10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu perkakas memasak yang wajib ada di dapur rumah Anda adalah panci steamer atau kukusan. Panci tersebut bisa digunakan untuk mengukus sayuran, kue dan kudapan lainnya. Memasak dan mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk menghindari berbagai penyakit.

Ada beragam jenis panci kukusan yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Mulai dari harga yang paling murah hingga paling mahal. Sebelum membeli tidak ada salahnya jika Anda mengetahui bagaimana memilih panci kukusan yang sesuai untuk Anda dan keluarga.

Daftar isi

Cara memilih panci steamer (kukusan)

Menghidangkan makanan yang sehat untuk keluarga adalah sebuah keharusan. Mengukus adalah memasak tanpa menghilangkan banyak nutrisi yang terkandung dalam makanan. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara memilih panci kukusan yang berguna untuk Anda sebelum memutuskan untuk membeli.

Sesuaikan dengan hidangan yang akan Anda buat

Sesuaikan dengan hidangan yang akan Anda buat

Ketika ingin membeli steamer atau kukusan, Anda harus memperkirakan jenis hidangan apa yang akan Anda buat. Jika Anda ingin membuat berbagai hidangan dan membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya, Anda bisa memilih jenis panci kukus berukuran besar sehingga bisa menampung dan mendidihkan banyak air. Biasanya panci steamer jenis ini digunakan untuk mengukus sayuran atau buah-buahan.

Untuk mengukus ikan, daging, atau kue Anda bisa menggunakan kukusan dengan model panci bawah yang lebih lebar dan tidak terlalu tinggi atau disebut ‘plate type’. Pemilihan panci yang tepat akan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan memasak.

‘Plate Type’ dengan memerlukan pot tambahan

Panci kukus jenis ini bentuknya sama dengan panci pada umumnya. Hanya saja terdapat sekat yang berbentuk datar menyerupai piring yang bisa dipasang dan digunakan untuk mengukus. Biasanya panci ini dipakai untuk mengukus bahan makanan dalam jumlah sedikit, misal untuk mengukus sayuran, dimsum, atau siomay.

Bisa juga menggunakan kukusan tambahan seperti bahan yang terbuat dari bambu atau plastik tahan panas jika ingin mengukus dalam jumlah yang lebih banyak. Salah satu keuntungan jika Anda memilih panci kukus jenis ini adalah Anda akan menghemat ruang penyimpanan, karena bagian piring bisa disimpan bersama dengan panci utama.

Pilih sesuai dengan ukuran panci kukus yang akan digunakan

Pilih sesuai dengan ukuran panci kukus yang akan digunakan

Anda harus menyesuaikan ukuran panci dengan kukusan tipe plate sebelum membeli. Apalagi jika Anda membeli kukusan secara terpisah. Selain itu Anda juga harus memperhatikan apakah kukusan yang Anda beli secara terpisah itu terdapat tutup yang sesuai atau tidak.

“Tipe panci kukus” bisa memasak dalam waktu yang lama

"Tipe panci kukus" bisa memasak dalam waktu yang lama

Untuk Anda yang memasak dalam jumlah banyak, sebaiknya memilih panci kukus berukuran besar. Panci kukus ukuran besar juga bisa digunakan untuk mengukus dalam waktu lama. Sehingga Anda tidak perlu sering-sering membuka atau menambahkan air karena ukuran panci terlalu kecil sementara masakan Anda belum matang.

Tentu saja dengan ukuran panci yang lebih besar Anda akan bisa memasak dengan jumlah yang banyak. Selain itu juga akan lebih menghemat waktu Anda, karena tidak perlu berulang kali mengukus makanan karena memasak dalam jumlah banyak. Makanan yang akan Anda masak pun akan matang dalam waktu yang bersamaan.

Panci kukus multifungsi

Ada panci kukus yang terdiri dari dua atau lebih kukusan. Pada bagian pertama atau paling bawah biasanya berfungsi untuk memanaskan air. Ukurannya lebih besar dan lebih tinggi ketimbang panci di atasnya. Ada jenis yang hanya terdapat satu panci kukus, ada pula yang dua bahkan empat panci kukus.

Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Misal Anda memasak tidak terlalu banyak, bisa menggunakan satu panci saja. Anda juga bisa menggunakan panci untuk merebus atau memasak sayuran tanpa mengukus. Panci kukus yang terdiri dari dua sampai empat susun biasanya terbuat dari stainless steel sehingga mampu menyebarkan panas secara merata. Masakan pun akan matang merata, kendati menggunakan panci kukus susun.

10 Rekomendasi panci steamer (kukusan) terbaik

Berikut ini kami ulas 10 rekomendasi panci steamer (kukusan) terbaik yang dipilih berdasarkan kebutuhan memasak Anda, harga, bahan pembuat, dan fungsi lainnya. Simak ulasan berikut ya!

10. Bestware Panci Steamer

10. Bestware Panci Steamer

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 235.000

Antikarat aman untuk masakan

Panci kukusan ini terbuat dari stainless steel yang dapat meratakan panas ke seluruh bagian panci. Panas yang merata akan membuat masakan matang seluruhnya. Bahan stainless steel juga antikarat, sehingga aman untuk masakan Anda. Gagang panci juga dilengkapi dengan teknologi bakelite, kendati panci dalam keadaan panas gagang tetap dingin sehingga Anda tidak perlu khawatir kepanasan saat mengangkatnya.

Panci ini bisa digunakan untuk memasak sayuran, merebus air, dan bisa berfungsi sebagai kukusan atau dandang. Selain untuk mengukus juga bisa digunakan sebagai dandang untuk memasak nasi. Ada lima ukuran yang tersedia, namun hanya panci dengan diameter 22 cm dan 24 cm yang dilengkapi dengan steamer atau kukusan. Anda bisa menyesuaikan ukuran panci dengan kebutuhan. Untuk rumah tangga, bisa menggunakan panci berdiameter 24 cm.

9. Maspion Panci Kukus

9. Maspion Panci Kukus

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 219.000

Bisa untuk mengukus, menanak nasi, dan merebus

Panci kukusan merek Maspion ini dapat digunakan untuk mengukus, menanak nasi, dan merebus. Tutup panci transparan sehingga memudahkan untuk memeriksa makanan tanpa harus mengangkat tutup panci. Produk ini dibuat dengan pegangan panci antipanas sehingga memudahkan untuk dipegang meski panci dalam kondisi panas.

Terbuat dari alumunium anodized, panci ini aman digunakan untuk memasak. Panci Maspion terdapat beberapa ukuran, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Panci kukus ini cocok untuk keluarga kecil Anda. Selain multifungsi, harganya juga cocok untuk kantong Anda!

8. BIMA Prima pot and steamer

8. BIMA Prima pot and steamer

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 275.000

Panci berkualitas buatan Indonesia

Panci buatan Bandung ini dapat menjadi pilihan Anda dalam memilih peralatan memasak. Terbuat dari stainless steel dengan dua fungsi yaitu untuk merebus dan mengukus. Panci ini terpisah antara untuk mengukus dan merebus sehingga akan lebih memudahkan Anda ketika digunakan.

Kendati buatan lokal, panci merek ini dikenal berkualitas dan tahan lama. Panci dengan bahan stainless steel akan mendistribusikan panas secara merata dan tersedia ukuran 20 cm- 26 cm, cukup untuk memasak atau mengukus makanan untuk Anda sekeluarga. Selain bisa digunakan untuk memasak harian, bisa juga Anda gunakan untuk menghidangkan makanan untuk arisan, loh!

7. Asia Living Luminarc Kukusan

7. Asia Living Luminarc kukusan

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 304.650

Panci kukus terbuat dari kaca

Berbeda dengan produk lainnya, panci Asia Living Furniture merek ini hanya menyediakan panci kukusan jenis plate type. Panci kukusan ini terbuat dari kaca sehingga tidak berpori, kuat, dan mudah dibersihkan. Bahan dasar kaca membuat panci ini higienis dan bebas dari bakteri. Sangat sesuai untuk Anda yang menerapkan gaya hidup sehat.

Untuk menunjang panci ini, Anda bisa gunakan panci keluaran Luminarc ukuran 2 atau 3 liter sebagai dasar panci. Anda juga bisa menyesuaikan dengan panci yang Anda punya di rumah. Ukuran panci harus sesuai, jika terlalu besar atau terlalu kecil akan percuma karena tidak dapat digunakan.

6. Best Seller Panci Steamer

6. Best Seller Panci Steamer

Lihat produk di Lazada

Harga: Rp 663.000

Panci tiga susun, lebih ekonomis dan menghemat waktu

Panci merek ini terbuat dari stainless steel yang berkualitas. Tutup panci terbuat dari kaca sehingga memudahkan untuk melihat hasil masakan yang Anda buat. Selain itu juga terdapat pegangan atau handle antipanas yang akan memudahkan Anda ketika mengangkat atau memindahkan panci.

Ada tiga susun kukusan yang dapat digunakan secara besamaan, sehingga Anda bisa memasak dalam jumlah banyak. Selain untuk mengukus, panci steamer ini juga bisa digunakan untuk merebus dan menghangatkan makanan. Anda yang memiliki usaha katering bisa memilih panci merek ini, karena praktis dan bisa menghemat waktu Anda!

5. Supra Panci Kukus 2 Susun

5. Supra Panci Kukus 2 Susun

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp250.000

Bisa digunakan di semua jenis kompor

Panci Supra berdiameter 32 cm ini bisa digunakan untuk mengukus semua jenis makanan seperti bakpao, kue dan sayuran. Panci dua susun ini bisa dilepas pasang sehingga Anda lebih fleksibel ingin mengukus atau merebus masakan. Beratnya yang kurang dari 3 kg juga membuat panci ini tidak merepotkan bagi Anda. Cocok untuk Anda seorang ibu rumah tangga!

Tutup panci terbuat dari kaca sehingga memudahkan Anda untuk melihat masakan sudah matang atau belum.  Seluruh bangan panci terbuat dari stainless steel sihingga panas menyebar dengan merata. Termasuk pada bagian handle atau pegangan panci, jadi Anda harus berhati-hati ketika memindahkannya.

4. Signora Panci Kukus Steamer

4. Signora Panci Kukus Steamer 20 cm SHH059

Lihat produk ini di Lazada

Harga: 350.000

Cocok digunakan untuk memasak dalam jumlah kecil

Perkakas dapur ini terbuat dari stainless steel dan dilengkapi dengan tutup kaca yang memudahkan ketika melihat hasil masakan. Ukurannya tidak terlalu besar sangat cocok digunakan untuk keluarga kecil yang tidak memasak dalam jumlah banyak. Karena kecil, panci ini jadi irit tempat!

Panci jenis sauce pan ini biasanya digunakan untuk memasak saus, membuat kuah dan memasak air. Untuk menambah kepercayaan Anda terhadap panci ini, ada garansi 3 bulan juga lho! Tunggu apa lagi? Segera dapatkan banyak keuntungan dengan produk ini!

3. Home Line Folding Steamer

3. Home Line Folding Steamer

Lihat produk ini di Lazada

Harga: 99.000

Sangat praktis digunakan

Produk ini hanya menyediakan kukusannya saja. Anda bisa menggunakan panci yang Anda punya dan menyesuaikan dengan diameter kukusan lipat. Bisa digunakan untuk panci dengan diameter 24 cm dan 26 cm. Sangat praktis karena mudah digunakan dan perawatannya pun tidak sulit.

Untuk membersihkannya Anda hanya perlu membasuh dan mencucinya dengan air bersih dan busa pencuci piring yang aman untuk peralatan dapur. Terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga aman digunakan untuk mengukus semua masakan untuk hidangan keluarga. Cocok untuk anak kosan karena produk ini simpel dan harganya cukup ekonomis.

2. Maspion Orozeta 3 Susun

2. Maspion Orozeta 3 Susun

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 449.000

Pegangan antipanas, mudah untuk dipindahkan

Panci ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memasak dalam jumlah banyak.  Terdapat tiga lapis panci yang dapat digunakan secara bersamaan. Anda juga bisa melepas satu bagian panci jika hanya ingin menggunakan satu bagian kukusan saja. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha rumahan atau kafe, misal untuk mengukus bakpao, siomay dan dimsum.

Panci Maspion 3 Susun ini tersedia beberapa ukuran sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda. Terbuat dari stainless steel sehingga aman digunakan dan antikarat. Selain itu panci ini juga relatif mudah dibersihkan. Sangat cocok untuk usaha rumahan Anda, bukan?

1. HAN Pot & Steamer

1. HAN Pot & Steamer

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 250.000

Panci eksklusif ringan di kantong

Tampilan panci kukus ini eksklusif. Terbuat dari stainless steel tebal yang membuat panci ini layak jadi pilihan untuk melengkapi perkakas dapur Anda. Panci kukus ini terdiri dari dua susun sehingga mudah dilepas dan dipasang sesuai dengan keperluan Anda.

Bahan stainless steel yang tebal membuat panci ini lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain untuk mengukus, panci ini juga bisa digunakan untuk merebus atau memanaskan masakan. Harganya pun cukup terjangkau dan memiliki kualitas yang bagus. Berkualitas dan masih cukup terjangkau!

Kesimpulan

Demikian 10 rekomendasi panci steamer (kukusan) yang bisa Anda jadikan referensi. Selain kegunaan, Anda juga harus memperhatikan bahan panci dan kualitasnya. Bisa jadi terbuat dari bahan yang sama, namun memiliki kualitas yang berbeda.

Apakah Anda sudah menemukan panci yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Semoga tips dan rekomendasi dari kami tentang panci kukusan atau steamer ini dapat membantu Anda dalam memasak. Selamat memilih!