mybest
Aksesori meja

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)

Pepper mill atau penggiling merica adalah alat yang dapat memudahkan Anda dalam menghaluskan merica atau lada. Anda dapat menggunakannya baik untuk lada hitam maupun lada putih. Saat ini, ada banyak jenis grinder merica di pasaran, mulai dari bentuk fill and twist atau penggiling merica manual hingga tipe elektrik.

Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih pepper grinder dan merekomendasikan produk yang bagus. Anda bisa memilih pepper mill dari merek Russell Hobbs, Peugeot, dan lainnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Selamat menyimak!
Diperbaharui 14/07/2023
Mariska Tracy
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih pepper mill

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan lima poin utama dalam memilih pepper mill. Silakan perhatikan dengan saksama untuk menghindari kesalahan saat membeli pepper mill.
1

Ketahui jenis pepper mill terlebih dahulu

Secara umum, pepper mill dibagi menjadi empat jenis. Anda dapat menemukan jenis fill and twist, one-handed, radial, dan juga elektrik. Kami akan menjelaskan perbedaan dan keunggulan dari setiap jenis pepper mill agar Anda dapat memilih yang paling sesuai.

Fill and twist: Dapat menyesuaikan jumlah lada yang dibutuhkan

Fill and twist: Dapat menyesuaikan jumlah lada yang dibutuhkan
Fill and twist pepper mill atau yang harus diputar dengan dua tangan merupakan jenis yang paling terkenal di masyarakat. Pada saat membicarakan penggiling lada, pikiran kebanyakan orang akan langsung tertuju ke jenis pepper mill ini.

Keunggulan dari pepper mill yang diputar dengan dua tangan adalah kemudahannya dalam mengatur jumlah lada yang akan digiling. Bentuknya juga klasik dan elegan sehingga pepper mill ini bisa dijadikan dekorasi. Selain itu, lada halus yang dihasilkan oleh pepper mill ini lebih wangi.


Namun, pepper mill ini membutuhkan tenaga yang kuat saat menggunakannya. Hal ini dikarenakan celah antar sudut pisau menyempit saat Anda menggiling. Selain itu, ada beberapa produk yang sulit untuk digenggam dan digunakan. Meskipun hal tersebut bergantung pada ukuran dan desain setiap produk, Anda sebaiknya tetap mengecek aspek ini.

One-handed mill: Desainnya lebih modern

One-handed mill: Desainnya lebih modern
Jenis pepper mill yang satu ini memungkinkan Anda untuk menggiling lada dengan satu tangan. Biasanya, penggiling lada yang dioperasikan dengan satu tangan memiliki bentuk seperti bolpoin, lebih kekinian dan praktis. Karena bentuknya tergolong unik, Anda bisa memberikannya sebagai hadiah.

Sayangnya, jika menggunakan pepper mill ini, Anda hanya dapat menggiling lada dalam jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, jenis ini kurang cocok untuk Anda yang biasanya menggunakan banyak lada saat memasak. Di samping itu, hasilnya tidak terlalu halus. Namun, Anda bisa meletakkannya di meja makan bila ingin menambahkan aroma lada pada hidangan.

Electric mill: Cepat saat digunakan, cocok untuk Anda yang sibuk

Electric mill: Cepat saat digunakan, cocok untuk Anda yang sibuk
Pepper mill dengan jenis elektrik mampu menghasilkan lada yang halus hanya dengan menekan tombolnya. Anda juga dapat mengoperasikan alat jenis ini hanya dengan satu tangan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya saat sibuk memasak.

Jenis pepper mill elektrik juga dapat digunakan dengan mudah. Namun, ada juga beberapa produk tertentu yang memiliki tingkat sensitivitas lebih tinggi. Misalnya, Anda harus sedikit memiringkannya atau alat hanya dapat bekerja apabila tombolnya ditekan dengan benar. Jadi, silakan perhatikan hal-hal semacam ini.


Karena berjenis elektrik, tentu Anda membutuhkan daya listrik saat menggunakan pepper mill ini. Umumnya, jenis ini dapat dioperasikan dengan baterai, mulai dari 4AA hingga 6AAA. Jangan lupa untuk mengeceknya, ya!

Radial mill: Mudah dan lebih hemat tenaga

Radial mill: Mudah dan lebih hemat tenaga
Ciri khusus dari pepper mill berjenis radial atau grinder adalah penggunaan tuas pemutar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil gilingan yang halus tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga. Pepper mill jenis radial biasanya terbuat dari bahan kayu atau besi, serta memiliki desain yang apik. 

Karena keberadaan tuasnya, jenis ini akan memakan banyak tempat saat disimpan. Selain itu, gaya sentrifugal yang dihasilkan pepper mill ini juga akan menghasilkan getaran yang menyebabkan lada keluar. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari cara kerja pepper mill ini sebelum menggunakannya. Sayangnya, pepper mill jenis ini cukup sulit ditemukan di pasaran Indonesia. 

2

Perhatikan material pisaunya

Perhatikan material pisaunya

Beberapa bahan yang kerap dibuat menjadi pisau pepper mill adalah stainless steel, keramik, besi, dan lainnya.


  • Pisau berbahan stainless steel merupakan yang paling umum digunakan karena tidak mudah berkarat. Bahan tersebut juga tidak mudah rusak saat digunakan di dapur yang lembap. Bahkan, pisau stainless steel tidak hanya dapat menghaluskan lada, tetapi juga garam batu.
  • Pisau berbahan keramik juga sama kuatnya.
  • Pisau berbahan besi mudah berkarat sehingga perlu dirawat dan disimpan di tempat yang tidak lembap. Namun, pisau besi tahan lama karena merupakan logam yang keras. Selain itu, pisau bahan besi dapat menghaluskan lada dengan kuat dan cepat. Meski begitu, jangan gunakan pepper mill dengan pisau berbahan besi untuk menghancurkan garam batu, ya! Hal tersebut dapat menimbulkan karat pada pisau besi.

Untuk Anda yang sering menggunakan lada butiran, sebaiknya Anda memilih pepper mill yang tingkat kemampuan pisau menghaluskan ladanya dapat diatur.

3

Pastikan juga keberadaan pengatur ketajaman pisau

Pastikan juga keberadaan pengatur ketajaman pisau

Saat memilih pepper mill, usahakan memilih produk yang dapat diatur ketajaman pisaunya. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan lada dengan berbagai tingkat kelembutan. Pasalnya, tingkat kelembutan lada ini berkaitan dengan penggunaannya. 


Berikut adalah tingkat kelembutan lada dan tujuan penggunaannya.

  • Fine (halus): Cocok untuk campuran saus, pure, atau sup.
  • Medium (sedang): Pas untuk bumbu makanan laut, daging ayam, atau sup kental.
  • Coarse (kasar): Bisa digunakan untuk membumbui serta memperkaya tekstur daging steak.

Dari beberapa produk yang nanti Anda temui di pasaran, cara pengaturan ketajaman pisaunya berbeda-beda. Ada yang dapat diatur dengan lima langkah sampai enam langkah. Namun, ada pula alat yang hanya perlu diputar kenopnya. Meskipun pepper mill dengan pengaturan ketajaman pisau biasanya mahal, sebisa mungkin pilihlah produk dengan fitur ini.

4

Periksa kemudahan penggunaannya

Kemudahan dalam penggunaan pepper mill juga merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Dengan memilih produk yang mudah digunakan, Anda tentu akan lebih bersemangat memakainya. Alhasil, pepper mill pun akan memberikan manfaat yang maksimal.

Produk bisa dibongkar: Kebersihannya lebih terjaga

Produk bisa dibongkar: Kebersihannya lebih terjaga

Biasanya, pepper mill dibersihkan dengan cara digosok menggunakan lap kering untuk mencegah timbulnya karat. Pepper mill jenis fill and twist biasanya memiliki struktur bagian yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dibongkar dan dibersihkan. Namun, ada pula jenis pepper mill yang tidak bisa dibongkar bagian-bagiannya sehingga Anda perlu kuas untuk membersihkannya.


Untuk pepper mill berbahan akrilik atau kaca, silakan mencucinya dengan air. Pepper mill yang terkena minyak saat memasak pun akan kembali bersih. Apabila pisau pepper mill berbahan keramik, tak perlu khawatir jika terkena air karena bahan keramik itu bebas karat.

Terdapat penutup: Menjaga pisau tetap higienis

Terdapat penutup: Menjaga pisau tetap higienis

Ada produk pepper mill yang memiliki pisau di bagian bawah, ada pula pepper mill yang pisaunya di bagian atas. Apa pun pilihan Anda, kami menyarankan untuk memilih pepper mill yang dilengkapi penutup pisau. Adanya penutup pisau dapat mengurangi munculnya masalah akibat penggunaan pepper mill.


Jika Anda memilih produk dengan bagian pisau di bawah, tetapi tanpa penutup, lada akan mudah tersebar saat digiling. Sementara itu, apabila Anda memilih produk dengan bagian pisau di atas yang tanpa penutup, pisau akan mudah terekspos debu. Jadi, keberadaan penutup akan sangat membantu Anda dalam menjaga kebersihan.

5

Sesuaikan ukuran pepper mill dengan tangan Anda

Sesuaikan ukuran pepper mill dengan tangan Anda

Saat ini, pepper mill telah tersedia dalam beragam ukuran. Anda akan menemukan produk yang ringkas dan mudah disimpan hingga yang berukuran besar dan tampak kukuh. Namun, hal terpenting saat menentukan ukuran pepper mill adalah kesesuaiannya dengan tangan Anda.


Jika Anda memilih pepper mill yang diputar dengan dua tangan, silakan memilih produk yang tingginya lebih dari 12 cm. Dengan ukuran tinggi seperti itu, pepper mill akan lebih mudah digunakan, baik oleh pria maupun wanita. Namun, kalau Anda memilih ukuran yang lebih kecil, lada tidak akan tergiling dengan baik. Selain itu, Anda mungkin akan sering kesulitan setiap kali menggunakannya.


Kapasitas penyimpanan biji lada juga penting untuk dipertimbangkan. Jika kapasitas pepper mill terlalu besar dibandingkan pemakaiannya, aroma alami lada akan mudah hilang. Jadi, sebaiknya Anda meletakkan biji lada secukupnya, lalu simpan sisanya di tempat yang sejuk dan gelap.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi pepper mill terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pepper mill terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Vintage Story

Pepper Mill Grinder

Vintage Story Pepper Mill Grinder 1

Mulai dari Rp30.000,00

Agak Murah

Bentuk yang unik dan modern

2

Russell Hobbs

Salt & Pepper Mills - Brushed Stainless SteelRHPK4000

Russell Hobbs Salt & Pepper Mills - Brushed Stainless Steel 1

Mulai dari Rp699.000,00

Lebih Mahal

Pepper mill elektrik yang membuat segalanya jadi lebih mudah

3

Salt Pepper Mill Manual Grinder Kayu 6 Inch

  Salt Pepper Mill Manual Grinder Kayu 6 Inch 1

Mulai dari Rp36.720,00

Agak Murah

Beri sentuhan klasik di meja makan Anda

4

Blanco

Pepper Mill Spice Grinder

Blanco Pepper Mill Spice Grinder 1

Mulai dari Rp34.000,00

Agak Murah

Pilihan warna-warna menarik siap ceriakan dapur Anda

5

Mizu Shirokosho

Pepper Mill Grinder

Mizu Shirokosho Pepper Mill Grinder 1

Mulai dari Rp58.000,00

Menengah

Ramping dan ringan, mudah dibawa ke mana saja

6

Tataruma

Botol Grinder Sprinkler

Tataruma Botol Grinder Sprinkler 1

Mulai dari Rp25.900,00

Agak Murah

Bentuk bowling pin yang simpel, tetapi menarik

7

East Java & Co

Pepper Mill 54 g

East Java & Co Pepper Mill 54 g 1

Mulai dari Rp62.000,00

Menengah

Beli pepper mill sekaligus isinya, praktis!

8

Penggiling Biji Lada Manual

 Penggiling Biji Lada Manual 1

Mulai dari Rp33.900,00

Agak Murah

Desain minimalis, dapur tampak lebih clean

9

Cook's Habit

2 in 1 Heavy Duty Pepper Grinder

 Cook's Habit 2 in 1 Heavy Duty Pepper Grinder 1

Mulai dari Rp149.900,00

Agak Mahal

Menggiling lada dan garam dengan satu produk!

10

Peugeot

Tahiti Manual Salt Mill

Peugeot Tahiti Manual Salt Mill 1

Mulai dari Rp805.000,00

Lebih Mahal

Bentuk ergonomis dan finishing halus, digenggam jadi lebih nyaman

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Vintage StoryPepper Mill Grinder

Pepper Mill Grinder 1
Sumber: shopee.co.id
Pepper Mill Grinder 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp30.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp30.000,00
Agak Murah

Bentuk yang unik dan modern

Siluet botol pepper mill ini tampak ramping dan menarik saat diletakkan di meja makan Anda. Tampilannya juga lebih modern sehingga dapur Anda terlihat lebih keren. Meski bodinya terbuat dari bahan akrilik, Anda tak perlu khawatir dengan keamanannya karena materialnya non-toxic. Menyimpan lada di dalamnya pun jadi lebih aman.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Russell HobbsSalt & Pepper Mills - Brushed Stainless SteelRHPK4000

Harga referensi
Mulai dari Rp699.000,00
Lebih Mahal

Pepper mill elektrik yang membuat segalanya jadi lebih mudah

Salah satu keunikan dari pepper mill Russell Hobbs ini adalah tersedianya lampu yang menyala otomatis saat digunakan. Jadi, Anda tak akan pernah salah memasukkan takaran lada atau garam meski berada di ruangan gelap.


Menariknya lagi, Anda bisa mengoperasikan produk ini hanya dengan sekali sentuh. Bila ini kali pertama Anda menggunakan pepper mill, produk ini pasti akan sangat memudahkan. Supaya dapat pepper mill dapat bekerja, Anda hanya perlu mengisi dayanya dengan empat buah baterai AA.

No.3

Salt Pepper Mill Manual Grinder Kayu 6 Inch

 Salt Pepper Mill Manual Grinder Kayu 6 Inch 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp36.720,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp36.720,00
Agak Murah

Beri sentuhan klasik di meja makan Anda

Produk yang satu ini berbahan full kayu dengan desain klasik. Motif serat kayu alaminya makin memperkuat kesan vintage dari produk ini. Pisaunya pun tajam sehingga menghaluskan lada jadi lebih mudah. Untuk Anda yang ingin memberi sentuhan klasik di dapur atau meja makan, produk ini adalah jawabannya!

No.4

BlancoPepper Mill Spice Grinder

Pepper Mill Spice Grinder 1
Sumber: shopee.co.id
Pepper Mill Spice Grinder 2
Sumber: shopee.co.id
Pepper Mill Spice Grinder 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp34.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp34.000,00
Agak Murah

Pilihan warna-warna menarik siap ceriakan dapur Anda

Anda menginginkan perkakas dapur yang lebih berwarna? Nah, produk yang memiliki banyak varian warna ini bisa menjadi alternatifnya. Anda tinggal memilih warna yang diinginkan, kemudian membedakan isinya sesuai dengan warna botolnya. 


Dapur Anda lebih terlihat ceria, semangat memasak pun meningkat. Tak hanya itu saja, kapasitas lada dalam wadah ini pun cukup banyak. Jadi, Anda tidak perlu repot sering-sering mengisi ulang, deh!

No.5

Mizu ShirokoshoPepper Mill Grinder

Pepper Mill Grinder 1
Sumber: shopee.co.id
Pepper Mill Grinder 2
Sumber: shopee.co.id
Pepper Mill Grinder 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp58.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp58.000,00
Menengah

Ramping dan ringan, mudah dibawa ke mana saja

Bila Anda sering melakukan kegiatan outdoor seperti camping, tentu Anda harus memasak sendiri. Nah, untuk melengkapi peralatan masak Anda, silakan membawa penggiling lada ini. Karena desainnya yang ramping dan ukuran kecil, Anda dapat memasukkan produk ini ke dalam tas tanpa memakan banyak tempat. Jadi, Anda dapat mengonsumsi makanan enak di mana pun. Menarik, bukan?

No.6

TatarumaBotol Grinder Sprinkler

Botol Grinder Sprinkler 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp25.900,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp25.900,00
Agak Murah

Bentuk bowling pin yang simpel, tetapi menarik

Bila Anda bosan dengan desain pepper mill yang itu-itu saja, tidak ada salahnya memilih produk dari Tataruma ini. Bentuk pepper mill ini menyerupai bowling pin dengan pilihan warna putih dan merah hati yang soft. Bagian ujung botol atau pisaunya pun terdapat penutup supaya wadah lebih higienis. Tidak hanya itu saja, material kacanya juga tebal dan tidak mudah pecah untuk keamanan penggunaan.

No.7

East Java & CoPepper Mill 54 g

Harga referensi
Mulai dari Rp62.000,00
Menengah

Beli pepper mill sekaligus isinya, praktis!

Kebanyakan pepper mill yang dijual tidak termasuk dengan isinya. Namun, berbeda dengan produk ini karena Anda bisa sekaligus mendapatkan isinya. Di dalam sebotol pepper mill dari East & Co ini terdapat lada putih organik berasal dari Kendari, Sulawesi Tenggara. 


Bentuk botolnya yang transparan juga membuatnya tampak elegan. Nah, jika lada sudah habis, Anda tinggal mengisi ulangnya, deh! Praktis, bukan?

No.8

Penggiling Biji Lada Manual

Penggiling Biji Lada Manual 1
Sumber: shopee.co.id
Penggiling Biji Lada Manual 2
Sumber: shopee.co.id
Penggiling Biji Lada Manual 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp33.900,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp33.900,00
Agak Murah

Desain minimalis, dapur tampak lebih clean

Bagi Anda yang menyukai desain minimalis, tak ada salahnya memilih pepper mill yang satu ini. Dengan desain sederhana yang didominasi warna silver, dapur Anda akan tampak lebih clean. Terlebih, bagian window-nya terbuat dari bahan plastik. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir pepper mill akan pecah saat tidak sengaja terjatuh.

No.9

Cook's Habit2 in 1 Heavy Duty Pepper Grinder

2 in 1 Heavy Duty Pepper Grinder 1
Sumber: shopee.co.id
2 in 1 Heavy Duty Pepper Grinder 2
Sumber: shopee.co.id
2 in 1 Heavy Duty Pepper Grinder 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp149.900,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp149.900,00
Agak Mahal

Menggiling lada dan garam dengan satu produk!

Bagi Anda yang mengusung gaya hidup praktis, produk yang satu ini bisa menjadi pilihan. Hanya dengan satu produk, Anda sudah bisa menggiling lada dan garam. Dengan adanya pembatas kaca pada bagian dalamnya, Anda tak perlu takut lada dan garam Anda tercampur. Kini, Anda tak membutuhkan penggiling bumbu yang terpisah.

No.10

PeugeotTahiti Manual Salt Mill

Harga referensi
Mulai dari Rp805.000,00
Lebih Mahal

Bentuk ergonomis dan finishing halus, digenggam jadi lebih nyaman

Pepper mill dari Peugeot ini memiliki bentuk yang klasik dan elegan. Bahkan, tipe Tahiti yang berdesain timeless ini sudah diproduksi sejak 1968 dan masih digemari hingga sekarang. Bagian bodinya terbuat dari kayu dengan finishing matte sehingga terasa lembut, tetapi tidak licin.


Tombol di bagian atasnya tidak hanya menyempurnakan siluet modelnya, tetapi juga berfungsi sebagai pengatur ukuran penggilingan lada. Produk ini patut dimiliki oleh Anda yang mencari pepper mill yang tampak elegan, fungsional, sekaligus nyaman digunakan.

Baca juga rekomendasi rak dan wadah lainnya di sini

Selain pepper mill, mungkin Anda juga membutuhkan wadah untuk menyimpan bumbu-bumbu di dapur. Adanya rak akan membuat dapur Anda terlihat lebih rapi. Silakan baca artikel di bawah ini, ya, bila Anda membutuhkan referensi produk lainnya.

Kesimpulan

Lada yang baru digiling akan menghasilkan rasa yang khas. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada cita rasa masakan. Untuk itu, Anda membutuhkan pepper mill agar dapat menghasilkan bumbu yang segar. 

Saat ini ada banyak pilihan pepper mill dengan beragam bentuk, ukuran, hingga material pisau penggiling. Supaya Anda tidak salah memilih, poin-poin di atas bisa dijadikan referensi. Selamat memilih dan berbelanja, ya!

5 Rekomendasi Pepper Mill terbaik

No. 1: Vintage StoryPepper Mill Grinder

No. 2: Russell HobbsSalt & Pepper Mills - Brushed Stainless SteelRHPK4000

No. 3: Salt Pepper Mill Manual Grinder Kayu 6 Inch

No. 4: BlancoPepper Mill Spice Grinder

No. 5: Mizu ShirokoshoPepper Mill Grinder

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Pepper Mill Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.