• 10 Senter Kepala Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Senter Kepala Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Senter Kepala Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Senter Kepala Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Senter Kepala Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Senter Kepala Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)

Senter kepala atau headlamp menjadi perlengkapan penting saat Anda berkegiatan outdoor, seperti hiking atau mendaki gunung. Saat ini sudah banyak produk di pasaran dengan fitur beragam. Ada headlamp yang tahan lama, waterproof, hingga memiliki tingkat terang yang tinggi. Anda hanya perlu memilih headlamp yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan.


Kami mengulas mengenai tips memilih senter kepala untuk mendaki gunung. Kami juga berbagi rekomendasi produk dari merek headlamp terbaik, seperti Eiger, Arei, dan Naturehike. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Senter kepala sangat diperlukan untuk mendaki gunung

Senter kepala sangat diperlukan untuk mendaki gunung

Saat mendaki gunung, senter kepala menjadi peralatan yang tidak boleh ketinggalan. Alat ini memang tidak diperlukan jika Anda mendaki pada siang hari atau rute pendakian Anda singkat. Namun, keberadaan headlamp akan sangat berguna saat Anda melakukan pendakian dalam kondisi gelap untuk penerangan jalan


Senter kepala tidak hanya digunakan untuk perjalanan di malam hari saja. Anda juga akan membutuhkannya saat harus bermalam dan melakukan kegiatan di sekitar, seperti memasang tenda, mencari air, dan sebagainya.


Mungkin Anda pikir membawa senter atau menggunakan senter dari smartphone saja sudah cukup. Sayangnya, bergerak di kegelapan dengan medan yang tidak dikenal bisa mengakibatkan cedera serius. Dengan memakai senter kepala, kedua tangan Anda dapat leluasa bergerak dan risiko cedera pun bisa diminimalkan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih senter kepala untuk mendaki gunung

Setelah menjelaskan pentingnya membawa senter kepala saat mendaki, berikutnya kami akan menjelaskan poin penting dalam memilihnya. Simak tips berikut agar Anda lebih mudah menemukan headlamp yang sesuai dengan kebutuhan!

Pilih senter kepala dengan output 50 lumen ke atas

Pilih senter kepala dengan output 50 lumen ke atas

Saat ini hampir semua senter kepala menggunakan lampu LED. Maka dari itu, periksalah nilai lumen dan seberapa terang produknya. Kami menyarankan Anda untuk memilih headlamp dengan 50 lumen atau lebih. Hal ini karena produk dengan nilai lumen di bawah 50 terasa kurang terang.


Beberapa produk juga dilengkapi fungsi pengaturan intensitas cahaya. Dalam hal ini, pilihlah produk yang memiliki fungsi pengaturan cahaya mencapai 200 lumen. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya dalam kondisi temaram hingga gelap total sekalipun.

Periksa ada tidaknya mode pengaturan cahaya pada senter kepala

Senter kepala untuk naik gunung dilengkapi mode pengaturan cahaya yang akan memberi kenyamanan lebih saat digunakan. Kami akan membahas hal ini secara rinci pada poin berikut.

Mode kecerahan, menyesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan

Mode kecerahan, menyesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan
Semua senter kepala untuk mendaki gunung memiliki pilihan tingkat kecerahan, mulai dari sangat terang, terang, cukup redup, hingga redup. Makin terang cahayanya, makin besar juga konsumsi dayanya sehingga baterai senter cepat habis. Dengan adanya pilihan tingkat kecerahan, daya senter bisa dihemat dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Mode jangkauan, mudah menentukan area yang ingin dijangkau

Mode jangkauan, mudah menentukan area yang ingin dijangkau

Beberapa senter kepala mempunyai fitur yang memungkinkan Anda mengatur atau memilih area yang mampu disorot. Misalnya, terdapat headlamp dengan rentang cahaya yang sempit dan terfokus. Mode cahaya ini digunakan untuk Anda yang menyorot jalur Anda sendiri.


Ada juga mode dengan sinar melebar yang digunakan sebagai penerangan untuk beberapa orang sekaligus. Mode ini juga cocok sebagai penerangan di dalam tenda.

Mode lain, penggunaan senter kepala jadi makin efisien

Mode lain, penggunaan senter kepala jadi makin efisien

Tak hanya mode pengaturan mode kecerahan dan jangkauan, beberapa senter kepala dilengkapi mode lain juga. Mode yang paling umum adalah red light dan SOS. Red light dapat merangsang pupil mata dan cenderung tidak mengganggu penglihatan orang lain saat malam hari. Sorot sinar merah juga mampu menembus kabut.


Sementara itu, SOS adalah blinking mode yang berguna untuk memberikan tanda keberadaan Anda kepada orang lain. Mode ini biasanya digunakan saat seseorang terpisah dengan rombongannya. Anda mungkin saja membutuhkannya sehingga tidak ada salahnya memeriksa keberadaan fitur ini untuk berjaga-jaga.

Perhatikan metode catu daya pada senter kepala

Ada dua jenis metode catu daya utama pada senter kepala, yakni baterai biasa dan baterai litium. Tiap-tiap metode catu daya ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut.

Baterai biasa, penggunaan senter lebih praktis dan selalu siaga

Baterai biasa, penggunaan senter lebih praktis dan selalu siaga

Jika Anda mempertimbangkan kepraktisan, Anda mungkin lebih cocok memilih produk yang menggunakan baterai biasa. Senter kepala ini bisa langsung diaktifkan kembali saat dayanya habis. Anda cukup mengganti baterai yang lama dengan yang baru.


Karena baterainya dapat diganti, headlamp ini cocok untuk pendakian yang lama. Di sisi lain, Anda perlu menyiapkan bujet tambahan untuk membeli baterai baru. Anda akan memerlukan banyak baterai cadangan untuk pendakian yang lama.

Baterai litium, makin hemat dengan sistem charging

Baterai litium, makin hemat dengan sistem charging
Litium adalah jenis baterai yang dayanya dapat diisi ulang sehingga Anda tidak perlu membeli baterai baru. Jenis ini cocok untuk Anda yang tidak ingin menyiapkan bujet tambahan untuk membeli baterai baru.

Jenis ini juga lebih andal dan tahan terhadap suhu yang dingin sehingga cocok dengan kondisi di gunung. Jangan lupa untuk membawa power bank sebagai daya cadangan jika Anda memilih senter kepala dengan sistem charging, ya.


Namun, umumnya baterai isi ulang akan lebih cepat dropped dayanya pada suhu dingin dibandingkan baterai biasa. Anda mungkin perlu mempertimbangkan lebih lanjut mengenai tujuan, lama perjalanan, dan suhu atau cuaca sebelum memutuskan pemilihan baterai. Tentunya Anda tidak bisa selalu bergantung pada power bank untuk mengisi ulang karena power bank pun akan kehabisan daya.

Periksa tingkat ketahanan senter kepala terhadap air

Periksa tingkat ketahanan senter kepala terhadap air
Agar aman digunakan saat hujan, tingkat ketahanan senter kepala terhadap air perlu diperiksa. Tingkatan ketahanan terhadap air umumnya diukur dengan nilai IPX sesuai dengan standar internasional, mulai dari IPX1 hingga IPX8. 

Makin tinggi angkanya, makin baik pula tingkat ketahanannya terhadap air. IPX dengan angka tinggi banyak ditemukan pada senter-senter untuk aktivitas penelusuran gua yang kondisinya gelap, lembap, dan basah.


Agar aman digunakan saat hujan, setidaknya pilihlah produk dengan tingkat IPX4. Namun, headlamp IPX6 ke atas menjadi pilihan terbaik untuk ketahanan maksimal. Meski begitu, tidak semua produk memberikan penjelasan detail mengenai tingkat ketahanan air. Ada produk yang hanya bertuliskan waterproof atau tahan air.

Periksa tali strap dan pengaturannya

Senter kepala dikenakan saat Anda bergerak menyusuri jalanan gelap sehingga banyak risiko yang kemungkinan bisa terjadi. Untuk menghindari risiko tersebut, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Strap yang tebal dan kuat, agar tidak mudah bergeser

Strap yang tebal dan kuat, agar tidak mudah bergeser

Kami sarankan Anda menggunakan senter kepala dengan strap yang tebal dan kuat agar tidak mudah bergeser karena pergerakan. Jika Anda menggunakan headlamp dengan tali tipis dan tidak kuat, fungsinya tak maksimal akibat sering bergeser.


Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan penggunaan. Beberapa produk memiliki tiga tali yang bisa membuatnya sulit dipasang atau dilepas saat kondisi darurat. Produknya lebih cocok untuk yang sudah terbiasa. Sebaiknya, pemula memilih senter kepala dengan tali yang lebih mudah dilepas dan dipasang saat kondisi tersebut. Sudah banyak juga produk yang menjamin stabilitas pemakaian pada helm.

Tombol yang sederhana, untuk kemudahan pengaturan senter

Tombol yang sederhana, untuk kemudahan pengaturan senter
Dalam kondisi yang gelap, Anda tidak dapat melihat dengan jelas dan hanya dapat meraba tombol dengan tangan. Jadi, sebaiknya Anda memilih senter kepala dengan tombol yang dapat dioperasikan secara sederhana dan mudah. Selain itu, pastikan Anda dapat mengoperasikannya meski memakai sarung tangan

Hindari produk yang membuat Anda harus meraba-raba untuk menyalakannya. Ada juga produk yang menggunakan sensor untuk menyalakan dan mematikan headlamp. Produk yang demikian tentu memiliki pengoperasian yang lebih mudah. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa tombol sensor lebih rentan rusak dibandingkan tombol biasa.

10 Rekomendasi senter kepala terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senter kepala terbaik untuk mendaki gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 23 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Acebeam Headlamp H30 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa TaffLED Headlamp Flashlight Waterproof White and Red Light LED W03 memiliki angka penjualan tertinggi. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

Gambar produk
1
TaffLED  Headlamp Flashlight Waterproof White and Red Light LED  1

TaffLED

2
Eiger Horagalles 1

Eiger

3
Decathlon FORCLAZ Onnight 100 1

Decathlon

4
Sunrei  Youdo 5 1

Sunrei

5
Dhaulagiri Headlamp 858 1

Dhaulagiri

6
Naturehike  Headlamp 140 Lumen 1

Naturehike

7
Merapi Mountain Nano 1

Merapi Mountain

8
Bigadventure  Capella 1

Bigadventure

9
Consina  Headlamp 6808 1

Consina

10
Arei Muntala V1  1

Arei

Nama produk

Headlamp Flashlight Waterproof White and Red Light LED

Horagalles

FORCLAZ Onnight 100

Youdo 5

Headlamp 858

Headlamp 140 Lumen

Nano

Capella

Headlamp 6808

Muntala V1

Keunggulan

Harganya terjangkau, tidak menguras dana

Penempatan headlamp lebih kukuh dengan tali tiga arah

Berukuran kecil dan berbobot ringan, nyaman di kepala

Daya tahan tinggi dengan rating IPX7, masuk ke dalam air tetap aman

Daya jangkau lebih panjang dan mode cahaya lebih banyak

Tidak perlu ganti baterai dengan sistem charging

Lebih hemat, hanya butuh satu baterai!

Kualitas talinya premium sehingga tidak mudah rusak

Baterai tahan lama, mampu menyala hingga 200 jam

Lampu senternya lebih terang dengan output 250 lumen!

Harga mulai dariRp 44.600,00Rp 139.000,00Rp 110.000,00Rp 275.000,00Rp 129.000,00Rp 199.230,00Rp 170.000,00Rp 129.000,00Rp 115.000,00Rp 225.000,00
Kecerahan70 lumenTidak ada keterangan80 lumen10/70/215 lumen180 lumen140 lumen140 lumen180 lumen90 lumen80/180/250 lumen
Jangkauan senterTidak ada keteranganTidak ada keterangan25 meter8/14/70 meter100 meter50 meter70 meter42 meterTidak ada keterangan20/45/85 meter
Mode senterPutih terang, putih redup, merah, merah SOS4 LED, 8 LED, 14 LED, 14 LED flashingPutih cerah, putih redup, merahFokus tinggi, fokus redup, flood tinggi, SOS merahMedium, high, flash, red, flash red, 3 combination lightTerang, redup, merah, flashDekat, jauh, redup, SOSFloodlight, spotlight, strobe, SOS3 ultrabright, 1 maxbrightLow (XPG), high (XPG), COB, red COB
Baterai3 x AAA3 x AAA3 x AAA3 x AAA3 x AAALitium 1.200 mAh1 x AA3 x AAA3 x AAA3 x AAA
Daya tahan bateraiTidak ada keteranganTidak ada keterangan10/30 jam8/17/135 jam8 jam6 jam75 jam60 jam200 jam2,5/3,5/12 jam
Waterproof✔ (IPX6)Tidak ada keterangan✔ (IPX4)✔ (IPX7)✔ (IPX6)✔ (IPX4)✔ (IPX5)✔ (IPX4)✔ (IPX6)
Tautan produk
10
Kecerahan80/180/250 lumen
Jangkauan senter20/45/85 meter
Mode senterLow (XPG), high (XPG), COB, red COB
Baterai3 x AAA
Daya tahan baterai2,5/3,5/12 jam
Waterproof✔ (IPX6)
9
Kecerahan90 lumen
Jangkauan senterTidak ada keterangan
Mode senter3 ultrabright, 1 maxbright
Baterai3 x AAA
Daya tahan baterai200 jam
Waterproof
8
Kecerahan180 lumen
Jangkauan senter42 meter
Mode senterFloodlight, spotlight, strobe, SOS
Baterai3 x AAA
Daya tahan baterai60 jam
Waterproof✔ (IPX4)
7
Kecerahan140 lumen
Jangkauan senter70 meter
Mode senterDekat, jauh, redup, SOS
Baterai1 x AA
Daya tahan baterai75 jam
Waterproof✔ (IPX5)
6

Naturehike Headlamp 140 Lumen

NH17G025-D

Mulai dari Rp 199.230,00

Kecerahan140 lumen
Jangkauan senter50 meter
Mode senterTerang, redup, merah, flash
BateraiLitium 1.200 mAh
Daya tahan baterai6 jam
Waterproof✔ (IPX4)
5
Kecerahan180 lumen
Jangkauan senter100 meter
Mode senterMedium, high, flash, red, flash red, 3 combination light
Baterai3 x AAA
Daya tahan baterai8 jam
Waterproof✔ (IPX6)
4
Kecerahan10/70/215 lumen
Jangkauan senter8/14/70 meter
Mode senterFokus tinggi, fokus redup, flood tinggi, SOS merah
Baterai3 x AAA
Daya tahan baterai8/17/135 jam
Waterproof✔ (IPX7)
3
Kecerahan80 lumen
Jangkauan senter25 meter
Mode senterPutih cerah, putih redup, merah
Baterai3 x AAA
Daya tahan baterai10/30 jam
Waterproof✔ (IPX4)
2
KecerahanTidak ada keterangan
Jangkauan senterTidak ada keterangan
Mode senter4 LED, 8 LED, 14 LED, 14 LED flashing
Baterai3 x AAA
Daya tahan bateraiTidak ada keterangan
WaterproofTidak ada keterangan
1

TaffLED Headlamp Flashlight Waterproof White and Red Light LED

W03

Mulai dari Rp 44.600,00

Kecerahan70 lumen
Jangkauan senterTidak ada keterangan
Mode senterPutih terang, putih redup, merah, merah SOS
Baterai3 x AAA
Daya tahan bateraiTidak ada keterangan
Waterproof✔ (IPX6)

Tips mendaki pada malam hari

Tips mendaki pada malam hari

Mendaki gunung pada malam hari tentu sangat berbeda dengan mendaki saat siang hari. Ketika naik gunung pada malam hari, pencahayaan akan minim, jarak pandang terbatas, dan suhu udaranya lebih dingin. Jika Anda akan melakukan pendakian pada malam hari, perhatikan beberapa hal berikut.


  • Pastikan penerangannya memadai

Sebelum mendaki, pastikan senter Anda dapat berfungsi dengan baik. Pastikan juga baterainya masih mampu memberikan penerangan yang baik. Kami pun menyarankan Anda untuk membawa baterai cadangan untuk mengantisipasi baterai senter yang tidak berfungsi dengan baik.


  •  Jaga tubuh tetap hangat

Saat mendaki pada malam hari, pastikan Anda menggunakan jaket windproof atau waterproof. Jenis ini mampu menahan udara dingin masuk ke tubuh. Bagian dalam jaket ini biasanya terbuat dari bahan polar untuk menjaga tubuh tetap hangat. Anda juga bisa menggunakan pakaian berlapis. Pastikan juga untuk tidak beristirahat terlalu lama. Agar tubuh tetap hangat, teruslah bergerak.


  • Tidak perlu berjalan tergesa-gesa

Pencahayaan yang minim dan suhu udara yang dingin membuat mendaki pada malam hari tidak secepat mendaki pada siang hari. Anda perlu berhati-hati memilih jalur sehingga tidak perlu berjalan terburu-buru. Anda juga tidak disarankan mendaki sendirian pada malam hari. Tetaplah pada satu rombongan dan jangan sampai terpisah agar mendaki pada malam hari jadi lebih aman.


  • Bawa senter genggam sebagai cadangan

Selain membawa baterai cadangan yang cukup, alangkah baiknya Anda membawa senter genggam sebagai cadangan.

Baca juga rekomendasi peralatan naik gunung lainnya di sini

Senter kepala berguna sebagai alat penerangan saat Anda berkegiatan outdoor. Akan tetapi, Anda akan membutuhkan peralatan lainnya saat naik gunung atau hiking. Di bawah ini kami sudah merangkum produk-produk yang bermanfaat. Silakan disimak!

Kesimpulan

Demikian tips memilih senter kepala untuk naik gunung serta rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk para pendaki, sangat penting agar memilih headlamp yang sesuai dengan kondisi dan medan yang akan ditempuh.

Semoga dari artikel ini Anda dapat segera menemukan senter kepala untuk mendaki gunung yang diidamkan. Dengan menggunakan headlamp, pendakian Anda akan lebih aman dan nyaman. Ayo lengkapi perlengkapan Anda dengan senter kepala terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang bagus di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas berbagai merek cooler box terbaik, seperti Rubbermaid, LION STAR, IGLOO, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini terus, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti UV. Namun, banyak orang kebingungan saat mencari kacamata yang efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti UV agar Anda dapat menemukan produk yang bagus sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti RockBros, GREY JACK, dan Bitzen. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi mata Anda dari radiasi UV!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Tas Anti Air Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Anti Air Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika melakukan beragam kegiatan outdoor, Anda perlu menggunakan tas anti air untuk menyimpan barang bawaan. Dengan demikian, barang bawaan Anda tidak akan basah jika terkena air atau tiba-tiba turun hujan. Di pasaran, Anda bisa menemukan tas anti air dengan beragam model dan ukuran.Beberapa produk cocok untuk digunakan saat melakukan kegiatan di laut. Beberapa di antaranya juga memiliki desain trendi sehingga pas untuk dipakai sehari-hari. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih tas anti air. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari merek Arei, Consina, dan Eiger.
    Perlengkapan outdoor
  • 9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat Anda berada di alam bebas, pisau outdoor sangat dibutuhkan. Mengolah bahan makanan hingga membelah kayu akan lebih mudah dengan produknya. Produknya juga dikenal sebagai pisau survival atau pisau camping. Eiger, Victorinox, dan Spyderco adalah beberapa merek pisau outdoor dengan reputasi yang bagus.Kami akan mengupas cara memilih pisau outdoor terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya pun telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan pisau outdoor impian Anda di artikel ini. Ada pisau lipat untuk Anda yang ingin praktis, lho!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori