• 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencegah Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencegah Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencegah Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencegah Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencegah Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencegah Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Kulit yang mudah berjerawat (acne-prone skin) menjadi masalah sejuta umat. Penyebab jerawat sendiri sangatlah banyak, tetapi biasanya disebabkan oleh kulit yang kurang bersih. Untuk itu, Anda memerlukan sabun cuci muka yang bagus untuk mencegah jerawat.

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sabun muka untuk mencegah jerawat. Rekomendasi dan review produk facial wash untuk jerawat juga akan kami berikan. Anda bisa mempertimbangkan sabun muka terbaik dari merek AcnesSomethinc, dan Whitelab. Simak selengkapnya agar jerawat tak lagi mendekat! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun cuci muka untuk mencegah jerawat

Kunci untuk mencegah timbulnya jerawat adalah kulit yang senantiasa bersih. Untuk menemukan sabun muka yang cocok untuk mencegah jerawat, mari ikuti tips berikut ini.

Temukan tipe sabun muka berdasarkan jenisnya

Dari segi bentuk, sabun batang (bar soap) dan sabun cair (liquid soap) menjadi jenis populer di pasaran. Namun, saat ini, Anda juga bisa menemukan sabun muka berbentuk bubuk.

Sabun batang: Tekstur padat dengan harga bersahabat

Sabun batang: Tekstur padat dengan harga bersahabat

Banyak sabun wajah dikemas dalam bentuk padat atau biasa disebut soap bar atau cleansing bar. Kebanyakan soap bar memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan facial wash cair.


Sabun muka batangan biasanya tidak menghasilkan busa sebanyak sabun cair. Jadi, jika Anda lebih suka mencuci muka dengan busa yang melimpah, Anda membutuhkan shower net.


Namun, penyimpanan sabun batang dirasa kurang praktis bagi beberapa orang. Sabun padat akan meleleh saat dibiarkan basah. Saat bepergian pun, Anda akan membutuhkan kotak sabun khusus.

Sabun cair: Banyak pilihan dan travel-friendly

Sabun cair: Banyak pilihan dan travel-friendly

Bila Anda mencari sabun muka pencegah jerawat yang lebih praktis, sabun cair lebih layak dipilih. Sabun wajah dengan tekstur cair banyak diminati karena mudah digunakan dan kemasannya bisa ditutup rapat.


Dengan kemasannya yang bisa ditutup rapat tersebut, sabun cair menjadi pilihan pas untuk bepergian. Pilihan sabun antijerawat berbentuk cair juga lebih banyak daripada sabun batang.

Sabun bubuk: Mulai dilirik di jagat skincare

Selain sabun cair dan batang, kini ada pula sabun muka bertekstur bubuk. Sabun tipe ini sudah dipakai oleh skincare enthusiast di Korea dan Jepang. Di Indonesia, beberapa merek mulai menawarkan sabun muka tak biasa ini. Dilansir dari Bydrie, sabun muka bubuk memberikan efek eksfoliasi untuk mengikis sel kulit mati.


Untuk memakai sabun muka bubuk, Anda perlu mencampurkannya dengan air sehingga tekstur sabun berubah menjadi creamy. Anda kemudian bisa membersihkan wajah dengan campuran tersebut. Terakhir, bilaslah wajah dengan air hingga bersih.

Pastikan sabun muka mengandung bahan antijerawat

Pastikan sabun muka mengandung bahan antijerawat

Mengingat Anda membutuhkan sabun muka untuk menangani dan mencegah jerawat, komposisi produk harus penting untuk dicermati. Artinya, pastikan produk idaman Anda memang menawarkan bahan antijerawat. Berikut beberapa bahan antijerawat yang populer serta fungsi spesifiknya:


  • Benzoyl peroxide: Membunuh bakteri penyebab jerawat dan membersihkan pori-pori di wajah
  • Salicylic acid (beta-hydroxy acid/BHA): Mengikis sel kulit mati sehingga pori-pori menjadi bersih
  • Glycolic acid dan alpha-hydroxy acid (AHA) lainnya: Mengurangi peradangan dan mengikis sel kulit mati
  • Sulfur: Mengontrol sebum (minyak) di wajah dan mengikis sel kulit mati di pori-pori
  • Tea tree oil: Melepaskan sifat antiradang dan mampu melawan bakteri

Tentu ada kandungan antijerawat lain yang digunakan oleh suatu merek. Jika tidak disebutkan nama bahan antijerawat pada produk idaman, Anda sebaiknya menanyakan pada penjual resminya.

Temukan produk yang menawarkan zat pelembap

Temukan produk yang menawarkan zat pelembap

Wajah yang terlalu kering dapat merangsang produksi sebum berlebih. Jika sebum tak terkontrol, pori-pori pun akan tersumbat. Tersumbatnya pori-pori ini akan memancing timbulnya jerawat.


Untuk itu, pastikan Anda juga memperhatikan kandungan pelembap dalam sabun muka incaran. Beberapa kandungan pelembap yang populer adalah hyaluronic acid dan ceramide.

Hindari bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi

Hindari bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi

Dalam kemampuan untuk membersihkan wajah, sabun wajah memiliki kandungan yang beragam. Akan tetapi, tidak semua komposisi dalam sabun wajah dapat diterima oleh semua jenis kulit. Jika kulit Anda tidak toleran, zat tersebut dapat memicu iritasi kulit.


Beberapa contoh zat yang dapat memicu iritasi adalah pewangi, alkohol, sulfat, hingga detergen. Detergen pada sabun wajah biasanya disebut dengan surfaktan atau sodium laureth sulfate (SLS). 


Keberadaan detergen pada sabun wajah adalah untuk menghasilkan busa saat sabun digunakan. Namun, detergen dapat menghilangkan kelembapan kuit sehingga dapat mengakibatkan kulit kering dan iritasi. Langkah paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jerawat adalah menghindari kandungan detergen pada sabun wajah

10 Rekomendasi sabun cuci muka terbaik untuk mencegah jerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun cuci muka terbaik untuk mencegah jerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 9 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Lacoco Ultimate Golden Swallow Facial Foam menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser 1

Wardah

2
Whitelab Acne Soap 1

Whitelab

3
COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser 1

COSRX

4
Rohto Acnes Creamy Wash 1

Rohto

5
Somethinc Acnedot Treatment Low pH Cleanser 1

Somethinc

6
Avoskin Beauty Naufa Pure Olive Oil Bar Soap 1

Avoskin Beauty

7
Sebamed Clear Face Cleansing Bar 1

Sebamed

8
Bloomka Not Your Basic Facial Wash Matcha 1

Bloomka

9
JF Anti Acne Cleanser Bar 1

JF

10
CeraVe Acne Foaming Cream Cleanser 1

CeraVe

Nama produk

Acnederm Pure Foaming Cleanser

Acne Soap

Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Acnes Creamy Wash

Acnedot Treatment Low pH Cleanser

Naufa Pure Olive Oil Bar Soap

Clear Face Cleansing Bar

Not Your Basic Facial Wash Matcha

Anti Acne Cleanser Bar

Acne Foaming Cream Cleanser

Keunggulan

Tenangkan kulit wajah dengan kandungan allantoin

Satu sabun untuk cegah jerawat di wajah dan badan!

Kombinasi tea tree oil dan salicylic acid untuk menangani jerawat

Bakteri dilibas, jerawat pun terhempaskan

Aman dipakai oleh remaja yang mulai dihantui jerawat!

Angkat sel kulit mati tanpa meninggalkan rasa kering

Bebas detergen, aman untuk kulit sensitif!

Sabun antijerawat yang berbentuk bubuk

Sabun jerawat legendaris berbahan aktif sulfur

Jaga skin barrier dengan tiga tipe ceramide

Harga mulai dariRp 24.500,00Rp 28.000,00Rp 149.000,00Rp 16.900,00Rp 99.000,00Rp 22.000,00Rp 110.000,00Rp 149.000,00Rp 10.100,00Rp 295.000,00
Jenis sabunCairPadat (batang)CairCairCairPadat (batang)Padat (batang)PowderPadat (batang)Cair
Peruntukan tipe/kondisi kulitBerjerawatBerjerawatBerjerawatAcne-proneKulit acne prone dan berminyakSemua tipe kulitSensitif dan acne-prone skinBerjerawatSensitif, normal, dan keringBerjerawat
Bahan antijerawatSalicylic acidTea tree oil dan BHA (salicylic acid)Salicylic acid dan tea tree oilIsopropyl methyl phenolSuccinic acid, tea tree oil, hydrolyzed algin, dan sea buckthornOlive oil dan maduInulinTea tree oil, succinic acid, kaolin clay, dan peppermint oilBio sulfurBenzoyl peroxide, citric acid, dan glycolic acid
Isi60 ml80 g150 ml50 g dan 100 g100 ml50 g100 g50 g65 g & 90 g150 ml
Kandungan pelembapEkstrak lidah buayaCoconut oilEvening primrose flower extractOlive oilTrehaloseOlive oilSqualane dan lecithinNiacinamide-Hyaluronic acid dan ceramide
Kandungan lainnyaAllantoinNiacinamide dan vitamin EWillow bark water, nelumbo nucifera leaf extract, dan kandungan lainnyaVitamin C dan vitamin EKorean green tea water dan folic acidGoat milkVitamin E dan asam aminoNordic barley, green tea-Niacinamide
Tautan produk
10

CeraVeAcne Foaming Cream Cleanser

Mulai dari Rp 295.000,00

Jenis sabunCair
Peruntukan tipe/kondisi kulitBerjerawat
Bahan antijerawatBenzoyl peroxide, citric acid, dan glycolic acid
Isi150 ml
Kandungan pelembapHyaluronic acid dan ceramide
Kandungan lainnyaNiacinamide
9
Jenis sabunPadat (batang)
Peruntukan tipe/kondisi kulitSensitif, normal, dan kering
Bahan antijerawatBio sulfur
Isi65 g & 90 g
Kandungan pelembap-
Kandungan lainnya-
8

BloomkaNot Your Basic Facial Wash Matcha

Mulai dari Rp 149.000,00

Jenis sabunPowder
Peruntukan tipe/kondisi kulitBerjerawat
Bahan antijerawatTea tree oil, succinic acid, kaolin clay, dan peppermint oil
Isi50 g
Kandungan pelembapNiacinamide
Kandungan lainnyaNordic barley, green tea
7

SebamedClear Face Cleansing Bar

Mulai dari Rp 110.000,00

Jenis sabunPadat (batang)
Peruntukan tipe/kondisi kulitSensitif dan acne-prone skin
Bahan antijerawatInulin
Isi100 g
Kandungan pelembapSqualane dan lecithin
Kandungan lainnyaVitamin E dan asam amino
6

Avoskin BeautyNaufa Pure Olive Oil Bar Soap

Mulai dari Rp 22.000,00

Jenis sabunPadat (batang)
Peruntukan tipe/kondisi kulitSemua tipe kulit
Bahan antijerawatOlive oil dan madu
Isi50 g
Kandungan pelembapOlive oil
Kandungan lainnyaGoat milk
5

SomethincAcnedot Treatment Low pH Cleanser

Mulai dari Rp 99.000,00

Jenis sabunCair
Peruntukan tipe/kondisi kulitKulit acne prone dan berminyak
Bahan antijerawatSuccinic acid, tea tree oil, hydrolyzed algin, dan sea buckthorn
Isi100 ml
Kandungan pelembapTrehalose
Kandungan lainnyaKorean green tea water dan folic acid
4
Jenis sabunCair
Peruntukan tipe/kondisi kulitAcne-prone
Bahan antijerawatIsopropyl methyl phenol
Isi50 g dan 100 g
Kandungan pelembapOlive oil
Kandungan lainnyaVitamin C dan vitamin E
3

COSRXSalicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Mulai dari Rp 149.000,00

Jenis sabunCair
Peruntukan tipe/kondisi kulitBerjerawat
Bahan antijerawatSalicylic acid dan tea tree oil
Isi150 ml
Kandungan pelembapEvening primrose flower extract
Kandungan lainnyaWillow bark water, nelumbo nucifera leaf extract, dan kandungan lainnya
2
Jenis sabunPadat (batang)
Peruntukan tipe/kondisi kulitBerjerawat
Bahan antijerawatTea tree oil dan BHA (salicylic acid)
Isi80 g
Kandungan pelembapCoconut oil
Kandungan lainnyaNiacinamide dan vitamin E
1
Jenis sabunCair
Peruntukan tipe/kondisi kulitBerjerawat
Bahan antijerawatSalicylic acid
Isi60 ml
Kandungan pelembapEkstrak lidah buaya
Kandungan lainnyaAllantoin

Tips agar jerawat tak mendekat

Tips agar jerawat tak mendekat

Sabun muka tak akan maksimal bekerja jika Anda tak merawat wajah dengan benar. Kami telah merangkum beberapa tips tepercaya dari American Academy of Dermatology Association, WebMD, dan Healthline. Berikut tips agar jerawat tak mendekat:


  • Bersihkan wajah maksimal dua kali sehari

Jerawat bisa muncul jika wajah kotor. Untuk itu, pastikan Anda rutin membersihkan wajah dengan sabun muka. Gunakan pembersih maksimal dua kali saja per hari agar wajah tak menjadi terlalu kering.


  • Tetap gunakan produk antijerawat meski wajah sedang tidak bermasalah

Jika wajah rentan berjerawat, produk yang mengandung bahan antijerawat sebenarnya tetap bisa dipakai. Hal ini sangat dianjurkan jika terdapat bagian wajah spesifik yang sering berjerawat. Dengan begitu, kemunculan jerawat diharapkan dapat dicegah.


  • Gunakan produk skincare atau makeup yang berlabel noncomedogenic 

Label noncomedogenic menunjukkan bahwa produk tidak akan menyumbat pori-pori. Dengan demikian, jerawat pun biasanya tidak akan muncul.


  • Hindari memegang wajah saat tangan kotor

Tangan bisa menjadi agen yang memindahkan bakteri dan kotoran ke wajah. Jika hendak memegang wajah, pastikan tangan memang sudah bersih.


  • Berhati-hati dengan makanan tertentu

Pada sebagian orang, beberapa makanan diyakini dapat merangsang timbulnya jerawat. Kelompok makanan tersebut termasuk produk susu, makanan kemasan/olahan, alkohol, serta makanan atau minuman bergula.


  • Cari cara untuk mengontrol stres

Saat stres, hormon penghasil minyak akan meningkat. Kondisi ini dapat memperparah wajah yang sedang berjerawat. Anda bisa mengendalikan stres dengan menjalani aktivitas menyenangkan. Kegiatan seperti yoga, pijat, dan olahraga juga dianjurkan untuk mengendalikan stres.

Baca juga rekomendasi produk skincare antijerawat lainnya di sini

Anda mungkin tak hanya membutuhkan sabun muka untuk mencegah jerawat. Regimen lain, seperti serum, salep, dan pelembap juga barangkali dibutuhkan. Kami sudah mengulas rekomendasi item lainnya untuk mengontrol jerawat. Yuk, simak artikel lainnya!

Kesimpulan

Mencari produk sabun muka untuk mencegah jerawat memang susah-susah gampang. Banyak pilihan dengan berbagai concern telah tersedia di pasaran. Namun, tetap ada hasil personal yang kita dapatkan dari penggunaan sabun muka ini.


Gunakan tips memilih serta ulasan yang kami ringkas untuk Anda. Temukan produk terbaik hanya bersama kami. Semoga artikel kami membantu Anda menemukan skincare antijerawat terbaik. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2022)
    Jenis kulit berminyak erat kaitannya dengan timbulnya jerawat membandel. Masalah ini sering dialami oleh para pria yang memiliki segudang aktivitas setiap harinya. Salah satu solusi untuk mengatasi kulit berminyak sekaligus berjerawat adalah menggunakan sabun muka.Karena itu, kami akan membahas sabun muka pria yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. Temukanlah produk terbaik di antara berbagai merek terkenal, seperti Nivea, Garnier, dan L'Oreal. Tak ketinggalan, kami juga akan memberikan tips memilih produk yang bagus dan tepat untuk Anda. Simak, yuk!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori