• 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apabila Anda gemar memancing, pasti Anda memahami bahwa umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan. Di pasaran, Anda dapat menemukan umpan pancing dengan beragam bentuk, ukuran, berat, dan warna untuk mengelabui ikan. Namun, umpan pancing seperti apa yang tepat untuk dipilih?


Bila Anda seorang pemula, penting sekali untuk Anda mengetahui produk yang sesuai. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih umpan pancing yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek umpan pancing terbaik, seperti NIDIA, Proberos, Sougayilang, dan lainnya. Baca terus artikel di bawah ini, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih umpan pancing

Setiap jenis umpan pancing memiliki material, bobot, warna, bentuk, dan keseimbangan yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan secara lebih detail tentang cara memilih umpan pancing yang bagus untuk Anda. Perhatikanlah poin-poin penting yang akan kami uraikan, ya! 

Pilih berdasarkan material umpan pancing

Pilih berdasarkan material umpan pancing

Sebagian besar lure atau umpan pancing tiruan yang tersedia di pasaran terbuat dari material plastik dan logam. Umpan pancing dari material plastik ini termasuk jenis plastik lunak atau soft plastic. Jenis umpan ini tampak lebih realistis dengan berbagai bentuk. Mulai dari cacing, lintah, cumi-cumi atau udang karang yang sangat menarik bagi ikan. 


Sementara itu, umpan pancing buatan dari logam memiliki bobot mantap dan permukaan halus. Hal ini membuat umpan pancing tidak akan menghadapi hambatan berarti, baik di udara maupun di air. Dengan demikian, umpan pancing menjadi mudah terlempar dan stabil ketika berada di dalam air. Di pasaran, ada beberapa jenis material logam yang umum digunakan untuk umpan pancing.


  • Timbal. Timbal adalah material yang umum digunakan untuk membuat umpan pancing. Saat digunakan di dalam air, kecepatan umpan pancing dari timbal termasuk lambat. Namun, umpan pancing ini masih memiliki kinerja baik saat digunakan untuk memancing di perairan dangkal.

  • Tungsten. Tungsten adalah logam terberat untuk material umpan pancing. Material ini memiliki kecepatan tenggelam yang tinggi dan sangat stabil di dalam air. Material tungsten dapat membantu Anda mendeteksi gigitan ikan dengan lebih mudah. Sayangnya, umpan pancing dari material tungsten jarang ditemukan di Indonesia.


  • Timah. Umpan pancing yang terbuat dari material timah mudah dilemparkan pada jarak yang jauh. Material timah mampu mempertahankan keseimbangan joran ketika digunakan untuk memancing walaupun tanpa bandul tambahan.


  • Aluminium. Umpan pancing dari bahan aluminium dianggap paling ringan dan mudah bergerak mengikuti arus air.

Sesuaikan warna umpan dengan cuaca dan kondisi air saat memancing

Sesuaikan warna umpan dengan cuaca dan kondisi air saat memancing

Memilih warna umpan pancing yang tepat juga bergantung pada cuaca dan kondisi air. Secara umum, ada aturan dasar menggunakan warna umpan pancing. Misalnya saja cuaca cerah atau mendung dan gelap, serta kondisi air yang jernih atau keruh dan berlumpur.


Untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan yang maksimal, Anda juga harus menyesuaikan dengan lokasi, seperti laut, sungai, danau, dan lainnya.


  • Cuaca cerahSaat langit cerah dan kondisi air jernih, pilihlah warna terang dan meniru pola alami. Warna umpan yang disukai ikan laut di pagi hari adalah merah, oranye, biru, dan hitam. Anda juga dapat memilih umpan warna putih, green pumpkin, cokelat, silver, dan keemasan untuk merefleksikan cahaya. Hal ini membuat umpan pancing laut lebih tampak oleh ikan. Sementara itu, untuk memancing di air tawar pada malam hari dan cuaca cerah, Anda dapat menggunakan warna gelap.

 

  • Cuaca mendung atau kondisi air keruh dan berlumpur. Pilihlah umpan pancing berwarna gelap dan warna tidak alami, misalnya merah, oranye, hitam, dan biru. Anda juga dapat menggunakan umpan fluorescent saat langit mendung untuk meningkatkan visibilitas umpan agar terlihat oleh ikan. Selain itu, umpan pancing yang dapat mengeluarkan suara dan bergetar saat bergerak di dalam air juga menarik perhatian ikan.

Periksa bentuk umpan dan sesuaikan dengan metode memancing

Umpan pancing memiliki bentuk yang berbeda-beda dengan keunggulannya masing-masing. Berikut ini akan kami paparkan karakteristik untuk setiap bentuk umpan pancing. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan lokasi memancing dan jenis ikan yang Anda target.

Bentuk lurus: Mudah dilempar dan memiliki hambatan air kecil

Bentuk lurus: Mudah dilempar dan memiliki hambatan air kecil

Umpan pancing bentuk lurus dan ramping adalah bentuk umpan yang paling umum digunakan untuk memancing. Umpan jenis ini dapat terlempar dengan mudah dan memiliki hambatan air rendah sehingga dapat menghemat energi pemancing. Umpan pancing bentuk lurus cocok digunakan di tempat memancing dengan arus pasang surut yang berubah dengan cepat.

Bentuk asimetris: Mudah untuk mengelabui target ikan

Bentuk asimetris: Mudah untuk mengelabui target ikan

Umpan pancing ini memiliki bentuk asimetris pada sisi kanan dan kiri bila dilihat dari atas. Bentuknya yang asimetris menciptakan gerakan yang tidak beraturan sehingga menarik perhatian ikan untuk mendekat. Namun, bentuk umpan pancing asimetris memiliki hambatan air yang cukup tinggi. 


Hal ini membuat pemancing membutuhkan tenaga yang besar untuk menarik pancing. Oleh karena kondisi tersebut, pemancing akan cepat merasa lelah ketika menggunakan umpan jenis asimetris. Umpan seperti ini hanya direkomendasikan jika Anda ingin memancing ikan besar dalam sekali pancingan. Sayangnya, umpan pancing asimetris masih jarang ditemukan di Indonesia.

Bentuk panjang: Cocok digunakan untuk memancing di atas kapal

Umpan pancing bentuk panjang sangat direkomendasikan bila Anda ingin memancing ikan besar menggunakan kapal. Selain ikan besar, umpan ini juga cocok untuk memancing cumi-cumi. Namun, umpan ini tidak cocok dilempar jarak jauh karena memiliki hambatan udara yang tinggi.

Bentuk pendek: Cenderung memiliki bobot yang ringan

Bentuk pendek: Cenderung memiliki bobot yang ringan

Umpan pancing bentuk pendek dapat digunakan untuk memancing ikan kecil dan berukuran sedang di perairan dangkal. Umpan jenis ini cenderung ringan dan dapat dilemparkan untuk jarak yang jauh.


Sayangnya umpan ini memiliki tingkat kecepatan yang lambat untuk masuk ke dalam air. Nah, apabila Anda mencari umpan mancing lele atau ikan air tawar lainnya, produk ini dapat Anda pilih.

Bentuk telur: Direkomendasikan untuk pemancing wanita

Bentuk telur: Direkomendasikan untuk pemancing wanita

Umpan pancing bentuk telur akan tampak seperti kondisi telur yang remuk. Umpan seperti ini dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan, seperti ikan kakap merah besar dan lain-lain. Para pemancing wanita umumnya menyukai umpan jenis ini karena tidak membutuhkan banyak tenaga saat hendak menarik pancing. 


Apabila Anda tidak dapat menemukan umpan ini, sebagai alternatif Anda dapat memilih bentuk umpan yang tidak terlalu bulat. Bentuk umpan yang dimaksud adalah umpan tiruan berbentuk tikus kecil atau kodok yang gemuk. Umpan tiruan tersebut dapat digunakan untuk kegiatan memancing Anda, misalnya sebagai umpan pancing ikan gabus di air tawar.

Pastikan berat dan keseimbangan umpan sesuai dengan target ikan

Pastikan berat dan keseimbangan umpan sesuai dengan target ikan

Berat umpan pancing dapat memengaruhi keseimbangan joran saat digunakan. Bila berat umpan terlalu ringan, joran tidak dapat dilempar jauh. Namun, bila umpan terlalu berat, hal ini hanya akan membebani joran. Selain itu, saat joran dilempar ke udara pun akan terasa lambat dan berat. Apabila berat umpan pas, joran pun dapat digunakan dengan seimbang dan umpan dapat dilempar lebih jauh. 


Meskipun begitu, satu jenis umpan pancing tidak bisa digunakan di semua kondisi. Tempat memancing dan besar kecilnya mulut ikan tangkapan juga perlu diperhatikan ketika memilih umpan pancing. Jika tidak, umpan yang harganya mahal sekalipun tidak dapat meningkatkan hasil tangkapan. Selain itu, perhatikan pula mengenai berat umpan pancing yang digunakan.


  • Ikan laut. Apabila Anda akan memancing di pantai, laut atau air asin lainnya, pilihlah umpan pancing laut yang tepat. Anda dapat memilih umpan dengan berat 55 gram225 gram. Dengan demikian, umpan pancing dapat turun ke perairan yang lebih dalam dan menarik ikan-ikan berukuran lebih besar.

  • Ikan air tawar. Gunakanlah umpan dengan berat 3,5 gram atau 7 gram untuk perairan air tawar yang dangkal. Jadi, bila Anda mencari umpan mancing ikan mas dan lele, pilihlah berat umpan dengan range tersebut. Untuk perairan dengan kedalaman antara 3 meter7 meter, pilihlah umpan pancing dengan berat 7 gram atau 10,5 gram. Sementara itu, untuk kedalaman lebih dari 7 meter, pilihlah umpan dengan berat 10,5 gram atau 14 gram. 

10 Rekomendasi umpan pancing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk umpan pancing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

DecathlonSeaspoon Spoon 40g Silver Lure Fishing

8406422

Mulai dari Rp 60.000,00

Bobot40 gram
Target ikanTidak disebutkan
BahanTimbal, baja, resin pelindung
Panjang7 cm
BentukLurus, pendek
9
Bobot180 gram
Target ikanIkan laut
BahanTidak disebutkan
Panjang17 cm
BentukLurus, panjang
8
Bobot10 gram
Target ikanIkan air tawar, ikan laut (crappie, white bass, seatrout, dan redfish)
BahanPlastik
Panjang5 cm
BentukPendek
7
Bobot5–6 gram
Target ikanIkan laut, ikan air tawar
BahanTidak disebutkan
Panjang5 cm
BentukPendek
6

Floating Minnow Baits Fishing Lures

Mulai dari Rp 12.990,00

Bobot9,5 gram
Target ikanKakap putih, ikan baramundi
BahanPlastik ABS
Panjang11 cm
BentukPanjang
5
Bobot10 gram dan 15 gram
Target ikanTidak disebutkan
BahanMetal
Panjang5,5 cm dan 6 cm
BentukPendek
4
Bobot15 gram–40 gram
Target ikanTenggiri, barakuda, cendro
BahanBesi nikel platede
Panjang9,5 cm–10 cm
BentukPendek
3
Bobot5 gram
Target ikanTidak disebutkan
BahanLatex dan polimer
Panjang3 cm
BentukTelur (alternatif)
2
Bobot6 gram
Target ikanTidak disebutkan
BahanSuperline PP dengan hologram plastic
Panjang10 cm
BentukPendek
1
Bobot10 gram
Target ikanIkan di sungai, pantai, danau
BahanLogam
Panjang6,8 cm
BentukPendek

Tabel perbandingan produk umpan pancing terbaik

Gambar produk
1
Sougayilang  Fishing Bait 1

Sougayilang

2
Seawood  Umpan Pancing 1

Seawood

3
Soft Frog Minios 1

4
Spoon BCS 1

5
Micro Jig Atom 1

6
Floating Minnow Baits Fishing Lures 1

7
Ultra Light Fishing Lure 1

8
Z-man Slim SwimZ™ 1

Z-man

9
Sebile Long Slide 180 1

Sebile

10
Decathlon Seaspoon Spoon 40g Silver Lure Fishing 1

Decathlon

Nama produk

Fishing Bait

Umpan Pancing

Soft Frog Minios

Spoon BCS

Micro Jig Atom

Floating Minnow Baits Fishing Lures

Ultra Light Fishing Lure

Slim SwimZ™

Long Slide 180

Seaspoon Spoon 40g Silver Lure Fishing

Keunggulan

Dengan detail mata 3D, mampu mengelabui predator dengan mudah

Harga murah dengan berbagai variasi warna umpan pancing

Produk asli buatan Indonesia, ideal sebagai umpan pancing gabus

Umpan simpel dan berhologram membuat ikan mendekat

Glow in the dark, memancing malam pun bisa mendapatkan ikan banyak

Memancing di air jernih dan keruh sekarang tidak masalah lagi

Cocok digunakan untuk Anda yang suka teknik ultralight casting

Beragam bentuk unik yang bisa Anda gunakan di laut dan air tawar

Umpan panjang dengan model S, spesialisasi ikan laut

Mudah tenggelam karena mata kail berada di kepala

Harga mulai dariRp 75.999,00Rp 3.800,00Rp 12.986,00Rp 10.000,00Rp 3.000,00Rp 12.990,00Rp 28.000,00Rp 62.500,00Rp 132.500,00Rp 60.000,00
Bobot10 gram6 gram5 gram15 gram–40 gram10 gram dan 15 gram9,5 gram5–6 gram10 gram180 gram40 gram
Target ikanIkan di sungai, pantai, danauTidak disebutkanTidak disebutkanTenggiri, barakuda, cendroTidak disebutkanKakap putih, ikan baramundiIkan laut, ikan air tawarIkan air tawar, ikan laut (crappie, white bass, seatrout, dan redfish)Ikan lautTidak disebutkan
BahanLogamSuperline PP dengan hologram plasticLatex dan polimerBesi nikel platedeMetalPlastik ABSTidak disebutkanPlastikTidak disebutkanTimbal, baja, resin pelindung
Panjang6,8 cm10 cm3 cm9,5 cm–10 cm5,5 cm dan 6 cm11 cm5 cm5 cm17 cm7 cm
BentukPendekPendekTelur (alternatif)PendekPendekPanjangPendekPendekLurus, panjangLurus, pendek
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar umpan pancing

Pertanyaan umum seputar umpan pancing

Selain menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga memiliki berbagai pertanyaan populer tentang umpan pancing. Bila Anda penasaran, mari simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

Apa umpan ikan selain cacing?

Ada beberapa alternatif umpan ikan selain cacing yang dapat Anda pilih. Anda dapat menggunakan hati ayam, biji jagung, dan makanan hewan (kucing atau anjing). Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sisa-sisa makanan yang tidak dimakan. Misalnya roti, kue kering, sosis, keju, mentimun, kangkung, dan sisa sayuran lainnya yang dipotong kecil-kecil.

Kenapa ikan tertarik menggigit umpan pancing?

Ada beberapa alasan kenapa ikan tertarik menggigit umpan pancing. Pertama karena ikan lapar dan menganggap umpan pancing adalah makanan yang bisa dimakan. Ikan juga tertarik menggigit umpan pancing bila menganggap umpan yang Anda lempar sebagai ancaman. Ini adalah respon terhadap ancaman yang dirasakan ikan. Selain itu, ikan berukuran lebih besar juga ingin mempertahankan daerah teritorial dan menganggap umpan pancing sebagai gangguan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan alat pancing lainnya di sini

Agar kegiatan memancing Anda berjalan lancar, Anda juga dapat melengkapinya dengan peralatan lain. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa produk perlengkapan alat pancing yang mungkin sedang Anda cari. Silakan buka tautan di bawah ini untuk informasi yang lebih lengkap.

Kesimpulan

Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk melepaskan diri dari rutinitas yang melelahkan. Kegiatan ini tentu akan makin seru bila hasil tangkapan sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, umpan pancing menjadi faktor penentu yang amat penting.


Kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh umpan ikan terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga Anda segera menemukan produk yang Anda cari, ya. Happy fishing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda suka memancing atau sedang mencoba mengisi waktu luang dengan memancing? Selain umpan pancing, pemilihan senar pancing juga berpengaruh terhadap performa Anda dalam memancing, lho! Ada berbagai merek senar pancing terkuat di pasaran seperti Caperlan hingga Daiwa. Kami akan membantu memilih dan memberi rekomendasi senar pancing yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis senar pancing seperti senar pancing PE dan nilon juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Yuk, pastikan Anda memilih senar pancing yang kuat dan anti keriting agar kegiatan memancing lebih menyenangkan! 
    Peralatan memancing
  • 10 Kail Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kail Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Ada cukup banyak peralatan yang harus Anda bawa ketika pergi memancing, salah satunya kail pancing. Benda kecil ini tidak boleh dilupakan jika Anda pergi memancing. Ada beragam ukuran dan jenis kail pancing, seperti kail pancing model clurit, jig, treble, hingga double hook.Kami akan berbagi cara memilih kail pancing yang bagus, tajam, dan jitu beserta rekomendasinya. Kail pancing merek Daimaru, Bradley, Daichi, Gamakatsu, hingga Sasame ada di sini. Simak juga tips dari kami mengenai cara mengikat mata kail supaya kuat. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo.
    Peralatan memancing
  • 10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melempar dan menarik umpan yang dikaitkan pada senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan. Peralatan ini telah digunakan secara luas, mulai dari casting lure, surf casting, dan lomba memancing. Bila Anda sedang mencari baitcasting reel, Anda tentu ingin tahu produk yang bagus, bukan?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan merek baitcasting reel terbaik. Mulai dari baitcasting reel Shimano, Daiwa, Sougayilang, dan lainnya. Jadi, baca terus artikel ini sampai selesai, ya!
    Peralatan memancing
  • 10 Rekomendasi Tas Pancing Ransel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Pancing Ransel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memiliki hobi memancing, tentu Anda membutuhkan sebuah tas yang mampu menyimpan dan membawa peralatan pancing Anda. Salah satu model tas pancing yang cukup populer adalah tas pancing ransel. Di pasaran, terdapat tas pancing ransel dengan model, kapasitas, serta bahan yang beragam. Hal itu mungkin akan membuat Anda bingung memilih.Kali ini, kami telah menyusun panduan yang dapat membantu Anda memilih tas pancing ransel terbaik untuk kegiatan memancing Anda. Simak juga berbagai produk tas pancing terbaik rekomendasi kami dengan fungsi dan desain yang beragam. Selamat membaca!
    Peralatan memancing
  • 10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Istilah fish finder mungkin masih terdengar asing bagi telinga sebagian orang. Namun, tidak demikian untuk orang yang gemar memancing. Fish finder adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan ikan di perairan luas. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa memaksimalkan hasil pemancingan tanpa membuang banyak waktu.Di pasaran, Anda dapat menemukan banyak merek fish finder yang bagus, seperti Garmin, Lucky, dan Deeper. Namun, manakah fish finder yang terbaik? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas cara memilih fish finder sekaligus memberi rekomendasi produknya. Mari simak dengan saksama!
    Peralatan memancing
  • 10 Rekomendasi Tas Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda mulai menggeluti hobi memancing? Salah satu benda penting yang Anda butuhkan selain alat pancing sendiri adalah tas pancing. Tas pancing sangat berguna untuk menampung joran, kail, reel, dan lainnya agar lebih ringkas. Bila Anda seorang pemula, menemukan tas pancing yang tepat mungkin bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, kali ini kami akan membantu Anda memilih tas pancing yang bagus. Kami akan membagikan tips-tips memilih tas pancing beserta rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan tas pancing, seperti merek Hamlin, Shimano, dan Firecast. Yuk, langsung saja simak artikel ini! 
    Peralatan memancing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori