10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Ada kopi instan dengan harga terjangkau hingga kopi instan yang harganya sedikit mahal. Di Indonesia, banyak pilihan merek kopi instan terkenal seperti Nescafe, Torabika, Kapal Api, yang mengeluarkan berbagai jenis kopi yang dijual.

Kali ini, kami akan membandingkan berbagai macam kopi instan dan merekomendasikan yang terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan kopi instan yang terbaik bagi Anda!

Daftar isi

Cara memilih kopi instan

Banyak poin-poin yang dapat Anda periksa saat memilih kopi instan seperti rasa, aroma, jenis biji kopi, dan cara pembuatan kopi. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk memilih kopi instan yang cocok untuk Anda.

Pilihlah berdasarkan jenis kemasan

Terdapat 3 jenis kemasan kopi instan, yaitu kopi instan dalam botol, kopi instan refill, dan kopi instan dengan bungkus. Anda dapat membaca lebih lanjut sebagai referensi memilih.

Kemasan botol yang mudah disimpan

Kemasan botol yang mudah disimpan

Bila Anda memiliki kesadaran untuk berhemat, Anda dapat membeli kopi dalam kemasan botol dengan jumlah yang cukup. Kemasan botol terlihat bagus dan dapat dimasukkan ke dalam kulkas dengan mudah, tetapi bila Anda menutup terlalu rapat, cita rasa kopi instan tersebut akan menurun. Untuk menjaga cita rasanya, buatlah lubang kecil pada bagian tengah tutup botol. Hal ini dilakukan agar tidak merusak cita rasa kopi instan Anda tanpa melonggarkan tutup botolnya.

Kemasan refill agar lebih hemat

Kemasan refill agar lebih hemat

Anda bisa mendapatkan harga lebih murah dengan membeli kemasan refill. Jika Anda membeli kemasan refill, Anda harus memindahkannya ke dalam botol penyimpanan. Namun, bila ada zipper di kemasan refill yang Anda beli, Anda dapat langsung menyimpannya begitu saja tanpa memindahkan ke dalam kotak penyimpanan.

Kemasan sachet yang mudah dibawa

Kemasan sachet yang mudah dibawa

Kopi instan kemasan sachet ini sangat mudah untuk dibawa karena satu bungkus kopi instan adalah satu cangkir kopi. Kopi instan kemasan sachet sangat cocok untuk disimpan di kantor atau di rumah. Walaupun kopi instan kemasan sachet praktis dan mudah, kopi instan dengan kemasan sachet akan meningkatkan jumlah sampah Anda.

Rasa yang berbeda tergantung cara pemanggangannya

Rasa yang berbeda tergantung cara pemanggangannya

Pada umumnya jenis pemanggangan kopi dibagi menjadi 8 tingkat, mulai dari light roast sampai dark roast. Kopi yang dipanggang dengan cara light roast memiliki karakteristik agak asam dan rasa pahit yang tidak terlalu kuat, sedangkan kopi yang dipanggang dengan cara dark roast memiliki karakteristik yang tidak terlalu asam tetapi memiliki rasa pahit yang kuat. Dalam kopi instan, kebanyakan biji kopi yang digunakan adalah biji kopi blend yang berasal dari berbagai daerah sehingga dapat dikatakan bahwa yang mempengaruhi rasa dari kopi instan adalah cara pemanggangannya, dan bukan dari mana biji kopi tersebut berasal. Pilihlah jenis pemanggangan yang menghasilkan rasa sesuai dengan selera Anda.

Aroma kopi yang dapat membuat rileks juga penting

Aroma kopi yang dapat membuat rileks juga penting

Aroma kopi adalah salah satu hal yang penting dalam meminum kopi. Meskipun untuk menikmati kopi tergantung bagaimana cara masing-masing orang dan jenis biji kopi, tetapi kopi yang segar memiliki aroma yang kuat dan kopi yang sudah tua memiliki aroma yang lemah. Aroma kopi mempunyai efek untuk relaksasi dan menambah konsentrasi. Karena sulit untuk mengetahui aroma dari kopi instan, lebih baik Anda melihat review terlebih dahulu sebelum membeli.

Perhatikan juga prosesnya

Terdapat dua metode untuk memproduksi kopi instan, yaitu spray drying dan freeze drying. Tentu saja dari kedua metode tersebut akan berbeda bentuk tekstur kopinya, rasa, aroma, dan harganya. Kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai kedua metode tersebut, sehingga Anda bisa membandingkan dan memilih mana yang Anda sukai.

Metode spray drying : dapat dilarutkan dengan air

Metode spray drying yang dapat dilarutkan dengan air

Metode spray drying menghasilkan serbuk biji kopi yang sangat halus sehingga dapat dilarutkan dengan mudah, bahkan dengan air dingin. Untuk membuat serbuk biji kopi, dilakukan proses pengeringan dengan suhu yang tinggi, sehingga aromanya menguap dengan mudah. Metode spray drying lebih mudah dilakukan dan dapat digunakan untuk menghasilkan kopi instan dalam jumlah lebih besar, dibanding metode lainnya. Karena itu, produk yang relatif murah harganya, umumnya diproduksi dengan metode ini.

Metode freeze drying untuk menikmati rasa asli kopi

Metode freeze drying untuk menikmati rasa asli kopi

Metode freeze drying memungkinkan Anda menikmati rasa dan aroma asli dari kopi. Metode ini membekukan biji kopi dengan suhu dibawah -40℃, kemudian dihancurkan dan disimpan di tempat kedap udara. Proses produksi ini memakan waktu dan tenaga kerja sehingga metode ini sering digunakan untuk produk-produk yang relatif mahal.

Perhatikan jenis-jenis biji kopi

Biji kopi secara umum dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu arabika, robusta, dan liberika. Kebanyakan kopi instan tidak menuliskan dengan jelas biji kopi jenis apa yang digunakan, tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek masing-masing cirinya.

Jenis yang paling banyak diproduksi : arabika

Jenis yang paling banyak diproduksi : arabika

Saat ini, jenis kopi arabika adalah jenis yang paling banyak diproduksi di dunia. Kopi arabika sangat cocok untuk tumbuh di dataran tropis dengan ketinggian 1,000 – 2,000 m. Kopi ini rentan terhadap perubahan iklim, dan membutuhkan waktu untuk memanennya. Kopi arabika adalah kopi yang kaya rasa dan aroma, serta mempunyai tingkat keasaman yang kuat. Kopi arabika cocok diminum dengan cara di-blend, tanpa campuran apapun, atau berbagai cara minum lainnya. Kopi arabika ini merupakan jenis kopi dengan kualitas tinggi.

Jenis yang kaya kafein : robusta

Jenis yang kaya kafein : robusta

Jenis kopi robusta biasanya ditanam pada ketinggian 300-1,000 m. Inilah jenis kopi yang tahan penyakit. Karakteristiknya adalah aroma yang unik dan rasa pahit yang kuat. Bila diminum tanpa campuran apapun, rasa pahitnya akan sangat terasa sehingga sering digunakan sebagai campuran. Jenis kopi robusta mempunyai jumlah kafein dua kali lebih banyak dari jenis arabika. Kopi robusta cocok untuk Anda yang mencari stimulasi dengan rasa yang kuat.

Jenis yang jarang ada : liberika

Jenis yang jarang ada : liberika

Jenis kopi liberika lebih banyak beredar di wilayah Eropa, tetapi jumlah distribusinya sangat kecil, sehingga kopi dengan jenis ini jarang ditemukan.

10 Rekomendasi kopi instan terbaik

Kami akan merekomendasikan 10 kopi instan yang populer berdasarkan ranking. Kami juga merekomendasikan Anda membeli beberapa jenis dan meminumnya berdasarkan suasana hati dan keadaan Anda.

10. Esprecielo Caramel Macchiato

10. Esprecielo Caramel Macchiato

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.500

Caramel macchiato praktis yang segera tersedia

Kopi ini terbuat dari espresso yang dicampurkan dengan sedikit susu dan karamel. Tentunya bila Anda membuat caramel macchiato secara manual, Anda akan merasa kerepotan dan bisa jadi rasanya tidak sesuai, karena berbeda takarannya. Sekarang, Anda dapat menikmati caramel macchiato dengan mudah hanya dengan menuangkan kopi ke dalam cangkir dan menyeduhnya saja.

Dengan biji kopi pilihan, rasa kopinya tetap nikmat walau dicampur dengan karamel. Bagi Anda penikmat kopi yang manis dan lembut dengan rasa karamel, kopi ini cocok untuk Anda.

9. Good Day Kopi White Cappucinno

9. Good Day Kopi White Cappucinno

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 54.600

Cappuccino yang aman bagi lambung

Anda menyukai cappuccino tetapi khawatir terhadap perut kembung atau sakit perut? Anda dapat mencoba produk dari Good Day ini. Merek kopi yang terkenal dengan berbagai varian rasa ini juga memproduksi cappuccino yang telah dikurang tingkat keasamannya atau white cappuccino.

Seperti produk cappuccino pada umumnya, kopi instan ini juga menyediakan coklat granule sebagai topping. Anda yang khawatir dengan masalah perut setelah minum kopi, tetap dapat menikmati cappuccino yang enak!

8. Torabika Kopi Cappuccino

8. Torabika Kopi Cappuccino

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 25.200

Nikmatnya perpaduan antara kopi dan coklat granule

Anda menyukai kopi cappuccino seperti yang ada di kedai kopi? Mungkin Anda juga akan menyukai kopi cappuccino dari Torabika ini. Kopi instan ini mempunyai krimer spesial yang foamy dan coklat granule sebagai topping yang dapat memberikan Anda sensasi yang berbeda dalam minum kopi instan.

Terbuat dari biji kopi pilihan yang terbaik dan diolah dengan teknologi modern, menjadikan komposisi dari kopi instan ini memiliki aroma yang nikmat. Apalagi ditambahkan dengan topping coklat granule membuat rasa kopi cappuccino ini semakin nikmat.

7. Nescafe 3in1 Original

7. Nescafe 3in1 Original

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 15.300

Kopi, gula, dan krimer yang pas

Apakah Anda penggemar kopi yang manis dengan krimer? Kopi ini mungkin cocok untuk Anda. Kopi Nescafe sudah terkenal dengan berbagai varian rasanya dan kopi 3 in 1 ini adalah salah satu inovasi awal dari Nescafe.

Kopi instan ini berasal dari biji kopi pilihan di dataran tinggi Lampung yang mempunyai rasa dan aroma yang unik. Rasa dan aroma kopi Lampung yang unik dicampurkan dengan takaran khusus gula dan krimer dari Nescafe, menjadikan kopi instan ini perpaduan yang pas dan tidak berlebihan.

6. JJ Royal Coffee Tubruk Cinnamon Latte

6. JJ Royal Coffee Tubruk Cinnamon Latte

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.500

Kopi dengan cita rasa cinnamon yang unik

Dari berbagai rasa kopi, pernahkah Anda mencoba kopi dengan rasa kayu manis? Jika belum, Anda dapat mencoba produk kopi dari JJ Royal Coffee ini. Kopi instan ini dibuat dari biji kopi spesial grade one dicampurkan dengan susu dan kayu manis, sehingga menghasilkan cita rasa unik yang belum Anda coba sebelumnya!

Bagi Anda yang gemar mencoba varian rasa kopi instan, tentunya Anda takkan melewatkan yang satu ini! Rasakan sensasi kayu manisnya di lidah Anda saat menikmati kopi tubruk ini.

5. Indocafe Original Blend

5. Indocafe Original Blend

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.100

Kopi dengan cita rasa yang lebih lembut

Bila Anda penggemar kopi tetapi tidak terlalu menyukai rasa kopi yang terlalu kuat, Anda dapat mencoba kopi dari Indocafe ini. Terbuat dari campuran biji kopi arabika dan robusta yang telah dipilih dari pegunungan Mandailing, Sumatera yang terkenal dan diproses dengan teknologi modern, menjadikan kopi instan ini mempunyai rasa dan aroma yang halus dan lembut.

Selain itu rasa yang halus dan aromanya yang lembut, kopi instan ini juga tidak meninggalkan rasa asam setelah Anda meminumnya. Sangat cocok diminum pada saat istirahat siang setelah makan siang.

4. Nescafe GOLD Blend Decaf Jar

4. Nescafe GOLD Blend Decaf Jar

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 145.000

Tetap nikmat walau rendah kafein

Bila Anda ingin mengurangi konsumsi kafein tetapi meminum kopi setiap hari sudah menjadi bagian hidup Anda, Anda dapat mencoba produk dari Nescafe ini. Bubuk kopi instan ini, telah melalui proses pengurangan kafein dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga kopi instan ini cocok untuk Anda yang ingin minum kopi tanpa khawatir terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Selain itu, kopi instan rendah kafein ini terbuat dari campuran biji kopi arabika dan robusta dengan kualitas yang terbaik. Tentu saja percampuran dari dua biji kopi tersebut akan menghasilkan rasa yang nikmat, bukan?

3. Old Town White Coffee 3in1 Hazelnut

3. Old Town White Coffee 3in1 Hazelnut

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 122.000

White coffee dengan aroma hazelnut

Jika Anda menyukai aroma khas dari hazelnut, mungkin Anda akan menyukai kopi produksi Old Town ini. Kopi ini merupakan white coffee sehingga memiliki kadar keasaman yang rendah. Selain itu, aroma dan rasa hazelnut dalam kopi ini menjadikan kopi ini creamy dan memiliki rasa yang nutty yang unik.

Old Town merupakan produsen kopi instan terkenal di Malaysia, sehingga kopi instan ini selalu diproduksi menggunakan biji-biji kopi pilihan dan menggunakan teknologi mutakhir untuk mengolah biji-biji kopi tersebut. Pastinya selain kualitasnya yang terjaga, rasa kopi instan ini juga nikmat, bukan?

2. Esprecielo Artisan Java Brown Coffee

2. Esprecielo Artisan Java Brown Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.000

Perpaduan kopi, susu dan gula aren yang nikmat

Produsen Esprecielo terkenal dengan kopi instan berbagai rasa. Salah satu inovasi rasa kopi instan dari Esprecielo ini adalah kopi dengan gula aren ini. Perpaduan kopi ini terinspirasi dari warisan budaya kopi Indonesia sehingga menghasilkan rasa kopi asli Indonesia.

Kopi instan ini, terbuat dari biji kopi arabika blend dari Jawa, gula aren Jawa, dan susu yang lembut sehingga menjadikan kopi instan ini memiliki cita rasa yang berbeda dari kopi instan lainnya. Bagi Anda penyuka kopi instan dengan cita rasa khas daerah, Anda dapat mencoba kopi instan dari Esprecielo ini.

1. HPA Radix Himalaya

1. HPA Radix Himalaya

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 140.000

Kopi instan nikmat yang menyehatkan

Tahukah Anda? Selain nikmat, kopi ini juga dapat menyehatkan dan membugarkan tubuh Anda. Kopi instan ini disebut kopi radix karena selain kopi, terdapat kandungan herbal-herbal berkhasiat yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan prima.

Selain kandungan herbal-herbal berkhasiat, dalam satu sachet kopi Radix Himalaya ini juga terdapat garam yang diambil dari gunung Himalaya yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Kopi instan ini sangat cocok bagi Anda yang sudah lelah namun masih harus melakukan berbagai aktivitas.

Cara membuat kopi instan agar lebih nikmat

Apakah ada cara untuk membuat kopi instan agar lebih nikmat? Kami akan memperkenalkan tujuh teknik membuat kopi instan menjadi lebih nikmat.

Gunakan microwave

Gunakan microwave

Bila Anda ingin membuat kopi instan untuk satu orang, Anda cukup menuangkan air dan kopi instan ke dalam gelas tahan panas dan panaskan ke dalam microwave selama 2 menit. Caranya memang sangat sederhana, tetapi memiliki rasa yang seimbang yang enak dan aroma kopi yang kuat. Cara ini juga direkomendasikan bagi Anda yang merasa repot untuk merebus air panas.

Tambahkan teh barley untuk meningkatkan aroma

Tambahkan teh barley untuk meningkatkan aroma

Cukup tambahkan sedikit teh barley pada 1 sendok teh kopi yang telah diseduh. Aroma dari teh barley yang ditambahkan pada kopi akan membuat aroma pada kopi seperti baru dipanggang. Kami merekomendasikan Anda menambahkan teh barley ke dalam kopi sesuai preferensi Anda.

Sangrai di penggorengan, maka keasaman dan rasa pahit kopi meningkat

Sangrai di penggorengan, maka keasaman dan rasa pahit kopi meningkat

Cukup tuangkan kopi instan di penggorengan dan sangrai sekitar satu setengah menit dengan api kecil, maka keasaman dan rasa pahit kopi akan meningkat. Kopi yang telah disangrai akan terasa lebih nikmat. Cara ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menyukai rasa asam dan pahit pada kopi.

Rebus di panci untuk meningkatkan aroma

Rebus di panci untuk meningkatkan aroma

Tuangkan air dan kopi instan ke dalam panci dan rebus hingga mendidih selama 3 menit. Hal ini dilakukan agar keasaman dan aroma kopi meningkat sehingga Anda dapat menikmati kopi yang enak.

Tambahkan sedikit air biasa dulu agar kopi tidak menggumpal

Tambahkan sedikit air biasa dulu agar kopi tidak menggumpal

Cukup tuangkan kopi instan ke dalam cangkir dan tambahkan sedikit air, kemudian larutkan hingga menjadi pasta kopi, setelah itu tuang air panas ke dalam cangkir. Dengan metode ini, bubuk kopi instan takkan menggumpal, dan akan menurunkan rasa pahit dan keasaman pada kopi. Cara ini cocok untuk Anda yang kurang suka dengan rasa asam dan pahit pada kopi.

Tambahkan air panas, maka rasa dan serbuk kopi dapat larut dengan mudah

Tambahkan air panas, maka rasa dan serbuk kopi dapat larut dengan mudah

Tuangkan kopi instan dan sedikit air panas ke dalam cangkir dan larutkan hingga menjadi pasta kopi, kemudian tuangkan air panas. Air panas dapat melarutkan kopi dengan mudah dibandingkan air biasa. Bubuk kopi akan menghilang dan menghasilkan kopi yang lembut.

Gunakan garam untuk menghasilkan rasa kopi instan yang lebih nikmat

Gunakan garam untuk menghasilkan rasa kopi instan yang lebih nikmat

Untuk secangkir kopi, cukup tambahkan sejumput garam. Rasa kopi akan berubah menjadi lebih lembut dan sedikit lebih manis. Cara ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengubah rasa kopi instan menjadi lebih nikmat, seperti  rasa kopi yang lebih bermutu/berkelas.

Kesimpulan

Dari 10 kopi instan yang telah kami rekomendasikan , apakah ada kopi yang ingin Anda coba di antara rekomendasi kami? Dengan meminum kopi, pikiran Anda dapat lebih tenang dan Anda akan merasa lebih rileks.

Anda dapat menikmati secangkir kopi sesuai dengan cara minum yang Anda sukai, dengan maupun tanpa camilan. Anda juga dapat menikmati kopi instan pada saat Anda beristirahat dari sela-sela pekerjaan, bukan? Kami akan sangat senang bila rekomendasi yang kami tulis dapat membantu Anda untuk lebih menikmati kopi. Selamat minum kopi!