• 10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cleansing water adalah produk pembersih wajah yang sangat mudah digunakan karena pengaplikasiannya cukup menggunakan kapas. Produk ini sangat cocok bagi wanita karier yang kerap sibuk beraktivitas. Namun, banyaknya merek yang dijual di pasaran pastinya membuat Anda bingung memilih. 

Karena itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi produk cleansing water terbaik. Anda dapat menemukan produk brand ternama, seperti Maybelline, Garnier, Nivea, dan sebagainya. Kami pun akan menjelaskan tips pemakaiannya agar kulit Anda terhindar dari kerusakan. Tidak perlu menunggu lama, mari disimak lebih lanjut! 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Monica Christy Natalia
Finastri Annisa
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu cleansing water?

Sebenarnya apakah definisi serta manfaat dari cleansing water yang kini menjadi pembicaraan para wanita? Bagi Anda yang ingin mencoba, tetapi masih belum paham keuntungan pemakaiannya, simak penjelasan berikut ini.

Pembersih wajah yang mampu mengangkat kotoran hanya dengan sekali usap

Pembersih wajah yang mampu mengangkat kotoran hanya dengan sekali usap

Cleansing water adalah zat pembersih berbahan dasar air yang dikemas di dalam botol. Walau ada beberapa produk memiliki kandungan minyak dalam komposisinya, cleansing water tidak menyebabkan rasa lengket. Cara pakainya pun sangat mudah. Anda cukup menuangkannya ke kapas, lalu usapkan ke wajah untuk membersihkan makeup dan kotoran lain yang menempel.


Jenis cleansing water pun tak hanya satu, ada jenis minyak, cairan, gel, krim, dan susu. Karena merupakan produk water based, pemakaian produk ini akan memberikan rasa segar di wajah. Kulit pun tidak akan menjadi kering. 


Nah, sebenarnya apa yang membuat cleansing water populer belakangan ini? Produk ini populer karena Anda tidak perlu membilas wajah dengan air setelah menggunakannya! Tak hanya itu, ada sebagian produk yang dapat pula memberikan manfaat lotion dan essence. Produk ini tentunya memberi lebih banyak kemudahan dan dapat menghemat waktu dibandingkan memakai pembersih wajah lainnya. Karena itu, cleansing water menjadi pilihan bagi wanita karier serta ibu rumah tangga yang memiliki banyak aktivitas.

Mengapa cleansing water dapat membersihkan makeup?

Mengapa cleansing water dapat membersihkan makeup?

Produk ini disebut "cleansing water" karena sebagian besar mengandung air. Akan tetapi, makeup sebenarnya tidak dapat dibersihkan hanya dengan air, lho. Karena itu, produsen cleansing water menambahkan bahan surfaktan pada produknya.


Surfaktan adalah senyawa yang dapat bertindak sebagai detergen atau bahan pelarut. Senyawa inilah yang berperan penting untuk menghapus makeup. Namun, Anda jangan salah sangka terlebih dahulu. Meski terdengar sebagai bahan berbahaya bagi kulit, senyawa ini memiliki manfaat tersendiri untuk Anda. Sebagai informasi, surfaktan sendiri memiliki banyak jenis. Nah, jenis surfaktan yang ramah di kulitlah yang kerap dipakai sebagai bahan pembuatan cleansing water.


Dari segi komposisi, cleansing water memiliki daya pembersih yang lemah. Namun, bila ditambahkan efek usapan dari kapas, kemampuan membersihkannya pun meningkat. Karena itu, untuk memaksimalkan pemakaian cleansing water, pakailah kapas sebagai media pembersih wajah Anda. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering, berhati-hatilah ketika menghapus riasan menggunakan kapas. Sebab, adanya daya gesek terlalu sering antara kapas dan wajah bisa menyebabkan kulit wajah Anda terluka.

Cleansing water juga dianjurkan bagi Anda yang memakai ekstensi bulu mata

Cleansing water juga dianjurkan bagi Anda yang memakai ekstensi bulu mata

Cleansing water sangat cocok bagi Anda yang melakukan ekstensi bulu mata. Hal ini disebabkan bahan utama dari produk ini adalah air, bukan minyak. 


Kandungan minyak disinyalir dapat meluruhkan lem sehingga lem yang dipakai untuk memasang bulu mata akan rusak. Karena itu, pembersih wajah yang berbahan minyak bukanlah pilihan yang tepat. Jadi, agar ekstensi bulu mata Anda bertahan lama, pilihlah cleansing water yang bebas minyak.

Cara memilih cleansing water

Sebelum Anda memilih cleansing water, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tiga poin penting yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda merujuk ke cara memilih ini sebelum membeli produknya, ya.

Pilih jumlah kandungan surfaktan sesuai kebutuhan Anda

Pilih jumlah kandungan surfaktan sesuai kebutuhan Anda

Bila Anda ingin menghapus makeup tebal, perhatikanlah komposisi surfaktan di dalam cleansing water yang digunakan. Kekuatan untuk membersihkan makeup tebal ini sebenarnya bergantung kepada jumlah komposisi surfaktannya.  


Persentase kandungan surfaktan biasanya tidak dicantumkan, tetapi Anda sebenarnya dapat memperkirakannya dari daftar komposisi pada bagian botol. Komposisi biasanya diurut secara vertikal berdasarkan banyaknya kandungan. Bila surfaktan berada di urutan teratas, Anda dapat mengasumsikan surfaktan yang terkandung di dalamnya cukup besar.


Namun, jika bahan lain seperti pelembap ditulis sebelum surfaktan, kandungan pembersihnya diasumsikan berada dalam jumlah sedang. Dengan kandungan surfaktan yang sedang, kami sarankan produk ini bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Hal ini diharapkan dapat menghindari daya pembersih berlebih yang akan berdampak buruk pada kulit.

Pilihlah produk dengan fungsi lain selain membersihkan

Pilihlah produk dengan fungsi lain selain membersihkan

Setelah memeriksa kandungan pembersihnya, jangan lupa untuk memeriksa manfaat lain yang dimiliki produk tersebut. Beberapa produk menawarkan pelembap alami untuk memberi nutrisi lebih tinggi untuk kulit, seperti ceramide dan hyaluronic acid. Akan tetapi, komposisi di tiap produk pastinya tidak sama. Jadi, kami sarankan memilih produk yang mengandung banyak pelembap bagi Anda yang khawatir akan kulit kering.


Tak hanya itu, ada pula produk yang memiliki manfaat peeling. Jika peduli dengan pori-pori serta keratin, pilihlah produk dengan manfaat peeling yang berfungsi untuk mencegah kulit kusam. Silakan merujuk kepada bahan di bawah agar tidak salah memilih produk.


Produk dengan komposisi pelembap yang tinggi, direkomendasikan untuk kulit kering:

1. Hyaluronic acid

2. BG

3. Glycerin

4. Kolagen

5. Ceramide


Produk dengan manfaat peeling, direkomendasikan untuk merawat kulit kusam* dan pori-pori:

1. AHA (lactic acid/malic acid)

2. Enzim papain

3. Derivatif vitamin C


Namun, ada beberapa cleansing water mengandung etanol yang menyebabkan kulit kering. Karena hal ini, kami sarankan Anda untuk tetap mengutamakan kelembapan dengan memakai pelembap, ya.


*Akibat efek menyeka wajah dengan kapas.

Pilihlah produk yang cocok untuk jenis kulit Anda

Pilihlah produk yang cocok untuk jenis kulit Anda
Karena cleansing water digunakan setiap hari, ingatlah bahwa Anda tak hanya harus memeriksa komposisi pembersihnya. Periksalah pula apakah kandungan lainnya cocok bagi kulit Anda.

Beberapa produk mengandung wewangian dan beberapa ekstrak tumbuhan yang berguna untuk kulit. Akan tetapi, meski tidak mengandung bahan kimia, tidak semua kandungan ini ramah untuk kulit, lho. Beberapa dari cleansing water mungkin mengandung bahan yang tidak baik bagi kulit Anda.


Jika memiliki kulit sensitif, pastikan terlebih dahulu seluruh komposisi dari cleansing water yang Anda pilih, ya!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

KaoBiore Makeup Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear

Mulai dari Rp 25.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi cleansing water terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk cleansing water terbaik untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, ya.
10

Wet N WildMakeup Remover -Micellar Cleansing Water

Mulai dari Rp 85.000,00

Kandungan pelembap✔︎ Sodium PCA
Untuk jenis kulitKering
Ukuran85 ml
9
Kandungan pelembap✔︎ Hyaluronic acid, marine salt extract
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran200 ml
8
Kandungan pelembapTidak diketahui
Untuk jenis kulitKombinasi, berminyak cenderung berjerawat
Ukuran125 ml
7
Kandungan pelembap✔︎
Untuk jenis kulitKering dan sensitif
Ukuran100 ml
6
Kandungan pelembap✔︎ Ekstrak chamomile dan Aloe vera
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran250 ml
5

Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water

Mulai dari Rp 27.100,00

Kandungan pelembap✔︎ Panthenol, cucumis sativus (cucumber) fruit extract, glycerin, propylene glycol
Untuk jenis kulitKering
Ukuran100 ml
4

IlluminareMakeup Cleansing Water

Acne Defyer

Mulai dari Rp 95.000,00

Kandungan pelembapTidak diketahui
Untuk jenis kulitBerjerawat
Ukuran160 ml
3
Kandungan pelembap✔︎ Amino acid
Untuk jenis kulitTidak diketahui
Ukuran300 ml
2

The SaemHealing Tea Garden White Tea Cleansing Water

Mulai dari Rp 64.500,00

Kandungan pelembap✔︎ Ekstrak white tea, AHA (citric acid, glycolic acid, lactic acid)
Untuk jenis kulitSensitif
Ukuran300 ml
1
Kandungan pelembap✔︎ Glycerin
Untuk jenis kulitKering
Ukuran200 ml

Tabel perbandingan produk cleansing water terbaik

Gambar produk
1
Maybelline Micellar Water 1

Maybelline

2
The Saem Healing Tea Garden White Tea Cleansing Water 1

The Saem

3
Innisfree Green Tea Cleansing Water 1

Innisfree

4
Illuminare Makeup Cleansing Water 1

Illuminare

5
Wardah  Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water 1

Wardah

6
Nu Skin Scion® Make Up Cleansing Water 1

Nu Skin

7
Mineral Botanica Micellar Cleansing Water 1

Mineral Botanica

8
Garnier Micellar Cleansing Water Biru 1

Garnier

9
Nivea Micellair Hydration 1

Nivea

10
Wet N Wild Makeup Remover -Micellar Cleansing Water 1

Wet N Wild

Nama produk

Micellar Water

Healing Tea Garden White Tea Cleansing Water

Green Tea Cleansing Water

Makeup Cleansing Water

Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water

Scion® Make Up Cleansing Water

Micellar Cleansing Water

Micellar Cleansing Water Biru

Micellair Hydration

Makeup Remover -Micellar Cleansing Water

Keunggulan

Teknologi 4-in-1 dalam satu produk!

Anda mencari cleansing water yang sekaligus dapat mengangkat sel kulit mati? Coba produk ini!

Ekstrak green tea organiknya menjadikan kulit selalu lembap, lembut, dan kenyal

Dilengkapi salicylic acid dan akar tumbuhan scutellaria untuk mengatasi masalah jerawat

Kandungan di dalamnya mampu meremajakan kulit Anda!

Dengan ekstrak chamomile dan Aloe vera yang menenangkan

Aman untuk kulit kering dan sensitif

Tak perlu khawatir lagi dengan kulit berminyak cenderung berjerawat

Cleansing water dengan formula efektif yang terasa begitu ringan

Ampuh bersihkan makeup waterproof

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 64.500,00Rp 180.000,00Rp 95.000,00Rp 27.100,00Rp 186.000,00Rp 49.900,00Rp 22.900,00Rp 40.200,00Rp 85.000,00
Kandungan pelembap✔︎ Glycerin✔︎ Ekstrak white tea, AHA (citric acid, glycolic acid, lactic acid)✔︎ Amino acidTidak diketahui✔︎ Panthenol, cucumis sativus (cucumber) fruit extract, glycerin, propylene glycol✔︎ Ekstrak chamomile dan Aloe vera✔︎Tidak diketahui✔︎ Hyaluronic acid, marine salt extract✔︎ Sodium PCA
Untuk jenis kulitKeringSensitifTidak diketahuiBerjerawatKeringSemua jenis kulitKering dan sensitifKombinasi, berminyak cenderung berjerawatSemua jenis kulitKering
Ukuran200 ml300 ml300 ml160 ml100 ml250 ml100 ml125 ml200 ml85 ml
Tautan produk

Tips menggunakan cleansing water yang aman untuk kulit

Ketika menggunakan cleansing water, pastikan Anda menggunakannya dengan cara yang tidak membebani kulit. Nah, kami memiliki tips-tipsnya di bawah ini. Mari disimak!

Gunakanlah kapas berbeda untuk setiap bagian wajah Anda

Gunakanlah kapas berbeda untuk setiap bagian wajah Anda

Gunakanlah kapas yang berbeda untuk setiap bagian wajah Anda. Apabila terus memakai kapas bekas pakai, noda makeup akan kembali menempel pada kulit. Walaupun terasa mubazir, pastikan selalu gunakan kapas bersih untuk membersihkan wajah Anda, ya!


Selain itu, pastikan pula cairan cleansing water dituang secukupnya ke kapas. Bila ada bagian kapas yang kering, gesekan pada kulit akan lebih terasa dan dapat menyebabkan masalah kulit.

Gunakanlah cotton bud untuk membersihkan area sempit pada wajah yang sulit dijangkau

Gunakanlah cotton bud untuk membersihkan area sempit pada wajah yang sulit dijangkau

Untuk membersihkan riasan tebal pada mata seperti smokey eyes, gunakanlah cotton bud. Cukup dengan basahkan cotton bud dengan cleansing water, lalu bersihkan makeup Anda. Item inilah yang kerap dibutuhkan untuk membersihkan makeup selain kapas.     


Sebagai tips, putarlah cotton bud secara perlahan selama membersihkan makeup. Dengan memutarnya, noda makeup akan terangkat sempurna tanpa kembali mengotori kulit Anda. Lebih efektif, bukan? 

Jika Anda khawatir akan residu dari cleansing water, bilaslah dengan air hangat

Jika Anda khawatir akan residu dari cleansing water, bilaslah dengan air hangat

Setelah membersihkan wajah dengan cleansing water, sebenarnya tidak perlu lagi membilasnya dengan air. Namun, jika Anda khawatir adanya residu dari surfaktan atau kulit terasa tidak nyaman, bilaslah lagi dengan air hangat. Kami pun menyarankan Anda untuk mengaplikasikan lotion yang biasa Anda pakai setelah memakai cleansing water.


Cleansing water sendiri pada dasarnya memiliki kemampuan membersihkan yang lemah. Akan tetapi, berkat efek usapan dari kapas, daya pembersihnya meningkat. Karena itu, jika Anda belum pernah memakainya, periksalah tipe dan kondisi kulit Anda terlebih dahulu. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, gunakanlah cleansing water sekaligus pembersih yang biasa Anda pakai. Setelah terbiasa, Anda bisa perlahan-lahan menggantinya dengan cleansing water saja.

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini!

Selain produk cleansing water, Anda mungkin sedang mencari produk pembersih lainnya, misalnya untuk membersihkan waterproof makeup. Tak jarang dibutuhkan kombinasi produk cleansing lainnya untuk memastikan kulit wajah Anda benar-benar bersih. Untuk itu, silakan membaca rekomendasi berbagai produk pembersih di bawah ini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda mengetahui manfaat dan kelebihan penggunaan cleansing water? Selain memiliki banyak kelebihan, penggunaan cleansing water juga dapat menghemat waktu membersihkan wajah. Sebaiknya, gunakanlah produk ini dengan lembut dan jangan terlalu kuat saat mengusap wajah.

Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Pilihlah cleansing water yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang sedang dialami. Jangan lupa juga untuk memeriksa kandungannya sebelum membeli!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Dengan metode double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Double cleansing perlu dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kulit kombinasi, maupun kulit sensitif. Pria dan wanita sama-sama dapat melakukan double cleansing sejak remaja agar kulit tampak glowing. Nah, artikel ini berisi poin-poin yang dapat membantu Anda memilih produk double cleansing yang bagus. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk terbaik, di antaranya double cleansing merk Viva, Wardah, dan Nivea. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merk Bioré, DHC, Hada Labo, dan lainnya. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil, sampai yang non-comedogenic.Kali ini, mybest original review akan membahas tuntas cleansing oil yang sedang populer. Seluruh kegiatan review dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan mempertimbangkan dua hal berikut.1. Kemampuan membersihkan makeup2. Kandungan bahanSetelah itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh cleansing oil terbaik untuk berbagai jenis kulit. Mari temukan produk terbaik bagi Anda dengan kulit berminyak, sensitif, ataupun berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah produk pembersih wajah yang 90% kandungannya terdiri dari air. Produk ini memungkinkan Anda membersihkan wajah lebih cepat karena diformulasikan dengan molekul micellar yang mampu menangkap kotoran. Itulah sebabnya micellar water menjadi makin populer belakangan ini. Garnier, Nivea, Wardah, dan Bioderma adalah sebagian merk yang memproduksi micellar water berkualitas.Banyaknya produk ini di pasaran mungkin membuat Anda jadi bingung memilih. Namun, tidak perlu khawatir, kami akan membagikan beberapa tips praktis dalam memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi micellar water terbaik yang bagus dan berkualitas. Simak, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang bagus. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merk terkenal, seperti The Body Shop, Pond's, dan Clinique juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Membersihkan wajah adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Saat ini dunia skincare diramaikan dengan pembersih wajah yang mampu menutrisi kulit, salah satunya cleansing balm. Pembersih ini memiliki bentuk yang solid dibanding jenis pembersih wajah lainnya. Kendati demikian, cleansing balm akan meleleh pada suhu tubuh. Anda pun bisa menemukan cleansing balm merek lokal terbaik dengan mudah.Di artikel ini, kami menyiapkan tips dan memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Beberapa merek cleansing balm lokal seperti Somethinc, Lumier, dan Fanbo ada dalam rekomendasi kami. Selamat menyimak!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makeup remover adalah produk pembersih wajah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa makeup dan kotoran yang menempel akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Saat ini, ada berbagai jenis makeup remover yang tersedia di pasaran.Agar Anda dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, kami akan membagikan tips memilih makeup remover. Sepuluh makeup remover terbaik juga telah kami siapkan sebagai rekomendasi produk. Anda dapat menemukan makeup remover yang bagus dari Garnier, Safi, Wardah, dan Nivea di dalam artikel ini. Yuk, simak informasinya!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori