• 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Mesin jahit portable banyak dicari karena ukurannya tidak terlalu besar, bobotnya relatif ringan, dan kepraktisan fitur-fiturnya. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan mesin jahit biasa, kemampuannya dalam membantu Anda menjahit tidak perlu diragukan. Ada beragam pilihan, dari mesin jahit multifungsi, heavy duty, hingga mesin jahit portable mini. 

Jika sedang mencari-cari mesin jahit portable yang bagus, Anda bisa memeriksa produk merek Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Apa saja keunggulan dan fitur setiap mesin jahit portable tersebut? Simak artikel ini sampai akhir!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Novita Estiti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Sewing enthusiast, Novita Estiti

Profil pakar: Sewing enthusiast, Novita Estiti
Novita Estiti
Sewing enthusiast
Novita Estiti

Novita Estiti lulus sebagai best student dari ESMOD Fashion School tahun 1998. Setelah lulus, ia bekerja sebagai fashion editor di beberapa majalah fashion Indonesia. Ia kemudian pindah ke Jepang dan memulai sewing blog. Ia juga pernah beberapa kali mengadakan sewing class di Jepang.


Novita menjadi blogger dan influencer di bidang menjahit sejak tahun 2008. Ia pernah berkontribusi pada penulisan buku terbitan Burdastyle dan beberapa majalah serta situs mengenai menjahit.

Karakteristik mesin jahit portable

Karakteristik mesin jahit portable

Mesin jahit portabel atau mesin jahit compact size adalah mesin jahit dengan berat sekitar 6 kg atau kurang. Jika Anda masih ragu memilih mesin jahit portabel, mungkin Anda perlu mengetahui keunggulannya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa kelebihan dari mesin jahit portabel:


  • Bobotnya lebih ringan karena bodinya menggunakan plastik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda memindahkannya atau membawanya ke tempat lain.

  • Memiliki beragam fitur dasar yang memadai untuk membuat aksesori atau tas serut. Para pemula juga lebih mudah belajar dengan mesin jahit ini.

  • Ukurannya kecil sehingga Anda leluasa memilih area kerja yang sesuai dengan situasi. Ukuran seperti ini juga tidak makan tempat saat disimpan.

Ada pula mesin jahit mini seukuran stapler nan praktis untuk memperbaiki pakaian yang bolong. Namun, mesin jahit mini ini kurang mumpuni untuk membuat aksesori. Mesin jahit portabel adalah jawaban saat Anda memerlukan mesin jahit dengan fitur dasar, tetapi memiliki bujet terbatas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mesin jahit portable

Saat memilih mesin jahit portabel, ada beberapa poin dan fitur yang perlu Anda perhatikan. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Simak ulasannya berikut ini!

Pilihlah tipe mesin jahit sesuai keperluan Anda

Secara garis besar, mesin jahit portabel dapat dibagi ke dalam tipe komputer, tipe elektrik, dan tipe mini. Ketiga tipe ini memiliki keunggulan masing-masing. Pilihlah tipe mesin jahit portabel dengan keunggulan yang Anda perlukan.

Mesin jahit komputer, pengaturannya otomatis dan hasilnya lebih rapi

Mesin jahit komputer, pengaturannya otomatis dan hasilnya lebih rapi

Tipe mesin jahit ini cocok untuk Anda yang menginginkan mesin jahit nan praktis. Anda cukup menekan tombol atau panel untuk mengoperasikan mesin jahit ini. Tidak perlu khawatir, mesin jahit tipe ini akan memberi tahu Anda jika terjadi kesalahan pengoperasian.


Anda dapat menghasilkan kerajinan tangan dengan lebih rapi karena mesin ini dilengkapi fitur pengaturan otomatis. Ada pula mesin jahit komputer yang dilengkapi fitur bordir sehingga Anda dapat berkreasi lebih banyak. Jika Anda ingin mencoba membuat berbagai macam kerajinan tangan, bagaimana kalau mencoba mesin jahit komputer?


Ingin tahu lebih jauh tentang mesin jahit komputer? Kami pernah membahasnya secara detail dan komplit dalam artikel berikut ini. Silakan buka tautannya dan baca artikelnya!

Mesin jahit elektrik, pengoperasiannya lebih simpel

Mesin jahit elektrik, pengoperasiannya lebih simpel

Jika Anda mementingkan kemudahan dalam pengoperasian mesin jahit, tipe ini bisa menjadi pilihan. Mesin jahit tipe ini biasanya dibekali fitur-fitur sederhana, seperti menjahit lurus, menjahit dengan beberapa pola, dan menjahit lubang kancing. Fitur-fitur ini bisa dipilih dengan memutar dial sehingga lebih simpel dalam pengoperasiannya.


Mesin jahit tipe ini juga memiliki power yang tetap stabil saat dioperasikan dengan kecepatan rendah. Keunggulan lain mesin jahit tipe ini adalah banyaknya pilihan model yang disediakan oleh produsen-produsen mesin jahit. Selain itu, harga mesin jahit portabel tipe ini bisa dibilang terjangkau sehingga sangat digemari.

Mesin jahit portable mini, bisa dijalankan dengan baterai

Mesin jahit portable mini, bisa dijalankan dengan baterai

Pada awalnya mesin jahit bekerja menggunakan tenaga yang keluar dari pedal yang diputar tangan. Seiring perkembangan teknologi, terutama hadirnya listrik, mesin jahit mulai menggunakan listrik. Begitu pun mesin jahit portabel. Anda bisa menggunakan adaptor yang dicolokkan ke stopkontak atau lewat baterai!


Mesin jahit dengan baterai biasanya berukuran kecil, sering disebut pula mesin jahit mini. Tugas yang bisa dikerjakan terbilang ringan seperti menjahit aksesori atau menjahit material yang tipis. Namun, daya baterai itu sendiri juga menjadi keunggulan. Anda tidak perlu tergantung pada keberadaan arus listrik. Menjahit di kawasan tanpa listrik pun masih bisa dilakukan.

Ketahui fitur-fitur yang mempermudah pengoperasiannya

Mesin jahit dengan fitur-fitur yang membantu pemula tentunya dapat dioperasikan dengan lebih mudah. Apa saja fitur-fitur yang perlu diperhatikan? Akan kami jelaskan dalam uraian berikut ini.

Jalur benang, memasang benang atas tak lagi membingungkan

Jalur benang, memasang benang atas tak lagi membingungkan

Pemasangan benang atas adalah salah satu langkah yang dilakukan sebelum memulai kegiatan jahit-menjahit dengan mesin. Langkah ini sering membuat pusing para pemula. Apalagi mesin jahit bisa saja menjadi rusak karena adanya kesalahan di langkah ini. 


Tentu lebih praktis untuk memasang benang atas apabila petunjuknya sudah tertera pada bodi mesin jahit. Dengan begitu, Anda tidak perlu memeriksa buku manual berkali-kali sebelum mulai menjahit. Poin ini sangat penting jika Anda mudah lupa urutan pemasangan benang atas karena jarang menggunakan mesin jahit.

Drop-in bobbin dan automatic needle threader, memasang benang bawah dengan lebih cepat

Drop-in bobbin dan automatic needle threader, memasang benang bawah dengan lebih cepat

Pemasangan bobbin untuk benang bawah juga sering membuat pusing dan memakan waktu. Hal ini akan terasa terutama pada mesin jahit dengan bobbin yang dimasukkan ke dalam sekoci. Namun, Anda dapat melakukan langkah ini dengan lebih mudah jika mesin jahit memiliki fitur drop-in bobbin. Anda cukup men-set bobbin di bobbin case, lalu mengatur posisi benang di bagian ceruk bobbin case tersebut.


Selain itu, adanya fitur yang membantu memasukkan benang ke dalam lubang jarum juga perlu Anda perhatikan. Dengan fitur yang biasa disebut automatic needle threader ini, Anda bisa memasukkan benang lebih mudah ke lubang jarum. Anda cukup menekan tuas sehingga lebih praktis dan dapat segera menjahit.

Automatic thread tension control, agar jahitan lebih rapi

Automatic thread tension control, agar jahitan lebih rapi

Menyamakan tegangan benang atas dan benang bawah mesin jahit adalah langkah penting lainnya sebelum mulai menjahit. Jika salah satu benang lebih longgar, pasti hasil jahitannya tidak rapi. Benang yang dipasang terlalu kencang akan mudah putus. Alhasil, kegiatan jahit-menjahit akan menjadi tidak menyenangkan.


Biasanya, penjahit menyamakan tegangan benang dengan mencoba menjahit beberapa kali dan memeriksa hasil jahitannya. Mengubah tegangan benang atas beberapa kali sampai mendapatkan hasil jahitan yang rapi seperti ini akan memakan waktu. Dengan fitur automatic thread tension control, cukup menekan satu tombol, tegangan benang dapat diatur lebih cepat.


Sayangnya fitur ini masih jarang ditemukan pada mesin jahit portabel. Namun, mesin jahit portabel biasanya menggunakan dial untuk mengencangkan dan melonggarkan benang atas. Jadi, Anda yang belum mahir mengatur tegangan benang tidak perlu khawatir!

Periksa ketersediaan pedal controller

Periksa ketersediaan pedal controller

Komponen pendukung, seperti pedal pengontrol atau meja tambahan, terkadang dijual terpisah untuk menekan harga produk mesin jahit. Namun, tentunya akan lebih praktis jika komponen-komponen pendukung tersebut sudah tersedia dalam satu paket mesin jahit. Jadi, jangan lupa memeriksa perlengkapan apa saja yang sudah termasuk di dalam kemasan, ya!

Sesuaikan dengan area kerja Anda

Sesuaikan dengan area kerja Anda

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam menjahit, sudah barang tentu Anda harus menyesuaikan mesin jahit dengan area kerja. Jika Anda senang berganti suasana saat menjahit, bobot perlu diperhitungkan agar proses memindahkannya ke tempat baru lebih mudah. Kemudian, jika Anda hanya memiliki ruang terbatas, pertimbangkan membeli ukuran yang kecil.


Anda juga perlu memperhatikan penghuni rumah. Mungkin ada bayi, lansia, atau hewan peliharaan yang memerlukan ketenangan lebih. Jadi, periksa juga tingkat kebisingan yang akan ditimbulkan. Anda akan lebih tenang jika menggunakan mesin jahit yang tak terlalu bising. Bayi dan hewan peliharaan tidak akan kaget saat Anda menggunakan mesin jahit. Alhasil, Anda jadi lebih leluasa menggunakan mesin jahit.


Namun, mengenai tingkat kebisingan, Anda mungkin harus menanyakannya langsung kepada pihak penjual. Pasalnya beberapa penjual di toko online seringkali tidak mencantumkan informasi mengenai hal tersebut.

10 Rekomendasi mesin jahit portable terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin jahit portabel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Novita Estiti.

10
TipeElektrik
Berat9 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak disebutkan
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahSekoci
Automatic needle threaderAda
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
9
TipeKomputer
Berat5 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)38,5 cm x 15 cm x 28,2cm
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahDrop-in
Automatic needle threaderAda
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
8
TipeKomputer
Berat5,9 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)42 cm x 19 cm x 29 cm
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahDrop-in
Automatic needle threaderAda
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
7

BrotherSewing Machine

JV-1400

Mulai dari Rp 1.965.000,00

TipeElektrik
BeratTidak disebutkan
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak disebutkan
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahDrop-in
Automatic needle threaderTidak ada
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
6

YokoMesin Jahit Portable Mini

YK-1803

Mulai dari Rp 600.000,00

TipeElektrik dan baterai
Berat3 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)32 cm x 13 cm x 28 cm
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahDrop-in
Automatic needle threaderTidak ada
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
5
TipeKomputer
Berat7 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)44 cm x 35 cm x 23 cm
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahSekoci
Automatic needle threaderAda
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
4
TipeElektrik
BeratTidak disebutkan
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak disebutkan
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahSekoci
Automatic needle threaderTidak ada
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
3
TipeElektrik
Berat2,5 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)32 cm x 17 cm x 29 cm
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahDrop-in
Automatic needle threaderTidak ada
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
2
TipeElektrik dan baterai
Berat1,9 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)27,5 cm x 12,1 cm x 26 cm
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahDrop-in
Automatic needle threaderTidak ada
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda
1
TipeElektrik
Berat5,8 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)35 cm x 17 cm x 27,5 cm
Petunjuk pemasangan benang atasAda
Pemasangan bobbin benang bawahSekoci
Automatic needle threaderAda
Pengatur tegangan benang atasDial
Pedal pengontrolAda

Tabel perbandingan produk mesin jahit portable terbaik

Gambar produk
1
Butterfly JH8530A 1

Butterfly

2
HUA FENG FHSM-505 1

HUA FENG

3
Singer Mesin Jahit 1

Singer

4
Butterfly Mesin Jahit 1

Butterfly

5
Janome Mesin Jahit 1

Janome

6
Yoko Mesin Jahit Portable Mini 1

Yoko

7
Brother Sewing Machine 1

Brother

8
Singer Stylist 9100 1

Singer

9
Janome Mesin Jahit 1

Janome

10
Juki Heavy Duty 1

Juki

Nama produk

JH8530A

FHSM-505

Mesin Jahit

Mesin Jahit

Mesin Jahit

Mesin Jahit Portable Mini

Sewing Machine

Stylist 9100

Mesin Jahit

Heavy Duty

Keunggulan

Bebas berkreasi dengan berbagai pola jahit dan bordir

Harga sangat terjangkau dengan fitur memadai

Mesin jahit portable mini dengan finger guard

Ringkas dan padat, semua fiturnya pasti akan Anda pakai

Melakukan berbagai aktivitas dengan mesin jahit multifungsi

Sepatunya dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan

Konsumsi dayanya rendah, Anda bisa menjahit selama mungkin

Dilengkapi fitur drop feed dog untuk Anda yang ingin menjajal bordir

Mesin bisa berjalan sendiri tanpa bantuan pedal

Mesin heavy duty dengan suara yang halus

Harga mulai dariRp 1.599.000,00Rp 435.000,00Rp 1.150.000,00Rp 1.050.000,00Rp 1.600.000,00Rp 600.000,00Rp 1.965.000,00Rp 6.050.000,00Rp 2.990.000,00Rp 2.850.000,00
TipeElektrikElektrik dan bateraiElektrikElektrikKomputerElektrik dan bateraiElektrikKomputerKomputerElektrik
Berat5,8 kg1,9 kg2,5 kgTidak disebutkan7 kg3 kgTidak disebutkan5,9 kg5 kg9 kg
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)35 cm x 17 cm x 27,5 cm27,5 cm x 12,1 cm x 26 cm32 cm x 17 cm x 29 cmTidak disebutkan44 cm x 35 cm x 23 cm32 cm x 13 cm x 28 cmTidak disebutkan42 cm x 19 cm x 29 cm38,5 cm x 15 cm x 28,2cmTidak disebutkan
Petunjuk pemasangan benang atasAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda Ada
Pemasangan bobbin benang bawahSekociDrop-inDrop-inSekociSekociDrop-inDrop-inDrop-inDrop-inSekoci
Automatic needle threaderAdaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak adaTidak adaAdaAdaAda
Pengatur tegangan benang atasDialDialDialDialDialDialDialDialDialDial
Pedal pengontrolAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar mesin jahit portable

Pertanyaan umum seputar mesin jahit portable

Pastinya ada pertanyaan dalam benak Anda tentang mesin jahit portabel. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang kerap diajukan oleh konsumen. Mari simak bersama-sama.

Apakah mesin jahit portable cepat rusak?

Keawetan sebuah barang elektronik ditentukan oleh perawatan dan pemakaiannya. Jadi, tutup mesin jahit portabel Anda saat tidak dipakai untuk mencegah debu masuk ke dalamnya. Selain itu, rajin-rajinlah mengoleskan oli mesin saat mesin jahit mulai bersuara kasar sehingga awet lebih lama.

Berapa watt mesin jahit portable?

Rata-rata mesin jahit portabel biasanya mengonsumsi daya yang kecil, sekitar 75-100 watt.

Mesin jahit portable bisa untuk jahit apa saja?

Mesin jahit portabel bisa menjahit beragam jenis kain dari yang tipis hingga tebal, tergantung pada spesifikasi mesin. Selain menjahit baju, mesin jahit portabel bisa digunakan untuk semi obras, semi neci, bordir, quilting, patchwork, dan lainnya.

Tips merawat mesin jahit agar awet dari sewing enthusiast kami, Novita Estiti

Tips merawat mesin jahit agar awet dari sewing enthusiast kami, Novita Estiti
  • Bersihkan mesin jahit setiap selesai satu proyek jahitan. Anda bisa menggunakan air duster untuk meniup debu-debu di bagian dalam mesin.
  • Gunakan jarum dan benang yang sesuai dengan ketebalan dan jenis kain.
  • Penggantian jarum sebaiknya setiap selesai satu proyek jahitan.

Baca juga rekomendasi mesin jahit lainnya di sini

Mesin jahit portabel cocok digunakan untuk membuat aksesori-aksesori kecil di rumah. Setelah terbiasa dengan mesin jahit portabel, mungkin Anda akan menginginkan mesin jahit yang powerful dan berfitur lebih lengkap. Apabila Anda tertarik, silakan membaca artikel rekomendasi mesin jahit terbaik lainnya berikut ini!

Kesimpulan

Demikian sepuluh produk mesin jahit portabel rekomendasi dari kami. Apakah ada produk yang menarik perhatian Anda? Pilihlah mesin jahit dengan fitur yang sesuai kemampuan menjahit dan kebutuhan Anda. 


Jangan lupa pula memeriksa perlengkapan yang sudah termasuk di dalam kemasan produk mesin jahit. Jadi, Anda dapat menciptakan lebih banyak kreasi jahitan untuk keperluan rumah tangga serta kebutuhan anak-anak Anda. Selamat berkreasi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak jenis benang rajut, mulai dari benang polyester, benang katun, benang nilon, hingga benang polycherry.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart, Papiput Yarn, dan DROPS Design. Artikel ini sudah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita. Jika Anda ingin mulai belajar merajut, baca ulasan dari kami terlebih dahulu!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda dapat menemukan berbagai media mewarnai, seperti cat air, pensil warna, dan crayon atau krayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mulai belajar menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Karena itu, produsen-produsen, seperti merek Brother, Butterfly, Janome, dan lainnya berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit yang cocok untuk pemula.Setiap mesin jahit dari setiap produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Simak sampai akhir, ya!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin obras adalah mesin untuk merapikan tepian kain agar benang-benangnya tidak terurai berantakan. Mesin ini akan menjahit tepian kain sekaligus memotong bagian yang tidak diperlukan dalam sekali jalan. Hasilnya adalah baju Anda terlihat rapi dan jadi lebih awet tanpa benang yang menjulur semrawut. Memilih mesin obras, entah untuk tujuan hobi atau profesional, patut dipertimbangkan secara matang. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin obras yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin obras terbaik dari merek Singer, Janome, hingga Butterfly. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Membuat kerajinan dari clay memang merupakan kegiatan yang asyik dilakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satu jenis clay yang sedang menjadi primadona di kalangan crafter adalah polymer clay. Polymer clay termasuk bahan lunak yang terbuat dari polivinil klorida (PVC). Tak heran jika bahan ini sangat mudah dibentuk.Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan beragam merek polymer clay yang bagus di pasaran. Sculpey, FIMO, dan Cernit merupakan beberapa contohnya. Supaya Anda bisa mendapatkan produk terbaik, kali ini kami akan menjelaskan tips-tips memilih polymer clay. Mari simak dengan saksama!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang, hal yang Anda bayangkan tidak hanya bisa digambar di atas kertas. Namun, bisa Anda realisasikan dalam bentuk objek tiga dimensi. Anda hanya membutuhkan satu alat saja, yaitu 3D pen.  Pekerja profesional di bidang desain mungkin sudah familier dengan alat satu ini. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, 3D pen mungkin masih terdengar asing.Jangan khawatir, dalam pembahasan artikel ini, kami akan menjelaskan tentang 3D pen terlebih dahulu. Selanjutnya, kami akan memberikan tips memilih 3D pen terbaik dan rekomendasi produk yang bagus lengkap dengan harganya. Simak terus artikelnya, ya!
    Kerajinan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori