10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cleansing water adalah produk pembersih wajah yang sangat mudah digunakan karena pengaplikasiannya cukup menggunakan kapas. Produk ini memiliki penjualan yang tinggi karena kemudahan yang ditawarkannya. Di samping itu, bahan dasarnya yang berupa air akan membuat kulit Anda minim kerusakan.

Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk cleansing water yang bagus untuk Anda. Anda dapat menemukan cleansing water produksi brand ternama, seperti Wardah, Garnier, dan Maybelline di sana. Namun sebelumnya, ayo kita cari tahu terlebih dahulu hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih produk cleansing water terbaik.

Daftar isi

Apa itu cleansing water?

Anda ingin mencoba cleansing water, tetapi ragu? Berikut ini kami akan menjelaskan apa itu cleansing water.

Pembersih wajah yang mampu mengangkat kotoran hanya dengan sekali usap

Pembersih wajah yang mampu mengangkat kotoran hanya dengan sekali usap

Cleansing water adalah zat pembersih berbahan dasar air yang dikemas di dalam botol. Walau terdapat beberapa produk yang memiliki kandungan minyak dalam komposisinya, tetapi produk ini tidak menyebabkan rasa lengket. Anda cukup menuangkan secukupnya ke kapas, lalu usapkan ke wajah untuk membersihkan makeup dan kotoran lain yang menempel.

Ada beberapa jenis produk pembersih wajah, seperti jenis minyak, cairan, gel, krim, dan susu. Cleansing water adalah produk pembersih wajah berjenis cairan. Penggunaannya dapat memberikan rasa segar di wajah karena kandungan terbesarnya adalah air.

Selain itu, cleansing water sangat populer karena Anda tidak perlu lagi membilas wajah dengan air setelah penggunaannya. Produk ini memberi lebih banyak kemudahan dan dapat menghemat waktu jika dibandingkan jenis pembersih wajah lainnya yang harus dibilas dengan air. Oleh sebab itu, banyak yang memilihnya terutama para ibu rumah tangga yang sibuk mengurus keperluan rumah.

Tidak hanya membersihkan kotoran, makeup pun ikut terangkat

Tidak hanya membersihkan kotoran, makeup pun ikut terangkat

Meskipun memiliki nama cleansing water, bukan berarti produk ini terbuat dari bahan air sepenuhnya. Produk ini disebut cleansing water karena di dalamnya terdiri dari komponen bahan yang sebagian besar mengandung air serta memiliki tekstur yang sangat lembut.

Produk cleansing umumnya menggunakan minyak dan surfaktan sebagai bahan pembersih utamanya. Sebagian produk menggunakan minyak sebagai kandungan pembersihnya. Dikarenakan kandungan minyak, Anda akan merasa kulit lebih licin setelah menggunakannya. Anda perlu membersihkannya lagi dengan sabun pembersih wajah untuk mengangkat sisa minyak yang masih tertinggal di kulit.

Sementara itu, cleansing water menggunakan air dan surfaktan sebagai bahan utama pembersihnya. Surfaktan memiliki sifat membersihkan minyak sehingga surfaktan mampu membersihkan produk makeup seperti foundation dan lipstick yang mengandung minyak. Selain komponen pelembap dan bahan-bahan lainnya, Anda dapat memeriksa kandungan surfaktan yang digunakan dalam sebuah produk cleansing water.

Ada yang bertanya, apakah surfaktan dapat memberi efek buruk pada kulit? Jawabannya adalah tidak semua karena surfaktan sendiri ada banyak jenisnya. Anda dapat mempelajari kandungan-kandungan surfaktan yang ada dalam produk agar penilaian Anda terhadap komponen ini dapat berubah.

Tanpa surfaktan, cleansing water tidak dapat mengangkat riasan dengan bersih. Hal tersebut justru akan memberi beban pada kulit dan menimbulkan berbagai masalah kulit. Tentunya proporsi surfaktan yang digunakan jauh lebih sedikit dibandingkan proporsi air. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk memilih produk cleansing water.

Cleansing water juga dianjurkan untuk Anda yang melakukan ekstensi bulu mata

Cleansing water juga dianjurkan untuk Anda yang melakukan ekstensi bulu mata

Cleansing water sangat cocok bagi mereka yang melakukan ekstensi bulu mata karena kandungan air di dalamnya lebih banyak dibandingkan minyak.

Pangkal bulu mata ekstensi yang merupakan titik perekat akan mudah terlepas jika Anda menggunakan pembersih wajah berbahan utama minyak. Sebaiknya, Anda memilih pembersih wajah berbahan dasar air agar ekstensi bulu mata yang Anda gunakan bertahan lebih lama.

Cara memilih cleansing water

Sebelum Anda memilih cleansing water, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin penting apa saja yang harus Anda perhitungkan dalam memilih cleansing water yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penting bagi Anda untuk memeriksa jumlah kandungan surfaktan

Penting bagi Anda untuk memeriksa jumlah kandungan surfaktan

Kandungan surfaktan berkaitan dengan kekuatan membersihkan suatu produk cleansing water. Persentase kandungan surfaktan mungkin tidak dicantumkan, tetapi Anda dapat melihat kandungan bahan ini pada tabel komposisi di bagian belakang botolnya. Banyaknya kandungan bahan tercantum dari yang proporsinya paling besar hingga paling kecil. Anda dapat melihat ada di urutan berapa surfaktan pada produk yang akan Anda pilih.

Biasanya terdapat kandungan bahan pelengkap lainnya, seperti glyceryl PEG-6, asam lemak minyak kelapa PEG-7 glyceryl, hydroxypropyltrimonium hyaluronate, cetrimonium bromide, hexylene glycol, serta EDTA 2Na.

Pilih produk dengan fungsi lain selain membersihkan

Pilih produk dengan fungsi lain selain membersihkan

Setelah memeriksa kekuatan membersihkannya, jangan lupa untuk memeriksa fungsi lain yang dimiliki produk tersebut. Beberapa produk menawarkan pelembap alami untuk memberi nutrisi lebih tinggi untuk kulit. Produk lainnya menawarkan fungsi sebagai peeling untuk kulit yang lebih cerah. Pilihlah produk sesuai masalah kulit yang Anda alami saat ini.

Namun, walau menggunakan bahan dasar air, Anda tetap harus berhati-hati. Jangan menuangkan terlalu banyak produk pada kapas karena akan membuat kapas kempis dan membuat permukaan jari bersentuhan dengan kulit wajah. Jika hal ini sering terjadi justru dapat mengakibatkan masalah kulit seperti keriput.

Biarkan kapas tidak terlalu basah sehingga saat diusapkan akan menyerap makeup dan kotoran dengan baik. Di titik tertentu seperti mata, Anda dapat menahannya beberapa detik agar riasan mata dapat terangkat sempurna, kemudian usapkan dengan lembut.

Sesuaikan kuantitas produk dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan kuantitas produk dengan kebutuhan Anda

Karena Anda akan menggunakan cleansing water setiap hari, Anda perlu memperhitungkan berapa biaya yang harus Anda sediakan. Untuk membersihkan makeup yang tebal, Anda membutuhkan 2-3 kapas setiap satu kali pemakaian untuk mengangkat seluruh makeup hingga bersih.

Semakin natural makeup yang Anda gunakan, Anda akan semakin menghemat pemakaian cleansing water serta pemakaian kapas. Jadi, penting untuk memilih produk cleansing water yang ramah di dompet sehingga meski sering digunakan, Anda tetap dapat menghemat biaya.

10 Rekomendasi cleansing water terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk cleansing water terbaik untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Wet N Wild Makeup Remover -Micellar Cleansing Water

10. Wet N Wild Makeup Remover -Micellar Cleansing Water

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 98.000

Ampuh bersihkan makeup yang waterproof

Dibuat dengan formula genius micellar complex, produk ini mampu mengangkat kotoran dan minyak di wajah Anda dengan sempurna. Cleansing water ini dapat digunakan untuk wajah, mata, bibir, serta mampu membersihkan produk makeup dengan formula waterproof.

Seluruh kandungan dalam produk ini dinyatakan aman dan sudah melewati uji ophthalmology. Jika Anda termasuk orang yang menggunakan makeup setiap hari, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda. Selain itu, cleansing water ini dilengkapi dengan model tutup locking pump, membuat produk ini tidak mudah tumpah. Aman dibawa traveling!

9. Nivea Micellair Skin Breathe Normal to Oily Skin

9. Nivea Micellair Skin Breathe Normal to Oily Skin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.200

Cleansing water dengan formula yang efektif dan terasa ringan

Produk yang satu ini menawarkan kemampuan membersihkan, melembapkan, dan menyegarkan kulit dengan formula pembersih yang efektif dan ringan. Cleansing water ini mampu menjaga kulit wajah tetap terawat dan sehat walaupun menggunakan makeup setiap hari. Nivea Make Up Clear Micellar Water menggunakan glyceryl glucoside sebagai kandungan surfaktan dalam proporsi yang rendah sehingga memperkecil timbulnya iritasi.

Sama dengan produk cleansing water pada umumnya, produk ini juga tidak meninggalkan rasa lengket. Formula dalam cleansing water ini tidak mengandung pewarna, parfum, alkohol, paraben, dan silikon sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit. Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

8. Garnier Micellar Cleansing Water Biru

8. Garnier Micellar Cleansing Water Biru

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.000

Direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak cenderung berjerawat

Sebagai salah satu brand perawatan wajah yang banyak dipilih wanita, Garnier juga ikut menawarkan produk cleansing water-nya. Menggunakan cleansing water ini terasa seperti membilas wajah dengan air karena tidak meninggalkan kesan berat di wajah Anda. Karena tidak mengandung parfum dan alkohol, produk ini sama sekali tidak berbau sehingga nyaman digunakan.

Formula dalam produk ini mampu mengangkat kotoran dan mengontrol minyak di wajah, cocok digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung berjerawat. Selain itu, cleansing water dari Garnier ini juga sudah teruji secara dermatologi sehingga aman digunakan sehari-hari. Tinggalkan kekhawatiran Anda karena cleansing water ini tidak akan memperburuk keadaan kulit wajah Anda!

7. Mineral Botanica Micellar Cleansing Water

7. Mineral Botanica Micellar Cleansing Water

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 37.500

Aman untuk kulit kering dan sensitif

Keunggulan yang dimiliki micellar water dari brand lokal ini adalah kandungan molekul micelle yang bersifat hydrophilic dan lipophilic. Dua sifat ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan minyak, serta memberi kelembapan dan kesegaran di kulit wajah Anda tanpa membuatnya kering. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah kering dan sensitif, cleansing water ini cocok untuk Anda.

Seluruh kandungannya terbukti aman. Anda dapat menggunakan produk ini sesudah dan sebelum menggunakan makeup, serta dapat pula digunakan sebagai penyegar. Untuk hasil maksimal, usapkan dengan kapas hingga ke bagian leher. Penggunaan rutin setiap hari akan mengikis bagian wajah yang kusam sehingga kulit Anda akan terlihat lebih cerah.

6. Nu Skin Scion Make Up Cleansing Water

6. Nu Skin Scion Make Up Cleansing Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 90.000

Dengan ekstrak chamomile dan aloe vera yang menenangkan

Selanjutnya, ada cleansing water dari brand Scion. Produk cleansing water ini mampu mengangkat makeup secara menyeluruh sekaligus menjadikan kulit wajah terasa lebih lembut. Tak hanya itu, formulanya juga dapat menyegarkan kulit, membuat Anda terlihat seperti habis mencuci wajah dengan air.

Produk ini juga diperkaya dengan kandungan ekstrak chamomile dan aloe vera yang membantu melembapkan dan menenangkan kulit. Untuk Anda yang lebih menyukai cleansing water tanpa kandungan parfum, produk ini dapat menjadi pilihan. Selain itu, cleansing water ini juga tidak mengandung alkohol sehingga ringan dan aman digunakan setiap hari.

5. Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water

5. Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.500

Kandungan di dalamnya mampu meremajakan kulit Anda!

Cleansing water produksi Wardah ini menjadikan wajah Anda bersih dan segar, tanpa meninggalkan rasa lengket. Harganya pun lebih murah jika dibanding dengan cleansing water lainnya, pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Kandungan minyak zaitun sebagai bahan utama formula bio cleansing active-nya tidak hanya berfungsi membersihkan, tetapi juga melembapkan.

Kandungan ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang akan mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara itu, ekstrak rumput laut dan ekstrak mentimun mampu meremajakan kulit sekaligus membantu menghilangkan noda bekas jerawat di wajah Anda. Cleansing water ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah dengan bintik dan flek hitam di wajah.

4. The Saem Healing Tea Garden White Tea Cleansing Water

4. The Saem Healing Tea Garden White Tea Cleansing Water

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 108.000

Anda mencari cleansing water yang sekaligus dapat mengangkat sel kulit mati? Coba produk ini!

Merek skincare Korea ini ikut menawarkan produk cleansing water-nya. Dengan ekstrak white tea berkualitas, produknya mampu mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah Anda. Cleansing water ini cocok untuk Anda yang bermasalah dengan kulit wajah yang kusam.

Dengan air sebagai kandungan terbesarnya, produk ini tidak akan meninggalkan rasa lengket. Kulit Anda akan terasa sebersih saat mencuci muka menggunakan air. Hanya satu usapan lembut, makeup dan kotoran dapat terangkat sekaligus. Cleansing water ini juga aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif karena tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi.

3. Innisfree Green Tea Cleansing Water

3. Innisfree Green Tea Cleansing Water

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 165.000

Ekstrak perasan daun green tea organik menjadikan kulit selalu lembap, lembut, dan kenyal

Cleansing water satu ini diperkaya dengan khasiat dari daun green tea dan perasan daun Jeju green tea organik yang kaya asam amino dan mineral. Bahan-bahan tersebut berfungsi membersihkan dan menghidrasi kulit wajah sehingga membuatnya tetap segar. Jeju green tea organik yang dipakai sebagai formula dalam produk ini ditanam dan dirawat secara khusus untuk mendapatkan khasiat terbaiknya.

Ekstrak perasan daun green tea organik akan memberi kelembapan serta membuat kulit menjadi lembut dan kenyal sehingga cocok digunakan untuk  jenis kulit kering. Tidak hanya membersihkan makeup tipis, produk ini juga bisa membersihkan riasan makeup yang tebal seperti foundation atau BB cream. Botolnya yang berukuran kecil juga memudahkan Anda saat membawanya bepergian.

2. Illuminare Acne Defyer Makeup Cleansing Water

2. Illuminare Acne Defyer Makeup Cleansing Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Dilengkapi salicylic acid dan akar tumbuhan scullateria untuk mengatasi masalah jerawat

Cleansing water selanjutnya yang kami rekomendasikan dikeluarkan oleh brand Illuminare. Cleansing water ini memiliki tekstur dan warna seperti air, tidak berbau menyengat, dan tidak lengket. Walau terdapat bahan yang memiliki tekstur seperti minyak, produk ini dapat bekerja dengan baik mengangkat kotoran dan makeup tanpa membuat wajah Anda lengket.

Produk ini mengandung salicylic acid serta akar tumbuhan scullateria, kedua bahan tersebut berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, melawan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi iritasi. Formula non-mineral oil dari cleansing water ini mampu mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori yang dapat memicu timbulnya jerawat. Produk ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering bermasalah dengan kulit berjerawat.

1. Maybelline Micellar Water

1. Maybelline Micellar Water

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 63.000

Teknologi 4-in-1 dalam satu produk!

Siapa yang tak kenal brand satu ini? Maybelline adalah salah satu brand kosmetik yang populer baik di Indonesia maupun di negara lain. Produk cleansing water ini mampu membersihkan wajah secara lembut dengan water based formula-nya. Dengan teknologi 4-in-1, produk ini mampu mengangkat makeup, membersihkan wajah, memperkecil pori-pori, dan melembapkan kulit wajah.

Tanpa kandungan minyak, alkohol, dan parfum, produk ini aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Kandungan surfaktan dari produk ini berupa cocoamphodiacetate yang merupakan surfaktan sintetis dari minyak kelapa. Sudah melalui uji ophthalmology, produk ini dinyatakan aman digunakan di sekitar mata dan tidak akan menimbulkan iritasi. Maybelline Micellar Water cocok untuk Anda yang senang berkreasi dengan riasan mata.

Tips menggunakan cleansing water

Tips menggunakan cleansing water

Pada dasarnya, setelah menggunakan cleansing water Anda tidak perlu membilasnya. Namun, jika Anda merasa surfaktan atau minyak yang tertinggal di wajah terlalu berlebihan, Anda dapat membilasnya dengan air sedikit demi sedikit sama seperti ketika Anda menggunakan pembersih jenis foam, krim, atau gel. Manfaat lain dalam menggunakan produk cleansing water adalah mengurangi jumlah gosokan yang biasanya dilakukan dengan sabun pembersih wajah.

Saat akan menggunakan cleansing water untuk pertama kali, sebaiknya Anda memeriksa jenis kulit Anda terlebih dahulu. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, kami sarankan untuk tetap menggunakan produk pembersih jenis lain saat pada awal menggunakan cleansing water. Kemudian, Anda dapat mengurangi penggunaan produk pembersih jenis lain secara bertahap sampai Anda dapat sepenuhnya menggunakan cleansing water saja.

Kesimpulan

Sudahkah Anda mengetahui manfaat dan kelebihan penggunaan cleansing water? Selain memiliki banyak kelebihan, penggunaan cleansing water juga dapat menghemat waktu membersihkan wajah. Sebaiknya, Anda menggunakan produk ini dengan baik dan jangan terlalu kuat saat mengusap wajah.

Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Pilihlah produk cleansing water sesuai jenis kulit dan masalah kulit yang sedang dialami. Jangan lupa juga untuk memeriksa kandungannya sebelum membeli!