10 Rekomendasi Notepad Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Notepad Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Seiring dengan semakin berkembangnya perangkat elektronik, semakin banyak orang yang memilih peralatan yang praktis dan canggih, misalnya notepad digital mampu menggantikan fungsi kertas dan pulpen dalam mencatat. Dengan menggunakan notepad digital, Anda juga bisa menyimpan catatan Anda dalam bentuk file yang bisa dikirim ke smartphone atau komputer Anda.

Produk notepad digital ini hadir dengan berbagai fitur yang mungkin membuat Anda bingung harus membeli yang mana. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana cara memilih notepad digital yang tepat disertai dengan rekomendasi produk berdasarkan merek, kualitas, dan juga pertimbangan cost and performance.

Daftar isi

Apakah Anda masih menggunakan kertas untuk mencatat?

Fungsi dari notepad digital tentunya ditujukan untuk menggantikan kertas dan pulpen saat Anda ingin mencatat sesuatu. Anda bisa menggunakannya untuk menulis pesan seperti ketika meninggalkan pesan di kertas dan menempelnya di ruangan kantor atau di dapur Anda. Dengan menggunakan notepad digital ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas sehingga tidak akan ada lagi sampah kertas yang terbuang.

Pada notepad digital biasanya terdapat beberapa fitur yang akan sangat memudahkan Anda seperti fitur berbagi data hingga kapasitas penyimpanan data yang besar. Semua informasi penting yang telah Anda catat, seperti jadwal rapat di kantor, catatan kuliah, maupun resep masakan, akan tersimpan dengan baik. Jadi tunggu apa lagi? Mungkin sekarang saatnya mengganti buku catatan Anda dengan notepad digital!

Cara memilih notepad digital

Berikut ini kami akan menjelaskan lima poin utama yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli notepad digital, yaitu ukuran, bentuk, power supply, ketahanan daya pemakaian baterai, dan fungsi tambahan dari suatu produk.

Pilihlah ukuran bodi dan besar layar yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah ukuran bodi dan besar layar yang sesuai dengan kebutuhan

Untuk ukuran bodi sebuah notepad, pastikan Anda mengutamakan yang bobotnya ringan dan bisa masuk ke dalam tas untuk memudahkan saat dibawa. Jika Anda menggunakannya di rumah atau kantor, pilihlah ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak menghalangi jika diletakkan di atas meja.

Selain itu, perhatikan juga ukuran layarnya. Pastikan tulisan Anda dapat terbaca dengan baik dalam jarak normal. Bagi Anda yang sering mencatat dengan kalimat-kalimat pendek, lebar layar sebesar 4,5 inci sudah sangat optimal. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mencatat banyak, seperti resep masakan, tempat menggambar untuk anak Anda, atau sebagai papan pesan, kami rekomendasikan agar Anda memilih ukuran layar yang lebih besar.

Sesuaikan bentuk notepad digital dengan lokasi pemakaian

Sesuaikan bentuk notepad digital dengan lokasi pemakaian

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dan mengharuskan Anda mencatat setiap saat, pilihlah notepad digital dengan desain seperti buku yang dilengkapi dengan penutup sebagai pelindung layar dan bantalan pada bagian belakangnya. Hal ini akan melindungi notepad digital tersebut dari benturan.

Sedangkan untuk penggunaan di tempat kerja atau ruang baca yang lokasi pemakaiannya sudah fix, kami sarankan agar Anda memilih produk yang memungkinkan Anda untuk memakainya dalam waktu yang lama. Selain itu, pilihlah yang ukurannya tidak terlalu besar atau bisa ditegakkan agar tidak mengambil tempat terlalu banyak di meja Anda.

Pilihlah jenis power supply sesuai dengan kondisi pemakaian

Pilihlah jenis power supply sesuai dengan kondisi pemakaian

Jika notepad digital Anda digunakan hanya pada jam kerja atau untuk pemakaian dalam waktu tertentu, tidak akan ada masalah jika Anda memilih produk yang daya baterainya bisa diisi ulang dengan menyambungkan ke power outlet atau dari komputer. Namun jika tempat dan waktu pemakaiannya tidak tetap, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih notepad digital yang menggunakan baterai alkaline atau button cell. Kami juga menyarankan agar Anda membawa baterai cadangan ketika bepergian untuk mengantisipasi jika notepad digital Anda kehabisan daya secara tidak terduga.

Sesuaikan berapa lama daya notepad digital dengan kebutuhan pemakaian Anda

Sesuaikan berapa lama daya notepad digital dengan kebutuhan pemakaian Anda

Sebelum membeli, Anda harus memperhatikan berapa lama daya notepad digital tersebut bisa bertahan digunakan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Pilihlah produk yang keterangan dayanya bisa memenuhi pemakaian Anda. Periksa keterangan produk yang menunjukkan berapa jam baterainya bisa bertahan dengan pengisian ulang daya sekian jam. Atau untuk notepad digital yang menggunakan baterai terpisah, biasanya tertulis keterangan berapa jumlah baterai yang dibutuhkan untuk pemakaian dalam jangka waktu tertentu.

Pertimbangkan juga fungsi tambahannya, seperti fitur penyimpanan dan manajemen data

Pertimbangkan juga fungsi tambahannya, seperti fitur penyimpanan dan manajemen data

Beberapa produk notepad digital memiliki beragam keunggulan, seperti fitur one-touch erase untuk menghapus tulisan dalam satu sentuhan, atau fitur automatic power off yang secara otomatis akan mematikan daya jika suatu produk tidak dioperasikan dalam rentang waktu tertentu.

Selain notepad digital yang hanya bisa digunakan untuk menulis dan langsung dihapus, ada juga produk yang dilengkapi dengan fitur penyimpanan data. Jika Anda menginginkan produk seperti ini, pastikan untuk memeriksa kapasitas serta sistem penyimpanan dan berbagi datanya. Pilihlah notepad digital yang bisa mengirim data ke komputer atau smartphone Anda secara langsung.

Saat ini juga sudah ada produk yang menawarkan fitur electronic memo pad yang bisa digunakan untuk menyimpan jadwal dan akan membunyikan alarm pada waktu yang ditentukan. Jadi, perhatikanlah spesifikasi dan fitur tambahan dari suatu produk dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi notepad digital terbaik

Selanjutnya kami akan merekomedasikan produk notepad digital terbaik berdasarkan keunggulan produk dan juga cost and performace-nya. Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Bisturizer LCD Writing Pad 8.5 Inch

10. Bisturizer LCD Writing Pad 8.5 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 137.000

Dilengkapi fitur “lock” untuk menghemat konsumsi daya

Produk notepad digital dari Bisturizer ini dibekali dengan layar LCD selebar 8,5 inci serta dilengkapi dengan fitur “lock” pada layarnya sehingga dapat menghemat konsumsi daya jika tidak digunakan. Bentuknya yang tipis dan slim menjadikannya mudah dimasukkan ke dalam tas untuk dibawa ke mana-mana.

Produk ini juga diunggulkan dengan layarnya yang sensitif terhadap tekanan sehingga hampir tidak ada delay dengan tulisan yang Anda goreskan di layar. Stylus khusus yang sudah sepaket dengan notepad digital ini juga didesain untuk mampu menghasilkan tulisan dengan garis tebal maupun tipis yang jelas, cocok untuk menulis catatan biasa atau menggambar dengan detail yang halus.

9. Haoxie Tablet Digital Writing Pad 8.5 Inch

9. Haoxie Tablet Digital Writing Pad 8.5 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 211.000

Layar sensitif yang memungkinkan menulis dengan jari

Notepad digital yang satu ini dilengkapi dengan stylus berbahan plastik berkualitas. Produk ini memiliki layar yang sensitif terhadap setiap goresan sehingga Anda juga bisa menggunakan jari Anda untuk menggambar maupun menulis. Untuk menghapus gambar, Anda cukup menyentuh tombol hapus dengan efisiensi tinggi.

Keunggulan lain dari notepad digital ini adalah desainnya yang ramping dan compact sehingga sangat mudah dan nyaman dimasukkan ke dalam tas Anda. Selain itu, bobotnya yang ringan dan tergolong portabel sangat cocok untuk digunakan di sekolah atau di kantor.

8. Howshow LCD Digital Handwriting 10 Inch

8. Howshow LCD Digital Handwriting 10 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 236.000

Layar berukuran lebar untuk mencatat banyak

Bagi Anda yang memerlukan notepad digital berukuran layar besar, produk dari Howshow ini patut Anda pertimbangkan. Dibekali dengan lebar layar sebesar 10,1 inci memungkinkan Anda untuk menulis banyak, seperti resep masakan atau catatan-catatan penting lainnya.

Selain itu, jika anak Anda mempunyai kegemaran dalam menggambar, notepad digital ini juga sangat cocok dijadikan sebagai media tempat menggambar. Terlebih lagi produk ini dibekali resolusi layar sebesar 2560 x 1440 piksel sehingga akan memberikan hasil gambar yang memuaskan.

7. YBC Writing Tablet Board 10 Inch

7. YBC Writing Tablet Board 10 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 303.000

Stylus holder untuk memudahkan penggunaan

Dengan ketebalan 4,5 mm, produk notepad digital ini tergolong ramping dan tidak akan memakan banyak tempat jika dimasukkan ke dalam tas Anda sehingga mudah dibawa-bawa. Selain itu, pada bagian bodinya juga dilengkapi stylus holder yang akan memudahkan penggunaannya baik di sekolah ataupun di kantor.

Baterainya bisa diganti dengan mudah dan tersedia tombol yang memungkinkan Anda menghapus tulisan di layar dalam sekali tekan. Bagian layarnya dibekali dengan LCD berkualitas yang tahan lama dan sensitif serta berlapis plastik antigores.

6. Osman Writing Pad Digital 12 Inch

6. Osman Writing Pad Digital 12 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 257.000

Sangat cocok digunakan di sekolah, di kantor, maupun di rumah

Produk notepad digital ini diproduksi dengan desain yang ramping untuk kenyamanan ketika dibawa ke mana saja. Selain itu, dengan lebar layar 12 inci Anda bisa menulis dalam jumlah banyak, sangat cocok digunakan di sekolah, di kantor, maupun di rumah.

Permukaan LCD-nya dibekali dengan sensor induktif sehingga meskipun Anda menulis terburu-buru, tulisan Anda akan tetap jelas. Jika Anda ingin menghapus tulisan atau gambar, Anda cukup menyentuh tombol hapus yang ada di bagian atas. Selain itu, bagian belakang bodi notepad digital ini juga dapat dijadikan sebagai mouse pad.

5. Powerbeast Digital Pad/Writing Tablet 8.5 Inch

5. Powerbeast Digital Pad/Writing Tablet 8.5 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 824.000

Fitur eye protection untuk melindungi mata

Notepad digital yang satu ini didesain dengan bobot yang ringan dan ketebalan 4,3 mm serta kapasitas yang memungkinkan Anda menyimpan lebih dari 100.000 data. Bagian belakang bodinya dilengkapi dengan magnet sehingga bisa ditempelkan pada kulkas atau bidang lainnya yang terbuat dari besi.

Produk ini dilengkapi dengan layar LCD sensitif yang mampu menghasilkan besar tulisan sesuai dengan tekanan saat Anda menulis. Layarnya juga mudah dibersihkan serta memiliki fitur eye protection untuk melindungi mata Anda saat menggunakannya.

4. FUNHOUR LCD Writing Board Digital 12 Inch

4. FUNHOUR LCD Writing Board Digital 12 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 860.000

Layar lebar untuk menulis apa saja dalam jumlah yang banyak

FUNHOUR LCD Writing Board Digital ini didesain dengan layar LCD yang sensitif serta tergolong sebagai salah satu notepad dengan layar lebar, yaitu 12 inci. Hal ini akan memberi kemudahan bagi Anda untuk menulis catatan penting, seperti resep masakan, daftar belanja, daftar tugas, maupun menggambar dengan hasil yang sama seperti menulis di kertas dengan menggunakan pulpen.

Keunggulan lainnya dari produk ini adalah Anda juga bisa menggunakan jari untuk menulis di layarnya. Notepad digital ini terbukti tahan lama dan bobotnya juga ringan sehingga mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam tas kerja atau ransel Anda.

3. Glasser Writing Tablet 8.5 Inch

3. Glasser Writing Tablet 8.5 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 833.000

Dibekali magnet untuk memudahkan ditempel pada dinding

Notepad digital merek Glasser ini dibekali magnet pada bagian belakangnya sehingga memudahkan Anda untuk menempelkannya pada dinding. Layarnya didesain dengan lebar 8,5 inci yang sangat cocok digunakan untuk menulis maupun menggambar apa saja.

Dengan menggunakan stylus yang tersedia, ketebalan tulisan maupun gambar Anda akan disesuaikan dengan seberapa besar tekanan yang Anda gunakan saat menulis. Desainnya yang tipis menjadikannya nyaman dipegang saat digunakan dan memungkinkan Anda untuk menyimpannya di dalam tas untuk dibawa ke mana-mana.

2. Fullbell LCD Graphic Drawing Board 12 Inch

2. Fullbell LCD Graphic Drawing Board 12 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 996.619

Sisi belakang notepad  bisa digunakan sebagai mouse pad

Untuk kenyamanan dalam menggambar, maka notepad digital merek FullBell ini sangat direkomendasikan, karena dibekali dengan layar selebar 12 inci. LCD-nya terbuat dari material plastik berkualitas dan tahan lama serta memiliki bodi yang tipis. Untuk menulis, disediakan stylus dengan ujung tumpul atau Anda juga bisa menggunakan benda lain yang ujungnya halus.

Bagian sisi belakang notepad digital ini juga bisa Anda gunakan sebagai mouse pad. Ketebalan goresan pada gambar atau tulisan Anda tergantung seberapa kuat Anda menekan stylus, dan Anda cukup menekan tombol yang berada di bagian atas layar untuk menghapus.

1. ACECAD Digimemo L2

1. ACECAD Digimemo L2

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.950.000

Notepad digital dengan stylus serupa pena yang tintanya bisa diganti

Dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 giga yang dimiliki notepad digital ini, Anda bisa menyimpan segala macam catatan atau gambar dengan hasil serupa seperti menulis di atas kertas. Produk ini juga bisa menggunakan memory card serta aplikasi Digimemo untuk menyimpan data. Ukuran stylus-nya tergolong tipis dan ringan dengan cartridge tinta yang bisa diganti.

Keunggulan lainnya dari ACECAD Digimemo L2 ini adalah Anda bisa meng-capture catatan yang sebelumnya ditulis di kertas tanpa menggunakan komputer dan menyimpannya dalam bentuk digital. Desainnya juga tergolong sangat ringan dan tipis sehingga mudah dan nyaman dibawa ke mana-mana serta mudah digunakan bahkan dalam posisi berdiri, duduk atau berbaring sekalipun.

Kesimpulan

Dengan menggunakan notepad digital, Anda bisa mengurangi penggunaan kertas tiap harinya dan tentu saja akan mengurangi sampah kertas. Pada artikel ini kami telah merekomendasikan 10 produk notepad digital dengan keunggulan masing-masing. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!