• 10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafeina. Sekarang, di pasaran Anda akan menjumpai merek kopi yang bagus dan aman untuk ibu hamil hingga merek kopi instan yang sehat. 

Kami akan mengulas sepuluh kopi instan dari berbagai merek kenamaan, seperti NESCAFÉ dan JJ Royal Coffee. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Ada juga cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat, lho!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi instan

Ada beberapa poin yang dapat diperhatikan saat memilih kopi instan, seperti jenis kemasan, level pemanggangan, dan jenis biji kopi. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk memilih kopi instan yang cocok untuk Anda.

Pertimbangkan jenis kemasan kopi instan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli kopi instan adalah kemasannya. Kemasan merupakan cara pembungkusan kopi sebelum dijual ke pasaran. Ada dua jenis kemasan yang sering dijumpai di pasaran dan tiap-tiap tipe memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Tipe jar atau pouch: Memudahkan untuk menyesuaikan takaran sendiri

Tipe jar atau pouch: Memudahkan untuk menyesuaikan takaran sendiri

Tipe kemasan yang pertama adalah jar atau pouch. Biasanya, jar yang digunakan terbuat dari bahan kaca. Sementara itu, pouch biasanya terbuat dari bahan plastik. Kelebihan dari tipe kemasan ini adalah memudahkan Anda untuk menyesuaikan takaran saat akan menyeduh kopi. Anda pun dapat mengambil kopi dengan menggunakan sendok makan atau sendok takaran khusus. 


Selain itu, tipe kemasan yang satu ini tergolong ramah lingkungan karena tidak menggunakan banyak plastik. Tempatnya juga bisa dipakai kembali. Di sisi lain, Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa tipe kemasan ini kurang praktis jika harus dibawa bepergian. Tipe kemasan ini lebih cocok untuk dijadikan sebagai persediaan di kantor atau rumah

Tipe sachet: Lebih praktis dibawa bepergian

Tipe sachet: Lebih praktis dibawa bepergian

Selanjutnya, ada tipe kemasan sachet untuk kopi instan yang dijual di pasaran. Untuk kemasan semacam ini, kopi sudah ditakar dan dikemas di dalam bungkusan kecil.


Jika Anda gemar membawa kopi untuk bepergian, tipe kemasan sachet akan lebih cocok. Hal ini karena kopi instan sachet hadir dalam bentuk kemasan yang kecil dan ringan. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dan praktis untuk membawanya ke mana saja karena tidak memakan banyak tempat.


Dahulu, banyak orang beranggapan bahwa kopi sachet kurang ramah lingkungan karena menggunakan banyak plastik. Namun, banyak perusahaan yang sudah menyadari hal ini. Kini, beberapa perusahaan sudah mulai beralih dengan menggunakan kertas atau kemasan yang lebih ramah lingkungan.

Ketahui level pemanggangannya

Ketahui level pemanggangannya

Rasa kopi dipengaruhi oleh banyak hal. Proses pascapanen kopi adalah salah satu hal besar yang memengaruhi rasa kopi. Level pemanggangan atau roasting, varietas, dan lokasi kebun juga berpengaruh pada rasa yang dihasilkan kopi.


Umumnya, level pemanggangan kopi dibagi menjadi delapan tingkat, mulai dari light roast sampai dark roast. Kopi light roast memiliki karakteristik agak asam dan pahit yang tidak terlalu kuat. Sebaliknya, kopi dark roast memiliki karakteristik rasa tidak terlalu asam, tetapi memiliki rasa pahit yang kuat.


Dalam kopi instan, kebanyakan biji kopi yang digunakan adalah biji kopi blend. Selain asal biji kopi, level pemanggangan juga berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan kopi. Karena itu, pilihlah level pemanggangan kopi yang paling cocok dengan selera Anda.

Belilah dalam jumlah kecil untuk mengenali aroma kopi terlebih dahulu

Belilah dalam jumlah kecil untuk mengenali aroma kopi terlebih dahulu

Tidak hanya rasa, aroma kopi juga penting dalam menikmati kopi. Enak atau tidaknya aroma kopi tergantung selera masing-masing dan jenis biji kopinya. Kopi yang segar memiliki aroma yang kuat. Aroma ini akan makin berkurang seiring waktu.


Satu-satu cara untuk menilai aroma kopi adalah dengan mencobanya sendiri. Oleh karena itu, pilihlah kopi kemasan sachet agar Anda dapat mencoba berbagai rasa kopi. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk yang paling tepat bagi Anda.

Pilihlah kopi instan sesuai jenis minuman kopi yang ingin Anda nikmati

Pilihlah kopi instan sesuai jenis minuman kopi yang ingin Anda nikmati

Cara menikmati kopi tidak harus selalu dengan air panas. Menikmati kopi dingin dengan es atau dibuat menjadi kopi susu juga bisa menjadi salah satu alternatif.


Kopi instan yang bisa langsung disajikan dalam bentuk es kopi atau kopi susu juga sudah banyak dijual. Berhubung penyajiannya berbeda dengan kopi panas, sebaiknya Anda mengikuti cara penyajian yang dianjurkan oleh produsennya.


Kopi yang bisa dibuat menjadi es kopi biasanya dapat dilarutkan hanya dengan air biasa. Dengan begitu, Anda jadi hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mendidihkan air terlebih dahulu. Periksalah hal ini terlebih dahulu bila Anda memang penyuka es kopi.

Perhatikan juga proses produksinya

Terdapat dua metode untuk memproduksi kopi instan, yaitu spray drying dan freeze drying. Bagaimanakah kedua metode tersebut memengaruhi rasa kopi? Berikut ini penjelasannya.

Spray drying: Mudah dilarutkan dengan air dingin dan susu

Spray drying: Mudah dilarutkan dengan air dingin dan susu
Metode spray drying menghasilkan serbuk biji kopi yang sangat halus sehingga dapat dilarutkan dengan air dingin. Untuk membuat serbuk biji kopi, konsentrat kopi cair dikeringkan dengan cepat pada suhu tinggi. 

Namun, aromanya jadi lebih mudah menguap. Metode ini lebih mudah dilakukan dan dapat digunakan untuk produksi skala besar. Alhasil, metode ini sering digunakan untuk menghasilkan bubuk kopi berharga ekonomis.

Freeze drying: Menghasilkan cita rasa asli kopi

Freeze drying: Menghasilkan cita rasa asli kopi
Metode freeze drying memungkinkan Anda untuk menikmati rasa dan aroma asli dari kopi. Metode ini dimulai dengan membekukan biji kopi pada suhu di bawah -40 ℃, dihancurkan, lalu di-vacuum hingga kering. 


Proses produksi ini memakan waktu dan tenaga lebih banyak sehingga metode ini sering digunakan untuk produk-produk yang premium. Sayangnya, hanya sedikit produsen yang menyertakan informasi tentang metode produksi ini.

Kenali jenis-jenis biji kopi yang digunakan

Kenali jenis-jenis biji kopi yang digunakan

Biji kopi secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kopi arabika dan robusta. Kebanyakan kopi instan tidak menuliskan dengan jelas biji kopi jenis yang digunakan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui karakteristiknya masing-masing, bukan?


Kopi arabika adalah jenis yang paling banyak diproduksi di dunia saat ini dan menguasai sekitar 80% produksi kopi. Meski begitu, kopi robusta juga tidak kalah terkenal. Keduanya memiliki perbedaan untuk karakteristiknya.


  • Kopi arabika adalah kopi yang kaya rasa dan aroma, serta mempunyai tingkat keasaman yang kuat. Banyak yang menyukai kopi arabika karena lebih kaya rasa dan lembut.

  • Kandungan gula dalam arabika juga dua kali lebih banyak dibanding dengan robusta. Arabika rata-rata memiliki karakter aromatic dan flavourful. Rasanya bisa dijelaskan, seperti floral, fruity, citrus, nutty, dan manis.


  • Sementara itu, kopi robusta memiliki karakteristik aroma yang unik. Kopi robusta juga memiliki rasa pahit dark chocolate yang kuat dan kasar seperti kayu terbakar.

  • Kopi arabika cocok diminum langsung tanpa campuran, di-blend, atau berbagai cara minum lainnya. 

  • Di sisi lain, kopi robusta lebih sering dijadikan sebagai kopi blend karena rasa pahit dan asamnya kuat. 

  • Rasa pahit pada robusta disebabkan oleh kandungan kafeina yang dua kali lebih banyak daripada jenis arabika. Jadi, robusta cocok untuk anda yang butuh caffeine kick saat pagi hari.

Cari kopi rendah kafeina atau decaf untuk ibu hamil dan pengidap asam lambung

Cari kopi rendah kafeina atau decaf untuk ibu hamil dan pengidap asam lambung

Kopi instan yang mengandung kafeina tinggi tentu tidak baik dikonsumsi oleh Anda pengidap asam lambung. Jadi, jika Anda tetap ingin menikmati kopi, kami sarankan Anda mengonsumsi kopi yang rendah kafeina atau decaf


Proses decaffeination sendiri menghasilkan kopi decaf yang menghilangkan hingga 98% kandungan kafeina dalam kopi. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan susu rendah kalori ke dalam kopi supaya asam lambung tidak mudah naik.


Kopi rendah kafeina juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Takaran ideal yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sekitar dua cangkir kopi instan atau 200 mg per hari. Jadi, jangan sampai mengonsumsi kopi dengan kadar kafeina lebih dari 200 mg agar janin tetap sehat, ya. Pastikan juga untuk selalu mengecek keterangan bahan-bahannya dengan teliti!

10 Rekomendasi kopi instan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi instan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 7 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Indocafé Coffeemix 3 in 1 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Nutrifood W'dank Lokalate Kopi Gula Aren yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

Gambar produk
1
SARI INCOFOOD Indocafé Coffeemix 3 in 1 1

SARI INCOFOOD

2
Nutrifood  Tropicana Slim Cafe Latte 1

Nutrifood

3
Nutrifood W'dank Lokalate Kopi Gula Aren 1

Nutrifood

4
Santos Jaya Abadi Good Day Cappuccino 1

Santos Jaya Abadi

5
Java Prima Abadi Luwak White Koffie Original 1

Java Prima Abadi

6
OLDTOWN White Coffee 3 in 1 Hazelnut 1

OLDTOWN

7
Nestlé NESCAFÉ Original 3in1 1

Nestlé

8
Mayora Torabika Cappuccino 1

Mayora

9
JJ Royal Coffee Aceh Gayo Arabica Ground  1

JJ Royal Coffee

10
Kapal Api Luwak Blend Coffee  1

Kapal Api

Nama produk

Indocafé Coffeemix 3 in 1

Tropicana Slim Cafe Latte

W'dank Lokalate Kopi Gula Aren

Good Day Cappuccino

Luwak White Koffie Original

White Coffee 3 in 1 Hazelnut

NESCAFÉ Original 3in1

Torabika Cappuccino

Aceh Gayo Arabica Ground

Luwak Blend Coffee

Keunggulan

Disajikan panas bisa, dingin pun bisa!

Rendah kafein dan gula, aman untuk ibu hamil serta penderita diabetes

Rasakan sentuhan Nusantara dengan perpaduan kopi dan gula aren

Cappuccino yang aman bagi lambung, bebas khawatir, deh!

Kopi putih yang tiada duanya, ampasnya pun sedikit

White coffee dengan rasa dan aroma hazelnut yang menggoda

Kombinasi kopi robusta dengan gula dan krimer hasilkan rasa yang khas

Cappuccino yang foamy, jadi serasa ngopi di cafe

Memiliki cita rasa kompleks dengan aftertaste yang awet

Manjakan lidah Anda dengan rasa dan aroma khas kopi luwak

Harga mulai dariRp 12.125,00Rp 30.600,00Rp 15.000,00Rp 63.210,00Rp 13.000,00Rp 66.000,00Rp 15.200,00Rp 24.420,00Rp 55.000,00Rp 134.300,00
Cara penyajianPanas dan dinginPanasPanasPanasPanasPanasPanas dan dinginPanasPanasPanas
RasaCreamy dan manisRingan dan rendah gulaManis dari gula aren Creamy dan manisRingan dan rendah gulaCreamy dan nutty dari rasa hazelnutCreamy, manis yang ringan, rasa kopi yang pekatCreamy dan manis dengan rasa cokelat yang harmonis dari choco granule-nyaKompleks dan awet di mulutFull bodied dengan aroma khas kopi luwak
Jenis biji kopiTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganArabica, robusta, liberica RobustaTidak ada keteranganArabikaArabika
Decaf×Tidak ada keterangan××××××
Isi 5 saset x 20 g, 10 saset x 20 g, 30 saset x 20 g, 100 saset x 20 g10 saset x 14 g10 saset x 15 g30 saset x 25 g10 saset x 20 g15 saset x 38 g10 saset x 17,5 g dan 30 saset x 17,5 g10 saset x 25 g100 g, 200 g200 g
Tautan produk
10
Cara penyajianPanas
RasaFull bodied dengan aroma khas kopi luwak
Jenis biji kopiArabika
Decaf×
Isi 200 g
9

JJ Royal CoffeeAceh Gayo Arabica Ground

Mulai dari Rp 55.000,00

Cara penyajianPanas
RasaKompleks dan awet di mulut
Jenis biji kopiArabika
Decaf×
Isi 100 g, 200 g
8
Cara penyajianPanas
RasaCreamy dan manis dengan rasa cokelat yang harmonis dari choco granule-nya
Jenis biji kopiTidak ada keterangan
Decaf×
Isi 10 saset x 25 g
7
Cara penyajianPanas dan dingin
RasaCreamy, manis yang ringan, rasa kopi yang pekat
Jenis biji kopiRobusta
Decaf×
Isi 10 saset x 17,5 g dan 30 saset x 17,5 g
6

OLDTOWNWhite Coffee 3 in 1 Hazelnut

Mulai dari Rp 66.000,00

Cara penyajianPanas
RasaCreamy dan nutty dari rasa hazelnut
Jenis biji kopiArabica, robusta, liberica
Decaf×
Isi 15 saset x 38 g
5

Java Prima AbadiLuwak White Koffie Original

Mulai dari Rp 13.000,00

Cara penyajianPanas
RasaRingan dan rendah gula
Jenis biji kopiTidak ada keterangan
Decaf
Isi 10 saset x 20 g
4

Santos Jaya AbadiGood Day Cappuccino

Mulai dari Rp 63.210,00

Cara penyajianPanas
RasaCreamy dan manis
Jenis biji kopiTidak ada keterangan
Decaf×
Isi 30 saset x 25 g
3

NutrifoodW'dank Lokalate Kopi Gula Aren

Mulai dari Rp 15.000,00

Cara penyajianPanas
RasaManis dari gula aren
Jenis biji kopiTidak ada keterangan
DecafTidak ada keterangan
Isi 10 saset x 15 g
2

Nutrifood Tropicana Slim Cafe Latte

Mulai dari Rp 30.600,00

Cara penyajianPanas
RasaRingan dan rendah gula
Jenis biji kopiTidak ada keterangan
Decaf
Isi 10 saset x 14 g
1

SARI INCOFOODIndocafé Coffeemix 3 in 1

Mulai dari Rp 12.125,00

Cara penyajianPanas dan dingin
RasaCreamy dan manis
Jenis biji kopiTidak ada keterangan
Decaf×
Isi 5 saset x 20 g, 10 saset x 20 g, 30 saset x 20 g, 100 saset x 20 g

Cara membuat kopi instan agar lebih nikmat

Sekarang, kami akan memberikan tips agar kopi instan buatan Anda terasa lebih nikmat. Anda bisa mencobanya saat waktu luang atau ketika sedang bosan minum kopi straight.

Aduk dahulu dengan sedikit air agar kopi tidak menggumpal

Aduk dahulu dengan sedikit air agar kopi tidak menggumpal

Pertama, tuangkan kopi instan ke dalam cangkir dan tambahkan sedikit air biasa atau air panas. Hal ini untuk melarutkan seluruh serbuk kopi terlebih dahulu supaya tidak menggumpal. Kemudian, barulah Anda tambahkan air mendidih secukupnya. Rasa kopi yang dihasilkan pun akan menjadi sedikit pahit dan kuat.


Daripada air biasa, bubuk kopi lebih baik dilarutkan dengan air panas. Dengan begitu, kopi yang dihasilkan akan terasa lebih lembut. Langkah kecil ini akan memberikan sensasi rasa kopi yang berbeda. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya, ya.

Tambahkan barley tea atau sedikit garam untuk meningkatkan rasa

Tambahkan barley tea atau sedikit garam untuk meningkatkan rasa
Saat selesai menyeduh kopi, tambahkan sedikit garam atau barley tea, maka rasanya akan berubah. Satu sendok barley tea dapat meningkatkan aroma kopi menjadi seperti biji kopi kasar yang baru selesai dipanggang. Selain barley tea, Anda juga bisa menambahkan sedikit garam untuk membuat rasanya lebih lembut dan sedikit manis.

Baca juga rekomendasi kopi lainnya dan krimer di sini

Setelah mendapatkan kopi instan yang terbaik, Anda juga bisa menambahkan krimer untuk melengkapi kenikmatan saat minum kopi. Pada artikel di bawah ini, kami akan merekomendasikan krimer terbaik yang cocok untuk berbagai jenis kopi. Ada rekomendasi kopi instan yang sehat dan aman untuk lambung juga, lho. Baca artikelnya di sini, ya!

Kesimpulan

Dari sepuluh kopi instan yang telah kami rekomendasikan, apakah ada kopi yang ingin Anda coba? Dengan meminum kopi, pikiran Anda dapat lebih tenang dan Anda akan merasa lebih relaks.


Cobalah sebanyak mungkin jenis-jenis kopi agar Anda bisa menentukan kopi mana yang paling sesuai dengan selera. Semoga Anda bisa menemukan produk kopi instan yang Anda suka setelah membaca artikel kali ini.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Air mineral memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kesehatan tulang. Selain itu, mineral water dapat membantu mengatur sistem tubuh, seperti tekanan darah serta fungsi otot dan saraf.Kali ini kami akan merekomendasikan produk mineral water dari berbagai merek terbaik, antara lain AQUA, Le Minerale, dan Pristine86+. Namun pertama-tama, simak dahulu cara memilih air mineral yang bagus untuk kesehatan. Temukanlah produk air mineral terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas harian Anda.
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat kesibukan datang tak kunjung henti, minuman berenergi dapat menjadi andalan untuk menambah stamina dan pemulihan dari rasa lelah. Minuman berenergi bisa dikonsumsi agar stamina lebih tahan lama dan kebugaran tubuh terjaga. Di pasaran, Anda akan menjumpai berbagai merek minuman berenergi, seperti Hemaviton, Kuku Bima, Kratingdaeng, dan Red Bull.Untuk itu, kami akan membahas mengenai minuman berenergi supaya Anda tak salah pilih. Kami juga akan mengulas beberapa produk untuk membantu Anda memilih energy drink yang bagus dan cocok dengan kondisi tubuh. Selamat membaca!
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman coklat instan populer dinikmati berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai merek hot chocolate, seperti Cadbury, Pipiltin, Delfi, hingga Chocolatos berlomba meracik minuman coklat terenak. Anda pun dapat menyajikan minuman coklat dalam keadaan dingin, lho! Nah, untuk Anda yang sedang dalam program diet, beberapa produsen juga menawarkan minuman coklat rendah kalori.Untuk itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek coklat instan terbaik beserta tips cara memilihnya. Ada coklat seduh dalam kemasan saset ataupun pouch berukuran besar. Simak artikel ini untuk membantu Anda memilih coklat instan yang enak!
    Minuman instan
  • 10 Kopi Sachet Terenak - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Sachet Terenak - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi sachet merupakan kopi instan yang praktis dinikmati karena dikemas dalam porsi sekali seduh. Selain kopi sachet murni tanpa gula, ada juga kopi sachet dengan tambahan rasa yang enak. Anda bisa memilih kopi gula aren Lokalate, cappuccino instan dari Torabika, hingga kopi arabika sachet 2-in-1 dari Kapal Api. Lantas, kopi sachet mana yang paling enak?Kami akan membagikan tips memilih kopi sachet yang enak dan terlaris untuk Anda. Kami juga akan mengulas merek kopi sachet terbaik pilihan kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!
    Minuman instan
  • 10 Merk Matcha Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Matcha Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi penggemar minuman, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan matcha. Matcha adalah minuman teh hijau asal Jepang yang diolah sedemikian rupa sehingga terasa creamy dan enak. Tidak perlu jauh-jauh ke kafe untuk menikmati matcha karena Anda bisa membuatnya di rumah.Dari matcha powder, Anda bisa berkreasi dengan aneka kue, puding, dan minuman matcha. Bahkan, bubuk matcha juga bisa dibuat untuk masker wajah. Nah, kali ini kami akan mengulas matcha powder yang bagus dari berbagai merk, seperti Herbilogy, ITO EN, dan Otten. Yuk, baca dan dapatkan matcha powder terbaik Anda!
    Minuman instan
  • 10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi air kelapa. Selain langsung diminum, air kelapa dapat digunakan untuk memasak. Namun, terkadang Anda tidak bisa mendapatkan air kelapa langsung dari buahnya. Jangan khawatir karena sekarang sudah banyak produk air kelapa dalam kemasan yang praktis. Kali ini kami akan memberikan tips memilih air kelapa kemasan yang bagus. Tak lupa ada sepuluh rekomendasi merek air kelapa kemasan terbaik, seperti All Coco, Hydro Coco, KARA, Kokonat, dan Mayora Cool Time. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Selamat membaca!
    Minuman instan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori