10 Rekomendasi Botol Minum Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Botol Minum Terbaik untuk Bersepeda (Terbaru Tahun 2018)

Bersepeda jarak jauh menggunakan road bike merupakan salah satu kegiatan olahraga yang menyenangkan. Salah satu perlengkapan yang biasanya perlu dibawa adalah botol minum yang sangat penting untuk memastikan Anda tetap terhidrasi.

Saat ini di pasaran telah tersedia berbagai ukuran, fungsi, dan jenis botol minum untuk road bike. Namun, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan? Kali ini kami akan merekomendasikan 10 botol minum terbaik untuk road bike sekaligus membahas poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk yang tepat. Let’s check this out!

Daftar isi

Cara memilih botol minum untuk road bike

Botol minum untuk road bike tersedia dalam berbagai ukuran, tipe, dan beragam fungsi. Pertama kami akan memberikan tip bagaimana memilih botol minum yang tepat. Jadikanlah poin-poin berikut ini sebagai referensi sebelum membeli produk yang paling tepat.

Pilih yang dapat digenggam dengan satu tangan

Pilih yang dapat digenggam dengan satu tangan

Poin yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam memilih botol minum untuk road bike adalah apakah produk tersebut bisa digenggam dengan satu tangan atau tidak untuk memudahkan Anda minum dari botol sambil tetap mengayuh sepeda. Tentunya akan menyulitkan jika Anda harus berhenti setiap saat untuk minum hanya karena botol minum harus dipegang dengan kedua tangan. Oleh karena itu, penting untuk memilih botol minum yang mudah digenggam dengan satu tangan.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa meskipun pada keterangannya disebutkan “botol minum untuk road bike“, ada juga produk yang didesain untuk digunakan ketika Anda sedang berhenti mengayuh sepeda. Jadi, periksalah dengan teliti poin pertama ini.

Pilih berdasarkan ukuran botol

Kapasitas dan ukuran botol minum untuk road bike tersedia dalam beragam pilihan. Kami akan menjelaskan poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih ukuran botol minum yang tepat.

Botol minum yang cocok untuk cuaca panas atau dingin

Botol minum yang cocok untuk cuaca panas atau dingin

Saat bersepeda menggunakan road bike untuk jarak jauh, penting untuk terus menjaga asupan air agar terhindar dari dehidrasi. Namun, jumlah air yang dibutuhkan setiap orang pasti berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa jumlah air yang Anda butuhkan sebelum memilih botol minum yang sesuai. Anda juga perlu memperhatikan jumlah air yang Anda butuhkan saat bersepeda dengan pertimbangan cuaca panas atau dingin. Terutama bagi Anda yang melakukan shower riding dengan mengguyurkan air dari botol minum ke beberapa bagian tubuh saat cuaca panas, bedakanlah pemakaian botol sesuai dengan kebutuhan masing-masing cuaca.

Pastikan botolnya pas dipasangkan pada bottle cage 

Pastikan botolnya pas dipasangkan pada bottle cage 

Botol minum untuk road bike pada dasarnya dipasangkan pada bottle cage (tempat menaruh botol pada frame sepeda bagian depan). Oleh karena itu, penting untuk mengecek apakah ukuran botol yang Anda miliki sesuai dengan bottle cage pada sepeda. Jika ukurannya tidak pas, bisa jadi Anda terpaksa harus mengganti bottle cage agar botol minum bisa muat dipasangkan.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan bottle cage dengan ukuran kecil atau ramping karena terkadang botol minum bisa tersangkut pada frame sepeda. Jadi, saat memilih botol minum untuk road bike, pastikan ukuran dan panjangnya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan bottle cage yang terpasang pada sepeda Anda.

Pilih berdasarkan ada atau tidaknya tutup botol

Pilih berdasarkan ada atau tidaknya tutup botol

Botol minum untuk road bike ada yang memiliki penutup dan ada juga yang tidak. Tipe yang paling umum adalah botol minum tanpa tutup. Akan tetapi, dengan botol tipe ini Anda harus lebih berhati-hati terhadap debu dan kotoran yang bisa masuk dan mengontaminasi air minum di dalam botol.

Sementara untuk botol minum yang dilengkapi tutup, kelebihannya adalah Anda tidak perlu mengkhawatirkan debu karena bagian mulut botol terlindungi dengan baik. Anda bisa tenang bahkan saat bersepeda melewati tempat yang berlumpur. Namun, kekurangannya adalah botol minum tipe ini lebih repot untuk digunakan minum saat sedang mengayuh sepeda.

Akan tetapi, baru-baru ini sudah tersedia botol minum yang pemakaiannya sangat praktis di mana bagian mulutnya akan terdorong keluar saat Anda menekan badan botol. Jadi, periksalah jenis dan fitur botol minum tanpa terpaku pada ada atau tidaknya tutup pelindung.

Pilih yang memiliki fungsi isolasi termal

Botol minum untuk road bike juga ada yang memiliki fungsi isolasi termal untuk mempertahankan suhu minuman di dalamnya agar tetap dingin atau tetap panas. Mari kita simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Botol minum yang menggunakan material isolasi termal

Botol minum yang menggunakan material isolasi termal

Pada botol minum untuk road bike yang memiliki fungsi isolasi termal, biasanya tertera keterangan bahwa produk tersebut mampu mempertahankan suhu air agar tetap dingin atau panas. Kebanyakan dari botol jenis ini memiliki struktur yang terdiri dari dua hingga tiga lapis untuk memberikan fungsi isolasi termal. Namun, tentu saja suhu air hanya akan bertahan dalam jangka waktu tertentu dan tidak terlalu lama seperti pada termos khusus.

Akan tetapi, fungsinya cukup signifikan jika dibandingkan dengan botol minum tipe normal di mana suhu air di dalam botol segera berubah menjadi sama dengan suhu di luar. Terutama ketika Anda bersepeda di tengah cuaca yang sangat panas, air di dalam botol bisa jadi akan terasa seperti air panas dalam waktu 30 menit. Jadi, disarankan untuk memilih botol yang bisa mempertahankan suhu air minum agar tetap dingin.

Botol minum tipe termos yang bobotnya berat

Botol minum tipe termos yang bobotnya berat

Akhir-akhir ini, botol minum dengan fungsi isolasi termal semakin banyak diminati. Botol dengan jenis ini dapat digunakan baik saat cuaca panas ataupun dingin. Anda bisa membawa air hangat saat hujan atau mengisinya dengan air dingin saat cuaca panas.

Namun, perlu diperhatikan bahwa botol minum jenis ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan botol minum tipe biasa. Jika Anda mementingkan kecepatan saat bersepeda, botol tipe ini tidak terlalu direkomendasikan.

Botol semitransparan untuk melihat jumlah air yang tersisa

Botol semitransparan untuk melihat jumlah air yang tersisa

Memeriksa jumlah air di dalam botol merupakan hal penting saat Anda bersepeda karena itu menentukan berapa banyak air yang cukup untuk menghidrasi Anda. Jika botol Anda tidak transparan, tidak ada pilihan lain untuk mengecek jumlah air di dalam botol lewat beratnya. Oleh karena itu, jika Anda tidak mementingkan fungsi isolasi termal, Anda dapat memilih botol semitransparan atau tembus pandang yang memungkinkan Anda untuk melihat jumlah air yang masih tersisa.

10 Rekomendasi botol minum terbaik untuk road bike

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi botol minum terbaik untuk road bike dalam urutan peringkat dengan pertimbangan jenis, fungsi, dan harganya. Ada banyak jenis yang dapat Anda pilih. Jadi, silakan temukan produk yang paling Anda butuhkan!

10. Weiyue-Flip Straw Water Bottle

10. Weiyue-Flip Straw Water Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 118.000

Tutup botol dilengkapi sedotan yang praktis!

Bagi Anda yang mementingkan kepraktisan saat bersepeda, Weiyue Flip-straw Water Bottle bisa menjadi salah satu pilihan terbaik! Produk ini hadir dengan sedotan pada bagian tutupnya untuk memudahkan Anda saat minum. Anda hanya perlu menarik bagian tengah sedotan tanpa perlu membuka tutup botol. Sangat praktis, bukan?

Botol ini memiliki kapasitas cukup besar, yaitu dapat menampung air sebanyak 750 ml. Bahan dasarnya menggunakan plastik transparan agar Anda bisa dengan mudah mengecek jumlah air yang masih tersisa di dalam botol, cocok untuk Anda yang mudah berkeringat dan butuh memastikan asupan air selalu terjaga. Bagian badan botol dari tengah ke bawah juga didesain bergerigi untuk memudahkan Anda menggenggamnya.

9. New B Sports Spray Water Bottle

9. New B Sports Spray Water Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.500

Dilengkapi spray nozzle khusus untuk kesegaran saat bersepeda

Udara panas dan keringat tentu akan membuat Anda tidak nyaman saat bersepeda. Selain untuk menyuplai air minum agar Anda terhindar dari dehidrasi, New B Bottle Water dilengkapi dengan spray nozzle khusus untuk menyemprotkan air ke wajah dan memberikan sensasi segar, sangat direkomendasikan untuk Anda yang senang melakukan shower riding.

Botolnya didesain transparan sehingga Anda dapat melihat sisa air dengan mudah. Selain itu, botol minum ini juga dijamin BPA-free sehingga aman digunakan. Hanya saja bagian mulut botol berukuran cukup kecil dibandingkan botol minum pada umumnya. Jadi, produk ini tidak terlalu disarankan bagi Anda yang menyukai volume air yang banyak saat minum.

8. League Tritan Sport Bottle

8. League Tritan Sport Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 119.000

Terbuat dari bahan tritan yang tidak mudah tergores

Saat menggunakan botol minum untuk road bike, biasanya ada risiko botol tersebut tergores oleh bottle cage baik saat Anda menaruh atau menariknya. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena League Tritan Sport Bottle terbuat dari bahan tritan copolyester yang memiliki keunggulan tidak mudah buram maupun tergores dan tahan lama!

Material tritan juga bebas dari bahan beracun, menjadikannya aman digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Warna botol yang transparan dapat memudahkan Anda untuk mengecek sisa air di dalam botol. Selain itu, botol ini juga ringan dan dapat menampung air sebanyak 750 ml, cocok untuk Anda yang membutuhkan air minum lebih banyak.

7. DUUTI Sport Bottle WB-102

7. DUUTI Sport Bottle WB-102

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 54.000

Bobot ringan yang memungkinkan portabilitas tinggi

Terbuat dari bahan food-grade polyethylene, produk yang satu ini memiliki tekstur bodi yang tidak terlalu keras sehingga lebih nyaman ketika digenggam, serta bobot yang ringan yang memungkinkan portabilitas tinggi dan tidak banyak menambah beban saat Anda bersepeda. Bodinya sendiri didesain antiselip dan tidak mudah tergelincir.

Botol minum dari DUUTI ini memiliki penutup yang antidebu di bagian mulutnya untuk memastikan agar air dan mulut botol tetap bersih, sangat cocok untuk Anda yang suka bersepeda ke lokasi dengan kondisi ekstrem yang berdebu atau mungkin berlumpur. Selain itu, bagian dalam botol juga didesain antibocor agar Anda tidak perlu merasa khawatir dan bisa lebih leluasa saat bersepeda.

6. Giant-Alpecin Water Bottle

6. Giant-Alpecin Water Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 133.000

Corong lebih besar untuk volume air lebih banyak dalam sekali teguk!

Saat ini terdapat banyak botol yang bagian mulutnya terlalu kecil sehingga intensitas airnya membuat Anda merasa tidak puas. Namun, untuk Anda yang mudah haus dan ingin minum dalam jumlah banyak dalam sekali teguk, tidak perlu khawatir lagi karena Giant Alpecin Water Bottle hadir dengan mulut botol yang lebih lebar dibandingkan botol minum biasa!

Botol minum ini memiliki teknologi easy squeeze yang akan memudahkan Anda meminum air dengan hanya menekan bagian badan botol. Produk ini juga terbuat dari 100% bahan yang bebas BPA. Selain itu, terdapat fitur air valve (corong katup udara) pada bagian mulut botol yang menjaga agar air tidak tumpah meskipun tidak ditutup.

5. Adidas Perf Bottle 750ml

5. Adidas Perf Bottle 750ml

Lihat produk ini Tokopedia

Harga : Rp 218.000

Desain ramping yang memudahkan untuk dimasukkan dalam bottle cage

Sebagai salah satu merek produk olahraga ternama, Adidas juga mengeluarkan seri botol minum untuk road bike. Desain Adidas Perf Bottle yang unik dan cekung di bagian lehernya ini memudahkan Anda untuk menggenggam botol dengan satu tangan, sangat membantu bagi Anda yang tidak mau repot jika harus berhenti untuk minum ketika sedang bersepeda.

Selain itu, bentuk botolnya yang ramping memungkinkannya muat pada bottle cage kebanyakan. Air di dalam botol juga tidak akan tumpah atau bocor karena Anda harus menyedot bagian mulut botol saat ingin minum. Warnanya yang semitransparan juga akan memudahkan Anda untuk mengecek sisa air dan memastikan kapan air harus diisi ulang.

4. Victanz Sports Water Bottle

4. Victanz Sports Water Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 558.000

Mudah digenggam dan bisa dibuka dengan satu klik saja!

Victanz Sports Water Bottle didesain dengan mulut botol yang cukup lebar untuk menjamin aliran air yang cukup kencang agar Anda bisa minum dengan puas. Desain bodinya yang ramping dan mudah digenggam, serta tutup yang bisa dibuka dengan satu klik saja, memungkinkan Anda untuk memegangnya dengan satu tangan.

Botol ini juga dilengkapi dengan filter khusus untuk memisahkan es batu atau teh sehingga Anda bisa lebih nyaman saat minum. Botol semitransparan dan antitumpah dengan kapasitas 1 liter ini dijamin akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan asupan air lebih atau untuk Anda yang ingin melakukan long run dengan road bike kesayangan Anda.

3. Alpha Armur Vacuum Insulated Stainless Steel

3. Alpha Armur Vacuum Insulated Stainless Steel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 502.000

Mampu mempertahankan suhu air hingga 20 jam!

Botol minum dengan fungsi termos dari Alpha Armur ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi dan mampu mempertahankan suhu air di dalamnya hingga 20 jam! Sangat cocok untuk Anda yang gemar bersepeda jarak jauh dan tetap ingin menikmati air dingin untuk menjaga kesegaran, atau ingin membawa air hangat saat bersepeda di cuaca dingin.

Produk ini memiliki lapisan ganda dan bebas kondensasi sehingga tidak akan berembun di bagian luarnya. Botol minum ini tersedia dalam beberapa pilihan ukuran mulut botol dan kapasitas air yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya bersepeda Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa tutup botolnya kurang praktis untuk meminum air sambil tetap mengayuh sepeda.

2. Santeco Oural Sports Water Bottle

2. Santeco Oural Sports Water Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 483.000

Pegangan berbentuk O-ring untuk menahan tutup botol saat minum

Cukup banyak botol minum untuk road bike yang desainnya mengharuskan Anda membuka tutupnya secara keseluruhan ketika minum. Produk yang satu ini dilengkapi pengangan O-ring yang berfungsi menahan tutupnya sehingga akan sangat membantu bagi Anda yang tidak ingin repot harus memegang tutup botol secara terpisah saat ingin minum.

Botol ini memiliki mulut botol yang lebih lebar yang memudahkan Anda untuk minum air lebih banyak dan mengisi ulang air dengan lebih mudah. Produk ini terbuat dari material eastman tritan yang tahan lama dan 100% bebas BPA-free, serta dilengkapi dengan tutup antibocor agar Anda bisa leluasa bersepeda di medan dengan banyak guncangan sekalipun.

1. CamelBak Podium Big Chill

1. CamelBak Podium Big Chill

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 649.083

Mampu menjaga suhu air tetap dingin dan dilengkapi tutup antibocor

Saat bersepeda, biasanya botol minum berada dalam posisi miring yang menyebabkan air mudah tumpah jika tutupnya tidak cukup rapat. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena produk dari CamelBak ini hadir dengan kunci lockout yang menjaminnya tidak akan bocor! Dengan konstruksi lapisan gandanya, botol ini juga dapat mempertahankan suhu air dingin lebih lama dibandingkan botol minum biasa.

Botol ini dilengkapi fitur easy-squeeze yang memudahkan Anda menekan bodinya saat ingin minum. Selain itu, fitur jet valve yang bisa mengunci sendiri pada bagian mulut botol ini memungkinkan aliran air yang terkontrol dan mencegah air tumpah saat minum sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin tetap fokus pada rute bersepeda.

Minuman yang direkomendasikan untuk botol minum road bike

Terakhir, kami akan memberikan rekomendasi minuman untuk mengisi botol minum road bike. Minuman yang disarankan akan berbeda variasi tergantung kebutuhan Anda saat bersepeda. Temukanlah minuman hidrasi yang paling cocok untuk Anda!

Satu botol air yang perlu Anda siapkan

Satu botol air yang Anda siapkan

Botol minum tidak hanya berfungsi untuk menghidrasi tubuh, tetapi juga dapat digunakan untuk mencuci tangan atau mendinginkan tubuh. Oleh karena itu, ketika Anda bersepeda dengan road bike dalam jarak cukup jauh, botol minum bisa dikatakan adalah barang wajib yang harus dibawa. Terutama saat cuaca panas, Anda dapat menggunakan air di dalam botol minum untuk shower riding. Jadi, pastikanlah untuk membawa air yang cukup dalam satu botol minum.

Minuman isotonik untuk asupan gula dan garam

Minuman isotonik untuk asupan gula dan garam

Minuman isotonik bisa dikatakan adalah yang paling banyak dibawa dalam botol minum untuk road bike. Minuman ini sangat bermanfaat karena tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga mampu mencukupi asupan gula dan garam. Namun, Anda harus tetap memperhatikan kandungan gula di dalamnya. Disarankan untuk tidak memilih minuman dengan kandungan gula terlalu banyak.

Selain itu, karena tidak semua botol minum untuk road bike mampu mempertahankan suhu agar tetap dingin, kemungkinan minuman di dalam botol akan berada pada suhu ruang. Minuman isotonik akan terasa kurang enak jika tidak dalam keadaan dingin. Bahkan bisa jadi akan menambah dahaga. Jadi, Anda perlu memperhatikan hal ini. Jika Anda membawa minuman isotonik saat bersepeda jarak jauh dengan menggunakan road bike, disarankan untuk memilih botol dengan lapisan ganda yang mampu mempertahankan suhu minuman di dalamnya.

(Tambahan) Penggunaan tool bottle untuk menyimpan barang

(Tambahan) Penggunaan tool bottle untuk menyimpan barang

Dalam artikel ini kami telah memperkenalkan berbagai pilihan botol minum untuk road bike. Selain botol minum untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, ada satu barang yang disebut tool bottle yang juga perlu Anda pertimbangkan untuk dibawa saat bersepeda jarak jauh. Tool bottle ini bisa diisi barang-barang penting untuk keperluan bersepeda atau untuk keperluan darurat. Anda juga bisa menyimpan benda-benda penting pada tool bottle dan memudahkan Anda untuk mengambilnya dari bottle cage. Silakan pertimbangkan pemakaian tool bottle ini sesuai dengan kebutuhan dan gaya bersepeda Anda

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai pembahasan botol minum untuk road bike dalam artikel ini? Apa Anda sudah menemukan produk yang Anda butuhkan?

Botol minum merupakan peralatan yang sangat penting untuk Anda bawa ketika bersepeda, terutama ketika menempuh jarak jauh menggunakan road bike. Silakan pilih produk yang paling sesuai jenis dan fungsinya dengan gaya bersepeda Anda. Nikmati waktu bersepeda tanpa khawatir dehidrasi dengan menggunakan botol minum yang paling tepat!