• 10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gym Ball Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru (Terbaru Tahun 2022)

Gym ball adalah alat pendukung olahraga yang mudah digunakan di rumah. Bola ini dapat dipakai sebagai pengganti kursi dan efektif untuk memperbaiki postur tubuh misalnya tulang panggul. Ada berbagai merek gym ball yang bisa Anda temukan, seperti Kettler, Go Fit, dan Eelic.


Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan mengenai tips memilih gym ball yang bagus. Kami juga akan menyertakan beberapa rekomendasi produk, termasuk gym ball untuk ibu hamil. Simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda. Mari temukan gym ball terbaik untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Apa saja kegunaan gym ball?

Apa saja kegunaan gym ball?

Gym ball sangat populer tidak hanya untuk latihan gym, tetapi juga untuk latihan di rumah. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa duduk di atas bola akan memberi Anda efek latihan. Oleh karena itu, gym ball makin disukai orang-orang yang ingin berolahraga sambil menonton TV atau membaca buku. Kegiatan ini tanpa disadari dapat melatih otot tubuh dan mencegah sakit punggung.


Selain itu, gym ball juga membantu menggerakkan bagian otot halus yang biasanya tidak digunakan. Hal ini lantaran adanya guncangan tidak teratur saat Anda duduk di atas bola. Besar harapannya, gym ball dapat melatih seluruh otot tubuh dan meningkatkan metabolisme. Untuk itu, gym ball juga direkomendasikan bagi Anda yang sedang diet. 


Gym ball juga banyak digunakan sebagai birthing ball. Pada dasarnya, birth ball menyerupai gym ball, tetapi diameter ukurannya lebih besar, antara 65–75 cm. Selain itu, gym ball yang bisa digunakan sebagai birthing ball haruslah tidak licin dan tidak mudah pecah. Jadi, ibu hamil bisa menggunakannya dengan aman.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Kelebihan utama dari gym ball adalah unsur ketidakseimbangan atau instability yang diberikannya. Hal ini mengharuskan badan Anda untuk bekerja lebih keras dalam menjaga stabilitas tubuh ketika melakukan exercise. Latihan stabilitas tubuh ini sangatlah penting untuk kesehatan. Makin stabil dan kokoh tubuh Anda, makin rendah risiko terkena cedera ketika bergerak dan beraktivitas.


Alasan utama gym ball digunakan sebagai kursi kantor adalah karena gym ball dapat mengurangi risiko pegal-pegal dan kaku di pinggang. Salah satu hal yang membuat otot pinggang kaku dan pegal adalah ketika Anda duduk dan tidak bergerak dalam waktu yang lama. 


Dengan menggunakan gym ball, tubuh dipaksa untuk selalu melakukan pergerakan-pergerakan kecil untuk menjaga keseimbangannya. Pergerakan-pergerakan ini akan membuat otot pinggang Anda tetap lentur dan tidak kaku. Jika Anda sering mengalami sakit dan pegal-pegal di pinggang ketika duduk, coba ganti kursi anda dengan gym ball!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gym ball

Pernahkah Anda berpikir untuk membeli sebuah gym ball, tetapi akhirnya bingung karena ada begitu banyak pilihan? Nah, silakan jadikan poin berikut sebagai acuan Anda untuk memilih.

Sesuaikan ukuran bola dengan tinggi badan Anda

Sesuaikan ukuran bola dengan tinggi badan Anda

Pilih ukuran diameter gym ball sesuai dengan tinggi badan Anda karena hal ini akan memengaruhi kenyamanan dan keamanan penggunaannya.

  • Untuk tinggi badan 165 cm atau kurang, pilihlah bola berdiameter 55 cm
  • Apabila tinggi badan Anda 165–185 cm, pilihlah bola berdiameter 65 cm
  • Jika tinggi Anda 185 cm atau lebih, pilihlah bola berdiameter 75 cm

Jika Anda memilih ukuran bola yang tidak sesuai dengan tubuh, efek latihan akan berkurang setengahnya. Jadi, penting untuk mengetahui ukuran bola yang cocok untuk Anda terlebih dahulu. Kemudian, pilihlah bola dengan warna favorit Anda dan fungsi yang diinginkan.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Diameter bola yang dibeli harus disesuaikan dengan exercise dan latihan yang ingin dilakukan. Misalnya, Anda ingin menggunakan gym ball untuk melakukan exercise di posisi duduk. Pastikan lutut dan pinggul Anda berada di posisi 90 derajat ketika Anda duduk di gym ball-nya. 


Jika ukurannya gym ball-nya terlalu besar atau kecil, akan sulit bagi Anda untuk menapak dan duduk dengan nyaman. Maka dari itu, penting sekali membeli ukuran gym ball yang tepat.

Sesuaikan kapasitas beban dengan latihan Anda

Sesuaikan kapasitas beban dengan latihan Anda

Memeriksa kapasitas beban gym ball sangat diperlukan jika Anda melakukan hard training. Ada beberapa produk yang tidak memiliki label keterangan kapasitas beban. Jadi, Anda yang ingin melakukan banyak olahraga dengan gym ball sebaiknya menghindari produk seperti itu. Hal ini lantaran kapasitas beban sangat berpengaruh terhadap keselamatan penggunaan.


Selain itu, jika bahannya tahan lama dan tebal, Anda dapat menggunakannya dengan lebih tenang. Jadi, penting juga untuk memeriksa bahan gym ball.


Gym ball bisa digunakan sebagai pengganti kursi ataupun untuk melakukan peregangan ringan. Walaupun latihan ringan, Anda tetap perlu memastikan bahwa kapasitas beban gym ball cukup untuk menopang berat badan Anda. Jika berat badan Anda dan kapasitas beban tidak cocok, ada risiko bola hancur atau patah. Jadi, berhati-hatilah!

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Makin empuk gym ball, efek ketidakseimbangan atau instability-nya akan makin besar sehingga latihan dan exercise akan menjadi lebih sulit. Makin keras gym ball, efek ketidakseimbangan akan makin kecil sehingga exercise dan latihan akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Jika Anda baru pertama kali menggunakan gym ball, saya sarankan agar memilih gym ball yang tidak terlalu empuk.


Cara lain untuk mengatur keempukan dari gym ball adalah dengan mengubah banyaknya udara yang Anda isi ke dalamnya. Makin banyak udara dalam gym ball-nya, gym ball tersebut akan makin keras. Makin sedikit isi udaranya, gym ball tersebut akan menjadi makin empuk.


Atur kadar udara dalam gym ball-nya sesuai dengan kapasitas tubuh Anda. Jika terlalu sulit untuk menjaga keseimbangan, isikan lagi udaranya hingga gym ball menjadi lebih stabil. Jika terlalu mudah, Anda dapat mengurangi isi udaranya supaya gym ball menjadi lebih tidak stabil.

Pilihlah tipe non-burst dengan struktur ganda yang sulit dihancurkan

Pilihlah tipe non-burst dengan struktur ganda yang sulit dihancurkan

Jika Anda menginginkan gym ball yang lebih aman, pilihlah tipe non-burst. Tipe non-burst memiliki struktur dua lapis, memungkinkan udara keluar secara perlahan bahkan jika lubang dibuka. Hal ini menjadikan tipe non-burst lebih aman dalam keadaan darurat. Tidak akan bahaya jika tiba-tiba jatuh ke lantai.


Gym ball memang pada dasarnya tidak mudah untuk dipecahkan. Namun, mungkin saja Anda bisa cedera jika udara keluar saat gym ball digunakan. Jadi, Anda yang ingin melakukan hard training dengan gym ball harus memilih tipe non-burst.

Periksa keberadaan aksesori lain

Ada gym ball yang dijual bersama dengan aksesori seperti DVD dan tali. Kami akan memperkenalkan aksesori khas dari gym ball, silakan perhatikan ulasan berikut ini.

DVD atau tali latihan, membantu pemula cepat terbiasa

DVD atau tali latihan, membantu pemula cepat terbiasa

Jika Anda baru mengenal latihan gym ball, kami merekomendasikan aksesori DVD atau tali latihan. Gym ball mungkin akan sulit digunakan oleh Anda yang masih pemula. Untuk itu, sebaiknya gunakan DVD sebagai panduan sampai Anda terbiasa dan bisa latihan dengan lancar.


Selain itu, mengikuti gerakan yang dicontohkan DVD akan membuat Anda bisa berolahraga dengan lebih efisien. Anda juga dapat menaikkan level sedikit demi sedikit untuk meningkatkan motivasi. Jika gym ball sudah disertai tali latihan, Anda dapat melatih otot punggung dengan menarik tali tersebut. Jenis latihan yang dapat Anda lakukan juga akan menjadi lebih bervariasi.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Tidak hanya otot punggung, dengan tali latihan dan gym ball, Anda bisa melatih hampir seluruh bagian tubuh. Bagian tubuh tersebut mulai dari tangan, bahu, dada, hingga otot kaki. Pastikan Anda melakukan latihan dengan perlahan dan sesuai dengan kapasitas tubuh Anda. Sehubungan dengan itu, latihan dengan gym ball bisa berisiko terjatuh dan cedera jika terlalu sulit.

Inflator, agar Anda bisa segera menggunakan gym ball

Inflator, agar Anda bisa segera menggunakan gym ball

Apabila sudah dilengkapi inflator, Anda dapat menggunakan gym ball sesegera mungkin. Inflator adalah barang yang harus dimiliki untuk gym ball yang tidak bisa ditiup dengan mulut. Jika Anda membeli inflator secara terpisah, harganya akan lebih mahal.


Jadi, pastikan Anda memeriksa apakah inflator sudah termasuk atau belum. Jika Anda membeli inflator secara terpisah atau ingin menggunakan inflator yang sudah dimiliki, periksalah kesesuaian ukurannya.

Pegangan, lebih aman dipakai anak-anak

Pegangan, lebih aman dipakai anak-anak

Jika Anda memilih gym ball untuk anak kecil, pilihlah bola dengan pegangan. Akan mudah bagi anak kecil untuk memegang gym ball yang memiliki pegangan. Selain itu, bola tidak akan menggelinding dan lebih aman dengan dudukan bola.


Pegangan gym ball juga akan berguna bagi orang dewasa yang masih pemula. Terlebih bagi Anda yang menggunakannya sebagai kursi, dudukan bola akan sangat membantu. Pemula dapat mengangkat kaki dan duduk dengan nyaman di atas bola. Aksesori ini sangat berguna dalam latihan.

10 Rekomendasi gym ball terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gym ball terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 16 Agustus 2022:

Berdasarkan riset kami sebelumnya, Gymnic Arte 55 BRQ menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Miisoo Gym Ball memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andy Widjaja.

Gambar produk
1
Miisoo Gym Ball 1

Miisoo

2
Speeds LX 019-1 1

Speeds

3
Happyfit Anti Burst Gym Ball 65 cm 1

Happyfit

4
Fits SFIDN FITS Gym Yoga Ball 1

Fits

5
Kettler Exercise Ball 65 Cm 1

Kettler

6
Happyfit Kids Gym Ball 45cm 1

Happyfit

7
Domyos Resist 60 Cm Kids' Gym Space Hopper 1

Domyos

8
Reebok Gymball - 65 cm 1

Reebok

9
Livepro Anti-Burst Core-Fit Exercise Ball 1

Livepro

10
Go Fit Guide Ball - Pro Grade Stability Ball 75 cm 1

Go Fit

Nama produk

Gym Ball

LX 019-1

Anti Burst Gym Ball 65 cm

SFIDN FITS Gym Yoga Ball

Exercise Ball 65 Cm

Kids Gym Ball 45cm

Resist 60 Cm Kids' Gym Space Hopper

Gymball - 65 cm

Anti-Burst Core-Fit Exercise Ball

Guide Ball - Pro Grade Stability Ball 75 cm

Keunggulan

Bertekstur garis, menjadikan gym ball ini makin antiselip!

Produk dalam negeri yang berkualitas internasional

Gym ball berkualitas jempolan, aman untuk digunakan ibu hamil

Partner terbaik untuk olahraga gym, pilates, atau yoga

Lebih stabil dengan permukaan berteksturnya

Bahannya antiselip, makin aman digunakan si kecil berolahraga atau bermain

Berdesain gambar lucu khusus untuk anak-anak

Rahasia bugar dan langsing untuk Anda

Kuat dan tahan lama dengan material berkualitas

Bonus video panduan untuk olahraga yang optimal

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 65.500,00Rp 175.000,00Rp 98.000,00Rp 199.500,00Rp 148.000,00Rp 216.000,00Rp 399.000,00Rp 193.500,00Rp 410.000,00
Ukuran bola65 cm 55 cm65 cm65 cm65 cm45 cm60 cm65 cm 65 cm75 cm
Kapasitas bebanTidak ada keterangan Tidak ada keterangan125 kg150 kg130 kgTidak ada keterangan60 kg110 kg450 kg900 kg
Tipe non-burstxx
Aksesori lainInflatorInflatorInflatorInflatorInflatorInflatorPegangan InflatorxTraining DVD, inflator
Tautan produk
10

Go FitGuide Ball - Pro Grade Stability Ball 75 cm

Mulai dari Rp 410.000,00

Ukuran bola75 cm
Kapasitas beban900 kg
Tipe non-burstx
Aksesori lainTraining DVD, inflator
9

LiveproAnti-Burst Core-Fit Exercise Ball

LP8201-65

Mulai dari Rp 193.500,00

Ukuran bola65 cm
Kapasitas beban450 kg
Tipe non-burst
Aksesori lainx
8
Ukuran bola65 cm
Kapasitas beban110 kg
Tipe non-burst
Aksesori lainInflator
7

DomyosResist 60 Cm Kids' Gym Space Hopper

Mulai dari Rp 216.000,00

Ukuran bola60 cm
Kapasitas beban60 kg
Tipe non-burst
Aksesori lainPegangan
6
Ukuran bola45 cm
Kapasitas bebanTidak ada keterangan
Tipe non-burst
Aksesori lainInflator
5
Ukuran bola65 cm
Kapasitas beban130 kg
Tipe non-burst
Aksesori lainInflator
4
Ukuran bola65 cm
Kapasitas beban150 kg
Tipe non-burst
Aksesori lainInflator
3

HappyfitAnti Burst Gym Ball 65 cm

Mulai dari Rp 175.000,00

Ukuran bola65 cm
Kapasitas beban125 kg
Tipe non-burst
Aksesori lainInflator
2
Ukuran bola55 cm
Kapasitas bebanTidak ada keterangan
Tipe non-burst
Aksesori lainInflator
1
Ukuran bola65 cm
Kapasitas bebanTidak ada keterangan
Tipe non-burstx
Aksesori lainInflator

Tips menggunakan gym ball sebagai kursi

Tips menggunakan gym ball sebagai kursi

Banyak yang ingin menggunakan gym ball sebagai kursi, tetapi khawatir apakah bisa menggunakannya dengan baik. Namun, jika Anda mengetahui beberapa tips berikut ini, Anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah.


Saat duduk dengan gym ball sebagai kursi, duduklah tepat di atas bola. Kemudian, tekuk lutut 90 derajat dan regangkan punggung dengan kuat. Duduk dengan posisi yang benar dalam waktu lama cukup sulit. Jadi, tidak apa-apa untuk melakukan posisi yang benar hanya dalam beberapa menit. Anda bisa meningkatkan waktunya secara bertahap jika sudah terbiasa.


Jika Anda memiliki postur tubuh yang benar selama beberapa menit sehari, otot Anda akan terlatih secara alami. Ini membuat gym ball mudah untuk dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mengharapkan efek yang baik dari latihan menggunakan gym ball jika dilakukan terus-menerus.

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Sebelum menggunakan gym ball untuk latihan dan duduk, harap periksa dahulu kadar udaranya. Anda bisa memeriksanya dengan cara memegang dan menekan gym ball menggunakan tangan.


Terkadang, gym ball bisa kehilangan kadar udaranya, tiba-tiba menjadi lebih empuk, dan lebih tidak stabil dari biasanya. Maka dari itu, supaya badan Anda tidak kaget dan tidak terjatuh saat memakainya, selalu cek dulu apakah gym ball-nya butuh diisikan udara lagi atau tidak.

Baca juga rekomendasi produk untuk olahraga di rumah lainnya di sini

Selain gym ball, ada item lain yang bisa Anda gunakan untuk latihan sendiri di rumah. Item yang dimaksud antara lain adalah matras yoga dan dumbell. Untuk itu, silakan baca artikel item lain yang bisa Anda gunakan di rumah untuk berolahraga di sini.

Kesimpulan

Gym ball sekilas memang tampak sama. Namun, sesungguhnya ada berbagai tipe gym ball dengan bermacam-macam ukuran dan tingkat ketahanan. Selain itu, ada banyak aksesori yang juga disertakan bersama gym ball.

Aksesori ini sangat penting dan dapat mendukung latihan Anda menggunakan gym ball. Jadi, jangan sampai salah pilih! Semoga artikel kami mempermudah Anda untuk menemukan gym ball yang paling cocok untuk Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Artikel ini sudah ditinjau oleh fitness coach kami, Akbar Kharisma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Memilih pakaian olahraga atau sportswear yang tepat membuat Anda makin nyaman berolahraga. Legging menjadi salah satu pakaian olahraga yang wajib dimiliki oleh wanita. Anda perlu memilih bahan legging yang bagus untuk berolahraga. Namun, masih ada beberapa poin lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih legging sport.Kami akan berbagi tips untuk memilih legging sport yang nyaman dan modis untuk wanita. Kami juga memberikan rekomendasi merek legging olahraga terbaik, seperti Puma, Nike, dan adidas. Ada juga merek sportswear lokal yang bagus dari Miniletics dan legging hijab dari HIA Everywear. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • 10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Resistance Band Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Resistance band dapat membantu Anda untuk latihan kekuatan atau strength training tanpa mengangkat beban. Resistance band baik digunakan untuk meningkatkan massa otot dan kekuatan, membantu pull-up, stretching, bahkan untuk terapi. Resistance band juga mudah dibawa bepergian dan dapat digunakan di mana saja.Ada berbagai jenis resistance band di e-commerce. Manakah yang bagus untuk program workout Anda? Di bawah ini kami membagikan tips memilih beserta rekomendasi produk dari merek Happyfit, The Republic of Svarga, Kettler, dan lainnya. Simak juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori