1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan makan & minum
  6. >
  7. 10 Sendok Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sendok Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sendok Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sendok Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sendok Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sendok Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sendok Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Sendok atau centong sayur adalah peralatan dapur yang digunakan setiap hari. Banyak sendok sayur berbahan stainless steel, nilon, silikon, dan kayu yang dijual di pasaran. Namun, banyaknya tipe dan ukuran sendok sayur bisa membuat Anda bingung memilihnya, bukan?

Karena itu, kami akan membagikan berbagai tips memilih sendok sayur. Kami juga akan merekomendasikan sendok sayur yang bagus dari berbagai merek, misalnya Superdoll dan Maxim. Artikel ini sudah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi. Pilihlah sendok sayur sesuai ukuran panci dan banyaknya masakan agar lebih praktis digunakan.

Diperbaharui 12-14-2022
Pakar
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun. Kegemarannya terhadap dunia masak memasak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun media sosialnya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa posting-annya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu lainnya.

Profil Inov Pelawi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sendok sayur

Berikut kami bagikan poin-poin penting saat memilih sendok sayur. Simak baik-baik agar Anda bisa menemukan produk yang tepat.

① Kenali bahan kepala sendok

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat kepala centong sayur. Berikut ini kami akan menjelaskan karakteristik setiap bahan satu per satu.

Melamin, cantik dan sulit pecah

Melamin, cantik dan sulit pecah

Desain mengilap dan pilihan warna cantik membuat centong sayur melamin diminati banyak orang. Menariknya lagi, produk ini juga tak mudah pecah dan tahan panas sehingga tangan Anda jadi lebih aman. Meski begitu, sendok sayur melamine rentan tergores sehingga Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Silikon, memiliki fleksibilitas tinggi

Silikon, memiliki fleksibilitas tinggi
Sendok sayur silikon direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan produk berbobot ringan dan mudah dirawat. Bahan ini memiliki fleksibilitas seperti spatula karet sehingga bisa menjangkau makanan hingga dasar panci. 

Selain itu, ada beberapa produk yang mampu menahan panas tinggi melebihi tampilannya. Anda bisa menemukan centong sayur silikon yang tahan panas sampai 250°C di pasaran. Hal tersebut membuat sendok tidak mudah rusak bahkan ketika jatuh. Produk ini sangat cocok digunakan saat memasak bersama si kecil.


Kekurangan dari produk ini adalah mudah mentransfer bau dan warna. Anda lebih baik tidak menggunakannya untuk memasak kari, rendang, dan makanan berbau kuat lainnya. Beberapa sendok silikon juga memiliki bau yang cukup menyengat sehingga perlu diperhatikan keamanannya.


Pastikan sendok sayur silikon pilihan Anda food grade. Silikon food grade juga memiliki bau, tetapi lama-kelamaan akan hilang sendirinya. Sendok silikon juga rawan rusak jika tergores benda tajam. Jadi, sebaiknya berhati-hatilah bila meletakkannya bersama pisau.

Nilon, tak akan menggores wajan

Nilon, tak akan menggores wajan

Sendok sayur berbahan nilon direkomendasikan untuk Anda yang menggunakan panci dengan lapisan fluorine atau antilengket. Anda bisa menggunakan sendok sayur dengan nyaman tanpa takut merusak lapisan wajan. Bau makanan pun tidak mudah melekat pada sendok ini.


Banyak sendok sayur nilon yang bisa dibersihkan di dalam mesin cuci piring. Kemudahannya saat dibersihkan merupakan poin utama produk ini. Selain sendok sayur, bahan nilon juga banyak digunakan untuk membuat sendok lain sesuai dengan kebutuhan memasak, misalnya sendok sup, sendok untuk penggorengan.

Kayu, stylish dan terasa hangat

Kayu, stylish dan terasa hangat
Sendok sayur berbahan kayu sangat cocok untuk Anda yang mementingkan suasana dapur. Tampilan stylish sendok ini sangat cocok digunakan untuk menikmati hidangan tradisional. Kemudian, sendok sayur kayu juga pas sekali dipakai untuk menghidangkan makanan dari piring besar. 

Selain itu, sendok sayur kayu juga dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Namun, kayu memiliki sifat menyerap air sehingga jamur mudah tumbuh bila tidak dikeringkan dengan baik. Untuk menghindari jamur, sebaiknya simpan sendok kayu di tempat yang kering dan simpanlah dalam lemari yang tidak terlalu penuh.


Lalu, bagi Anda pengguna kompor gas, jangan sekali-kali meletakkan sendok di tepi panci. Sendok sayur kayu bisa terbakar bila Anda melakukan hal tersebut. Jadi, berhati-hatilah saat memakainya.

Stainless steel, tahan panas dan awet

Stainless steel, tahan panas dan awet
Stainless steel merupakan bahan yang tahan panas dan kuat. Sendok sayur stainless steel tak akan meleleh meski terkena api. Bila Anda menginginkan produk yang awet digunakan, sendok stainless steel merupakan pilihan tepat. 

Perlu diingat, sendok metal dapat merusak lapisan fluorine wajan Anda. Bahan ini juga menghantarkan panas tinggi sehingga pegangan sendok sayur menjadi panas saat digunakan untuk waktu lama. Sendok sayur berbahan stainless steel utuh memang terlihat stylish. Namun, Anda sebaiknya memilih produk dengan gagang kayu atau bahan yang tak menghantarkan panas.


Untuk membersihkannya, cucilah sendok sayur stainless steel dengan air dan sedikit sabun yang lembut. Setelah itu langsung keringkan untuk mencegah bintik-bintik air. Akan lebih baik jika mengeringkannya dengan menggunakan kain microfiber.

② Pilih ukuran dan tipe sesuai penggunaan dan panci

Pilih ukuran dan tipe sesuai penggunaan dan panci

Terdapat banyak jenis sendok sayur, ada yang ceper, cekung, berlubang, dan khusus untuk masakan Tiongkok. Sendok sayur dengan mulut pada bagian samping pas dipakai untuk menuangkan sup atau saus. Lalu, sendok sayur ceper cocok untuk menumis dan mengambil bahan makanan dalam sup.


Kemudian, sendok khusus untuk masakan Tiongkok cocok digunakan untuk memasak makanan dalam suhu tinggi di wajan. Masing-masing bahan memiliki karakteristik tersendiri. Jadi, pilihlah sendok sayur sesuai kebutuhan Anda.


Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan ukuran produk dengan panci yang digunakan. Pilih sendok sayur dengan gagang panjang jika Anda menggunakan panci besar. Sebaliknya, gunakan sendok sayur dengan gagang pendek saat memasak di panci yang kecil. Dengan menyesuaikan sendok sayur dengan ukuran panci yang digunakan, proses memasak akan lebih mudah

③ Periksa kemudahan membersihkannya

Periksa kemudahan membersihkannya

Kepala dan gagang sendok sayur yang menyatu tanpa sambungan lebih higienis dipakai. Dengan begitu, tak ada kotoran yang menumpuk pada bagian sambungan sendok sehingga lebih mudah dirawat.


Keawetan sendok sayur memang bergantung pada setiap produk. Namun, Anda akan merasa lebih lega bila bagian sambungan sendok tidak bisa lepas. Harganya memang sedikit lebih mahal, tetapi desainnya menarik. Sendok jenis ini tepat untuk Anda yang ingin membuat dapur terlihat lebih bergaya.


Terlepas dari hal tersebut, banyak sendok sayur yang kepala dan gagangnya sengaja dibuat dari material berbeda. Hal tersebut dimaksudkan agar gagang sendok sayur menjadi antipanas. Bahan apapun sendok sayur Anda, hal yang terpenting adalah segera cuci setelah dipakai dan mengeringkannya, ya.

④ Cek keberadaan keunggulan tambahan

Meski bentuk sendok sayur terkesan sederhana, setiap produknya dilengkapi fitur yang memudahkan Anda saat menggunakannya. Berikut kami akan memperkenalkan tiga fitur pada sendok sayur yang mampu membuat penggunanya makin nyaman.

Penunjuk takaran, untuk membumbui masakan dengan cepat

Penunjuk takaran, untuk membumbui masakan dengan cepat

Bila Anda ingin menakar bumbu dengan cepat, sendok sayur yang dilengkapi penunjuk takaran sangat direkomendasikan. Anda bisa menakar kecap asin atau kecap ikan dengan mudah meski tak memiliki gelas ataupun sendok takar. Anda pun dapat menghemat waktu karena tidak perlu mencari sendok takaran saat memasak.


Sendok ini sangat cocok bagi Anda yang tak ingin menambah jumlah cucian peralatan dapur. Makin besar ukuran takaran, ukuran sendok sayur pun makin besar. Jadi, pastikan ukurannya pas dengan panci Anda. Sayangnya, sendok sayur dengan takaran masih sulit ditemukan di toko online di Indonesia.

Sendok sayur yang bisa berdiri, dapat diletakkan di atas meja

Sendok sayur yang bisa berdiri, dapat diletakkan di atas meja

Belakangan ini, sendok sayur yang bisa berdiri cukup populer. Ada produk yang dilengkapi tatakan untuk meletakkan sendok, ada juga sendok yang memiliki kaki agar bisa berdiri. Anda tak membutuhkan alat lain untuk membuat sendok sayur berdiri sehingga sangat mudah saat disimpan. 


Sendok jenis ini pun tak akan mengganggu Anda meski diletakkan di atas meja. Jadi, produk ini sangat cocok menemani Anda menikmati hidangan hot pot atau saat menyajikan makananNamun demikian sendok seperti ini akan cenderung lebih berat.

Lubang pengait dan dudukan, lebih praktis disimpan

Lubang pengait dan dudukan, lebih praktis disimpan

Sendok sayur merupakan salah satu peralatan dapur yang sering digunakan. Karena itu, Anda perlu memperhatikan kemudahannya saat diambil dan disimpan kembali. Sendok yang memiliki lubang pengait akan lebih mudah disimpan karena bisa digantung. Anda pun tidak akan kesulitan untuk mencarinya saat dibutuhkan.


Akan tetapi, belakangan ini makin banyak produk yang tak memiliki lubang pengait. Jadi, pastikan Anda memeriksanya sebelum membeli.

10 Rekomendasi sendok sayur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sendok sayur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini adalah murni rekomendasi mybest dan bukan dari Inov Pelawi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

JIB

Silicone Utensile Ladle

JIB Silicone Utensile Ladle 1枚目

Pegangan kayunya tak akan membuat Anda kepanasan

2

Sendok Kuah Model Dinosaurus Nessie

 Sendok Kuah Model Dinosaurus Nessie 1枚目

Berdesain dinosaurus imut, saatnya memasak bersama si kecil

3

Superdoll

Soup Spoon

Superdoll Soup Spoon 1枚目

Gagangnya tebal, penampilannya pun elegan

4

Onyx

Sendok Kuah 7 inch

Onyx Sendok Kuah 7 inch 1枚目

Ceriakan dapur Anda dengan warna-warni sendok sayur

5

Maxim

Flex Grip Soup Ladle

Maxim Flex Grip Soup Ladle 1枚目

Ada mulut di samping dan gagangnya antiselip, menuang kuah kian mudah

6

BMW Kitchenware

Stainless Steel Irus Sunny

BMW Kitchenware Stainless Steel Irus Sunny 1枚目

Bisa digunakan untuk mengambil kuah atau lauknya saja

7

Centong Sayur Kayu Jati

 Centong Sayur Kayu Jati  1枚目

Warm dan durable berkat material kayu jati

8

Joseph Joseph

Elevate™ Nylon Ladle

Joseph Joseph Elevate™ Nylon Ladle 1枚目

Bisa diletakkan horizontal, pesta hot pot makin nyaman

9

Zebra Thailand

Chinese Ladle 3,5" Bakelite Handle

Zebra Thailand Chinese Ladle 3,5" Bakelite Handle 1枚目

Slim dan awet untuk membuat masakan Tiongkok

10

Swan Standing Ladle

 Swan Standing Ladle 1枚目

Ada tatakan, meletakkan sendok sayur di atas meja bukan lagi masalah

Perincian produk
Close
No.1

JIBSilicone Utensile Ladle

Mulai dari Rp25.300,00

Pegangan kayunya tak akan membuat Anda kepanasan

Kelebihan:

  • Varian warna cukup banyak

Kekurangan:

  • Gagang kayu rentan berjamur

Agar tidak kepanasan saat menggunakan sendok sayur silikon, mengapa Anda tidak mencoba memilih produk yang satu ini? Penggunaan gagang kayu membuat centong sayur ini nyaman digunakan tanpa takut panas. Sementara itu, kepala sendoknya berbahan silikon BPA free yang antilengket dan tahan panas hingga suhu 230°C. Asyik!

No.2

Sendok Kuah Model Dinosaurus Nessie

Mulai dari Rp3.850,00

Berdesain dinosaurus imut, saatnya memasak bersama si kecil

Kelebihan:

  • Harganya sangat ramah kantong

Kekurangan:

  • Ukuran lubang pengait agak kecil, bisa terasa sulit untuk menggantungkannya

Apakah Anda berencana memasak bersama si kecil? Jika iya, produk ini sangat cocok untuk Anda. Bentuk sendok sayur yang mirip dinosaurus ini akan membuat si kecil bersemangat memasak. Belum lagi, varian warnanya pun beragam sehingga membuat suasana memasak makin menyenangkan. Sendok ini pun terbuat dari plastik sehingga tak menghantarkan panas dan aman untuk si kecil.

No.3

Gagangnya tebal, penampilannya pun elegan

Kelebihan:

  • Gagangnya tebal, makin awet

Kekurangan:

  • Total panjangnya 20 cm, kurang nyaman digunakan mengambil kuah dari panci besar

Sendok sayur dari Superdoll ini menggunakan stainless steel sebagai bahan bakunya. Dipadukan dengan gagangnya yang tebal, produk ini pun makin kuat digunakan. Selain itu, bentuk sendok sayur yang utuh membuat produk ini terlihat elegan sekaligus stylish.


Centong sayur ini bisa jadi pilihan tepat untuk Anda penggemar peralatan masak yang bergaya. Anda juga tak perlu mengkhawatirkan kebersihan sendok ini. Bentuknya yang menyatu membuat sendok ini mudah dibersihkan dan menjaganya tetap higienis. 

No.4

Ceriakan dapur Anda dengan warna-warni sendok sayur

Kelebihan:

  • Pilihan warna variatif

Kekurangan:

  • Total panjangnya 17 cm, kurang nyaman digunakan mengambil kuah dari panci besar

Sendok sayur melamin memang dikenal dengan tampilannya yang menarik. Nah, sendok sayur ini memiliki beberapa varian warna cerah yang bisa Anda pilih. Hal tersebut membuat produk ini cocok untuk Anda yang menyukai peralatan dapur berwarna cerah. Pilihlah produk sesuai dengan warna kesukaan Anda dan jadikan tampilan dapur lebih ceria.

No.5

MaximFlex Grip Soup Ladle

Mulai dari Rp90.000,00

Ada mulut di samping dan gagangnya antiselip, menuang kuah kian mudah

Kelebihan:

  • Gagangnya ergonomis, makin firm di tangan

Kekurangan:

  • Untuk ukuran sendok sayur, harganya agak tinggi

Centong sayur dari Maxim ini memiliki mulut di bagian kanan dan kirinya. Hal tersebut memudahkan Anda saat ingin menuang kuah ke dalam mangkuk. Sendok sayur panjang ini sangat cocok untuk Anda penggemar makanan berkuah misalnya sup. Selain itu, gagangnya didesain sedemikian rupa agar mudah digenggam dan tak licin di tangan.

No.6

BMW KitchenwareStainless Steel Irus Sunny

Mulai dari Rp10.000,00

Bisa digunakan untuk mengambil kuah atau lauknya saja

Kelebihan:

  • Didesain berlubang, makin mudah membuang kuah

Kekurangan:

  • Gagang mudah menghantarkan panas

Saat mengambil sayur dari panci dan memindahkannya ke mangkuk, terkadang Anda hanya ingin mengambil lauknya saja, bukan? Dengan produk ini, Anda bisa membuang kuah di dalam sendok lebih mudah lewat lubang yang tersedia. 


Hasilnya, Anda pun bebas mengambil potongan ayam dari sup dan memindahkannya ke mangkuk tanpa menambahkan kuahnya. Hal tersebut menjadikan sendok sayur ini cocok juga Anda gunakan untuk mengambil atau memasak sayur yang ditumis.

No.7

Centong Sayur Kayu Jati

Mulai dari Rp35.000,00

Warm dan durable berkat material kayu jati

Kelebihan:

  • Sangat awet berkat material kayu jati

Kekurangan:

  • Tidak ada lubang pengait

Salah satu keunggulan sendok kayu ini terletak pada bahan bakunya yang berasal dari kayu jati. Kayu jati dikenal sebagai bahan baku alami yang aman digunakan, tahan air, dan tak menghantarkan panas. Serat-serat alami kayu pada produk pun menjadikan dapur Anda terasa hangat. Jadi, sendok sayur yang tersedia dalam ukuran besar ini wajib dimiliki Anda yang menggemari peralatan dapur berbahan kayu. 

No.8

Joseph JosephElevate™ Nylon Ladle

Mulai dari Rp229.000,00

Bisa diletakkan horizontal, pesta hot pot makin nyaman

Kelebihan:

  • Bisa diletakkan horizontal, makin mudah diambil dan disimpan

Kekurangan:

  • Untuk kategori sendok sayur silikon, harganya tergolong tinggi

Apakah Anda ingin menikmati pesta hot pot bersama teman? Bila ya, produk satu ini cocok untuk Anda. Produk ini didesain secara khusus agar bisa diletakkan secara horizontal tanpa khawatir kepala sendok menyentuh meja. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir sendok sayur menjadi kotor. 


Anda bisa mengambil kembali sayur dalam hot pot dengan tenang. Selain itu, bagian gagang sendok terbuat dari silikon sehingga sangat nyaman digenggam. Lalu, bagian kepala produk terbuat dari nilon yang mampu menahan panas hingga suhu 200°C. Sendok sayur ini cocok menemani Anda menikmati makanan hangat dari hot pot.
No.9

Zebra ThailandChinese Ladle 3,5" Bakelite Handle105209

Mulai dari Rp50.000,00

Slim dan awet untuk membuat masakan Tiongkok

Kelebihan:

  • Ramping, makin mudah digunakan memasak


Kekurangan:

  • Gagang bakelite rentan retak akibat panas


Bila Anda gemar memasak makanan Tiongkok misalnya capcai atau tahu mapo, produk ini bisa jadi pilihan. Sendok sayur ini memiliki gagang panjang dan ramping sehingga cocok digunakan untuk menumis makanan di wajan panas. Selain itu, sendok sayur ini awet digunakan karena terbuat dari stainless steel. Sempurnakan masakan Tiongkok Anda dengan menggunakan produk ini saat memasak. 

No.10

Ada tatakan, meletakkan sendok sayur di atas meja bukan lagi masalah

Kelebihan:

  • Sudah sepaket dengan tatakan

Kekurangan:

  • Ketahanan panasnya hanya sampai 120°C

Saat memasak, pasti terkadang Anda bingung meletakkan sendok sayur yang masih akan digunakan. Anda tak mungkin menyimpannya bersama peralatan dapur bersih lainnya, bukan? Namun, tak perlu khawatir, produk ini mampu menjawab masalah Anda. Sendok sayur ini dilengkapi tatakan untuk meletakkan produk. Bentuknya pun unik sehingga bisa menambah nilai dekorasi dapur Anda.

Baca juga rekomendasi sendok lainnya di sini

Sendok merupakan salah satu peralatan dapur yang penting untuk semua orang. Selain sendok sayur, masih ada banyak jenis sendok lain, seperti sendok nasi, sendok es krim, dan lainnya. Bila Anda sedang mencari sendok-sendok tersebut, Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang sepuluh rekomendasi produk yang telah kami berikan? Ada beragam sendok sayur dengan harga, ukuran, dan bahan yang berbeda. Bila Anda telah menyimak semua tips yang telah kami berikan, pasti Anda bisa menemukan produk terbaik. 


Sendok sayur memang tak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari Anda di dapur. Dengan memilih produk sesuai dengan kebutuhan, memasak pun jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer