head, berikan kompisi yang lebih akurat sebelum memotret

Bagi Anda yang kerap memotret benda tak bergerak atau objek mati, sebaiknya gunakan kepala tripod gear head. Hampir sama seperti 3-way head, pengaturan arah vertikal dan horizontalnya dilakukan secara terpisah. Bedanya, pengaturannya bukan dilakukan dengan tuas, melainkan gear


Keunggulan dari tipe ini ialah Anda dapat mengubah komposisi gambar sedikit demi sedikit dan tidak mudah goyang. Kekurangannya, mekanisme yang rumit membuatnya lebih berat dan mahal dibandingkan kepala tripod tipe lain. Namun, Anda dapat memotret bangunan dan produk komersial dengan komposisi yang lebih mantap.

Fluid head, rekam video menggunakan kamera jadi lebih praktis

Fluid head, rekam video menggunakan kamera jadi lebih praktis

Apabila Anda hendak merekam video dengan pergerakan kamera yang halus, pilihlah fluid head atau kepala tripod fluida. Fluid head yang berisi cairan fluida ini dapat digunakan untuk merekam pertandingan olahraga dan pergerakan burung liar. Cairan fluida yang terdapat pada kepala tripod berfungsi menjaga bagian kepala berotasi dengan mulus.


Ketika menggunakan tripod standar, biasanya posisi kamera akan merunduk saat Anda melepas kunci. Untuk mengontrol pergerakan yang tidak diinginkan, fluid head dapat mengatasinya. Dengan demikian, Anda dapat mengoperasikan kamera dan lensa yang berat dengan mudah saat mengambil video.

Pilih jenis dudukan kamera yang mudah dipasang

Poin selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan kamera dapat terpasang dengan mudah pada tripod. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tipe dudukan kamera berdasarkan cara pemasangannya. Berikut ini penjelasannya!

Direct mount, stabilitas tinggi dengan harga terjangkau

Direct mount, stabilitas tinggi dengan harga terjangkau

Kami merekomendasikan dudukan kamera tipe direct mount untuk Anda yang menggunakan peranti rekam berat seperti lensa telephoto. Cara memakainya pun mudah, Anda cukup memasangkan kamera langsung pada baut yang terdapat di dudukan. 


Dudukan kamera tipe ini cukup lebar sehingga terasa lebih stabil. Peranti rekam Anda yang berat pun tidak akan mudah tergores akibat bersentuhan dengan bagian tripod. Saat menggunakan produk ini, pemasangan dan pelepasan kamera pada tripod memang memakan waktu lama. Meski demikian, tripod dengan dudukan tipe direct mount memiliki harga yang terjangkau sehingga mudah didapat.

Quick shoe, setelan ringkas yang mudah digunakan

Quick shoe, setelan ringkas yang mudah digunakan

Untuk pemasangan yang mudah dan cepat, Anda dapat memilih tripod dengan dudukan tipe quick shoe. Dudukan tipe ini memiliki plate yang terpisah untuk dipasangkan pada kamera. Jadi, Anda dapat memasang kamera pada tripod kapan pun saat dibutuhkan.


Kelebihan menggunakan quick shoe adalah mudah dalam memasang dan melepas kamera dari tripod. Dengan demikian, tidak banyak waktu yang akan terbuang ketika Anda harus memindahkan posisi kamera dari landscape ke potrait.


Berkat persiapan pengambilan gambar yang lebih cepat, Anda bisa memotret dengan timing yang tepat. Namun, berhati-hatilah saat memasangkannya dengan peranti rekam yang berbobot berat. Dudukannya berpotensi longgar dan membuat tripod kehilangan keseimbangan. Untuk itu, periksalah kapasitas beban tripod sebelum membeli.

Cek ketersediaan bubble level untuk hasil potret yang lebih presisi

Cek ketersediaan bubble level untuk hasil potret yang lebih presisi

Bubble level adalah fitur yang menunjukkan seberapa lurus tripod berdiri. Dengan menyelaraskan gelembung ke tengah, Anda dapat menjamin kepala tripod duduk tegak lurus dengan tanah. 


Anda tidak mungkin selalu memotret di atas tanah yang rata. Terutama jika Anda seorang landscaper, Anda pasti lebih sering memotret di bukit berbatu atau di tepi pantai berkarang. Fitur bubble level akan membantu memastikan tripod Anda seimbang dan membuat garis cakrawala di foto Anda tampak lurus.


Adanya bubble level juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya blur. Anda dapat memotret dengan posisi horizontal yang presisi atau rata sehingga dapat mengambil foto landscape secara optimal.

Periksalah dengan lebih teliti bagian-bagian tripod

Periksalah lagi dengan lebih teliti bagian-bagian tripod, khususnya bagian kakinya. Anda perlu mengecek material kaki, jumlah section, metode penguncian, hingga tingkat ketebalannya. Kami akan menjelaskannya lebih detail pada poin berikut ini. 

Material kaki, sesuaikan jenis material dengan bujet dan kebutuhan Anda

Material kaki, sesuaikan jenis material dengan bujet dan kebutuhan Anda

Ada berbagai jenis material yang digunakan pada kaki tripod. Biasanya, kaki tripod yang berkualitas baik menggunakan material aluminium atau karbon. Jenis material aluminium dan karbon ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup baik sehingga terbilang lebih aman.


Keunggulan dari material aluminium ialah harganya yang murah. Material ini ideal untuk Anda yang ingin menggunakan tripod dengan mudah dan hanya memakainya untuk acara tertentu. Misalnya saja pertandingan olahraga, presentasi, dan liburan keluarga. Namun, material aluminium lebih berat daripada karbon sehingga akan menyulitkan ketika dibawa mendaki.


Di sisi lain, kaki tripod dari karbon mempunyai bobot yang lebih ringan dan tahan lama. Meskipun relatif lebih mahal, bahan karbon memiliki daya tahan tinggi terhadap panas sehingga awet digunakan. Jika Anda berencana memakainya dalam waktu yang lama dan sering, kami merekomendasikan tripod berbahan karbon.

Jumlah section, memengaruhi ketinggian dan kepraktisan tripod

Jumlah section, memengaruhi ketinggian dan kepraktisan tripod

Periksa juga jumlah section pada kaki tripod. Ada beragam jumlah section pada tripod, mulai dari dua hingga delapan section. Jika Anda menginginkan produk portabel untuk mendaki gunung, Anda dapat memilih tripod empat section.


Perlu diketahui bahwa jika sebuah tripod makin mudah dibawa, berarti bagian bawah kakinya juga makin tipis. Hal tersebut tentu berpengaruh pada keseimbangannya. Jika Anda mampu membawa produk yang cukup berat, sebaiknya pilih tripod dengan tiga section yang dapat terpasang lebih kukuh.

Metode pengucian, buat tripod agar tetap kukuh berdiri

Metode pengucian, buat tripod agar tetap kukuh berdiri

Ada dua metode penguncian untuk mengatur tinggi kaki tripod, yakni twist lock dan flip lock (lever lock). Tipe twist lock dapat dibawa dengan mudah, sedangkan flip lock unggul dalam pengoperasian.


Pengaturan twist lock ialah dengan cara diputar dan tidak ada tonjolan tambahan pada kuncinya. Anda harus memegangnya untuk memastikan bahwa kaki tripod telah terkunci dengan baik. Tipe ini dapat diringkas menjadi lebih ramping.


Untuk tipe flip lock, Anda hanya perlu mengunci kaki dengan tuas yang telah tersedia tanpa perlu memutar-mutarnya. Waktu yang diperlukan untuk memanjangkan dan memendekkan tripod juga lebih cepat dan mudah. Namun, bentuknya lebih menonjol sehingga lebih repot dibawa. 


Bila Anda menyukai fotografi landscape dan sering memotret di pantai, pastikan Anda membersihkan dengan teliti bagian kunci-kunci tripod. Pastikan tidak ada pasir atau garam yang tertinggal.

Ketebalan kaki, sesuaikan dengan jenis kamera dan lensa yang digunakan

Ketebalan kaki, sesuaikan dengan jenis kamera dan lensa yang digunakan

Ketebalan atau diameter kaki tripod juga termasuk poin penting yang perlu dipertimbangkan guna mencegah terjadinya penumpukan. Kaki tripod yang tebal memang lebih stabil, tetapi lebih berat dibawa dan cenderung lebih tinggi. Maka, sebaiknya Anda memilih produk sesuai lokasi pengambilan gambar dan peranti rekam yang digunakan.


Jika Anda pengguna kamera mirrorless dan DSLR, kaki tripod dengan diameter 20 mm–25 mm sudah mencukupi kebutuhan. Apabila Anda menggunakan kamera DSLR tipe mid range atau lensa telephoto, gunakan produk berdiameter 25 mm–30 mm. Bagi pengguna kamera DSLR tipe advanced dan lensa telephoto superlarge, pilihlah produk berdiameter 30 mm atau lebih.


Hindari menggunakan tripod dengan kaki runcing di bukit terjal berangin atau pantai dengan hempasan gelombang yang kuat. Hal ini akan membuat tripod berisiko bergetar hingga terjatuh.

10 Rekomendasi tripod terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tripod terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Zizy Damanik.

10
Pan head3-way
DudukanTidak disebutkan
Jumlah section4
Sistem pengucianFlip lock
Tinggi minimal35 cm
Material Aluminium legtip
Tinggi maksimal100 cm
Berat 420 gram
Beban maksimal4 kg
9
Pan head3-way
DudukanQuick shoe
Jumlah section2
Sistem pengucianFlip lock
Tinggi minimal55 cm
Material Plastik
Tinggi maksimal140 cm
Berat 995 gram
Beban maksimal2,5 kg
8

Bexin Tripod Mini 3 Way Portable Aluminium with Ball Head

MS02

Mulai dari Rp 180.000,00

Pan head3-way dan ball head
DudukanDirect mount
Jumlah section1
Sistem pengucianTwist lock
Tinggi minimal18 cm
Material Aluminium
Tinggi maksimal27 cm
Berat 540 gram
Beban maksimal4,5 kg
7
Pan head3-way, fluid head
DudukanQuick shoe
Jumlah section3
Sistem pengucianFlip lock
Tinggi minimal60 cm
Material Tidak disebutkan
Tinggi maksimal160 cm
Berat 1.300 gram
Beban maksimal3 kg
6

TAKARA Rover 50 Light Weight Traveller Tripod

Mulai dari Rp 584.000,00

Pan headBall head
DudukanQuick shoe
Jumlah section4
Sistem pengucianTwist lock
Tinggi minimal30 cm
Material Aluminium
Tinggi maksimal117 cm
Berat 665 gram
Beban maksimal3 kg
5

ATTANTA KAISER 234 Light Weight Tripod

Mulai dari Rp 600.000,00

Pan head3-way
DudukanQuick shoe
Jumlah section4
Sistem pengucianFlip lock
Tinggi minimal46 cm
Material Alumunium
Tinggi maksimal141 cm
Berat 1.180 gram
Beban maksimal5 kg
4

Beike Q202F Tripod Horizontal With Ballhead

Mulai dari Rp 800.000,00

Pan head3-way, fluid head
DudukanBall head
Jumlah section3
Sistem pengucianFlip lock
Tinggi minimal50 cm
Material Aluminium
Tinggi maksimal154 cm
Berat 1.489 gram
Beban maksimal5 kg
3
Pan headBall head
DudukanQuick shoe
Jumlah section5
Sistem pengucianHyperlock
Tinggi minimal28,4 cm
Material Aluminium
Tinggi maksimal151,1 cm
Berat 900 gram
Beban maksimal4 kg
2
Pan headBall head
DudukanQuick shoe
Jumlah section4
Sistem pengucianTwist lock
Tinggi minimal43,2 cm
Material Carbon fiber
Tinggi maksimal157,5 cm
Berat 1.350 gram
Beban maksimal8 kg
1

Manfrotto Befree Live Carbon Fibre Tripod Twist

MVKBFRTC-LIVE

Mulai dari Rp 4.900.000,00

Pan headFluid head
DudukanDirect mount
Jumlah section4
Sistem pengucianTwist lock
Tinggi minimal41 cm
Material Carbon fiber
Tinggi maksimal150 cm
Berat 1.300 gram
Beban maksimal4 kg

Tabel perbandingan produk tripod terbaik

Gambar produk
1
Manfrotto  Befree Live Carbon Fibre Tripod Twist 1

Manfrotto

2
Fotopro X-Go Plus 1

Fotopro

3
MeFOTO BackPacker Air 1

MeFOTO

4
Beike  Q202F Tripod Horizontal With Ballhead 1

Beike

5
ATTANTA  KAISER 234 Light Weight Tripod  1

ATTANTA

6
TAKARA  Rover 50 Light Weight Traveller Tripod  1

TAKARA

7
EXCELL VIPOD 200 Tripod 1

EXCELL

8
Bexin  Tripod Mini 3 Way Portable Aluminium with Ball Head 1

Bexin

9
SOMITA  ST 3520 1

SOMITA

10
Liger  L-3120 Black Edition 1

Liger

Nama produk

Befree Live Carbon Fibre Tripod Twist

X-Go Plus

BackPacker Air

Q202F Tripod Horizontal With Ballhead

KAISER 234 Light Weight Tripod

Rover 50 Light Weight Traveller Tripod

VIPOD 200 Tripod

Tripod Mini 3 Way Portable Aluminium with Ball Head

ST 3520

L-3120 Black Edition

Keunggulan

Desain premium, tawarkan hasil video yang halus!

Multifungsi! Bisa digunakan menjadi tripod maupun monopod

Tripod HP dan kamera kecil terbaik dengan banyak pilihan warna

Potret objek secara flat lay tidak lagi jadi masalah

Kompatibilitas tinggi, bisa dipasangkan dengan banyak jenis kamera

Ringan dan kukuh, pilihan untuk para traveler!

Daya cengkeram lebih kuat dengan kaki yang fleksibel

Mini tripod untuk para content creator

Dilengkapi dengan gagang agar praktis dibawa ke mana-mana

Harga terjangkau untuk para fotografer pemula

Harga mulai dariRp 4.900.000,00Rp 2.100.000,00Rp 1.175.000,00Rp 800.000,00Rp 600.000,00Rp 584.000,00Rp 399.000,00Rp 180.000,00Rp 190.000,00Rp 150.000,00
Pan headFluid headBall headBall head3-way, fluid head3-wayBall head3-way, fluid head3-way dan ball head3-way3-way
DudukanDirect mountQuick shoeQuick shoeBall headQuick shoeQuick shoeQuick shoeDirect mountQuick shoeTidak disebutkan
Jumlah section4453443124
Sistem pengucianTwist lockTwist lockHyperlockFlip lockFlip lockTwist lockFlip lockTwist lockFlip lockFlip lock
Tinggi minimal41 cm43,2 cm28,4 cm50 cm46 cm30 cm60 cm18 cm55 cm35 cm
Material Carbon fiberCarbon fiberAluminiumAluminiumAlumunium Aluminium Tidak disebutkanAluminium PlastikAluminium legtip
Tinggi maksimal150 cm157,5 cm151,1 cm154 cm141 cm117 cm160 cm27 cm140 cm100 cm
Berat 1.300 gram1.350 gram900 gram1.489 gram1.180 gram665 gram1.300 gram540 gram995 gram420 gram
Beban maksimal4 kg8 kg4 kg5 kg5 kg3 kg3 kg4,5 kg2,5 kg4 kg
Tautan produk

Tips merawat tripod agar awet dari photographer kami, Zizy Damanik

Tips merawat tripod agar awet dari photographer kami, Zizy Damanik

Sebagai traveler yang menyukai fotografi, saya sering bepergian dengan membawa tripod yang sesuai kebutuhan. Saya juga menggemari fotografi lanskap sehingga tiap kali akan pergi ke pantai, saya selalu membawa tripod dengan kaki-kaki yang kuat. Alasannya, karena saya kerap memotret di atas karang dengan hempasan ombak yang kuat.


Bagi para lanskaper, tripod yang kuat dan kokoh adalah senjata. Tripod adalah satu perlengkapan fotografi yang sering kotor karena langsung bersentuhan dengan tanah. Oleh sebab itu, tripod harus dirawat dengan benar agar bisa awet dan tidak cepat rusak.


Berikut adalah beberapa hal yang bisa diterapkan agar tripod Anda bisa berumur panjang:


  1. Segera cuci bersih tripod setelah melakukan fotografi, khususnya saat melakukan foto landscape
    Buka semua kunci dan bentangkan kaki-kaki tripod. Lalu, siram tripod dengan air tawar yang mengalir mulai dari atas hingga ke sela-sela section. Bila Anda baru selesai memotret dari pantai, rendam tripod dengan air tawar agar sisa-sisa garam dari air laut sirna. Tripod yang tidak bersih dari air garam laut akan cepat berkarat dan rusak. Jangan lupa setelah dibersihkan tuntas, jemur tripod sampai kering.

  2. Rutin memberikan cairan pelumas
    Pelumas akan membantu merontokkan butiran-butiran yang tersendat di sela-sela section tripod. Saya rutin menggunakan pelumas WD-40 untuk tripod outdoor untuk memastikan tiap section tidak macet saat digunakan.

  3. Gunakan tas tripod
    Simpan tiap tripod di dalam tas khusus. Gunakan tas tripod yang kuat dan tidak mudah sobek. Tujuannya, agar saat harus bepergian dan membawa tripod di bagasi, tripod Anda akan aman.

Baca juga rekomendasi aksesori kamera lainnya di sini

Selain tripod, masih ada berbagai perlengkapan fotografi yang akan memudahkan Anda saat memotret. Beberapa perlengkapan tersebut, seperti flash, mic, stabilizer, dan lainnya. Tentu saja, semua perlengkapan fotografi ini akan meningkatkan kualitas hasil tangkapan kamera Anda. Jika Anda membutuhkan ulasannya, Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Tripod akan membantu Anda mendapatkan komposisi yang sempurna saat memotret. Ada banyak manfaat dari tripod, seperti posisi kamera lebih stabil hingga mengurangi rasa lelah akibat menopang kamera.


Apakah Anda sudah menemukan tripod yang tepat sesuai dengan kebutuhan? Saat ini, ada banyak tripod yang tersedia di pasaran dengan jenis, fitur, dan kualitas yang bervariasi. Agar tidak bingung, Anda bisa menjadikan ulasan kami sebagai panduan untuk memilih. Semoga artikel ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    SD card digunakan untuk menyimpan data pada perangkat perekam, seperti kamera digital, kamera DSLR, mirrorless, CCTV, dan voice recorder. Biasanya jenis file yang disimpan di SD card adalah foto, video, dan audio.  Saat ini Anda bisa menemukan banyak merek SD card yang bagus di pasaran, seperti Sandisk, Lexar, dan Transcend. Kapasitas produknya pun beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 1 TB. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta berbagi rekomendasi SD card. Bacalah artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan SD card terbaik!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran sudah dilengkapi flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang bagus dan terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini dapat sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih flash kamera eksternal yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk populer, seperti merek flash kamera Canon, Nikon, Sony, dan lainnya. Silakan baca terus artikel berikut ini.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Dust Blower Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dust Blower Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agar lensa kamera dan layar gadget berfungsi secara optimal, Anda perlu membersihkannya dengan cermat. Namun, membersihkannya pun tidak boleh sembarangan agar tidak menimbulkan risiko tergores. Hand blower atau dust blower adalah alat yang tepat untuk membantu Anda melakukan pekerjaan tersebut.Masalahnya, ada cukup banyak blower pembersih kamera, HP, dan laptop yang dijual di pasaran. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips agar Anda mendapatkan dust blower yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk dari merek ternama, seperti Canon, Kingjoy, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori