• 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, tenis menjadi salah satu cabang olahraga yang diminati banyak orang. Mulai dari anak-anak yang beranjak remaja hingga senior, banyak yang menggemari olahraga ini. Jika Anda hendak memulai olahraga tenis, raket tenis adalah perlengkapan yang wajib Anda miliki.

Bagi seorang pemula, Anda mungkin akan kebingungan dengan banyaknya raket yang tersedia dengan spesifikasi yang beragam. Jangan khawatir, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih raket tenis. Kami juga akan mengulas rekomendasi produk, seperti YONEX, HEAD, dan lainnya. Baca artikel ini dan pilihlah raket yang paling pas untuk Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 14 Januari 2021
  • 46.548 Views
Daftar isi

Cara memilih raket tenis

Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat menemukan jenis raket tenis yang sesuai. Bacalah dengan saksama setiap poin berikut dan temukan raket yang Anda butuhkan. 

Pilihlah raket dengan bobot dan luas permukaan yang sesuai dengan kemampuan Anda

Pada umumnya, raket tenis tanpa senar memiliki berat sekitar 300 gram. Namun, ada juga raket tenis yang memiliki berat kurang dari itu. Salah satunya adalah raket super ringan (ultralightweight) yang bobotnya hanya 250–260 gram. Ada juga raket tenis ringan dengan berat 270–285 gram. Kemudian, untuk raket yang tergolong berat, bobotnya bisa mencapai lebih 310 gram atau lebih.


Selain bobotnya, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran kepala raket. Secara garis besar, ukuran kepala raket dibagi menjadi tiga jenis, yakni midmidplus, dan oversize. Jenis raket mid memiliki ukuran 95 inci persegi atau kurang. Sementara itu, ukuran kepala raket jenis midplus sebesar 100 inci persegi. Kemudian, jenis raket oversize berukuran sekitar 105 inci persegi atau di atasnya. Sebelum membeli, Anda perlu memahami karakteristik dan perbedaan dari jenis raket ini.

Model midplus, bobot yang pas untuk pemain pemula dewasa

Model midplus, bobot yang pas untuk pemain pemula dewasa

Sejak diperkenalkannya raket karbon kurang dari 40 tahun silam, raket tenis membuat improvement besar setiap 10 tahunnya. Jika dibandingkan dulu, raket sekarang memiliki daya tahan dan daya pukul lebih kuat. Kemudian, bobotnya juga lebih ringan. Maka dari itu, Anda dapat menyesuaikan jenis raket sesuai dengan kemampuan dan gaya permainan Anda. 


Jika Anda seorang pria dewasa yang baru mulai bermain tenis, kami menyarankan untuk menggunakan model midplus. Jenis raket tersebut memiliki bobot sekitar 300 gram. Jika Anda seorang wanita dewasa, sebaiknya gunakan raket jenis midplus yang lebih ringan. Tipe raket ini memiliki bobot sekitar 280 gram. 


Raket model midplus memiliki luas permukaan yang sedang sehingga memudahkan Anda mengontrol bola. Jenis raket model ini juga direkomendasikan untuk Anda yang mencari raket dengan kemampuan ayunan yang kuat. Namun, jika Anda memiliki postur tubuh lebih kecil, gunakan model raket dengan bobot yang lebih ringan.


Apabila Anda seorang senior, kamu rekomendasikan raket yang superringan dengan permukaan yang lebih luas. Jika menggunakan raket biasa, permukaan raket dapat berguncang sehingga kontrol Anda saat memegang raket bisa terganggu. Dengan demikian, jenis raket ini tidak cocok untuk mereka yang sulit untuk mengayunkan raket. Maka dari itu, lebih baik Anda memilih raket dengan permukaan yang lebih lebar agar permukaannya tidak mudah berguncang. 

Model ultralightweight, bobot lebih ringan sehingga cocok untuk wanita dan pemain senior

Model ultralightweight, bobot lebih ringan sehingga cocok untuk wanita dan pemain senior

Jika Anda lebih mengutamakan kemudahan dalam mengontrol raket, gunakan raket dengan bobot kurang dari 270 gram. Tipe raket ultralightweight memiliki bobot 250 gram–265 gram. Maka dari itu, model raket ini dapat digunakan oleh pemain wanita dan senior dengan lebih mudah. Dengan menggunakan raket ringan, Anda akan lebih mudah mengayunkan dan merasakan pukulan yang dihasilkannya oleh raket. Sayangnya, jenis raket ini tidak cocok untuk melakukan pukulan kuat. Namun, jika Anda ingin melempar bola jauh kepada lawan, raket ini dapat diandalkan.

Model raket berat, menghasilkan pukulan bola yang powerful

Model raket berat, menghasilkan pukulan bola yang powerful

Jika Anda ingin memberikan pukulan kuat selama bermain tenis, pilihlah raket dengan bobot lebih dari 300 gram. Berkat bobotnya yang berat, Anda dapat menghasilkan pukulan keras yang powerful. Bahkan, saat Anda menerima pukulan keras dari lawan, Anda tidak akan merasakan getarannya. Namun, perlu Anda ingat bahwa hal ini dapat terjadi pada raket berbahan karbon tebal saja. 

Periksa ketebalan frame pada raket tenis

Selain bobot dan luas permukaan raket, hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah ketebalan frame. Ketebalan frame pada raket tenis dibagi menjadi tiga, yaitu tebal, sedang, dan tipis. Raket dengan ketebalan frame tertentu memiliki kelebihan masing-masing. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut!

Frame tipis, mudah untuk mengontrol pukulan bola

Frame tipis, mudah untuk mengontrol pukulan bola

Saat ini, daya tahan raket yang terbuat dari material karbon telah meningkat. Jenis raket ini juga memiliki bobot yang ringan. Tidak mengherankan jika jenis raket karbon menjadi populer dan jumlahnya di pasaran meningkat dalam 30 tahun terakhir. Padahal, dahulu jenis raket raket yang populer adalah raket tipis dengan penampang berbentuk persegi. Frame raket tersebut diketahui menggunakan material komposit.


Jumlah orang yang terbiasa menggunakan raket dengan bobot yang sedang sudah makin sedikit. Banyak dari mereka beranggapan tidak perlu kembali menggunakan raket yang tipis. Meskipun demikian, jenis raket tipis saat ini masih tersedia di pasaran. Jenis raket ini disukai oleh para pemain tingkat menengah dan lanjut. Hal ini karena raket tipis memiliki kekuatan untuk menangkap dan memukul bola. Raket dengan frame tipis cocok untuk mereka yang menginginkan kendali penuh atas raket. 

Frame sedang, tipe frame yang paling seimbang

Frame sedang, tipe frame yang paling seimbang

Raket dengan ketebalan frame sedang menjadi raket paling mudah ditemukan di pasaran saat ini. Jenis raket ini memiliki frame dengan ketebalan sekitar 23 mm atau lebih. Raket ini juga memiliki struktur seperti pipa dengan penampang berbentuk elips.


Jenis raket ini unggul dalam ayunan pukulannya. Tidak mengherankan jika jenis raket dengan frame sedang ini mudah diayunkan. Anda dapat memukul bola dengan mengayunkan raketnya ke bawah terlebih dahulu dan memberikan pukulan jauh.

Frame tebal, berikan daya pukul yang kuat tanpa harus kehabisan tenaga

Frame tebal, berikan daya pukul yang kuat tanpa harus kehabisan tenaga

Raket yang termasuk frame tebal memiliki ketebalan rangka 26 mm atau lebih. Jenis raket ini memiliki rangka yang kaku sehingga dapat memberikan daya pukul yang kuat. Jenis raket ini dianjurkan untuk mereka yang memiliki otot lemah. Dengan begitu, Anda dapat membuat pukulan yang kuat tanpa harus kehabisan tenaga.

Cek jenis string pattern raket sesuai dengan kemampuan Anda

Cek jenis string pattern raket sesuai dengan kemampuan Anda

Spesifikasi raket juga bergantung pada jumlah senar pada permukaan raket (spin pattern). Umumnya, raket memiliki string pattern 16 senar vertikal x 19 senar horizontal. Jika jumlah senarnya lebih sedikit atau lebih jarang, Anda akan lebih mudah melakukan spin, tetapi senarnya lebih mudah putus.


Jenis raket yang populer memiliki string pattern 16 x 18 atau 16 x 19. Di sisi lain, raket dengan string pattern 18 x 20 atau yang lebih rapat biasanya digunakan oleh pemain profesional. Jadi, pilihlah raket dengan string pattern yang sesuai dengan level Anda, ya.


Susunan senar yang jarang-jarang akan memudahkan Anda melakukan pukulan spin, bahkan dengan ayunan lambat sekalipun. Sebaliknya, jika senarnya makin rapat, kemampuan untuk melakukan pukulan spin justru akan makin sulit. 


Pilihlah pegangan raket yang sesuai dengan ukuran tangan Anda

Pilihlah pegangan raket yang sesuai dengan ukuran tangan Anda

Secara umum, ukuran pegangan/grip raket tenis terdiri dari ukuran nol sampai lima. Ukuran nol (small) digunakan untuk anak-anak, sedangkan ukuran satu, dua, dan tiga untuk dewasa. Ada juga beberapa raket yang menampilkan ukuran dalam pecahan, seperti 4¼. Jika Anda seorang pria dan memiliki tangan yang besar, Anda dapat memilih ukuran tiga ke atas (ukuran medium hingga large). Jika Anda wanita dan tangan Anda kecil, disarankan untuk memakai ukuran satu. 


Namun, agar lebih akurat, kami menyarankan Anda mencoba sendiri raket yang ingin Anda beli. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli raket di toko offline. Kemudian, pastikanlah bahwa ukuran grip raket incaran Anda benar-benar sesuai dan nyaman ketika digenggam.


Agar grip raket tidak licin ketika digenggam, Anda bisa melapisinya dengan grip tape. Selain lebih mudah digenggam, grip tape juga akan membuat pegangan raket Anda tidak cepat kotor atau aus. Jadi, selain ukuran grip, pertimbangkan juga penambahan grip tape untuk kenyamanan permainan Anda, ya. 

Pilih desain raket yang pas dengan postur badan Anda

Pilih desain raket yang pas dengan postur badan Anda

Sensasi pukulan raket pada tiap orang berbeda-beda. Untuk mendapatkan pukulan yang pas, Anda harus mengetahui titik pusat gravitasinya (center of gravity). Center of gravity yang dimaksud adalah titik pusat beban raket ketika bersentuhan dengan bola. Hal ini akan berpengaruh pada performa permainan Anda saat melakukan pukulan. Untuk mendapatkan center of gravity yang tepat, Anda perlu menemukan panjang raket yang pas dengan postur badan Anda. 


Raket ringan dan raket ultralightweight direkomendasikan untuk pemain dengan tenaga yang tidak terlalu besar. Jika Anda menggunakan jenis raket ini, pilihlah raket jenis "top heavy" dengan pusat gravitasi yang dekat dari pegangan. Dengan pusat gravitasi dekat pegangan, daya cengkeram Anda jadi lebih kuat dan pukulan Anda jadi lebih baik. Di sisi lain, ada juga raket "top light" yang memiliki pusat gravitasi di sisi samping pegangan. Jenis raket ini lebih mengutamakan teknik pukulan daripada kekuatan tangan.

Cek kelengkapan raket tenis yang hendak Anda beli

Cek kelengkapan raket tenis yang hendak Anda beli

Raket tenis dapat berfungsi jika ada senar yang terpasang pada frame-nya. Tanpa ada senar di frame-nya, raket tidak bisa digunakan untuk memukul bola tenis. Beberapa toko menjual raket dengan senar yang terpasang sejak awal. Namun, ada juga toko atau penjual yang hanya menjual frame raket tenis tanpa ada senar yang terpasang. Untuk tipe kedua, Anda perlu memilih raket terlebih dahulu, baru kemudian memilih senarnya. Anda bisa meminta petugas toko untuk memasangkan senar yang pas dengan kebutuhan Anda.


Sebelumnya, sebagian besar material raket tenis terbuat dari aluminium. Sekarang, banyak raket tenis terbuat dari karbon. Raket dengan material aluminium memang murah, tetapi bahan ini memiliki kelemahan mudah berubah bentuk atau rusak. Sementara itu, material karbon lebih tahan lama dan memiliki performa yang jauh lebih baik. Penting juga untuk diketahui, bahwa perbedaan pengaturan senar lebih terlihat secara signifikan pada material karbon. Dalam tenis, jenis senar dan kekuatan tegangannya akan berpengaruh terhadap pukulan bola. Begitu juga dengan sensasi memukulnya. Jadi, jika Anda menginginkan perbedaan tersebut, pilihlah raket dengan material karbon.


Umumnya, senar raket dapat mencapai akhir masa pemakaiannya hanya dalam waktu satu minggu. Namun, senar dari material nilon dapat bertahan hingga tiga bulan. Umur pemakaian senar yang terbatas ini tidak dapat terhindarkan. Terlebih, jika Anda sering menggunakan raket untuk berlatih, tentunya masa penggunaan senar akan menjadi lebih singkat. Perlu diingat, grip tape dan senar raket merupakan jenis barang yang mempunyai masa pakai yang pendek. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan staf toko mengenai jenis frame dan senar yang akan dipilih.

10 Rekomendasi raket tenis terbaik

Berikut adalah beberapa jenis raket yang memiliki performa maupun keunggulan yang berbeda-beda. Pilihlah raket dengan performa yang mampu meningkatkan kemampuan Anda.
10

HEAD Ti S6 Titanium Tennis Racket

Mulai dari Rp 2.550.000,00

String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat225 gram
Ketebalan frameTidak disebutkan
MaterialGraphite/titanium
9
String pattern16 vertikal x 20 horizontal
Berat335 gram
Ketebalan frame22 mm/22 mm/22 mm
MaterialCarbon fiber
8
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat280 gram
Ketebalan frame22 mm/25 mm/23 mm
MaterialTidak disebutkan
7
String pattern16 vertikal x 20 horizontal
Berat255 gram
Ketebalan frame28 mm/25 mm/25 mm
MaterialHyper carbon, graphite
6
String pattern 16 vertikal x 18 horizontal
Berat265 gram
Ketebalan frame 26 mm/26 mm/23 mm
MaterialH.M. graphite dan nanometric XT
5

WilsonBlade 98 16x19 V7 Tennis Racket

Mulai dari Rp 3.498.600,00

String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat305 gram
Ketebalan frame21 mm/21 mm/21 mm
MaterialBraided graphite & basalt
4
String pattern18 vertikal x 17 horizontal
Berat326 gram
Ketebalan frameTidak disebutkan
MaterialBraided graphite
3

WilsonPro Staff 97L Tennis Racket

Mulai dari Rp 2.249.000,00

String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat290 gram
Ketebalan frame23 mm/23 mm/23 mm
MaterialGraphite
2
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat270 gram
Ketebalan frame20 mm/23 mm/21 mm
MaterialTidak disebutkan
1
String pattern16 vertikal x 19 horizontal
Berat275 gram
Ketebalan frame 25,5 mm/25,5 mm/23 mm
MaterialGraphite

Tabel perbandingan produk raket tenis terbaik

Gambar produk
1
Yonex EZONE DR Rally 1

Yonex

2
HEAD Graphene XT Radical REV PRO 1

HEAD

3
Wilson Pro Staff 97L Tennis Racket 1

Wilson

4
Wilson  Pro Staff RF97  1

Wilson

5
Wilson Blade 98 16x19 V7 Tennis Racket 1

Wilson

6
YONEX VCORE SV 105 1

YONEX

7
Wilson  Hyper Hammer 5.3  1

Wilson

8
HEAD Graphene Touch Radical S 1

HEAD

9
Wilson  Burn 95 1

Wilson

10
HEAD  Ti S6 Titanium Tennis Racket  1

HEAD

Nama produk

EZONE DR Rally

Graphene XT Radical REV PRO

Pro Staff 97L Tennis Racket

Pro Staff RF97

Blade 98 16x19 V7 Tennis Racket

VCORE SV 105

Hyper Hammer 5.3

Graphene Touch Radical S

Burn 95

Ti S6 Titanium Tennis Racket

Keunggulan

Pimpin permainan tenis dengan raket berfitur premium

Buat permainan Anda makin gesit dengan fitur adaptive string pattern

Memberikan ayunan yang kuat tanpa beban

Raket dengan nuansa klasik bermanuver tinggi

Teknologi FeelFlex! Meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas raket

Kendali penuh di genggaman Anda!

Raket untuk Anda yang senang menyerang dengan cepat

Bobot ringan untuk tingkat pemula dan menengah

Harga terjangkau dengan performa memukau!

Lebih mudah menjangkau bola dengan sweet spot ekstra besar

Harga mulai dariRp 1.900.000,00Rp 1.600.000,00Rp 2.249.000,00Rp 2.405.000,00Rp 3.498.600,00Rp 5.787.000,00Rp 2.100.000,00Rp 2.000.000,00Rp 1.400.000,00Rp 2.550.000,00
String pattern16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 19 horizontal18 vertikal x 17 horizontal16 vertikal x 19 horizontal 16 vertikal x 18 horizontal16 vertikal x 20 horizontal16 vertikal x 19 horizontal16 vertikal x 20 horizontal16 vertikal x 19 horizontal
Berat275 gram270 gram290 gram326 gram305 gram265 gram255 gram280 gram335 gram225 gram
Ketebalan frame 25,5 mm/25,5 mm/23 mm20 mm/23 mm/21 mm23 mm/23 mm/23 mmTidak disebutkan21 mm/21 mm/21 mm 26 mm/26 mm/23 mm28 mm/25 mm/25 mm22 mm/25 mm/23 mm22 mm/22 mm/22 mmTidak disebutkan
MaterialGraphiteTidak disebutkanGraphiteBraided graphiteBraided graphite & basaltH.M. graphite dan nanometric XTHyper carbon, graphiteTidak disebutkanCarbon fiberGraphite/titanium
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan tenis lainnya di sini

Selain raket tenis, kami memiliki ulasan berbagai perlengkapan tenis lainnya, seperti sepatu, sport wristband, dan lainnya. Jika Anda mencari ulasan produk-produk tersebut, silakan membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah bisa menentukan raket yang paling pas untuk Anda? Bagi pemain pemula, mencari raket yang cocok cukup sulit. Anda perlu mengetahui kriteria raket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Ulasan dan rekomendasi produk yang telah kami ulas bisa menjadi referensi untuk memudahkan Anda menemukan raket yang tepat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan harga yang pas juga. Selamat bermain tenis!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tenis meja adalah olahraga populer di Indonesia yang dimainkan dengan sedikit orang. Hal yang penting dalam tenis meja adalah bet atau raket tenis meja. Banyaknya produsen, spesifikasi, tipe karet, dan lain sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung. Beberapa produsen yang terkenal dalam pembuatan bet tenis meja adalah Butterfly, DHS, dan Nittaku.Dalam artikel berikut, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih raket tenis meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk raket tenis meja terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Tenis
    89.189 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada saat Anda bermain tenis, sepatu tenis adalah salah satu item penting. Ada banyak produsen sepatu tenis lapangan, seperti adidas, Nike, ASICS, Wilson, dan sebagainya. Banyaknya merek dan model sepatu tenis mungkin membuat Anda bingung memilih produk mana yang bagus.Pada artikel ini, kami akan memberikan poin-poin cara memilih sepatu tenis. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi sepatu tenis yang dapat Anda beli secara online. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan lapangan tenis dan gaya bermain Anda, maka permainan tenis Anda akan makin prima!
    Tenis
    10.685 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Soft tennis adalah olahraga tenis menggunakan soft ball yang populer di kalangan anak sekolah dan wanita. Olahraga ini memerlukan raket khusus yang disebut raket tenis berbobot ringan atau soft racket. Produsen seperti Yonex, HEAD, dan Wilson menyediakan berbagai pilihan raket yang mungkin akan menyulitkan Anda untuk memilih.Oleh karena itu, kami akan membandingkan spesifikasi beberapa soft racket untuk membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai. Sebelumnya, kami akan menjelaskan poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih soft racket. Silakan disimak!
    Tenis
    7.888 Views
  • 10 Rekomendasi Bola Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bola Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bola tenis adalah bola kecil yang terbuat dari karet dan dilapisi kain khusus berbahan nilon atau wol. Semua bola tenis dibuat dari bahan yang sama. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang membedakan tiap-tiap bola tenis tersebut, salah satunya adalah warna.Agar Anda tidak kebingungan saat memilih bola tenis, kami akan membahas cara memilih bola tenis terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasi sepuluh produk bola tenis dari berbagai merek, seperti Yonex, Wilson, dan Dunlop. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan keunggulan dan harga dari setiap produk yang kami rekomendasikan. 
    Tenis
    1.048 Views
  • 10 Rekomendasi Case Bat Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Case Bat Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, olahraga tenis meja makin diminati. Untuk bermain tenis meja, tentu Anda akan membutuhkan bat atau pemukul bolanya. Case bat sangat krusial untuk menyimpan dan membawa bat andalan. Bahkan, ada juga case bat yang bisa digunakan untuk menyimpan dua bat sekaligus.Ada banyak jenis case bat yang dapat Anda temui di pasaran seperti keluaran Butterfly, Andro, dan Yazaka. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang dapat membantu Anda memilih case bat yang tebaik. Jika Anda mendapatkan case bat berkualitas, Anda juga akan lebih termotivasi untuk berolahraga!
    Tenis
    1.030 Views
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ice pack adalah pengganti es batu yang bermanfaat untuk Anda yang sering menyimpan sesuatu pada cooler bag atau cooler box. Terdapat beragam merek ice pack, mulai dari Gabag, Rubbermaid, Coleman, dan lainnya yang beredar di pasaran. Hal ini tentunya akan membuat Anda bingung dalam memilih, bukan?Untuk Anda yang sedang mencari produk ice pack, artikel ini jangan sampai Anda lewatkan. Simak cara memilih ice pack yang tepat dan rekomendasi produknya di bawah ini. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan ice pack yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan outdoor
    30.642 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori