• 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, kopi instan juga ada yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Di Indonesia, banyak pilihan merek kopi instan terkenal seperti Nescafe, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai jenis produk.

Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan yang terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang terbaik bagi Anda. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi hingga rasanya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2020
  • 11.536 Views
Daftar isi

Cara memilih kopi instan

Banyak poin-poin yang dapat Anda perhatikan saat memilih kopi instan seperti rasa, aroma, jenis biji kopi, dan cara pembuatan kopi. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk memilih kopi instan yang cocok untuk Anda.

Pilih kemasan berdasarkan cara minum dan harganya

Kopi instan dibagi menjadi kemasan dalam jar / kaleng, dan kemasan sachet. Sebelum memilih rasa dan aromanya, mari pilih terlebih dahulu jenis kemasannya berdasarkan kebiasaan Anda minum kopi.

Kemasan jar / kaleng : Lebih hemat dan kepekatan kopi bisa diatur sesuai selera

Kemasan jar / kaleng : Lebih hemat dan kepekatan kopi bisa diatur sesuai selera
Kopi instan dalam kemasan jar / kaleng banyak disukai karena Anda bisa mengambil sendiri jumlah bubuk kopi sesuai dengan kepekatan yang Anda inginkan. Beberapa produk juga menjual kemasan refill-nya sehingga Anda bisa mengisi ulang ke dalam botol jika kopinya sudah habis dan jadi lebih hemat.
Banyak kemasan jar / kaleng kopi instan yang berdesain menarik, selain itu Anda pun mudah menyimpannya di dalam kulkas. Namun, Anda harus berhati-hati sebab bila botolnya tertutup rapat, rasa dan aroma dari kopi tersebut akan berkurang. Kami sarankan bagian atas tutup botolnya dilubangi sedikit agar aromanya tidak mudah hilang tanpa harus mengendurkan tutupnya.
Meskipun Anda sudah berhati-hati, rasa dan aromanya tetap akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika Anda tidak terlalu sering mengonsumsi kopi, pilihlah kemasan berukuran kecil atau kemasan sachet yang isinya sedikit.

Kemasan sachet : Mudah dibawa dan praktis untuk satu kali penyajian, tetapi harganya lebih tinggi

Kemasan sachet : Mudah dibawa dan praktis untuk satu kali penyajian, tetapi harganya lebih tinggi
Kopi instan kemasan sachet ini mudah dibawa dan berisi takaran pas untuk sekali penyajian. Karena itu, jenis ini tidak hanya cocok untuk diminum di rumah, tetapi juga untuk dibawa ke kantor. Selain itu, kemasan sachet ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu sering minum kopi karena rasa dan aromanya tidak akan berkurang akibat terpapar udara.
Kekurangan dari kopi instan kemasan ini adalah takarannya tidak bisa diatur sesuai kemauan Anda. Selain itu, harganya juga sedikit lebih tinggi daripada kopi dalam kemasan botol sehingga kurang direkomendasikan untuk Anda yang meminum kopi lebih dari 2 cangkir dalam sehari.

Pilih berdasarkan rasa dan aromanya

Setelah menentukan kemasannya, pilihlah kopi instan berdasarkan rasa dan aroma yang Anda suka. Kami akan memberitahukan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih rasa dan aroma kopi. Simak baik-baik, ya!

Rasa kopi dipengaruhi level pemanggangan. Light roast lebih asam, dark roast lebih pahit

Rasa kopi dipengaruhi level pemanggangan. Light roast lebih asam, dark roast lebih pahit
Pada umumnya, level pemanggangan kopi dibagi menjadi 8 tingkat, mulai dari light roast sampai dark roast. Kopi light roast memiliki karakteristik agak asam dan rasa pahit yang tidak terlalu kuat. Sebaliknya, kopi dark roast memiliki karakteristik rasa tidak terlalu asam, tetapi memiliki rasa pahit yang kuat.
Dalam kopi instan, kebanyakan biji kopi yang digunakan adalah biji kopi blend sehingga dapat dikatakan rasa kopi akan lebih dipengaruhi oleh level pemanggangannya, bukan asal biji kopi tersebut. Karena itu, pilihlah level pemanggangan kopi yang paling cocok dengan preferensi Anda.

Untuk menilai aroma kopi, Anda harus mencoba dan membandingkannya sendiri

Untuk menilai aroma kopi, Anda harus mencoba dan membandingkannya sendiri
Tidak hanya rasa, aroma kopi juga penting dalam menikmati kopi. Enak atau tidaknya aroma kopi tergantung selera masing-masing orang dan jenis biji kopinya. Kopi yang segar memiliki aroma yang kuat, kemudian aromanya akan semakin berkurang seiring waktu.
Satu-satunya cara untuk menilai aroma kopi adalah dengan mencobanya sendiri. Oleh karena itu, pilihlah kopi kemasan sachet agar Anda dapat mencoba berbagai rasa kopi dan menentukan produk yang paling tepat bagi Anda.

Tersedia juga pilihan es kopi dan kopi susu

Tersedia juga pilihan es kopi dan kopi susu
Cara menikmati kopi tidak harus selalu dengan air panas. Menikmati kopi dingin dengan es atau dibuat menjadi kopi susu juga bisa menjadi salah satu alternatif.
Kopi instan yang bisa langsung diseduh dan disajikan dalam bentuk es kopi atau kopi susu juga sudah banyak dijual. Berhubung penyajiannya berbeda dengan kopi panas, sebaiknya Anda mengikuti cara penyajian yang dianjurkan oleh produsennya.
Kopi yang bisa dibuat menjadi es kopi biasanya dapat dilarutkan hanya dengan air biasa. Dengan begitu, Anda jadi hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mendidihkan air terlebih dahulu. Periksalah hal ini terlebih dahulu bila Anda memang penyuka es kopi.

Perhatikan juga proses produksinya

Terdapat dua metode untuk memproduksi kopi instan, yaitu spray drying dan freeze drying. Tentu saja hasil dari kedua metode tersebut berbeda dari segi bentuk, rasa, aroma, dan harganya. Kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai kedua metode tersebut sehingga Anda bisa membandingkan dan memilih tipe yang Anda sukai.

Spray drying : Mudah dilarutkan dengan air dan ekonomis, tetapi aromanya mudah hilang

Spray drying : Mudah dilarutkan dengan air dan ekonomis, tetapi aromanya mudah hilang
Metode spray drying menghasilkan serbuk biji kopi yang sangat halus sehingga dapat dilarutkan dengan mudah menggunakan air dingin. Untuk membuat serbuk biji kopi, konsentrat kopi cair dikeringkan dengan cepat pada suhu tinggi. Namun, aromanya jadi lebih mudah menguap. Berhubung metode ini lebih mudah dan dapat digunakan untuk produksi skala besar, metode ini sering digunakan untuk menghasilkan bubuk kopi berharga ekonomis.

Freeze drying : Menghasilkan cita rasa asli kopi, tetapi harganya relatif tinggi

Freeze drying : Menghasilkan cita rasa asli kopi, tetapi harganya relatif tinggi
Metode freeze drying memungkinkan Anda untuk menikmati rasa dan aroma asli dari kopi. Metode ini dimulai dengan membekukan biji kopi pada suhu di bawah -40℃, dihancurkan, lalu di-vacuum kedap udara hingga kering. Proses produksi ini memakan waktu dan tenaga lebih banyak sehingga metode ini sering digunakan untuk produk-produk yang relatif mahal.

Perhatikan jenis-jenis biji kopi

Biji kopi secara umum dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kopi arabika, robusta, dan liberika. Kebanyakan kopi instan tidak menuliskan dengan jelas biji kopi jenis yang digunakan, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui masing-masing karakteristiknya.

Arabika : Jenis kopi yang paling banyak diproduksi

Arabika : Jenis kopi yang paling banyak diproduksi
Saat ini, jenis kopi arabika adalah jenis yang paling banyak diproduksi di dunia. Kopi arabika tumbuh di tempat tropis dengan ketinggian 1.000-2.000 mdpl (meter di atas permulaan laut). Namun, kopi ini rentan terhadap perubahan iklim dan sering kali membutuhkan effort lebih pada saat memanennya.
Di sisi lain, kopi arabika adalah kopi yang kaya rasa dan aroma, serta mempunyai tingkat keasaman yang kuat. Kopi arabika cocok diminum langsung tanpa campuran, di-blend, atau berbagai cara minum lainnya.

Robusta : Kopi dengan tingkat kafein tinggi

Robusta : Kopi dengan tingkat kafein tinggi
Jenis kopi robusta biasanya ditanam pada ketinggian 300-1.000 mdpl dan termasuk jenis kopi yang tahan penyakit. Karakteristiknya adalah aroma yang unik dan rasa pahit yang kuat.
Bila diminum tanpa campuran apa pun, rasa pahit dan asamnya akan sangat terasa sehingga sering digunakan sebagai kopi blend. Jenis kopi robusta mempunyai jumlah kafein dua kali lebih banyak daripada jenis arabika. Kopi robusta cocok untuk Anda yang mencari stimulasi dengan rasa yang kuat.

Liberika : Banyak dijual di Eropa, sedangkan di Asia jarang

Liberika : Banyak dijual di Eropa, sedangkan di Asia jarang
Jenis kopi liberika lebih banyak beredar di wilayah Eropa, tetapi jumlah distribusinya sangat kecil sehingga kopi jenis ini jarang ditemukan di pasaran Indonesia. Namun, sekarang Anda bisa mencari biji kopi tersebut melalui online shop, jadi bila Anda tertarik mencobanya, tidak ada salahnya untuk mencarinya lewat internet.

Pilih kopi rendah kafein untuk Anda yang membatasi kafein

Pilih kopi rendah kafein untuk Anda yang membatasi kafein
Jika Anda suka minum kopi, tetapi tidak ingin kecanduan kafein, kami sarankan Anda mengonsumsi kopi yang rendah kafein. Meskipun disebutkan rendah kafein, Anda tetap harus mengecek keterangan bahan-bahannya dengan teliti karena kandungannya pasti berbeda di setiap produk.
Meski jenisnya masih sedikit, kopi instan yang rendah kafein juga sudah dijual di pasaran. Untuk Anda yang membatasi konsumsi kafein, sebaiknya pilih produk ini.

10 Rekomendasi kopi instan terbaik

Kami akan merekomendasikan 10 kopi instan yang populer di masyarakat. Kami juga merekomendasikan Anda membeli beberapa jenis dan meminumnya berdasarkan suasana hati dan keadaan Anda.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk kopi instan terbaik

Gambar produk
1
Santos Jaya Abadi Kapal Api Luwak Blend Bubuk Tin 1

Santos Jaya Abadi

2
Esprecielo Artisan Java Brown Coffee 1

Esprecielo

3
Old Town White Coffee 3 in 1 Hazelnut 1

Old Town

4
Nestlé Nescafé Gold Decaffeinated 1

Nestlé

5
Sari Indofood  Indocafé Coffeemix 3 in 1 1

Sari Indofood

6
JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte 1

JJ Royal

7
Nestlé Nescafé 3 in 1 Original 1

Nestlé

8
Mayora Torabika Cappuccino 1

Mayora

9
Esprecielo Caramel Macchiato 1

Esprecielo

10
Santos Jaya Abadi Good Day White Cappuccino 1

Santos Jaya Abadi

Nama produk

Kapal Api Luwak Blend Bubuk Tin

Artisan Java Brown Coffee

White Coffee 3 in 1 Hazelnut

Nescafé Gold Decaffeinated

Indocafé Coffeemix 3 in 1

Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte

Nescafé 3 in 1 Original

Torabika Cappuccino

Caramel Macchiato

Good Day White Cappuccino

KeunggulanBiarkan rasa dan aroma khas...Rasakan sentuhan Nusantara ...White coffee dengan rasa da...Ingin mengonsumsi kopi tanp...Disajikan panas bisa, disaj...Kopi tubruk instan dengan c...Kombinasi kopi robusta pili...Nikmatnya perpaduan antara ...Sekarang membuat caramel ma...Cappuccino yang aman bagi l...
HargaRp 108.500,00Rp 25.000,00Rp 69.000,00Rp 165.900,00Rp 31.500,00Rp 65.600,00Rp 13.800,00Rp 40.500,00Rp 11.100,00Rp 15.800,00
Tautan produk

Tips membuat kopi instan agar lebih nikmat

Sekarang, kami akan memberikan tips untuk membuat kopi instan buatan Anda terasa lebih nikmat. Anda bisa mencobanya saat sedang ada waktu luang atau ketika Anda sedang bosan meminum kopi straight.

Aduk dahulu dengan sedikit air agar kopi tidak menggumpal

Aduk dahulu dengan sedikit air agar kopi tidak menggumpal
Pertama, tuangkan kopi instan ke dalam cangkir. Lalu tambahkan sedikit air hangat atau panas hingga seluruh serbuk kopi larut terlebih dahulu dan tidak menggumpal. Kemudian, barulah Anda tambahkan air mendidih secukupnya. Rasa kopi yang dihasilkan pun akan menjadi sedikit pahit dan kuat.
Pembuatan kopi dengan cara ini rasanya rentan berubah, jadi Anda harus menemukan racikan yang pas. Jika Anda menyeduhnya dengan air panas dahulu, kopi yang dihasilkan akan lebih lembut dibandingkan dengan menggunakan air hangat. Pilihlah sesuai kesukaan Anda.

Tingkatkan rasa pahit dan aromanya dengan penggorengan atau panci

Tingkatkan rasa pahit dan aromanya dengan penggorengan atau panci
Sangrai bubuk kopi instan dengan api kecil sekitar 1-1,5 menit di dalam penggorengan atau rebus larutan kopi di dalam panci selama 3 menit. Rasa asam dan pahit akan meningkat dan menghasilkan kopi yang nikmat.
Cara ini sedikit merepotkan karena memerlukan sedikit waktu dan usaha ekstra, tetapi nantinya akan terbayar lunas dengan rasa kopi yang sangat nikmat.

Tambahkan barley tea atau sedikit garam untuk meningkatkan rasa

Tambahkan barley tea atau sedikit garam untuk meningkatkan rasa
Saat selesai menyeduh kopi, tambahkan sedikit garam atau barley tea maka rasanya akan berubah. Satu sendok teh barley tea cukup untuk meningkatkan aroma kopi menjadi seperti biji kopi kasar yang baru selesai dipanggang.
Untuk garam, Anda hanya perlu menambahkannya sedikit atau sejumput saja. Rasa kopi akan berubah menjadi lebih lembut dan sedikit lebih manis. Kenikmatan kopi memang tergantung selera masing-masing orang, tetapi Anda bisa mencobanya sesekali saat bosan dengan rasa kopi yang itu-itu saja.

Baca juga rekomendasi gula dan krimer untuk kopi di sini

Setelah mendapatkan kopi instan yang terbaik, kini saatnya Anda mencari gula dan krimer untuk melengkapi kenikmatan saat minum kopi. Pada artikel di bawah ini, kami akan merekomendasikan gula dan susu krimer terbaik yang cocok untuk berbagai jenis kopi. Baca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Dari sepuluh kopi instan yang telah kami rekomendasikan, apakah ada kopi yang ingin Anda coba di antara rekomendasi kami? Dengan meminum kopi, pikiran Anda dapat lebih tenang dan Anda akan merasa lebih rileks.
Dalam minum kopi instan, cobalah sebanyak mungkin jenis-jenis kopinya agar Anda bisa menentukan kopi mana yang paling sesuai selera Anda. Semoga Anda bisa menemukan produk kopi instan yang Anda suka setelah membaca artikel kali ini.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    23.419 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    24.703 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    21.073 Views
  • 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bermacam masalah tenggorokan seperti batuk, tenggorokan sakit atau gatal bisa datang tiba-tiba. Tentunya, masalah tersebut bisa membuat hari Anda kurang nyaman. Apalagi jika Anda sehari-hari harus sering bertemu dengan banyak orang. Salah satu solusi tercepat dalam menanganinya adalah mengonsumsi permen pelega tenggorakan.Merek-merek terkenal, seperti Ricola, Woods, dan Strepsils sudah sejak lama memproduksi permen pelega tenggorokan yang ampuh meredakan masalah tenggorokan. Kali ini kami akan menjelaskan cara tepat memilih permen pelega tenggorokan dan merekomendasikan sepuluh produk yang telah kami seleksi. Simak sampai habis, ya!
    Makanan & minuman
    8.313 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran mulai dari teh hijau, teh melati, teh herbal, teh untuk diet, dan berbagai jenis lainnya dengan rasa dan aroma yang beragam. Semua jenis tersebut ada yang dikemas dalam bentuk celup, bubuk, maupun tubruk.Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih teh chamomile serta menjelaskan apa saja manfaat yang didapat jika mengonsumsi teh chamomile. Kami juga merekomendasikan produk teh chamomile terbaik dari merek Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    9.955 Views
  • 10 Rekomendasi Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mayones adalah makanan serbaguna yang sering dipakai sebagai saus penyedap rasa, salad dressing, dan bahan memasak untuk berbagai resep. Bahan utamanya terbuat dari telur, minyak, dan cuka, tetapi sudah banyak mayones yang diproduksi dengan berbagai rasa. Mayones sangat populer digunakan oleh para chef dan disukai oleh segala usia.Berbagai produsen telah menjual mayones berkualitas terbaik yang enak dan bergizi. Sebut saja Kewpie, Kraft, Praise, hingga merek terbaik asal Indonesia yaitu Mamasuka, Prochiz, dan Maestro. Manakah mayones terbaik? Simak artikel dari kami sampai selesai!
    Makanan & minuman
    9.160 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori