• 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)

Dewasa ini, headlamp menjadi salah satu peralatan yang paling penting untuk kegiatan outdoor seperti hiking, camping, caving, dan sejenisnya. Beraneka model dan jenis headlamp dapat Anda beli dengan mudah. Manakah yang cocok untuk Anda?

Kali ini kami akan menjelaskan poin penting cara memilih headlamp yang baik serta memberi Anda rekomendasi headlamp terbaik, yang bisa menjadi referensi Anda untuk memilih headlamp yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari terangi trek yang gelap dengan headlamp!
  • Pembaharuan terakhir: 27 Mei 2020
  • 7.659 Views
Daftar isi

Headlamp sangat diperlukan untuk pendakian

Saat ini kegiatan outdoor seperti mendaki gunung telah menjadi kegiatan yang semakin populer. Namun, pendakian yang dilakukan tanpa persiapan bisa menjadi sangat berbahaya. Untuk itu, pertama-tama kami akan menjelaskan mengapa headlamp sangat penting untuk menjadi salah satu perlengkapan pendukung saat pendakian.

Headlamp tetap diperlukan untuk pendakian di siang hari

Headlamp tetap diperlukan untuk pendakian di siang hari
Banyak orang berpikir bahwa pendakian di siang hari tidak memerlukan headlamp. Namun, kondisi medan tidak dapat diprediksi dan cuaca di puncak gunung sering berubah-ubah. Meskipun Anda berencana untuk pulang disaat hari masih cerah, terkadang situasi bisa berbeda dengan yang Anda bayangkan. Di saat cuaca di atas gunung mendadak berubah, suasana akan menjadi sangat gelap dan jarak pandang Anda akan menjadi sangat pendek karena terhalang kabut yang tebal.
Jika jarak pandang terbatas saat Anda berjalan di medan yang tidak biasa Anda kenali/ lalui, perjalanan Anda akan sangat berbahaya dan bahkan bisa mengakibatkan cedera. Untuk menghindari resiko itu, pastikan Anda membawa headlamp sebagai peralatan pendukung saat mendaki.

Lampu senter saja tidaklah cukup

Lampu senter saja tidaklah cukup
Meskipun Anda tidak membawa headlamp, sebenarnya Anda dapat menggunakan lampu senter atau flashlight pada smartphone sebagai alat penerangan. Namun, pada kondisi tertentu di saat Anda berada di tempat yang memiliki jarak pandang terbatas, lampu senter saja tidak cukup membantu penglihatan Anda. Karena itulah Anda juga perlu membawa headlamp supaya lebih aman.

Cara memilih headlamp

Setelah menjelaskan pentingnya membawa headlamp saat mendaki, berikutnya kami akan menjelaskan poin penting cara memilih headlamp yang baik. Oleh karena itu, simaklah baik-baik tips yang dapat memudahkan Anda menemukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pilih tipe lampu yang sesuai dengan kondisi

Ada beragam tipe lampu pada headlamp. Sebaiknya, pilihlah lampu dengan pencahayaan yang sesuai dengan kondisi dan medan yang akan Anda tempuh. Kami akan memperkenalkan tiga tipe lampu pada headlamp, silakan diperhatikan dengan seksama!

Long distance mode : menghasilkan cahaya kuat untuk jarak jauh

Long distance mode : menghasilkan cahaya kuat untuk jarak jauh
Lampu dengan mode jarak jauh adalah tipe lampu yang mampu memberi penerangan jarak jauh dengan rentang cahaya yang sempit. Tipe lampu ini dapat memberi penerangan yang sangat tajam, bahkan untuk situasi yang sangat gelap pada malam hari dan fajar. Karena memiliki intensitas cahaya yang sangat kuat, konsumsi daya pada lampu jenis ini lebih besar. Selain itu, lampu jenis ini bisa menjadi berbahaya jika Anda memandang langsung pada sumber cahaya, karena kekuatan cahayanya dapat menyebabkan mata Anda sakit. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakannya.

Short distance mode : menghasilkan cahaya yang lebar

Short distance mode : menghasilkan cahaya yang lebar
Lampu dengan mode jarak dekat adalah tipe lampu yang dapat memberi penerangan lebih lebar dengan cahaya yang tidak terlalu kuat. Lampu tipe ini mengkonsumsi lebih sedikit daya, sehingga lebih hemat energi dan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, lampu jenis ini sangat ideal untuk berkemah atau pendakian di siang hari. Karena cahayanya tidak terlalu fokus ke depan, lampu ini kurang cocok untuk penerangan jarak jauh.

Red light : ideal untuk penerangan di malam hari

Red light : ideal untuk penerangan di malam hari
Lampu dengan red light memiliki pencahayaan yang sangat baik, bahkan saat malam hari. Cahaya dari lampu tipe ini tidak terlalu merangsang pupil, sehingga lebih aman untuk mata. Selain itu, lampu tipe ini sangat ideal untuk membantu penglihatan pada malam hari dan juga cocok digunakan untuk berkemah. Biasanya lampu jenis ini disediakan sebagai fungsi pelengkap yang terpisah dengan lampu utama, maka sebaiknya periksalah headlamp yang akan Anda beli, untuk memastikan apakah headlamp tersebut dilengkapi dengan red light.

Pilihlah strap yang kuat, yang bisa disesuaikan ukurannya

Pilihlah strap yang kuat, yang bisa disesuaikan ukurannya
Bagian strap untuk memasang headlamp juga perlu diperhatikan untuk keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Jika strap headlamp terlalu rapuh dan tipis, maka headlamp akan mudah bergeser dan terjatuh saat Anda melakukan aktivitas. Sebaiknya pilihlah strap headlamp yang lebih tebal, tahan lama, dan mudah disesuaikan ukurannya. Dengan begitu, headlamp dapat terpasang dengan baik di kepala dan tidak mudah bergeser meskipun Anda banyak bergerak saat beraktivitas.
Untuk jumlah strap-nya, headlamp dengan tiga strap lebih aman dan tidak mudah terjatuh. Namun, dalam keadaan darurat, headlamp dengan tiga strap cenderung kurang praktis saat dipakai atau dilepas. Jadi, pertimbangkan jumlah strap headlamp dan sesuaikan dengan keperluan saat Anda akan menentukan pilihan.

Pilih headlamp dengan tombol yang mudah dioperasikan

Pilih headlamp dengan tombol yang mudah dioperasikan
Pada dasarnya, headlamp digunakan saat gelap. Dalam kondisi yang gelap, tentunya kita tidak dapat melihat dengan jelas dan hanya dapat meraba tombol dengan tangan. Jadi, sebaiknya Anda memilih headlamp dengan tombol yang dapat dioperasikan dengan sederhana dan mudah. Dengan tombol yang mudah dioperasikan dan memiliki ukuran yang lebih besar, maka Anda dapat menghindari kesalahan saat menekan tombol. Selain itu, pastikan juga Anda akan dapat menekan tombol dengan mudah walau memakai sarung tangan sekalipun.

Tipe baterai yang baik untuk headlamp

Tipe baterai juga menjadi salah satu poin yang penting untuk mendukung performa headlamp. Selanjutnya, kami akan memperkenalkan tipe baterai yang baik untuk digunakan pada headlamp.

Penggunaan baterai lithium ion

Rata-rata headlamp dapat memakai berbagai jenis baterai yang sesuai ukuran, baik baterai biasa maupun lithium ion. Bila menggunakan baterai biasa, intensitas cahaya yang dihasilkan akan cenderung menurun seiring menurunnya daya pada baterai. Jika menggunakan baterai lithium ion, intensitas cahaya yang dihasilkan tidak mudah menurun sehingga daya pada baterai tidak akan cepat habis. Selain itu, lithium ion adalah jenis baterai yang dapat digunakan di berbagai kondisi, karena baterai jenis ini tahan terhadap suhu yang dingin. Untuk penggunaan baterai, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan untuk membawa baterai cadangan yang sejenis, dan yang bisa diisi ulang dayanya.

Pilih headlamp berdasarkan tempat baterainya

Ada dua jenis baterai pada headlamp dalam hal penempatan baterai, yaitu baterai yang terpasang pada bagian lampu dan baterai yang terpisah dengan lampu, yang dihubungkan dengan kabel.
Baterai yang terpasang pada bagian lampu memiliki struktur yang sederhana, yang memudahkan Anda untuk mengganti baterai. Namun, baterai jenis ini akan membuat bagian lampu menjadi lebih berat. Sedangkan baterai yang terpisah dengan lampu memiliki struktur yang lebih rumit, tetapi saat dikenakan akan terasa lebih seimbang. Jadi, sebaiknya Anda juga pertimbangkan jenis penempatan baterai pada headlamp yang sesuai dengan kenyamanan Anda saat menentukan pilihan.

Periksa tingkat ketahanan headlamp terhadap air

Periksa tingkat ketahanan headlamp terhadap air
Selanjutnya, mari kita perhatikan juga tingkat ketahanan headlamp terhadap air, agar tetap aman saat digunakan pada kondisi hujan atau cuaca ekstrim. Untuk headlamp yang tahan air, terkadang ada beberapa produk headlamp yang diberi nomor tingkatan ketahanan terhadap air. Tingkatan tersebut digunakan untuk mengukur seberapa tinggi ketahanan headlamp tersebut.
Tingkatan ketahanan terhadap air umumnya diukur dengan nilai IPX, mulai dari IPX-1 hingga IPX-8. Semakin tinggi angka IPX-nya, semakin tinggi pula tingkat ketahanannya terhadap air. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pilihan dalam hal ketahanan terhadap air, dari ukuran tingkatan tersebut, sesuai dengan medan yang akan Anda tempuh. Namun, tidak semua produk headlamp memiliki penjelasan ketahanan secara spesifik, dan pada umumnya hanya bertuliskan waterproof atau tahan air.

10 Rekomendasi headlamp terbaik

Berikut ini akan kami perkenalkan 10 rekomendasi headlamp terbaik berdasarkan kelebihannya. Setiap kelebihan akan berpengaruh pada knyamanan dan keamanan Anda saat melakukan pendakian. Jadi, pastikan Anda membandingkan setiap kelebihannya dan sesuaikan dengan medan yang akan Anda hadapi.
10
9
8
7

SunreeHangat Lampu

R4 162LM

Rp 382.000,00

6
5

RomushaHeadlamp T6

Rp 115.000,00

4
3
2
1

Tabel perbandingan produk headlamp terbaik

Gambar produk
1
Olight H2R Nova CW 1

Olight

2
Nitecore NU30 Headlamp 1

Nitecore

3
Acebeam H20 Senter Kepala LED 1

Acebeam

4
Jetbeam HP35 Headlamp 1

Jetbeam

5
Romusha Headlamp T6 1

Romusha

6
Eelic Lampu Senter Kepala Diving 1

Eelic

7
Sunree Hangat Lampu 1

Sunree

8
AloneFire HP20 Headlamp 1

AloneFire

9
Mitsuyama Headlamp 1

Mitsuyama

10
Naturehike Mini Headlamp 1

Naturehike

Nama produk

H2R Nova CW

NU30 Headlamp

H20 Senter Kepala LED

HP35 Headlamp

Headlamp T6

Lampu Senter Kepala Diving

Hangat Lampu

HP20 Headlamp

Headlamp

Mini Headlamp

KeunggulanMaksimal dalam penerangan j...Paling ideal untuk penerang...Desain ramping tetapi memil...Tak hanya di kepala, selipk...Kuat dan tahan banting, coc...Dapat dipakai untuk menyela...Headlamp minimalis dengan s...Headlamp untuk helm, dileng...Anti slip dan memiliki tiga...Headlamp mini yang ringan d...
HargaRp 1.582.000,00Rp 399.310,00Rp 905.000,00Rp 172.400,00Rp 115.000,00Rp 110.400,00Rp 382.000,00Rp 243.000,00Rp 0,00Rp 110.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Demikian tips cara memilih headlamp yang baik serta 10 rekomendasi headlamp terbaik dari kami, yang kami pilih berdasarkan kelebihannya masing-masing. Apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda? Bagi Anda para pendaki, tentunya sangat penting untuk memilih headlamp yang sesuai dengan kondisi dan medan yang akan Anda tempuh. Dengan menggunakan headlamp, maka pendakian Anda akan lebih aman dan nyaman. Ayo lengkapi perlengkapan Anda dengan headlamp, dan selamat berpetualang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    289.594 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    315.668 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena menyehatkan dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merek-merek ternama, seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Outdoor & sports
    114.996 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang berencana membeli sepeda hybrid, apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilihnya? Sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang dijual di pasaran keluaran merek ternama, misalnya Polygon, United, Pacific, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak sedikit pemula yang bingung soal patokan seperti apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih sepeda hybrid.Kali ini kami akan mengulas tentang sepeda hybrid yang direkomendasikan untuk pemula dengan harga cukup terjangkau namun berkualitas, dan mengurutkannya dalam format ranking. Kami akan membandingkan segi harga, kemampuan produk, dan ulasan dari pengguna yang sudah membelinya. Tentu saja kami juga akan menjelaskan tentang cara memilih sepeda hybrid yang tepat. Jadikanlah ulasan kami ini sebagai step awal serta referensi dalam menemukan sepeda hybrid yang paling cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    63.595 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    100.910 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bersepeda adalah olahraga yang dapat dinikmati oleh semua usia, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Salah satu merek sepeda buatan Indonesia yang cukup terkenal dan diminati banyak orang adalah Polygon. Mengingat banyak jenis sepeda yang ditawarkan Polygon, tentu sebagai pembeli Anda sering merasa kebingungan. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih sepeda Polygon terbaik. Tipe sepeda favorit seperti Polygon Urbano 13, Polygon Relic20, dan Polygon Cascade 2 juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca sampai tuntas dan pilih tipe yang Anda sukai, ya!
    Outdoor & sports
    28.569 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Raket Badminton Terbaik  (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang gemar bermain bulu tangkis, tas raket badminton akan sangat memudahkan Anda membawa raket. Bahkan, ada juga produk yang dilengkapi kompartemen tambahan untuk menyimpan perlengkapan lainnya. Sangat bermanfaat Anda gunakan misalnya saat pergi dari rumah ke lapangan, sasana olahraga, atau training camp, bukan?Agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tas raket badminton terbaik. Anda akan menemukan produk berkualitas keluaran VICTOR, Yonex, Adidas, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Outdoor & sports
    1.119 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori