10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Headlamp Terbaik Untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

Dewasa ini, headlamp menjadi salah satu peralatan yang paling penting untuk kegiatan outdoor seperti hiking, camping, caving, dan sejenisnya. Beraneka model dan jenis headlamp dapat Anda beli dengan mudah. Manakah yang cocok untuk Anda?

Kali ini kami akan menjelaskan poin penting cara memilih headlamp yang baik serta memberi Anda rekomendasi headlamp terbaik, yang bisa menjadi referensi Anda untuk memilih headlamp yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari terangi trek yang gelap dengan headlamp!

Daftar isi

Headlamp sangat diperlukan untuk pendakian

Saat ini kegiatan outdoor seperti mendaki gunung telah menjadi kegiatan yang semakin populer. Namun, pendakian yang dilakukan tanpa persiapan bisa menjadi sangat berbahaya. Untuk itu, pertama-tama kami akan menjelaskan mengapa headlamp sangat penting untuk menjadi salah satu perlengkapan pendukung saat pendakian.

Headlamp tetap diperlukan untuk pendakian di siang hari

Headlamp tetap diperlukan untuk pendakian di siang hari

Banyak orang berpikir bahwa pendakian di siang hari tidak memerlukan headlamp. Namun, kondisi medan tidak dapat diprediksi dan cuaca di puncak gunung sering berubah-ubah. Meskipun Anda berencana untuk pulang disaat hari masih cerah, terkadang situasi bisa berbeda dengan yang Anda bayangkan. Di saat cuaca di atas gunung mendadak berubah, suasana akan menjadi sangat gelap dan jarak pandang Anda akan menjadi sangat pendek karena terhalang kabut yang tebal.

Jika jarak pandang terbatas saat Anda berjalan di medan yang tidak biasa Anda kenali/ lalui, perjalanan Anda akan sangat berbahaya dan bahkan bisa mengakibatkan cedera. Untuk menghindari resiko itu, pastikan Anda membawa headlamp sebagai peralatan pendukung saat mendaki.

Lampu senter saja tidaklah cukup

Lampu senter saja tidaklah cukup

Meskipun Anda tidak membawa headlamp, sebenarnya Anda dapat menggunakan lampu senter atau flashlight pada smartphone sebagai alat penerangan. Namun, pada kondisi tertentu di saat Anda berada di tempat yang memiliki jarak pandang terbatas, lampu senter saja tidak cukup membantu penglihatan Anda. Karena itulah Anda juga perlu membawa headlamp supaya lebih aman.

Cara memilih headlamp

Setelah menjelaskan pentingnya membawa headlamp saat mendaki, berikutnya kami akan menjelaskan poin penting cara memilih headlamp yang baik. Oleh karena itu, simaklah baik-baik tips yang dapat memudahkan Anda menemukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pilih tipe lampu yang sesuai dengan kondisi

Ada beragam tipe lampu pada headlamp. Sebaiknya, pilihlah lampu dengan pencahayaan yang sesuai dengan kondisi dan medan yang akan Anda tempuh. Kami akan memperkenalkan tiga tipe lampu pada headlamp, silakan diperhatikan dengan seksama!

Long distance mode : menghasilkan cahaya kuat untuk jarak jauh

Long distance mode : menghasilkan cahaya kuat untuk jarak jauh

Lampu dengan mode jarak jauh adalah tipe lampu yang mampu memberi penerangan jarak jauh dengan rentang cahaya yang sempit. Tipe lampu ini dapat memberi penerangan yang sangat tajam, bahkan untuk situasi yang sangat gelap pada malam hari dan fajar. Karena memiliki intensitas cahaya yang sangat kuat, konsumsi daya pada lampu jenis ini lebih besar. Selain itu, lampu jenis ini bisa menjadi berbahaya jika Anda memandang langsung pada sumber cahaya, karena kekuatan cahayanya dapat menyebabkan mata Anda sakit. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakannya.

Short distance mode : menghasilkan cahaya yang lebar

Short distance mode : menghasilkan cahaya yang lebar

Lampu dengan mode jarak dekat adalah tipe lampu yang dapat memberi penerangan lebih lebar dengan cahaya yang tidak terlalu kuat. Lampu tipe ini mengkonsumsi lebih sedikit daya, sehingga lebih hemat energi dan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, lampu jenis ini sangat ideal untuk berkemah atau pendakian di siang hari. Karena cahayanya tidak terlalu fokus ke depan, lampu ini kurang cocok untuk penerangan jarak jauh.

Red light : ideal untuk penerangan di malam hari

Red light : ideal untuk penerangan di malam hari

Lampu dengan red light memiliki pencahayaan yang sangat baik, bahkan saat malam hari. Cahaya dari lampu tipe ini tidak terlalu merangsang pupil, sehingga lebih aman untuk mata. Selain itu, lampu tipe ini sangat ideal untuk membantu penglihatan pada malam hari dan juga cocok digunakan untuk berkemah. Biasanya lampu jenis ini disediakan sebagai fungsi pelengkap yang terpisah dengan lampu utama, maka sebaiknya periksalah headlamp yang akan Anda beli, untuk memastikan apakah headlamp tersebut dilengkapi dengan red light.

Pilihlah strap yang kuat, yang bisa disesuaikan ukurannya

Pilihlah strap yang kuat, yang bisa disesuaikan ukurannya

Bagian strap untuk memasang headlamp juga perlu diperhatikan untuk keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Jika strap headlamp terlalu rapuh dan tipis, maka headlamp akan mudah bergeser dan terjatuh saat Anda melakukan aktivitas. Sebaiknya pilihlah strap headlamp yang lebih tebal, tahan lama, dan mudah disesuaikan ukurannya. Dengan begitu, headlamp dapat terpasang dengan baik di kepala dan tidak mudah bergeser meskipun Anda banyak bergerak saat beraktivitas.

Untuk jumlah strap-nya, headlamp dengan tiga strap lebih aman dan tidak mudah terjatuh. Namun, dalam keadaan darurat, headlamp dengan tiga strap cenderung kurang praktis saat dipakai atau dilepas. Jadi, pertimbangkan jumlah strap headlamp dan sesuaikan dengan keperluan saat Anda akan menentukan pilihan.

Pilih headlamp dengan tombol yang mudah dioperasikan

Pilih headlamp dengan tombol yang mudah dioperasikan

Pada dasarnya, headlamp digunakan saat gelap. Dalam kondisi yang gelap, tentunya kita tidak dapat melihat dengan jelas dan hanya dapat meraba tombol dengan tangan. Jadi, sebaiknya Anda memilih headlamp dengan tombol yang dapat dioperasikan dengan sederhana dan mudah. Dengan tombol yang mudah dioperasikan dan memiliki ukuran yang lebih besar, maka Anda dapat menghindari kesalahan saat menekan tombol. Selain itu, pastikan juga Anda akan dapat menekan tombol dengan mudah walau memakai sarung tangan sekalipun.

Tipe baterai yang baik untuk headlamp

Tipe baterai juga menjadi salah satu poin yang penting untuk mendukung performa headlamp. Selanjutnya, kami akan memperkenalkan tipe baterai yang baik untuk digunakan pada headlamp.

Penggunaan baterai lithium ion

 Penggunaan baterai lithium ion

Rata-rata headlamp dapat memakai berbagai jenis baterai yang sesuai ukuran, baik baterai biasa maupun lithium ion. Bila menggunakan baterai biasa, intensitas cahaya yang dihasilkan akan cenderung menurun seiring menurunnya daya pada baterai. Jika menggunakan baterai lithium ion, intensitas cahaya yang dihasilkan tidak mudah menurun sehingga daya pada baterai tidak akan cepat habis. Selain itu, lithium ion adalah jenis baterai yang dapat digunakan di berbagai kondisi, karena baterai jenis ini tahan terhadap suhu yang dingin. Untuk penggunaan baterai, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan untuk membawa baterai cadangan yang sejenis, dan yang bisa diisi ulang dayanya.

Pilih headlamp berdasarkan tempat baterainya

 Pilih headlamp berdasarkan tempat baterainya

Ada dua jenis baterai pada headlamp dalam hal penempatan baterai, yaitu baterai yang terpasang pada bagian lampu dan baterai yang terpisah dengan lampu, yang dihubungkan dengan kabel.

Baterai yang terpasang pada bagian lampu memiliki struktur yang sederhana, yang memudahkan Anda untuk mengganti baterai. Namun, baterai jenis ini akan membuat bagian lampu menjadi lebih berat. Sedangkan baterai yang terpisah dengan lampu memiliki struktur yang lebih rumit, tetapi saat dikenakan akan terasa lebih seimbang. Jadi, sebaiknya Anda juga pertimbangkan jenis penempatan baterai pada headlamp yang sesuai dengan kenyamanan Anda saat menentukan pilihan.

Periksa tingkat ketahanan headlamp terhadap air

Periksa tingkat ketahanan headlamp terhadap air

Selanjutnya, mari kita perhatikan juga tingkat ketahanan headlamp terhadap air, agar tetap aman saat digunakan pada kondisi hujan atau cuaca ekstrim. Untuk headlamp yang tahan air, terkadang ada beberapa produk headlamp yang diberi nomor tingkatan ketahanan terhadap air. Tingkatan tersebut digunakan untuk mengukur seberapa tinggi ketahanan headlamp tersebut.

Tingkatan ketahanan terhadap air umumnya diukur dengan nilai IPX, mulai dari IPX-1 hingga IPX-8. Semakin tinggi angka IPX-nya, semakin tinggi pula tingkat ketahanannya terhadap air. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pilihan dalam hal ketahanan terhadap air, dari ukuran tingkatan tersebut, sesuai dengan medan yang akan Anda tempuh. Namun, tidak semua produk headlamp memiliki penjelasan ketahanan secara spesifik, dan pada umumnya hanya bertuliskan waterproof atau tahan air.

10 Rekomendasi headlamp terbaik

Berikut ini akan kami perkenalkan 10 rekomendasi headlamp terbaik berdasarkan kelebihannya. Setiap kelebihan akan berpengaruh pada knyamanan dan keamanan Anda saat melakukan pendakian. Jadi, pastikan Anda membandingkan setiap kelebihannya dan sesuaikan dengan medan yang akan Anda hadapi.

10. Naturehike Mini Headlamp

10. Naturehike Mini Headlamp

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 140.000

Headlamp mini yang ringan dan praktis

Naturehike Mini adalah headlamp dengan desain mini tetapi sangat fungsional, sangat cocok untuk Anda yang menginginkan headlamp yang kecil, ringan, dan praktis. Headlamp ini hanya memiliki berat 25 gram dan berukuran cukup kecil, sehingga sangat nyaman saat dikenakan di kepala. Headlamp ini memiliki tiga mode pencahayaan yang dapat disesuaikan, yaitu terang atau jarak jauh, sedang, dan SOS.

Dengan ketahanan IPX-6 yang tahan terhadap semprotan air dari segala arah, headlamp ini cukup aman untuk digunakan saat hujan. Tidak hanya praktis dan ringan, headlamp ini juga dapat di pasang pada topi jika Anda tidak ingin menggunakan strap saat mengenakannya.

9. Mitsuyama Headlamp

9. Mitsuyama Headlamp

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Anti slip dan memiliki tiga mode pencahayaan

Jika Anda menginginkan headlamp yang anti slip dan nyaman, maka Matsuyama Headlamp adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Tiga strap-nya dapat disesuaikan ukurannya dan terbuat dari bahan yang cukup tebal serta tidak mudah bergeser. Dengan tiga mode pencahayaan yang terang, membuat Anda dapat dengan mudah menyesuaikan pencahayaan di berbagai kondisi.

Headlamp ini juga memiliki tombol on/off yang cukup besar dan mudah untuk dioperasikan, sehingga sangat nyaman digunakan saat Anda menggunakan sarung tangan. Meskipun ukurannya tidak terlalu kecil dan posisi baterai yang terletak pada bagian lampunya, headlamp ini cukup ringan dan memiliki tiga strap yang dapat menjaga keseimbangan lampu dan membuatnya tetap nyaman saat dikenakan.

8. AloneFire HP20

8. AloneFire HP20

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 276.900

Headlamp untuk helm, dilengkapi dua lampu utama

AloneFire HP20 adalah headlamp yang dirancang khusus untuk Anda yang suka melakukan aktivitas outdoor dengan menggunakan helm, misalnya untuk bersepeda lintas alam dan menjelajah gua. Headlamp ini dilengkapi dengan dua buah lampu LED yang dapat menghasilkan cahaya yang cukup lebar dan cukup terang, dengan mode jarak dekat, sedang, dan jarak jauh.

Headlamp ini waterproof, relatif tahan air untuk kondisi tertentu. Selain itu, headlamp ini menggunakan dua buah baterai 18650, sehingga dapat beroperasi dalam waktu yang cukup lama. Dengan menggunaakan headlamp ini, Anda dapat mengisi daya baterai secara langsung pada headlamp saat bateri masih terpasang dengan menggunakan kabel USB.

7. Sunree R4 162

7. Sunree R4 162

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 332.000

Headlamp minimalis dengan strap yang fleksibel dan mudah disesuaikan

Bagi Anda yang menginginkan headlamp minimalis dengan strap yang fleksibel dan nyaman, maka Sunree R4 bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Headlamp ini memiliki strap berbahan lembut dan tipis, tetapi sangat elastis dan kuat, sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala dan sangat nyaman saat dikenakan. Selain elastis, strap pada headlamp ini juga dapat disesuaikan ukurannya.

Meskipun tombolnya tidak terlalu besar, tetapi posisi tombol terletak berada tepat di kepala lampu, sehingga cukup mudah untuk ditekan. Headlamp ini memiliki empat mode pencahayaan, yaitu redup, sedang, terang, dan jarak jauh. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan pencahayaan lampu dengan kondisi dan medan yang sedang Anda hadapi.

6. Eelic Las-DXQ5688

6. Eelic Las-DXQ5688

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 106.250

Dapat dipakai untuk menyelam, dengan harga terjangkau

Apakah Anda menginginkan headlamp yang juga dapat dipakai untuk menyelam? Jika iya, maka Eelic Las-DXQ5688 dapat menjawab keinginan Anda. Headlamp ini adalah satu-satunya headlamp berdaya tahan IP68 yang tahan terhadap tekanan air dan debu, meskipun terendam secara terus-menerus. Meskipun harganya cukup murah, tetapi headlamp ini tidak kalah fungsional dengan headlamp yang lebih mahal.

Headlamp ini memiliki strap yang terbuat dari karet elastis dan mudah disesuaikan ukurannya. Sistem tombolnya sederhana dan mudah dioperasikan, hanya satu tombol tetapi memiliki fungsi yang beragam. Fungsi tombol akan bekerja tergantung berapa kali Anda menekannya, misalnya sekali untuk cahaya sangat terang, dua kali untuk cahaya sedang, dan tiga kali untuk cahaya berkedip.

5. Romusha Headlamp

5. Romusha Headlamp

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 124.900

Kuat dan tahan banting, cocok untuk segala medan!

Bicara soal ketahanan, Romusha Headlamp adalah pilihan yang ideal untuk Anda yang suka mendaki di medan yang berat dan ekstrim. Headlamp ini memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap benturan dan juga air, sehingga cukup aman untuk digunakan pada segala medan dan cuaca. Lampunya sangat terang, dan dapat disesuaikan untuk jarak dekat dan jauh dengan memutar bagian lampunya.

Selain itu, headlamp ini juga memiliki empat mode untuk menyalakan cahaya, yaitu LED utama, kedua LED plasma, kedua LED plasma berkedip, dan LED utama dan kedua LED plasma secara bersamaan. Posisi dan ukuran tombol sangat ideal, sehingga sangat mudah dan nyaman untuk dioperasikan. Tempat baterai berada di bagian belakang, sehingga headlamp ini lebih seimbang saat dikenakan.

4. Jetbeam HP35

4. Jetbeam HP35

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 283.765

Tak hanya di kepala, selipkan di saku atau pakai di tangan pun OK

Jetbeam HP35 memiliki strap yang sangat lentur dan mount clipStrap-nya sangat mudah disesuaikan dan dirancang untuk dapat dikenakan tidak hanya di kepala saja. Selain strap berbahan nilon lentur yang sangat fleksibel, ukuran headlamp ini juga cukup kecil, sehingga dapat dipasang di tempat lain seperti saku, tas, dan pergelangan tangan. Praktis kan?

Lampunya sangat terang, sehingga cocok untuk cuaca yang ekstrim dan berkabut. Headlamp ini menggunakan tiga baterai sekaligus dalam pengoperasiannya, sehingga membuat headlamp ini mampu bertahan lebih lama saat digunakan. Dengan waterproof kelas IPX-6, produk ini cukup aman untuk digunakan saat hujan dan di lingkungan basah.

3. Acebeam H20

3. Acebeam H20

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 878.000

Desain ramping tetapi memiliki daya tahan yang kuat

Tampilannya yang slim tidak membuat Acebeam H20 memiliki daya tahan yang rapuh. Headlamp ini memiliki papan sirkuit yang dirancang khusus untuk menahan benturan, bahkan headlamp ini mampu bertahan saat terjatuh dari ketinggian 1.2 meter. Tentu saja headlamp ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda para pendaki medan berat.

Headlamp ini cukup aman digunakan saat hujan, karena memiliki ketahanan terhadap air yang cukup baik, yaitu IPX-6. Untuk penerangannya, headlamp ini didukung dengan lensa ulta-clear tempered glass yang membuat headlamp ini mampu menghasilkan pancaran sinar yang lebih terang dan jernih. Lampunya dapat dilepas untuk digunakan sebagai lampu genggam.

2. Nitecore NU30

2. Nitecore NU30

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 596.800

Paling ideal untuk penerangan pada malam hari

Nitecore NU30 adalah headlamp jarak jauh yang dilengkapi dengan dua red light, ideal untuk Anda yang suka melakukan kegiatan outdoor di malam hari. Lampu utama dari headlamp ini mampu menghasilkan cahaya dengan jarak yang cukup jauh, yaitu mencapai 121 meter. Selain itu, kedua LED red light-nya mampu menghasilkan cahaya hingga 19 lumens, sangat cocok digunakan untuk membantu penglihatan di malam hari. 

Untuk daya tahannya, headlamp ini dilengkapi dengan cover karet, sehingga lebih tahan benturan. Anda juga tidak perlu hawatir untuk menggunakannya saat hujan, karena headlamp ini berkelas IPX-7, yang tahan terhadap tekanan air saat terendam dalam waktu tertentu. Headlamp ini menggunakan baterai lithium ion yang dayanya dapat diisi ulang tanpa melepas baterai dari lampu. Pilihan yang menarik, bukan?

1. Olight H2R Nova CW

1. Olight H2R Nova CW

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.295.000

Maksimal dalam penerangan jarak dekat, maksimal pula level waterproof-nya

Olight H2R Nova CW hanya menggunakan satu baterai tetapi mampu menghasilkan penerangan hingga 2.300 lumens, cocok untuk Anda yang membutuhkan penerangan jarak dekat yang maksimal. Headlamp ini sangat mudah dioperasikan, karena memiliki tombol yang permukaannya sedikit miring, sehingga lebih mudah ditekan meskipun dalam kondisi gelap maupun saat menggunakan sarung tangan.

Selain itu, headlamp ini memiliki sistem yang mengatur proses perubahan kecerahan cahaya secara bertahap, untuk menjaga kenyamanan mata Anda. Tidak hanya itu, headlamp ini juga memiliki ketahanan terhadap air yang maksimal, yaitu IPX-8 sehingga aman digunakan saat hujan. Anda dapat melepas lampunya jika Anda ingin menggunakannya sebagai lampu genggam.

Kesimpulan

Demikian tips cara memilih headlamp yang baik serta 10 rekomendasi headlamp terbaik dari kami, yang kami pilih berdasarkan kelebihannya masing-masing. Apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda? Bagi Anda para pendaki, tentunya sangat penting untuk memilih headlamp yang sesuai dengan kondisi dan medan yang akan Anda tempuh. Dengan menggunakan headlamp, maka pendakian Anda akan lebih aman dan nyaman. Ayo lengkapi perlengkapan Anda dengan headlamp, dan selamat berpetualang!