10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaik Tahun 2018)

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Usia 30-an (Scalp and Aging Care Shampoo) (Terbaik Tahun 2018)

Memasuki usia 30 tahun, Anda mungkin merasakan perbedaan pada pertumbuhan rambut, dimana kondisi rambut menjadi lebih mudah rontok, berminyak, berketombe, gatal, dan kulit kepala menjadi kering. Jika Anda hanya menggunakan sampo biasa, masalah tersebut tidak akan terpecahkan. Anda harus beralih ke produk sampo lain.

Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sampo terbaik untuk usia 30-an. Namun, sebelumnya kami akan menjelaskan poin apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih sampo tersebut. Perhatikan masalah rambut yang Anda alami saat ini, supaya Anda dapat memilih sampo yang sesuai.

Daftar isi

Cara memilih sampo untuk usia 30-an

Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sampo untuk usia 30-an.

Pastikan dulu jenis masalah rambut yang Anda alami

Pastikan dulu jenis masalah rambut yang Anda alami

Hal yang paling penting dalam memilih sampo adalah mengetahui jenis rambut Anda, serta masalah rambut apa yang sedang dialami. Jika Anda memiliki jenis rambut yang tebal, maka Anda tidak akan merasa puas jika menggunakan jenis sampo yang berfungsi untuk meningkatkan volume rambut. Di sisi lain, jika Anda memiliki jenis rambut yang tipis, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika Anda menggunakan sampo yang mengandung banyak pelembap, yang dapat membuat rambut Anda tampak semakin tipis. Pertama-tama, ketahuilah jenis rambut Anda terlebih dahulu, baru Anda tentukan sampo seperti apa yang cocok untuk Anda.

Jika Anda memiliki masalah dengan kerontokan, pilihlah sampo yang menawarkan komposisi untuk menguatkan serta menyuburkan rambut. Selain kerontokan, di usia 30-an kebanyakan orang juga akan bermasalah dengan ketombe. Untuk mengatasi masalah seperti kerontokan dan ketombe, sebaiknya Anda menggunakan sampo yang fokus pada masalah rambut tersebut.

Periksa bahannya

Saat ini, sampo hadir dengan berbagai variasi dan menawarkan komposisi untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut. Anda dapat memeriksa kandungan bahan suatu produk terlebih dahulu sebelum membelinya. Hal ini untuk memastikan apakah kandungan bahan sudah sesuai dengan kebutuhan rambut Anda atau belum. Anda dapat memeriksa kandungan bahan suatu produk pada bagian belakang kemasannya.

Untuk membantu menyelesaikan masalah pada rambut Anda, kami sarankan Anda juga memeriksa bahan aktif dan bahan pembersih yang terkandung di dalam sampo sebelum membelinya. Bahan aktif diperlukan untuk menilai apakah sampo benar-benar cocok untuk masalah rambut dan kulit kepala Anda. Sedangkan bahan pembersih, diperlukan untuk mengetahui adakah iritasi yang mungkin timbul setelah pemakaian produk.

Pastikan jenis bahan dan jumlah kandungannya

Pastikan jenis bahan dan jumlah kandungannya

Komposisi bahan suatu produk sampo, biasanya dicantumkan dari yang proporsinya tinggi ke yang rendah. Misalnya, pada komposisi bahan tertulis air, sodium laureth sulfate, zinc carbonate, ekstrak lidah buaya, dan seterusnya, kita dapat menyimpulkan bahwa air menjadi bahan paling banyak yang terkandung di dalam sampo tersebut. Anda dapat memperhatikan bagian ini untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Nilai numerik tertentu seperti persentase seringkali tidak disertakan, karena menjadi rahasia pabrik. Yang terpenting adalah, Anda bisa mengetahui bahan apa saja yang terkandung di dalam produk tersebut.

Periksa kandungan pembersihnya

Periksa juga kandungan pembersihnya

Saat ini, ada lima jenis komponen pembersih yang biasa digunakan pada sampo yang ada di pasaran. Komponenn pembersih yang paling banyak digunakan adalah jenis alkohol. Secara khusus dikenal dengan nama sodium lauryl sulfate, yaitu bahan pembersih yang mengandung detergen yang kuat, yang kemungkinan dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Di antara komponen pembersih, asam amino lebih ramah terhadap stimulasi rambut dibandingkan dengan jenis alkohol. Seperti cocoyl glutamic acid, dan cocoyl alanine yang memiliki kandungan detergen lebih rendah.

Kandungan yang aman dan memiliki kandungan detergen yang pas adalah komponen sabun, seperti Na laurate, Na oleate dan Na stearate. Jika Anda ingin produk dengan kandungan detergen yang juga dilengkapi dengan pelembap, akan lebih baik untuk memiliki kombinasi jenis cocamidopropyl betaine atau lauroyl betaine.

Selain itu, pada beberapa produk Anda mungkin akan menemukan kandungan pembersih seperti casein, lesithin, dan saponin.

Periksa juga bahan aktif yang terkandung di dalamnya

Periksa juga bahan aktif yang terkandung di dalamnya

Banyak orang memilih sampo yang fokus untuk menghilangkan masalah rambut tertentu seperti kerontokan, ketombe, dan kulit kepala yang tidak bersih. Bahan yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut adalah minoxidil, dipotassium glycyrrhizinate, dan carpronium chloride. Terutama minoxidil, yang juga sudah diakui secara medis.

Sedangkan bahan yang biasa ditemui pada sampo penghilang ketombe adalah ekstrak ginseng, ekstrak wortel, dan dipotassium glycyrrhizinate. Untuk kebersihan kulit kepala, disarankan untuk memilih sampo dengan kandungan asam amino rendah, serta bebas kandungan surfaktan sulfat dan asam benzoat. Sebisa mungkin pilihlah produk dengan kandungan bahan alami yang lebih banyak.

Periksalah isi produk

Periksalah isi produk

Sampo yang tidak menimbulkan efek iritasi pada rambut dan kulit kepala adalah sampo yang mengandung asam amino rendah, sampo berbahan organik, serta sampo yang tidak mengandung bahan pengawet. Namun, jika dibandingkan dengan sampo yang mengandung bahan pengawet, sampo jenis ini memiliki kelemahan yaitu isinya yang lebih cepat rusak dan tidak awet.

Meski dapat digunakan setiap hari, bukan berarti Anda dapat menggunakannya dalam jumlah banyak setiap harinya. Pilihlah produk sampo dengan harga terjangkau, dan jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluwarsa jika ingin memakainya untuk jangka panjang.

10 Rekomendasi sampo terbaik untuk usia 30-an

Untuk membantu Anda mengurangi masalah rambut di usia 30-an seperti kerontokan dan ketombe, kami akan memberikan beberapa rekomendasi sampo terbaik untuk usia 30-an.

Kami akan memperkenalkan beberapa jenis sampo berbahan organik dan jenis sampo lainnya yang lebih fokus untuk mengatasi masalah rambut tertentu.

10. Natur Aloe Vera Extract

10. Natur Aloe Vera Extract

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.000

Tidak hanya mengatasi ketombe, tetapi juga menyuburkan rambut

Memasuki usia 30 tahun, banyak orang bermasalah dengan ketombe. Natur hadir menawarkan beberapa produk sampo yang menyehatkan dan menguatkan rambut dari akarnya. Selain aloe vera extract, produk ini juga dilengkapi kandungan enzim, mineral, asam amino polisakarida, vitamin, dan zat lain yang bermanfaat untuk menghitamkan sekaligus menyuburkan rambut serta membersihkan kulit kepala dari ketombe.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mengatasi masalah ketombe, tetapi juga menginginkan rambut yang sehat dan kuat. Tak hanya itu, kandungan gel lidah buaya berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur yang kaya dengan kandungan vitamin C dan E.

9. TRESemmé Shampoo Anti Hair Fall

9. TRESemmé Shampoo Anti Hair Fall

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 61.500

Menutrisi sejak pemakaian pertama

Terkenal sebagai produk pilihan para profesional, TRESemmé hadir dengan varian khusus untuk Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut. TRESemmé Anti Hair Fall bekerja mengurangi rambut rontok dengan cara menutrisi rambut hingga lapisan terdalam, menguatkan akar rambut, sehingga rambut tumbuh dengan lebih sehat dan kuat.

Keunggulan lain yang dimiliki produk ini adalah tidak mengandung silikon, sehingga aman digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kepala sensitif. Selain itu, sampo ini juga memiliki aroma wangi yang tahan lama.

8. Selsun Blue 5

8. Selsun Blue 5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 63.500

Produk sampo dari spesialis antiketombe

Selanjutnya, ada produk sampo dari brand yang sudah dikenal sebagai spesialis antiketombe. Selsun menawarkan varian produk sampo antiketombe yang dilengkapi kandungan selenium sulfide sebagai rekomendasi para ahli untuk kesehatan kulit kepala karena terbukti lebih ampuh dibandingkan bahan antiketombe lainnya.

Produk ini juga dilengkapi dengan ekstra conditioner dan aloe vera untuk menjaga kelembutan dan kesuburan rambut anda. Jika Anda sudah menggunakan sampo antiketombe tetapi masalah tersebut tidak kunjung selesai, mungkin Anda harus beralih ke produk ini.

7. Organic Care Scalp Care Anti-Dandruff Conditioning Shampoo

7. Organic Care Scalp Care Anti-Dandruff Conditioning Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Membersihkan kulit kepala, dan mencegah ketombe datang kembali

Sampo terbaik untuk usia 30-an yang kami rekomendasikan selanjutnya ini berbahan organik, yaitu ekstrak chamomilla flower, ekstrak rosmarinus officinalis, serta rosa canina fruit oil, yang mengandung pro-vitamin B5, vitamin E, dan wheat protein yang berfungsi untuk meningkatkan kilau rambut serta merevitalisasi rambut Anda.

Selain itu, produk ini juga mengandung pyrithione zinc, yang berfungi untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh, serta menghilangkan ketombe dan membantu mencegahnya datang kembali. Namun, bagi Anda dengan kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan sampo ini secara berlebihan, karena produk ini mengandung sodium laureth sulfate yang dapat memicu iritasi.

6. L’Oreal Paris Fall Resist 3x Anti-Hair Fall Shampoo

6. L'Oreal Paris Fall Resist 3x Anti-Hair Fall Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.000

Formula khusus untuk rambut orang Indonesia

L’Oreal hadir menawarkan produk sampo anti-hair fall untuk Anda yang mengidamkan rambut lebat berkilau. Produk ini diperkaya dengan arginine protein, salah satu jenis asam amino yang berfungsi untuk menguatkan akar rambut, dan membuat rambut tumbuh lebih sehat. 

Selain itu, formula fall resist 3X pada sampo ini memberikan tiga aksi melawan rambut rontok yaitu dengan menutrisi kulit kepala, mengurangi patah, dan memperkuat batang dan ujung rambut. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah rambut patah dan rontok yang cukup parah.

5. Matrix Biolage Scalpsync Anti-Dandruff Shampoo

5. Matrix Biolage Scalpsync Anti-Dandruff Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Katakan yes untuk baju berwarna gelap

Produk ini mengandung pyrithione zinc, yang berfungsi untuk membasmi ketombe tepat ke pusatnya, dan membersihkan kulit kepala secara menyeluruh. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan ekstrak daun mint yang berfungsi sebagai antibakteri, serta untuk memberi sensasi dingin yang menyegarkan di kulit kepala Anda.

Dengan menggunaan produk ini secara rutin, masalah ketombe Anda akan berkurang, dan kesehatan kulit kepala Anda pun akan lebih terjaga. Namun, untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya, karena produk ini mengandung sodium laureth sulfate yang dapat menyebabkan iritasi jika digunakan dalam jumlah banyak.

4. The Body Shop Ginger Anti-Dandruff Shampoo

4. The Body Shop Ginger Anti-Dandruff Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.000

Wanginya menenangkan pikiran

Produk selanjutnya yang kami rekomendasikan dikeluarkan oleh brand The Body Shop. Bahan utama produk ini adalah minyak esensial jahe dari Sri Lanka, kulit pohon birch, ekstrak willow putih, serta madu, yang berfungsi untuk membersihkan dan menenangkan kulit kepala, menguatkan akar rambut, sehingga rambut tumbuh dengan lebih sehat. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang bermasalah dengan rambut rontok dan kulit kepala kering serta berketombe. 

Selain itu, produk ini juga memiliki wangi khas yang dapat menenangkan pikiran. Namun, untuk Anda yang memiliki jenis kulit kepala sensitif, Anda perlu sedikit lebih berhati-hati dalam penggunaanya, karena produk ini mengandung sodium laureth sulfate yang dapat menimbulkan iritasi jika dipakai secara berlebihan.

3. Garnier Neril Loss Guard Shampoo

3. Garnier Neril Loss Guard Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 84.000

Dengan chamomile dan birch yang menawarkan berbagai manfaat

Memiliki rambut sehat pasti menjadi idaman semua orang. Garnier hadir menjawab impian Anda. Produk ini diperkaya kandungan chamomile, nettle, horsetail, dan birch yang berfungsi untuk menutrisi dan mengembalikan keratin rambut, membersihkan dan merawat kulit kepala, serta melindungi dan menjadikan rambut Anda lebih indah. Kandungan pelembapnya dipilih untuk melembutkan rambut Anda.

Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut kasar dan mengembang. Cukup dengan memijat kepala saat menggunakannya, produk ini akan meresap dan menutrisi hingga ke akar rambut secara maksimal. Produk ini aman digunakan sebagai sampo harian karena formulanya berbahan organik dan tentunya berkualitas tinggi.

2. Avalon Organics Strengthening Peppermint Shampoo

2. Avalon Organics Strengthening Peppermint Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 139.000

Menguatkan rambut yang rapuh

Jika Anda memiliki rambut yang rapuh, produk sampo ini dapat menjadi pilihan Anda. Diperkaya dengan formula yang kaya manfaat seperti minyak esensial peppermint, protein quinoa, calendula, babassu oil, lidah buaya, dan vitamin E, produk ini akan memperkuat elastisitas dan membantu mencegah kerusakan rambut di masa mendatang.

Bahan pembersihnya berasal dari tumbuhan halus yang diperkaya dengan panthenol, arginine dan organic peppermint. Dengan kandungan aloe barbadensis leaf juice yang proporsinya lebih tinggi dari air, produk ini mampu membersihkan secara menyeluruh dan memperbaiki elastisitas untuk membantu mencegah kerusakan. Sampo ini tidak mengandung asam sulfat, sehingga sangat aman digunakan dan tidak akan menimbulkan iritasi.

1. Dancoly Organic Green Tea

1. Dancoly Organic Green Tea

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 195.000

Tanpa kandungan asam sulfat

Produk dari Dancoly ini terbuat dari berbagai macam bahan organik. Ekstrak natural teh hijau yang sudah disterilkan, berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dengan cara menghilangkan minyak berlebihan, serta membunuh bakteri pada kulit kepala. Membuat rambut Anda terlihat sehat natural dan jauh dari berbagai masalah rambut, termasuk masalah ketombe.

Tidak hanya itu, ekstrak daun mint yang menjadi salah satu komposisinya akan memberikan sensasi dingin dan relaksasi di kulit kepala Anda. Tanpa kandungan asam sulfat, mineral oil, propylene glycol, dan paraben, produk ini aman digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Produk ini juga tanpa proses animal testing untuk mendukung kampanye against animal testing untuk kelestarian fauna.

Cara mencuci rambut yang benar

Sejauh ini, kami sudah memberikan rekomendasi sampo terbaik untuk usia 30-an. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kandungan sampo yang sudah Anda pilih, kami akan menjelaskan cara mencuci rambut yang benar.

Cara yang tepat untuk membasahi rambut

Cara yang tepat untuk membasahi rambut

Cara yang baik ketika akan mencuci rambut adalah dengan membasahi rambut Anda menggunakan air hangat. Suhu paling ideal untuk membasahi rambut adalah 38 derajat, dengan tekanan air dari shower yang tidak terlalu keras. Namun, jika suhu air terlalu panas, dan tekanan air dari shower juga terlalu kuat, hal tersebut dapat membuat rambut Anda cepat rusak.

Jika Anda tidak menggunakan shower, cara lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan mencuci rambut menggunakan ember atau wadah yang berisi air hangat. Dengan menggunakan kedua tangan, basahi rambut Anda secara perlahan, maksimal 3 menit.

Cara yang tepat untuk mencuci rambut

Cara yang tepat untuk mencuci rambut

Saat mencuci rambut, hal yang perlu Anda lakukan tidaklah cukup dengan mencuci rambut saja, tetapi Anda juga perlu mencuci kulit kepala Anda. Untuk bagian rambut, Anda cukup mengusap rambut secara lembut dan perlahan. Namun, untuk bagian kulit kepala, Anda perlu memijatnya, karena selain untuk menghilangkan kotoran, pijatan juga berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah.

Menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat akan menumbuhkan rambut yang sehat seimbang. Orang yang memiliki rambut panjang dan menderita masalah rambut, dianjurkan untuk menggunakan hair treatment sebelum melakukan keramas menggunakan sampo. Setelah dibilas, oleskan sampo ke kulit kepala, kemudian pijat perlahan dengan menggunakan permukaan jari tangan Anda. Lama waktu  proses pencucian yang paling ideal adalah selama dua menit.

Bilaslah dengan cepat dan lembut

Bilaslah dengan cepat dan lembut

Bukan hal yang salah jika Anda ingin membersihkan rambut Anda dari busa sampo hingga benar-benar bersih. Namun, jika Anda ingin menjaga agar rambut dan kulit kepala tetap sehat, Anda harus membilas rambut Anda dengan lembut. Sambil dibilas, pijatlah kepala Anda dengan lembut. Usahakan untuk tidak terlalu lama, cukup 3 menitan saja. Hal tersebut untuk menghindari rambut teriritasi karena tekanan air yang tinggi.

Gunakan obat perawatan untuk rambut di bawah garis telinga

Gunakan obat perawatan untuk rambut di bawah garis telinga

Selain sampo, conditioner juga dapat Anda pilih sebagai pelengkap perawatan rambut. Karena bagian kulit kepala terdapat kutikula yang terbuka, tidak disarankan memakai conditioner hingga bagian kulit kepala.

Obat perawatan dan conditioner umumnya mengandung banyak bahan pelindung rambut yang berfungsi sebagai pelembut. Maka, cara yang tepat menggunakan conditioner adalah dengan mengaplikasikannya mulai dari bagian garis telinga hingga ke rambut bagian bawah.

Terakhir, gunakan handuk kering dan gunakan secara lembut

Terakhir, gunakan handuk kering dan gunakan secara lembut

Setelah Anda membilas rambut Anda hingga bersih, keringkanlah rambut Anda dengan menggunakan handuk. Namun, diamkan dulu rambut Anda sekitar dua menit setelah dibilas, dan jangan langsung dikeringkan supaya kelembapannya tidak hilang. Masukkan handuk dari bagian bawah kepala dan usap secara halus kemudian keluarkan kembali dari bagian bawah kepala.

Gunakan pengering rambut untuk mengeringkan kulit kepala. Keringkan dari bagian poni, ke bagian tengah, kemudian bagian belakang kepala. Kulit kepala yang kering akan mengurangi jumlah bakteri yang mungkin muncul karena kulit kepala yang terlalu lembap.

Kesimpulan

Sudahkan Anda menemukan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan masalah rambut yang Anda alami? Rawatlah rambut dengan cara yang tepat, agar Anda memiliki rambut yang sehat dan kuat. Jangan lupa juga untuk memeriksa kandungan bahannya, sebelum membeli produk sampo. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.