10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Untuk si kecil kesayangan, Anda pasti ingin memilih sampo bayi yang terjamin keamanannya. Walaupun berlabel produk organik atau tanpa zat aditif, Anda tetap perlu berhati-hati dengan kandungan lain pada sampo karena ada beberapa bahan yang tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala si kecil.

Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih sampo bayi yang tepat. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek seperti Pigeon, Zwitsal, dan sebagainya yang telah kami seleksi secara cermat. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih produk terbaik bagi si kecil!

Daftar isi

Cara memilih sampo bayi

Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis, halus, dan sensitif. Lalu, bagaimana cara memilih sampo bayi yang cocok untuk si kecil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih berdasarkan fungsi, sebagai sampo sekaligus sabun atau sampo saja

Pilih berdasarkan fungsi, sebagai sampo sekaligus sabun atau sampo saja

Sampo bayi ada yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh dan ada juga yang hanya untuk rambut saja. Untuk bayi yang baru lahir, sebisa mungkin pilihlah sampo bayi yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh. Bayi newborn memiliki rambut tipis dan belum dapat duduk sendiri sehingga akan sangat sulit bagi Anda untuk membasuh rambut dan tubuh bayi secara bergantian. Seiring dengan bertumbuhnya rambut si kecil, Anda dapat mengganti samponya dengan yang khusus untuk rambut saja.

Pilih produk yang lembut dan ramah di kulit

Pilih produk yang lembut dan ramah di kulit

Kandungan utama sampo bayi yang tersedia di pasaran umumnya adalah surfaktan dan air. Kandungan yang perlu Anda perhatikan adalah sodium laureth sulfate (SLES) dan sodium lauryl sulfate (SLS). Kedua zat ini memiliki daya pembersih tinggi yang justru akan meluruhkan minyak di kulit kepala dan rambut secara berlebihan sehingga berpotensi menimbulkan iritasi.

Selain itu, kandungan lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah ammonium lauryl sulfate dan ammonium xylene sulfonate. Pastikan Anda memeriksa dengan baik kandungan pada sampo yang umumnya tertulis di belakang kemasannya. Kandungan dalam produk biasanya ditulis urut dari yang paling banyak ke yang paling sedikit kuantitasnya.

Pilih yang benar-benar tanpa kandungan zat aditif

Pilih yang benar-benar tanpa kandungan zat aditif

Produk yang menuliskan ‘bebas zat aditif’ di kemasannya bukan berarti produk tersebut 100% tanpa kandungan zat tersebut. Penting bagi Anda untuk mengetahui kandungan yang terdapat di dalam sampo sebelum membeli. Ada produk yang menuliskan ‘bebas zat aditif’ pada kemasannya, tetapi masih menggunakan bahan pengawet, seperti paraben, phenoxyethanol, propylene glycol, dan lainnya, di dalam komposisinya.

Periksa kandungan bahan pewangi dan pelembapnya

Periksa kandungan bahan pewangi dan pelembapnya

Orang dewasa cenderung memilih sampo berdasarkan aromanya. Namun, untuk bayi, sebisa mungkin pilihlah sampo yang tidak mengandung pewangi dan pewarna. Meski begitu, ada data penelitian yang menyebutkan bahwa aroma penting untuk pertumbuhan bayi. Selain itu, perasaan sang ibu pun bisa menjadi tenang dan rileks saat mencium aroma tersebut.

Ketika bayi masih newborn, pilihlah sampo tanpa tambahan zat aditif apapun. Anda dapat mengganti samponya dengan sampo yang mengandung pewangi, bertahap seiring pertumbuhannya. Apabila si kecil bermasalah dengan rambut kusut atau kulit kepala gatal, direkomendasikan untuk menggunakan sampo yang mengandung pelembap.

Pilih sampo dengan kemasan yang mudah digunakan

Banyak ibu yang memandikan anaknya seorang sendiri. Bila Anda juga salah satu di antaranya, penting bagi Anda untuk memilih sampo dengan kemasan yang mudah digunakan. Dengan begitu, kerepotan Anda akan sedikit berkurang.

Jenis botol pompa yang mudah digunakan

Jenis botol pompa yang mudah digunakan

Penting bagi Anda untuk memilih jenis botol sampo, terutama saat merawat bayi yang masih harus disangga bagian kepalanya ketika dimandikan. Anda bisa tetap menggunakan botol sampo model buka-tutup meskipun sedikit sulit dan merepotkan. Untuk Anda yang ingin selangkah lebih mudah, pilih saja produk dengan kemasan botol pompa. Mudah digunakan dengan satu tangan, tentu lebih praktis untuk Anda yang memiliki bayi newborn.

Jenis botol foam yang lebih praktis digunakan

Jenis botol foam yang lebih praktis digunakan

Jika Anda harus menggosok sampo untuk mengeluarkan busa, penggunaan sampo menjadi kurang praktis. Di saat seperti itu, Anda dapat memilih produk dalam kemasan botol foam yang dapat langsung mengeluarkan busa. Jenis kemasan seperti ini sangat praktis digunakan. Dengan satu tangan, Anda dapat langsung mendapatkan busa untuk segera diusapkan ke kepala atau tubuh si kecil.

10 Rekomendasi sampo bayi terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh sampo bayi terbaik yang dapat dibeli di online shop. Pilihlah dengan mempertimbangkan poin cara memilih di atas dan pastikan produk pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan kulit dan rambut bayi Anda.

10. Cow Style QP Baby Foaming Shampoo

10. Cow Style QP Baby Foaming Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 90.000

Praktis digunakan dengan busa yang mudah dibilas

Tidak semua bayi menyukai saat-saat dimandikan, ada pula yang malah rewel atau berontak sehingga membuat ibu kewalahan. Nah, Anda dapat mengandalkan sampo ini sebagai solusi. Hadir dalam kemasan praktis, busa sampo ini lebih mudah dibilas sehingga proses mandi bisa selesai lebih cepat. Kerepotan Anda pun bisa sedikit berkurang.

Kulit bayi pun terhindar dari iritasi karena produk ini bebas pewangi dan pewarna, serta memiliki pH 6,5 atau ideal bagi kulit manusia. Dengan adanya asam amino dan kombinasi pelembap, rambut tak mudah kusut dan kulit kepalanya pun terlindungi. Terbuat dari bahan alami sehingga tidak pedih di mata, tentu Anda bisa semakin lega.

Cara penggunaan Untuk rambut
Jenis kemasan Botol foam
Fitur Hypoallergenic, bebas pewangi dan pewarna

9. Pigeon Baby Foam Shampoo

9. Pigeon Baby Foam Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 213.600

Dengan bahan pelembap yang mirip lapisan pelindung alami kulit newborn

Pigeon Baby Foam Shampoo memberikan perawatan maksimal untuk rambut dan kulit kepala si kecil. Produk ini dibuat dengan bahan pelembap yang mirip dengan fungsi vernix (lapisan pelindung alami kulit newborn), yang dapat mencegah kulit kepala menjadi kering. Selain melembutkan, sampo ini juga memberi nutrisi untuk rambut.

Sampo bayi yang langsung mengeluarkan foam ini juga memudahkan Anda memandikan si kecil, tanpa perlu repot menggosok sampo untuk mengeluarkan busa. Sampo ini tidak pedih di mata dan juga sudah teruji secara dermatologis. Recommended bagi Anda yang menginginkan perlindungan alami untuk kulit kepala dan rambut bayi Anda.

Cara penggunaan Untuk rambut
Jenis kemasan Botol foam
Fitur Fungsi vernix

8. Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic

8. Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 47.500

Rambut bayi sehalus sutra, plus keharuman unik yang menyegarkan

Sampo dengan wangi unik ini mengandung bahan alami yang sangat lembut sehingga mampu membuat rambut bayi sehalus sutra sekaligus mencegah kusut. Pigeon Baby Shampoo juga diperkaya pH seimbang yang tidak akan membuat mata pedih dan meminimalisir kemungkinan timbulnya alergi sehingga aman untuk digunakan.

Memandikan si kecil pun jadi lebih mudah karena sampo ini dikemas dalam botol praktis yang mudah dikeluarkan isinya dengan satu tangan. Mengandung jojoba dan chamomile, produk ini tidak akan membuat kulit kepalanya bersisik. Harumnya menyegarkan, ideal bagi Anda yang ingin saat-saat memandikan bayi menjadi lebih menyenangkan.

Cara penggunaan Untuk rambut
Jenis kemasan Botol pompa
Fitur Hypoallergenic

7. Cussons Baby Almond Oil and Honey Baby Shampoo

7. Cussons Baby Almond Oil and Honey Baby Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.000

Mengandung zat pelembap alami yang pas untuk bayi dan orang dewasa

Rambut dan kepala bayi yang perlu perawatan lebih, membuat para orang tua harus ekstra hati-hati dalam memilih sampo untuk si kecil. Nah, sampo dari Cussons Baby ini bisa dijadikan pilihan sebagai produk perawatan rambut dan kulit kepala bayi Anda. Memiliki pH seimbang, sampo ini membantu menjaga rambut tetap halus dan lembut.

Sampo ini mengandung almond oil dan honey untuk melembapkan dan menjaga rambut agar tetap sehat serta menjadikan rambut tidak mudah kusut. Tidak hanya untuk bayi, Anda pun bisa turut menggunakannya untuk mengatasi masalah rambut yang sama. Lebih aman lagi karena produk ini juga tidak pedih di mata dan bebas paraben!

Cara penggunaan Untuk rambut
Jenis kemasan Botol flip-flop
Fitur Tanpa paraben dan bisa dipakai untuk dewasa

6. Aveeno Baby Wash & Shampoo

6. Aveeno Baby Wash & Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 209.900

Membersihkan rambut secara maksimal tanpa membuatnya kering

Produk dari Aveeno ini diformulasikan dengan natural oat extract sehingga mampu membersihkan tanpa membuat kulit kepala si kecil menjadi kering. Tidak pedih di mata, sampo ini juga all-in-one, bisa untuk rambut dan tubuh si kecil. Selain memberikan nutrisi, produk ini juga memberi efek menenangkan pada kulit bayi yang sensitif.

Aveeno Baby Wash & Shampoo tidak mengandung sabun, bebas paraben, serta tidak menimbulkan alergi, jadi Anda bisa lebih tenang menggunakannya. Kemasannya memang terlihat biasa saja, tetapi bahan dan kandungannya berkualitas. Tidak heran kalau sampo yang ramah di kulit ini layak untuk Anda jadikan salah satu pilihan sampo untuk si kecil.

Cara penggunaan Untuk rambut dan tubuh
Jenis kemasan Botol tekan
Fitur Tanpa sabun dan paraben

5. Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

5. Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.200

Bahan alaminya membantu pertumbuhan rambut bayi agar lebih tebal dan hitam

Siapa yang tidak mengenal Zwitsal? Brand yang berasal dari Belanda ini meluncurkan sampo yang mengandung kandungan alami, seperti lidah buaya, kemiri, dan seledri yang membantu pertumbuhan rambut bayi sehingga terlihat lebih tebal dan hitam. Formulasinya juga tidak pedih di mata sehingga aman dipakai si kecil.

Sampo ini aman untuk kulit sensitif bayi karena sudah teruji hypoallergenic. Anda juga tidak perlu khawatir ketika memandikan si kecil sendirian, karena sampo ini juga tersedia dalam kemasan praktis yang akan memudahkan Anda mengeluarkan isi sampo hanya dengan satu tangan. Ingin si kecil berambut tebal? Coba saja produk ini.

Cara penggunaan Untuk rambut
Jenis kemasan Botol pompa
Fitur Hypoallergenic

4. Cetaphil Baby Shampoo

4. Cetaphil Baby Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 71.500

Lebih lega tanpa kandungan bahan hewani dan berbagai bahan aditif lainnya

Sampo ini mampu melembapkan kulit kepala serta memberi aroma yang menenangkan berkat kandungan chamomile di dalamnya. Dibuat dari bahan yang lembut, produk yang juga dapat digunakan oleh anak-anak ini membersihkan rambut si kecil sekaligus menjaga pH alaminya. Kemasannya pun mudah dibuka dengan satu jentikan jari saja.

Cetaphil Baby Shampoo ini tidak mengandung zat aditif yang merugikan dan bahan hewani sehingga Anda bisa tenang menggunakannya. Selain itu, produk ini juga diformulasikan dengan kandungan yang bebas sabun, tidak pedih di mata dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Rambut si kecil menjadi halus, berkilau, dan tetap terjaga kesehatannya.

Cara penggunaan Untuk rambut
Jenis kemasan Botol flip-flop
Fitur Hypoallergenic, tanpa sabun, paraben, pewarna, mineral oils, bahan hewani

3. Mustela Gentle Cleansing Gel

3. Mustela Gentle Cleansing Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Tidak menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit

Sampo ini efektif membersihkan serta menghaluskan rambut dan kulit buah hati Anda. 90% Kandungan dari produk ini adalah ekstrak tumbuhan yang membantu menjaga serta melembapkan kulit. Formulanya diperkaya dengan vitamin B5 yang mampu membersihkan secara menyeluruh tanpa menghilangkan minyak alami di kulit dan kepala.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena produk ini bebas zat aditif yang berbahaya bagi kulit. Selain itu, untuk memastikan keamanan produknya, Mustela bekerjasama dengan para profesional kesehatan dan dibuat berdasarkan penelitian ilmiah. Sampo ini telah diuji di bawah pengawasan pediatri dan dermatologi.

Cara penggunaan Untuk rambut dan tubuh
Jenis kemasan Botol pompa
Fitur Hypoallergenic, bebas paraben, phthalates, phenoxyethanol

2. Sebamed Baby Children’s Shampoo

2. Sebamed Baby Children’s Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.000

Aman pula digunakan oleh bayi yang menderita eczema dan alergi

Sampo ini mampu mengurangi risiko iritasi, membuat kulit kepala dan rambut bayi lebih bersih, halus, mudah disisir, serta melengkapi nutrisi rambut dan kulit kepala si kecil. Produk ini juga direkomendasikan untuk kulit kepala yang memiliki eczema dan alergi. Dengan formula yang aman dan pH 5,5, sampo ini bisa digunakan untuk kulit bayi yang sensitif.

Sebamed Baby Children’s Shampoo ini bebas zat aditif dan bahan lainnya yang dapat menyebabkan alergi. Di balik kemasannya yang tampak biasa saja, sampo ini memiliki kualitas tinggi dan aman digunakan. Bagi Anda ibu yang peduli dengan perawatan kulit kepala si kecil, produk ini bisa dijadikan salah satu pilihan sampo untuknya.

Cara penggunaan Untuk rambut
Jenis kemasan Botol flip-flop
Fitur Tanpa alkali, paraben, zat aditif

1. Purebaby Wash

1. Purebaby Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 34.000

Paduan sampo dan sabun yang ramah bagi kulit sensitif si kecil

Purebaby Wash merupakan sampo sekaligus sabun yang mampu menjaga kelembapan dan kelembutan kulit sensitif si kecil. Sampo ini tidak mengandung berbagai zat aditif tidak penting yang malah akan menyebabkan kulitnya kehilangan kelembapan. Kemasannya yang berbentuk pompa akan memudahkan Anda saat memandikan si kecil.

Sampo ini diformulasikan dengan Pro Vitamin B5 yang menyerap hingga ke dalam lapisan kulit untuk membantu proses pembentukan pigmen, daya tahan kulit si kecil pun meningkat. Sudah berstandar Europe Low Hazard 0-2, produk ini dijamin aman digunakan sehingga Anda tidak perlu khawatir kulit si kecil akan terkena iritasi.

Cara penggunaan Untuk rambut dan tubuh
Jenis kemasan Botol pompa
Fitur Tanpa detergen, SLS, paraben, alkohol, pewangi buatan

Sampai usia berapa sampo bayi digunakan?

Sampai usia berapa sampo bayi digunakan?

Sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti mengenai rentang umur penggunaan sampo bayi. Karena setiap anak memiliki kondisi kulit yang berbeda, sebaiknya gunakan sampo bayi hingga umur 2-3 tahun sambil terus memeriksa keadaan kulit si kecil. Banyak orang tua yang mulai mengganti sampo bayi ke sampo untuk anak-anak ketika si kecil sudah berumur 2-3 tahun.

Meskipun hanya beralih ke sampo untuk anak-anak, akan lebih baik jika samponya tidak mengandung atau hanya sedikit mengandung zat aditif. Setelah mengganti sampo, Anda juga tetap perlu memperhatikan kondisi kulit kepala si kecil. Jika malah timbul gatal bahkan iritasi, Anda perlu menggantinya kembali ke sampo bayi.

Baca juga rekomendasi baby oil dan bedak bayi terbaik di sini!

Kulit bayi masih lembut dan sensitif. Anda tentu ingin selalu memberikan perawatan tubuh terbaik bagi si kecil bahkan setelah mereka selesai mandi. Silakan cek artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi tentang berbagai produk rekomendasi dan cara memilih keperluan perawatan tubuh si kecil!

Kesimpulan

Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dan lembut. Hal ini membuat Anda perlu berhati-hati saat memilih sampo untuknya. Pilih produk berdasarkan tujuan penggunaan, apakah untuk seluruh tubuh atau hanya rambut saja.

Kemudian, Anda perlu memperhatikan kandungannya dengan teliti. Usahakan untuk memilih produk yang benar-benar tanpa kandungan zat aditif. Selain kandungan, jenis kemasan juga perlu dipertimbangkan demi kemudahan penggunaan. Semoga Anda menemukan sampo yang tepat untuk si kecil, ya!