mybest
Sabun muka

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat  Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat  Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat  Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat  Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat  Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Jerawat disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih dan pori-pori yang tersumbat. Jerawat kerap kali meninggalkan bekas berupa noda hitam atau hiperpigmentasi yang mengganggu penampilan. Sebagai langkah awal dalam perawatan kulit, Anda bisa menggunakan face wash untuk menyamarkan bekas jerawat, bahkan untuk mencegah jerawat.

 

Agar dapat menemukan produk yang tepat, kami telah menyiapkan informasi cara memilih yang disusun bersama dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani. Kandungan pencerah, pH, sampai pilihan pelembap pada sabun muka untuk menghilangkan bekas jerawat akan kami jabarkan untuk Anda. Temukan juga berbagai merek face wash unggulan, seperti Emina, Wardah, dan Somethinc, pada rekomendasi produknya.
Diperbaharui 28/11/2023
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah sabun cuci muka dapat menghilangkan bekas jerawat?

Apakah sabun cuci muka dapat menghilangkan bekas jerawat?

Penggunaan facial wash yang tepat bisa membantu menyamarkan bekas jerawat berupa noda hitam dengan mengikis sel-sel kulit mati. Penggunaan facial wash yang tepat artinya maksimal digunakan 2 kali sehari. Hanya saja, efeknya sangat perlahan sehingga membutuhkan waktu yang lama. Anda juga butuh perawatan tambahan untuk menyamarkan bekas jerawat hiperpigmentasi.


Pada dasarnya, fungsi utama dari facial wash adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati saja. Dibanding facial wash, bekas jerawat berupa noda hitam sebetulnya akan lebih mudah hilang dengan proses eksfoliasi. Sebagai perawatan tambahan, Anda bisa memilih eksfoliasi fisik berupa facial scrub ataupun skincare yang mengandung exfoliator kimia.


Sebagai tambahan, bekas jerawat berupa bopeng atau perubahan tekstur kulit tidak bisa dihilangkan dengan facial wash. Perubahan tekstur kulit perlu prosedur khusus yang dilakukan oleh dokter kulit. 

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Klaim "menghilangkan bekas jerawat" pada facial wash berkaitan dengan waktu. Jadi, hanya disarankan bagi pengguna yang tidak masalah dengan perawatan yang memakan waktu sangat panjang.


Apabila Anda ingin lebih cepat dalam menghilangkan bekas jerawat, Anda memerlukan regimen skincare lain. Setelah memakai facial wash, Anda dapat mengaplikasikan krim pagi atau malam. Jika ingin lebih ampuh, bisa juga ditambah dengan serum eksfoliasi atau pencerah.

Cara memilih Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Sel-sel kulit mati yang terkikis ketika menggunakan face wash dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Namun, setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda sehingga memerlukan face wash yang tepat. Agar tidak salah pilih, simak poin-poinnya di bawah ini. 

1

Pilih face wash yang memiliki pH sekitar 4,7-5,7 atau menyamai pH alami kulit

Pilih face wash yang memiliki pH sekitar 4,7-5,7 atau menyamai pH alami kulit
Tingkat keasaman atau pH adalah indikator sejauh mana suatu produk bersifat asam atau basa. Kulit manusia secara alami memiliki lapisan perlindungan asam yang disebut acid mantle. Mantel asam ini bertindak sebagai penghalang terhadap bakteri dan menjaga keseimbangan kelembaban kulit. 

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, penting untuk memilih facial wash dengan pH yang seimbang yaitu 4,7-5,7. Memilih produk dengan pH tersebut, dapatmembantu menjaga keseimbangan alami kulit dan mencegah kulit keringKulit yang kering berpotensi merangsang produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat.


Hindari facial wash dengan pH yang terlalu tinggi (alkalis) atau terlalu rendah. Facial wash yang sifatnya terlalu alkalis mengganggu kelembapan alami kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan. Sementara itu, facial wash dengan pH yang terlalu rendah atau asam menyebabkan iritasi dan peradangan.


Jika Anda kesulitan menemukan facial wash yang mencantumkan pH, ini adalah solusinya:


  • Pilih facial wash dengan label "low pH" atau "pH balance". Biasanya produk dengan klaim demikian memiliki pH yang lebih menyamai pH alami kulit.
  • Cek kandungan surfaktannya. Makin tinggi kandungan surfaktan, makin tinggi pH-nya. Carilah facial wash dengan kandungan surfaktan yang rendah. Hal tersebut ditandai dengan busa yang sedikit.
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Mungkin tidak mudah menemukan facial wash dengan pH yang mendekati pH normal kulit sebab kebanyakan facial wash cenderung basa. Hal yang perlu dihindari ialah produk yang sifatnya terlalu basa. Misalnya, sabun badan atau shampoo yang digunakan sekalian untuk membersihkan wajah.

2

Sesuaikan jenis pelembap berdasarkan tipe kulit, humektan untuk kulit berminyak atau oklusif untuk kulit kering

Biasanya, jerawat yang sudah sembuh akan meninggalkan bekas berupa noda hitam. Jerawat lebih sering dialami oleh pemilik kulit berminyak, tetapi tidak menutup kemungkinan dialami juga oleh pemilik kulit kering. Saat memilih face wash untuk menghilangkan bekas jerawat, pilihlah produk yang kandungan pelembapnya sesuai dengan kondisi kulit Anda. Alasannya, salah memilih jenis pelembap justru dapat memicu munculnya jerawat baru. 

Untuk kulit berminyak: Pilih pelembap humektan seperti glycerin dan hyaluronic acid

Untuk kulit berminyak: Pilih pelembap humektan seperti glycerin dan hyaluronic acid
Karakteristik kulit berminyak dan dehidrasi itu berbeda. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih. Sementara itu, kulit dehidrasi disebabkan oleh kurangnya kadar air dalam kulit. Karena itu, kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap agar kulit tidak menjadi kering setelah menggunakan facial wash


Agar kulit tidak terasa makin oily, sebaiknya pilih pelembap yang ringan seperti glycerin dan hyaluronic acid. Kedua pelembap tersebut masuk ke dalam kategori humektan yang dapat menyerap air dari sekitar permukaan kulit. Oleh karena sifatnya yang ringan, pelembap ini tidak akan menutupi permukaan kulit sehingga tidak menyumbat pori-pori


Jika Anda menginginkan kondisi kulit yang lebih baik, hindari jenis pelembap oklusif yang masuk dalam kategori berat. Pelembap oklusif tidak cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak karena bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit makin berminyak.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Agar kulit tidak makin berminyak dan mencegah terjadinya jerawat, hindari mencuci muka lebih dari 2 kali sehari. Mencuci wajah berlebihan mengakibatkan kandungan air dalam kulit berkurang. Penyebabnya adalah barrier (lapisan pelindung kulit) dan lemak natural kulit yang ikut terangkat. Alhasil, pH kulit menjadi lebih basa, kadar air pun menguap lebih banyak sehingga kulit menjadi kering.


Bahkan, sudah ada penelitian yang mengukur efek mencuci wajah berlebihan pada individu dengan kulit berminyak dan berjerawat. Individu yang mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari, justru mengalami kulit yang makin berminyak dan timbul jerawat.

Untuk kulit sangat kering: Cari pelembap oklusif yang efektif melembapkan seperti ceramide dan allantoin

Untuk kulit sangat kering: Cari pelembap oklusif yang efektif melembapkan seperti ceramide dan allantoin
Untuk kulit kering, sebenarnya Anda bebas memilih pelembap humektan atau oklusif. Anda dapat menggunakan facial wash dengan pelembap yang ringan bila kulit hanya terasa agak kering. Namun, jika kondisi kulit sangat kering, utamakan produk yang mengandung pelembap oklusif

Pelembap oklusif bekerja dengan cara melapisi permukaan kulit agar kelembapan tetap terkunci di dalam kulit. Jenis pelembap berat ini juga sekaligus memberikan barrier tambahan pada kulit. Contoh pelembap oklusif adalah ceramide, allantoin, jojoba oil, coconut oil, dan bahan oil lainnya.

3

Agar hasil optimal, gunakan face wash berbentuk foam atau gel dengan tambahan exfoliating atau brightening agent

Kulit kusam disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di wajah. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan face wash yang mengandung exfoliant untuk mengikis sel-sel kulit mati tersebut. Sementara itu, untuk memudarkan bekas jerawat dan juga mencerahkan kulit, utamakan face wash yang mengandung brightening agent. 

Untuk daily use, pertimbangkan face wash berbentuk gel atau foam yang efektif menyerap kotoran dan minyak

Untuk daily use, pertimbangkan face wash berbentuk gel atau foam yang efektif menyerap kotoran dan minyak
Jika Anda menginginkan sabun wajah untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan jenis cleansing gel atau facial foam. Dengan adanya busa, kedua jenis sediaan ini cocok untuk untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Meskipun begitu, tekstur dan efek pasca pembersihan keduanya agak berbeda. Silakan tentukan pemilihannya sesuai preferensi Anda.


  • Cleansing gel: formulanya ringan tanpa membuat kulit terasa kering

Cleansing gel memiliki tekstur gel dengan konsistensi ringan, busa yang dihasilkan pun lembut, dan tidak membuat kulit terlalu kering. Cleansing gel dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih dengan efektif serta membantu mencegah penyumbatan penyebab beruntusan.


  • Facial foam: lebih banyak busa untuk kulit yang terasa "bersih"

Facial foam mengandung lebih banyak busa dan cocok untuk kulit berminyak. Busanya yang melimpah dapat membantu mengangkat minyak dan kotoran berlebih di permukaan kulit sehingga kulit akan terasa lebih bersih. Bahkan, beberapa facial foam juga dirancang khusus untuk mengontrol produksi minyak, membantu mengurangi kilau berlebih, dan mencegah bruntusan. 

Cek keberadaan exfoliant seperti salicylic acid dan brightening agent seperti vitamin C dan niacinamide

Cek keberadaan exfoliant seperti salicylic acid dan brightening agent seperti vitamin C dan niacinamide
Kulit kusam dan bekas jerawat sering kali mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Untuk itu, Anda membutuhkan exfoliant agent dan brightening agent untuk membantu mencerahkan kulit. Berikut beberapa bahan pencerah yang sering ditambahkan pada produk sabun wajah:

Produk dengan exfoliant agent untuk mengoptimalkan upaya menghilangkan bekas jerawat: 

  • Salicylic acid (BHA)
  • Glycolic acid dan citric acid

Produk dengan brightening agent untuk mencerahkan kulit kusam:

  • Vitamin C
  • Arbutin
  • Licorice
  • Niacinamide (vitamin B3)

Bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam facial wash bisa Anda cek pada daftar komposisi yang ada di belakang kemasan. Jika membelinya secara online, Anda dapat memeriksa daftar ingredients pada deskripsi produk yang ada di e-commerce atau website resminya.

Untuk produk pembersih seperti facial wash, bahan-bahan tersebut biasanya terletak di baris tengah hingga bawah. Sementara itu, di baris paling awal atau atas biasanya ditempati oleh air dan surfaktan. Hal ini karena fungsi utama dari facial wash adalah untuk membersihkan kotoran dan minyak di kulit. Maka tidak heran, bila kandungan surfaktan dalam facial wash lebih tinggi dibandingkan bahan lainnya.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Proses mencuci muka memakai facial wash merupakan fase pembersihkan kulit yang berlangsung sangat cepat, mungkin sekitar 1 menit saja. Bahan aktif yang terkandung di dalam facial wash umumnya tidak dapat masuk ke dalam kulit.


Oleh karena itu, facial wash mungkin kurang efektif jika digunakan dengan tujuan untuk menyamarkan noda hitam. Meski demikian, penggunaan facial wash yang mengandung bahan aktif tertentu dapat membantu mempersiapkan kulit untuk rangkaian skincare selanjutnya.

Sebagai perawatan tambahan, pakai face scrub maksimal 1 kali seminggu

Sebagai perawatan tambahan, pakai face scrub maksimal 1 kali seminggu
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, scrub bisa membantu memudarkan bekas jerawat. Scrub pada face wash berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga pori-pori terbebas dari penyumbatanHal ini sangat penting bagi pemilik kulit yang rentan terhadap jerawat. Alasannya, scrub bisa mencegah munculnya jerawat baru dan menghilangkan tumpukan sel-sel kulit mati yang dapat memperburuk bekas jerawat.

Namun, face wash yang mengandung scrub tidak boleh dipakai setiap hari. Eksfoliasi yang berlebihan dapat mengikis lapisan kulit dan berpotensi membuat kulit menjadi sensitif. Face wash yang mengandung scrub sebaiknya digunakan maksimal 1 kali dalam seminggu. 
4

Jika Anda juga memiliki jerawat aktif, pertimbangkan face wash yang mengandung bahan oil control, antiacne, dan anti-inflamasi

Jerawat aktif memerlukan perawatan yang tepat agar tidak makin meradang. Produksi minyak berlebih dapat memperparah kondisi ini sehingga Anda membutuhkan face wash yang mengandung oil control, antiacne, dan anti-inflamasi.

Pilih bahan yang berperan sebagai oil control, antiacne, dan anti-inflamasi

Pilih bahan yang berperan sebagai oil control, antiacne, dan anti-inflamasi
Bahan oil control bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih, sedangkan antiacne bertugas untuk mencegah munculnya jerawat baru. Sementara itu, bahan anti-inflamasi bermanfaat meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat. Untuk memilihnya, sesuaikan efektivitas bahan-bahan tersebut dengan tingkat keparahan minyak dan jerawat di kulit Anda.

 

Bahan dengan efek mild (ringan):
  • Green tea atau matcha sebagai anti-inflamasi dan antioksidan.
  • Centella asiatica sebagai antioksidan, anti-inflamasi, dan antiacne.
  • Tea tree sebagai anti-inflamasi, antioksidan, dan antiacne.
  • Lauric acid sebagai oil control dan antiacne.
  • Bentonite dan kaolin clay sebagai oil absorbent (menyerap minyak berlebih).
  • Zinc sebagai anti-inflamasi, antiacne, dan oil control.

Bahan dengan efek strong (kuat)

  • Salicylic acid (BHA) sebagai antiacne, anti-inflamasi, exfoliant, dan oil control.
  • Charcoal (arang aktif) sebagai oil absorbent dan oil control.

Selain bahan-bahan di atas, pertimbangkan juga facial foam yang memiliki klaim non-comedogenic dan non-acnegenic. Produk tersebut dapat membantu mencegah munculnya komedo, beruntusan, dan jerawat baru. Face wash dengan klaim tersebut pun biasanya tidak mengandung pelembap berbahan dasar minyak (oklusif) yang dapat menyumbat pori-pori kulit. 
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Langkah utama yang perlu dilakukan oleh pemilik kulit berjerawat ialah mengobati jerawatnya. Mengobati jerawat bisa dilakukan dengan menggunakan krim atau gel totol jerawat. Facial wash hanya untuk pembersihan dan dibilas sehingga tidak akan menyerap lama ke dalam kulit.

Hindari face wash yang mengandung alkohol, pewangi, dan pewarna karena dapat meningkatkan risiko iritasi

Hindari face wash yang mengandung alkohol, pewangi, dan pewarna karena dapat meningkatkan risiko iritasi
Kulit dengan jerawat meradang memiliki barrier yang terganggu sehingga dikategorikan sebagai kulit sensitif. Alcohol denate, pewangi, dan pewarna merupakan bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit sensitif.

  • Alkohol dapat menghilangkan kelembaban alami kulit dan mengganggu barrier kulit yang bisa memperburuk kondisi jerawat meradang.
  • Pewangi berpotensi menimbulkan reaksi alergi atau peradangan tambahan pada kulit yang sudah meradang.
  • Pewarna dalam produk perawatan kulit juga dapat menjadi pemicu iritasi pada kulit yang sensitif atau jerawat yang sedang meradang.

Utamakan produk dengan mild surfactan, untuk membersihkan wajah dengan lebih lembut

Utamakan produk dengan mild surfactan, untuk membersihkan wajah dengan lebih lembut
Surfaktan adalah bahan yang digunakan dalam produk pembersih kulit untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Kandungan surfaktan yang biasa digunakan dalam face wash ada banyak macamnya, mulai dari yang lembut (mild) hingga keras (harsh). Bila kulit Anda sedang berjerawat, sebaiknya hindari produk yang mengandung surfaktan keras. Hal ini karena surfaktan yang terlalu keras dapat membuat kulit menjadi kering dan merangsang produksi minyak berlebih.

Surfaktan lembut (mild):
  • Cocamidopropyl betaine.
  • Potassium cocoyl glycinate.
  • Lauryl glucoside.
  • Polyglucoside (decyl glucoside atau coco glucoside).
  • Sodium cocoyl isethionate.
  • Sodium lauroyl sarcosinate.

Surfaktan keras (harsh):

  • Sodium lauryl sulfate (SLS).
  • Sodium laureth sulfate (SLES).
  • Ammonium lauryl sulfate (ALS).
  • Sodium C14-16 olefin sulfonate.
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Facial wash dikatakan efektif bila targetnya tercapai yaitu membersihkan permukaan kulit. Kalau bisa, facial wash juga membersihkan pori-pori kulit. Efek pembersihan tersebut didapatkan dari surfaktan. Saat surfaktan kurang, misalnya pada produk untuk kulit sensitif, facial wash mungkin jadi kurang efektif untuk membersihkan kulit.


Sebagai contoh, pengguna sedang memakai heavy makeup dan mencuci muka dengan sabun untuk kulit sensitif. Kemungkinan besar wajah tidak akan bersih optimal. Dalam kondisi tersebut, Anda sebaiknya melakukan double cleansing dengan micellar water atau cleansing balm.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 28 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
pH sabun
Tekstur
Fragrance
Pewarna
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan surfaktan
Kandungan anti-acne
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerah
Kandungan eksfoliasi
Kandungan anti-aging
Kandungan penenang
Kandungan lainnya
Hypoalergenic
Alkohol
Jenis kulit
Permasalahan kulit
Rekomendasi usia
Butiran scrub
Pilihan ukuran
Kemasan
Manfaat lainnya
BPOM
1

Emina

Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash

Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash 1

Rp29.700

Agak Murah

Dilengkapi double brightening agent untuk kulit tampak lebih cerah

Tidak diketahui

Cleansing foam

Tidak diketahui

Ekstrak summer plum, ekstrak cinnamon

Glycerin, butylene glycol, niacinamide, panthenol

Potassium cocoyl glycinate

Lauric acid

Tidak diketahui

Niacinamide, ekstrak summer plum

Myristic acid

Tidak ada

Allantoin

Ekstrak licorice, allantoin, Cinnamomum zeylanicum bark extract, dan lainnya

Tidak diketahui

Berjerawat

Berjerawat

Tidak diketahui

100 ml

Tube

Mencerahkan kulit

NA18191234222

2

Wardah

Acnederm Pure Foaming Cleanser

Wardah  Acnederm Pure Foaming Cleanser 1

Rp26.000

Agak Murah

Diperkaya azeclair untuk mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

Tidak diketahui

Gel

Tidak diketahui

Azeclair, salicylic acid, tea tree oil

Propylene glycol, Aloe vera

Sodium laureth sulfate

Salylic acid

Tidak diketahui

Tidak ada

Salycilic acid

Azeclair

Tea tree oil, allantoin

Cocamidopropyl betaine

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Jerawat

Tidak diketahui

60 ml

Tube

Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

NA18171205104

3

Somethinc

ACNEDOT Treatment Low pH Cleanser

Somethinc ACNEDOT Treatment Low pH Cleanser 1

Rp109.000

Agak Mahal

Degan kemampuan 5X Acne Combat Power yang optimal atasi jerawat

Tidak diketahui

Gel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Succinic acid, sea buckthorn, folic acid, hydrolized algin, Korean green tea, tea tree oil, trehalose

Butylene glycol, glycerin

Cocamidopropyl betaine, sodium cocoyl glycinate

Folic acid, hydrolyzed algin, tea tree oil

Tidak diketahui

Sea buckthorn

Folic acid

Tidak diketahui

Korean green tea, sea buckthorn

Tea tree leaf oil

Tidak diketahui

Semua jenis kulit, terutama kulit berjerawat

Jerawat, minyak berlebih

11 tahun ke atas

100 ml, 350 ml

Botol, tube

Menyeimbangkan pH kulit, mengangkat sel kulit mati

NA18211206770

4

COSRX

Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

COSRX  Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser 1

Rp155.000

Lebih Mahal

Face wash aman dengan kombinasi bahan alami

Tidak diketahui

Krim

Tidak diketahui

Salicylic acid, tea tree oil

Glycerin, butylene glycol

Myristic acid, stearic acid, cocamidopropyl betaine

Salicylic acid, tea tree leaf oil

Tidak ada

Salicylic acid, willow bark water, citric acid

Tidak ada

Tea tree oil

Saccharomyces ferment, Cryptomeria japonica leaf extract, Nelumbo nucifera leaf extract, dan lainnya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kulit berjerawat

Jerawat

Tidak diketahui

150 ml

Tube

Mengeksfoliasi kulit mati

NA26181202688

5

Scarlett Whitening

Acne Facial Wash

Scarlett Whitening  Acne Facial Wash 1

Rp75.000

Menengah

Bakteri penyebab jerawat pun sirna dengan kandungan mugwort hydrosol

Tidak diketahui

Gel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Mugwort hydrosol, tea tree water, salicylic acid

Aloe barbadensis leaf extract, butylene glycol, glycerin

Sodium cocoyl glycinate, cocamidopropyl betaine

Mugwort hydrosol, tea tree water, salicylic acid

Tidak diketahui

Vitamin C

Salicylic acid

Tidak diketahui

Mugwort hydrosol, tea tree water

Lemon water

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kulit berjerawat, kulit berminyak

Jerawat, minyak berlebih

Tidak diketahui

100 ml

Tube

Mengontrol minyak berlebih

NA18211208936

6

Whitelab

Acne Care Facial Wash

Whitelab  Acne Care Facial Wash 1

Rp52.100

Menengah

Face wash yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Tidak diketahui

Krim

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BHA, mugwort, tea tree

Glycerin,

Cocamidoprolyl betaine, sodium laureth sulfate

BHA, tea tree, salicylic acid, Centella asiatica extract

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BHA, tea tree, salicylic acid

Tidak diketahui

Mugwort

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kulit berjerawat

Jerawat, bekas jerawat

12 tahun ke atas

100 gram

Tube

Mencerahkan kulit

NA18221201272

7

Kao

Men's Biore Scrub Facial Wash Acne Bacterior 100g

Kao Men's Biore Scrub Facial Wash Acne Bacterior 100g 1

Rp30.900

Agak Murah

Tampil makin ganteng bebas jerawat dengan face wash yang mengandung scrub

Tidak diketahui

Scrub

Tidak diketahui

Antibacterial agent, tea tree oil

Glycerin, propylene glycol, betaine

Decyl glucoside

Tea tree oil, lauric acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BHT

Tidak diketahui

Tea tree oil

Palmitic acid, stearic acid, arginine, dan lainnya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Berminyak, berjerawat

Jerawat

Tidak diketahui

100 gram

Tube

Mengangkat minyak berlebih

NA18221201770

8

N'Pure

Centella Asiatica Facial Wash

N'Pure Centella Asiatica Facial Wash 1

Rp90.000

Menengah

Mampu menyamarkan bekas jerawat 99%!

Tidak diketahui

Foam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Centella asiatica extract, 11x Acne Power Fighter, gluthatione

Glycerin, propylene glycol

Tidak diketahui

Niacinamide, licorice glycyrrhiza glabra extract, salicylic acid, ascorbyl glucoside, sebacic acid, Camellia sinensis leaf extract, Citrus unshiu peel extract, Fragaria chiloensis fruit extract, Vitis vinivera leaf extract, vitis vinivera skin extract, Garcinia mangostana peel extract

Tidak diketahui

Niacinamide, glutathione

Salicylic acid, niacinamide,

Tidak diketahui

Centella asiatica extract, allantoin

Hydrogenated castor oil

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit, terutama kulit berjerawat

Jerawat, bekas jerawat

14 tahun ke atas

100 ml

Tube

Mencerahkan wajah, meredakan kemerahan

NA18191231648

9

Erha

Acneact Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60G (ACSBP)

Erha  Acneact Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60G (ACSBP) 1

Rp111.360

Agak Mahal

Face wash scrub yang bisa digunakan setiap hari

Tidak diketahui

Scrub

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BHA, sulfur, scrub

Glycerin, propylene glycol

Sodium laureth sulfate, sulfur

BHA, sulfur, salicylic acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BHA, salicylic acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Myristic acid, stearic acid, xylitol, dan lainnya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kulit berjerawat

Jerawat, minyak berlebih

Tidak diketahui

60 gram

Tube

Mengurangi minyak berlebih

NA18201202832

10

Facetology

TripleCare Facial Gel Cleanser

Facetology  TripleCare Facial Gel Cleanser 1

Rp85.000

Menengah

Mengatasi jerawat sekaligus memperbaiki skin barrier Anda

5,0-5,5

Gel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Oat, chamomile, ceramide, panthenol

Glycerin, chamomile, panthenol, ceramide, butylene glycol

Sodium lauroyl, potassium cocoyl glycinate

Allantoin, citric acid

Tidak ada

Citric acid, chamomile, panthenol

Panthenol

Oat

Avena sativa meal, hydrogenated lecithin, ceramide, dan lainnya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Jerawat, peradangan

Tidak diketahui

100 ml

Tube

Melembapkan kulit

NA18231207459

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

EminaBright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash

Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash 1
Sumber: eminacosmetics.com
Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash 2
Sumber: shopee.co.id
Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp29.700
Agak Murah
Harga referensi
Rp29.700
Agak Murah

Dilengkapi double brightening agent untuk kulit tampak lebih cerah

Apakah Anda ingin menghilangkan bekas jerawat sekaligus mencerahkan kulit? Jika iya, pilih saja produk dari Emina ini. Sabun muka ini mengandung ekstrak summer plum serta dua brightening agent, yaitu niacinamide dan licorice extract. Dengan pemakaian rutin, kulit Anda akan tampak lebih cerah dan juga glowing!. Ditambah lagi, harga produk ini sangat terjangkau untuk isinya yang cukup banyak.

pH sabunTidak diketahui
TeksturCleansing foam
Fragrance
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaEkstrak summer plum, ekstrak cinnamon
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, niacinamide, panthenol
Kandungan surfaktan Potassium cocoyl glycinate
Kandungan anti-acneLauric acid
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahNiacinamide, ekstrak summer plum
Kandungan eksfoliasiMyristic acid
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan penenangAllantoin
Kandungan lainnyaEkstrak licorice, allantoin, Cinnamomum zeylanicum bark extract, dan lainnya
HypoalergenicTidak diketahui
Alkohol
Jenis kulitBerjerawat
Permasalahan kulitBerjerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencerahkan kulit
BPOMNA18191234222
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser

Harga referensi
Rp26.000
Agak Murah

Diperkaya azeclair untuk mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

Untuk Anda wanita yang banyak beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya Anda memilih produk ini. Face wash dari Wardah ini dilengkapi kandungan azeclair yang merupakan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. 


Bahkan, kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Selain itu, ada kandungan salycilic acid dan tea tree oil sebagai exfoliation agent yang cegah timbulnya jerawat dan komedo.

pH sabunTidak diketahui
TeksturGel
Fragrance
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaAzeclair, salicylic acid, tea tree oil
Kandungan pelembapPropylene glycol, Aloe vera
Kandungan surfaktan Sodium laureth sulfate
Kandungan anti-acneSalylic acid
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan eksfoliasiSalycilic acid
Kandungan anti-agingAzeclair
Kandungan penenangTea tree oil, allantoin
Kandungan lainnyaCocamidopropyl betaine
HypoalergenicTidak diketahui
Alkohol
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitJerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran60 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas
BPOMNA18171205104
View all
No.3

SomethincACNEDOT Treatment Low pH Cleanser

Harga referensi
Rp109.000
Agak Mahal

Degan kemampuan 5X Acne Combat Power yang optimal atasi jerawat

Somethinc ACNEDOT Treatment Low pH Cleanser memiliki kemampuan 5X acne combat power. Kemampuannya ini dapat membantu membersihkan pori-pori dari kotoran, sel kulit mati, residu, serta minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat. Selain itu, produk ini memiliki pH yang rendah sehingga kelembapan kulit Anda dapat terjaga tanpa khawatir kekeringan. Jika face wash Anda sekarang kurang ampuh mengatasi jerawat di kulit Anda, cobalah beralih ke produk ini.

pH sabunTidak diketahui
TeksturGel
FragranceTidak diketahui
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaSuccinic acid, sea buckthorn, folic acid, hydrolized algin, Korean green tea, tea tree oil, trehalose
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin
Kandungan surfaktan Cocamidopropyl betaine, sodium cocoyl glycinate
Kandungan anti-acneFolic acid, hydrolyzed algin, tea tree oil
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahSea buckthorn
Kandungan eksfoliasiFolic acid
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan penenangKorean green tea, sea buckthorn
Kandungan lainnyaTea tree leaf oil
Hypoalergenic
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kulit berjerawat
Permasalahan kulitJerawat, minyak berlebih
Rekomendasi usia11 tahun ke atas
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 ml, 350 ml
KemasanBotol, tube
Manfaat lainnyaMenyeimbangkan pH kulit, mengangkat sel kulit mati
BPOMNA18211206770
View all
No.4

COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Harga referensi
Rp155.000
Lebih Mahal

Face wash aman dengan kombinasi bahan alami

Kulit berjerawat Anda mengalami iritasi? Produk ini bisa menyelesaikan masalah Anda tersebut. Selain soothing agent, produk ini juga dikombinasikan dengan bahan alami. Produk ini juga sangat aman karena tidak mengandung paraben serta SLS. Selain itu, sabun muka ini memiliki tekstur krim dengan busa yang ringan. Anda pun bisa akan terasa nyaman saat mencuci wajah.

pH sabunTidak diketahui
TeksturKrim
Fragrance
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaSalicylic acid, tea tree oil
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol
Kandungan surfaktan Myristic acid, stearic acid, cocamidopropyl betaine
Kandungan anti-acneSalicylic acid, tea tree leaf oil
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan eksfoliasiSalicylic acid, willow bark water, citric acid
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan penenangTea tree oil
Kandungan lainnyaSaccharomyces ferment, Cryptomeria japonica leaf extract, Nelumbo nucifera leaf extract, dan lainnya
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitKulit berjerawat
Permasalahan kulitJerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran150 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMengeksfoliasi kulit mati
BPOMNA26181202688
View all
No.5

Scarlett Whitening Acne Facial Wash

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Bakteri penyebab jerawat pun sirna dengan kandungan mugwort hydrosol

Scarlett Whitening Acne Facial Wash diperkaya dengan Triple Action, salah satunya adalah mugwort hydrosol. Kandungan ini berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta menenangkan kulit. Jadi, bila Anda ingin jerawat Anda tidak muncul lagi sehingga tidak berbekas di wajah, jangan lewatkan produk ini. Selain itu, ada kandungan vitamin C produk ini yang berfungsi sebagai brightening agent yang akan membuat kulit Anda lebih cerah.

pH sabunTidak diketahui
TeksturGel
FragranceTidak diketahui
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaMugwort hydrosol, tea tree water, salicylic acid
Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf extract, butylene glycol, glycerin
Kandungan surfaktan Sodium cocoyl glycinate, cocamidopropyl betaine
Kandungan anti-acneMugwort hydrosol, tea tree water, salicylic acid
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahVitamin C
Kandungan eksfoliasiSalicylic acid
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan penenangMugwort hydrosol, tea tree water
Kandungan lainnyaLemon water
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitKulit berjerawat, kulit berminyak
Permasalahan kulitJerawat, minyak berlebih
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMengontrol minyak berlebih
BPOMNA18211208936
View all
No.6

Whitelab Acne Care Facial Wash

Harga referensi
Rp52.100
Menengah

Face wash yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Apakah Anda seorang ibu hamil yang mencari face wash yang aman untuk Anda dan janin? Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda. Face wash ini diklaim aman untuk bumil dan busui, sudah teruji secara dermatologi, serta bebas kandungan alkohol dan silikon. Bahkan, anak remaja usia 12 tahun ke atas sudah bisa menggunakan produk ini. Sabun muka ini juga bisa melembapkan kulit yang kering, lho!

pH sabunTidak diketahui
TeksturKrim
FragranceTidak diketahui
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaBHA, mugwort, tea tree
Kandungan pelembapGlycerin,
Kandungan surfaktan Cocamidoprolyl betaine, sodium laureth sulfate
Kandungan anti-acneBHA, tea tree, salicylic acid, Centella asiatica extract
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan eksfoliasiBHA, tea tree, salicylic acid
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan penenangMugwort
Kandungan lainnyaTidak diketahui
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitKulit berjerawat
Permasalahan kulitJerawat, bekas jerawat
Rekomendasi usia12 tahun ke atas
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 gram
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencerahkan kulit
BPOMNA18221201272
View all
No.7

KaoMen's Biore Scrub Facial Wash Acne Bacterior 100g

Harga referensi
Rp30.900
Agak Murah

Tampil makin ganteng bebas jerawat dengan face wash yang mengandung scrub

Untuk Anda pria yang aktif bekerja di luar ruangan, jangan lupa bersihkan wajah Anda dengan produk ini setelah beraktivitas. Produk ini dilengkapi micro natural scrub yang lembut di kulit. Butiran scrub-nya ini sudah diformulasikan dengan antibacterial agent yang kuat mengangkat kotoran hingga pori terdalam. Dengan begitu, bakteri dan minyak penyebab jerawat akan terangkat optimal.

pH sabunTidak diketahui
TeksturScrub
Fragrance
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaAntibacterial agent, tea tree oil
Kandungan pelembapGlycerin, propylene glycol, betaine
Kandungan surfaktan Decyl glucoside
Kandungan anti-acneTea tree oil, lauric acid
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan eksfoliasiBHT
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan penenangTea tree oil
Kandungan lainnyaPalmitic acid, stearic acid, arginine, dan lainnya
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitBerminyak, berjerawat
Permasalahan kulitJerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 gram
KemasanTube
Manfaat lainnyaMengangkat minyak berlebih
BPOMNA18221201770
View all
No.8

N'PureCentella Asiatica Facial Wash

Harga referensi
Rp90.000
Menengah

Mampu menyamarkan bekas jerawat 99%!

Jika bekas jerawat Anda tergolong parah, Anda mungkin bisa mencoba produk ini. Face wash ini mengandung 11x Acne Power Fighter yang tidak hanya membersihkan jerawat, tetapi juga bekasnya dengan maksimal. Tenang saja, meski kandungannya cukup kuat, produk ini tidak akan membuat kulit Anda kering atau tertarik setelah pemakaian. Tidak hanya itu, bakteri penyebab jerawat pun akan mati hanya dalam 60 detik, lho!

pH sabunTidak diketahui
TeksturFoam
FragranceTidak diketahui
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaCentella asiatica extract, 11x Acne Power Fighter, gluthatione
Kandungan pelembapGlycerin, propylene glycol
Kandungan surfaktan Tidak diketahui
Kandungan anti-acneNiacinamide, licorice glycyrrhiza glabra extract, salicylic acid, ascorbyl glucoside, sebacic acid, Camellia sinensis leaf extract, Citrus unshiu peel extract, Fragaria chiloensis fruit extract, Vitis vinivera leaf extract, vitis vinivera skin extract, Garcinia mangostana peel extract
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahNiacinamide, glutathione
Kandungan eksfoliasiSalicylic acid, niacinamide,
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan penenangCentella asiatica extract, allantoin
Kandungan lainnyaHydrogenated castor oil
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kulit berjerawat
Permasalahan kulitJerawat, bekas jerawat
Rekomendasi usia14 tahun ke atas
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencerahkan wajah, meredakan kemerahan
BPOMNA18191231648
View all
No.9

Erha Acneact Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60G (ACSBP)

Harga referensi
Rp111.360
Agak Mahal

Face wash scrub yang bisa digunakan setiap hari

Jika biasanya face wash dengan kandungan scrub digunakan satu kali dalam seminggu, berbeda dengan produk ini. Hal tersebut karena kandungan scrub produk ini sangat lembut sehingga aman dan tidak menimbulkan iritasi kulit. Anda bisa menggunakan produk ini tiga kali dalam sehari, tergantung pada kondisi wajah. Kandungan sulfur produk ini juga mampu mengontrol minyak di wajah selama 8 jam!

pH sabunTidak diketahui
TeksturScrub
FragranceTidak diketahui
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaBHA, sulfur, scrub
Kandungan pelembapGlycerin, propylene glycol
Kandungan surfaktan Sodium laureth sulfate, sulfur
Kandungan anti-acneBHA, sulfur, salicylic acid
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan eksfoliasiBHA, salicylic acid
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan penenangTidak diketahui
Kandungan lainnyaMyristic acid, stearic acid, xylitol, dan lainnya
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitKulit berjerawat
Permasalahan kulitJerawat, minyak berlebih
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran60 gram
KemasanTube
Manfaat lainnyaMengurangi minyak berlebih
BPOMNA18201202832
View all
No.10

Facetology TripleCare Facial Gel Cleanser

Harga referensi
Rp85.000
Menengah

Mengatasi jerawat sekaligus memperbaiki skin barrier Anda

Produk yang satu ini cocok digunakan pemilik kulit berjerawat ataupun kering. Face wash ini bertekstur gel yang mudah meresap, ringan, dan tidak membuat kulit wajah terlihat oily. Menariknya, produk ini dilengkapi kandungan 5x ceramide yang akan melembapkan kulit sekaligus memperbaiki skin barrier Anda.


Di samping itu, face wash ini memiliki pH balance yang tidak akan membuat kulit kering. Kandungan oat dan chamomile sabun muka ini berfungsi sebagai anti-inflamasi yang membantu mengatasi peradangan di kulit yang berjerawat.

pH sabun5,0-5,5
TeksturGel
FragranceTidak diketahui
PewarnaTidak diketahui
Kandungan utamaOat, chamomile, ceramide, panthenol
Kandungan pelembapGlycerin, chamomile, panthenol, ceramide, butylene glycol
Kandungan surfaktan Sodium lauroyl, potassium cocoyl glycinate
Kandungan anti-acneAllantoin, citric acid
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan eksfoliasiCitric acid, chamomile, panthenol
Kandungan anti-agingPanthenol
Kandungan penenangOat
Kandungan lainnyaAvena sativa meal, hydrogenated lecithin, ceramide, dan lainnya
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitJerawat, peradangan
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMelembapkan kulit
BPOMNA18231207459
View all

5 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat terbaik

No. 1: EminaBright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash

No. 2: Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser

No. 3: SomethincACNEDOT Treatment Low pH Cleanser

No. 4: COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

No. 5: Scarlett Whitening Acne Facial Wash

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Face Wash untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.