• 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Untuk menikmati permainan bulu tangkis, Anda perlu memilih shuttlecock yang tepat. Kenyamanan shuttlecock saat dipukul bisa dinilai dari bahan yang digunakan serta bobotnya. Beberapa merek, seperti Yonex, Samurai, dan Victor sudah banyak memproduksi shuttlecock. Performa dan harganya pun bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang cukup tinggi untuk pertandingan resmi.


Agar Anda tidak kebingungan, di artikel ini kami akan membahas rekomendasi produknya berserta cara memilih shuttlecock berdasarkan material sampai harganya. Mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya, lho. Jadi, jangan sampai dilewatkan!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Debby Susanto
Liliyana Natsir
  • Pembaharuan terakhir: 24 Januari 2021
  • 55.729 Views
Daftar isi

Cara memilih shuttlecock terbaik

Hal pertama yang harus Anda ketahui saat memilih shuttlecock adalah membedakan produk yang berkualitas. Meskipun Anda sudah berlatih dengan sungguh-sungguh, hasilnya tentu akan kurang maksimal jika shuttlecock yang digunakan mudah rusak.


Usahakan untuk memilih shuttlecock dengan bahan bulu dan gabus yang awet. Bulu dan gabus pada setiap merek shuttlecock tentunya dibuat dari bahan yang berbeda sehingga karakteristiknya juga berbeda. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Pilih berdasarkan daya tahan material bulu dan harganya

Seberapa jauh dan cepatnya sebuah shuttlecock meluncur dipengaruhi oleh material bulu yang digunakan. Tiap material bulu tersebut berbeda-beda daya tahannya. Selain itu, material bulu yang digunakan juga memengaruhi apakah sebuah shuttlecock dipakai dalam pertandingan resmi.
Debby Susanto
Mantan atlet bulu tangkis
Debby Susanto

Ya, beda harga biasanya beda juga kualitas produk yang akan kalian dapatkan. Oleh karena itu, pertama, tentukan dahulu bujet yang pas untuk kantong kalian. Seperti yang telah diketahui, setiap shuttlecock memiliki harga yang beragam sesuai dengan tipenya. Biasanya, setiap merek memproduksi berbagai tipe, dari produk paling unggulan, produk yang sedang, dan produk yang biasa. 

Bulu angsa banyak dipakai pada pertandingan resmi

Bulu angsa banyak dipakai pada pertandingan resmi

Shuttlecock yang terbuat dari bahan bulu angsa sudah umum digunakan pada berbagai kompetisi resmi bulu tangkis. Untuk pertandingan resmi skala nasional, tentunya shuttlecock yang digunakan telah disertifikasi oleh Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI). Bulu angsa sangat kuat karena batang bagian tengahnya solid. Inilah yang menjadikannya lebih awet dibandingkan jenis bulu lainnya.

Bulu bebek yang harganya lebih terjangkau

Bulu bebek yang harganya lebih terjangkau

Bulu bebek memang tidak terlalu kuat dibandingkan bulu angsa. Akan tetapi, faktor tersebut tidak lantas memengaruhi kekuatan dan performa shuttlecock secara langsung. Bentuk porosnya, proses pengolahan pada permukaan sayap, serta lem perekat yang digunakan juga berpengaruh besar terhadap kekuatan shuttlecock.


Shuttlecock jenis ini dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Beberapa di antaranya ada yang dibuat dari bahan campuran antara bulu angsa dan bulu bebek. Jadi, Anda juga dapat mempertimbangkan segi harga dan kebutuhan pemakaian.

Debby Susanto
Mantan atlet bulu tangkis
Debby Susanto

Saat memilih shuttlecock, kalian disarankan untuk memilih yang bulunya agak tebal. Dengan begitu, daya terbangnya lebih stabil dan awet saat digunakan. Jangan lupa, tentukan juga bobot bolanya, apakah kalian ingin yang ringan, berat, atau yang performanya cepat. 


Shuttlecock yang menjadi favorit di cabang olahraga ini memang masih dipegang oleh Yonex. Produk shuttlecock mereka sering kali menjadi bola tournament pada acara pertandingan bulu tangkis dunia. Walaupun harganya cukup tinggi, tidak bisa dipungkiri bahwa shuttlecock mereka memiliki kecepatan, kestabilan, dan keakuratan yang baik.


Meskipun begitu, bukan berarti shuttlecock merek lain tidak bagus, ya. Banyak produk dari merek lain, termasuk produk lokal Indonesia yang menurut saya bagus. Salah satu contohnya adalah shuttlecock dari Gajah Mada.

Bahan nilon yang sangat awet dan cocok untuk latihan

Bahan nilon yang sangat awet dan cocok untuk latihan
Untuk Anda yang bermain bulu tangkis hanya sebatas hobi atau sekadar latihan, sebaiknya gunakanlah shuttlecock berbahan nilon. Kelebihan shuttlecock ini adalah harganya cukup terjangkau dan relatif tahan lama. Anda bisa menggunakannya berkali-kali.

Karena tidak mudah rusak, Anda pun dapat berhemat karena tidak perlu bolak-balik membeli shuttlecock baru. Bagi Anda yang masih pemula dalam bermain bulu tangkis, Anda bisa memakai shuttlecock berbahan nilon terlebih dahulu. Setelah mulai terbiasa, gantilah shuttlecock Anda dengan yang berbahan bulu bebek atau angsa.

Jenis gabus memengaruhi performa shuttlecock

Jenis bahan gabus pada kepala shuttlecock memengaruhi kemudahan dan kenyamanan ketika Anda memukulnya menggunakan raket. Jika Anda berlatih bulu tangkis agar dapat tampil maksimal ketika bertanding, sebaiknya gunakan shuttlecock dari bahan gabus terbaik.

Gabus alami berkualitas tinggi untuk sensasi pukulan yang maksimal

Gabus alami berkualitas tinggi untuk sensasi pukulan yang maksimal
Gabus alami merupakan bahan yang berkualitas tinggi, seperti halnya bahan bulu angsa sebagai bulu shuttlecock. Kualitas yang bagus ini akan memberikan sensasi pukulan yang nyaman. Dengan bahan gabus alami, Anda dapat memukul shuttlecock dengan nyaman dan mudah sesuai keinginan.

Bahan gabus alami ini biasanya digunakan pada shuttlecock untuk pertandingan bulu tangkis resmi. Soal harga, tentu saja shuttlecock tipe ini sedikit lebih mahal dibandingkan produk dengan bahan gabus lain.

Gabus sintetis yang terjangkau harganya

Gabus sintetis yang terjangkau harganya
Awalnya, semua gabus pada shuttlecock menggunakan bahan gabus alami. Namun, kini penggunaan gabus sintetis sebagai kepala shuttlecock juga makin meningkat seiring melonjaknya kebutuhan.

Gabus sintetis dapat dibuat dari bahan yang mirip dengan gabus alami, bahkan warnanya pun mirip. Namun, tentu kemudahan memukul shuttlecock ini tidak senyaman gabus alami. Anda mungkin akan merasakan perbedaan antara shuttlecock dari bahan gabus alami dan sintetis saat memukulnya dengan raket.

Compressed cork yang merupakan perpaduan bahan alami dan sintetis

Compressed cork yang merupakan perpaduan bahan alami dan sintetis

Compressed cork adalah gabus yang umumnya terbuat dari remahan atau sisa bahan gabus alami yang dipadatkan. Cirinya adalah permukaan yang kasar dan daya tahan yang tidak terlalu kuat dibandingkan gabus alami atau sintetis.


Shuttlecock dari compressed cork direkomendasikan untuk Anda yang sering bermain bulu tangkis, tetapi tidak untuk tampil dalam perlombaan. Harganya yang relatif lebih terjangkau menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, ada juga compressed cork yang dipadukan dengan bahan gabus sintetis untuk menekan harganya.

Pilih berdasarkan tujuan pemakaian

Pilih berdasarkan tujuan pemakaian
Sebelum memilih shuttlecock, pertimbangkanlah tujuan penggunaannya. Sebagai contoh, untuk permainan santai, Anda tidak perlu menggunakan shuttlecock yang memenuhi standar asosiasi bulu tangkis seperti Badminton World Federation (BWF). Jika Anda ingin latihan serius bersama klub bulu tangkis, shuttlecock yang tahan lama dan performanya maksimal bisa dijadikan pilihan.

Sementara itu, shuttlecock yang digunakan pada pertandingan resmi harus memenuhi standar PBSI untuk skala nasional dan standar BWF untuk skala internasional. Jika Anda mempersiapkan diri untuk perlombaan, sebaiknya gunakan shuttlecock yang memenuhi standar asosiasi bulu tangkis. Agar tidak salah pilih, tentukan dulu tujuan penggunaan Anda, baru setelahnya pilih shuttlecock yang sesuai.

Cek juga speed number pada shuttlecock

Cek juga speed number pada shuttlecock

Shuttlecock biasanya memiliki speed number yang tertera di bagian label atau kemasannya. Speed number yang lebih tinggi mengindikasikan bahwa shuttlecock tersebut akan terbang lebih jauh saat dipukul.


Sistem speed number lama menggunakan angka 48 hingga 52 berdasarkan bobotnya (4,8 gram hingga 5,2 gram). Sementara itu, sistem terbaru menggunakan angka 75 hingga 79 yang mengindikasikan jumlah grains pada shuttlecock agar lebih akurat. Sebagai gambaran, 75 grains setara dengan 4,860 gram. Namun, Yonex memiliki perhitungan speed number yang lebih sederhana, yakni 1 hingga 5 untuk mengindikasikan kecepatannya.


Selain dari bobotnya, temperatur tempat Anda bermain bulu tangkis juga berpengaruh. Makin dingin suhunya, makin lambat pula shuttlecock tersebut. Perbedaan speed number pada setiap shuttlecock tentunya membuat perbedaan jarak tempuh saat dipukul. Pertimbangkan speed number ini dan sesuaikan dengan tempat Anda bermain, terutama pada pertandingan resmi. Berikut ini penjelasan detailnya.


  • 48 / 75 / 1 = Very slow, suhu 33 derajat Celsius atau lebih tinggi
  • 49 / 76 / 2 = Slow, suhu 27–33 derajat Celsius
  • 50 / 77 / 3 = Average, suhu 22–28 derajat Celsius
  • 51 / 78 / 4 = Fast, suhu 17–23 derajat Celsius
    • 52 / 79 / 5 = Very fast, suhu 17 derajat Celsius atau lebih rendah

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Gadjah Mada International Badminton Shuttlecock

Mulai dari Rp 115.700,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi shuttlecock terbaik

Setelah memberikan tips mengenai cara memilih shuttlecock, sekarang saatnya kami merekomendasikan sepuluh produk terbaik pilihan kami. Pilihlah shuttlecock sesuai dengan keperluan dan bujet Anda, ya!
10
Material buluBulu angsa
Material gabusTidak diketahui
Speed number (sistem baru)78
Isi12 pcs
9
Material buluNilon
Material gabusTidak diketahui
Speed number (sistem baru)Green cap: 76 ・ Blue cap: 77 ・ Red cap: 78
Isi3 atau 6 pcs
8
Material buluBulu bebek
Material gabusComposite cork
Speed number (sistem baru)77
Isi12 pcs
7
Material buluBulu angsa
Material gabusComposite cork
Speed number (sistem baru)77
Isi12 pcs
6
Material buluBulu angsa
Material gabusTidak diketahui
Speed number (sistem baru)78
Isi12 pcs
5
Material buluNilon
Material gabusTidak diketahui
Speed number (sistem baru)77
Isi3 atau 6 pcs
4
Material buluBulu angsa
Material gabusTidak diketahui
Speed number (sistem baru)76
Isi12 pcs
3
Material buluBulu bebek
Material gabusComposite cork
Speed number (sistem baru)76
Isi12 pcs
2
Material buluBulu angsa
Material gabusComposite cork
Speed number (sistem baru)76–79
Isi12 pcs
1
Material buluBulu angsa
Material gabusGabus alami
Speed number (sistem baru)75–79
Isi50 pcs

Tabel perbandingan produk shuttlecock terbaik

Gambar produk
1
Yonex Aerosensa 50 1

Yonex

2
Yonex  Aeroclub TR 1

Yonex

3
Li-Ning SG-Gold 1

Li-Ning

4
Yonex  League 5 1

Yonex

5
Adidas Flieger TS3 Medium Speed Nylon 1

Adidas

6
JP Gold Shuttlecock 1

JP Gold

7
Victor  Master No. 3 1

Victor

8
Victor  Gold  1

Victor

9
Yonex Mavis 350 1

Yonex

10
Gadjah Mada Samurai Hijau 1

Gadjah Mada

Nama produk

Aerosensa 50

Aeroclub TR

SG-Gold

League 5

Flieger TS3 Medium Speed Nylon

Shuttlecock

Master No. 3

Gold

Mavis 350

Samurai Hijau

Keunggulan

Shuttlecock terbaik dan langganan turnamen bergengsi!

Untuk latihan ataupun pertandingan, produk ini jagonya!

Kualitas setingkat shuttlecock untuk turnamen besar

Bergerak stabil di udara, permainan jadi lebih seru!

Fun games jadi lebih fun berkat shuttlecock nilon premium ini

Tidak mudah patah saat dimainkan!

Memanjakan para pemain profesional dalam sesi latihan

Sesuai untuk kondisi lingkungan di Indonesia

Warna kuning mencolok untuk melatih ketangkasan dan respons

Pilihan ekonomis untuk permainan santai

Harga mulai dariRp 510.000,00Rp 250.000,00Rp 250.000,00Rp 100.000,00Rp 99.000,00Rp 67.000,00Rp 375.000,00Rp 250.000,00Rp 102.000,00Rp 74.500,00
Material buluBulu angsaBulu angsaBulu bebekBulu angsaNilonBulu angsaBulu angsaBulu bebekNilonBulu angsa
Material gabusGabus alamiComposite corkComposite corkTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiComposite corkComposite corkTidak diketahuiTidak diketahui
Speed number (sistem baru)75–7976–7976 7677787777Green cap: 76 ・ Blue cap: 77 ・ Red cap: 78 78
Isi50 pcs12 pcs12 pcs12 pcs3 atau 6 pcs 12 pcs12 pcs12 pcs3 atau 6 pcs12 pcs
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan bulu tangkis lainnya di sini

Untuk membuat Anda makin nyaman saat bermain bulu tangkis, kami memiliki rekomendasi produk-produk lainnya seperti sepatu dan raket. Jika Anda ingin mengetahui informasinya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi shuttlecock dari kami? Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Selain pertimbangan bahan yang digunakan, Anda juga bisa membeli berdasarkan merek yang sudah Anda kenal.


Ketika hendak memilih shuttlecock berdasarkan bahan bulunya, bahan gabusnya, dan cara penggunaannya yang tepat, silakan jadikan artikel ini sebagai referensi. Dengan demikian, Anda dapat membeli shuttlecock yang tepat sesuai dengan kebutuhan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya. Tidak ketinggalan, mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya. Silakan disimak!
    Badminton
    262.340 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak menjadi sponsor banyak atlet bulu tangkis Indonesia, popularitas raket Li-Ning mulai meledak di tanah air. Merek ini memiliki raket untuk pemula hingga veteran. Bahkan, kualitas produk yang dijual juga sama dengan yang dipakai atlet profesional. Beragam serinya mampu memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda. Seri 3D Calibar mantap untuk smash, sedangkan Windstorm seimbang meskipun ringan. Tergantung kebutuhan, Anda bisa memilih raket Li-Ning XP 2020, 3D Calibar 900, Windstorm 72, atau lainnya. Jangan khawatir, kami akan memandu Anda memilih produk original demi mendapat performa terbaik. Yuk, dimulai!
    Badminton
    2.937 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda menggemari olahraga badminton? Anda tentu membutuhkan sepatu badminton supaya dapat bergerak dengan nyaman di lapangan. Sepatu yang bagus akan mendukung Anda untuk berkonsentrasi saat bermain. Di pasaran, sepatu badminton hadir dengan spesifikasi yang bervariasi. Dengan munculnya berbagai produk, Anda mungkin kebingungan saat ingin memilih produk yang tepat. Untuk itu, kami akan mengulas rekomendasi sepatu badminton yang bagus untuk pria beserta cara memilihnya. Produk dari merk Yonex, Victor, dan Mizuno akan Anda jumpai dalam daftar pilihan kami. Selamat membaca!
    Badminton
    33.281 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang gemar bermain bulu tangkis, tas raket badminton akan sangat memudahkan Anda membawa raket. Bahkan, ada juga produk yang dilengkapi kompartemen tambahan untuk menyimpan perlengkapan lainnya. Hal itu sangat bermanfaat apabila Anda akan pergi dari rumah ke lapangan, sasana olahraga, atau training camp, bukan?Agar Anda makin mudah menemukan produk yang tepat, mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar dalam cara memilih di bawah ini. Tak lupa, rekomendasi tas raket badminton terbaik, seperti keluaran Yonex, Adidas, Mizuno akan dibahas dalam artikel ini. Jadi, selamat membaca!
    Badminton
    5.968 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Badminton Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Badminton Yonex Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Yonex merupakan merk yang sudah sangat familier di kalangan penggemar badminton. Mulai dari raket, shuttlecock, sampai apparel pemain, Yonex selalu menjadi pilihan utama karena kualitasnya produknya yang bagus. Tidak heran, juara-juara sekelas Kevin Sanjaya, Taufik Hidayat, sampai Lin Dan sering mengandalkan sepatu Yonex dalam pertandingan. Sebagian dari Anda juga mungkin sudah terpikat dengan sepatu badminton Yonex. Sebut saja seri original, seperti Yonex Power Cushion Z, Aerus 3, hingga Power Cushion Eclipsion. Untuk makin meyakinkan Anda, yuk simak tips memilih dan juga rekomendasi sepatu badminton Yonex terbaru berikut!
    Badminton
    63 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Dalam permainan badminton, sepatu merupakan poin penting untuk menunjang performa bermain Anda. Namun, jumlah produsen sepatu yang menawarkan produk dengan kualitas tinggi sangat banyak, seperti Li-Ning, Yonex, Adidas, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dan bertanya-tanya sepatu mana yang terbaik untuk Anda.Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih sepatu badminton untuk wanita beserta rekomendasi produknya. Mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya. Untuk itu, jangan lewatkan dan pilihlah sepatu yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Badminton
    2.339 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori