• 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Anda yang gemar memancing tentu memahami bahwa umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan Anda. Saat ini tersedia berbagai umpan pancing dengan beragam bentuk dan variasi warna untuk mengecoh dan mengelabui ikan. Namun, umpan pancing seperti apa yang tepat untuk dipilih?


Jika Anda pemula, penting sekali mengetahui produk yang cocok untuk Anda. Untuk itu, kami akan memperkenalkan cara memilih umpan pancing yang tepat. Terdapat beberapa merek, seperti Caperlan, Shimano, dan lainnya. Simak juga berbagai rekomendasi umpan pancing terbaik yang telah kami ulas untuk Anda. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 28 Januari 2021
  • 61.310 Views
Daftar isi

Cara memilih umpan pancing terbaik

Umpan pancing adalah umpan yang terbuat dari logam dan digunakan untuk memancing di laut atau di sungai. Karena berbahan logam, umpan ini bobotnya mantap dan permukaannya halus sehingga tidak terhalang oleh hambatan udara maupun air. Dengan demikian, umpan pancing mudah dilempar dan juga stabil ketika berada dalam air.


Karena penggunaannya lebih mudah dibandingkan dengan umpan dari bahan mentah, umpan jenis ini menjadi kian populer. Umpan pancing dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan tergantung dari teknik memancing Anda. Nah, agar hasil tangkapan Anda meningkat, simak tips memilih umpan pancing berikut ini.

Pilih berdasarkan harga dan metode memancing Anda

Pilih berdasarkan harga dan metode memancing Anda

Timbal adalah bahan yang umum digunakan untuk pembuatan umpan pancing yang harganya murah. Namun, ada juga umpan pancing yang menggunakan logam-logam berikut ini meski harganya mahal.


  • Tungsten: Merupakan logam terberat untuk umpan pancing, memiliki kecepatan tenggelam yang tinggi dan sangat stabil di dalam air.

  • Timah dan besi: Mudah untuk dilemparkan pada jarak yang jauh.

  • Aluminium: Paling ringan, mudah bergerak mengikuti arus air.


Perlu diingat bahwa umpan pancing yang mahal tidak menjamin hasil tangkapan Anda meningkat. Karena itu, sebaiknya pilih material umpan pancing berdasarkan metode dan jenis ikan yang akan dipancing.


Lalu, terdapat beberapa umpan pancing dari bahan timbal yang dapat berubah bentuk seiring dengan penggunaan sehingga akan menyulitkan Anda. Umpan timbal seperti ini biasanya memiliki kadar kemurnian yang rendah sehingga harganya murah. Jadi, untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya pilih umpan yang terbuat dari bahan dengan kemurnian dan kualitas tinggi.

Sesuaikan warna umpan dengan waktu dan lokasi memancing

Sesuaikan warna umpan dengan waktu dan lokasi memancing

Secara garis besar, umpan pancing dibagi menjadi dua warna, yaitu biru dan merah muda. Masing-masing warna akan memberikan efek yang berbeda. Umpan pancing berwarna biru dapat memantulkan sinar matahari dan bersinar cemerlang sehingga mudah terlihat oleh ikan. Di sisi lain, di dalam air, umpan warna merah muda terlihat menarik bagi ikan sehingga ikan akan mendekat.


Jika memungkinkan, sebaiknya persiapkan umpan warna biru dan merah muda ketika akan memancing. Jika Anda memancing di air yang jernih dan matahari sedang bersinar, gunakan umpan berwarna biru. Sebaliknya, jika memancing di tempat yang airnya keruh, gunakanlah umpan warna merah muda untuk meningkatkan hasil tangkapan Anda.

Cek bentuk umpan dan sesuaikan dengan metode memancing Anda

Umpan pancing memiliki bentuk menyerupai ikan kecil yang berbeda-beda serta mempunyai keunggulannya masing-masing. Ada yang mudah dilemparkan dalam jarak tertentu, ada pula yang unggul dalam hal ketahanan dan kestabilannya di dalam air. 


Berikut akan kami paparkan keunggulan dari masing-masing bentuk umpan pancing. Pilihlah bentuk umpan yang paling sesuai dengan kebiasaan memancing dan jenis ikan yang akan Anda pancing.

Bentuk lurus: Mudah dilempar dan hambatan airnya kecil

Bentuk lurus: Mudah dilempar dan hambatan airnya kecil

Bentuk ini merupakan umpan yang paling umum, yaitu bentuk lurus dan ramping. Umpan jenis ini mudah untuk dilemparkan dan memiliki hambatan air yang rendah sehingga dapat menghemat energi Anda. Selain itu, umpan ini sangat cocok digunakan di tempat memancing yang arus pasang surutnya berubah-ubah dengan cepat.

Bentuk asimetris: Mudah mengelabui target ikan

Bentuk asimetris: Mudah mengelabui target ikan

Jika dilihat dari sisi atas, bentuk umpan ini asimetris di sisi kiri dan kanannya. Bentuknya menciptakan gerakan yang tidak teratur sehingga menarik perhatian ikan untuk mendekat. Hanya saja, hambatan airnya cukup tinggi sehingga pemancing membutuhkan tenaga yang besar untuk menarik pancing. 


Itulah sebabnya, pemancing akan cepat merasa lelah ketika menggunakan umpan jenis ini. Karena itu, umpan seperti ini hanya direkomendasikan jika Anda ingin memancing ikan besar dalam sekali pancingan.

Bentuk panjang: Cocok digunakan memancing di atas kapal

Bentuk panjang: Cocok digunakan memancing di atas kapal

Umpan berbentuk panjang biasanya digunakan jika Anda menargetkan untuk menangkap ikan besar dan cumi-cumi. Umpan ini tidak cocok dilempar jarak jauh karena memiliki hambatan udara yang tinggi. Namun, umpan bentuk panjang ini direkomendasikan bila Anda ingin memancing ikan besar menggunakan kapal.

Bentuk pendek: Kegunaannya tergantung pada bahan dan beratnya

Bentuk pendek: Kegunaannya tergantung pada bahan dan beratnya

Umpan pancing bentuk pendek dapat digunakan untuk memancing ikan kecil dan juga beberapa jenis ikan besar. Umpan jenis ini cenderung ringan dan dapat dilemparkan untuk jarak yang jauh. Sayangnya umpan ini memiliki tingkat kecepatan yang lambat untuk masuk ke dalam air. Karena itu, sebelum membeli, pastikan Anda memilih bahan dan berat umpan yang paling mudah untuk digunakan.

Bentuk telur: Direkomendasikan untuk pemancing wanita

Bentuk telur: Direkomendasikan untuk pemancing wanita

Umpan jenis ini berbentuk seperti telur remuk. Umpan ini bisa digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan, seperti ikan kakap merah besar dan lain-lain. Para pemancing wanita umumnya menyukai umpan jenis ini karena tidak membutuhkan banyak tenaga ketika hendak menarik pancing.

Pastikan ukuran, berat, dan keseimbangan umpan sesuai dengan jenis target ikan

Pastikan ukuran, berat, dan keseimbangan umpan sesuai dengan jenis target ikan

Umpan pancing bisa digunakan berkali-kali sehingga benda ini menjadi pilihan favorit para pemancing. Dengan umpan pancing, Anda tentu dapat menghemat biaya karena tidak perlu berulang-ulang membeli umpan. Jika Anda memilih umpan yang tepat, Anda bahkan bisa menangkap berbagai jenis ikan dengan menggunakan satu umpan saja.


Meski begitu, satu jenis umpan pancing tentu tidak bisa digunakan di semua kondisi. Tempat memancing dan besar mulut ikan tangkapan adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih umpan pancing. Jika tidak, umpan yang harganya mahal sekalipun tidak dapat meningkatkan hasil tangkapan Anda. 


Selain itu, berat dan keseimbangan umpan juga bervariasi. Masing-masing umpan memiliki perbedaan gerak di dalam air dan juga jarak lempar. Karena itu, Anda perlu mencoba beberapa jenis umpan pancing agar menemukan umpan yang benar-benar pas dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi umpan pancing terbaik

Umpan pancing ternyata memiliki berbagai variasi bentuk, warna, dan kegunaan. Bagi Anda para pemula di dunia memancing, tentunya membingungkan untuk memilih umpan yang pas untuk Anda gunakan. Berikut ini akan kami rekomendasikan untuk Anda sepuluh umpan pancing terbaik. Semoga Anda berhasil memilih produk umpan pancing sesuai kebutuhan.

10
Bobot18 g
Target ikanIkan di laut dan perairan berarus deras (hampala, mahseer, tenggiri)
BahanTidak disebutkan
Panjang6,5 cm
9
Bobot3 g
Target ikanTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan
Panjang5 cm
8
Bobot15–40 g
Target ikanTenggiri, barakuda, cendro
BahanBesi nikel platede
Panjang9,5–10 cm
7
Bobot10 g
Target ikanTrout, pike, salmon, bass
BahanKuningan
Panjang11 cm
6
Bobot5 g, 10 g, 20 g, 30 g, 40 g
Target ikanIkan air tawar dan air asin (trout, flathead, flounder, tailor, salmon, tuna, kuwe)
BahanStainless steel
Panjang4,5 cm
5

Caperlan Umpan buatan sea fishing biastos assist 60g white phospho

8553680

Mulai dari Rp 95.000,00

Bobot60 g
Target ikanKakap dan bonito
BahanTimbal dan baja
Panjang9 cm
4
Bobot180 g
Target ikanIkan laut
BahanTidak disebutkan
Panjang17 cm
3

ShimanoColtsniper Wonderfall

JM-520QE

Mulai dari Rp 76.000,00

Bobot40 g
Target ikanMakerel, kakap, trout karang, dan lainnya
BahanMetal
Panjang6,6 cm
2

Caperlan Seaspoon spoon 40g silver lure fishing

8406422

Mulai dari Rp 60.000,00

Bobot40 g
Target ikanTidak disebutkan
BahanTimbal, baja, resin pelindung
Panjang7 cm
1
Bobot30 g
Target ikanIkan laut
BahanTidak disebutkan
Panjang6,7 cm

Tabel perbandingan produk umpan pancing terbaik

Gambar produk
1
Storm Gomoku Koika30 1

Storm

2
Caperlan  Seaspoon spoon 40g silver lure fishing 1

Caperlan

3
Shimano Coltsniper Wonderfall 1

Shimano

4
Sebile Long Slide 180 1

Sebile

5
Caperlan  Umpan buatan sea fishing biastos assist 60g white phospho 1

Caperlan

6
Halco Wobbler  1

Halco

7
Abu Garcia Toby Spoon 1

Abu Garcia

8
NIDIA Spoon BCS 1

NIDIA

9
DAIWA Dr. MINNOW 1

DAIWA

10
Williamson Gomoku Spoon 1

Williamson

Nama produk

Gomoku Koika30

Seaspoon spoon 40g silver lure fishing

Coltsniper Wonderfall

Long Slide 180

Umpan buatan sea fishing biastos assist 60g white phospho

Wobbler

Toby Spoon

Spoon BCS

Dr. MINNOW

Gomoku Spoon

Keunggulan

Bentuknya asimetris dan ideal untuk teknik slow jigging

Mudah tenggelam karena mata kail berada di kepala

Modelnya flatfall, cocok untuk memancing di perairan dangkal atau dalam

Panjang dengan model S, spesialisasi ikan laut

Desainnya persis ikan belanak, mampu meniru gerakannya juga, lho!

Desainnya cocok untuk casting dan trolling dengan kecepatan lambat

Umpan pancing legendaris yang ideal di air tawar dan air asin

Simpel dan berhologram, tentunya membuat ikan mendekat

Kecil, tetapi mudah tenggelam

Desain unik bentuk S-nya membantu Anda tingkatkan hasil pancingan

Harga mulai dariRp 70.700,00Rp 60.000,00Rp 76.000,00Rp 164.000,00Rp 95.000,00Rp 49.500,00Rp 105.000,00Rp 16.000,00Rp 65.000,00Rp 48.000,00
Bobot30 g40 g40 g180 g60 g5 g, 10 g, 20 g, 30 g, 40 g10 g15–40 g3 g18 g
Target ikanIkan lautTidak disebutkanMakerel, kakap, trout karang, dan lainnyaIkan lautKakap dan bonitoIkan air tawar dan air asin (trout, flathead, flounder, tailor, salmon, tuna, kuwe)Trout, pike, salmon, bassTenggiri, barakuda, cendroTidak disebutkanIkan di laut dan perairan berarus deras (hampala, mahseer, tenggiri)
BahanTidak disebutkanTimbal, baja, resin pelindungMetalTidak disebutkanTimbal dan bajaStainless steelKuninganBesi nikel platedeTidak disebutkanTidak disebutkan
Panjang6,7 cm7 cm6,6 cm17 cm9 cm4,5 cm11 cm9,5–10 cm5 cm6,5 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan memancing lainnya di sini

Agar kegiatan memancing Anda berjalan lancar tanpa kendala, Anda memerlukan perlengkapan yang memadai. Berikut ini kami mempunyai rekomendasi beberapa produk perlengkapan untuk memancing yang mungkin sedang Anda cari. Anda dapat memilih produk-produk seperti cooler box, fish grip, dan lainnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk melepaskan diri dari rutinitas yang melelahkan. Kegiatan ini tentu akan makin seru jika hasil tangkapan sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, umpan pancing menjadi faktor penentu yang amat penting.


Nah, kami telah merekomendasikan sepuluh umpan pancing yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga Anda segera menemukan produk yang Anda cari, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Senar Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda suka memancing atau sedang mencoba mengisi waktu luang dengan memancing? Selain umpan pancing, pemilihan senar pancing juga berpengaruh terhadap performa Anda dalam memancing, lho! Ada berbagai merek senar pancing terkuat di pasaran seperti Caperlan hingga Daiwa. Nah, di artikel ini kami akan membantu memilih dan memberi rekomendasi senar pancing yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis senar pancing seperti senar pancing PE dan nilon juga ada. Yuk, pastikan Anda memilih senar pancing yang kuat dan anti keriting agar kegiatan memancing lebih menyenangkan! 
    Peralatan memancing
    6.234 Views
  • 10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melemparkan dan menarik umpan yang dikaitkan di senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan.Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih baitcasting reel yang tepat. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan beberapa rekomendasi produk baitcasting reel terbaik, seperti Daiwa, Lixada, dan Shimano. Mari mengenal baitcasting reel lebih detail!
    Peralatan memancing
    81.100 Views
  • 10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, ada cukup banyak peralatan yang harus Anda bawa ketika pergi memancing, salah satunya kail pancing. Benda kecil ini tidak boleh dilupakan jika Anda pergi memancing. Ada beragam ukuran dan jenis kail pancing, seperti kail pancing model clurit, jig, treble, hingga double hook.Melalui artikel ini kami akan berbagi cara memilih kail pancing yang bagus, tajam, dan jitu. Ada pula rekomendasi kail pancing merk Daimaru, Bradley, Daichi, Gamakatsu, hingga Sasame. Kami juga akan membagikan tips cara mengikat mata kail supaya kuat. Baca pembahasannya sampai tuntas!
    Peralatan memancing
    5.727 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik untuk Memancing (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik untuk Memancing (Terbaru Tahun 2021)
    Cooler box adalah salah satu barang penting untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Banyak merek cooler box yang bagus di pasaran, contohnya cooler box Marina LION STAR, Igloo, dan Marvel. Penting bagi Anda untuk memilih box ikan yang tepat agar kegiatan memancing makin menyenangkan.Di artikel ini kami memberikan panduan cara memilih cooler box terbaik. Saat memilih, pastikan Anda mempertimbangkan harga, kualitas, fungsi, dan ukuran cooler box. Box ikan laut tentu berbeda dengan ukuran cooler box ikan kecil. Temukan cool box ikan terbaik untuk memancing di artikel ini!
    Peralatan memancing
    10.191 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Pancing Ransel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Pancing Ransel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda memiliki hobi memancing, tentu Anda membutuhkan sebuah tas yang mampu menyimpan dan membawa peralatan pancing Anda. Salah satu model tas pancing yang cukup populer adalah tas pancing ransel. Di pasaran, terdapat tas pancing ransel dengan model, kapasitas, serta bahan yang beragam. Hal itu mungkin akan membuat Anda bingung memilih.Kali ini, kami telah menyusun panduan yang dapat membantu Anda memilih tas pancing ransel terbaik untuk kegiatan memancing Anda. Simak juga berbagai produk tas pancing terbaik rekomendasi kami dengan fungsi dan desain yang beragam. Selamat membaca!
    Peralatan memancing
    655 Views
  • 10 Rekomendasi Fish Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fish Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang hobi memancing mungkin sudah tahu dengan alat bernama fish grip. Alat ini digunakan untuk menjepit rahang bawah ikan yang telah tertangkap sehingga ikan bisa diangkat dengan mudah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba grip ikan supaya tangkapan Anda tidak lepas saat diangkat ke permukaan air.Ada banyak fish grip di pasaran. Hal tersebut mungkin akan membuat Anda kebingungan. Untuk itu, kami akan memberi tahu cara memilih fish grip yang bagus dan merekomendasi fish grip terbaik. Ada fish grip dari merek Shimano, Mustad, Seahawk, dan lainnya. Simak artikelnya sampai tuntas!
    Peralatan memancing
    2.383 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori