10 Rekomendasi Dry Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Dry Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dry shampoo atau shampo kering merupakan shampo yang tidak perlu dibilas dengan air setelah digunakan. Shampo ini sangat praktis digunakan saat keadaan darurat, seperti ketika Anda tidak punya cukup waktu untuk berkeramas ataupun saat setelah lelah karena banyak beraktivitas.

Selama ini, kebanyakan dari Anda mungkin hanya mengenal Batiste sebagai merek dry shampoo yang terkenal. Namun, sebenarnya banyak beberapa merek terkenal lainnya. Nah, sebelum kami merekomendasikan 10 dry shampoo terbaik, simak bagaimana cara memilih dry shampoo di bawah ini!

Daftar isi

Cara memilih dry shampoo

Dry shampoo memang tidak sepopuler shampo bilas yang dipakai oleh kebanyakan orang. Banyak yang masih belum pernah mencoba shampo jenis ini. Untuk itu, simak bagaimana cara memilih dry shampoo berikut ini.

Pilih berdasarkan jenis dry shampoo

Dry shampoo memiliki berbagai jenis. Pilihlah sesuai dengan yang Anda inginkan!

Tipe spray (mist)

Tipe spray (mist)

Tipe spray ini merupakan tipe yang paling populer. Bentuknya cair dan dikemas di dalam botol spray. Meskipun berbentuk cair, Anda tetap tidak perlu membilas shampo ini. Setelah mengaplikasikan shampo ini, Anda hanya perlu mengusap rambut Anda dengan handuk. Rambut Anda akan kembali segar dalam sekejap!

Tipe busa (foam)

Tipe busa (foam)

Jenis botolnya hampir menyerupai botol jenis spray, tetapi setelah ditekan, produk tersebut akan mengeluarkan busa yang sangat lembut. Gelembung busa yang lembut tersebut akan beradaptasi pada kulit kepala dan rambut Anda, sehingga rambut dapat dibersihkan dengan sempurna. Selain itu, jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan shampo. Anda yang belum terbiasa menggunakan dry shampoo akan merasa nyaman menggunakan dry shampoo jenis ini.

Tipe bubuk

Tipe bubuk

Produk dry shampoo jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan bedak bubuk. Sayangnya, beberapa orang mengkhawatirkan kalau shampo kering ini akan menyisakan kotoran di kulit kepala. Namun, berkat kandungannya yang dapat menyerap sebum seperti sifat tepung maizena dan bedak, hal tersebut tidak akan terjadi. Produk ini akan membersihkan kulit kepala Anda dengan cara menyerap sebum.

Dry shampoo tipe ini juga sangat berguna di saat-saat darurat karena teksturnya yang kering. Jadi, Anda dapat mengaplikasikannya secepat kilat tanpa perlu menunggu rambut menjadi kering, rambut Anda akan terlihat segar. Selain itu, produk ini juga tidak perlu diusap dengan handuk.

Tipe lembaran (sheet)

Tipe lembaran (sheet)

Tipe ini bentuknya compact dan portable sehingga mudah dibawa kemana-mana. Sangat praktis untuk dibawa pada saat melakukan perjalanan yang memakan waktu lama. Anda tidak perlu khawatir produknya akan tumpah ketika di bawa bepergian di dalam tas Anda. Bentuknya sangat mirip dengan tisu basah, hanya fungsi dan kandungannya saja yang berbeda.

10 Rekomendasi dry shampoo terbaik

Setelah mengetahui berbagai jenis dry shampoo beserta cara memilihnya, sekarang saatnya Anda mengenal berbagai produk dry shampoo yang dapat Anda beli secara online. Berikut ini adalah rekomendasi dry shampoo dari kami. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. XL Professional Express Dry Shampoo

10. XL Professional Express Dry Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.500

Menyegarkan sekaligus membersihkan

XL Professional Express Dry Shampoo ini diperkaya dengan natural plant extract yang dapat membuat rambut terasa lebih segar dan bersih setelah memakainya. Shampo kering ini juga menghilangkan bau tidak sedap karena diperkaya dengan aroma yang wangi.

Shampo kering ini dapat mengurangi minyak berlebih yang ada di kulit kepala maupun rambut Anda. Selain itu, shampo ini juga dapat merevitalisasi rambut Anda. Jenis dry shampoo dari merek XL Professional ini merupakan jenis spray. Produk ini cocok digunakan oleh semua jenis rambut, khususnya oleh Anda yang memiliki rambut berminyak.

9. Kino Ellips Dry Shampoo

9. Kino Ellips Dry Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 31.100

Langkah praktis untuk rambut lebih mengembang

Ellips Dry Shampoo ini  dibuat khusus untuk mengurangi minyak yang ada di rambut Anda dan praktis digunakan kapan saja. Produk keluaran Kino ini dapat membuat rambut Anda terlihat lebih mengembang. Selain itu, produk ini juga dapat membuat rambut Anda lebih segar.

Tersedia dalam varian aroma buah-buahan yang segar. Untuk Anda yang memiliki rambut berminyak, produk ini akan cocok untuk Anda. Produknya tersedia dalam bentuk botol dengan tipe spray. Cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkannya ke kepala dalam jarak 30 cm. Sebelum menggunakannya, jangan lupa untuk mengocoknya terlebih dahulu.

8. Schwarzkopf Biotin Volume Dry Shampoo

8. Schwarzkopf Biotin Volume Dry Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 100.000

Melawan minyak berlebih pada rambut

Produk yang asli dari Jerman ini dapat dengan instant menyerap minyak dan bau yang ada di rambut Anda. Kandungan biotin dan volume complex-nya dapat membuat rambut Anda lebih bervolume akibat dorongan dari akar rambut. Micro Fix Technology-nya dapat membuat rambut Anda terasa lebih segar tanpa harus dibilas.

Schwarzkopf Biotin Volume Dry Shampoo ini bertipe spray cocok digunakan oleh segala jenis rambut, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit kepala yang mudah berminyak. Hal ini karena produk ini efektif melawan minyak dan kotoran yang ada di kulit kepala dan rambut. Selain itu, produk ini juga dapat membuat rambut Anda lebih lembut dan tampak lebih sehat.

7. Tresemme Instant Refresh Dry Shampoo

7. Tresemme Instant Refresh Dry Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 74.500

Rambut segar secara instant

Anda dapat membuat rambut yang berminyak menjadi segar seketika dengan menggunakan produk ini. Semprotkan produk ini pada jarak 8 hingga 12 inci dari kepala dan fokuskan ke arah kulit yang berminyak. Perlu Anda ketahui, produk ini dibuat dengan spray non-aerosol.

Produk ini dikhususkan untuk Anda yang memiliki rambut normal hingga berminyak. Formulanya tidak hanya membuatnya segar tetapi juga yang dapat menyerap minyak. Setelah menggunakan produk ini, kulit kepala dan rambut Anda akan lebih ternutrisi. Selain itu, rambut Anda akan terlihat lebih bervolume.

6. Batiste Clean & Classic Original Dry Shampoo

6. Batiste Clean & Classic Original Dry Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 176.310

Aman digunakan oleh ibu hamil

Di Indonesia, Batiste merupakan dry shampoo yang paling populer dan bahkan menjadi pilihan banyak orang. Produk merek ini memiliki varian wangi yang banyak dan mudah ditemukan. Selain itu, produk ini juga aman untuk ibu hamil maupun ibu melahirkan yang tidak sempat berkeramas.

Produk ini memiliki formula yang sangat ringan dan menyegarkan kulit kepala. Shampo kering ini cocok untuk semua jenis rambut, mulai dari kering hingga berminyak. Selain itu, produknya juga tidak menyisakan kotoran di kepala, karena akan meresap secara sempurna.

5. Herbal Essences Clearly Naked Dry Shampoo

5. Herbal Essences Clearly Naked Dry Shampoo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Dry shampoo yang menyegarkan ketika cuaca panas

Saat cuaca panas, biasanya rambut Anda lebih mudah lepek dan kulit kepala terasa sangat berminyak. Produk ini akan membuat rambut Anda terasa lebih segar, karena kemampuannya dalam menyerap minyak dengan formulanya. Keunggulan lainnya adalah produk ini tidak mengandung paraben dan juga dye free. Cocok untuk kulit kepala berminyak Anda!

Sayangnya, beberapa orang mengatakan bahwa botol spraynya mudah rusak, bahkan saat baru beberapa kali digunakan. Selain itu, jika Anda menyemprot dry shampoo ini terlalu dekat dan banyak, produk ini menimbulkan sedikit bercak putih di kulit kepala. Jadi, perhatikanlah cara pemakaian produk yang benar sebelum menggunakannya, ya!

4. Unilever Dove Invigorating Dry Shampoo

4. Unilever Dove Invigorating Dry Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 68.750

Dapat digunakan untuk styling pada rambut bersih

Dry shampoo dari merek Dove ini tidak hanya digunakan untuk membersihkan rambut saja, tetapi dapat juga digunakan untuk penataan rambut. Anda hanya perlu menyemprotkan ke bagian-bagian rambut yang ingin Anda styling agar rambut Anda terlihat lebih tertata. Aroma produknya segar dengan tekstur yang ringan.

Sebagai dry shampo, Dove Invigorating Dry Hair ini dapat mengangkat sebum yang berlebih di kulit kepala. Rambut Anda menjadi lebih segar. Tidak hanya itu, produk ini juga dapat menyehatkan rambut Anda. Produk ini cocok untuk semua jenis rambut dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rambut berminyak.

3. Oscar Blandi Pronto Dry Shampoo Invisible Spray

3. Oscar Blandi Pronto Dry Shampoo Invisible Spray

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 345.000

Langsung invisible setelah diaplikasikan

Produk dari Oscar Blandi ini berjenis spray, tetapi Anda hampir tidak melihat butiran-butiran spray yang sudah disemprotkan ke rambut. Produk ini meresap ke rambut dengan sempurna dan bekerja sangat baik untuk semua tipe dan warna rambut. Jika Anda memiliki rambut yang berwarna, produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Oscar Blandi Pronto Dry Shampoo Invisible Spray ini diperkaya dengan starches atau tepung pati yang dapat menyerap minyak di kulit kepala dan rambut. Produknya juga diperkaya dengan vitamin E dan protein gandum untuk memperkuat rambut di setiap helainya.

2. OUAI Dry Shampoo Foam

2. OUAI Dry Shampoo Foam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 420.000

Hasilkan busa yang dapat mengangkat minyak

Produk dry shampoo yang dibuat oleh Jen Atkins ini berjenis busa, tetapi dapat mengangkat minyak berlebih yang ada di kulit kepala. Tidak hanya itu, produk ini juga dapat membuat rambut Anda yang kering menjadi lebih ternutrisi. OUAI Dry Shampoo Foam ini cocok untuk digunakan oleh semua jenis rambut dan dapat digunakan pada rambut lurus hingga keriting.

Dry shampoo ini membuat rambut Anda terasa bersih di setiap helainya. Anda akan merasa seperti telah memakai conditioner dan juga membuat rambut siap untuk ditata sesuai keinginan. Produk OUAI ini cruelty free dan bebas paraben. Produk ini cocok digunakan oleh Anda pemilik rambut kering hingga berminyak.

1. Klorane Dry Shampoo With Oat Milk

1. Klorane Dry Shampoo With Oat Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 220.000

Bahan-bahan alami yang sangat lembut

Dry shampoo berjenis spray ini mengandung oat milk atau susu gandum yang dapat membuat rambut Anda menjadi lembut. Diperkaya juga dengan tepung jagung dan tepung beras yang dapat menyerap kelebihan minyak di kulit kepala. Klorane Dry Shampoo With Oat Milk ini dibuat khusus untuk rambut normal hingga berminyak.

Produk ini dapat menambah volume rambut sekaligus memperbaiki teksturnya. Selain itu, produk ini juga dapat merevitalisasi rambut, membuat rambut menjadi lebih sehat, dan lembut. Formulanya bebas dari paraben, sulfat, dan zat pewarna. Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis rambut dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rambut rusak.

Cara menggunakan dry shampoo

Cara menggunakan dry shampoo

Berikut ini adalah cara menggunakan dry shampoo:

1. Sisir rambut Anda terlebih dahulu

Menyisir rambut dapat membuat kotoran dan debu hilang dari kulit kepala dan rambut.

2. Aplikasikan dry shampoo ke kulit kepala

Pijat-pijat kepala Anda sampai semua produk meresap ke dalam kulit kepala.

3. Sisir kembali rambut Anda

Setelah pemijatan tersebut, Anda dapat merapikan rambut Anda dengan cara menyisirnya. Selain dapat merapikan, menyisir rambut juga dapat menghilangkan sisa-sisa shampo pada rambut dan juga melancarkan sirkulasi darah di kepala.

Waktu yang tepat untuk menggunakan dry shampoo

Apakah Anda masih bingung kapan seharusnya Anda menggunakan dry shampoo? Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai waktu yang tepat bagi Anda untuk menggunakan dry shampoo.

Ganti shampo biasa Anda dengan dry shampoo

Ganti shampo biasa Anda dengan dry shampoo

Kebanyakan orang berpikiran bahwa mereka harus keramas setiap hari. Namun, sekarang ini telah ada konsep baru bahwa kita perlu menjaga kelembapan kepala yaitu dengan menjaga produksi sebum yang cukup di kulit kepala dan rambut.

Jika Anda berkeramas setiap hari, sebum yang ada di kulit kepala akan hilang, sehingga kulit kepala akan kehilangan kelembapannya. Akibatnya, ketombe akan muncul dan kulit kepala akan memproduksi sebum yang berlebihan sebagai tindakan perlindungan terhadap kulit kepala. Hal tersebut juga menyebabkan rambut menjadi sulit diatur bahkan kering. Dry shampoo tidak menyebabkan rambut menjadi basah. Anda pun juga tidak perlu menggunakan hair dryer yang dapat merusak rambut.

Jika Anda memiliki rambut yang diwarnai, dry shampoo juga dapat menjadi shampo alternatif Anda. Air dapat membuat warna rambut Anda lebih cepat luntur akibat kandungan chlorine-nya. Dengan mengganti shampo biasa Anda dengan dry shampoo setiap 2 hari sekali, warna rambut Anda akan bertahan lebih lama.

Digunakan saat darurat maupun saat Anda sakit

Digunakan saat darurat maupun saat Anda sakit

Sebenarnya, fungsi utama dry shampoo adalah shampo alternatif untuk digunakan pada saat Anda tidak bisa mandi atau terkena air.

Contohnya, ketika sedang terluka di bagian tangan, dirawat rumah sakit, tidak boleh terkena air, atau kondisi lainnya yang tidak memungkinkan Anda untuk berkeramas dengan shampo biasa. Di situasi seperti ini, dry shampoo sangat dibutuhkan agar rambut dan kulit kepala Anda tetap bersih dan nyaman. Dry shampoo sangat praktis karena Anda tidak perlu membilasnya dengan air, sehingga Anda pun tidak perlu mengeringkan rambut. Sangat praktis, bukan?

Digunakan pada saat bepergian

Digunakan pada saat bepergian

Dry shampoo juga sangat praktis untuk digunakan saat Anda bepergian, seperti saat pergi ke luar negeri.

Contohnya, ketika Anda berada di dalam perjalanan menggunakan pesawat selama 10 jam bahkan lebih, Anda perlu menggunakan dry shampoo untuk menjaga agar rambut Anda tetap lembap ataupun untuk menghilangkan minyak berlebih di rambut dan kulit kepala. Rambut Anda akan segar seketika. Namun, pastikan bahwa Anda membawa dry shampoo dengan ukuran travel size atau yang diizinkan untuk dibawa sebagai cabin baggage.

Traveling ke luar negeri juga bisa membuat rambut Anda menjadi kasar karena kering. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh ketidakcocokan air di tempat yang Anda kunjungi. Kondisi tersebut berpotensi membuat rambut Anda kering, bahkan rusak. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan dry shampoo untuk menghindari rambut Anda dari kontak langsung dengan air di daerah tersebut. Para selebriti yang bepergian ke luar negeri pun menggunakan dry shampoo sebagai shampo.

Digunakan saat pulang bekerja

Digunakan saat pulang bekerja

Ketika Anda memiliki jadwal kerja yang sangat padat, bahkan Anda harus melakukan lembur kerja, rambut akan terlihat lepek akibat aktvitas yang padat tersebut. Penampilan Anda pun tidak maksimal karena rambut Anda menjadi tidak indah. Hal ini tentu akan membuat Anda tidak percaya diri. Dry shampoo akan menolong di saat-saat seperti ini, sehingga Anda dapat tampil percaya diri kapanpun Anda mau.

Kesimpulan

Meskipun dry shampoo belum sepopuler shampo biasa, shampo jenis ini juga dapat merawat rambut Anda, khususnya menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Selain itu, dry shampoo juga dapat digunakan pada saat-saat darurat atau di saat tidak memungkinkan untuk berkeramas di kamar mandi.

Di artikel ini, kami telah merekomendasikan beberapa produk dry shampoo yang memiliki keunggulannya masing-masing. Kami harap Anda dapat menemukan produk dry shampoo yang tepat untuk Anda melalui artikel ini!