1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023)

Untuk Anda yang sedang diet dan pantang gorengan, Anda perlu alat masak yang tepat untuk mendukung aktivitas memasak Anda. Panci steamer adalah alat masak yang dapat dipertimbangkan untuk memulai gaya hidup sehat Anda. Dengan alat ini, Anda dapat mengukus sayur, lauk, hingga menghangatkan camilan, seperti siomai dan bakpao.

Jika Anda hendak membelinya, simak tips memilih panci kukus terbaik yang kami siapkan di bawah ini. Rekomendasi merek food steamer yang bagus, seperti IKEA, Tupperware, dan Oxone juga akan kami review. Artikel ini telah ditinjau oleh cook kami, Debbie Ariesthea.

Diperbaharui 11-21-2022
Pakar
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Debbie adalah pemilik akun Instagram @debbie_ariesthea yang banyak diikuti oleh pehobi masak ataupun baking. Awalnya, Debbie memotret hasil baking atau masakannya sebagai hobi. Foto dan resep yang dibagikannya di Instagram ternyata mendapat respons positif dari orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Sejak itu, Debbie pun aktif melakukan sharing foto dan resep masakannya. Sedikit demi sedikit, akun Instagram-nya di-follow banyak orang hingga saat ini sudah mencapai 46,4K.

Profil Debbie Ariesthea
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Keunggulan panci steamer (kukusan)

Keunggulan panci steamer (kukusan)
Steamer adalah perkakas dapur yang memanfaatkan uap panas sebagai media utama untuk memasak makanan. Panci steamer berfungsi mengukus berbagai makanan, seperti kue, sayuran, dimsum, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan fungsi panci steamer dibandingkan alat masak lain.

  • Makanan matang lebih merata

Berbeda dengan microwave yang memanaskan makanan dari dalam ke luar, steamer memanaskan makanan dari luar ke dalam. Karena dipanaskan secara perlahan dan tak ada peningkatan suhu secara mendadak, makanan dalam steamer dapat matang sempurna.


  • Kandungan nutrisi dalam makanan tetap terjaga

Steamer memanaskan makanan menggunakan suhu rendah, tetapi berkesinambungan. Berkat hal tersebut, makanan dapat matang tanpa merusak kandungan nutrisi di dalamnya. 

  • Membuat tekstur ikan dan daging lebih juicy

Ikan dan daging biasanya menjadi sedikit keras setelah dimasak dengan cara biasa, misalnya digoreng atau dipanggang. Jika Anda menggunakan steamer, ikan dan daging tersebut akan menjadi lebih lembut dan juicy.


  • Diet-friendly

Memasak menggunakan panci kukusan atau steamer bisa dijadikan solusi saat Anda sedang diet. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan minyak untuk memasak makanan dengan steamer. Kandungan lemak dalam hidangan yang Anda makan pun dapat terkontrol dengan baik.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Sudah pasti makanan yang dikukus jauh lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng. Mengukus makanan dapat mempertahankan sari dan rasa alami dari makanan itu sendiri. Masakan yang dihasilkan juga tidak menyerap minyak sehingga kandungan lemak juga lebih sedikit dibandingkan makanan yang digoreng.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih panci steamer (kukusan)

Sebelum membeli panci kukus, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara memilih panci steamer yang dapat dijadikan panduan untuk menemukan produk terbaik.

① Pilih berdasarkan tipe pancinya

Secara garis besar, panci steamer terdiri dari dua tipe, yaitu tipe plate dan pot. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Plate type: Daya tampung kecil dan cocok untuk pemula

Plate type: Daya tampung kecil dan cocok untuk pemula
Tipe ini kami rekomendasikan untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan kukusan karena sangat mudah digunakan. Anda cukup menaruh kukusan di dalam panci yang Anda punya di rumah. Terlebih lagi, sudah banyak kukusan plate type berbentuk compact sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan khusus.

Namun, tipe ini kurang cocok untuk memasak dalam waktu lama karena air yang dapat ditampung di bawah panci sangat terbatas. Plate steamer ideal untuk mengukus bahan makanan dalam porsi kecil. Anda dapat memakainya untuk menghangatkan sayuran atau camilan dimsum maupun siomai. Supaya makanan matang lebih cepat dan merata, kombinasikanlah kukusan ini dengan panci berpenutup.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Wadah kukusan plate type adalah jenis yang memerlukan panci atau wajan tambahan untuk wadah air mendidih. Ada yang berupa piringan aluminium, bambu, ataupun plastik tahan panas. Ukurannya cenderung kecil dengan diameter sekitar 20 cm saja.


Wadah kukusan plate type lebih cocok digunakan untuk mengukus makanan dalam jumlah sedikit dan ukuran yang kecil. Anda bisa mengukus dimsum, sayur, siomai, dan sebagainya. Wadah kukusan tipe ini sangat cocok digunakan untuk pemula.

Pot type: Daya tampung besar dan sanggup mengukus dalam waktu lama

Pot type: Daya tampung besar dan sanggup mengukus dalam waktu lama
Apakah Anda memiliki banyak anggota keluarga atau ingin mengukus makanan dalam jumlah banyak sekaligus? Silakan memilih kukusan tipe pot yang ukurannya lebih lebar dan daya tampungnya lebih banyak. Anda pun bisa menghemat waktu jika memasak menggunakan kukusan ini.

Selanjutnya, steamer pot ini terdiri dari dua bagian, yakni bagian bawah untuk merebus air dan bagian atas sebagai kukusan. Dengan kata lain, Anda dapat memakainya sebagai panci biasa ketika bagian atasnya dilepas. Selain untuk mengukus aneka masakan, panci kukusan ini juga ideal untuk menanak nasi.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Panci kukus pot type atau jenis dandang merupakan yang paling banyak dimiliki. Harganya terjangkau, memiliki ukuran yang bervariasi, dan pastinya mudah serta praktis digunakan.


Dandang kukus biasanya terbuat dari bahan aluminium yang cukup tebal. Saat membelinya, Anda akan mendapatkan satu buah panci, tutup panci, dan satu piring kukus. Panci pada dandang ini memiliki kapasitas yang besar dan mampu menampung banyak air. Alhasil, Anda tidak perlu takut air akan habis sangat mengukus.

② Kenali bahan panci steamer sesuai jenis hidangan

Panci steamer terbuat dari beberapa material. Kami sarankan untuk memilih material yang dapat meningkatkan kualitas rasa dari hidangan Anda.

Puding, bebas bau dengan steamer stainless steel atau kaca

Puding, bebas bau dengan steamer stainless steel atau kaca
Untuk membuat puding, gunakanlah panci steamer berbahan stainless steel dan kaca yang bebas bau. Bahan ini juga cenderung mudah dibersihkan dan dicuci. Beberapa jenis steamer stainless steel dan kaca dapat dipakai untuk microwave, oven, kompor, atau disimpan di dalam kulkas.

Selanjutnya, pertimbangkan steamer dengan penutup berbahan kaca. Jadi, Anda dapat melihat proses pengukusan tanpa harus bolak-balik membuka tutupnya. Steamer berbahan kaca terlihat lebih stylish dan bisa diletakkan langsung di atas meja makan.


Sementara itu, steamer berbahan stainless steel cenderung memiliki konduktivitas termal yang rendah. Meski begitu, panci kukus ini tidak mudah dingin dan dapat menjaga kehangatan makanan lebih lama.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Untuk membuat puding, biasanya kita bisa menggunakan panci gagang atau yang dikenal dengan sebutan panci susu, kapasitasnya sekitar 2 liter. Panci ini yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang dan hampir semua rumah memilikinya.


Panci ini cocok untuk memasak mie instan, bubur, oat, saus, atau puding karena relatif kecil dan mudah dipakai. Panci ini biasanya terbuat dari bahan enamel, stainless steel, atau aluminium dan ada yang berlapisan antilengket.

Dimsum dan siomai, ideal dengan kukusan bambu

Dimsum dan siomai, ideal dengan kukusan bambu
Kukusan bambu direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati kelezatan dan nutrisi alami dari bahan makanan yang dimasak. Steamer bambu akan membuat makanan terasa lebih plump dan enak sehingga cocok dipakai untuk dimsum, siomai, dan sayuran.

Karena bagian bawah kukusannya berlubang, uap air akan menetes ke luar dan tidak menempel pada makanan. Sayangnya, steamer jenis ini memerlukan perawatan ekstra dibanding steamer berbahan lain.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Saya suka mengukus dimsum, siomai, dan bakpao memakai klakat bambu. Klakat bambu bisa menyerap lebih banyak uap sehingga bisa membuat makanan lebih lembut dan kenyal. Sehabis digunakan, klakat bambu harus segera dibersihkan. Dengan begitu, klakat tidak mudah menghitam atau berjamur dan meninggalkan kotorannya di bagian sela-selanya.

③ Perhatikan ukuran dan bentuknya

Perhatikan ukuran dan bentuknya
Sebelum membeli, pastikan Anda memilih kukusan yang sesuai dengan perlengkapan memasak dan ruang penyimpanan. Sebagai contoh, pilihlah steamer tipe plate dengan ukuran yang pas untuk dimasukkan ke dalam panci Anda. Sementara itu, steamer bambu sebaiknya berukuran 3 cm lebih kecil dari diameter panci.

Mayoritas steamer plate type memiliki bentuk bulat sehingga akan pas dengan panci yang biasa ada di rumah. Jika Anda membeli kukusan pot type, pilihlah yang ukuran dan bentuknya serupa dengan peralatan memasak lain yang dimiliki. Dengan demikian, kukusan dapat ditumpuk dan disimpan bersama peralatan lainnya dengan mudah.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Steamer yang dijual di pasaran memiliki banyak jenis ukuran dan bentuk. Untuk memilih ukuran dan bentuk steamer, sebaiknya kita sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kita sehari-hari di dapur. Jika hanya untuk penggunaan sehari-hari, pilih ukuran yang standar saja, sekitar 20–26 cm. Lain lagi kalau digunakan untuk keperluan usaha atau jualan, sebaiknya kita memilih steamer yang berkapasitas besar.

④ Sesuaikan dengan ukuran kompor listrik

Sesuaikan dengan ukuran kompor listrik
Untuk Anda yang memakai kompor listrik, carilah panci steamer yang sesuai dengan ukuran kompor listrik. Sebab, terdapat beberapa panci steamer yang tidak kompatibel dengan kompor listrik. Karenanya, periksalah manual atau deskripsi produk sedari awal. Steamer yang kompatibel dengan kompor listrik juga biasanya dapat dipakai untuk kompor biasa.
Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Jika menggunakan kompor induksi, sebaiknya kita memilih steamer yang berbahan stainless steel atau besi. Selain itu, carilah steamer dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar bisa dipakai di kompor induksi.

⑤ Pertimbangkan steamer elektrik yang hemat waktu

Pertimbangkan steamer elektrik yang hemat waktu
Khusus untuk Anda yang sibuk dan ingin menghemat waktu, kami rekomendasikan panci steamer elektrik atau steam cooker. Alat ini sangat praktis karena Anda hanya perlu memasukkan air dan bahan makanan, lalu menghubungkannya ke sumber listrik. Anda pun tak perlu lagi mengatur suhu kukusan dan dapat memasak sembari melakukan pekerjaan lain.

Steam cooker menawarkan banyak kemudahan, seperti dilengkapi timer, fitur untuk meminimalkan embusan uap, dan wadah untuk merebus telur. Tipe ini juga umumnya memiliki bentuk yang ringkas, ringan, dan mudah untuk disimpan. Terlebih lagi, kukusan listrik juga mudah dibersihkan sehingga cocok untuk Anda yang tinggal sendiri.


Kami memiliki ulasan terpisah terkait panci steamer listrik. Silakan akses link di bawah ini untuk membacanya!

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Saya pribadi lebih memilih steamer elektrik karena lebih praktis digunakan dan prosesnya juga lebih cepat. Steamer elektrik juga paling praktis digunakan untuk Anda yang tidak memiliki microwave.

10 Rekomendasi panci steamer (kukusan) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk panci steamer (kukusan) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Debbie Ariesthea.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

GM Bear

Steamer Stainless Steel Panci Kukus 2 Tingkat

GM Bear Steamer Stainless Steel Panci Kukus 2 Tingkat  1枚目

Multifungsi, bisa dipakai untuk mengukus maupun merebus

2

Klakat Dimsum

 Klakat Dimsum 1枚目

Ekonomis, ramah lingkungan, dan lezat untuk hidangan dimsum

3

Russell Hobbs

Cook@Home Food Steamer

Russell Hobbs Cook@Home Food Steamer  1枚目

Supercanggih! Pengukus elektrik dengan segudang fitur keren!

4

PËRO

Food Steamer

PËRO  Food Steamer 1枚目

Dilapisi dengan lapisan antilengket berbahan granit

5

Oxone

Eco Food Steamer

Oxone Eco Food Steamer 1枚目

Kukusan listrik berkapasitas besar yang mudah dibawa bepergian

6

Supra

Panci Stainless Super Steamer Susun 3 32 Cm - Red

Supra Panci Stainless Super Steamer Susun 3 32 Cm - Red 1枚目

Steamer pot tiga susun dengan dua jenis steamer

7

Golden Flying Fish

Sauce Pan Stainless Steel+Steamer

Golden Flying Fish Sauce Pan Stainless Steel+Steamer  1枚目

Desain ergonomis, memudahkan Anda saat hendak mengangkat panci

8

Tupperware

Steam It

Tupperware Steam It 1枚目

Jaminan mutu, tersedia garansi seumur hidup!

9

IKEA

KLOCKREN Sisipan pengukus

IKEA KLOCKREN Sisipan pengukus 1枚目

Ringkas, mudah disimpan, dan dapat diatur lebarnya

10

UCHII

Premium 3in1 Cooking Soup Pot Ceramic w/ Bamboo Food Steamer 2L

UCHII Premium 3in1 Cooking Soup Pot Ceramic w/ Bamboo Food Steamer 2L 1枚目

Hadirkan suasana dapur ala Jepang yang estetik di rumah Anda!

Perincian produk
Close
No.1

GM BearSteamer Stainless Steel Panci Kukus 2 Tingkat 1036

Mulai dari Rp158.000,00

Multifungsi, bisa dipakai untuk mengukus maupun merebus

Kelebihan:

  • Bahan antikarat, BPA-free, dan PFOA-free
  • Dilengkapi penutup kaca untuk memudahkan mengecek kematangan masakan
  • Bisa digunakan untuk merebus dan mengukus

Kekurangan:
  • Butuh space penyimpanan yang cukup besar di dapur 
  • Tidak disebutkan ketebalan dan tipe bahan stainless steel yang digunakan

Panci kukus stainless steel ini merupakan alat masak yang multifungsi. Anda dapat memakainya untuk mengukus sekaligus membuat aneka sup dan hidangan rebusan. Desainnya juga cukup simpel sehingga layak dilirik oleh Anda yang memiliki dapur bergaya minimalis.


Dalam satu set pembelian, Anda sudah mendapatkan penutup kaca yang sleek dan stylish. Dengan tutup transparan ini, Anda dapat dengan mudah mengecek kematangan masakan tanpa terlalu sering membuka dan menutup tutup panci.

No.2

Ekonomis, ramah lingkungan, dan lezat untuk hidangan dimsum

Kelebihan:

  • Bahan ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Bahan bambu rentan berjamur jika disimpan di tempat lembap

Jika Anda mencari kukusan ramah lingkungan dengan harga terjangkau, pertimbangkan steamer bambu ini! Anda dapat membelinya dalam jumlah banyak sekaligus tanpa khawatir dompet terkuras. Klakat atau kukusan bambu ini cocok untuk mengukus aneka dimsum, bakpao, dan siomai. Hasil kukusan dengan steamer ini juga akan lebih lezat berkat bahan bambu yang memiliki aroma sedap yang khas.


Agar lebih praktis, kami menyarankan Anda untuk membeli produk set yang berisi kukusan beserta penutupnya. Produk ini dapat dipakai oleh berbagai kalangan, seperti pedagang, pengusaha restoran, hingga ibu rumah tangga.

No.3

Russell HobbsCook@Home Food Steamer 19270-56

Mulai dari Rp1.129.000,00

Supercanggih! Pengukus elektrik dengan segudang fitur keren!

Kelebihan:

  • Ada fitur timer dan auto switch-off sehingga lebih aman digunakan
  • Terdapat side water inlet untuk memudahkan menambah air dari area samping kukusan
  • Bahan BPA-free

Kekurangan:

  • Daya listrik cukup tinggi, yakni 800 W

Russell Hobbs Food Steamer direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rutinitas superpadat. Dibekali fungsi timer dan auto switch-off, Anda dapat mengukus masakan sembari mengerjakan hal lain.


Uap air dari alat kukusan ini juga tidak akan memenuhi dapur Anda karena akan tertampung otomatis pada wadah penampungan. Meski harganya relatif tinggi, Anda tidak akan kecewa karena fiturnya yang mumpuni.

No.4

Dilapisi dengan lapisan antilengket berbahan granit

Kelebihan:

  • Dilengkapi lapisan granit antilengket

Kekurangan:

  • Lubang pada dasar kukusan cenderung lebar, kurang cocok untuk menanak nasi

PËRO merupakan merek panci antilengket yang terkenal di kalangan ibu rumah tangga. Selain panci antilengketnya, PËRO juga memiliki food steamer antilengket berbahan granit. Cara pakainya mudah saja. Anda hanya perlu menaruh kukusan antilengket ini di atas wajan atau panci berdiameter 24 cm.


Alat kukusan bongkar pasang ini pun siap Anda gunakan untuk mengukus aneka hidangan, termasuk untuk mengukus kue kukus. Karena dilapisi oleh lapisan nonstick, Anda tak perlu khawatir hidangan yang Anda kukus menempel pada dasar steamer.

No.5

OxoneEco Food SteamerOX-261

Mulai dari Rp790.000,00

Kukusan listrik berkapasitas besar yang mudah dibawa bepergian

Kelebihan:

  • Dilengkapi timer


Kekurangan:

  • Steamer elektrik, tidak dapat bekerja tanpa sumber daya listrik


Anda ingin bertamasya bersama keluarga sekalian membawa alat masak sendiri? Bawa saja steamer Oxone ini! Produk ini terdiri dari tiga tingkat sehingga bisa digunakan untuk memasak berbagai menu dalam satu waktu sekaligus.


Meski kapasitasnya besar, produk ini tidak akan menyulitkan Anda saat dibawa bepergian. Bagian atas alat ini telah dilengkapi handle yang akan memudahkan Anda saat menjinjingnya. Tersedia juga fungsi pengunci untuk menjaga steamer tidak terlepas saat dibawa-bawa.

No.6

SupraPanci Stainless Super Steamer Susun 3 32 Cm - Red

Mulai dari Rp524.000,00

Steamer pot tiga susun dengan dua jenis steamer

Kelebihan:

  • Muat banyak, cocok untuk memasak aneka jenis hidangan sekaligus

Kekurangan:

  • Memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar di dapur

Panci kukus stainless steel ini dibekali dua jenis steamer, yakni yang berlubang besar dan kecil. Steamer dengan lubang besar bisa Anda pakai untuk mengukus makanan berukuran besar, seperti sayuran, umbi-umbian, daging, serta kue kukus.


Sementara itu, kukusan berlubang kecil cocok digunakan untuk mengukus kacang-kacangan, jagung, hingga menanak nasi. Meski tampak kurang ringkas, kukusan ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang suka mengukus banyak hidangan dalam kapasitas besar.

No.7

Golden Flying FishSauce Pan Stainless Steel+Steamer SPC0920SK

Mulai dari Rp130.000,00

Desain ergonomis, memudahkan Anda saat hendak mengangkat panci

Kelebihan:

  • Bahan stainless steel SUS 304 (food grade dan tahan korosi)
  • Desain ergonomis

Kekurangan:

  • Panci kukus kecil, hanya cocok untuk memasak/mengukus dalam kapasitas kecil

Steam pot ini adalah pilihan praktis untuk Anda yang memiliki area dapur terbatas. Tidak seperti kebanyakan panci kukusan yang besar dan makan tempat, panci ini berdesain mungil dan ergonomis. Saat bagian saringannya dilepas, Anda bisa memfungsikannya layaknya sauce pan dan panci penggorengan (deep fried pan).


Produk ini cocok dimiliki oleh para anak indekos yang perlu alat masak praktis dan compact. Gagangnya yang panjang dan tahan panas juga akan memudahkan Anda saat mengangkat panci dari atas kompor.

No.8

Jaminan mutu, tersedia garansi seumur hidup!

Kelebihan:

  • Garansi seumur hidup

Kekurangan:

  • Harus diawasi agar air pada panci atau wajan tidak sampai habis/surut karena dapat membuat kukusannya rusak
  • Tutupnya tidak transparan sehingga sulit mengecek tingkat kematangan hidangan yang dikukus

Merek kitchenware Tupperware tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Selain food container-nya yang populer, merek ini juga memiliki steamer yang tak kalah laris manis di pasaran. Selain kualitasnya yang jempolan, alat pengukus ini juga dilengkapi garansi seumur hidup!


Alat pengukus ini terbuat dari plastik tahan panas dan food grade sehingga aman untuk kesehatan. Dengan alat ini, Anda bisa menyajikan bakpao dan kue bolu hangat dengan praktis setiap hari.

No.9

IKEAKLOCKREN Sisipan pengukus

Mulai dari Rp79.900,00

Ringkas, mudah disimpan, dan dapat diatur lebarnya

Kelebihan:

  • Ringkas dan hemat tempat

Kekurangan:

  • Hanya cocok untuk kapasitas kecil atau mengukus dalam waktu singkat


Steamer basket dari IKEA ini dapat dipilih jika Anda mendambakan alat steamer ringkas yang mudah disimpan. Alat ini bisa disimpan dengan cara dilipat. Ketika hendak dipakai, Anda hanya perlu merentangkannya seperti membuka sebuah payung dan meletakkannya di atas panci.


Lebarnya pun dapat disesuaikan dengan panci masak Anda. Produk ini ideal dipasangkan dengan panci stainless steel yang Anda miliki di rumah. Ini adalah pilihan sempurna untuk Anda yang memiliki tempat penyimpanan terbatas.

No.10

UCHIIPremium 3in1 Cooking Soup Pot Ceramic w/ Bamboo Food Steamer 2L

Mulai dari Rp635.000,00

Hadirkan suasana dapur ala Jepang yang estetik di rumah Anda!

Kelebihan:

  • Bentuk estetik, memadukan bahan keramik dan bambu yang cantik dipajang di dapur

Kekurangan:

  • Bobot berat karena terbuat dari bahan keramik
  • Bahan bambu bisa berubah warna atau berjamur jika tempat penyimpanannya lembap

Produk yang satu ini adalah kukusan berbahan bambu yang telah dilengkapi panci dan penutup. Desain perangkat masak ini terinspirasi dari steamer yang banyak digunakan di rumah orang Jepang. Tampilannya yang elegan menjadikan produk ini cocok diletakkan langsung di meja makan.


Menariknya lagi, panci pada steamer ini terbuat dari keramik yang dapat menghantarkan panas lebih merata. Makanan yang dimasak di dalamnya pun akan matang sempurna. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menyukai perabot estetik ala Jepang.

Pelajari penggunaan steamer dan kiat perawatannya

Menggunakan steamer dengan benar tentu akan berdampak pada hasil masakan dan efisiensi Anda dalam memasak. Selain itu, steamer yang dirawat dengan benar akan dapat digunakan jangka panjang. Untuk itu, pelajarilah poin-poin berikut ini.

Cara memakai steamer dengan benar untuk memangkas waktu

Cara memakai steamer dengan benar untuk memangkas waktu
Steamer memang terkesan tidak hemat waktu jika dibandingkan dengan microwave oven dan wajan penggorengan. Karenanya, banyak orang ragu saat harus membeli steamer karena dirasa kurang praktis. Padahal, Anda bisa lebih hemat waktu apabila mengetahui tips untuk mengoperasikannya dengan tepat.

Sebagai contoh, gunakan steamer untuk mengukus menu pelengkap, seperti garnis. Pakailah wajan atau panci untuk memasak menu utama, sedangkan steamer untuk mengukus sayuran. Cara ini tidak hanya membuat makanan lebih bergizi, tetapi juga menghemat waktu Anda.


Selain itu, kukusan juga dapat dipakai untuk menyiapkan hidangan dalam jumlah banyak. Setelah mengukus sayuran yang telah dipotong-potong kecil, Anda dapat menyimpannya di kulkas. Cara ini efektif memangkas waktu persiapan, khususnya untuk Anda yang harus membuat sarapan setiap pagi.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Untuk mempercepat proses mengukus, isi panci atau wajan dengan air panas agar cepat mendidih. Panci berukuran besar atau memiliki banyak susun juga bisa dijadikan pilihan. Dengan panci seperti ini, kita bisa mengukus beberapa makanan sekaligus.

Tips merawat panci kukus (steamer)

Tips merawat panci kukus (steamer)

Selanjutnya, kami memiliki tips merawat panci kukus atau steamer. Dengan perawatan yang tepat, steamer bisa dipakai dalam waktu lama. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dengan mudah.


  1. Jika terdapat sisa makanan menempel, rendamlah kukusan menggunakan air dingin supaya bahan makanan melunak dan mudah dibersihkan. Hindari menggosok panci kukus terlalu keras karena dapat membuatnya lecet dan cepat rusak.
  2. Cuci steamer menggunakan spons lembut, bilas, lalu simpan dalam posisi terbalik supaya cepat kering.
  3. Untuk steamer berbahan stainless steel, pastikan Anda mengeringkannya dengan baik setelah dicuci. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya noda sisa air dan karat pada panci.
  4. Untuk kukusan bambu, cucilah dengan air mengalir atau air hangat, lalu simpan di tempat yang kering. Jangan menyimpan kukusan bambu di tempat lembap agar tidak berjamur.
  5. Jika terdapat bagian yang berkarat, taburkanlah garam ke bagian tersebut dan gosok menggunakan lemon.

Tips dari cook, Debbie Ariesthea

Tips dari cook, Debbie Ariesthea

Setiap habis pakai steamer elektrik ataupun steamer di kompor, sebaiknya kita bersihkan dengan baik sebelum disimpan. Hal ini akan membuat steamer lebih awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga rekomendasi panci lainnya di sini

Setelah membeli panci steamer, apakah Anda tertarik untuk membeli jenis panci lainnya? Kami telah menulis artikel rekomendasi panci susu, panci satu tangan, dan panci penggorengan spesial untuk Anda. Silakan cek ulasan lengkapnya pada tautan di bawah!

Kesimpulan

Itu tadi sepuluh rekomendasi panci kukus terbaik dari kami. Apakah ada produk yang menarik bagi Anda? Jika selama ini Anda hanya memasak dengan memakai microwave, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba panci steamer.

Dengan memakai alat ini, masakan yang awalnya biasa saja bisa menjadi lebih lezat. Silakan memakai artikel ini sebagai referensi untuk memilih panci steamer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba berbagai masakan menggunakan steamer!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer