• 10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Untuk si kecil kesayangan, Anda pasti ingin memilih sampo bayi yang terjamin keamanannya. Walaupun berlabel produk organik atau tanpa zat aditif, Anda tetap perlu berhati-hati dengan kandungan lain pada sampo karena ada beberapa bahan yang tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala si kecil.

Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih sampo bayi yang tepat. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek seperti Pigeon, Zwitsal, dan sebagainya yang telah kami seleksi secara cermat. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih produk terbaik bagi si kecil!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.015 Views
Daftar isi

Cara memilih sampo bayi

Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis, halus, dan sensitif. Lalu, bagaimana cara memilih sampo bayi yang cocok untuk si kecil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih berdasarkan fungsi, sebagai sampo sekaligus sabun atau sampo saja

Pilih berdasarkan fungsi, sebagai sampo sekaligus sabun atau sampo saja
Sampo bayi ada yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh dan ada juga yang hanya untuk rambut saja. Untuk bayi yang baru lahir, sebisa mungkin pilihlah sampo bayi yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh. Bayi newborn memiliki rambut tipis dan belum dapat duduk sendiri sehingga akan sangat sulit bagi Anda untuk membasuh rambut dan tubuh bayi secara bergantian. Seiring dengan bertumbuhnya rambut si kecil, Anda dapat mengganti samponya dengan yang khusus untuk rambut saja.

Pilih produk yang lembut dan ramah di kulit

Pilih produk yang lembut dan ramah di kulit
Kandungan utama sampo bayi yang tersedia di pasaran umumnya adalah surfaktan dan air. Kandungan yang perlu Anda perhatikan adalah sodium laureth sulfate (SLES) dan sodium lauryl sulfate (SLS). Kedua zat ini memiliki daya pembersih tinggi yang justru akan meluruhkan minyak di kulit kepala dan rambut secara berlebihan sehingga berpotensi menimbulkan iritasi.
Selain itu, kandungan lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah ammonium lauryl sulfate dan ammonium xylene sulfonate. Pastikan Anda memeriksa dengan baik kandungan pada sampo yang umumnya tertulis di belakang kemasannya. Kandungan dalam produk biasanya ditulis urut dari yang paling banyak ke yang paling sedikit kuantitasnya.

Pilih yang benar-benar tanpa kandungan zat aditif

Pilih yang benar-benar tanpa kandungan zat aditif
Produk yang menuliskan ‘bebas zat aditif’ di kemasannya bukan berarti produk tersebut 100% tanpa kandungan zat tersebut. Penting bagi Anda untuk mengetahui kandungan yang terdapat di dalam sampo sebelum membeli. Ada produk yang menuliskan ‘bebas zat aditif’ pada kemasannya, tetapi masih menggunakan bahan pengawet, seperti paraben, phenoxyethanol, propylene glycol, dan lainnya, di dalam komposisinya.

Periksa kandungan bahan pewangi dan pelembapnya

Periksa kandungan bahan pewangi dan pelembapnya
Orang dewasa cenderung memilih sampo berdasarkan aromanya. Namun, untuk bayi, sebisa mungkin pilihlah sampo yang tidak mengandung pewangi dan pewarna. Meski begitu, ada data penelitian yang menyebutkan bahwa aroma penting untuk pertumbuhan bayi. Selain itu, perasaan sang ibu pun bisa menjadi tenang dan rileks saat mencium aroma tersebut.
Ketika bayi masih newborn, pilihlah sampo tanpa tambahan zat aditif apapun. Anda dapat mengganti samponya dengan sampo yang mengandung pewangi, bertahap seiring pertumbuhannya. Apabila si kecil bermasalah dengan rambut kusut atau kulit kepala gatal, direkomendasikan untuk menggunakan sampo yang mengandung pelembap.

Pilih sampo dengan kemasan yang mudah digunakan

Banyak ibu yang memandikan anaknya seorang sendiri. Bila Anda juga salah satu di antaranya, penting bagi Anda untuk memilih sampo dengan kemasan yang mudah digunakan. Dengan begitu, kerepotan Anda akan sedikit berkurang.

Jenis botol pompa yang mudah digunakan

Jenis botol pompa yang mudah digunakan
Penting bagi Anda untuk memilih jenis botol sampo, terutama saat merawat bayi yang masih harus disangga bagian kepalanya ketika dimandikan. Anda bisa tetap menggunakan botol sampo model buka-tutup meskipun sedikit sulit dan merepotkan. Untuk Anda yang ingin selangkah lebih mudah, pilih saja produk dengan kemasan botol pompa. Mudah digunakan dengan satu tangan, tentu lebih praktis untuk Anda yang memiliki bayi newborn.

Jenis botol foam yang lebih praktis digunakan

Jenis botol foam yang lebih praktis digunakan
Jika Anda harus menggosok sampo untuk mengeluarkan busa, penggunaan sampo menjadi kurang praktis. Di saat seperti itu, Anda dapat memilih produk dalam kemasan botol foam yang dapat langsung mengeluarkan busa. Jenis kemasan seperti ini sangat praktis digunakan. Dengan satu tangan, Anda dapat langsung mendapatkan busa untuk segera diusapkan ke kepala atau tubuh si kecil.

10 Rekomendasi sampo bayi terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh sampo bayi terbaik yang dapat dibeli di online shop. Pilihlah dengan mempertimbangkan poin cara memilih di atas dan pastikan produk pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan kulit dan rambut bayi Anda.
Cara penggunaanUntuk rambut
Jenis kemasanBotol foam
FiturHypoallergenic, bebas pewangi dan pewarna
Cara penggunaanUntuk rambut
Jenis kemasanBotol foam
FiturFungsi vernix

8. Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic

Rp47.500,00

Cara penggunaanUntuk rambut
Jenis kemasanBotol pompa
FiturHypoallergenic
Cara penggunaanUntuk rambut
Jenis kemasanBotol flip-flop
FiturTanpa paraben dan bisa dipakai untuk dewasa
Cara penggunaanUntuk rambut dan tubuh
Jenis kemasanBotol tekan
FiturTanpa sabun dan paraben

5. Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Rp25.200,00

Cara penggunaanUntuk rambut
Jenis kemasanBotol pompa
FiturHypoallergenic
Cara penggunaanUntuk rambut
Jenis kemasanBotol flip-flop
FiturHypoallergenic, tanpa sabun, paraben, pewarna, mineral oils, bahan hewani
Cara penggunaanUntuk rambut dan tubuh
Jenis kemasanBotol pompa
FiturHypoallergenic, bebas paraben, phthalates, phenoxyethanol
Cara penggunaanUntuk rambut
Jenis kemasanBotol flip-flop
FiturTanpa alkali, paraben, zat aditif
Cara penggunaanUntuk rambut dan tubuh
Jenis kemasanBotol pompa
FiturTanpa detergen, SLS, paraben, alkohol, pewangi buatan

Sampai usia berapa sampo bayi digunakan?

Sampai usia berapa sampo bayi digunakan?
Sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti mengenai rentang umur penggunaan sampo bayi. Karena setiap anak memiliki kondisi kulit yang berbeda, sebaiknya gunakan sampo bayi hingga umur 2-3 tahun sambil terus memeriksa keadaan kulit si kecil. Banyak orang tua yang mulai mengganti sampo bayi ke sampo untuk anak-anak ketika si kecil sudah berumur 2-3 tahun.
Meskipun hanya beralih ke sampo untuk anak-anak, akan lebih baik jika samponya tidak mengandung atau hanya sedikit mengandung zat aditif. Setelah mengganti sampo, Anda juga tetap perlu memperhatikan kondisi kulit kepala si kecil. Jika malah timbul gatal bahkan iritasi, Anda perlu menggantinya kembali ke sampo bayi.

Baca juga rekomendasi baby oil dan bedak bayi terbaik di sini!

Kulit bayi masih lembut dan sensitif. Anda tentu ingin selalu memberikan perawatan tubuh terbaik bagi si kecil bahkan setelah mereka selesai mandi. Silakan cek artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi tentang berbagai produk rekomendasi dan cara memilih keperluan perawatan tubuh si kecil!

Kesimpulan

Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dan lembut. Hal ini membuat Anda perlu berhati-hati saat memilih sampo untuknya. Pilih produk berdasarkan tujuan penggunaan, apakah untuk seluruh tubuh atau hanya rambut saja.
Kemudian, Anda perlu memperhatikan kandungannya dengan teliti. Usahakan untuk memilih produk yang benar-benar tanpa kandungan zat aditif. Selain kandungan, jenis kemasan juga perlu dipertimbangkan demi kemudahan penggunaan. Semoga Anda menemukan sampo yang tepat untuk si kecil, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Bayi & anak-anak
    16.332 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Bayi & anak-anak
    7.296 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Bayi & anak-anak
    6.306 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    5.837 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    5.294 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Bayi & anak-anak
    4.601 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Mengajak bayi ke pesta atau acara formal membuat Anda harus memperhatikan gaya yang tepat untuknya pula. Tidak hanya dari pakaian, tetapi juga sepatu. Apakah Anda masih kebingungan dalam memilih sepatu formal yang tepat untuk bayi?Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu bayi adalah ukuran dan kenyamanan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta sepuluh rekomendasi sepatu formal bayi terbaik. Brand terkenal seperti Mothercare, Adidas, dan Bubble Gummers juga ada dalam rekomendasi produk. Yuk, simak artikelnya!
    Bayi & anak-anak
    39 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori