• 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, tenis menjadi salah satu cabang olahraga yang diminati banyak orang. Mulai dari anak-anak yang beranjak remaja hingga senior, banyak yang menggemari olahraga ini. Jika Anda hendak memulai olahraga tenis, raket tenis adalah perlengkapan yang wajib Anda miliki.

Anda mungkin akan kebingungan dengan banyaknya raket yang tersedia dengan spesifikasi yang beragam. Jangan khawatir, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih raket tenis yang bagus. Kami juga akan memberi rekomendasi merek raket tenis terbaik, seperti Yonex, HEAD, dan Wilson. Pilihlah raket yang paling pas dengan kebutuhan Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih raket tenis

Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat menemukan jenis raket tenis yang sesuai. Bacalah dengan saksama setiap poin berikut dan temukan raket yang Anda butuhkan. 

Pilih raket dengan bobot yang sesuai dengan Anda

Pada umumnya, raket tenis tanpa senar memiliki berat sekitar 300 gram. Namun, ada juga raket tenis yang memiliki berat kurang dari itu. Berikut kami rangkum untuk Anda agar dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bobot 300 gram, untuk pemain pria dewasa

Bobot 300 gram, untuk pemain pria dewasa

Jika Anda pria dewasa yang baru mulai bermain tenis, kami menyarankan Anda menggunakan raket dengan bobot 300 gram. Tipe raket ini juga direkomendasikan untuk Anda yang mempunyai otot yang kuat dan juga pemain profesional


Berkat bobotnya yang berat, Anda dapat menghasilkan pukulan keras yang powerful. Bahkan, saat Anda menerima pukulan keras dari lawan, Anda tidak akan merasakan getarannya. 

Bobot 270 gram, untuk wanita dan pemain senior

Bobot 270 gram, untuk wanita dan pemain senior

Jika Anda lebih mengutamakan kemudahan dalam mengontrol raket, gunakan raket dengan bobot kurang dari 270 gram. Bobot raket ini terbilang ringan sehingga dapat digunakan oleh pemain wanita dan senior dengan lebih mudah. 


Dengan menggunakan raket ringan, Anda akan lebih mudah mengayunkan dan merasakan pukulan yang dihasilkannya oleh raket. Jika Anda ingin melempar bola jauh kepada lawan, raket ini dapat diandalkan.

Pertimbangkan ukuran kepala raket yang cocok untuk Anda

Pertimbangkan ukuran kepala raket yang cocok untuk Anda

Selain bobotnya, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran kepala raket. Secara garis besar, ukuran kepala raket dibagi menjadi tiga jenis, yakni mid, midplus, dan oversize. Berikut kami rangkumkan untuk Anda.


  • Jenis raket mid: Jenis raket ini memiliki ukuran 95 inci persegi atau kurang. Ukuran ini cocok untuk pemula agar lebih mudah dikendalikan.

  • Jenis raket midplus: Jenis raket ini sebesar 100 inci persegi. Jenis ini cocok untuk Anda yang sudah terbiasa dengan ukuran raket normal. Pukulan pun lebih bertenaga dengan menggunakan ukuran kepala raket ini.

  • Jenis raket oversize: Jenis raket ini berukuran sekitar 105 inci persegi atau diatasnya. Untuk Anda yang sudah profesional, Anda memerlukan raket yang bisa memberikan banyak tenaga tanpa mengayunkannya secara berlebihan.

Periksa ketebalan frame pada raket tenis

Selain bobot dan luas permukaan raket, hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah ketebalan frame. Ketebalan frame pada raket tenis dibagi menjadi tiga, yaitu tebal, sedang, dan tipis. Raket dengan ketebalan frame tertentu memiliki kelebihannya masing-masing. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut!

Frame tipis, mudah untuk mengontrol pukulan bola

Frame tipis, mudah untuk mengontrol pukulan bola

Jenis raket dengan frame tipis ini memiliki bobot yang ringan. Tidak mengherankan jika jenis raket ini populer dan jumlahnya di pasaran meningkat dalam 30 tahun terakhir. 


Jenis raket ini juga disukai oleh para pemain tingkat menengah dan lanjut. Hal ini dikarenakan raket tipis lebih mudah untuk menangkap dan memukul bola. Raket dengan frame tipis cocok untuk mereka yang menginginkan kendali penuh atas raket. 

Frame sedang, tipe frame yang paling seimbang

Frame sedang, tipe frame yang paling seimbang

Raket dengan ketebalan frame sedang menjadi raket paling mudah ditemukan di pasaran saat ini. Jenis raket ini memiliki frame dengan ketebalan sekitar 23 mm atau lebih. Raket ini juga memiliki struktur seperti pipa dengan penampang berbentuk elips. Jenis raket ini unggul dalam ayunan pukulannya. Tidak mengherankan jika jenis raket dengan frame sedang ini mudah diayunkan. 

Frame tebal, berikan daya pukul yang kuat tanpa harus kehabisan tenaga

Frame tebal, berikan daya pukul yang kuat tanpa harus kehabisan tenaga

Raket yang termasuk frame tebal memiliki ketebalan rangka 26 mm atau lebih. Jenis raket ini memiliki rangka yang kaku sehingga dapat memberikan daya pukul yang kuat. Jenis raket ini dianjurkan untuk mereka yang memiliki otot lemah. Dengan begitu, Anda dapat membuat pukulan yang kuat tanpa harus kehabisan tenaga.

Cek jenis string pattern raket sesuai dengan kemampuan Anda

Cek jenis string pattern raket sesuai dengan kemampuan Anda

Spesifikasi raket juga bergantung pada jumlah senar pada permukaan raket (spin pattern). Umumnya, raket memiliki string pattern 16 senar vertikal x 19 senar horizontal. Jika jumlah senarnya lebih sedikit atau lebih jarang, Anda akan lebih mudah melakukan spin, tetapi senarnya lebih mudah putus. 


Di sisi lain, raket dengan string pattern 18 x 20 atau yang lebih rapat biasanya digunakan oleh pemain profesional. Jadi, pilihlah raket dengan string pattern yang sesuai dengan kemampuan Anda, ya.

Pilihlah pegangan raket yang sesuai ukuran tangan

Pilihlah pegangan raket yang sesuai ukuran tangan

Secara umum, ukuran pegangan/grip raket tenis terdiri dari ukuran nol sampai lima. Ukuran nol (small) digunakan untuk anak-anak, sedangkan ukuran satu, dua, dan tiga untuk dewasa. Jika Anda seorang pria dan memiliki tangan yang besar, Anda dapat memilih ukuran tiga ke atas (ukuran medium hingga large). Jika Anda wanita dan tangan Anda kecil, disarankan untuk memakai ukuran satu. 

Pilih desain raket yang pas dengan postur badan

Pilih desain raket yang pas dengan postur badan

Raket ringan dan raket ultralightweight direkomendasikan untuk pemain dengan tenaga yang tidak terlalu besar. Jika Anda menggunakan jenis raket ini, pilihlah raket jenis "top heavy" dengan pusat gravitasi yang dekat dari pegangan. Dengan pusat gravitasi dekat pegangan, daya cengkeram Anda jadi lebih kuat dan pukulan Anda jadi lebih baik. 


Di sisi lain, ada juga raket "top light" yang memiliki pusat gravitasi di sisi samping pegangan. Jenis raket ini lebih mengutamakan teknik pukulan daripada kekuatan tangan.

Cek kelengkapan raket tenis yang hendak dibeli

Cek kelengkapan raket tenis yang hendak dibeli

Raket tenis dapat berfungsi jika ada senar yang terpasang pada frame-nya. Beberapa toko menjual raket dengan senar yang terpasang sejak awal. Namun, ada juga toko atau penjual yang hanya menjual frame raket tenis tanpa ada senar yang terpasang. Jika tidak ada senar yang terpasang, Anda dapat meminta petugas toko untuk memasangkan senar yang pas dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi raket tenis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh raket tenis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Wilson Pro Staff RF97 v13 1

Wilson

2
Babolat Evoke 102 Strike 1

Babolat

3
Wilson  Hyper Hammer 5.3 Gold 1

Wilson

4
Dunlop Blaze Pro 3.0 1

Dunlop

5
Head Speed PWR 360 1

Head

6
Decathlon Artengo Tr160 Graph Adult Tennis Racket 1

Decathlon

7
Yonex Vcore Pro 97L 1

Yonex

8
Babolat Boost S (Strike) 1

Babolat

9
HEAD Graphene Touch Radical S 1

HEAD

10
Yonex Vcore SV 98 1

Yonex

Nama produk

Pro Staff RF97 v13

Evoke 102 Strike

Hyper Hammer 5.3 Gold

Blaze Pro 3.0

Speed PWR 360

Artengo Tr160 Graph Adult Tennis Racket

Vcore Pro 97L

Boost S (Strike)

Graphene Touch Radical S

Vcore SV 98

Keunggulan

Raket dengan nuansa klasik bermanuver tinggi

Permainan gesit dan cepat dengan Evoke 102

Raket untuk Anda yang senang menyerang dengan cepat

Raket ideal untuk pemula dan pemain tingkat menengah

Graphene 360 untuk stabilitas yang optimal

Harga terjangkau dengan performa memukau!

Memberikan ayunan yang kuat tanpa beban

Sistem grommet woofer untuk kenyamanan ekstra

Bobot ringan untuk tingkat pemula dan menengah

Kendali penuh di genggaman Anda!

Harga mulai dariRp 1.100.331,00Rp 1.100.000,00Rp 2.290.000,00Rp 900.000,00Rp 2.049.000,00Rp 650.000,00Rp 4.200.000,00Rp 1.600.000,00Rp 1.450.000,00Rp 2.185.000,00
String pattern16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 20 horizontal16 vertikal x19 horizontal16 vertikal x 19 horizontalTidak disebutkan16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 20 horizontal
Berat290 gram270 gram242 gram260 gram255 gram270 gram290 gram 280 gram280 gram305 gram
Ketebalan frameTidak disebutkan22 mm/22 mm/25 mmTidak disebutkanTidak disebutkan26 mm/26 mm/28 mmTidak disebutkan21 mm/21 mm/21 mm23 mm/26 mm/23 mm22 mm/25 mm/23 mm22 mm/22 mm/21 mm
MaterialCarbon fiberFused graphiteHyper carbon, graphitePremium aluminium graphiteGraphite, carbon fibresGraphite2G namd flex force/flex fuse/HM graphite/VDMGraphiteTidak disebutkanH.M. graphite, Black micro core, nanometric XT
Tautan produk
10
String pattern16 vertikal x 20 horizontal
Berat305 gram
Ketebalan frame22 mm/22 mm/21 mm
MaterialH.M. graphite, Black micro core, nanometric XT
9

HEADGraphene Touch Radical S

Mulai dari Rp 1.450.000,00

String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat280 gram
Ketebalan frame22 mm/25 mm/23 mm
MaterialTidak disebutkan
8
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat280 gram
Ketebalan frame23 mm/26 mm/23 mm
MaterialGraphite
7
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat290 gram
Ketebalan frame21 mm/21 mm/21 mm
Material2G namd flex force/flex fuse/HM graphite/VDM
6

DecathlonArtengo Tr160 Graph Adult Tennis Racket

Mulai dari Rp 650.000,00

String patternTidak disebutkan
Berat270 gram
Ketebalan frameTidak disebutkan
MaterialGraphite
5
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat255 gram
Ketebalan frame26 mm/26 mm/28 mm
MaterialGraphite, carbon fibres
4
String pattern16 vertikal x19 horizontal
Berat260 gram
Ketebalan frameTidak disebutkan
MaterialPremium aluminium graphite
3

Wilson Hyper Hammer 5.3 Gold

Mulai dari Rp 2.290.000,00

String pattern16 vertikal x 20 horizontal
Berat242 gram
Ketebalan frameTidak disebutkan
MaterialHyper carbon, graphite
2
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat270 gram
Ketebalan frame22 mm/22 mm/25 mm
MaterialFused graphite
1
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat290 gram
Ketebalan frameTidak disebutkan
MaterialCarbon fiber

Baca juga rekomendasi perlengkapan tenis lainnya di sini

Selain raket tenis, kami memiliki ulasan berbagai perlengkapan tenis lainnya, seperti sepatu, sport wristband, dan lainnya. Jika Anda mencari ulasan produk-produk tersebut, silakan membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah bisa menentukan raket yang paling pas untuk Anda? Bagi pemain pemula, mencari raket yang cocok cukup sulit. Anda perlu mengetahui kriteria raket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Ulasan dan rekomendasi produk yang telah kami ulas bisa menjadi referensi untuk memudahkan Anda menemukan raket yang tepat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan harga yang pas juga. Selamat bermain tenis!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tenis meja adalah olahraga populer di Indonesia yang dimainkan dengan sedikit orang. Hal penting dalam tenis meja adalah bet atau raket tenis meja. Banyaknya produsen, spesifikasi, serta tipe karet, mungkin membuat Anda bingung dalam memilih raket tenis meja yang bagus. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih raket tenis meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk raket tenis meja terbaik untuk Anda. Temukan juga sejumlah produk buatan produsen bet tenis meja terkenal, seperti merek Butterfly, DHS, dan Nittaku. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket tenis yang digunakan pria dewasa dan pemain profesional memiliki bobot yang tergolong berat. Untuk pemain pemula, anak-anak, wanita, dan orang tua, diperlukan raket tenis berbobot lebih ringan. Di pasaran Anda akan menemukan beragam jenis raket dengan beragam pula bobotnya.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menunjukkan cara memilih raket tenis berbobot ringan yang bagus. Produk terbaik dari merek Yonex, Decathlon, dan Wilson ada dalam rekomendasi kami. Silakan simak artikel ini sampai habis agar Anda dapat menemukan raket tenis berbobot ringan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pemain tenis, sepatu tenis adalah salah satu item yang penting untuk diperhatikan. Ada banyak produsen sepatu tenis lapangan, seperti adidas, Nike, Wilson, dan sebagainya. Namun, banyaknya merek dan model sepatu tenis mungkin malah membuat Anda bingung untuk memilih.Karena itu, pada artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih sepatu tenis. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi sepatu tenis yang bagus dan mudah didapatkan secara online. Jangan lewatkan informasinya dan pilihlah sepatu tenis yang tepat agar performa permainan Anda meningkat!
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap olahraga memiliki karakteristik gerakan yang berbeda. Karena itu, sepatu yang digunakan disarankan berbeda pula tergantung pada jenis olahraganya. Apabila Anda menggemari olahraga tenis, pilihlah sepatu khusus tenis. Sepatu tenis akan memberikan stabilitas yang tepat untuk gerakan menyamping.Ada berbagai merek sepatu tenis wanita yang bagus di pasaran, seperti adidas, Nike, Asics, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda dalam memilihnya, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu tenis wanita. Temukan juga rekomendasi produk sepatu tenis wanita yang original dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Bola Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bola tenis lapangan adalah bola kecil yang terbuat dari karet dan dilapisi kain khusus berbahan nilon atau wol. Semua bola tenis lapangan dibuat dari bahan yang sama. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang membedakan tiap-tiap bola tenis tersebut, salah satunya adalah warna.Agar Anda tidak kebingungan saat memilih bola tenis lapangan, kami akan membahas cara memilih bola tenis yang bagus. Bola tenis lapangan terbaik dari merek Yonex, Wilson, dan Dunlop ada dalam rekomendasi kami. Tak hanya itu, Anda pun dapat membandingkan keunggulan dan harga dari setiap produk yang kami rekomendasikan.
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Case Bat Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Case Bat Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, olahraga tenis meja makin diminati. Untuk bermain tenis meja, tentu Anda akan membutuhkan bat atau pemukul bolanya. Case bat sangat krusial untuk menyimpan dan membawa bat andalan. Bahkan, ada juga case bat yang bisa digunakan untuk menyimpan dua bat sekaligus.Ada banyak jenis case bat yang dapat Anda temui di pasaran seperti keluaran Butterfly, Andro, dan Yazaka. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang dapat membantu Anda memilih case bat yang tebaik. Jika Anda mendapatkan case bat berkualitas, Anda juga akan lebih termotivasi untuk berolahraga!
    Tenis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori