1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Perlengkapan outdoor
  6. >
  7. 9 Kaos Kaki Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 9 Kaos Kaki Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 9 Kaos Kaki Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 9 Kaos Kaki Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 9 Kaos Kaki Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 9 Kaos Kaki Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

9 Kaos Kaki Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Kaos kaki gunung atau kaos kaki outdoor sangat berguna saat digunakan untuk olahraga lari, mendaki gunung, ataupun hiking. Kaos kaki outdoor biasanya didesain panjang dan tebal dengan bahan yang anti bau dan anti lecet. Dengan begitu, kaki tidak mudah lelah dan kedinginan. Kaos kaki outdoor juga tersedia dalam berbagai desain dan corak untuk wanita, anak-anak, dan pria. 

Kami akan menjelaskan tips memilih kaos kaki outdoor yang bagus dan merekomendasikan produk dari merek terbaik, seperti Eiger, Berghaus, dan Merapi Mountain. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
Diperbaharui 10-28-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Alasan perlunya kaos kaki gunung

Alasan perlunya kaos kaki gunung
Salah satu rekreasi outdoor yang populer di antara kaum muda hingga orang tua adalah mendaki gunung. Namun, cedera kaki bisa saja terjadi, khususnya bagi pemula yang baru pertama kali mencoba mendaki gunung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih kaus kaki yang didesain khusus untuk kegiatan outdoor.


Saat Anda melakukan hiking atau pendakian, pilihlah kaus kaki outdoor yang mampu meredam guncangan dari tanah dan mengurangi rasa lelah. Jadi, Anda akan tetap merasa nyaman saat melakukan pendakian gunung dengan medan yang sulit. Kaus kaki outdoor memiliki ketebalan yang pas guna mencegah gesekan dalam sepatu. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari lecet dan kulit melepuh.


Kaus kaki outdoor biasanya dibuat dari bahan breathable yang menyerap keringat sehingga nyaman digunakan saat cuaca panas. Bahan kaus kaki outdoor yang tebal dan efektif menghangatkan kaki saat cuaca dingin. 


Tentu Anda tidak ingin rasa sakit dan lelah di kaki muncul saat mendaki gunung, bukan? Pilihlah kaus kaki yang pas agar pendakian bisa terasa nyaman hingga akhir. Jangan lupa membawa lebih dari satu pasang kaus kaki sebagai cadangan sesuai dengan lama perjalanan Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kaos kaki gunung

Kaus kaki gunung mungkin jarang diperhitungkan di antara peralatan outdoor lainnya. Namun, memilih kaus kaki gunung yang berkualitas dapat mencegah kaki kedinginan dan mengurangi rasa lelah. Mari pahami cara memilih kaus kaki gunung yang tepat di bawah ini!

① Ketahui ukuran yang pas dengan kaki dan sepatu Anda

Sama halnya seperti kaus kaki biasa, salah satu poin penting dalam memilih kaus kaki outdoor adalah ukuran. Carilah ukuran yang sesuai dengan ukuran kaki, sepatu, serta aktivitas Anda.

Hindari memilih kaos kaki yang ukurannya lebih besar untuk mencegah melar

Hindari memilih kaos kaki yang ukurannya lebih besar untuk mencegah melar

Pilihlah ukuran kaus kaki yang pas dengan ukuran kaki Anda. Sebagian orang memilih ukuran yang sedikit longgar dengan alasan tidak ingin kesempitan. Padahal, kaus kaki akan melar saat dipakai. Jika Anda memilih kaus kaki berukuran lebih besar, kaus kaki tersebut tentu akan bertambah melar. Bagian tumitnya bisa bergeser dan membuat Anda merasa tidak nyaman saat berjalan.


Ukuran kaus kaki mungkin sulit dipilih karena biasanya tersedia dalam range tertentu. Nah, jika ukuran kaki Anda adalah 27 cm, sedangkan ukuran yang tersedia adalah 25–27 cm dan 27–29 cm, pilihlah ukuran 25–27 cm. Kami sarankan Anda mengambil ukuran yang lebih kecil sebagai acuan dari range ukuran yang tertulis.


Di sisi lain, jangan memilih kaus kaki dengan ukuran yang terlalu kecil. Kaus kaki yang terlalu kecil akan cepat rusak dan berlubang sehingga fungsinya tidak optimal saat digunakan.

Pastikan panjang kaos kaki melebihi tinggi sepatu agar kaki tidak lecet dan tergelincir

Pastikan panjang kaos kaki melebihi tinggi sepatu agar kaki tidak lecet dan tergelincir
Pilihlah tinggi kaus kaki dengan mempertimbangkan keseimbangannya dengan tinggi sepatu. Jika Anda mengenakan sepatu middle cut, pilihlah kaus kaki dengan tinggi menengah juga. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman saat mengenakannya.


Apa yang terjadi apabila Anda memilih kaus kaki yang lebih pendek daripada tinggi sepatu? Ada kemungkinan kaus kaki malah tergelincir di dalam sepatu atau membuat kaki Anda lecet. Untuk mencegah terjadinya hal-hal tadi, pilihlah kaus kaki dengan tinggi yang sesuai dengan sepatu Anda.

② Pilih bahan kaos kaki outdoor yang sesuai dengan kondisi cuaca

Penting juga untuk memilih bahan kaus kaki outdoor yang tepat sesuai dengan cuaca. Dengan begitu, kenyamanan Anda saat mengenakannya akan meningkat.

Bahan wol, direkomendasikan untuk cuaca dingin

Bahan wol, direkomendasikan untuk cuaca dingin
Kenakanlah kaus kaki tebal dengan persentase bahan wol yang tinggi untuk kegiatan outdoor saat cuaca dingin. Bahan yang paling direkomendasikan untuk cuaca dingin adalah merino wool. Merino wool sangat baik dalam menahan panas sehingga bisa mencegah timbulnya masalah pada kaki akibat kedinginan.

Bahan dengan isolasi thermal, lebih cocok untuk cuaca panas

Bahan dengan isolasi thermal, lebih cocok untuk cuaca panas
Kaus kaki berbahan 100% katun biasa sulit kering ketika terlanjur basah. Hal ini bisa mengakibatkan kaki Anda kedinginan apabila kaus kaki basah karena hujan atau keringat. Jadi, bahan 100% katun tidak direkomendasikan untuk kaus kaki outdoor.


Asalkan tidak terlalu tebal, kaus kaki outdoor dengan bahan isolasi thermal yang tinggi bisa dipakai pada cuaca panas. Anda bisa memilih bahan wol yang tipis atau bahan breath thermo yang dapat menyesuaikan dengan suhu. Selain itu, Anda dapat memilih bahan merino wool untuk memberikan efek isolasi thermal meskipun tidak terlalu tebal.

③ Periksa dengan baik fungsi yang dimiliki

Selanjutnya, lihatlah poin-poin penting dalam memilih kaus kaki dari sisi fungsi yang dimilikinya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati kegiatan outdoor dengan nyaman tanpa rasa stres.

Padding atau bantalan yang tebal: Meminimalkan beban dan mencegah lecet

Padding atau bantalan yang tebal: Meminimalkan beban dan mencegah lecet
Kaus kaki outdoor yang baik umumnya dirancang dengan padding atau bantalan. Bantalan bertujuan untuk meminimalkan beban pada kaki ketika berjalan dalam waktu lama, seperti saat hiking. Jika Anda memakai sepatu bersol keras, pilihlah kaus kaki yang tebal. Anda juga bisa memilih kaus kaki dengan rajutan bertumpuk.


Kaus kaki dengan model rajutan bertumpuk biasanya memiliki bantalan yang bagus. Penggunaan kaus kaki semacam ini akan mengurangi timbulnya rasa lelah pada kaki dan memberikan kenyamanan. 


Bagaimana jika Anda tidak ingin memakai kaus kaki yang terlalu tebal, misalnya saat cuaca panas? Pilihlah kaus kaki yang dirancang lebih tebal serta memiliki bantalan hanya pada bagian telapaknya. Mengenakan kaus kaki yang tebal di bagian telapak akan mempersempit celah dengan sepatu. Jadi, carilah ukuran yang pas untuk mencegah terjadinya lecet pada kaki Anda.

Bahan dengan kandungan ion perak: Bersifat antibakteri dan antibau

Bahan dengan kandungan ion perak: Bersifat antibakteri dan antibau
Banyaknya kelenjar keringat pada kaki membuat kaki mudah berkeringat dan mudah berbau. Maka dari itu, pilihlah bahan yang breathable alias memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahan ini membuat keringat menyebar dengan lebih baik. Bagaimana jika Anda harus mengenakan kaus kaki tebal saat cuaca panas? Nah, Anda sebaiknya memilih bahan dengan efek deodoran dan antibakteri.


Jika Anda menginginkan kaus kaki dengan bahan antibakteri dan tinggi deodoran, kami merekomendasikan bahan merino wool. Bahan ini memiliki kemampuan retensi panas. Anda juga bisa memilih kaus kaki outdoor yang pada bahannya sudah dilengkapi dengan ion perak.

Bahan Coolmax: Mampu menyerap kelembapan dan cepat kering

Bahan Coolmax: Mampu menyerap kelembapan dan cepat kering

Coolmax adalah bahan yang kami rekomendasikan apabila Anda membutuhkan kaus kaki yang cepat kering dan memiliki penyerapan kelembapan yang tinggi. Bahan ini menyerap keringat dengan cepat dan menyebarkannya. Kemudian, udara dari luar juga akan mengalir masuk dengan baik sehingga kaus kaki lebih cepat kering. Hasilnya, kaki Anda akan terasa nyaman tanpa kepanasan.


Jika kaki Anda mudah berkeringat, Anda juga bisa memilih kaus kaki dengan model lima jari terpisah. Kaus kaki semacam ini bisa menyerap keringat di antara jari-jari kaki Anda dengan lebih baik.

Bahan kombinasi wol dan serat sintetis: Daya tahannya lebih baik

Bahan kombinasi wol dan serat sintetis: Daya tahannya lebih baik
Kegiatan mendaki gunung berbeda dengan hiking biasa atau ketika Anda berjalan kaki. Kegiatan ini dapat memberikan beban yang cukup besar pada kaki Anda. Di samping mencari kaus kaki outdoor yang tahan guncangan, Anda juga perlu mempertimbangkan daya tahannya. Anda dapat memilih bahan wol dengan serat sintetis yang berdaya tahan tinggi seperti nilon atau poliester.


Anda juga bisa memilih kaus kaki yang menggunakan benang merino spin yarn yang merupakan campuran bahan merino wool dan poliester. Campuran benang tersebut memiliki daya tahan yang kuat. Bahan tersebut juga kuat terhadap gesekan dan tidak mudah tergelincir saat digunakan.

9 Rekomendasi kaos kaki gunung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk kaos kaki outdoor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Eiger

Hiking Socks

Eiger Hiking Socks 1枚目

Bahan yang nyaman untuk berbagai petualangan di luar ruang

2

Berghaus

Men’s Hiking Midweight Crew Sock

Berghaus Men’s Hiking Midweight Crew Sock 1枚目

Harga bersahabat dengan fungsi maksimal!

3

Merapi Mountain

Hiking Socks

Merapi Mountain Hiking Socks 1枚目

Cegah tergelincir dengan karet di bagian alas kaos kaki

4

Aonijie

Sport Socks

Aonijie Sport Socks  1枚目

Kaki sering melepuh saat hiking? Tidak lagi dengan memakai produk ini!

5

Injinji

Outdoor Midweight Crew NuWool

Injinji Outdoor Midweight Crew NuWool 1枚目

Satu produk multifungsi untuk berbagai aktivitas outdoor Anda!

6

Mueller Sports Medicine

Graduated Compression Socks Performance

Mueller Sports Medicine Graduated Compression Socks Performance 1枚目

Ucapkan selamat tinggal pada kaki nyeri dan lelah saat hiking!

7

Naturehike

Thin Wool Socks

Naturehike Thin Wool Socks 1枚目

Kurangi kelelahan pada kaki dengan teknologi peredam getaran!

8

Consina

Kaos Kaki 02

Consina Kaos Kaki 02 1枚目

Penggunaan bahan mesh membuat kaki bebas dari gerah

9

Wigwam

Cool-Lite Hiker Crew

Wigwam Cool-Lite Hiker Crew 1枚目

Awet dan berkinerja tinggi dengan bahan yang kuat

Perincian produk
Close
No.1

Bahan yang nyaman untuk berbagai petualangan di luar ruang

Kaus kaki yang didesain khusus untuk hiking dari Eiger ini menggunakan bahan Coolmax sehingga kaki akan selalu kering dan terasa sejuk. Produk ini sangat nyaman untuk menemani Anda bertualang melakukan berbagai kegiatan outdoor. Anda bisa memilih warna merah atau biru sesuai dengan selera agar mood saat hiking juga bisa meningkat.
No.2

BerghausMen’s Hiking Midweight Crew Sock

Mulai dari Rp42.900,00

Harga bersahabat dengan fungsi maksimal!

Berghaus menawarkan kaus kaki outdoor dengan harga paling bersahabat di antara produk lainnya! Kaus kaki outdoor ini pilihan yang pas untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Meski terjangkau, produk ini sudah memadukan bahan merino wool dan Primaloft. Primaloft sendiri merupakan bahan dengan tingkat kehangatan dan daya tahan tinggi.

Teknologi ergonomic holding system pada kaus kaki ini akan membungkus erat tumit Anda sehingga mencegah terjadinya selip. Selain itu, bantalan empuk pada tumit dan jari-jari kaki menjamin kenyamanan dan kehangatan yang maksimal. Kombinasi yang sangat pas untuk membungkus kaki Anda saat hiking, bukan?
No.3

Cegah tergelincir dengan karet di bagian alas kaos kaki

Kaus kaki yang sering bergeser di dalam sepatu dan membuat telapak kaki lecet tentu akan mengganggu kegiatan hiking. Kaus kaki semata kaki dari Merapi Mountain didesain dengan karet di bawah pergelangan kaki hingga ke punggung telapak kaki. Dengan begitu, kaus kaki tidak akan bergeser saat Anda berjalan. Produk dari merek lokal ini juga memiliki ukuran yang fleksibel.

No.4

AonijieSport Socks E4095

Mulai dari Rp120.000,00

Kaki sering melepuh saat hiking? Tidak lagi dengan memakai produk ini!

Keunggulan dari kaus kaki produksi Aonijie ini adalah jahitannya yang halus sehingga dapat mencegah terjadinya kaki melepuh. Pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, bukan? Selain itu, penggunaan bahan breathable dan cepat kering mampu menjadikan kaki bebas keringat dan antibau.

Kaus kaki ini memiliki desain tumit berbentuk huruf Y untuk menopang tumit dengan lebih baik. Hal ini juga memastikan agar posisi kaus kaki tidak bergeser meskipun Anda menggunakannya saat lari atau menempuh rute hiking yang panjang. Produk ini juga dilengkapi dengan 3D spots pada punggung kaki dan solnya untuk menambah gesekan agar kaus kaki tidak licin.
No.5

InjinjiOutdoor Midweight Crew NuWool

Mulai dari Rp290.000,00

Satu produk multifungsi untuk berbagai aktivitas outdoor Anda!

Selain dapat digunakan untuk hiking, kaus kaki ini juga cocok dikenakan saat bersepeda dan berlari. Jadi, apabila frekuensi kegiatan outdoor Anda sangat sering, produk ini sangat pas untuk dipilih. Terlebih lagi, kaus kaki ini menggunakan bahan serat NuWool yang lembut, antibau, dan mampu mengatur suhu.

Kaus kaki ini juga berteknologi arch support sehingga memiliki stabilitas tinggi saat Anda melakukan aktivitas berat. Sebagai tambahan, produk ini dilengkapi mesh pada bagian punggung kaki untuk memastikan sirkulasi udara lancar saat dikenakan. Kaki pun makin terhindar dari rasa gerah!
No.6

Mueller Sports MedicineGraduated Compression Socks Performance42020X

Mulai dari Rp880.000,00

Ucapkan selamat tinggal pada kaki nyeri dan lelah saat hiking!

Kaus kaki outdoor dari Mueller diklaim dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan peredaran oksigen pada kaki. Bagi Anda yang peduli pada kesehatan, produk ini bisa dijadikan pilihan. Bahan kompresinya juga didesain mampu mengurangi getaran otot penyebab kelelahan dan nyeri saat berjalan lama.

Tidak hanya itu, bahan kaus kaki outdoor ini juga mampu melindungi kaki Anda dari paparan sinar UV. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika harus berjalan di bawah terik matahari dalam waktu yang lama. Bahan yang digunakan pun efektif menyerap kelembapan pada kaki. Sangat nyaman untuk hiking, bukan?
No.7

NaturehikeThin Wool Socks

Mulai dari Rp134.000,00

Kurangi kelelahan pada kaki dengan teknologi peredam getaran!

Kaus kaki outdoor ini memiliki teknologi inspissate heel yang kuat sehingga mampu meredam getaran dengan baik. Dengan demikian, kaus kaki ini sangat pas untuk Anda yang sering hiking dengan membawa ransel yang berat. Jangan khawatir pula karena produk ini menggunakan bahan wol lembut untuk memastikan kaki Anda tetap nyaman selama perjalanan.
No.8

ConsinaKaos Kaki 02

Mulai dari Rp65.000,00

Penggunaan bahan mesh membuat kaki bebas dari gerah

Penggunaan bahan light mesh yang mengelilingi kaki menjadikan kaus kaki Consina memiliki sirkulasi udara yang baik. Pastinya produk ini sangat pas dikenakan untuk Anda yang ingin mencegah rasa lembap dan gerah berlebihan. Selain untuk berbagai aktivitas outdoor, kaus kaki ini juga nyaman digunakan ketika Anda berolahraga di dalam ruangan.
No.9

WigwamCool-Lite Hiker Crew

Mulai dari Rp290.000,00

Awet dan berkinerja tinggi dengan bahan yang kuat

Selain menjaga kaki tetap kering, pengontrol kelembapan pada kaus kaki ini mampu mengurangi risiko lecet atau kaki melepuh. Penggunaan bahan polyester dan nylon juga menjadikannya awet dipakai dalam jangka waktu lama. Produk ini pilihan tepat untuk Anda yang rutin mendaki gunung atau melakukan berbagai kegiatan outdoor lainnya!

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Apa pun bahan kaus kaki yang Anda pilih, saya sarankan untuk melepasnya jika ada kesempatan. Hal ini berguna agar kulit kaki bisa bernafas langsung dengan udara terbuka. Saat dilepas, Anda bisa mengangin-anginkan kaus kaki atau dijemur jika ada sinar matahari. Dengan demikian, kaus kaki akan kembali nyaman saat dipakai lagi.

Baca juga rekomendasi sepatu dan perlengkapan lainnya untuk kegiatan outdoor di sini

Setelah membahas tentang kaus kaki outdoor, tentu kurang lengkap apabila tidak membahas sepatu dan perlengkapan lainnya untuk kegiatan outdoor. Untuk itu, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini! Kami telah membahas sepatu untuk trekking dan hiking serta perlengkapan outdoor, seperti topi rimba dan trekking poles. Selamat membaca!

Kesimpulan

Jika Anda sering melakukan aktivitas outdoor, melindungi kaki dengan kaus kaki outdoor adalah hal yang sangat penting. Anda tidak akan dapat menikmati aktivitas Anda apabila kaki cepat terasa lelah, lecet, atau kedinginan, bukan?


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kaus kaki outdoor kami kali ini? Apakah Anda tertarik mencoba salah satu produk yang direkomendasikan? Semoga Anda dapat segera menemukan kaus kaki yang tepat untuk menemani kegiatan outdoor!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer