• 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)

Headlamp adalah salah satu peralatan yang paling penting untuk kegiatan outdoor seperti camping atau mendaki gunung. Ada banyak model dan jenis headlamp yang ringkas, tetapi memiliki banyak fungsi. Anda dapat menemukan banyak produk di pasaran, seperti Olight, Nitecore, dan Naturehike. Lalu, manakah yang cocok untuk Anda?

Kali ini, kami akan menjelaskan poin penting cara memilih headlamp terbaik untuk mendaki gunung. Kami juga akan merekomendasikan beberapa headlamp terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, silakan disimak dan temukan headlamp untuk menerangi trek gelap Anda saat mendaki gunung!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 Mei 2022
Daftar isi

Headlamp sangat diperlukan untuk pendakian

Headlamp sangat diperlukan untuk pendakian

Saat mendaki gunung, headlamp adalah salah satu peralatan yang tidak boleh ketinggalan. Headlamp memang tidak diperlukan jika Anda mendaki pada siang hari atau rute pendakian Anda singkat. Namun, keberadaan headlamp akan sangat berguna saat Anda melakukan pendakian dalam kondisi gelap untuk penerangan jalan. Selain itu, jika Anda membawa headlamp, Anda jadi bisa menikmati acara barbeque di malam hari dengan lebih asyik. 


Mungkin Anda berpikir cukup membawa senter atau menggunakan senter dari smartphone saja. Sayangnya, bergerak di kegelapan dengan medan yang tidak dikenal bisa mengakibatkan cedera serius. Dengan memakai headlamp, kedua tangan Anda bisa leluasa bergerak dan risiko cedera pun bisa diminimalisir.

Cara memilih headlamp untuk mendaki gunung

Setelah menjelaskan pentingnya membawa headlamp saat mendaki, berikutnya kami akan menjelaskan poin penting dalam memilihnya. Simak tips berikut agar Anda lebih mudah menemukan headlamp yang sesuai dengan kebutuhan!

Pilih kecerahan 50 lumen atau lebih

Pilih kecerahan 50 lumen atau lebih

Saat ini, hampir semua headlamp menggunakan lampu LED. Oleh karena itu, sebaiknya selalu periksa lumen dan seberapa terang produk tersebut. Kami menyarankan Anda untuk memilih produk headlamp yang memiliki 50 lumen atau lebih. Headlamp dengan lumen di bawah 50 mungkin akan terasa kurang terang.


Selain itu, beberapa produk juga dilengkapi fungsi pengaturan intensitas cahaya. Dalam hal ini, sebaiknya pilih produk yang memiliki fungsi pengaturan cahaya mencapai 200 lumen. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya tergantung pada kondisi, mulai dari kondisi temaram hingga gelap total sekalipun.

Periksa ada tidaknya mode pengaturan jangkauan cahaya

Periksa ada tidaknya mode pengaturan jangkauan cahaya
Headlamp yang dilengkapi dengan mode pengaturan jangkauan cahaya akan memberi kenyamanan lebih saat digunakan. Mode jarak jauh adalah tipe lampu yang mampu memberi penerangan jarak jauh dengan rentang cahaya yang sempit. Tipe lampu ini sangat berguna karena dapat memberi penerangan tajam pada situasi yang sangat gelap. Karena memiliki intensitas cahaya yang sangat kuat, konsumsi daya pada lampu jenis ini juga tentu lebih besar.

 

Sementara itu, mode jarak dekat adalah tipe lampu yang dapat memberi penerangan lebih lebar dengan cahaya lebih redup. Mode ini sangat ideal digunakan di dalam tenda atau saat Anda sedang mengerjakan sesuatu di kegelapan. Karena cahayanya hanya berada di sekitar Anda, lampu ini kurang cocok untuk penerangan jarak jauh. Jadi, sebaiknya pilih headlamp yang memiliki mode keduanya.

Perhatikan metode catu daya

Perhatikan metode catu daya
Ada tiga jenis metode catu daya utama pada headlamp, yakni baterai biasa, baterai lithium ion, atau kombinasi keduanya. Jika Anda mempertimbangkan kepraktisan, Anda mungkin cocok memilih produk yang menggunakan baterai biasa. Namun, baterai lithium ion lebih kami rekomendasikan sebab lebih andal dan tahan terhadap suhu yang dingin. Sangat cocok dengan kondisi yang ada di atas gunung.

Jika Anda membawa power bank yang support USB, Anda bisa memperpanjang waktu penggunaan headlamp. Oleh karena itu, cobalah untuk mempertimbangkan produk tipe hybrid yang mendukung catu daya baterai sekaligus USB.


Selain itu, ada dua jenis baterai pada headlamp dalam hal penempatan baterai. Ada baterai yang terpasang pada bagian lampu, ada juga yang terpisah dan dihubungkan dengan kabel. Baterai dengan daya tinggi biasanya memiliki bobot yang lumayan berat, yakni 200 g atau lebih. Jadi, bila Anda memilih jenis baterai yang terpisah, akan terasa lebih stabil dan mudah untuk digunakan.

Periksa tingkat ketahanan headlamp terhadap air

Periksa tingkat ketahanan headlamp terhadap air
Selanjutnya, perhatikan juga tingkat ketahanan headlamp terhadap air agar tetap aman saat digunakan pada kondisi hujan. Dalam hal ini, biasanya tiap produk diberi nomor tingkatan ketahanan terhadap air. Tingkatan ketahanan terhadap air umumnya diukur dengan nilai IPX sesuai standar internasional, mulai dari IPX1 hingga IPX8. Makin tinggi angka IPX-nya, makin baik pula tingkat ketahanannya terhadap air. 

Agar Anda bisa menggunakan headlamp dalam kondisi hujan, setidaknya pilih produk dengan tingkat IPX4. Namun, untuk ketahanan dan keamanan maksimal, headlamp dengan IPX6 adalah pilihan terbaik. Meski demikian, tidak semua produk headlamp memberikan penjelasan detail mengenai ketahanan air ini secara spesifik. Umumnya produk headlamp hanya bertuliskan waterproof atau tahan air. Jadi, perhatikan lagi hal ini, ya.

Periksa tali strap dan pengaturannya

Headlamp dikenakan saat Anda bergerak menyusuri jalanan gelap sehingga banyak risiko yang kemungkinan bisa terjadi. Untuk menghindari risiko tersebut, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Strap yang tebal dan kuat agar tidak mudah bergeser

Strap yang tebal dan kuat agar tidak mudah bergeser

Kami sarankan Anda menggunakan headlamp dengan strap yang tebal dan kuat agar tidak mudah bergeser dari kepala. Dengan begitu, headlamp tidak akan bergeser akibat pergerakan Anda. Jika Anda menggunakan headlamp yang talinya tipis dan tidak kuat, bisa jadi fungsinya menerangi malah tidak maksimal akibat sering bergeser.


Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan penggunaan. Beberapa produk headlamp memiliki tiga tali yang terkadang justru membuatnya sulit dipasang atau dilepas saat kondisi darurat. Sebaiknya pertimbangkan headlamp dengan tali yang lebih mudah dilepas-pasang saat kondisi tersebut.

Tombol pengaturan yang mudah dioperasikan

Tombol pengaturan yang mudah dioperasikan
Pada dasarnya, headlamp digunakan saat gelap. Dalam kondisi yang gelap, tentunya Anda tidak dapat melihat dengan jelas dan hanya dapat meraba tombol dengan tangan. Jadi, sebaiknya Anda memilih headlamp dengan tombol yang dapat dioperasikan dengan sederhana dan mudah. Selain itu, pastikan juga Anda dapat mengoperasikannya meski memakai sarung tangan. Sebaiknya, hindari penggunaan jenis dial yang mengharuskan Anda untuk melepasnya terlebih dahulu agar dapat dioperasikan. Hindari juga produk yang membuat Anda harus meraba-raba untuk menyalakannya.

Untuk pengoperasian yang lebih mudah, Anda juga dapat memilih produk yang memiliki pengaturan dengan sensor. Dalam mode sensor, Anda dapat menyalakan dan mematikan headlamp hanya dengan gerakan tangan. Selain itu, Anda juga dapat mengubah intensitas cahaya, warna, bahkan kedipan cahaya. Jadi, pertimbangkan hal ini demi kenyamanan.

Periksa adanya fungsi tambahan seperti red light dan blinking mode

Periksa adanya fungsi tambahan seperti red light dan blinking mode

Red light dapat merangsang pupil mata dan cenderung tidak mengganggu penglihatan orang lain saat malam hari. Sangat baik untuk membantu penglihatan malam terutama saat melakukan kegiatan dalam tenda tanpa khawatir akan mengganggu orang lain. Fitur ini mungkin akan Anda temukan di beberapa produk sebagai fungsi tambahan. Jika Anda memiliki rencana untuk berkemah, sebaiknya pertimbangkan juga fungsi ini.


Sementara itu, blinking mode atau mode berkedip berguna untuk memberikan tanda keberadaan Anda kepada orang lain. Biasanya digunakan saat seseorang terpisah dengan rombongannya. Anda mungkin saja membutuhkannya sehingga tidak ada salahnya memeriksa keberadaan fitur ini untuk berjaga-jaga.

10 Rekomendasi headlamp terbaik untuk mendaki gunung

Setelah mengetahui cara memilih headlamp, sekarang kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Seluruh produk yang kami berikan dapat disesuaikan ukurannya dengan mudah pada kepala. Mari disimak!

10
Kecerahan200 lumens
Pengaturan cahaya5 mode (middle, high, low, high red, strobe red)
PengoperasianManual
Baterai3 x AAA
Tingkat ketahanan airIPX6
9
Kecerahan400 lumens
Pengaturan cahayaMode jauh, mode dekat, dan kombinasi
PengoperasianManual
BateraiHybrid, kombinasi rechargeable (LiPo 2000 mAH) dan USB
Tingkat ketahanan airIPX4
8
Kecerahan360 lumens
Pengaturan cahaya4 brightness level, 3 light sources, 3 special modes
PengoperasianManual
BateraiHybrid, kombinasi rechargeable Li-ion dan USB
Tingkat ketahanan airIPX6
7
Kecerahan400 lumens
Pengaturan cahayaMode high dan mode low
PengoperasianManual
Baterai4 x AA
Tingkat ketahanan airIPX6
6
Kecerahan8000 lumens
Pengaturan cahayaBright light, dim light, dan flashing mode
PengoperasianManual
BateraiHybrid, rechargeable (2 x 18650 battery) dan USB
Tingkat ketahanan airTidak disebutkan
5
Kecerahan1750 lumens
Pengaturan cahayaMode spotlight dan mode floodlight dalam 4 tingkat (turbo, high, medium, low)
PengoperasianManual
BateraiRechargeable battery (2 x 18650 atau 4 x CR123A)
Tingkat ketahanan airIPX6
4
Kecerahan950 lumens
Pengaturan cahayaWhite light (6 mode), red light
PengoperasianManual
BateraiRechargeable battery (1 x 18650 Li-ion/2 x CR123A/2 x 20700)
Tingkat ketahanan airIPX7
3
Kecerahan1000 lumens
Pengaturan cahaya7 level brightness, 4 special mode
PengoperasianOne-handed operation
BateraiRechargeable battery (1 × 18650, 2 × CR123)
Tingkat ketahanan airIPX8
2

OlightH2R Nova CW Senter Kepala

Mulai dari Rp 1.582.000,00

Kecerahan2300 lumens
Pengaturan cahaya6 mode (turbo, high, medium, low, ultralow, SOS)
PengoperasianManual
BateraiRechargeable battery (1 x 18650)
Tingkat ketahanan airIPX8
1
Kecerahan4000 lumens
Pengaturan cahaya6 brightness levels option and red SOS special mode
PengoperasianManual
BateraiRechargeable battery (1 x 21700 / 1 x 18650)
Tingkat ketahanan airIPX8

Tabel perbandingan produk headlamp untuk mendaki gunung terbaik

Gambar produk
1
Acebeam  Headlamp 1

Acebeam

2
Olight H2R Nova CW Senter Kepala 1

Olight

3
Nitecore  Headlamp 1

Nitecore

4
Jetbeam  Headlamp 1

Jetbeam

5
Fenix  Headlamp 1

Fenix

6
Alonefire  Headlamp 1

Alonefire

7
SUNREI Apollo 400 Headlamp 1

SUNREI

8
Nitecore  Headlamp 1

Nitecore

9
OLIGHT  Senter Kepala 1

OLIGHT

10
Jetbeam  Headlamp 1

Jetbeam

Nama produk

Headlamp

H2R Nova CW Senter Kepala

Headlamp

Headlamp

Headlamp

Headlamp

Apollo 400 Headlamp

Headlamp

Senter Kepala

Headlamp

Keunggulan

Pilihan tepat untuk performa utama yang nyaris sempurna

Harga minimal dengan performa yang maksimal!

Tangguh! Bisa diandalkan di berbagai cuaca dan kondisi

Dapat diputar 160 derajat, penggunaannya makin fleksibel

Baterainya dapat difungsikan sebagai power bank juga, lho

Harga paling terjangkau untuk tingkat kecerahan super tinggi

Dilengkapi anti-dazzling screen, penglihatan orang sekitar jadi tak terganggu

Tidak hanya tahan air, aman juga dari benturan

Kecil ukurannya, besar kinerjanya!

Menerobos hujan, headlamp ini tetap aman

Harga mulai dariRp 1.950.000,00Rp 1.582.000,00Rp 756.000,00Rp 710.000,00Rp 2.190.000,00Rp 210.000,00Rp 484.000,00Rp 381.900,00Rp 1.050.000,00Rp 166.600,00
Kecerahan4000 lumens2300 lumens1000 lumens950 lumens1750 lumens8000 lumens400 lumens360 lumens400 lumens200 lumens
Pengaturan cahaya6 brightness levels option and red SOS special mode6 mode (turbo, high, medium, low, ultralow, SOS)7 level brightness, 4 special modeWhite light (6 mode), red lightMode spotlight dan mode floodlight dalam 4 tingkat (turbo, high, medium, low)Bright light, dim light, dan flashing modeMode high dan mode low4 brightness level, 3 light sources, 3 special modesMode jauh, mode dekat, dan kombinasi5 mode (middle, high, low, high red, strobe red)
PengoperasianManualManualOne-handed operationManualManualManualManualManualManualManual
BateraiRechargeable battery (1 x 21700 / 1 x 18650)Rechargeable battery (1 x 18650)Rechargeable battery (1 × 18650, 2 × CR123)Rechargeable battery (1 x 18650 Li-ion/2 x CR123A/2 x 20700)Rechargeable battery (2 x 18650 atau 4 x CR123A)Hybrid, rechargeable (2 x 18650 battery) dan USB4 x AAHybrid, kombinasi rechargeable Li-ion dan USBHybrid, kombinasi rechargeable (LiPo 2000 mAH) dan USB3 x AAA
Tingkat ketahanan airIPX8IPX8IPX8IPX7IPX6Tidak disebutkanIPX6 IPX6IPX4IPX6
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan mountaineering lainnya di sini

Headlamp berguna sebagai alat penerangan saat melakukan kegiatan outdoor. Selain itu, ketika Anda hendak melakukan aktivitas pendakian gunung atau hiking, Anda akan membutuhkan peralatan lainnya. Di bawah ini kami sudah merangkum produk-produk yang bermanfaat, silakan disimak!

Kesimpulan

Demikian tips memilih headlamp yang baik serta rekomendasi produk headlamp mendaki gunung terbaik dari kami. Bagi Anda para pendaki, sangat penting untuk memilih headlamp yang sesuai dengan kondisi dan medan yang akan ditempuh. 

Semoga dari artikel ini Anda dapat segera menemukan headlamp mendaki gunung yang Anda idamkan, ya! Dengan menggunakan headlamp, pendakian Anda akan lebih aman dan nyaman. Ayo lengkapi perlengkapan Anda dengan headlamp dan selamat bertualang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Di pasaran Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Tidak lupa juga kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Senter Jarak Jauh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senter Jarak Jauh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda tipe orang yang suka menjelajahi alam bebas? Jika iya, senter jarak jauh merupakan alat yang perlu disertakan dalam perlengkapan Anda. Selain untuk bernavigasi pada malam hari, senter jarak jauh juga berfungsi sebagai sinyal darurat dan pengusir hewan liar.Agar Anda tidak kebingungan saat memilih, simak tips memilih senter jarak jauh yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan beberapa senter jarak jauh terbaik dari merek Joyko, Eiger, JETBeam, dan lainnya. Simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan Anda.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri bagi para astronom maupun orang awam. Namun sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa mengamati gugusan bintang di langit dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop ruang angkasa agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Baileshi, Celestron, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih teleskop luar angkasa dan rekomendasi produk terbaik yang bisa jadi pertimbangan. Bacalah dengan saksama dan temukan teleskop yang tepat untuk Anda. 
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang banyak merek outdoor gear memproduksi carrier yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan Arei. Mereka juga memproduksi tas carrier wanita. Tidak hanya itu, harga tas carrier sangat bervariasi, ada yang murah, ada juga yang mahal.Sesuaikanlah kapasitas carrier dengan lama perjalanan Anda. Untuk perjalanan 1–2 hari, gunakanlah tas carrier 35 liter hingga 50 liter. Tas carrier 60 liter dan 70 liter untuk perjalanan 3–5 hari. Sementara itu, carrier 80 liter ke atas untuk perjalanan yang lebih lama. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Sarung Tangan Terbaik untuk Kegiatan Outdoor - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sarung Tangan Terbaik untuk Kegiatan Outdoor - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak kegiatan outdoor yang dapat Anda lakukan, seperti climbing, camping, dan hiking. Saat melakukan kegiatan tersebut, tentunya penggunaan sarung tangan adalah hal yang penting agar keamanan tangan terjaga. Sarung tangan tersedia di pasaran dengan desain dan performa yang berbeda-beda.Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih sarung tangan. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sarung tangan yang bagus merek Eiger, Naturehike, dan lain-lain. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori