• 10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Sekarang di pasaran Anda akan menjumpai merk kopi yang aman untuk ibu hamil hingga merk kopi instan yang sehat. 

Nah, agar tidak bingung saat memilih, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Kemudian, rekomendasi kopi instan dari berbagai merk kenamaan, seperti NESCAFÉ dan Torabika pun akan kami ulas. Di bagian akhir, ada cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat juga, lho!
  • Pembaharuan terakhir: 07 Mei 2021
  • 138.244 Views
Daftar isi

Cara memilih kopi instan

Banyak poin yang dapat Anda perhatikan saat memilih kopi instan, seperti rasa, aroma, jenis biji kopi, dan sebagainya. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk memilih kopi instan yang cocok untuk Anda.

Pilih kemasan kopi instan berdasarkan penyajiannya

Kopi instan dibagi menjadi kemasan dalam jar atau kaleng dan kemasan sachet. Sebelum memilih rasa dan aromanya, mari pilih terlebih dahulu jenis kemasannya berdasarkan kebiasaan Anda minum kopi.

Kemasan jar atau kaleng: Kepekatan kopinya bisa Anda atur sendiri

Kemasan jar atau kaleng membuat Anda bisa menentukan sendiri jumlah bubuk kopi sesuai dengan kepekatan yang Anda inginkan. Beberapa produsen juga menjual kemasan refill-nya sehingga Anda bisa mengisi ulang jika kopinya sudah habis. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kopi dengan lebih hemat.
Banyak kemasan jar atau kaleng kopi instan yang berdesain menarik. Selain itu, kemasan jar atau kaleng bisa Anda simpan di dalam kulkas. Namun, Anda harus menutup kemasan dengan rapat supaya rasa dan aroma dari kopi tidak berkurang. Untuk itu, sebaiknya bagian dalam tutup kemasan dilubangi sedikit supaya Anda bisa menutup kemasan dengan lebih rapat.
Meskipun Anda sudah berhati-hati, rasa dan aromanya tetap akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika Anda tidak terlalu sering mengonsumsi kopi, pilihlah kemasan berukuran kecil atau kemasan sachet yang isinya sedikit.

Kemasan sachet: Mudah dibawa dan praktis untuk sekali penyajian

Kopi instan kemasan sachet ini mudah dibawa dan berisi takaran pas untuk sekali penyajian. Karena itu, jenis ini tidak hanya cocok untuk diminum di rumah, tetapi juga untuk dibawa ke kantor. 

Selain itu, rasa dan aroma kopi dalam kemasan sachet ini tidak akan berkurang akibat terpapar udara. Jadi, kopi kemasan sachet ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu sering minum kopi. Meskipun sesekali mengonsumsinya, Anda bisa menikmati kopi instan sesuai selera karena sudah banyak kopi sachet terenak yang bisa dipilih.

Kekurangan dari kopi instan kemasan ini adalah takarannya tidak bisa diatur sesuai kemauan Anda. Selain itu, harganya juga sedikit lebih tinggi daripada kopi dalam kemasan jar atau kaleng. Karena itu, kopi kemasan sachet kurang direkomendasikan jika Anda meminum kopi lebih dari dua cangkir dalam sehari.

Tentukan rasa dan aroma yang Anda suka

Setelah menentukan kemasannya, pilihlah kopi instan berdasarkan rasa dan aroma yang Anda suka. Kami akan memberitahukan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih rasa dan aroma kopi. Simak baik-baik, ya!

Rasa kopi dipengaruhi oleh level pemanggangannya

Rasa kopi dipengaruhi oleh level pemanggangannya
Pada umumnya, level pemanggangan kopi dibagi menjadi delapan tingkat, mulai dari light roast sampai dark roast. Kopi light roast memiliki karakteristik agak asam dan rasa pahit yang tidak terlalu kuat. Sebaliknya, kopi dark roast memiliki karakteristik rasa tidak terlalu asam, tetapi memiliki rasa pahit yang kuat.
Dalam kopi instan, kebanyakan biji kopi yang digunakan adalah biji kopi blend. Jadi, dapat dikatakan rasa kopi akan lebih dipengaruhi oleh level pemanggangannya, bukan asal biji kopi tersebut. Karena itu, pilihlah level pemanggangan kopi yang paling cocok dengan selera Anda.

Kenali aroma kopi dengan membelinya dalam jumlah kecil

Kenali aroma kopi dengan membelinya dalam jumlah kecil

Tidak hanya rasa, aroma kopi juga penting dalam menikmati kopi. Enak atau tidaknya aroma kopi tergantung selera masing-masing orang dan jenis biji kopinya. Kopi yang segar memiliki aroma yang kuat. Aroma ini akan makin berkurang seiring waktu.

Satu-satunya cara untuk menilai aroma kopi adalah dengan mencobanya sendiri. Oleh karena itu, pilihlah kopi kemasan sachet agar Anda dapat mencoba berbagai rasa kopi. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk yang paling tepat bagi Anda.

Pilihlah kopi instan sesuai jenis minuman kopi yang ingin Anda nikmati

Pilihlah kopi instan sesuai jenis minuman kopi yang ingin Anda nikmati

Cara menikmati kopi tidak harus selalu dengan air panas. Menikmati kopi dingin dengan es atau dibuat menjadi kopi susu juga bisa menjadi salah satu alternatif.

Kopi instan yang bisa langsung disajikan dalam bentuk es kopi atau kopi susu juga sudah banyak dijual. Berhubung penyajiannya berbeda dengan kopi panas, sebaiknya Anda mengikuti cara penyajian yang dianjurkan oleh produsennya.

Kopi yang bisa dibuat menjadi es kopi biasanya dapat dilarutkan hanya dengan air biasa. Dengan begitu, Anda jadi hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mendidihkan air terlebih dahulu. Periksalah hal ini terlebih dahulu bila Anda memang penyuka es kopi.

Perhatikan juga proses produksinya

Terdapat dua metode untuk memproduksi kopi instan, yaitu spray drying dan freeze drying. Bagaimanakah kedua metode tersebut mempengaruhi rasa kopi? Berikut ini penjelasannya.

Spray drying: Mudah dilarutkan dengan air, tetapi aromanya mudah hilang

Spray drying: Mudah dilarutkan dengan air, tetapi aromanya mudah hilang
Metode spray drying menghasilkan serbuk biji kopi yang sangat halus sehingga dapat dilarutkan dengan air dingin. Untuk membuat serbuk biji kopi, konsentrat kopi cair dikeringkan dengan cepat pada suhu tinggi. Namun, aromanya jadi lebih mudah menguap. Metode ini lebih mudah dilakukan dan dapat digunakan untuk produksi skala besar. Alhasil, metode ini sering digunakan untuk menghasilkan bubuk kopi berharga ekonomis.

Freeze drying: Menghasilkan cita rasa asli kopi

Freeze drying: Menghasilkan cita rasa asli kopi
Metode freeze drying memungkinkan Anda untuk menikmati rasa dan aroma asli dari kopi. Metode ini dimulai dengan membekukan biji kopi pada suhu di bawah -40℃, dihancurkan, lalu di-vacuum  hingga kering. Proses produksi ini memakan waktu dan tenaga lebih banyak sehingga metode ini sering digunakan untuk produk-produk yang relatif mahal.

Kenali jenis-jenis biji kopi yang digunakan

Kenali jenis-jenis biji kopi yang digunakan

Biji kopi secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu kopi arabika dan robusta. Kebanyakan kopi instan tidak menuliskan dengan jelas biji kopi jenis yang digunakan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui masing-masing karakteristiknya, bukan?

Kopi arabika adalah jenis yang paling banyak diproduksi di dunia saat ini. Kopi arabika adalah kopi yang kaya rasa dan aroma, serta mempunyai tingkat keasaman yang kuat. Kopi ini cocok diminum langsung tanpa campuran, di-blend, atau berbagai cara minum lainnya.

Sementara itu, kopi robusta memiliki karakteristik aroma yang unik dan rasa pahit yang kuat. Bila diminum tanpa campuran apa pun, rasa pahit dan asamnya akan sangat terasa. Alhasil, kopi robusta sering digunakan sebagai kopi blend. Jenis kopi robusta mempunyai jumlah kandungan kafein dua kali lebih banyak daripada jenis kopi arabika.

Kopi rendah kafein atau decaf untuk ibu hamil dan pengidap asam lambung

Kopi rendah kafein atau decaf untuk ibu hamil dan pengidap asam lambung

Kopi instan yang mengandung kafein tinggi tentu tidak baik dikomsumi oleh Anda pengidap asam lambung. Jadi, jika Anda tetap ingin menikmati kopi, kami sarankan Anda mengonsumsi kopi yang rendah kafein atau decaf. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan susu rendah kalori ke dalam kopi supaya asam lambung tidak mudah naik.


Kopi rendah kafein juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Takaran ideal yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sekitar dua cangkir kopi instan atau 200 mg per hari. Jadi, jangan sampai mengonsumsi kopi dengan kadar kafein lebih dari 200 mg agar janin tetap sehat, ya. Pastikan juga untuk selalu mengecek keterangan bahan-bahannya dengan teliti!

10 Rekomendasi kopi instan terbaik

Nah, sekarang saatnya Anda melihat rekomendasi kopi instan terenak yang telah kami siapkan. Simak ulasannya dan pilihlah kopi instan yang rasanya paling pas untuk Anda.

10
Cara penyajianPanas dan dingin
RasaCreamy dan manis
Metode produksi-
Jenis biji kopi-
Decaf×
Isi 10 saset x 20 gr
9
Cara penyajianPanas
RasaCreamy dan manis
Metode produksi-
Jenis biji kopi-
Decaf×
Isi 10 saset x 25 gr
8
Cara penyajianPanas
RasaCreamy dan manis dengan rasa cokelat yang harmonis dari choco granule-nya
Metode produksi-
Jenis biji kopi-
Decaf×
Isi 10 saset x 25 gr
7

NutrifoodW'dank Lokalate Kopi Gula Aren

Mulai dari Rp 17.500,00

Cara penyajianPanas dan dingin
RasaManis dari gula aren
Metode produksi-
Jenis biji kopi-
Decaf-
Isi 10 saset x 15 gr
6
Cara penyajianPanas dan dingin
RasaCreamy, rasa karamel yang kuat, rendah asam dan rendah gula
Metode produksi-
Jenis biji kopi-
Decaf×
Isi 14 saset x 24 gr
5
Cara penyajianPanas dan dingin
RasaCreamy, manis yang ringan, serta rasa kopi yang pekat
Metode produksi-
Jenis biji kopiRobusta (Vietnam)
Decaf×
Isi 10 saset x 17,5 gr
4
Cara penyajianPanas
RasaPerpaduan yang seimbang antara susu dengan kayu manis yang kaya
Metode produksi-
Jenis biji kopi-
Decaf×
Isi 14 saset x 30 gr
3
Cara penyajianPanas
RasaFull bodied dengan aroma khas kopi luwak
Metode produksi-
Jenis biji kopiArabika
Decaf×
Isi 200 gram
2
Cara penyajianPanas
RasaCreamy dan nutty dari rasa hazelnut-nya
Metode produksi-
Jenis biji kopi-
Decaf×
Isi 15 saset x 40 gr
1
Cara penyajianPanas
RasaRingan lembut dan pekat
Metode produksiFreeze drying
Jenis biji kopiCampuran antara arabika (Vietnam) dan robusta (Honduras)
Decaf
Isi 100 gr

Tabel perbandingan produk kopi instan terbaik

Gambar produk
1
Nestlé NESCAFÉ GOLD Decaf 1

Nestlé

2
OLDTOWN White Coffee 3 IN 1 HAZELNUT 1

OLDTOWN White Coffee

3
Kapal Api Luwak Blend 1

Kapal Api

4
JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte 1

JJ Royal

5
Nestlé NESCAFÉ 3 in 1 Original 1

Nestlé

6
Esprecielo Caramel Macchiato 1

Esprecielo

7
Nutrifood W'dank Lokalate Kopi Gula Aren 1

Nutrifood

8
Mayora Torabika Cappuccino 1

Mayora

9
Good Day Cappuccino 1

Good Day

10
SARI INCOFOOD Indocafé Coffeemix 3 in 1 1

SARI INCOFOOD

Nama produk

NESCAFÉ GOLD Decaf

3 IN 1 HAZELNUT

Luwak Blend

Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte

NESCAFÉ 3 in 1 Original

Caramel Macchiato

W'dank Lokalate Kopi Gula Aren

Torabika Cappuccino

Cappuccino

Indocafé Coffeemix 3 in 1

Keunggulan

Kopi rendah kafein dengan aroma dan rasa yang tetap nikmat

White coffee dengan rasa dan aroma hazelnut yang menggoda

Manjakan lidah Anda dengan rasa dan aroma khas kopi luwak

Kopi tubruk instan dengan cita rasa cinnamon yang unik

Kombinasi kopi robusta pilihan dengan gula dan krimer hasilkan cita rasa yang khas

Membuat caramel macchiato makin mudah berkat produk ini

Rasakan sentuhan Nusantara dengan perpaduan kopi dan gula aren

Cappuccino yang super foamy, jadi serasa ngopi di cafe

Cappuccino yang aman bagi lambung, bebas khawatir, deh!

Disajikan panas bisa, dingin pun bisa!

Harga mulai dariRp 165.900,00Rp 78.000,00Rp 122.000,00Rp 66.500,00Rp 13.800,00Rp 60.000,00Rp 17.500,00Rp 16.700,00Rp 18.600,00Rp 11.830,00
Cara penyajianPanasPanasPanasPanasPanas dan dinginPanas dan dinginPanas dan dinginPanasPanasPanas dan dingin
RasaRingan lembut dan pekatCreamy dan nutty dari rasa hazelnut-nyaFull bodied dengan aroma khas kopi luwak Perpaduan yang seimbang antara susu dengan kayu manis yang kaya Creamy, manis yang ringan, serta rasa kopi yang pekatCreamy, rasa karamel yang kuat, rendah asam dan rendah gulaManis dari gula aren Creamy dan manis dengan rasa cokelat yang harmonis dari choco granule-nyaCreamy dan manisCreamy dan manis
Metode produksiFreeze drying-------- -
Jenis biji kopiCampuran antara arabika (Vietnam) dan robusta (Honduras)-Arabika-Robusta (Vietnam)-----
Decaf×××××-×××
Isi 100 gr15 saset x 40 gr200 gram14 saset x 30 gr10 saset x 17,5 gr14 saset x 24 gr10 saset x 15 gr10 saset x 25 gr10 saset x 25 gr10 saset x 20 gr
Tautan produk

Cara membuat kopi instan agar lebih nikmat

Sekarang, kami akan memberikan tips untuk membuat kopi instan buatan Anda terasa lebih nikmat. Anda bisa mencobanya saat sedang ada waktu luang atau ketika Anda sedang bosan meminum kopi straight.

Aduk dahulu dengan sedikit air agar kopi tidak menggumpal

Aduk dahulu dengan sedikit air agar kopi tidak menggumpal

Pertama, tuangkan kopi instan ke dalam cangkir dan tambahkan sedikit air biasa atau air panas. Hal ini untuk melarutkan seluruh serbuk kopi larut terlebih dahulu supaya tidak menggumpal. Kemudian, barulah Anda tambahkan air mendidih secukupnya. Rasa kopi yang dihasilkan pun akan menjadi sedikit pahit dan kuat.

Daripada air biasa, bubuk kopi lebih baik dilarutkan dengan air panas. Dengan begitu, kopi yang dihasilkan akan terasa lebih lembut. Langkah kecil ini akan memberikan sensasi rasa kopi yang berbeda. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya, ya.

Tingkatkan rasa pahit dan aromanya dengan penggorengan atau panci

Tingkatkan rasa pahit dan aromanya dengan penggorengan atau panci

Anda yang menyukai kopi dengan rasa asam dan pahit yang tinggi perlu mengetahui kedua trik ini. Untuk menambah rasa asam dan pahit kopi instan, Anda bisa merebus larutan kopi dengan panci selama 3 menit. Anda juga menyangrai bubuk kopi instan dengan api kecil sekitar 1–1,5 menit dengan penggorengan. Rasa asam dan pahit akan meningkat dan menghasilkan kopi dengan aroma yang menggoda.

Tambahkan barley tea atau sedikit garam untuk meningkatkan rasa

Tambahkan barley tea atau sedikit garam untuk meningkatkan rasa
Saat selesai menyeduh kopi, tambahkan sedikit garam atau barley tea maka rasanya akan berubah. Satu sendok teh barley tea cukup untuk meningkatkan aroma kopi menjadi seperti biji kopi kasar yang baru selesai dipanggang. Untuk garam, Anda hanya perlu menambahkannya sedikit atau sejumput saja. Rasa kopi akan berubah menjadi lebih lembut dan sedikit lebih manis.

Baca juga rekomendasi kopi lainnya, serta gula dan krimer untuk kopi di sini

Setelah mendapatkan kopi instan yang terbaik, kini saatnya Anda mencari gula dan krimer untuk melengkapi kenikmatan saat minum kopi. Pada artikel di bawah ini, kami akan merekomendasikan gula dan susu krimer terbaik yang cocok untuk berbagai jenis kopi. Ada rekomendasi kopi instan yang  sehat dan aman untuk lambung juga, lho. Baca artikelnya di sini, ya!

Kesimpulan

Dari sepuluh kopi instan yang telah kami rekomendasikan, apakah ada kopi yang ingin Anda coba? Dengan meminum kopi, pikiran Anda dapat lebih tenang dan Anda akan merasa lebih rileks.

Cobalah sebanyak mungkin jenis-jenis kopi agar Anda bisa menentukan kopi mana yang paling sesuai dengan selera Anda. Semoga Anda bisa menemukan produk kopi instan yang Anda suka setelah membaca artikel kali ini.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, selain dapat menghidrasi tubuh, mineral water dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika dilihat dari kandungannya, mineral water dapat ditemui dalam berbagai jenis.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan mengulas cara memilih mineral water yang bagus untuk diminum sehari-hari. Merk mineral water, seperti Aqua, Le Minerale, hingga Eternal Plus juga akan dibahas di rekomendasi produknya. Simak dan temukan mineral water untuk melengkapi aktivitas Anda!
    Minuman instan
    281.182 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat kesibukan datang tak kunjung henti, minuman berenergi dapat menjadi andalan untuk menambah stamina dan pemulihan dari rasa lelah. Minuman berenergi bisa dikonsumsi agar stamina lebih tahan lama dan kebugaran tubuh terjaga. Di pasaran, Anda akan menjumpai berbagai merk minuman berenergi, seperti Hemaviton, Kuku Bima, Proman, dan Kratingdaeng.Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai minuman berenergi supaya Anda tak salah pilih. Kami juga akan mengulas beberapa produk untuk membantu Anda memilih energy drink yang cocok sesuai kondisi tubuh. Selamat membaca!
    Minuman instan
    69.495 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minuman cokelat instan atau yang dalam kondisi panas sering disebut sebagai hot chocolate, populer dinikmati anak-anak hingga orang dewasa. Produsen makanan dan minuman seperti Starbucks, Van Houten, Cadbury, hingga Chocolatos berlomba meracik minuman cokelat terlezat. Jadi, manakah yang paling sesuai dengan selera Anda?Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek cokelat instan terbaik beserta tips cara memilihnya. Tak hanya dinikmati karena rasa dan aroma, minuman cokelat juga bermanfaat menyehatkan badan. Mari nikmati secangkir lezat cokelat panas atau dingin pilihan Anda!
    Minuman instan
    32.550 Views
  • 10 Rekomendasi Buavita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buavita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai penggemar jus buah Anda tentunya sudah tidak asing dengan Buavita. Jus buah kemasan ini memiliki aneka rasa buah yang pastinya segar dan enak. Selain itu, produk Buavita sangatlah praktis karena tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari Buavita mini hingga Buavita 1 liter.Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang Buavita, mulai dari cara memilihnya hingga rekomendasi produk terbaiknya. Selain itu, Anda juga akan menemukan ulasan Buavita mangga, Buavita jambu, Buavita apel, Buavita jeruk, dan varian rasa lainnya yang populer. Jadi, baca hingga selesai, ya!
    Minuman instan
    1.782 Views
  • 10 Rekomendasi Wedang Jahe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wedang Jahe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Secangkir wedang jahe tidak hanya nikmat untuk diminum, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Wedang sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya minuman panas. Jadi, minuman ini tentunya bisa menghangatkan tubuh. Kini, ada cara  praktis untuk menikmati wedang jahe, yaitu dengan membeli wedang jahe dalam kemasan siap minum.Saat ini, ada banyak produk wedang jahe dari berbagai produsen, seperti Herbadrink, Singabera, dan lainnya. Jika Anda bingung mencari wedang jahe yang paling cocok, silakan simak artikel ini. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih wedang jahe beserta rekomendasi produk terbaiknya.
    Minuman instan
    14.170 Views
  • 10 Rekomendasi Jus Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jus Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jus merupakan minuman yang baik untuk kesehatan. Salah satu jus yang kaya nutrisi dan banyak diminati adalah jus apel. Perpaduan rasa masam dan manis dari jus apel mampu melepaskan dahaga Anda. Di pasaran, telah banyak dijual produk jus apel, mulai dari Re.Juve, Buavita Apple, Juice United, dan lainnya.Bagaimana cara memilih jus apel yang baik? Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips cara memilih jus apel, serta merekomendasikan produk terbaiknya. Produk rekomendasi kami hadir dalam berbagai rasa dan kemasan. Agar Anda tidak makin penasaran, yuk segera simak artikel ini!
    Minuman instan
    11.575 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori