10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Batang Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2018)

Ketika bercermin, Anda pasti tidak ingin tiba-tiba melihat jerawat di muka Anda. Ini menjadi masalah karena akan menyulitkan Anda saat melakukan make-up. Apalagi ada bekas jerawat yang tinggal. Untuk merawat kulit berjerawat, sabun pembersih khusus kulit berjerawat adalah produk yang penting.

Banyak sekali produk sabun khusus kulit berjerawat yang beredar di pasaran sampai Anda bingung dalam memilihnya. Berikut kami sajikan cara memilih sabun batang untuk kulit berjerawat beserta 10 rekomendasi sabun batang untuk kulit berjerawat yang dapat Anda beli secara online.

Daftar isi

Jenis sabun pembersih wajah yang cocok untuk kulit berjerawat

Ketika melihat ada jerawat tumbuh di wajah Anda, Anda pasti akan merasa sangat terganggu. Sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan kulit Anda setiap harinya agar tidak terkena masalah kulit yang akan membuat Anda pusing tujuh keliling. Terutama jika Anda adalah orang yang mudah terkena jerawat, Anda harus sangat memperhatikan penggunaan produk sabun pembersih wajah.

Dilihat dari wujudnya, sabun pembersih wajah terdiri dari dua jenis, yaitu facial foam dan sabun batang.  Berbeda wujudnya, maka berbeda pula komposisinya. Secara umum, sabun batangan disebut-sebut lebih efektif membersihkan jerawat. Agar Anda semakin yakin, kami akan menjelaskan kepada Anda alasan sabun batang lebih efektif digunakan untuk kulit berjerawat.

Karakteristik facial foam

Karakteristik facial foam

Ciri-ciri facial foam adalah menggunakan bahan kimia sebagai agen pembersihnya. Terdapat senyawa surfaktan untuk membentuk busa yang dihasilkan. Harga produk jenis ini biasanya terjangkau dan kuat daya pembersihnya. Dengan kelebihan tersebut, tidak heran jenis ini banyak diminati. Berbagai produsen produk kecantikan pun berlomba-lomba dalam meluncurkan produk jenis ini.

Meskipun begitu, surfaktan memiliki kekurangan yang sangat merugikan bagi sebagian penggunanya. Daya pembersih yang begitu besar juga akan mengikis kandungan alami yang terdapat pada kulit. Selain itu, surfaktan cenderung tertinggal di kulit Anda. Apabila sisa surfaktan masuk ke pori-pori kulit, jerawat Anda malah bisa bertambah parah.

Kemudian, humektan dan pengharum tambahan juga umumnya ditambahkan disamping penambahan surfaktan. Komposisi tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit berjerawat. Oleh karena itu, kami tidak merekomendasikan facial foam untuk kulit berjerawat.

Karakteristik sabun batang

Karakteristik sabun batang

Sabun batang mengandung garam natrium dan garam kalium sebagai pembentuk deterjennya. Komponen tersebut merupakan bahan alami, sehingga tidak terlalu kuat dan tidak merusak kulit.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pembersih wajah dalam bentuk batang tidak selalu termasuk dalam kategori sabun batang. Kebanyakan orang mengira facial foam berwujud seperti krim, sedangkan sabun batang berwujud padatan. Namun sebaiknya, ketika memilih pembersih wajah, jangan hanya memilih berdasarkan bentuknya saja, tetapi juga berdasarkan kandungannya. Hal ini karena ada pula sabun batang dengan kandungan seperti facial foam, bahkan sebaliknya.

Cara memilih sabun batang untuk kulit berjerawat

Selanjutnya, kami akan memberikan informasi yang dapat Anda jadikan referensi ketika memilih sabun batang, khususnya bagi Anda yang mudah sekali terkena jerawat.

Pilih komposisi yang sederhana

Pilih komposisi yang sederhana

Ada berbagai macam sabun batang, tetapi semuanya sama-sama mengandung garam natrium dan garam kalium sebagai komponen utamanya. Kedua komponen ini termasuk ke dalam komponen yang umum ditemukan pada sebuah sabun batang. Dengan menambahkan zat-zat suplementer, yaitu humektan dan pengharum pada komposisi dasarnya, maka akan menambah nilai manfaat dari sabun batang tersebut.

Bila Anda memiliki kulit berjerawat, pilihlah sabun batang dengan kandungan bahan suplementer yang sesedikit mungkin karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit Anda. Pilihlah juga kandungan bahan yang ramah terhadap kulit. Anda dapat mengecek kandungan bahan dengan melihat tabel komposisi di kemasannya.

Pilih sabun yang mengandung pelembap

Pilih sabun yang mengandung pelembap

Meskipun disarankan untuk memilih sabun dengan komposisi yang sederhana, ada beberapa zat yang sebaiknya terkandung di dalam produk yang Anda pilih. Komponen zat ini sangat penting untuk perawatan kulit berjerawat. Pastikan produk yang Anda pilih mengandung bahan untuk melembapkan kulit Anda.

Sabun batang yang terbuat dari bahan inti pembentuk sabun saja memang memiliki daya pembersih. Akan tetapi, efeknya akan kadang terlalu kuat bila mengenai kulit manusia. Namun, tidak bisa dikatakan juga bahwa sabun yang mengandung komponen lain untuk mempercantik dan mengharumkan kulit itu bagus dan aman bagi kulit.

Jadi dapat disimpulkan, pilihlah sabun yang tidak hanya mengandung bahan inti pembentuk sabun saja. Pilihlah sabun yang mengandung pelembap untuk kulit, seperti gliserin dan asam stearat.

Produk sabun batang yang mengandung pelembap tidak akan mengubah rasa nyaman pada kulit setelah digunakan. Rasa kaku dan tidak nyaman pada kulit wajah biasanya akan muncul setelah Anda membersihkan wajah dengan facial foam. Lain cerita bila Anda menggunakan sabun batang, karena rasa kaku dan tidak nyaman tersebut tidak akan muncul. Untuk mendapatkan hasil optimal, kami menyarankan Anda untuk tidak lupa mengecek kandungan pada sabun pilihan Anda.

10 Rekomendasi sabun batang terbaik untuk kulit berjerawat

Setelah menyimak penjelasan mengenai cara memilih sabun batang untuk kulit berjerawat, kami akan memberikan 10 rekomendasi sabun batang terbaik untuk kulit berjerawat Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda ya!

10. Galenium Pharmasia JF Sulfur Acne Care Soap

10. Galenium Pharmasia JF Sulfur Acne Care Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.000

Sabun sulfur pertama di Indonesia

Dari namanya, kita dapat mengetahui bahwa sabun ini mengandung senyawa sulfur. Senyawa sulfur pada sabun ini menjadi agen utama penghilang jerawat Anda. Senyawa ini merupakan bahan alami yang terbukti ampuh membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu membuka pori-pori yang tertutup jerawat, serta membersihkan kulit yang berminyak.

Sabun ini diformulasikan oleh dokter spesialis kulit. Ditambah lagi, produk ini sudah teruji klinis membantu mengurangi jerawat dalam 2 minggu tanpa menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Bagi Anda yang ingin memusnahkan jerawat di kulit tanpa ingin merogoh kocek dalam-dalam, produk ini menjadi jawabannya.

9. Pagar Ayu Anti Acne Soap

9. Pagar Ayu Anti Acne Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Mencegah timbulnya jerawat

Komposisi sabun ini antara lain minyak kelapa, tea tree oil, AHA (Alpha Hydroxy Acid) jenis lactic acid, dan berbagai ekstrak tanaman yang dipercaya berkhasiat untuk kecantikan kulit Anda. Oleh karena komposisinya, sabun ini termasuk ke dalam sabun herbal alami. Tea tree oil adalah agen pembersih kulit, sedangkan AHA lactic acid bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah.

Ekstrak tanamannya mengandung antibakteri sehingga dapat mengobati jerawat. Dengan sabun ini, Anda dapat mencegah timbulnya jerawat dan meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati. Produk ini sangat pas untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan ingin memiliki wajah yang mulus.

8. Beliva Sabun Temulawak

8. Beliva Sabun Temulawak

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 30.000

Antibiotik alami untuk wajah Anda

Sabun ini mengandung bahan antibiotik untuk mengobati jerawat. Sirih sebagai antibiotik dengan efek ringan, temulawak sebagai antibiotik sedang, dan temulawak sebagai antibiotik kuat. Kombinasi berbagai antibiotik alami ini berkhasiat untuk mennghilangkan jerawat dari kulit Anda.

Manfaat lain dari sabun ini antara lain mengencangkan dan membunuh kanker kulit serta mengatasi gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. Perhatikan juga cara menggunakannya. Basahi sabun dengan air, usapkan ke wajah, diamkan selama 2 menit, kemudian bilas dengan air. Sabun ini cocok untuk Anda yang ingin bebas dari gangguan jerawat dengan cara alami.

7. Extraderm Skin Clarifying Facial Soap

7. Extraderm Skin Clarifying Facial Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 62.000

Dibuat khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak

Sabun wajah ini dibuat khusus untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat. Pakailah sabun ini secara teratur untuk membantuk mengurangi minyak berlebih di kulit dan wajah Anda. Selain membantu mengurangi jerawat, produk ini juga mampu mengurangi noda dan bekas jerawat di kulit.

Sabun ini mengandung asam stearat yang melembapkan kulit serta senyawa sulfur sebagai agen pembersih kulit dari jerawat. Aroma harum yang ditimbulkannya berasal dari PEG-40 (polyethylene glycol hydrogenated castor oil) yang aman bagi kulit. Sabun ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kulit wajah yang bersih dan sehat seperti sedia kala.

6. MSI Tea Tree Oil Antibacterial Soap

6. MSI Tea Tree Oil Antibacterial Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Senyawa terpenoid untuk mengatasi berbagai masalah kulit

Sabun dengan simbol daun teh berwarna hijau ini termasuk ke dalam sabun herbal alami. Senyawa yang terkandung dalam sabun ini adalah terpenoid. Senyawa ini dikenal kaya manfaat dan berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Manfaat terpenoid, di antaranya adalah sebagai antiseptik, antibakteri, dan antivirus.

Kemampuan terpenoid dalam mengobati jerawat sebanding dengan benzoil peroksida, tetapi dengan risiko dan efek samping yang lebih rendah. Selain dapat mengobati jerawat, sabun ini juga ampuh menyembuhkan bisul, kutu air, dan herpes. Sabun ini pas untuk Anda yang ingin memiliki sabun wajah dengan segudang manfaat.

5. Theraskin Transparant Acne Soap

5. Theraskin Transparant Acne Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.816

Direkomendasikan oleh dokter dan klinik kecantikan

Ciri khas sabun ini adalah memiliki warna hijau yang transparan. Komponen yang terkandung di dalam sabun ini antara lain adalah senyawa asam stearat, gliserin, dan minyak daun Melaleuca alternifolia. Sabun ini ampuh membersihkan kotoran serta mempercepat proses penyembuhan jerawat pada kulit wajah Anda.

Berdasarkan penelitian, kandungan minyak daun Melaleuca alternifolia bersifat antiseptik dan dapat mengobati jerawat. Daun ini juga terbukti tidak menyebabkan efek samping bagi kulit Anda. Jadi, tidak heran jika sabun ini direkomendasikan oleh dokter dan klinik kecantikan. Cocok untuk Anda yang menginginkan sabun penghilang jerawat yang terjamin mutunya.

4. Sebapharma Sebamed Clear Face Cleansing Bar

4. Sebapharma Sebamed Clear Face Cleansing Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Menjaga pH ideal kulit Anda

Sabun ini merupakan produk impor yang sudah terbukti kualitasnya. Sabun ini memiliki reputasi yang sangat baik di mata konsumen karena telah lolos uji laboratorium mampu menngatasi jerawat dengan efektif. Sabun ini mempertahankan pH kulit Anda tetap ideal, yaitu pada angka 5,5. Dengan ini, pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pun akan terhambat.

Manfaat lain sabun ini antara lain, memantulkan radikal bebas dengan kandungan vitamin E-nya dan melembapkan kulit dengan kandungan senyawa lesitinnya. Bagi Anda yang menginginkan produk yang lebih dari sekedar sabun penghilang jerawat, produk ini wajib dipilih. Itu karena sabun ini juga mampu mencegah komedo dan menghilangkan minyak berlebih.

3. Gove Natural Facial and Body Soap

3. Gove Natural Facial and Body Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Mengandung manfaat berbagai bahan alami

Kandungan sabun ini antara lain adalah vitamin A, C, E, propolis, minyak sereh, minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak bulus. Sabun ini berkhasiat untuk memutihkan kulit dan membersihkan jerawat. Sangat tepat untuk Anda yang ingin menghilangkan segala jenis jerawat, baik jerawat yang masih kecil maupun jerawat yang sudah memerah.

Manfaat kecantikan lainnya juga bisa didapatkan dari sabun ini. Sabun ini dapat membantu menghilangkan flek hitam pada kulit, menghilangkan bekas jerawat, dan membantu regenerasi sel kulit. Dengan pemakaian teratur, kulit pun akan tampak muda berseri. Bahkan, aromanya dapat berfungsi sebagai aromaterapi untuk membantu meredakan stres.

2. Royalty Cosmetic Cleansing Soap

2. Royalty Cosmetic Cleansing Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Lebih dari sekadar menghapus jerawat

Manfaat sabun ini adalah untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan ekstrak lidah buaya pada sabun ini membantu membersihkan jerawat. Formula sabun ini mampu menembus pori-pori kulit sehingga dapat mengencangkan kulit Anda yang mulai kendur karena berbagai faktor, termasuk faktor penuaan.

Manfaat lainnya adalah mampu menghilangkan garis keriput pada wajah. Sabun ini sangat baik digunakan pada siang dan malam hari serta cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Akan lebih baik hasilnya bila Anda menggunakan sabun ini yang dikombinasikan dengan krim pencerah wajah dari merek yang sama.

1. Duta Elok Persada Nu Amoorea Beauty Plus Bar

1. Duta Elok Persada Nu Amoorea Beauty Plus Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 315.000

Mengandung stem cell untuk peremajaan kulit Anda

Sabun ini diperkaya dengan kandungan stem cell apel hijau Swiss yang tidak ditemukan pada sabun lainnya. Dalam dunia kedokteran, stem cell sedang booming karena dapat meregenerasi sel-sel dan membantu peremajaan sel-sel kulit. Bagi Anda yang menginginkan kulit tampak awet muda sekaligus bebas jerawat, catatlah nama produk ini di daftar belanja Anda.

Sabun ini tidak menyebabkan iritasi kulit berkat kandungan bahan alaminya. Produk ini pun banyak mengandung senyawa yang bermanfaat. Di antaranya adalah tea tree oil untuk menghambat pertumbuhan bakteri akibat jerawat, polyglucuronic acid untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Manfaat yang setimpal dengan harganya yang lumayan mahal.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips mengenai cara memilih sabun batangan untuk kulit berjerawat dan merekomendasikan 10 produk sabun batang untuk wajah berjerawat. Bagaimana menurut Anda?

Untuk menyembuhkan jerawat, memilih sabun yang sesuai dengan kulit Anda sangatlah penting. Hal yang tidak kalah penting adalah selalu menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah Anda setelah mencuci wajah untuk gaya hidup yang bersih. Dapatkanlah wajah sehat bebas jerawat dengan perlindungan sempurna dari sabun yang Anda pilih!