10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Olahraga tenis adalah salah satu olahraga yang populer dan banyak dimainkan oleh anak-anak dan wanita karena kemungkinan cederanya kecil. Sebagai pemula dalam olahraga ini, pemilihan raket yang pas adalah hal pertama yang harus dilakukan. Beberapa produsen seperti Yonex, Wilson, dan Dunlop menawarkan beberapa produk raket tenis terbaiknya.

Kami akan membandingkan spesifikasi beberapa raket tenis dengan bobot ringan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai. Tetapi sebelumnya, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket tenis berbobot ringan. Silahkan disimak!

Daftar isi

Perbedaan jenis raket berat dan jenis raket ringan

Perbedaan jenis raket berat dan jenis raket ringan

Tenis adalah olahraga yang populer, dan sering dimainkan dalam klub olahraga mahasiswa. Umumnya ada dua permainan tenis yang ditawarkan. Namun yang sering dimainkan adalah jenis soft tennis.

Karena kekerasan bola berbeda dalam jenis ringan dan jenis kaku, ada perbedaan dalam raket yang akan digunakan. Raket tenis jenis berat mampu memberikan pukulan lebih keras, sehingga bola dapat melesat jauh, sedangkan raket tenis jenis ringan, memiliki soft handle dan bobot yang lebih ringan. Perbedaan juga terdapat pada pemasangan jaring, pada raket tenis jenis ringan jaringnya lebih lembut dibandingkan jenis berat.

Selain itu, raket tenis jenis ringan memiliki lebih banyak poros dan pegangannya berbentuk oktagon. Jika Anda akan membeli raket tenis, jangan lupa mengatakan bahwa Anda akan membeli raket tenis berbobot ringan. Karena sebagai pemula, Anda akan kesulitan jika langsung berlatih dengan raket tenis berat.

Cara memilih raket tenis berbobot ringan

Anda masih bingung poin apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket tenis berbobot ringan? Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Pilih produk yang sesuai dengan gaya bermain Anda

Pertimbangkan gaya permainan seperti apa yang sering Anda lakukan dalam bermain tenis. Sesuaikan juga dengan kemampuan Anda.

Ukuran permukaan

Ukuran permukaan

Jika Anda memfokuskan permainan untuk menyerang lawan, kami sarankan untuk memilih raket dengan permukaan besar. Tetapi jika Anda memfokuskan permainan dalam tembakan dan kecepatan, kami sarankan untuk memilih raket dengan permukaan kecil.

Ukuran rata-rata permukaan raket tenis berbobot ringan sekitar 90 inci persegi. Hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih raket tenis.

Berat raket

Berat raket

Bobot sebuah raket tenis berhubungan dengan permukaan dari raket tenis itu sendiri. Jika Anda ingin menghasilkan pukulan yang kuat, pilihlah jenis raket yang berat. Namun, jika Anda ingin menghasilkan tembakan yang tepat sasaran, pilihlah jenis raket ringan. Masing-masing jenis raket tentunya memiliki kelebihan yang berbeda.

Satu atau dua poros

Satu atau dua poros

Satu atau dua poros adalah perbedaan cara memegang raket. Keduanya mungkin terlihat sama dalam cara mengayun raket, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan.

Dua poros memiliki stabilitas yang sangat baik, disarankan bagi Anda yang ingin mengendalikan bola dengan tepat. Satu poros mudah mentransmisikan kekuatan ke bola, sehingga mampu melepaskan tembakan kuat.

Pilih produk dengan titik avant-garde untuk permainan ganda

Pilih produk dengan titik avant-garde untuk permainan ganda

Raket tenis berbobot ringan sering dipilih untuk permainan ganda, dimana satu orang akan berada dekat jaring, dan satu orang lain berjaga di belakangnya.

Titik avant-garde adalah titik pusat permainan yang bersih. Penjaga belakang akan berfungsi sebagai pusat pukulan. Pemain yang berada di titik avant-garde sebaiknya bermain dengan raket tenis permukaan besar. Kami sarankan Anda memiliki beberapa pilihan raket tenis.

10 Rekomendasi raket tenis berbobot ringan terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan raket tenis berbobot ringan yang dapat membantu Anda menemukan pilihan yang tepat. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Crossway WQP-720

10. Crossway WQP-720

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 482.000

Dengan lubang perlindungan kawat asli

Sebagai pemula dalam olahraga tenis, Anda harus memilih raket tenis yang tepat untuk mendukung latihan Anda. Raket tenis yang satu ini memiliki bobot kurang lebih 305 gram. Kemampuan tarikannya cukup besar yaitu 55-60 lbs. Pegangannya halus, lebih kokoh, stabil, dan awet.

Dilengkapi dengan lubang perlindungan kawat asli yang akan memperpanjang masa pakai. Produk raket tenis ini memiliki kepala persegi untuk meningkatkan jangkauan pukulan menjadi lebih efektif. Jika Anda adalah pemula dalam olahraga ini, raket tenis yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda.

9. Bobolat AeroPro Lite

9. Bobolat AeroPro Lite

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.650.000

Meningkatkan kekuatan dan stabilitas

Raket tenis ini adalah generasi kedua yang dikeluarkan brand Bobolat. Dengan teknologi active cortex, raket ini menawarkan produk yang sedikit lebih halus daripada versi sebelumnya. Dengan kepala yang memiliki keseimbangan berat yang baik, produk ini menawarkan kemampuan mengontrol bola yang baik sehingga akan meningkatkan kekuatan dan stabilitas.

Bobot yang lebih ringan, dan balok aerodinamika memungkinkan terciptanya akselerasi yang terkontrol dan kuat. Berbahan poliester, raket tenis ini memiliki kemampuan tembakan dan ayunan di tingkat sedang. Produk ini cocok digunakan bagi Anda yang memfokuskan permainan pada penambahan putaran dan kekuatan.

8. Yonex Vcore Junior 21

8. Yonex Vcore Junior 21

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Raket tenis khusus anak

Anda memiliki anak yang tertarik dengan olahraga tenis? Produk yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda. Raket tenis yang kami rekomendasikan selanjutnya diperuntukan bagi pemain muda berusia 3-5 tahun. Dengan panjang 21 inci, produk ini hanya berbobot 195 gram. Kepala raket yang besar akan memberikan kontrol lebih besar tanpa kehilangan kekuatan.

Produk ini akan membantu pemain untuk mengembangkan berbagai keterampilan fisik dan secara bertahap mengajarkan taktik permainan dan teknis permainan di lapangan yang lebih kecil dengan menggunakan bola yang lebih lambat. Bentuk kepala isometrik adalah suatu terobosan evolusioner yang memungkinkan Anda menghasilkan tembakan 7% lebih efektif dengan titik temu di tengah raket.

7. Head Speed Adaptive

7. Head Graphene Speed Adaptive

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.350.000

Pemilihan warna yang terinspirasi dari elang

Karena terinspirasi dari elang yang dijadikan icon seri Speed, raket ini memiliki desain berwarna hitam dan putih. Teknologi graphene touch baru pada poros raket ini memberi kemampuan peredam getaran pada permukaan kepala raket. Produk ini memiliki berat 285 gram dengan panjang 27 inci. Ukuran kepala yang tidak terlalu lebar, yaitu 100 inci persegi, akan membantu Anda memfokuskan permainan pada kecepatan.

Dengan menggunakan produk ini, Anda akan mendapat perpaduan antara kecepatan, kekuatan, dan kemampuan mengontrol bola. Dilengkapi adaptive tuning kit terpisah, Anda dapat menyesuaikan keseimbangan, panjang, bobot ayun, dan pola senar sesuai kebutuhan. Sesuai namanya, produk ini memberikan sentuhan tak tertandingi tanpa mengurangi tingkat daya graphene-nya. Produk ini cocok untuk Anda yang memfokuskan permainan pada kecepatan.

6. Wilson Blade 98L

6. Wilson Blade 98L 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.300.000

Memudahkan dalam bergerak

Produk ini dirancang untuk permainan yang agresif, cocok untuk Anda yang memfokuskan jenis permainan menyerang. Teknologi countervail pada raket ini akan memaksimalkan energi pemain, sehingga dapat menghasilkan pukulan yang sempurna. Desainnya minimalis, dengan matte finish dan ukiran laser yang unik dan cantik, memberi ciri tersendiri yang membedakan produk ini dari produk lainnya.

Raket tenis ini memiliki rangka ringan, sehingga memudahkan Anda untuk bergerak. Selain itu, adanya fitur braided graphite + gasalt membuat raket ini lebih lentur, sehingga saat menggunakannya terasa nyaman dan memudahkan Anda dalam mengontrol bola. Pegangannya dapat disesuaikan, sehingga menciptakan nuansa personal yang optimal untuk backhand dua tangan.

5. Wilson Pro Staff 97L

5. Wilson Pro Staff 97L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Performa permainan stabil hingga akhir babak

Raket tenis lainnya dari brand Wilson ini menampilkan desain tuksedo elegan dalam bobot yang lebih ringan, yaitu 290 gram. Bingkai lebih kuat, dengan pola senar baru yang berbeda dari seri sebelumnya. Teknologi countervail pada produk ini akan memfokuskan energi pada bingkai raket, membuat setiap pukulan dapat Anda hasilkan dengan energi yang maksimal.

Teknologi ini juga akan mengurangi kelelahan otot dan memperpendek waktu pemulihan. Jika Anda menginginkan performa yang stabil selama permainan, raket tenis ini cocok untuk Anda. Produk ini banyak dipilih oleh pemain tenis profesional karena konstruksinya kuat dan mampu meredam getaran. Dengan frame dari grafit yang dikepang, raket ini mampu menciptakan nuansa yang solid dan alami.

4. Yonex Ezone Rally

4. Yonex EZONE DR Rally 107

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.100.000

Sejumlah perlindungan untuk kenyamanan Anda

Yonex menawarkan teknologi hyper-MG yang secara dramatis meningkatkan kecepatan snapback untuk daya tembak lebih kuat bahkan di pusat yang sulit. Fitur layout micro offset dan quake shut gel air meminimalkan getaran dan memberikan kenyamanan yang maksimal. Sweet spot pada produk ini lebih besar, yaitu sampai pada bagian atas kepala yang pada umumnya hanya di bagian tengah kepala. Sweet spot adalah titik tertentu pada frame raket yang memberikan pantulan dan kekuatan paling baik saat raket dan bola bertemu.

Fitur aero shape menawarkan kontur yang lebih halus di seluruh kepala raket, karena mengurangi dorongan angin dan meningkatkan kecepatan raket. Produk ini mengintegrasikan shockless grommet di sisi dan bawah bingkai untuk meminimalkan kelelahan otot selama pertandingan yang panjang. Memberikan nuansa lembut serta kemampuan melindungi pergelangan tangan, lengan bawah, dan siku dengan cara menyerap kejutan. Produk ini cocok digunakan untuk permainan ganda.

3. Head Graphene Radical S

2. Head Graphene Touch Radical S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.850.000

Tetap ringan dengan ukuran kepala lebih besar

Raket tenis yang satu ini hadir dengan kepala yang lebih besar dan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan seri lainnya. Produk ini adalah pasangan sempurna yang cocok digunakan bagi para pemain yang sangat termotivasi untuk menang, sehingga konsisten melakukan pola menyerang selama permainan. Dilengkapi teknologi touch graphene, produk ini akan memberi kemudahan saat Anda bermanuver.

Tak hanya itu, teknologi graphene touch juga mampu memberi kontrol yang lebih stabil. Desainnya menarik dengan dominasi warna merah yang membangkitkan semangat. Produk ini memiliki berat 280 gram dengan ukuran kepala 102 inci persegi. Dengan menggunakan produk ini, Anda tidak hanya mendapat kenyamanan, tetapi juga kekuatan yang lebih besar saat memukul bola.

2. Dunlop Blackstorm Graphite 2.0

2. Dunlop Blackstrom Graphite 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.325.000

Bentuk oval untuk akurasi tinggi

Raket ini memiliki desain kepala berbentuk oval yang memungkinkan akurasi lebih besar, dan mampu menghasilkan tenaga yang lebih kuat. Produk ini dibuat dengan konstruksi grafit HM yang menciptakan bentuk kepala konvensional. Raket ini dapat digunakan oleh pemula, atau yang sudah lama menekuni olahraga tenis. Produk ini lebih cocok digunakan untuk permainan dengan satu poros.

Desainnya yang lebih kecil dibandingkan produk lainnya akan mengurangi hambatan, dan memaksimalkan kecepatan pukulan dengan satu poros. Adanya teknologi braided 4D pada bagian frame produk ini akan membantu Anda meningkatkan kontrol bola, dan menambah kekuatan ayunan. Memiliki bobot 135 gram dan ukuran kepala 77,5 inci persegi, raket tenis ini siap memberikan tembakan yang menjatuhkan lawan main Anda.

1. Dunlop BioFibre F3.1

1. Dunlop BioFibre F3.1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.587.000

Menciptakan pukulan yang melesat tidak tertandingi

Produk raket tenis ini memperbarui frame dengan teknologi biomimetic F3.0 tour. Frame ini menawarkan kontrol luar biasa dari balok 22 mm yang cukup tipis, yang ditujukan untuk Anda yang menekuni olahraga tenis. Produk ini mampu meredam getaran dengan sangat baik, membuat Anda lebih cepat menanggapi serangan lawan. Dilengkapi grommet MoS2, Anda akan mendapatkan senar yang kuat dan efisien untuk hasil pukulan yang tak terjangkau oleh lawan.

Teknologi Biofibre didapat dari tenunan serat tanaman untuk menghasilkan rangka poros yang mampu memaksimalkan energi saat melakukan pukulan. Raket ini juga memiliki pegangan yang nyaman dan tidak akan licin walau tangan Anda basah oleh keringat. Dengan sweet spot yang lebih besar, produk ini memungkinkan Anda melakukan serangan walau berada di posisi yang sulit. Cocok digunakan bagi Anda yang menfokuskan permainan pada kecepatan.

Kesimpulan

Terdapat berbagai pilihan raket tenis berbobot ringan. Oleh sebab itu, Anda harus terlebih dulu mempertimbangkan jenis permainan dan menyadari kemampuan Anda dalam memainkan olahraga ini. Raket tenis berbobot ringan akan memberikan kecepatan yang tinggi dalam pemukulan bola. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat menemukan raket tenis idaman Anda.