10 Rekomendasi Cetakan Takoyaki Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cetakan Takoyaki Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda penggemar makanan Jepang? Jika iya, Anda pasti tahu camilan bernama takoyaki, yang berbentuk bola dengan potongan gurita di dalamnya. Terbuat dari bahan tepung terigu, Anda bisa membuatnya dengan isian apapun sesuka Anda.

Tidak sulit untuk membuat takoyaki, apalagi jika Anda memiliki cetakannya. Cetakan takoyaki seperti apa yang sebaiknya Anda punya? Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan tips tentang cara memilih cetakan takoyaki terbaik dan juga merekomendasikan cetakan takoyaki terbaik untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih cetakan takoyaki terbaik

Cetakan takoyaki cukup beragam ukuran dan pemakaiannya. Ada yang terdiri dari 5, 6, 8, bahkan lebih dari 10 takoyaki dalam satu cetakan. Ada yang elektrik dan ada yang manual, yang langsung diletakkan di atas kompor. Anda akan mendapatkan cetakan yang terbaik jika Anda mengikuti tips di bawah ini.

Pilih berdasarkan tipe cetakan

Ada berbagai tipe cetakan takoyaki: tipe yang memakai listrik atau elektrik, tipe cetakan dengan kompor, tipe cetakan yang terbuat dari baja. Anda bisa memilih tipe-tipe ini berdasarkan preferensi Anda.

Cetakan takoyaki elektrik

Cetakan takoyaki elektrik

Cetakan takoyaki elektrik membutuhkan waktu yang agak lama untuk panas. Panas yang dihasilkan pun tidak terlalu tinggi. Dengan cetakan ini, Anda akan sulit mendapatkan hasil takoyaki yang renyah di luar dan lembut di dalam.  Akan tetapi, dengan cetakan listrik ini Anda juga tidak akan menyebabkan takoyaki menjadi gosong.

Tipe cetakan takoyaki elektrik sesuai bagi Anda yang ingin memasak takoyaki bersama teman-teman dan anak-anak. Anda bisa memasak dengan perlahan sambil mengobrol, juga bisa memilih isian takoyaki dengan santai. Alat ini dihubungkan dengan kabel, maka pastikan Anda berhati-hati saat menggunakannya di atas meja.

Cetakan takoyaki dengan kompor

Cetakan takoyaki dengan kompor

Cetakan takoyaki ini dilengkapi dengan kompor desktop. Anda bisa dengan mudah membawanya dan memasak di mana pun Anda mau. Anda hanya membutuhkan tabung gas kecil untuk memasak dengan alat ini. Alat ini memiliki api yang besar dan api yang tersebar merata, untuk mematangkan takoyaki di dalam cetakannya.

Alat ini sesuai jika Anda ingin memasak takoyaki dalam jumlah banyak sekaligus. Namun alat ini kurang sesuai untuk kegiatan memasak bersama anak-anak. Dengan cetakan takoyaki tipe ini, Anda bisa memilih jenis kompor:  kompor kaset (dengan gas di dalam) dan kompor dengan selang gas (gas di luar). Untuk kepraktisan pemakaian, kami menyarankan jenis kompor kaset untuk cetakan takoyaki Anda.

Cetakan takoyaki berbentuk loyang

Cetakan takoyaki berbentuk loyang

Dengan cetakan takoyaki berbentuk loyang, Anda bisa menggunakannya dengan meletakkannya di atas kompor. Anda bisa menggunakannya di kompor dapur ataupun di kompor portabel. Ada berbagai macam loyang takoyaki yang bisa Anda gunakan di atas kompor, antara lain yang terbuat dari stainless steel, besi tempa, dan aluminium.

Anda akan menyukai alat ini karena penggunaannya yang praktis. Alat ini juga tidak memakan tempat saat disimpan di lemari Anda, tidak seperti dua tipe cetakan takoyaki sebelumnya. Jika Anda menginginkan tipe cetakan takoyaki ini, pastikan besarnya sesuai dengan kompor Anda. Jangan pilih yang lebih kecil daripada dudukan kompor Anda agar cetakan ini bisa digunakan.

Seperti apakah takoyaki yang Anda inginkan?

Memasak takoyaki tidak sulit. Berbagai cetakan takoyaki yang ada akan menghasilkan takoyaki yang berbeda-beda. Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan jika Anda memiliki preferensi takoyaki seperti apa yang ingin Anda sajikan.

Ukuran takoyaki

Ukuran takoyaki

Jika Anda ingin membuat takoyaki konvensional, ukuran standar cetakan takoyaki yang Anda butuhkan adalah cetakan berdiameter 3.8 cm. Saat ini, takoyaki tidak hanya berisi gurita (tako) saja, Anda bisa mengisinya dengan keju, sosis, dan lain-lain. Anda juga bisa membuat hidangan lain dengan cetakan takoyaki. Jika ini yang Anda inginkan, maka sebaiknya pilih cetakan berdiameter 4.5 cm.

Jumlah lubang pada satu cetakan

Jumlah lubang pada satu cetakan

Anda dapat memilih cetakan takoyaki dari banyaknya lubang cetakan yang tersedia. Ada yang 6, 8, 16, hingga lebih dari 20 lubang. Sesuaikan jumlah lubang pada cetakan dengan jumlah takoyaki yang ingin Anda buat atau dengan jumlah tamu yang Anda undang, jika Anda mengadakan acara makan.

Takoyaki akan cepat dingin jika dihidangkan, maka jumlah lubang cetakan yang sesuai dengan jumlah tamu akan membuat acara Anda lebih menyenangkan, dengan makan takoyaki yang masih panas. Sebagai patokan, Anda bisa memilih cetakan dengan 20 lubang untuk empat orang tamu.

Bentuk takoyaki

Bentuk takoyaki

Ini mungkin bukan hal yang penting, tetapi Anda tentunya menginginkan bentuk takoyaki yang bulat sempurna. Cetakan takoyaki dengan alur di sekeliling lubang cetakan akan memudahkan Anda untuk mendapatkan bentuk takoyaki yang bagus. Alur ini akan memudahkan Anda mengeluarkan takoyaki dari cetakannya dan juga mencegah adonan tumpah keluar cetakan.

Pilih berdasarkan cara membersihkannya

Cetakan takoyaki mungkin tidak digunakan setiap hari. Tentu saja, tetaplah penting untuk menjaganya agar tetap bersih. Pastikan cara membersihkan cetakan takoyaki yang Anda pilih tidak sulit dibersihkan, sehingga cetakan Anda selalu bersih setelah digunakan dan saat disimpan.

Cetakan yang dapat dibuka

Cetakan yang dapat dibuka

Jika Anda memilih cetakan takoyaki elektrik, pastikan cara membersihkannya mudah. Membersihkan cetakan tipe elektrik akan lebih mudah bila bagian cetakannya bisa dibuka. Cetakan elektrik tidak boleh terkena air, maka Anda tidak bisa mencucinya secara keseluruhan. Dengan piringan cetakan yang dapat dibuka, maka Anda bisa membersihkannya dengan hati-hati dan menghapus sisa-sisa kotoran dengan baik.

Loyang berlapiskan resin fluorine

Loyang berlapiskan resin fluorine

Saat memasak takoyaki, selalu ada kemungkinan adonan tercecer pada cetakan. Saat cetakan menjadi panas, adonan tercecer ini akan gosong dan menempel. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih cetakan yang sudah dilapisi resin fluorine. Ada juga cetakan yang dilapisi PTFE (Polytetrafluoroethylene). Lapisan PTFE yang paling dikenal adalah yang dikeluarkan oleh merek Teflon.

Lapisan resin fluorine pada cetakan akan memberikan sifat anti lengket pada cetakan tersebut. Anda juga tidak memerlukan banyak minyak saat memasak takoyaki dengan jenis cetakan ini dan dapat dengan mudah membalik takoyaki. Perlu diingat, cetakan dengan lapisan resin fluorine tidak tahan panas bersuhu tinggi dan tidak boleh dicuci dengan cara digosok.

Pilih yang mudah disimpan

Pilih yang mudah disimpan

Cetakan takoyaki yang dilengkapi dengan kompor biasanya memiliki ukuran yang relatif lebih besar daripada cetakan takoyaki elektrik dan cetakan berbentuk wajan. Ini akan agak merepotkan untuk penyimpanannya, kecuali Anda memiliki ruang yang cukup besar untuk menyimpannya.

Kemudahan penyimpanan cetakan takoyaki berhubungan langsung dengan kepraktisan penggunaannya. Anda akan lebih senang menggunakan alat yang mudah disimpan dan tidak memakan tempat. Mungkin, Anda akan sering memasak takoyaki di rumah.

Fitur-fitur lainnya

Selain fitur-fitur di atas, beberapa cetakan takoyaki memiliki fitur-fitur lain yang bukan merupakan fitur penting tetapi tetap berguna. Ini merupakan nilai tambah bagi cetakan takoyaki Anda. Kebanyakan fitur-fitur tambahan ini dimiliki oleh cetakan takoyaki elektrik.

Fungsi pengatur suhu

Fungsi pengatur suhu

Cetakan takoyaki dengan fungsi pengatur suhu akan menguntungkan Anda. Memasak takoyaki dengan suhu yang tinggi akan membuat takoyaki gosong. Sementara, memasak takoyaki dengan suhu yang rendah bukan saja membuat takoyaki kurang matang, tapi juga tidak membentuk bagian luar yang renyah.

Pengatur suhu akan membantu Anda memasak takoyaki yang tepat. Anda tidak akan memasak dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dengan fungsi pengatur suhu. Anda juga bisa membiarkan takoyaki tetap hangat pada cetakannya sebelum dimakan dengan mengatur suhu rendah.

Tanda on/off yang jelas

Tanda on/off yang jelas

Pada cetakan takoyaki elektrik, pastikan terdapat tombol pengatur on/off atau setidaknya tanda yang jelas yang menunjukkan cetakan dalam keadaan menyala atau mati. Ini sangat penting jika Anda memiliki anak-anak sehingga bisa terhindar dari kecelakaan di rumah.

Piringan cetakan yang bisa dilepas dan diganti

Piringan loyang yang bisa dilepas dan diganti

Jika Anda hanya akan sesekali saja memasak takoyaki, maka Anda bisa memilih cetakan takoyaki elektrik dengan piringan cetakan yang dapat diganti sesuai kebutuhan. Ada cetakan takoyaki yang disertai dengan berbagai piringan cetakan seperti piringan datar, piringan bergelombang, dan piringan BBQ. Dengan tipe seperti ini, Anda bisa memasak berbagai macam hidangan dengan satu alat.

Dilengkapi dengan tutup

Dilengkapi dengan tutup

Cetakan takoyaki elektrik biasanya tidak terlalu panas dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk panas. Jika cetakan takoyaki elektrik pilihan Anda dilengkapi dengan tutup, ini akan membantu Anda saat memasak takoyaki. Tutup pada cetakan ini membantu suhu panas tersebar merata dan mematangkan takoyaki.

10 Rekomendasi cetakan takoyaki terbaik

Kami telah memaparkan bagaimana cara memilih cetakan takoyaki terbaik. Di bawah ini, kami berikan 10 rekomendasi cetakan takoyaki terbaik. Silakan pilih berdasarkan preferensi dan tips kami di atas.

10. Getra Takoyaki Baker

10. Getra Takoyaki Baker

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.200.000

Cetakan takoyaki yang cocok untuk berjualan

Alat pembuat takoyaki ini menggunakan gas untuk sumber panasnya. Tipe ini adalah tipe cetakan takoyaki yang dilengkapi dengan kompor. Dalam satu cetakan terdapat 28 lubang dan alat ini memiliki 2 cetakan. Sangat cocok bila Anda menggunakannya untuk usaha berjualan takoyaki atau untuk food stall katering.

Diameter lubang cetakan sekitar 4 cm, Anda bisa menggunakannya untuk memasak takoyaki atau kue-kue lainnya. Terbuat dari stainless steel panas akan tersebar rata pada loyang ini, sehingga takoyaki yang Anda masak akan matang dengan baik.

9. Kiwi Cetakan Takoyaki 16 Lubang

9. Kiwi Cetakan Takoyaki 16 Lubang

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 96.000

Alat sederhana yang membantu Anda membuat cemilan

Cetakan takoyaki merek Kiwi adalah cetakan takoyaki yang berbentuk loyang. Anda bisa dengan mudah menggunakan alat ini dengan meletakkannya di atas kompor. Cetakan takoyaki ini terbuat dari bahan aluminium yang kuat, mudah dicuci dan dapat digosok dengan spons cuci piring. Dengan bahan aluminium, panas api kompor akan tersebar secara cepat dan cukup merata.

Dengan diameter lubang cetakan sebesar 4 cm dan tinggi lubang 1,5 cm, Anda dapat memasak takoyaki atau cemilan lain seperti kue cubit. Anda dapat memasak cukup banyak takoyaki dengan alat ini, jumlah lubang pada cetakan alumunium ini ada 16 lubang. Anda suka memasak cemilan di sore hari atau kapan pun? Alat sederhana ini dapat membantu Anda dengan praktis.

8. Elegant Home Non Stick Takoyaki Pan

8. Elegant Home Non Stick Takoyaki Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 225.000

Cetakan aluminium berkualitas tinggi, menyenangkan untuk dipakai

Dengan cetakan ini, Anda dapat dengan mudah memasak takoyaki di rumah. Terbuat dari aluminium berkualitas tinggi, cetakan ini menghantarkan panas dengan cepat dan merata sehingga takoyaki Anda akan matang dengan baik. Loyang ini memiliki handle berbahan plastik yang bisa Anda pegang dengan aman saat memasak, Anda akan aman dari panas loyang.

Alat ini memiliki 12 lubang cetakan, dengan diameter 4 cm. Anda bisa memasak tanpa mengoleskan minyak atau mentega terlebih dahulu karena loyang ini dilapisi dengan lapisan anti lengket. Membersihkannya juga mudah dan tidak ribet. Setelah selesai memasak dan mencuci loyang ini, Anda hanya perlu menggantungnya agar kering, alat ini dilengkapi dengan lubang untuk menggantung pada handle-nya.

7. TK Takoyaki Pan 24 Holes

7. TK Takoyaki Pan 24 Holes

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.235.000

Cetakan takoyaki yang mudah dibersihkan

TK Takoyaki Pan 24 Holes adalah cetakan takoyaki elektrik dengan konsumsi daya sebesar 800 watt. Cetakan elektrik ini memiliki 24 lubang dengan piringan loyang besi berlapis resin fluorine yang 100% aman sehingga adonan tidak lengket di loyang. Piringan loyang pada cetakan takoyaki elektrik ini dapat dilepas, membersihkan loyang ini tidaklah merepotkan.

Ukuran cetakan elektrik ini cukup besar, karena memuat 24 lubang cetakan, yaitu 36,5 x 24,5 x 7,2 cm. Cetakan ini cukup besar, sehingga Anda harus menyediakan tempat penyimpanan yang sesuai. Dengan alat ini Anda bisa memasak banyak takoyaki sekaligus, sangat sesuai untuk acara keluarga atau acara lainnya.

6. Iwatani Takoyaki Pan Gas Stove

6. Iwatani Takoyaki Pan Gas Stove

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.402.000

Cetakan takoyaki dengan kompor, memasak takoyaki yang sempurna

Cetakan takoyaki ini merupakan cetakan takoyaki yang dilengkapi dengan kompor yang menggunakan gas kalengan dengan berat sekitar 220 gram. Bagian kompor alat ini terbuat dari stainless steel dan bagian loyangnya terbuat dari logam campuran yang ditempa dengan lapisan resin fluorine. Piringan loyang dapat dilepas sehingga Anda tidak akan kesulitan membersihkannya.

Iwatani Takoyaki Pan Gas Stove memiliki 20 lubang cetakan takoyaki dengan diameter 4 cm dan tinggi lubang 2,3 cm. Anda bisa membuat berbagai jenis takoyaki atau bahkan cemilan lainnya dengan kompor sekaligus cetakan ini. Dengan panas yang merata, takoyaki Anda akan lembut di dalam dan renyah di luar.

5. D-Stylist Big Takoyaki Maker

5. D-Stylist Big Takoyaki Maker

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.132.000

Takoyaki raksasa yang mudah dibuat

Anda seorang penggemar cemilan takoyaki? Jika ya, Anda akan tertarik untuk memiliki cetakan ini. D-Stylist Big Takoyaki Maker bisa menghasilkan takoyaki dengan ukuran sangat besar, dengan diameter 8,5 cm. Anda bisa membuat takoyaki dengan beragam isian dan memakannya dengan puas. Anda bisa membuat dua buah takoyaki dalam sekali masak dengan alat ini.

Tidak sulit membuat takoyaki dengan cetakan ini, meskipun suhunya membutuhkan waktu agak lama untuk panas. Alat ini memiliki voltase 110 volt dan pemakaian daya konsumsi 500 watt. Perlu diketahui bahwa rata-rata listrik di Indonesia adalah 220 volt, jadi ingat bahwa Anda memerlukan transformator listrik agar cetakan ini bisa digunakan.

4. Sunny Cetakan Takoyaki 16

4. Sunny Cetakan Takoyaki 16

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 315.000

Loyang takoyaki dengan handle yang praktis

Sunny Cetakan Takoyaki 16 adalah cetakan takoyaki berbentuk loyang dengan handle. Terbuat dari logam aluminium cor, alat ini berwarna hitam dan sudah dilapisi dengan bahan anti lengket. Anda bisa menggunakannya di atas kompor di dapur atau di atas kompor portabel. Panas api kompor akan tersebar merata dengan cepat, sehingga memasak takoyaki tidak membutuhkan waktu lama.

Set alat pembuat takoyaki dari Sunny ini dilengkapi dengan 100 tusuk bambu untuk takoyaki, 4 jarum baja dengan pegangan kayu untuk mengambil takoyaki, dan 1 kuas untuk mengoleskan minyak atau mentega. Dengan alat ini Anda dapat memasak 16 bola takoyaki yang renyah di bagian luar berdiameter 3 cm dalam satu batch-nya.

3. I-smart Cetakan Takoyaki 12 Lubang

3. I-smart Cetakan Takoyaki 12 Lubang

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 169.000

Loyang takoyaki dengan tutup kaca, mudah memantaunya

Cetakan I-smart ini merupakan cetakan takoyaki tipe loyang yang bisa digunakan langsung di atas kompor. Terbuat dari bahan logam campuran dan dilapisi Teflon, adonan yang Anda tuang ke lubang cetakan tidak akan lengket. Anda juga tidak membutuhkan banyak minyak untuk memasak takoyaki dengan alat ini.

Memiliki 12 lubang cetakan, diameter takoyaki yang dibuat dengan cetakan ini cukup lebar, yaitu 6 cm dengan tinggi 3 cm. Selain takoyaki, Anda juga bisa memasak cemilan lain seperti kue bola, kue cubit, dan lain-lain dengan cetakan ini. Alat ini dilengkapi dengan tutup kaca, memudahkan Anda memantau masakan Anda saat menunggunya matang.

2. Cyprus Electric Takoyaki Maker

2. Cyprus Electric Takoyaki Maker

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 349.000

Kreasikan cemilan Anda dengan cetakan elektrik ini

Cetakan takoyaki elektrik ini merupakan salah satu alat yang harus Anda miliki di dapur Anda. Bentuknya sederhana, terbuat dari bahan berkualitas tinggi dengan lapisan anti lengket dan anti gores. Cara untuk memasak dengan alat ini mudah, Anda cukup menyalakan tombol on/off-nya kemudian tuang adonan saat cetakan sudah panas. Cemilan Anda akan siap dalam waktu 2 menit saja.

Lapisan anti lengketnya membuat adonan yang sudah setengah matang mudah dibalikkan untuk mematangkan sisi yang belum matang. Cetakan ini memiliki 18 lubang untuk membuat takoyaki, dengan diameter 4 cm. Selain takoyaki, Anda juga bisa memasak poffertjes atau cemilan lainnya. Cetakan takoyaki ini dilengkapi dengan buku resep, Anda bisa banyak berkreasi dengan alat ini!

1. Oxone Takoyaki Maker OX829

1. Oxone Takoyaki Maker OX829

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 270.000

Cetakan takoyaki elektrik dengan lampu indikator hijau saat takoyaki matang

Oxone Takoyaki Maker OX829 memiliki konsumsi daya 500 watt, dan terbuat dari bahan berkualitas yang diberi lapisan anti lengket. Dengan cetakan ini, Anda bisa membuat takoyaki atau cemilan lain dan dengan mudah membersihkannya setelah selesai memasak. Desainnya sederhana dan dilengkapi dengan tutup yang menempel pada cetakan, alat ini berdiameter 15,5 cm sehingga tidak sulit untuk disimpan.

Alat ini memiliki 7 lubang cetakan yang masing-masing berdiameter 4 cm dan tinggi 3 cm. Cetakan ini dilengkapi dengan lampu indikator berwarna merah saat menyala dan lampu indikator hijau yang menandakan takoyaki sudah matang. Dengan alat ini Anda tidak perlu membolak-balik adonan takoyaki dan akan mendapatkan takoyaki yang lezat saat lampu hijau menyala.

Coba resep lain selain takoyaki

Coba resep lain selain takoyaki

Dengan cetakan takoyaki, Anda bisa membuat berbagai macam cemilan. Ada kue cubit, kue bola, poffertjes khas Belanda, dan lain-lain. Jangan berhenti sampai di situ, Anda bisa berkreasi lebih banyak lagi dengan cetakan takoyaki Anda.

Anda bisa mengganti isian takoyaki dengan keju, sosis, crab stick, bahkan dengan buah-buahan dan coklat. Anda juga bisa membuat berbagai cemilan berbentuk bola seperti bola kentang dan bola nasi panggang. Cemilan Anda akan lebih bervariasi, Anda bisa menikmatinya bersama keluarga dan teman-teman.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi tentang cara memilih cetakan takoyaki terbaik. Bagaimana? Anda tidak bingung lagi untuk mencari cetakan takoyaki terbaik, kan? Pastikan cetakan takoyaki yang Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan, maka Anda pasti akan menikmati memasak takoyaki dan cemilan lainnya. Selamat memasak!