• 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bulutangkis tidak dapat dimainkan tanpa shuttlecock. Bicara tentang bulutangkis, merek Yonex sudah begitu terkenal. Akan tetapi, saat ini banyak merek lain yang juga bermunculan di pasaran. Setiap merek menyajikan shuttlecock dengan kualitas dan performa yang berbeda-beda.

Selain itu, harganya pun juga bervariasi sehingga seringkali membuat konsumen bingung saat ingin membeli. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips mengenai cara memilih shuttlecock dan juga memberikan rekomendasi shuttlecock dari berbagai merek yang dapat dibeli secara online. Silahkan jadikan referensi bagi Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 25 Maret 2020
  • 11.723 Views
Daftar isi

Cara memilih shuttlecock terbaik

Pertama-tama, kami akan menjelaskan mengenai cara memilih shuttlecock yang sesuai dengan Anda. Pada umumnya, konsumen yang membeli shuttlecock adalah orang yang rajin berlatih bulutangkis. Shuttlecock yang tidak berkualitas akan segera rusak hanya karena digunakan untuk latihan.
Jika memungkinkan, pilihlah shuttlecock dengan bahan bulu dan gabus yang awet. Berbeda materialnya maka akan berbeda pula fitur yang dimiliki oleh suatu produk shuttlecock. Oleh karena itu, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang biasa dimiliki shuttlecock.

Pilih shuttlecock dengan material bulu yang tahan lama

Seberapa jauh dan cepatnya sebuah shuttlecock meluncur adalah tergantung dari material bulu yang digunakan. Masing-masing material bulu tersebut berbeda-beda durability-nya. Selain itu, material bulu yang digunakan juga berpengaruh pada dapat dipakainya sebuah shuttlecock di pertandingan resmi atau tidak.

Bulu angsa yang biasa dipakai untuk pertandingan resmi

Bulu angsa yang biasa dipakai untuk pertandingan resmi
Shuttlecock yang terbuat dari bahan bulu angsa sudah umum digunakan pada berbagai kompetisi resmi bulutangkis. Shuttlecock dari jenis bulu ini telah disertifikasi oleh Persatuan Bulu Tangkis Indonesia sehingga dapat resmi digunakan pada latihan dan pertandingan-pertandingan resmi.
Bulu angsa ini sangat kuat karena batang bagian tengah bulu ini solid. Inilah yang menjadikannya lebih awet dibanding jenis bulu lainnya. Selain itu, setiap helai bulu angsa hampir tidak ada perbedaan antara satu dengan lainnya sehingga kualitasnya merata. Hal ini membuat shuttlecock bulu angsa memungkinkan untuk diproduksi dalam jumlah banyak.

Bulu bebek yang murah sebagai substitusi bulu angsa

Bulu bebek yang murah sebagai substitusi bulu angsa
Ada dua jenis bahan bulu untuk membuat shuttlecock, yaitu bulu angsa atau bulu bebek. Ada pula shuttlecock yang terbuat dari campuran kedua bahan tersebut. Shuttlecock berbahan campuran ini harganya tidak mahal.
Bulu bebek tidak terlalu kuat dibandingkan bulu angsa. Akan tetapi, bukan hanya faktor kekuatan dari bahan bulu saja yang memengaruhi performa shuttlecock. Lembut atau kasarnya serta ketebalan bulu turut memengaruhi performa shuttlecock.

Bahan nilon yang sangat awet dan cocok untuk latihan

Bahan nilon yang sangat awet dan cocok untuk latihan
Untuk orang-orang yang bermain bulutangkis hanya karena sebatas hobi atau sekedar latihan, direkomendasikan untuk menggunakan shuttlecock berbahan nilon. Kelebihan shuttlecock ini adalah tidak mahal dan relatif tahan lama.
Karena tidak mudah rusak, Anda pun dapat berhemat karena tidak perlu bolak-balik membeli shuttlecock lagi. Bagi Anda yang masih pemula dalam bermain bulutangkis, sebaiknya Anda juga memakai shuttlecock berbahan nilon terlebih dahulu. Setelah mulai terbiasa, gantilah shuttlecock Anda dengan yang berbahan bulu bebek atau angsa.

Jenis gabus memengaruhi performa shuttlecock

Jenis bahan yang dipakai untuk membuat gabus pada ujung bawah shuttlecock memengaruhi kenyamanannya ketika digunakan. Jika Anda berlatih bulutangkis untuk mencapai hasil yang maksimal ketika pertandingan, maka Anda harus menggunakan shuttlecock berbahan gabus yang terbaik.

Gabus alami untuk performa yang mumpuni

Gabus alami untuk performa yang mumpuni
Gabus alami merupakan bahan yang berkualitas tinggi, seperti halnya bahan bulu angsa pada shuttlecock. Kualitas yang bagus ini akan memberikan shot feeling yang nyaman. Dengan bahan gabus ini, Anda dapat memukul shuttlecock dengan nyaman dan mudah.
Bahan gabus ini biasanya digunakan pada shuttlecock untuk pertandingan bulutangkis resmi. Soal harga, tentu saja sedikit lebih mahal dari shuttlecock dengan bahan gabus lain.

Gabus sintetis yang terjangkau harganya

Gabus sintetis yang terjangkau harganya
Awalnya, semua gabus pada shuttlecock menggunakan bahan gabus alami. Akan tetapi, harga bahan dasar untuk membuat gabus alami semakin melonjak. Untuk itulah, gabus sintetis kini banyak digunakan untuk membut shuttlecock.
Gabus sintetis dapat dibuat dari bahan yang mirip dengan bahan untuk membuat gabus alami. Bahkan warna dan teksturnya pun dapat dibuat mirip. Anda mungkin baru bisa merasakan perbedaannya ketika menggunakannya untuk bermain secara langsung.

Compressed cork yang merupakan perpaduan bahan alami dan sintetis

Compressed cork yang merupakan perpaduan bahan alami dan sintetis
Gabus alami memang berkualitas tinggi, tetapi mahal harganya. Sementara gabus sintetis, performanya tidak begitu memukau. Oleh karena itu, diciptakan bahan gabus alternatif yaitu compressed cork. Gabus jenis ini memiliki harga yang murah dan cocok untuk Anda yang ingin bermain bulutangkis, tetapi tetap ingin berhermat.
Bahan gabus jenis ini umumnya terbuat dari remahan bahan gabus alami. Cirinya adalah permukaan yang kasar dan daya tahan yang tidak terlalu kuat. Ada juga compressed cork yang dipadukan dengan bahan gabus sintetis. Shuttlecock jenis ini juga cukup bagus untuk menjadi pilihan shuttlecock alternatif Anda.

Pilihlah tergantung tujuan pemakaian

Pilihlah tergantung tujuan pemakaian
Sebelum memilih shuttlecock, pertimbangkanlah tujuan penggunaannya. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan shuttlecock hanya sekedar untuk bermain-main bersama keluarga, Anda tidak perlu menggunakan shuttlecock yang telah tersertifikasi. Shuttlecock yang sudah disertifikasi oleh Badminton World Federation lebih tepat digunakan saat berlatih bersama klub bulutangkis Anda.
Saat pertandingan bulutangkis resmi yang dipimpin oleh wasit dan hakim garis, Anda harus menggunakan shuttlecock yang tersertifikasi. Membeli shuttlecock sesuai dengan tujuan pemakaian dan mengetahui cara memilihnya, dapat meminimalisir kesalahan dalam membeli shuttlecock.

Cek juga shuttlecock speed number yang dimilikinya!

Cek juga shuttlecock speed number yang dimilikinya!
Setiap shuttlecock memiliki angka yang menunjukkan seberapa jauhnya sebuah shuttlecock bisa terbang meluncur bila dipukul dengan besar daya tertentu. Angka ini disebut dengan speed number. Selain bergantung pada kualitas shuttlecock itu sendiri, kecepatannya juga bergantung pada lingkungan tempat shuttlecock dimainkan. Untuk menentukan shuttlecock yang paling pas dengan lingkungan tempat Anda bermain bulutangkis, jangan lupa perhatikan speed number-nya, ya!
Sebagai contoh, shuttlecock yang cocok digunakan di Tiongkok belum tentu cocok digunakan di Indonesia. Di Indonesia, shuttlecock yang biasanya cocok digunakan memiliki speed number dengan angka 76 dan 77. Arti dari angka 76 adalah kecepatannya lambat sampai sedang dan untuk penggunaan di daerah hangat. Arti dari angka 77 adalah kecepatannya sedang dan untuk penggunaan di daerah pesisir.
Seberapa jauh sebuah shuttlecock dapat meluncur juga bergantung kepada speed number-nya. Jika Anda hendak membeli shuttlecock untuk digunakan dalam pertandingan, pilihlah shuttlecock yang sesuai dengan lingkungan tempat pertandingan dilaksanakan.

10 Rekomendasi shuttlecock terbaik

Setelah memberikan tips mengenai cara memilih shuttlecock, sekarang saatnya kami memberikan 10 rekomendasi produk shuttlecock terbaik pilihan kami. Pilihlah shuttlecock sesuai dengan keperluan dan budget Anda, ya!
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk shuttlecock terbaik

Gambar produk
1
Yonex Shuttlecocks Aerosensa 50 1

Yonex

2
Yonex  Shuttlecocks Aero Club TR 1

Yonex

3
Yonex  Shuttlecocks Aerosensa 40 1

Yonex

4
Yonex  Shuttlecocks League 5 1

Yonex

5
Yonex  Shuttlecocks Mavis 350 1

Yonex

6
Yonex  Shuttlecocks Aerosensa 2 1

Yonex

7
Victor  Shuttlecocks Master No. 3 1

Victor

8
Victor  Shuttlecocks Gold  1

Victor

9
Gadjah Mada  Shuttlecocks 1

Gadjah Mada

10
Samurai Hijau  Shuttlecocks 1

Samurai Hijau

Nama produk

Shuttlecocks Aerosensa 50

Shuttlecocks Aero Club TR

Shuttlecocks Aerosensa 40

Shuttlecocks League 5

Shuttlecocks Mavis 350

Shuttlecocks Aerosensa 2

Shuttlecocks Master No. 3

Shuttlecocks Gold

Shuttlecocks

Shuttlecocks

KeunggulanShuttlecock kualitas terbai...Cocok untuk latihan maupun ...Kualitas setingkat shuttlec...Terjangkau tetapi tetap ber...Shuttlecock nilon dari Yone...Ringan dan stabil di udaraCocok juga untuk digunakan ...Sesuai kondisi lingkungan d...Produk lokal yang berkualitasPilihan paling ekonomis unt...
HargaRp 510.000,00Rp 289.000,00Rp 525.000,00Rp 110.000,00Rp 79.000,00Rp 370.000,00Rp 280.000,00Rp 242.000,00Rp 149.000,00Rp 75.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Ada berbagai jenis bahan shuttlecock. Berbeda bahan maka berbeda pula performa yang akan ditampilkannya. Karena itu, pilihlah shuttlecock sesuai dengan tujuan penggunaannya. Shuttlecock untuk pertandingan bulutangkis resmi tentunya akan berbeda dengan shuttlecock yang hany digunakan untuk sekedar latihan.
Ketika Anda hendak memilih sebuah shuttlecock berdasarkan bahan bulunya, bahan gabusnya, dan cara penggunaannya yang tepat, silahkan jadikan artikel ini sebagai referensi. Dengan demikian, Anda dapat membeli shuttlecock yang tepat untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    108.269 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    79.991 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    52.517 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu moda transportasi yang simple dan digunakan tidak hanya oleh para pesepeda. Road bike yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenis, antara lain road bike keluaran merek-merek ternama seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Selain itu, komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga sering kali membuat para pemula menjadi bingung.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih road bike. Kemudian kami akan memperkenalkan rekomendasi produk road bike dalam format ranking. Produk road bike yang akan kami perkenalkan di sini memiliki banyak variasi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bersepeda Anda.
    Outdoor & sports
    37.916 Views
  • 10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda ingin bugar dengan berolahraga setiap hari? Atau mungkin Anda ingin menurunkan berat badan? Tidak perlu pergi ke gym, Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau.Meski bukan merupakan alat olahraga yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda. Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill terbaik. Lalu, kami juga memberikan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah.
    Outdoor & sports
    24.076 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu merupakan perlengkapan paling penting dalam olahraga lari maupun jogging. Akhir-akhir ini, kita sering menjumpai orang-orang yang memakai sepatu lari yang trendi. Banyak produsen seperti Adidas, Asics, dan Nike mengeluarkan sepatu lari dengan kualitas terbaik, dilengkapi keunikan dan keunggulan dari masing-masing merek.Semakin banyak variasi produk, mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung saat memilih. Kali ini kami akan membahas tips memilih sepatu lari dan memperkenalkan sepuluh produk sepatu lari terbaik untuk Anda. Silakan menyimak ulasannya dan temukan sepatu lari yang cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    36.937 Views
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda termasuk pencinta kegiatan camping? Salah satu faktor yang harus diperhatikan saat camping adalah kenyamanan saat tidur. Meskipun demikian, kadang Anda melupakan pentingnya memiliki matras camping yang berkualitas baik sehingga kenyamanan tidur Anda pun dikorbankan.Kali ini, kami akan menginformasikan kepada Anda hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih matras camping. Lalu, kami juga akan merekomendasikan produk-produk matras camping terbaik yang bagus untuk Anda. Jadikan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras camping ya!
    Outdoor & sports
    3.067 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori