• 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Bagi Anda yang gemar memancing tentu memahami bahwa umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan Anda. Saat ini tersedia berbagai jenis umpan pancing yang memiliki berbagai bentuk dan variasi warna yang berfungsi untuk mengecoh dan mengelabui ikan yang akan ditangkap.

Bagi Anda para pemula di dunia memancing, penting sekali untuk mengetahui jenis umpan pancing apa yang cocok untuk hobi baru memancing Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih umpan pancing yang baik dan simak juga berbagai rekomendasi umpan pancing terbaik yang kami ulas di bawah ini. Selamat membaca !
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.238 Views
Daftar isi

Cara memilih umpan pancing terbaik

Umpan pancing biasanya dibuat dari kombinasi bahan metal dan plastik. Umumnya digunakan untuk memancing di area terbuka seperti laut dan sungai. Karena terbuat dari bahan metal, maka umpan pancing ini memiliki berat tertentu dan tidak memiliki hambatan terhadap udara dan air. Karenanya umpan pancing sangat mudah untuk dilemparkan pada jarak yang jauh, dan ketika masuk ke dalam air umpan ini mudah tenang dan berada dalam kondisi stabil.
Karena sangat mudah penggunaan dan perawatannya dibandingkan dengan umpan yang terbuat dari bahan makanan mentah, maka umpan jenis ini sangat disukai. Umpan pancing jenis ini dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan tergantung dengan teknik memancing Anda. Untuk meningkatkan hasil tangkapan Anda, simak tips berikut ini.

Pilih material umpan sesuai dengan metode memancing Anda dan harganya

Pilih material umpan sesuai dengan metode memancing Anda dan harganya
Umpan pancing dari bahan logam rata-rata tidak terlalu mahal dari segi harga. Di pasaran umpan pancing dari bahan logam tersedia dari berbagai jenis bahan, diantaranya bahan berikut ini:

  • Tungsten : bahan ini termasuk bahan logam yang terberat untuk umpan pancing, memiliki kecepatan tenggelam di air yang sangat cepat dan memiliki kestabilan.

  • Timah dan besi : bahan ini sangat mudah untuk dilemparkan pada jarak yang jauh.

  • Aluminium : umpan dari bahan aluminium adalah yang paling ringan, mudah bergerak mengikuti arus air.

Menggunakan umpan pancing yang mahal belum tentu menjamin hasil tangkapan Anda meningkat. Karena itu lebih baik Anda memilih umpan pancing berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Umpan pancing bahan logam dengan kemurnian yang rendah memang lebih murah. Namun untuk penggunaan jangka panjang, kami sarankan Anda memilih yang terbuat dari bahan dengan kemurnian dan kualitas tinggi.

Pilih warna umpan sesuai dengan waktu dan lokasi memancing

Pilih warna umpan sesuai dengan waktu dan lokasi memancing
Ada dua tipe warna umpan pancing, yaitu umpan berwarna biru dan berwarna merah muda. Warna umpan pancing memberikan efek yang berbeda. Umpan dengan warna biru memantulkan sinar matahari dan bersinar cemerlang, sehingga mudah terlihat oleh pemancing. Sedangkan umpan warna merah muda lebih berpengaruh di bawah air, memiliki efek lebih menarik bagi ikan.
Kami anjurkan Anda selalu membawa dua jenis warna ini ketika memancing. Jika Anda memancing di air yang jernih pada saat matahari bersinar, maka gunakan umpan berwarna biru. Apabila memancing saat langit mulai gelap atau matahari belum terbit, gunakan umpan merah muda. Demikian juga jika lokasi memancing memiliki kondisi air yang keruh, maka gunakanlah umpan pancing merah muda untuk memperbesar kemungkinan hasil tangkapan Anda.

Pilih bentuk umpan sesuai dengan metode memancing Anda

Umpan pancing memiliki berbagai bentuk berbeda, masing-masing bentuk umpan memiliki keunggulannya sendiri. Ada yang unggul dari segi kemudahannya dilemparkan dalam jarak tertentu, ada pula yang unggul dari segi ketahanan dan kestabilan di air. Berikut ini akan kami paparkan keunggulan dari masing-masing bentuk umpan pancing. Pilihlah bentuk umpan yang sesuai dengan cara Anda memancing dan prediksi kebiasaan makan dari ikan target yang akan ditangkap.

Tipe umpan lurus – digunakan untuk jenis ikan penguasa

Tipe umpan lurus – digunakan untuk jenis ikan penguasa
Ini merupakan bentuk umpan yang paling umum, bentuknya lurus dan ramping. Umpan jenis ini mudah untuk dilemparkan dan mudah berpindah terbawa arus. Sangat cocok untuk memancing di tempat yang arus pasang surutnya berubah-ubah dengan cepat.

Tipe asimetris – memiliki kemampuan luar biasa dalam mengelabui ikan target

Tipe asimetris – memiliki kemampuan luar biasa dalam mengelabui ikan target
Jika dilihat dari sisi atas, bentuk umpan ini asimetris di sisi kiri dan kanannya. Bentuknya menciptakan gerakan yang tidak teratur, sehingga mudah memancing ikan target untuk mendekat. Hanya saja ketahanannya di air sangat besar, sehingga pemancing membutuhkan tenaga yang besar untuk menarik pancing. Pemancing bisa mudah merasa lelah jika menggunakan umpan jenis ini. Karenanya umpan bentuk ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menargetkan ikan tangkapan besar dalam sekali tangkap.

Tipe umpan panjang – tarikan pancing terasa kuat

Tipe umpan panjang – tarikan pancing terasa kuat
Umpan jenis panjang ini biasanya digunakan jika Anda menargetkan untuk tangkapan ikan besar dan cumi-cumi. Ini tidak cocok untuk dilemparkan dalam jarak yang jauh. Direkomendasikan untuk Anda yang memancing menggunakan kapal besar.

Tipe pendek – kegunaannya tergantung pada bahan dan beratnya

Tipe pendek – kegunaannya tergantung pada bahan dan beratnya
Umpan pancing tipe pendek ini dapat digunakan untuk memancing ikan kecil dan juga beberapa jenis ikan besar. Umpan jenis ini cenderung ringan dan dapat dilemparkan untuk jarak yang jauh. Sayangnya umpan ini memiliki tingkat kecepatan yang lambat untuk masuk ke dalam air. Karenanya kami anjurkan Anda untuk menambahkan pemberat jika ingin menggunakan umpan jenis ini.

Tipe slow – untuk pemancing wanita

Tipe slow – untuk pemancing wanita
Umpan jenis ini berbentuk seperti telur pipih. Umpan ini bisa digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan seperti ikan kakap merah besar. Umpan jenis ini sangat populer bagi para pemancing wanita yang umumnya tidak memiliki cukup tenaga untuk menarik pancing.

Pilih ukuran, berat dan keseimbangan umpan berdasarkan jenis ikan targetnya

Pilih ukuran, berat dan keseimbangan umpan berdasarkan jenis ikan targetnya
Umpan pancing yang bisa digunakan berkali-kali, membuatnya menjadi pilihan para pemancing karena bisa menghemat biaya membeli umpan. Jika Anda bisa memilih umpan yang baik, maka dengan satu jenis umpan pancing, Anda bisa menargetkan untuk menangkap berbagai jenis ikan.
Namun satu jenis umpan pancing tidak bisa digunakan untuk semua kondisi. Jika umpan tidak cocok dengan kondisi lokasi memancing, atau tidak pas dengan mulut ikan tangkapan, maka sekalipun Anda menggunakan umpan yang mahal harganya, tangkapan Anda tidak akan meningkat. Berat dan keseimbangan umpan juga bervariasi, masing-masing memiliki perbedaan gerak di dalam air dan jarak lempar. Karenanya, untuk menemukan yang benar-benar pas dengan kebutuhan Anda, maka Anda mungkin perlu mencoba beberapa jenis umpan pancing yang ada.

10 Rekomendasi umpan pancing terbaik

Umpan pancing ternyata memiliki berbagai variasi bentuk, warna dan kegunaan. Bagi Anda para pemula di dunia memancing, tentunya membingungkan untuk memilih umpan yang pas untuk Anda gunakan.
Berikut ini akan kami rekomendasikan untuk Anda 10 umpan pancing terbaik saat ini. Semoga memudahkan Anda untuk memilih jenis umpan yang ingin Anda gunakan untuk ikan target Anda.

10. Umpan Pancing Minnow

Rp15.000,00

9. Vakind Umpan Pancing Lurus

Rp52.000,00

8. Umpan Pancing Kodok

Rp20.000,00

7. Soft Shiny Silica Gel Frog Fishing Lure

Rp14.500,00

6. Lixada Umpan Udang Glow in The Dark

Rp7.500,00

5. Umpan Pancing Mata Kail Bunga

Rp27.500,00

4. RBO Umpan Pancing

Rp86.000,00

3. OEM Umpan Udang Manik-Manik

Rp34.000,00

2. MermaidKnight Umpan 3 Dimensi

Rp104.000,00

1. Weargen Umpan Pancing Cumi-Cumi

Rp76.000,00

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Tentunya akan semakin menyenangkan jika bisa membawa hasil tangkapan sesuai harapan. Umpan pancing menjadi salah satu kunci untuk hasil tangkapan yang banyak.
Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel diatas ? Semoga Anda menemukan jenis umpan yang cocok untuk mendukung kegemaran memancing Anda dan meningkatkan hasil tangkapan Anda. Selamat memancing !

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Hobi
    3.954 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2019)
    Banyak orang yang menikmati berkebun dan menanam bunga, baik itu sebagai hobi atau bahkan untuk bisnis. Dalam merawat bunga, penting untuk memilih pupuk yang sesuai dengan jenis bunga yang Anda tanam. Saat ini di pasaran ada banyak jenis pupuk, mulai dari yang bentuknya cair hingga padat, dengan berbagai fungsi yang ditawarkan. Anda mungkin bertanya-tanya pupuk jenis apa yang harus dipilih?Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi bagaimana memilih pupuk yang bagus untuk beragam jenis bunga, seperti mawar, anggrek, dan krisan. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa menjadi pilihan. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dengan baik dan bermekaran dengan indah!
    Hobi
    3.170 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis favoritnya. Namun, sebenarnya saat ini cat akrilik mulai menjadi salah satu alat lukis alternatif. Apakah Anda sudah mengetahui cara memilih cat akrilik dan menemukan produk yang tepat untuk Anda?Di pasaran, banyak beredar cat akrilik berbagai merek, seperti Liquitex, Faber Castell, atau Winsor & Newton. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai karakteristik cat akrilik. Tentu saja kami pun akan memberikan rekomendasi produk cat akrilik terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Hobi
    3.577 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Air (Watercolor) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Cat Air (Watercolor) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Cat air adalah alat gambar yang populer dan telah digunakan oleh banyak orang, baik pemula maupun profesional. Banyak merek produsen cat air terbaik, seperti Holbein, Winsor & Newton, dan Koi yang merupakan favorit pelukis profesional, hingga cat air dengan harga murah meriah seperti Pentel. Harganya tentu sangat bervariasi.Cat air seperti apa yang sebaiknya Anda miliki? Kali ini kami membagi tips cara memilih cat air serta merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Mari mulai menggambar dengan cat air terbaik!
    Hobi
    2.004 Views
  • 10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dulu drone tergolong barang mahal, sekarang sudah banyak drone dengan harga terjangkau dan memiliki performa sangat baik. Namun, adanya drone berkualitas keluaran DJI, Walkera, Cheerson, dan sebagainya bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang paling tepat untuk Anda. Silakan disimak dan pilih drone yang paling Anda suka, ya!
    Hobi
    997 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah. Beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah Anda lebih nyaman.Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda? Sebagai solusi, kami akan memberikan tips untuk memilih tanaman pengusir nyamuk yang sesuai untuk rumah Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda.
    Hobi
    1.458 Views
  • 10 Rekomendasi Diving Fins (Kaki Katak) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Diving Fins (Kaki Katak) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berbicara tentang selam, ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan. Anda dapat melakukan scuba diving (menyelam dengan tabung nitrogen) hingga freediving (menyelam tanpa tabung). Salah satu peralatan penting untuk menyelam adalah diving fins atau kaki katak agar Anda dapat menyelam dengan lebih cepat dan mudah.Tidak seperti di kolam renang, Anda akan kesulitan menyelam beberapa meter di bawah laut dengan kaki telanjang. Karena itu, diperlukan diving fins. Kami akan menjelaskan cara memilih kaki katak serta menawarkan beberapa pilihan merek, seperti Cressi dan Scbubapro. Selamat memilih!
    Hobi
    250 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori