• 10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Panci Steamer (Kukusan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tren hidup sehat tengah menjangkiti masyarakat Indonesia. Perlahan tetapi pasti, masyarakat mulai meninggalkan makanan yang digoreng dan beralih ke makanan yang dikukus. Kondisi ini membuat panci steamer (kukusan) menjadi idola baru di antara kalangan ibu rumah tangga.

Untuk mengakomodasi permintaan pasar, Maspion dan Bima mengeluarkan panci steamer yang bagus dan berkualitas. Anda juga dapat memilih rekomendasi merk lain dengan harga dan kualitas yang tak kalah bersaing. Ikuti panduan memilih panci steamer (kukusan) berikut ini. Simak juga komentar dan tips dari cook, Debbie Ariesthea!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Debbie Ariesthea
  • Pembaharuan terakhir: 09 Juni 2021
  • 51.788 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan cook, Debbie Ariesthea

Berkolaborasi dengan cook, Debbie Ariesthea

Debbie adalah pemilik akun Instagram @debbie_ariesthea yang banyak diikuti oleh pehobi masak ataupun baking. Awalnya, Debbie memotret hasil baking atau masakannya sebagai hobi. Foto dan resep yang dibagikannya di Instagram ternyata mendapat respons positif dari orang-orang yang memiliki hobi yang sama.

 
Sejak itu, Debbie pun aktif melakukan sharing foto dan resep masakannya. Sedikit demi sedikit, akun Instagram-nya di-follow banyak orang hingga saat ini sudah mencapai 46,4K.

Perhatikan keunggulan panci steamer (kukusan)

Perhatikan keunggulan panci steamer (kukusan)
Ada satu fakta menarik yang perlu Anda ketahui sebelum membeli panci steamer. Tahukah Anda bagaimana perkakas dapur ini bekerja? Steamer memanfaatkan uap panas sebagai media utama untuk memasak makanan

Berbeda dengan microwave yang menggunakan mikromagnetik untuk memanaskan makanan dari dalam ke luar, steamer memanaskan makanan dari luar ke dalam. Makanan dapat matang sempurna karena dipanaskan secara perlahan dan tidak ada peningkatan suhu secara mendadak.

Perlu diingat, proses memasak dengan steamer akan memakan lebih banyak waktu dibandingkan microwave oven. Jika microwave oven memanaskan makanan dalam suhu tinggi, steamer menggunakan suhu rendah, tetapi berkesinambungan. Walaupun memakan waktu cukup lama, Anda akan dimanjakan dengan banyak keuntungan. 

Pertama, rasa manis akan tercipta tanpa merusak kandungan nutrisi masakan. Selain itu, ikan dan daging biasanya menjadi sedikit keras setelah dimasak dengan cara biasa. Namun, jika Anda menggunakan steamer, ikan dan daging akan menjadi lebih lembut dan juicy!

Terakhir, Anda tidak membutuhkan minyak saat memasak dengan steamer. Dengan kata lain, produk ini sangat diet-friendly! Hanya dengan satu panci steamer, Anda dapat menyajikan pelbagai jenis makanan!
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Sudah pasti makanan yang dikukus jauh lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng. Mengukus makanan dapat mempertahankan sari dan rasa alami dari makanan itu sendiri. Masakan yang dihasilkan juga tidak menyerap minyak sehingga kandungan lemak juga lebih sedikit dibandingkan makanan yang digoreng.

Cara memilih panci steamer (kukusan)

Menghidangkan makanan sehat untuk keluarga adalah sebuah keharusan. Dengan memakai steamer, Anda dapat mengukus makanan tanpa menghilangkan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara memilih panci steamer yang dapat dijadikan panduan untuk memilih produk terbaik.

Pilih berdasarkan tipe pancinya

Secara garis besar, panci steamer terdiri dari dua tipe yaitu tipe plate dan pot. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Plate type: Cocok untuk pemula dan dapat langsung digunakan

Plate type: Cocok untuk pemula dan dapat langsung digunakan
Tipe ini kami rekomendasikan untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan kukusan karena sangat mudah digunakan. Bayangkan saja, Anda cukup menaruh kukusan di dalam panci yang Anda punya di rumah. Terlebih lagi, sudah banyak kukusan plate type berbentuk compact sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan khusus. Anda pun dapat mencari tipe ini dengan mudah di online shop.
Meskipun begitu, tipe ini kurang cocok untuk memasak dalam waktu yang lama karena jumlah air yang dapat ditampung di panci sangat terbatas. Dibandingkan untuk mengukus banyak bahan makanan sekaligus, tipe ini lebih cocok untuk mengukus bahan makanan dalam porsi kecil. Sebagai contoh, tipe ini sangat ideal untuk menghangatkan sushi atau daging untuk satu hingga dua orang saja.
Sebenarnya, akan jauh lebih baik jika Anda membeli satu plate type steamer dengan penutup karena pastinya jauh lebih praktis. Namun, jika hanya dijual bagian kukusannya saja, cobalah untuk mengombinasikannya dengan panci berpenutup.
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Wadah kukusan plate type adalah jenis yang memerlukan panci atau wajan tambahan untuk wadah air mendidih. Ada yang berupa piringan aluminium, bambu, ataupun plastik tahan panas. Ukurannya cenderung kecil dengan diameter sekitar 20 cm saja. 


Wadah kukusan plate type lebih cocok digunakan untuk mengukus makanan dalam jumlah sedikit dan ukuran yang kecil. Anda bisa mengukus dimsum, sayur, siomai, dan sebagainya. Wadah kukusan tipe ini sangat cocok digunakan untuk pemula.

Pot type: Daya tampung besar dan sanggup mengukus dalam waktu lama

Pot type: Daya tampung besar dan sanggup mengukus dalam waktu lama
Apakah Anda memiliki banyak anggota keluarga atau ingin mengukus dalam jumlah banyak sekaligus? Silakan memilih kukusan pot type karena bahan makanan dalam jumlah banyak dapat dikukus dalam satu waktu. Pasalnya, steamer jenis ini memiliki daya tampung air yang besar. Dengan demikian, Anda dapat lebih menghemat waktu.
Menarik untuk dicatat, tipe ini dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian bawah panci untuk merebus air dan bagian atas sebagai kukusan. Dengan kata lain, Anda dapat memakai panci steamer sebagai panci biasa ketika dibongkar. Jika Anda ingin memasak banyak hidangan, silakan memilih produk ini karena lebar kukusannya cukup lebar. Terlebih lagi, jika Anda kurang puas dengan performa kukusan plate type.
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Panci kukus pot type atau jenis dandang merupakan yang paling banyak dimiliki. Harganya terjangkau, memiliki ukuran yang bervariasi, dan pastinya mudah serta praktis digunakan.


Dandang kukus biasanya terbuat dari bahan aluminium yang cukup tebal. Saat membelinya, Anda akan mendapatkan satu buah panci, tutup panci, dan satu piring kukus. Panci pada dandang ini memiliki kapasitas yang besar dan mampu menampung banyak air. Alhasil, Anda tidak perlu takut air akan habis sangat mengukus.

Pilih material bahan yang sesuai dengan jenis hidangan

Panci steamer terbuat dari beberapa material. Kami sarankan untuk memilih material bahan yang dapat meningkatkan kualitas rasa dari hidangan Anda.

Untuk puding, pilih stainless steel bebas bau atau kaca

Untuk puding, pilih stainless steel bebas bau atau kaca
Saat akan membuat puding, pertimbangkan untuk memakai panci steamer berbahan stainless steel bebas bau atau kaca. Bahan ini mudah dibersihkan dan dicuci karena tidak bercampur dengan minyak dan bumbu. Anda juga dapat menghemat waktu karena konduktivitas termalnya sangat bagus.
Perlu dicatat, beberapa jenis steamer berbahan stainless steel dan kaca juga dapat dipakai untuk microwave, oven, kompor, atau disimpan di dalam kulkas. Inilah salah satu alasan mengapa bahan ini begitu disukai karena memang mudah digunakan untuk segala kebutuhan.
Jika ingin terlihat lebih estetik, silakan memilih steamer stainless steel dengan penutup berbahan kaca. Jadi, Anda dapat melihat proses perebusan dari balik tutup kaca tanpa harus bolak-balik membuka penutupnya. Bahan kaca cenderung sulit didinginkan dan terlihat lebih stylish. Anda pun dapat meletakkan panci steamer di atas meja makan dengan penuh percaya diri.
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Untuk membuat puding, biasanya kita bisa menggunakan panci gagang atau yang dikenal dengan sebutan panci susu, kapasitasnya sekitar 2 liter. Panci ini yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang dan hampir semua rumah memilikinya.


Panci ini cocok untuk memasak mie instan, bubur, oat, saus, atau puding karena relatif kecil dan mudah dipakai. Panci ini biasanya terbuat dari bahan enamel, stainless steel, atau aluminium dan ada yang berlapisan antilengket.

Pakai bahan bambu untuk dim sum dan sayuran

Pakai bahan bambu untuk dim sum dan sayuran
Bahan bambu sangat direkomendasikan untuk mengukus dimsum dan sayuran. Dengan memakai steamer anyaman bambu yang halus dengan penutup kayu cedar, dimsum dan sayuran akan mengembang padat dan lezat karena proses penguapan yang sempurna. Uap air pun tidak akan keluar dan jatuh ke bahan makanan karena bagian bawah steamer tidak terendam air secara langsung.
Sayangnya, tipe ini juga ada kekurangannya. Secara garis besar, bahan utamanya memang terbuat dari bambu atau kayu. Namun, ada beberapa bagian yang memakai duralumin (aluminium alloy) atau alumite.
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Saya suka mengukus dimsum, siomai, dan bakpao memakai klakat bambu. Klakat bambu bisa menyerap lebih banyak uap sehingga bisa membuat makanan lebih lembut dan kenyal. Sehabis digunakan, klakat bambu harus segera dibersihkan. Dengan begitu, klakat tidak mudah menghitam atau berjamur dan meninggalkan kotorannya di bagian sela-selanya.

Perhatikan ukuran dan bentuk panci steamer (kukusan)

Perhatikan ukuran dan bentuk panci steamer (kukusan)
Sebelum membeli, pastikan Anda memilih panci yang sesuai dengan perlengkapan memasak dan ruang penyimpanan. Cari tahu apakah plate type yang akan dibeli memiliki ukuran yang sesuai agar dapat diletakkan di dalam panci Anda.
Selain itu, Anda tidak perlu menyesuaikan tipe panci dengan peralatan memasak lainnya. Anda hanya perlu mengecek ukuran panci agar sesuai dengan ukuran dan daya tampung ruang penyimpanan Anda di rumah.
Satu lagi, Anda juga harus memperhatikan bentuknya. Sebagian besar plate type memiliki bentuk bulat sehingga Anda tidak perlu khawatir jika akan memasukkannya ke dalam panci yang ada di rumah. Namun, ada baiknya Anda memiliki kukusan pot type berbentuk persegi dan bulat dengan ukuran yang sesuai dengan panci dan wajan lainnya. Dengan demikian, kukusan dapat ditumpuk dan disimpan dengan mudah.
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Steamer yang dijual di pasaran memiliki banyak jenis ukuran dan bentuk. Untuk memilih ukuran dan bentuk steamer, sebaiknya kita sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kita sehari-hari di dapur. Jika hanya untuk penggunaan sehari-hari, pilih ukuran yang standar saja, sekitar 20–26 cm. Lain lagi kalau digunakan untuk keperluan usaha atau jualan, sebaiknya kita memilih steamer yang berkapasitas besar.

Sesuaikan dengan ukuran kompor listrik

Sesuaikan dengan ukuran kompor listrik
Untuk Anda yang memakai kompor listrik, periksalah apakah panci steamer sesuai dengan ukuran kompor listrik. Perlu untuk dicatat bahwa ada beberapa panci steamer yang tidak cocok dengan kompor listrik.
Anda disarankan untuk mengecek manual atau situs resmi dari produsen steamer sedari awal. Seandainya dapat dipakai di kompor listrik, steamer tersebut juga biasanya dapat dipakai untuk desktop stove yang diletakkan di meja makan.
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Jika menggunakan kompor induksi, sebaiknya kita memilih steamer yang berbahan stainless steel atau besi. Selain itu, carilah steamer dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar bisa dipakai di kompor induksi.

Pertimbangkan steamer elektrik atau microwave oven yang hemat waktu

Pertimbangkan steamer elektrik atau microwave oven yang hemat waktu
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kekurangan dari panci steamer adalah memakan banyak waktu. Khusus untuk Anda yang sibuk dan ingin menghemat waktu, kami rekomendasikan panci steamer elektrik dan microwave oven. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengatur besar-kecil api dan suhu kukusan. Tipe ini biasanya disebut dengan steam cooker atau silicone steamer.
Steam cooker menawarkan banyak kemudahan, seperti dapat dihubungkan ke sumber listrik, dilengkapi timer, meminimalkan embusan udara, dan wadah untuk merebus telur. Sementara itu, silicone steamer juga dapat dipakai di microwave. Keunggulan tipe ini adalah bentuknya compact, ringan, dan mudah untuk disimpan. Terlebih lagi, tipe ini juga mudah untuk dibersihkan sehingga cocok untuk Anda yang hidup sendiri.
Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Saya pribadi lebih memilih steamer elektrik karena lebih praktis digunakan dan prosesnya juga lebih cepat. Steamer elektrik juga paling praktis digunakan untuk Anda yang tidak memiliki microwave.

10 Rekomendasi panci steamer (kukusan) terbaik

Berikut ini sepuluh rekomendasi panci steamer atau panci kukusan terbaik yang dipilih berdasarkan harga, material bahan, dan fungsi lainnya. Baca sampai selesai, ya.
10

PhilipsPure Essentials Collection Pengukus

HD9140

Mulai dari Rp 1.150.000,00

MaterialPlastik dengan komponen baja antikarat
TipePot type
Ukuran36 cm x 45 cm x 22,7 cm
Kompor listrik×
9
MaterialAluminium
TipePot type
Ukuran27 cm x 21 cm x 13 cm
Kompor listrik
8
MaterialStainless steel
TipePot type
UkuranTersedia dalam ukuran diameter 16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm, 24 cm, 26 cm, dan 28 cm
Kompor listrik
7
MaterialKaca
TipePlate type
UkuranDiameter 20 cm
Kompor listrik×
6
MaterialBesi antikarat
TipePlate type
UkuranTersedia empat ukuran dengan diameter 20 cm, 22 cm, 24 cm, dan 26 cm
Kompor listrik×
5
MaterialSilikon
TipePlate type
UkuranDiameter 20 cm
Kompor listrik×
4
MaterialBambu
TipePot type
UkuranDiameter 22 cm dan tinggi 5,5 cm
Kompor listrik×
3

Home Line Keranjang Kukusan Lipat Stainless Medium

Silver

Mulai dari Rp 90.000,00

MaterialStainless steel
TipePlate type
UkuranDiameter bawah 18 cm, diameter terbuka maksimal 30 cm, dan panjang kaki 3 cm
Kompor listrik×
2

SupraPanci Kukus Steamer 3 Susun 32 cm

SP-32-SS3

Mulai dari Rp 415.000,00

MaterialStainless steel
TipePot type
UkuranDiameter 32 cm
Kompor listrik
1
MaterialStainless steel
TipePot type
Ukuran33 cm x 28 cm x 18 cm
Kompor listrik

Tabel perbandingan produk panci steamer (kukusan) terbaik

Gambar produk
1
Azonex Panci Kukus Pot Steamer 1

Azonex

2
Supra Panci Kukus Steamer 3 Susun 32 cm  1

Supra

3
Home Line  Keranjang Kukusan Lipat Stainless Medium 1

Home Line

4
HomeMaster Bamboo Steamer 1

HomeMaster

5
Maxim Tools Silicone Steamer 1

Maxim Tools

6
Home Line Piring Steamer Kukusan 1

Home Line

7
Luminarc  Steam Basket 1

Luminarc

8
Bima Prima  Saucepot 1

Bima Prima

9
Maspion  Panci Hello Kitty 18 DH 1

Maspion

10
Philips Pure Essentials Collection Pengukus 1

Philips

Nama produk

Panci Kukus Pot Steamer

Panci Kukus Steamer 3 Susun 32 cm

Keranjang Kukusan Lipat Stainless Medium

Bamboo Steamer

Silicone Steamer

Piring Steamer Kukusan

Steam Basket

Saucepot

Panci Hello Kitty 18 DH

Pure Essentials Collection Pengukus

Keunggulan

Bebas bau, aman, dan ramah lingkungan!

Memasak bebas rempong saat menjamu banyak orang

Desainnya unik dan dapat dilipat

Ingin menyantap dim sum dengan aroma natural? Pakai kukusan bambu!

Daya tahan panas mencapai 230 derajat Celsius!

Tak sebatas panci, ditaruh di atas wajan pun bisa!

Multifungsi! Bisa dipakai untuk segala keperluan dapur

Produk buatan lokal dengan kualitas go international!

Berikan kado spesial untuk orang terspesial!

Supercanggih! Panci steamer elektrik dengan segudang fitur keren!

Harga mulai dariRp 259.900,00Rp 415.000,00Rp 90.000,00Rp 60.000,00Rp 51.500,00Rp 59.000,00Rp 400.000,00Rp 214.800,00Rp 219.000,00Rp 1.150.000,00
MaterialStainless steelStainless steelStainless steelBambuSilikonBesi antikaratKacaStainless steelAluminiumPlastik dengan komponen baja antikarat
TipePot typePot typePlate type Pot typePlate typePlate typePlate typePot typePot typePot type
Ukuran33 cm x 28 cm x 18 cmDiameter 32 cmDiameter bawah 18 cm, diameter terbuka maksimal 30 cm, dan panjang kaki 3 cmDiameter 22 cm dan tinggi 5,5 cmDiameter 20 cmTersedia empat ukuran dengan diameter 20 cm, 22 cm, 24 cm, dan 26 cmDiameter 20 cmTersedia dalam ukuran diameter 16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm, 24 cm, 26 cm, dan 28 cm27 cm x 21 cm x 13 cm36 cm x 45 cm x 22,7 cm
Kompor listrik××××××
Tautan produk

Pelajari cara memakai steamer dengan benar untuk memangkas waktu

Pelajari cara memakai steamer dengan benar untuk memangkas waktu
Steamer memang terkesan tidak hemat waktu jika dibandingkan dengan oven microwave dan wajan penggorengan. Makanya, banyak orang yang ragu saat harus membeli steamer karena dirasa kurang praktis. Namun, jika Anda mengetahui tips untuk mengoperasikannya dengan tepat, dijamin akan lebih hemat waktu.
Pertama, gunakan steamer untuk mengukus menu pelengkap seperti halnya garnis. Sederhananya, pakailah wajan atau panci untuk memasak menu utama dan gunakan kukusan untuk mengukus sayuran. Cara ini tidak hanya membuat makanan lebih bergizi, tetapi juga menghemat waktu Anda.
Selain itu, steamer juga dapat dipakai untuk menyiapkan hidangan dalam jumlah banyak sehingga lebih hemat waktu. Setelah mengukus sayuran yang telah dipotong menjadi ukuran kecil, Anda dapat menyimpannya di kulkas untuk makan siang. 

Cara ini efektif untuk memangkas waktu persiapan, khususnya untuk Anda yang harus membuat sarapan setiap pagi. Silakan mencoba metode ini jika Anda memiliki rutinitas kerja yang padat atau tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Debbie Ariesthea
Cook
Debbie Ariesthea

Untuk mempercepat proses mengukus, isi panci atau wajan dengan air panas agar cepat mendidih. Panci berukuran besar atau memiliki banyak susun juga bisa dijadikan pilihan. Dengan panci seperti ini, kita bisa mengukus beberapa makanan sekaligus.

Tips dari cook, Debbie Ariesthea

Tips dari cook, Debbie Ariesthea

Setiap habis pakai steamer elektrik ataupun steamer di kompor, sebaiknya kita bersihkan dengan baik sebelum disimpan. Hal ini akan membuat steamer lebih awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga rekomendasi wajan dan panci lainnya di sini

Setelah membeli panci steamer, apakah Anda tertarik untuk membeli jenis panci lainnya? Kami telah menulis artikel rekomendasi panci susu, panci satu tangan, dan panci penggorengan spesial untuk Anda. Dengan berpedoman pada artikel dari kami, Anda tidak akan salah pilih dan dapat membeli produk berkualitas dengan harga bersaing. Happy shopping!

Kesimpulan

Ini dia sepuluh rekomendasi produk panci steamer dari kami. Apakah ada produk yang menarik bagi Anda? Jika selama ini Anda hanya memasak dengan memakai microwave, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba panci steamer.
Dengan memakai peralatan dapur ini, masakan yang awalnya biasa saja bisa menjadi lebih lezat. Silakan memakai artikel ini sebagai referensi untuk memilih panci steamer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
    278.546 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang jauh lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merk, seperti BOLDe, Maxim, LocknLock, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
    67.463 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan penggorengan terbuat dari bahan yang beragam, baik yang dilengkapi lapisan antilengket maupun yang noncoating. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan wajan antilengket seperti teflon, serta wajan noncoating, seperti cast iron dan stainless steel. Apa keunggulan dari setiap bahan tersebut? Kami akan menjabarkannya untuk Anda. Kami juga akan mengulas rekomendasi wajan dari merk ternama, seperti Tefal, IKEA, Maxim, dan Oxone. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus. Temukanlah wajan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
    209.506 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila Anda hobi memasak, memiliki satu set frying pan mungkin akan menjadi kepuasan tersendiri. Selain mempercantik interior dapur dengan peralatan masak yang seragam, frying pan set bisa disimpan dengan lebih rapi dan ringkas. Namun, banyaknya produk set frying pan yang bagus mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Supaya Anda tidak bingung, kami akan mengulas cara memilih frying pan set. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada produk set dari MINKA, Maxim, Oxone, Supra, dan sebagainya, lho.
    Peralatan masak
    131.207 Views
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak, yaitu harus mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Akan tetapi, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda.Dengan beragam variasi fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilihnya. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa food chopper yang banyak diminati seperti Zyliss, Tupperware, Slap Chop, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
    74.329 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kompor gas portable memiliki bentuk mini sehingga penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya gas meledak.   Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda cara memilih kompor gas portable terbaik sebagai panduan memilih. Kami juga akan merekomendasi produk terbaik kompor gas portable, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Produk-produk tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilh. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda!
    Peralatan masak
    91.113 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kompor gas merupakan peralatan dapur yang sangat penting digunakan untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Dengan kompor gas, Anda dapat memasak dengan lebih cepat, mudah, dan hemat. Salah satu merk kompor gas yang cukup terkenal adalah Rinnai. Perusahaan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kompor gas yang bagus dan berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk kompor gas Rinnai terbaik. Beberapa seri, seperti Simplicity, Grande, dan Clean juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Peralatan masak
    29.880 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori