1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kondisi kulit kepala dan rambut bayi tentu berbeda dengan orang dewasa. Karena itu, Anda membutuhkan shampo bayi untuk membersihkan area kepala si kecil. Dengan menggunakan sampo bayi, rambut si kecil akan makin lembut dan lebat. Kulit kepala bayi pun tak akan kering atau gatal.

 

Nah, kali ini kami akan berbagi tips memilih shampo bayi terbaik. Sepuluh rekomendasi shampo bayi yang bagus dari berbagai merek, seperti Zwitsal, Johnson's, hingga Cussons, juga telah kami siapkan. Ada yang formulanya tidak pedih di mata, ada pula yang bekerja sebagai sampo penumbuh rambut. Yuk, disimak!

Diperbaharui 11-06-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih shampo bayi

Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis, halus, dan sensitif. Bagaimana cara memilih sampo bayi yang bagus? Simak penjelasannya di bawah ini.

① Sampo sekaligus sabun atau sampo saja? Pilih sesuai usia atau banyaknya rambut bayi

Sampo sekaligus sabun atau sampo saja? Pilih sesuai usia atau banyaknya rambut bayi
Sampo bayi umumnya dibagi menjadi dua tipe, yaitu produk yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh dan khusus untuk rambut. Anda bisa memilih tipe sampo bayi terbaik sesuai dengan usia atau banyaknya rambut si kecil. Berikut penjelasannya:

  • Sampo bayi yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh

Untuk bayi yang baru lahir, sebisa mungkin pilihlah shampoo bayi yang berfungsi juga sebagai sabun badan. Pertimbangannya, bayi newborn memiliki rambut tipis dan belum dapat duduk sendiri. Anda mungkin akan kesulitan untuk membasuh rambut dan tubuh anak secara bergantian menggunakan sabun dan sampo bayi secara terpisah.


  • Sampo bayi khusus rambut

Seiring bertambahnya usia sekaligus pertumbuhan rambut bayi, sebisa mungkin beralihlah ke sampo bayi yang khusus untuk rambut saja. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan sampo dengan kebutuhan rambut bayi. Misalnya, ada sampo bayi untuk rambut kering, sampo bayi untuk kulit kepala gatal, atau sampo bayi penumbuh rambut.

② Pastikan sampo bayi lembut dan ramah di kulit

Pastikan sampo bayi lembut dan ramah di kulit

Kandungan utama sampo bayi yang tersedia di pasaran umumnya adalah surfaktan dan air. Kandungan yang perlu Anda perhatikan antara lain:

  • Sodium laureth sulfate (SLES)
  • Sodium lauryl sulfate (SLS), 
  • Ammonium lauryl sulfate
  • Ammonium xylene sulfonate

Zat-zat tersebut memiliki daya pembersih tinggi yang justru akan meluruhkan minyak di kulit kepala dan rambut secara berlebihan. Adanya kandungan tersebut berpotensi menimbulkan iritasi.


Pastikan Anda memeriksa dengan baik kandungan yang umumnya tertulis di sisi belakang kemasan sampo. Kandungan dalam produk biasanya ditulis urut dari yang paling banyak ke yang paling sedikit kuantitasnya.

③ Cek ada tidaknya kandungan aditif

Cek ada tidaknya kandungan aditif
Sampo bayi yang menuliskan ‘bebas zat aditif’ di kemasannya bukan berarti produk tersebut 100% tidak mengandung zat aditif. Non-aditif berarti tidak mengandung zat-zat tertentu yang secara spesifik dihindari oleh sang produsen. Artinya, tetap ada zat yang mungkin bisa menimbulkan iritasi pada sampo.

Ada produk yang menuliskan ‘bebas zat aditif’ pada kemasannya, tetapi masih menggunakan bahan pengawet pada komposisinya. Contoh bahan yang dimaksud antara lain paraben, phenoxyethanol, propylene glycol, dan lainnya. Cek komposisi samponya, ya!

④ Periksa kandungan bahan pewangi dan pelembapnya

Periksa kandungan bahan pewangi dan pelembapnya
Orang dewasa cenderung memilih sampo berdasarkan aromanya. Namun, sebisa mungkin pilihlah sampo yang tidak mengandung pewangi dan pewarna untuk digunakan pada bayi. Meski begitu, ada data penelitian yang menyebutkan bahwa aroma penting untuk pertumbuhan bayi. Selain itu, perasaan sang ibu pun bisa menjadi tenang dan relaks saat mencium aroma tersebut.

Ketika bayi masih newborn, sebisa mungkin pilihlah sampo tanpa tambahan zat aditif apa pun. Anda dapat mengganti sampo si kecil dengan sampo bayi yang wangi secara bertahap seiring pertumbuhannya. Sejalan dengan pertumbuhannya, bisa saja si kecil bermasalah dengan rambut kusut atau kulit kepala gatal. Untuk mengatasi hal tersebut, sampo bayi yang mengandung pelembap sangat direkomendasikan.

⑤ Sesuaikan kemasan sampo bayi dengan kebutuhan

Banyak ibu yang memandikan anaknya seorang sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah sampo bayi yang kemasannya mudah digunakan.

Tipe botol pompa, mudah digunakan

Tipe botol pompa, mudah digunakan

Penting untuk mempertimbangkan jenis kemasan sampo, terutama saat Anda merawat bayi yang masih harus disangga kepalanya ketika dimandikan. Anda tetap bisa menggunakan botol sampo model buka-tutup meskipun sedikit sulit dan merepotkan.


Namun, untuk Anda yang ingin selangkah lebih mudah, pilih saja shampoo bayi dengan kemasan botol pompa. Mudah digunakan dengan satu tangan, solusi cerdas untuk Anda yang memiliki bayi newborn.

Tipe botol foam, hasilkan busa dengan cara yang praktis

Tipe botol foam, hasilkan busa dengan cara yang praktis
Anda harus menggosok sampo menggunakan dua tangan untuk mengeluarkan busa, bukan? Pada momen tertentu, hal tersebut bisa terasa menyulitkan. Agar makin cepat memperoleh busa, Anda dapat memilih sampo bayi dalam kemasan botol foam

Produk yang menggunakan kemasan tersebut dapat langsung mengeluarkan busa. Jenis kemasan seperti ini sangat praktis digunakan. Dengan satu tangan, Anda bisa langsung mendapatkan busa untuk segera diusapkan ke kepala atau tubuh si kecil.

10 Rekomendasi shampo bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shampo bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Unilever Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri 1枚目

Jadikan rambut si kecil makin lebat dan hitam

2

Johnson's

Baby Shampoo

Johnson's Baby Shampoo 1枚目

Aroma tahan lama, membuat rambut bayi anti-apak

3

Tropee Bebe

Candlenut Shampoo (Shampo Kemiri)

Tropee Bebe Candlenut Shampoo (Shampo Kemiri) 1枚目

Busa melimpah bikin si kecil makin betah mandi

4

Barclay

My Baby Hair & Body Wash Aloe Vera & Avocado

Barclay My Baby Hair & Body Wash Aloe Vera & Avocado 1枚目

Lindungi si kecil dari bakteri, kuman, sekaligus biang keringat!

5

Cetaphil

Cetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo

Cetaphil Cetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo 1枚目

Formula sampo dan sabun bayi 2-in-1 yang bagus untuk kulit sensitif

6

Mustela

Gentle Shampoo

Mustela Gentle Shampoo 1枚目

Sampo bayi dengan kandungan 93% bahan alami, tak pedih di mata

7

Sebamed

Baby Children's Shampoo

Sebamed Baby Children's Shampoo 1枚目

Aman untuk bayi yang eczema dan alergi

8

Godrej

Mitu Baby Shampoo Fresh & Clean

Godrej Mitu Baby Shampoo Fresh & Clean 1枚目

Harga shampo bayi yang paling ramah di kantong!

9

Cussons Baby

Shampoo Almond Oil and Honey

Cussons Baby  Shampoo Almond Oil and Honey 1枚目

Melembutkan sekaligus melembapkan rambut hingga ke akarnya

10

Pigeon

Baby Shampoo

Pigeon Baby Shampoo 1枚目

Cegah timbulnya sisik dan gatal pada kulit kepala

Perincian produk
Close
No.1

UnileverZwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Mulai dari Rp14.900,00

Jadikan rambut si kecil makin lebat dan hitam

Kelebihan:
  • Melembutkan dan melebatkan rambut
  • Teruji hypoallergenic

Kekurangan:

  • Mengandung SLS dan pewangi

Sampo bayi Zwitsal yang satu ini ditujukan untuk Anda yang ingin melebatkan rambut si kecil. Perpaduan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, kemiri, dan seledri, membuat produk ini bekerja aktif merangsang pertumbuhan rambut bayi.


Sampo bayi penumbuh rambut ini juga dapat membuat rambut si kecil lebih hitam berkilau, lho. Sampo bayi ini bisa menjadi andalan untuk mendapatkan rambut lebat dan hitam.

No.2

Aroma tahan lama, membuat rambut bayi anti-apak

Kelebihan:

  • Wanginya tahan lama
  • Formulanya ringan seperti air
  • Teruji secara dermatologi

Kekurangan:

  • Mengandung pewangi

Sampo bayi Johnson's mempunyai aroma wangi yang lembut sekaligus tahan lama. Karena itu, sampo bayi yang bagus ini cocok untuk si kecil yang memiliki rambut tergolong lebat. Dengan begitu, rambut bayi tak akan mudah apak.


Formula sampo bayi ini juga sangat ringan seperti air sehingga tidak akan membebani kulit kepala dan rambut bayi. Saking lembutnya, produk ini bahkan diklaim bisa digunakan sebagai shampoo bayi untuk orang dewasa.

No.3

Tropee BebeCandlenut Shampoo (Shampo Kemiri)

Mulai dari Rp75.000,00

Busa melimpah bikin si kecil makin betah mandi

Kelebihan:

  • Busa yang dihasilkan tergolong banyak
  • Tidak mengandung SLS, paraben, detergen, atau pewarna

Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan refill

Jika Anda kurang puas dengan busa yang dihasilkan oleh sampo bayi yang selama ini dipakai, beralihlah ke produk ini. Tropee Bebe Candlenut Shampoo bisa menghasilkan banyak busa hanya dengan dua kali pump. Dijamin, si kecil akan makin betah saat mandi berkat busa yang melimpah. Anda pun bisa merasakan efek pembersihan yang lebih maksimal dengan menggunakan sampo untuk bayi ini.

No.4

BarclayMy Baby Hair & Body Wash Aloe Vera & Avocado

Mulai dari Rp30.500,00

Lindungi si kecil dari bakteri, kuman, sekaligus biang keringat!

Kelebihan:

  • Mampu menghilangkan kuman dan bakteri hingga 99%
  • Mampu mengatasi biang keringat

Kekurangan:

  • Ukuran botol kecilnya sulit ditemukan di pasaran

Apakah si kecil sudah mulai aktif bergerak hingga berkeringat? Mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan sampo My Baby ini. Formula produk ini mengandung antibakteri yang mampu membersihkan tubuh sekaligus rambut si kecil dari kuman dan bakteri hingga 99%.


Selain itu, kandungan Aloe vera pada produk ini berfungsi sebagai soothing agent untuk menenangkan kulit tubuh dan kepala bayi. Dengan begitu, biang keringat pun tak akan muncul. Tak heran bila produk ini juga cocok disebut sebagai sampo bayi untuk biang keringat.

No.5

CetaphilCetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo

Mulai dari Rp159.800,00

Formula sampo dan sabun bayi 2-in-1 yang bagus untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Mampu menenangkan kulit sensitif bayi
  • Bisa digunakan sebagai sabun dan sampo bayi

Kekurangan:

  • Hanya tersedia ukuran besar

Jika kulit si kecil tergolong sensitif sehingga mudah memerah, gunakanlah merek sampo bayi Cetaphil ini. Sampo bayi ini diperkaya dengan ekstrak bunga calendula organik yang mampu menenangkan, melembutkan, sekaligus melembapkan, bahkan untuk kulit sensitif. 


Rambut dan kulit bayi Anda pun tak akan mudah kering sehingga kemerahan mereda. Kandungan tersebut juga membuat sampo bayi untuk kulit sensitif ini memiliki aroma yang menenangkan.

No.6

Sampo bayi dengan kandungan 93% bahan alami, tak pedih di mata

Kelebihan:
  • Mengandung 93% bahan alami
  • Mudah dibilas
  • Membuat rambut antikusut

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu ukuran kemasan
  • Harganya cukup pricey

Bila Anda baru pertama kali menjadi orang tua, Mustela Gentle Shampoo sangat tepat untuk dipilih. Sampo bayi ini mudah dibilas sehingga akan memudahkan Anda ketika membersihkan rambut si kecil. Tak hanya itu, kandungan bahan pada produk ini 93%-nya merupakan bahan alami, lho. Jadi, formula sampo bayi ini tidak pedih di mata.

No.7

SebamedBaby Children's Shampoo

Mulai dari Rp131.182,00

Aman untuk bayi yang eczema dan alergi

Kelebihan:

  • Formulanya sangat lembut untuk kulit kepala sensitif, eczema, atau alergi
  • Kandungannya tidak menyengat di mata

Kekurangan:

  • Harganya tergolong premium

Formula spesial dari Sebamed membuat sampo ini tidak terasa menyengat di mata. Dengan begitu, si kecil tidak akan mudah gelisah saat mandi. Surfaktannya tergolong mild, pas untuk rambut bayi yang masih sangat lembut.


Sebamed shampoo baby ini juga telah diformulasikan secara khusus supaya aman untuk bayi yang memiliki alergi atau eczema. Produk ini adalah solusi terbaik jika Anda mencari sampo bayi medis untuk mengatasi hal-hal tersebut.

No.8

GodrejMitu Baby Shampoo Fresh & Clean

Mulai dari Rp20.000,00

Harga shampo bayi yang paling ramah di kantong!

Kelebihan:

  • Harga jualnya paling terjangkau

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu kemasan ukuran botol

Bila Anda memiliki budget yang terbatas, jatuhkanlah pilihan pada Mitu Baby Shampoo Fresh & Clean. Harga sampo bayi ini merupakan yang paling ramah di kantong sehingga tak akan membuat anggaran Anda membengkak. Meski begitu, kualitas sampo bayi ini tak kalah dengan produk lainnya, lho.


Shampoo baby ini diperkaya dengan ekstrak Aloe vera sebagai agen pelembap sekaligus penyegar. Setelah memakai produk ini, rambut akan terasa sangat bersih. Perpaduan ekstrak kemiri dan urang-aring juga membuat sampo bayi ini mampu membuat rambut tumbuh lebat.

No.9

Cussons Baby Shampoo Almond Oil and Honey

Mulai dari Rp12.900,00

Melembutkan sekaligus melembapkan rambut hingga ke akarnya

Kelebihan:

  • Mampu melembapkan dan melembutkan rambut hingga ke akarnya
  • Teruji klinis lembut di mata


Kekurangan:

  • Mengandung SLS dan pewangi


Sampo bayi Cussons ini memang pas untuk Anda yang baru saja melahirkan buah hati. Selain memiliki pH seimbang yang sesuai dengan kulit bayi, produk ini telah teruji klinis sangat lembut di mata.


Tak hanya itu, sampo Cussons Baby ini juga diperkaya dengan madu yang merupakan pelembap alami. Plus, kandungan almond oil di dalamnya membuat sampo bayi ini mampu melembutkan rambut hingga ke akarnya. Perpaduan sempurna agar rambut tumbuh dengan lembut. Perawatan yang pas sekali untuk si kecil yang baru lahir ketika belum memiliki banyak rambut, bukan?

No.10

Cegah timbulnya sisik dan gatal pada kulit kepala

Kelebihan:
  • Menjaga kesehatan kulit kepala
  • Membuat rambut halus serta bebas kusut
  • Teruji hypoallergenic

Kekurangan:

  • Terdapat kandungan paraben dan pewangi

Pigeon Baby Shampoo mengandung jojoba oil yang bermanfaat untuk melembapkan sekaligus mengontrol produksi sebum di kulit kepala. Dengan kadar minyak yang terkontrol, kulit kepala pun tak mudah berketombe.


Selain itu, penggunaan sampo bayi ini secara rutin juga dipercaya dapat mencegah kulit kepala si kecil bersisik. Shampoo baby terbaik ini wajib dimiliki bila Anda tak mau si kecil merasa tidak nyaman akibat kulit kepala gatal.

Pertanyaan umum seputar shampo bayi

Pertanyaan umum seputar shampo bayi

Kami telah menjelaskan tips-tips memilih sampo bayi sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Selanjutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer seputar sampo bayi.

Apakah shampo bayi cocok untuk orang dewasa?

Apabila kondisi rambut dan kulit kepala Anda normal, tidak masalah untuk menggunakan sampo bayi. Namun, bila rambut atau kulit kepala Anda membutuhkan perawatan khusus, sampo bayi kurang tepat digunakan. Hal tersebut disebabkan sampo bayi umumnya hanya mengandung sedikit bahan kimia.

Apa manfaat shampo bayi untuk orang dewasa?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kandungan bahan kimia pada sampo bayi, termasuk agen pembersihnya, sangatlah minim. Karena itu, sampo bayi lebih lembut serta tidak mudah merangsang iritasi bagi kulit kepala bayi dan orang dewasa.

Sampai usia berapa shampo bayi digunakan?

Sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti mengenai rentang umur penggunaan sampo bayi. Karena setiap anak memiliki kondisi kulit yang berbeda, sebaiknya gunakan sampo bayi hingga umur 2–3 tahun. Hal tersebut bisa Anda lakukan sambil terus memeriksa keadaan kulit si kecil. Banyak orang tua yang mulai mengganti sampo bayi ke sampo untuk anak-anak ketika si kecil sudah berumur 23 tahun.

Meski hanya beralih ke sampo untuk anak-anak, akan lebih baik jika samponya bebas atau minim kandungan zat aditif. Setelah mengganti sampo, Anda juga tetap perlu memperhatikan kondisi kulit kepala si kecil. Jika malah timbul gatal bahkan iritasi, Anda perlu menggantinya kembali ke sampo bayi.

Bagaimana jika si kecil alergi gandum?

Ada kandungan zat lainnya pada sampo bayi yang mungkin bisa menimbulkan alergi. Zat yang dimaksud adalah hydrolized wheat, kandungan yang dimasukkan ke sampo untuk meningkatkan kemampuan melembapkan dan menghasilkan busa. Kandungan tersebut bisa menyebabkan alergi, terutama pada membran mukosa di mata dan hidung.


Hingga saat ini, masih ada sampo bayi yang menggunakan hydrolized wheat. Namun, untuk sabun sendiri sudah mulai dikurangi penggunaannya.


Tentu saja sampo bayi diformulasikan sedemikian rupa agar bebas aditif yang bisa menimbulkan alergi atau efek samping lainnya. Namun, tidak ada salahnya untuk memastikan ulang komposisinya. Hal tersebut penting, terutama bila anak Anda memiliki alergi. Dengan begitu, saat timbul alergi, Anda bisa mengenali bahwa penyebabnya bisa jadi bukan dari makanan, melainkan samponya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan mandi untuk bayi lainnya di sini

Anda tentu ingin selalu memberikan perawatan tubuh terbaik bagi si kecil, baik saat mandi maupun setelah selesai mandi. Informasi terkait bedak dan beragam perlengkapan mandi untuk bayi bisa Anda baca melalui artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Dibandingkan orang dewasa, bayi memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dan lembut. Hal ini membuat Anda perlu berhati-hati saat memilih sampo untuknya. Pilih produk berdasarkan tujuan penggunaan, apakah untuk seluruh tubuh atau hanya rambut saja.

Anda juga perlu memperhatikan kandungannya dengan teliti. Usahakan untuk memilih produk yang minim zat aditif. Selain kandungan, jenis kemasan juga perlu dipertimbangkan demi kemudahan penggunaan. Semoga Anda menemukan sampo yang tepat untuk si kecil!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer