10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mesin jahit portabel adalah mesin jahit serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk menjahit baju atau kebutuhan rumah tangga lainnya. Ukuran mesin jahit portabel yang tidak terlalu besar memudahkan Anda untuk menyimpan dan memindahkannya.

Sekarang ini tersedia banyak sekali mesin jahit portabel dari berbagai macam merek, seperti Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Mari kita bandingkan berbagai mesin jahit portabel ini berdasarkan fitur dan fungsinya, agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Jenis dan fungsi mesin jahit portabel

Mesin jahit portabel memiliki berat 5 kg atau kurang. Karena itu, mesin jahit ini mudah dibawa, dipindahkan, serta tidak memakan banyak tempat dalam hal penyimpanannya. Mesin jahit portabel juga memiliki fitur yang mudah untuk digunakan, sehingga cocok bagi Anda yang masih penjahit pemula.

Beberapa mesin jahit yang digunakan pada industri konveksi sebenarnya juga dapat menghasilkan jahitan yang baik, tetapi memiliki ukuran yang besar dan tidak dapat dipindahkan secara leluasa, sehingga kurang cocok untuk Anda gunakan di rumah. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai jenis mesin jahit yang dapat Anda gunakan secara nyaman di rumah.

Mesin jahit komputer

Mesin jahit komputer

Jenis mesin yang pertama adalah mesin jahit komputer. Anda dapat mengatur jenis jahitan dan kecepatan menjahit dengan menyentuh tombol atau panel yang ada. Cara penggunaannya sangat praktis dan dapat dengan mudah digunakan oleh Anda yang belum terbiasa dengan mesin jahit.

Fitur yang ditawarkan pun beragam, bukan hanya menjahit saja, sekarang ini banyak mesin jahit portabel yang dilengkapi dengan fitur untuk membordir. Tentunya dengan bertambahnya fitur ini, harganya pun lebih mahal daripada mesin jahit yang memiliki fitur menjahit saja.

Mesin jahit listrik

Mesin jahit listrik

Jenis mesin jahit yang kedua adalah mesin jahit listrik. Mesin jahit ini dijalankan dengan menginjak pedal injakan kaki yang juga dapat mengatur kecepatan penjahitan. Pengaturan jalur benang, kekencangan benang atas dan bawah, serta jenis jahitan, semuanya harus Anda lakukan satu per satu. Karena fiturnya tidak selengkap mesin jahit komputer, maka mesin jahit listrik memiliki harga yang lebih terjangkau.

Cara memilih mesin jahit portabel

Sebagai pemula, tentu Anda dapat menemui kebingungan dalam memilih mesin jahit portabel mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikanlah fungsi-fungsi yang dimiliki mesin jahit portabel tersebut, agar Anda tak salah memilih.

Kemudahan dalam memasang benang atas

Kemudahan dalam memasang benang atas

Sebelum Anda menjahit, tentunya ada satu langkah yang tidak boleh dilewati, yaitu memasang dan mengatur benang atas. Jika terjadi kesalahan dalam pengaturan ini, jahitan Anda tidak akan terjahit dengan baik. Maka perhatikanlah cara pemasangan benang atas ini dengan baik.

Pada umumnya, mesin jahit saat ini sudah dilengkapi dengan penanda jalur benang sampai benang tersebut masuk ke dalam lubang jarum. Anda hanya perlu mengikuti tanda-tanda tersebut sesuai dengan tahapannya. Adanya penanda ini tentu memudahkan Anda, terutama sebagai seorang pemula.

Tombol untuk menyesuaikan kekencangan benang

Tombol untuk menyesuaikan kekencangan benang

Salah satu hal penting lainnya pada saat menjahit adalah mengatur kekencangan benang atas dan benang bawah, agar jahitan yang dihasilkan menjadi rapih. Apabila ada salah satu benang yang longgar, maka jahitan akan menjadi terlihat longgar. Sebaliknya, apabila terlalu kencang, maka jahitan akan terlihat mengkerut. Pengaturan ini bisa jadi merepotkan Anda yang belum terbiasa menggunakan mesin jahit.

Fitur yang ditawarkan mesin jahit saat ini adalah adanya tombol yang dapat mengatur kekencangan benang atas dan bawah. Dengan adanya fungsi ini, maka kegagalan pada jahitan dapat diminimalkan. Periksa kembali fitur ini, apakah sudah ada pada mesin jahit pilihan Anda.

Fungsi untuk menarik benang bawah

Fungsi untuk menarik benang bawah

Apabila benang atas sudah Anda atur dengan baik, jangan lupa untuk mengatur benang bawah. Gulungkanlah benang pada sepul benang terlebih dahulu. Setelah itu, letakanlah sepul benang pada tempatnya, lalu atur posisi dan letak benang tersebut. Pengaturan ini dapat memakan waktu serta tenaga Anda apabila belum terbiasa dengannya.

Saat ini banyak mesin jahit yang sudah memiliki fitur pengaturan dan penarikan benang bawah dengan lebih mudah. Fitur ini disarankan untuk Anda yang belum terbiasa menggunakan mesin jahit.

Memasukkan benang ke lubang jarum adalah hal yang mudah

Memasukkan benang ke lubang jarum adalah hal yang mudah

Memasukkan benang ke dalam lubang jarum bisa jadi terdengar sulit. Apalagi memasukkan benang ke dalam lubang jarum pada mesin jahit, bisa jadi hal ini terdengar lebih menyulitkan.

Mesin jahit saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur memasukkan benang ke dalam jarum secara otomatis. Walaupun cara mengerjakannya berbeda pada setiap mesin jahit, Anda dapat dengan mudah memasukkan benang tersebut. Dengan adanya fitur ini, proses persiapan menjahit Anda menjadi lebih efisien.

10 Rekomendasi mesin jahit portabel terbaik

Berikut ini adalah 10 mesin jahit portabel terbaik yang dapat digunakan di rumah. Pilihlah mesin jahit dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Mesin Jahit Tangan Mini Berbentuk Strapless

10. Mesin Jahit Tangan Mini Berbentuk Strapless

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 13.500

Praktis untuk dibawa bepergian dan mudah dipakai

Mesin jahit mini ini memiliki bentuk menyerupai strapless, dengan ukuran 11 x 8 x 2 cm dan berat 120 gr. Mesin jahit ini dioperasikan secara manual, yaitu ditekan berulang kali, seperti saat kita menggunakan strapless.

Mesin jahit ini dapat menghasilkan jahitan yang rapih dan kencang, serta sangat bermanfaat untuk memperbaiki baju yang sobek pada saat bepergian. Penggunaannya yang sangat praktis tidak menggunakan tenaga baterai maupun listrik. Ukurannya yang mungil, dan beratnya yang ringan, menjadikan mesin jahit ini sangat cocok untuk dibawa Anda ke mana saja.

9. Mesin Jahit Mini S2

9. Mesin Jahit Mini S2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 113.000

Mesin jahit mini dengan kualitas jahitan yang rapi

Mesin jahit mini ini memiliki ukuran 21 x 19 x 9 cm sehingga sangat mudah untuk Anda simpan ataupun Anda pindahkan. Mesin jahit ini dilengkapi dengan 2 benang (atas dan bawah) yang akan menghasilkan jahitan yang kuat dan rapi. Kelengkapan lainnya yang juga penting adalah adanya lampu LED dan pemotong benang.

Untuk menjalankan mesin jahit ini, dibutuhkan 4 buah baterai AA atau adaptor 6 V. Kecepatan mesin jahit pun dapat Anda atur dalam dua pilihan, pelan atau cepat. Karena mudah dan praktis untuk digunakan, mesin jahit mini ini dirasa cocok untuk Anda yang masih pemula dan dapat juga digunakan oleh anak-anak.

8. Singer 4423HD

8. Singer 4423HD

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.210.000

Awet, kuat dan tahan banting, investasi untuk pemakaian jangka panjang

Singer 4423HD adalah mesin jahit keluaran Singer dengan tipe heavy duty, sangat cocok untuk Anda yang menginginkan mesin jahit yang kuat dan dapat menjahit segala jenis kain, terutama kain yang tebal dan keras, seperti bahan kulit dan jeans. Kerangka badan mesin ini berbahan dasar besi, yang tentunya lebih tahan lama dan kuat daripada yang berbahan dasar plastik.

Kelengkapan lainnya adalah mesin jahit ini dilengkapi dengan 23 jenis jahitan, pemasuk benang otomatis, lampu LED, pemotong benang, dan pengangkat sepatu yang lebih tinggi dibandingkan mesin jahit lainnya. Kecepatannya 1.100 jahitan per menit dan memiliki tenaga dinamo sebesar 60% lebih banyak dibandingkan mesin lain yang sejenis. Kuat dan multifungsi!

7. Brother INNOV-IS NV 980D

7. Brother INNOV-IS NV 980D

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 12.350.000

Jahit dan bordir tokoh Disney pada kreasi Anda

Mesin jahit Brother dengan tipe ini merupakan mesin jahit komputer yang juga memiliki fitur untuk membordir. Pengoperasian mesin jahit ini sangat mudah, karena dapat dikendalikan dengan sentuhan otomatis pada panel pengaturan mesin jahit. Mesin jahit ini memiliki 196 jenis jahitan, 6 jenis bentuk huruf, dan 40 jenis karakter Disney.

Kelengkapan lain yang dimiliki mesin jahit ini adalah pemotong benang, pemasuk benang otomatis, USB port untuk memasukkan desain bordir, dan memiliki area bordir sebesar 10×10 cm. Walaupun terlihat rumit, mesin jahit ini dapat digunakan oleh penjahit dengan tingkat kemampuan pemula sampai dengan mahir.

6. Butterfly JH8190S

6. Butterfly JH8190S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.380.000

Fitur dasar lengkap yang memudahkan kegiatan menjahit Anda

Butterfly adalah produsen mesin jahit yang sudah ada sejak tahun 1919 dan produknya sangat mudah ditemui di Indonesia. Mesin jahit Butterfly dengan tipe JH8190S merupakan mesin jahit portabel yang praktis untuk dipindahkan dan cara menggunakannya sangat mudah. Untuk menjalankan mesin jahit ini, dibutuhkan daya listrik sebesar 70 watt, termasuk untuk menyalakan lampu LED yang dimilikinya.

Mesin jahit ini memiliki 11 jenis jahitan dan 1 fungsi untuk membuat lubang kancing. Selain itu, mesin jahit ini dilengkapi dengan lampu LED dan pemasuk benang otomatis. Fitur-fitur yang dimiliki mesin jahit ini sudah cukup lengkap untuk menghasilkan jahitan yang berkualitas baik.

5. Singer Simple 3223G

5. Singer Simple 3223G

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.470.000

Mesin jahit dengan pilihan warna favorit Anda

Mesin jahit Singer dengan tipe Simple 3223G memiliki segala fitur dasar yang dibutuhkan oleh Anda sebagai penjahit pemula maupun penjahit mahir. Proses menjahit Anda akan menjadi lebih variatif dengan adanya 23 jenis jahitan, pelubang kancing, dan adanya pengatur lebar dan jarak setiap jahitan. Fitur lain yang dimilikinya adalah pemutus benang, tombol untuk jahitan mundur, dan lampu.

Daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin jahit ini adalah sebesar 85 watt. Yang paling diunggulkan dari mesin jahit ini adalah tampilannya yang sangat menarik. Tersedia dalam 3 jenis warna, biru kehijauan, merah muda, dan kuning. Anda bebas memilihnya sesuai dengan warna favorit Anda.

4. Juki HZL-12Z

4. Juki HZL-12Z

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.550.000

Mesin jahit hemat energi dengan pelindung yang kuat

Mesin jahit portabel Juki ini dapat digunakan dengan mudah oleh para pemula maupun para penjahit yang sudah mahir. Fitur yang dimiliki mesin jahit ini adalah adanya 7 jenis jahitan dan 1 jenis lubang kancing. Selain itu, mesin jahit ini dilengkapi dengan lampu LED berwarna putih, pemutus benang, dan adanya pengatur lebar dan panjangnya jahitan.

Mesin jahit ini merupakan mesin jahit hemat energi, karena untuk menjalankannya hanya membutuhkan daya listrik sebesar 35 watt. Selain itu, mesin jahit ini dilengkapi dengan penutup hardcase yang akan melindungi mesin jahit Anda dari benturan pada saat Anda menyimpannya.

3. Janome CT2480LX

3. Janome CT2480LX

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.700.000

Mesin jahit multifungsi dengan tampilan keren

Janome mengeluarkan mesin jahit dengan tipe CT2480LX dengan desain yang keren, sangat berbeda dari mesin jahit yang ada di pasaran. Cara menggunakan mesin jahit ini juga sangat praktis, sehingga cocok untuk penjahit pemula dan mahir. Fitur-fitur yang dimiliki oleh mesin jahit ini sudah lengkap untuk Anda yang baru mau mempelajari jahit-menjahit.

Kerangka dasar mesin jahit ini terbuat dari bahan alumunium yang menjamin ketahanan mesin, lebih kuat, dan tahan lama. Kelengkapan lain yang dimiliki oleh mesin jahit ini adalah 25 jenis jahitan, pembuat lubang kancing dengan satu langkah, dan pemasuk benang otomatis.

2. Brother FS101

2. Brother FS101

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.700.000

Portabel tetapi lengkap dengan 100 jenis jahitan dan 55 jenis bordir huruf

Mesin jahit Brother FS101 adalah mesin jahit komputer portabel dengan 100 jenis jahitan. Cara menjalankannya dengan menggunakan tombol, tanpa menggunakan pedal kaki. Kegiatan menjahit Anda akan menjadi lebih mudah dengan adanya fitur pengatur kecepatan, pengatur posisi jarum, lampu LED, dan kemampuan mesin yang dapat menghasilkan 900 jahitan per menitnya.

Mesin jahit ini juga memiliki kemampuan untuk membordir sebanyak 55 jenis desain huruf, sehingga kreasi jahitan Anda akan lebih menarik. Semua pengaturan yang Anda lakukan pada mesin jahit ini dapat Anda lakukan dengan menyentuh layar LCD yang ada pada mesin ini. Keunggulan lainnya adalah mesin jahit ini tidak berisik pada saat Anda gunakan. Fungsi lengkap untuk yang mahir menjahit dan suka berkreasi!

1. Singer Brilliance 6199

1. Singer Brilliance 6199

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.500.000

Mesin jahit komputer multifungsi dengan meja tambahan

Singer, salah satu produsen mesin jahit yang ternama, mengeluarkan mesin jahit komputer dengan tipe Brilliance 6199. Keunggulan mesin jahit ini adalah adanya beberapa aksesoris tambahan, seperti meja tambahan dan penutup hard case. Aksesoris ini semakin meningkatkan portabilitas mesin jahit. Terutama untuk Anda yang perlu menjahit di tempat yang berbeda.

Fitur-fitur lainnya yang dimiliki mesin jahit ini adalah adanya 100 pola jahitan, 1 langkah dalam pembuatan lubang kancing, pemutar sepul benang otomatis, serta tombol pengatur panjang dan lebar jahitan. Mesin jahit ini dapat menjahit hingga 750 jahitan per menitnya. Daya listrik yang diperlukan untuk menjalankan mesin jahit ini adalah sebesar 90 watt. Cukup portabel dan tetap mutakhir bukan?

Kesimpulan

Pada saat ini banyak sekali mesin jahit portabel yang memiliki banyak fitur dan mudah untuk digunakan. Mesin jahit ini pun dapat digunakan oleh para penjahit pemula.

Pilihlah mesin jahit portabel yang sesuai dengan kebutuhan serta anggaran dana Anda. Setelah itu, silakan berkreasi di rumah dan ciptakanlah kreasi jahitan untuk keperluan rumah tangga serta kebutuhan anak-anak Anda. Selamat berkreasi!