10 Rekomendasi Kaos Kaki Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kaos Kaki Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat melakukan kegiatan outdoor seperti hiking atau naik gunung, akan lebih baik jika Anda mengenakan kaos kaki khusus yang mampu mencegah agar kaki tidak kedinginan atau cepat lelah. Kaos kaki outdoor semacam ini biasanya juga didesain untuk memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan jauh.

Saat ini, ada banyak motif dan desain modis kaos kaki outdoor yang tersedia di pasaran. Akan tetapi, banyak di antara kita yang tidak tahu kriteria seperti apa yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kaos kaki outdoor yang tepat dan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik agar Anda dapat menikmati kegiatan outdoor dengan lebih nyaman!

Daftar isi

Mengapa Anda membutuhkan kaos kaki outdoor?

Mengapa Anda membutuhkan kaos kaki outdoor?

Salah satu rekreasi outdoor yang populer di antara kaum muda hingga orang tua adalah mendaki gunung. Meskipun aktivitas ini menarik dan setiap orang dapat menikmatinya dengan mudah, ada banyak kasus di mana sering kali kegiatan mendaki gunung menyebabkan luka atau cedera bagi mereka yang pertama kali mencobanya, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan kakinya. Untuk mencegah timbulnya masalah seperti itu, ada baiknya Anda memilih kaos kaki berkinerja tinggi yang didesain untuk kegiatan outdoor.

Kaos kaki outdoor yang tepat akan menahan guncangan dan tetap memberikan kenyamanan saat Anda melakukan pendakian gunung dengan medan yang sulit. Hal ini menjadi poin yang sangat penting untuk diperhatikan saat melakukan pendakian. Berbeda dengan kaos kaki biasa, kaos kaki outdoor memiliki ketebalan yang pas untuk mencegah gesekan di dalam sepatu sehingga Anda akan terhindar dari lecet. Kaos kaki ini juga mampu menyerap guncangan dari tanah dan mengurangi rasa lelah pada kaki.

Selain itu, kaos kaki outdoor juga biasanya dbuah dari bahan yang breathable dan menyerap keringat sehingga nyaman digunakan di saat cuaca panas dan sangat efektif mencegah kaki kedinginan akibat keringat saat cuaca dingin. Jika rasa sakit dan kelelahan di kaki muncul pada saat mendaki gunung, tentu hal ini akan membuat Anda tidak bisa menikmati kegiatan outdoor, bukan? Oleh karena itu, pilihlah kaos kaki yang cocok dan pas untuk kaki Anda agar pendakian bisa terasa nyaman hingga akhir.

Cara memilih kaos kaki outdoor

Meskipun keberadaan kaos kaki outdoor tidak mencolok di antara peralatan outdoor lainnya, memilih produk kaos kaki outdoor yang berkualitas dapat memberikan banyak manfaat seperti mencegah kaki kedinginan dan mengurangi rasa lelah pada kaki. Agar Anda bisa menikmati lebih banyak lagi aktivitas di luar ruangan, mari pahami bagaimana cara memilih kaos kaki outdoor yang tepat!

Pilih ukuran yang pas dengan kaki dan sepatu Anda

Sama halnya seperti kaos kaki biasa, salah satu poin penting dalam memilih kaos kaki outdoor adalah memilih ukuran yang tepat sehingga sempurna untuk kaki, aktivitas, ataupun sepatu Anda.

Jangan pilih kaos kaki yang ukurannya lebih besar!

Jangan pilih kaos kaki yang ukurannya lebih besar!

Memilih kaos kaki dengan ukuran yang pas dengan ukuran kaki Anda adalah poin penting yang perlu diperhatikan. Meskipun ada beberapa orang yang memilih ukuran yang lebih longgar dengan alasan tidak ingin kaki mereka merasa terikat kencang, hal itu sebenarnya tidak baik untuk kaki Anda. Kaos kaki biasanya akan melebar saat dipakai sehingga saat Anda memilih kaos kaki dengan ukuran yang lebih besar, ada kemungkinan kaos kaki yang bertambah lebar tersebut akan menyebabkan bagian tumit tergelincir saat Anda berjalan.

Ukuran kaos kaki mungkin sulit dipilih karena biasanya tersedia dalam range tertentu. Namun jika ukuran kaki Anda 27 cm, sementara ukuran yang tersedia adalah 25 cm – 27 cm dan 27 cm – 29 cm, pilihlah ukuran 25 cm – 27 cm. Dianjurkan untuk mengambil ukuran yang lebih besar dari range ukuran yang tertulis sebagai acuan.

Pilih kaos kaki yang panjangnya lebih dari tinggi sepatu

Pilih kaos kaki yang panjangnya lebih dari tinggi sepatu

Pilihlah tinggi kaos kaki dengan mempertimbangkan keseimbangannya dengan tinggi sepatu. Jika Anda mengenakan sepatu middle-length, pilihlah kaos kaki dengan tinggi menengah juga. Dengan menyesuaikan panjang kaos kaki dan tinggi sepatu, Anda akan lebih nyaman mengenakannya.

Sebaliknya, jika Anda memilih kaos kaki yang lebih pendek daripada tinggi sepatu, ada kemungkinan hal ini dapat menyebabkan kaos kaki tergelincir di dalam sepatu dan mengakibatkan kaki lecet. Untuk mencegah masalah pada kaki, penting untuk memilih kaos kaki dengan tinggi yang sesuai dengan sepatu Anda.

Pilih bahan yang sesuai dengan aktivitas Anda

Untuk mendapatkan kenyamanan saat mengenakannya, penting untuk memilih bahan kaos kaki outdoor yang tepat sesuai dengan aktivitas Anda.

Bahan wol direkomendasikan untuk cuaca dingin

Bahan wol direkomendasikan untuk cuaca dingin

Kenakanlah kaos kaki tebal dengan persentase bahan wol yang tinggi untuk kegiatan outdoor dalam cuaca dingin. Di antara bahan wol pun, bahan kaos kaki outdoor yang paling direkomendasikan untuk cuaca dingin adalah merino wool. Merino wool sangat baik dalam menahan panas sehingga bisa mencegah timbulnya masalah pada kaki akibat kedinginan.

Bahan dengan isolasi termal tinggi untuk cuaca panas

Bahan dengan isolasi termal tinggi untuk cuaca panas

Isolasi panas juga penting dalam memilih kaos kaki outdoor yang tepat untuk cuaca panas. Kaos kaki berbahan 100% katun biasa sulit dikeringkan ketika terlanjur basah, dan bisa mengakibatkan kaki Anda kedinginan jika kaos kaki ini basaha karena hujan atau keringat. Jadi, bahan ini tidak direkomendasikan untuk kaos kaki outdoor.

Mungkin memang tidak diperlukan kaos kaki setebal untuk cuaca dingin. Asalkan tidak terlalu tebal, kaos kaki dengan bahan isolasi termal tinggi sangat tepat untuk cuaca panas sekalipun. Anda bisa memilih bahan wol yang tipis, bahan breath thermo dengan fungsi kontrol suhu, atau bahan merino wool, yang dapat memberikan efek isolasi termal meskipun tidak terlalu tebal.

Periksa fungsionalitasnya dengan baik

Agar bisa menikmati kegiatan outdoor dengan nyaman dan tanpa merasa stres, mari kita lihat poin-poin penting dalam memilih kaos kaki yang fungsional berikut ini.

Pilih yang unggul fungsi bantalannya

Pilih yang unggul fungsi bantalannya

Bantalan merupakan poin penting dalam memilih kaos kaki outdoor yang baik untuk meminimalisasi beban pada kaki ketika Anda berjalan dalam jangka waktu yang lama seperti saat hiking atau mendaki gunung. Terutama bila Anda memakai sepatu dengan sol yang keras, penting untuk memilih kaos kaki yang tebal. Disarankan untuk memilih kaos kaki dengan ketebalan padat dengan rajutan bertumpuk.

Kaos kaki dengan model rajutan bertumpuk memiliki bantalan yang sangat bagus sehingga penggunaan kaos kaki ini tidak akan menimbulkan rasa lelah yang terakumulasi dan memberikan rasa nyaman yang tinggi. Jika Anda menghindari pemakaian kaos kaki yang terlalu tebal, misalnya saat cuaca panas, Anda dapat memilih kaos kaki yang hanya dirancang lebih tebal dan memiliki bantalan pada bagian telapaknya saja. Mengenakan kaos kaki yang tebal akan mempersempit celah dengan sepatu sehingga penting untuk memilih ukuran pas untuk mencegah terjadinya lecet pada kaki Anda.

Pemrosesan ion perak berfungsi sebagai deodoran dan antibakteri

Pemrosesan ion perak berfungsi sebagai deodoran dan antibakteri

Banyaknya kelenjar keringat pada kaki membuat kaki mudah berkeringat dan menjadi tempat sumber bau. Memilih bahan dengan breathability yang memungkinkan sirkulasi udara yang lancar, biasanya cukup efektif dalam membuat keringat menyebar dengan lebih baik. Akan tetapi, bila Anda harus mengenakan kaos kaki tebal saat cuaca panas, tentunya Anda akan memilih bahan dengan efek deodoran dan antibakteri, bukan?

Jika Anda menginginkan efek deodoran dan antibakteri yang tinggi, kami merekomendasikan bahan merino wool yang sebelumnya telah diperkenalkan sebagai bahan yang unggul dalam retensi panas atau kaos kaki yang ditambahkan ion perak dalam proses pembuatannya.

Bahan cool max yang menyerap kelembapan dan cepat kering

Bahan cool max yang menyerap kelembapan dan cepat kering

Bahan yang direkomendasikan untuk Anda yang mencari kaos kaki dengan penyerapan kelembapan tinggi dan pengeringan yang cepat adalah cool max. Keringat akan diserap dengan kuat dan disebarkan, kemudian udara dari luar juga akan mengalir masuk dengan baik sehingga kaos kaki lebih cepat kering. Kaki Anda akan terasa nyaman tanpa kepanasan.

Jika Anda mudah berkeringat, memilih kaos kaki dengan model lima jari terpisah juga lebih efektif dalam mencegah masalah jari kaki Anda. Kaos kaki semacam ini bisa menyerap keringat dengan lebih baik di antara jari-jari kaki Anda.

Kombinasi wol dan serat sintetis untuk daya tahan yang lebih baik

Kombinasi wol dan serat sintetis untuk daya tahan yang lebih baik

Hiking dan berjalan dengan jalur yang panjang bisa menimbulkan dampak yang cukup besar yang ditransmisikan ke kaki. Jika Anda mencari kaos kaki outdoor yang kuat terhadap guncangan, daya tahan tinggi juga penting untuk menjadi pertimbangan. Anda dapat memilih bahan wol yang dicampur dengan serat sintetis yang memiliki daya tahan tinggi seperti nilon atau polyester.

Kaos kaki yang menggunakan benang merinosupin dicampur dengan merino wool dan polyester direkomendasikan karena memiliki daya tahan yang kuat. Bahan tersebut kuat terhadap gesekan dan tidak mudah tergelincir saat digunakan.

10 Rekomendasi kaos kaki outdoor terbaik

Setelah mengetahui cara memilih kaos kaki outdoor, berikut kami rekomendasikan 10 produk kaos kaki outdoor terbaik. Pilihlah kaos kaki outdoor yang paling sesuai sebagai penunjang aktivitas Anda!

10. Sable Compression Sock

10. Sable Compression Sock

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.231.810

Kaos kaki outdoor untuk mengurangi kelelahan dan pembengkakan otot

Kaos kaki outdoor produksi Sable ini diciptakan untuk melengkapi segala aktivitas outdoor Anda, mulai dari hiking, lari, bersepeda, hingga mendaki gunung. Sable Compression Sock didesain untuk mengurangi rasa lelah dan pembengkakan pada kaki yang biasanya ditimbulkan oleh aktivitas tersebut.

Penggunaan bahan yang lembut dan nyaman dengan campuran 90% nilon, 5% karet, 3% spandex, dan 2% polyester, menawarkan fleksibilitas yang tinggi pada kaos kaki ini saat dikenakan. Teknologi kompresi yang ditanamkan pada kaos kaki outdoor ini mampu memberi dorongan maksimal pada sirkulasi darah dan oksigen pada kaki sehingga dapat mencegah pembentukan asam laktat dan memulihkan otot dengan lebih cepat.

9. MudGear Trail Socks 1/4 Crew

9. MudGear Trail Socks 1/4 Crew

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 794.000

Kaos kaki outdoor yang tahan air dan lumpur

Jika Anda lebih menyukai kaos kaki outdoor dengan panjang tidak terlalu tinggi di atas ankle, MudGear Trail Socks 1/4 Crew dapat menjadi pilihan! Kaos kaki outdoor produksi Amerika ini dirancang dengan peredaman penuh untuk olahraga outdoor dalam jangka waktu lama. Kaos kaki outdoor dari MudGear ini juga tidak mudah menyerap air dan lumpur sehingga sangat cocok digunakan untuk hiking.

Kaos kaki outdoor ini memiliki lapisan ventilasi pada permukaan atas dan lengkungan bawah kaki sehingga memperlancar sirkulasi udara dan mencegah kaki agar tidak terlalu lembap. Bahan spandek yang digunakan untuk pergelangan kaos kaki ini cukup ketat untuk menghalangi masuknya kotoran dan debu ke dalam. Selain itu, alas kaki yang terbuat dari cushion yang lembut dan empuk memberikan kenyamanan tinggi saat digunakan.

8. Feetures Elite Ultra Light Quarter Sock

8. Feetures Elite Ultra Light Quarter Sock

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 879.000

Kaos kaki outdoor yang didesain sesuai dengan anatomi kaki manusia

Elite Ultra Light Quarter Sock merupakan salah satu produk kaos kaki outdoor tercanggih yang diproduksi oleh Feetures. Kaos kaki ini didesain untuk menargetkan kompresi pada kaki dengan teknologi sock-lock yang telah dipantenkan yang menjadikan kaos kaki Feetures lebih nyaman saat dikenakan. Bahan ultra light yang dipilih untuk kaos kaki outdoor ini membuatnya hanya membutuhkan sedikit ruang pada sepatu Anda.

Dengan menggunakan bahan serat iWick, kaos kaki outdoor ini dapat menjaga kelembapan kaki agar tetap sejuk dan kering. Kaos kaki outdoor dari Feetures ini memiliki desain yang sesuai dengan anatomi kaki Anda sehingga lebih pas saat dikenakan, memberi kenyamanan, dan melindungi kaki dari lecet dengan lebih maksimal.

7. Berghaus Men’s Hiking Midweight Crew Sock

7. Berghaus Men's Hiking Midweight Crew Sock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Kaos kaki outdoor ekonomis dengan teknologi pencegah selip

Berghaus menawarkan kaos kaki outdoor dengan harga yang ekonomis untuk produk yang mampu menjaga kaki Anda tetap sejuk dan kering saat melakukan aktivitas outdoor yang melelahkan. Berghaus Men’s Hiking Midweight Crew Sock ini menggunakan bahan merino wool yang lembut yang memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan dan mengisolasinya.

Teknologi ion perak yang ada pada kaos kaki ini juga menjaga kaki agar bebas dari bau. Sementara itu, ergonomic holding system-nya akan membungkus erat tumit Anda sehingga mencegah terjadinya selip. Kaos kaki outdoor dari Berghaus ini didesain dengan bantalan empuk pada tumit dan jari-jari kaki untuk menjamin kenyamanan dan kehangatan yang maksimal.

6. Smartwool Men’s Hike Light Crew

6. Smartwool Men's Hike Light Crew

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 786.000

Kaos kaki outdoor yang menggunakan benang impor untuk kenyamanan yang tinggi

Salah satu kaos kaki outdoor yang cocok digunakan untuk kegiatan hiking atau berjalan jauh adalah Smartwool Men’s Hike Light Crew. Kaos kaki outdoor yang dibuat di Amerika ini menggunakan benang impor dengan presentase 69% merino wool, 30% nilon, dan 1% elastane. Kaos kaki dari Smartwool ini memiliki jahitan rajut yang rata yang memungkinkan Anda tetap merasa nyaman meski telah melakukan perjalanan yang jauh.

Smartwool mendesain kaos kaki outdoor-nya dengan teknologi pengukuh arch yang mampu menahan agar kaos kaki tetap pada tempatnya saat dikenakan dan memberi dukungan tambahan pada kaki. Bantalan yang empuk dan ringan dari kaos kaki ini juga didesain cocok untuk beragam jalur dan medan.

5. Mueller Graduated Compression Socks Recovery

5. Mueller Graduated Compression Socks Recovery

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 524.000

Kaos kaki outdoor dengan bahan ekslusif pelindung dari sinar UV

Mueller Graduated Compression Socks Recovery memiliki kemampuan untuk memperbaiki sirkulasi darah dan peredaran oksigen pada kaki, mulai dari pergelangan kaki hingga jari-jari kaki. Bahan kompresi yang digunakan untuk pembuatan kaos kaki ini didesain untuk membantu mengurangi getaran otot yang menyebabkan kelelahan dan nyeri saat melakukan perjalanan yang terlalu lama.

Kaos kaki outdoor dari Mueller ini juga menggunakan bahan eksklusif yang mampu melindungi kaki Anda dari paparan sinar UV. Selain itu, bahan yang digunakan mampu menyerap kelembapan, anti bau, dan juga antimikroba.

4. Icebreaker Mountaineer Mid Calf

4. Icebreaker Mountaineer Mid Calf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Kaos kaki outdoor yang mampu menyesuaikan dengan sepatu boot Anda

Icebreaker Mountaineer Mid Calf ini didesain untuk pendakian gunung dan kegiatan petualangan lainnya serta dilengkapi dengan bantalan yang padat dan tebal sehingga dapat memberikan kehangatan saat dikenakan pada cuaca dingin. Ketebalannya juga memberikan kenyamanan karena dirancang untuk menyesuaikan dengan sepatu boot Anda.

Bahannya yang terdiri dari 79% merino wool, 20% nilon, dan 1% lycra, menjadikan kaos kaki outdoor ini memiliki sirkulasi udara yang baik serta antibakteri. Teknik menjahit seamless pada bagian jari dan tumitnya memungkinkan kaos kaki outdoor ini melindungi kaki Anda dari goncangan dan mencegah terjadinya lecet saat melakukan perjalanan jauh.

3. Wigwam Cool Lite Hiker Pro Crew Socks

3. Wigwam Cool Lite Hiker Pro Crew Socks

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 290.000

Kaos kaki outdoor yang awet dan berkinerja tinggi

Wigwam adalah brand asal Amerika yang masih mempertahankan produksi kaos kaki rajutnya. Salah satu kaos kaki outdoor yang terkenal dari merek ini adalah Wigwam Cool Lite Hiker Pro Crew Socks dengan ukuran mid-weight yang mampu menjaga kaki Anda agar tetap kering dan nyaman selama melakukan kegiatan di luar ruangan.

Selain menjaga agar kaki tetap kering, sirkulasi udara yang baik dari kaos kaki outdoor ini juga mampu mengurangi bau dan kelembapan kaki. Kaos kaki ini juga memiliki bantalan yang membuatnya nyaman saat dikenakan. Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, kaos kaki outdoor dari Wigwam ini mampu mempertahankan kinerjanya hingga bertahun-tahun.

2. Injinji Outdoor Midweight Crew NuWool

2. Injinji Outdoor Midweight Crew NuWool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Pemisahan jari-jari kaki untuk mencegah gesekan antar kulit

Kaos kaki seri outdoor dari Injinji ini menggunakan bahan serat NuWool dan memiliki kinerja yang tinggi untuk memberikan kenyamanan pada kaki Anda. Dengan memanfaatkan karakteristik alami dari wool, kaos kaki ini ideal untuk dikenakan pada setiap cuaca.

Injinji Outdoor Midweight Crew NuWool ini mampu memberikan bantalan, stabilitas yang tinggi saat melakukan aktivitas outdoor untuk mencegah lecet pada kaki. Desainnya yang memisahkan setiap jari-jari kaki akan mengurangi gesekan antar kulit, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Kaos kaki outdoor ini juga dilengkapi mesh pada bagian punggung kaki untuk memastikan sirkulasi udara yang baik saat dikenakan.

1. Darn Tough Vermont Hiker Micro Crew Cushion

1. Darn Tough Vermont Hiker Micro Crew Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 883.000

Kaos kaki outdoor dengan antimikroba penghilang bau kaki

Darn Tough Vermont Hiker Micro Crew Cushion adalah kaos kaki yang dibuat menggunakan merino wool sebagai bahan utamanya sehingga menghasilkan kaos kaki outdoor yang breathable dan nyaman digunakan dalam segala kondisi. Dengan bahan yang berkualitas, kaos kaki ini tidak licin saat digunakan dan tidak membuat kaki melepuh meskipun dikenakan pada perjalanan jauh.

Kaos kaki outdoor dari Darn Tough Vermont ini juga cocok dikenakan pada semua cuaca. Produk yang dilengkapi dengan antimikroba ini juga dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakannya dalam jangka waktu lama. Teknik jahitan seamless yang ditanamkan pada kaos kaki outdoor Darn Tough Vermont ini memberikan kesan halus dan nyaman dikenakan.

Kesimpulan

Melindungi kaki dengan kaos kaki outdoor yang fungsional adalah hal yang sangat penting, terutama apabila Anda melakukan aktivitas outdoor yang berat. Anda tidak akan dapat menikmati aktivitas Anda apabila kaki cepat terasa lelah, lecet, dan kedinginan, bukan? Untuk itu, pemilihan kaos kaki outdoor yang tepat dapat menjadi langkah pencegahan timbulnya masalah pada kaki.

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kaos kaki outdoor kami kali ini? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu produk yang kami rekomendasikan? Semoga Anda dapat segera menemukan kaos kaki yang tepat untuk menemani kegiatan outdoor Anda, ya!