• 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Untuk membuat steak yang lezat di rumah, tentunya Anda akan membutuhkan steak sauce atau saus steak yang enak. Dengan kombinasi daging yang enak, Anda akan bisa merasakan sensasi makan steak seperti di restoran. Saat ini banyak varian saus steak, seperti merk Knorr, Del Monte, atau Jay’s Kitchen yang bisa Anda temukan di pasaran.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan saus steak enak yang bisa Anda gunakan di rumah. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Yuk, simak penjelasan kami berikut ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner sejak 8 tahun yang lalu membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.

Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih steak sauce

Pemilihan saus steak harus tepat agar steak yang Anda buat terasa makin lezat. Mari simak poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih saus steak berikut ini.

Pilih ukuran kemasan produk sesuai dengan frekuensi penggunaan

Pilih ukuran kemasan produk sesuai dengan frekuensi penggunaan
Saus steak akan sangat memengaruhi hasil akhir hidangan steak. Kualitas, rasa, dan tekstur saus merupakan elemen terpenting selain dari dagingnya itu sendiri. Untuk penggunaan pribadi, sebaiknya jangan memilih saus dengan kemasan besar karena penggunaan saus yang relatif sedikit. Jika saus kemasan besar tersisa banyak dan disimpan terlalu lama, saus akan berubah kualitas, rasa, dan tekstur.

Karena itu, menentukan neto kemasan yang tepat adalah hal penting saat Anda hendak memilih saus steak. Tergantung pada jumlah steak, standar penggunaan saus steak adalah sekitar 20 gram per sajian. Bila kemasannya sudah dibuka, kualitasnya pun akan menurun. Sebaiknya Anda memilih saus steak dengan kapasitas yang bisa Anda habiskan dalam jangka waktu paling lama satu bulan.


Di pasaran tersedia saus steak dalam berbagai kemasan, mulai dari kemasan saset kecil hingga kemasan jiriken besar. Saat baru mencoba suatu produk saus steak, ada baiknya memilih kemasan kecil terlebih dahulu. Bila tidak merasa cocok dengan rasanya, Anda tidak akan rugi banyak. Sementara bila Anda memiliki usaha kuliner, pilihlah kemasan jiriken besar yang lebih ekonomis.


Namun, bagaimana bila produk pilihan Anda tidak memiliki kemasan kecil? Untuk mencegah saus steak menjadi mubazir, Anda dapat memilih produk multipurpose. Artinya, saus steak tersebut dapat digunakan untuk masakan lain. Mengenai hal tersebut akan dijelaskan pada subbab lain di bawah ini.

Kenali macam-macam steak sauce

Kenali macam-macam steak sauce

Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis saus steak. Pemilihan saus yang tepat akan membuat suasana makan lebih menyenangkan. Hal utama dari proses pemilihan saus, Anda perlu mengetahui bahan dasarnya. Dengan demikian, Anda dapat mengira-ngira kesesuaiannya dengan daging pilihan dan selera Anda.


Terdapat banyak sekali jenis saus steak mulai dari yang bercita rasa gurih hingga pedas. Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi selera Anda. Namun, ada standar kesukaan khusus bagi sebagian orang.


Bagi Anda yang suka rasa agak pedas dan kuat, saus black pepper, garlic, atau barbeque akan cocok menjadi pilihan. Sementara itu, bagi penggemar rasa gurih, brown sauce, mushroom, gravy, dan demi glace adalah pilihan tepat. Mari ketahui berbagai jenisnya!


  • Brown sauce: Saus yang terbuat dari rempah-rempah dan kaldu tulang sapi yang dipanggang ini memiliki cita rasa gurih. Saus yang disebut espagnole ini juga merupakan salah satu saus utama dalam kuliner Prancis. Karena itu, beberapa jenis saus lainnya kerap kali dibuat dengan brown sauce sebagai bahan utama. 
  • Demi glace sauce: Saus ini merupakan salah satu saus yang dibuat dari brown sauce. Rasa demi glace sauce umumnya sedikit lebih manis dibandingkan dengan brown sauce. Saus ini juga sering dikreasikan dengan campuran bahan lain seperti jamur, tergantung pada kebutuhan pembuatnya.
  • Barbeque sauce: Amerika Selatan merupakan tempat asal saus bercita rasa smokey ini. Meski begitu, kini produk dengan cita rasa oriental seperti Korean barbeque sauce pun bermunculan di pasaran. Selain sebagai saus, barbeque sauce pun umum digunakan sebagai bumbu lumuran atau marinasi daging.
  • Mushroom sauce: Pada dasarnya, mushroom sauce merupakan white sauce atau brown sauce dengan tambahan irisan jamur. Umumnya, jamur yang digunakan adalah jamur kancing atau champignon. Teksturnya dapat creamy atau sedikit cair, tergantung pada saus dasarnya.
  • Black pepper sauce: Sesuai namanya, saus ini menggunakan lada hitam sebagai bahan utamanya. Cita rasanya gurih dengan pedas khas lada yang hangat di tenggorokan. Saus lada hitam ini barangkali jenis saus steak yang paling akrab dengan lidah orang Indonesia.
  • Garlic sauce: Sedikit sengar, pungent, dan beraroma tajam barangkali itulah kesan dari rasa saus ini. Namun, karakteristik tersebut sangat cocok disandingkan dengan daging. Selain memperkaya rasa, bawang putih juga dapat meredam aroma meaty dari daging.
  • Gravy sauce: Secara visual, saus ini mirip dengan brown sauce. Perbedaannya, saus ini terbuat dari sari pati bahan makanan dan lemak yang keluar selama proses pemasakan. Bahan makanan dan lemak yang dimaksud tidak harus bersifat hewani. Karena itu, ada pula gravy sauce yang terbuat dari campuran sayur, jamur, dan bawang bombai.

Tergantung produknya, bisa saja Anda menemukan produk yang tersedia dalam berbagai varian rasa. Jadi, jika Anda menyukai satu merek tertentu, Anda bisa mencoba varian rasa yang tersedia dari merek tersebut.


Jika memungkinkan, carilah info mengenai rasa saus steak tersebut dan baca referensi dari konsumen yang sudah mencobanya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan informasi yang detail dan memudahkan Anda menemukan saus steak sesuai dengan selera.

Cek cara penyajiannya, steak sauce instan atau siap saji

Cek cara penyajiannya, steak sauce instan atau siap saji

Produk saus steak umumnya hadir dalam dua cara penyajian yaitu instan dan siap pakai. Pada produk instan, Anda perlu mengencerkannya dengan air, lalu memasaknya di atas api sebelum disajikan. Penyajian produk instan memang sedikit merepotkan, tetapi ini pilihan tepat bila Anda mementingkan bujet. Hal tersebut karena produk instan biasanya lebih terjangkau.


Selain harganya lebih terjangkau, saus steak instan lebih fleksibel jika Anda hendak menambahkan bahan yang lebih sesuai selera Anda. Sebagai contoh, Anda ingin menambahkan lagi sedikit bawang putih, bombai, atau jamur. Hal tersebut mungkin merepotkan. Namun, Anda bisa menyantap steak dengan saus yang benar-benar sesuai selera. Suasana makan pun akan lebih menyenangkan dan Anda akan lebih puas. 


Sementara itu, Anda dapat memilih produk siap saji bila menginginkan kelezatan yang lebih effortless. Produk siap saji dapat langsung dituangkan di atas steak atau hidangan lainnya. Ada pula produsen yang menyarankan untuk memanaskan produk terlebih dahulu di atas api atau microwave.

Periksa penggunaannya untuk hidangan lain selain steak

Periksa penggunaannya untuk hidangan lain selain steak
Sebagian orang tidak bisa menggunakan saus steak hingga habis dan malah berakhir mubazir. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda membeli saus steak yang juga bisa digunakan untuk masakan selain steak.

Memasak adalah salah satu kegiatan yang dapat menuntut Anda untuk berkreasi. Saus steak pun tentu saja bisa Anda kreasikan untuk menjadi bahan dari masakan lain. Tidak hanya sebagai saus tambahan atau cocolan, saus steak juga bisa menjadi bahan dasar dari berbagai masakan. Sebut saja bahan dasar saus pasta, berbagai tumisan, dan bahan marinasi.


Saus steak juga cocok digunakan untuk hamburger dan aneka daging panggang. Selain itu, ada produk yang bisa digunakan sebagai tambahan saus untuk tumisan sayur dan sebagai salad dressing. Ada juga saus steak yang cocok dijadikan saus cocol untuk aneka gorengan, pangsit, atau dimsum.


Memang ada beberapa jenis masakan yang tidak cocok menggunakan saus steak, tetapi semuanya kembali ke selera Anda masing-masing. Jika Anda bingung, Anda bisa mencari aneka resep yang menggunakan saus steak di internet. Bahkan, beberapa produk menyediakan aneka resep pada situs resmi mereka!

10 Rekomendasi steak sauce terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk steak sauce terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

10
Neto142 gram, 283 gram, dan 425 gram
JenisTidak disebutkan
Masakan selain steakAyam, ikan, dan sebagainya
PenyajianSiap saji
9
Neto29 gram, 120 gram, 165 gram, 425 gram
JenisGravy sauce
Masakan selain steakBerbagai makanan yang dipanggang dan disajikan dalam potongan
PenyajianSiap saji
8
Neto800 gram
JenisDemi glace sauce
Masakan selain steakRosemary chicken, burger, dan sebagainya
PenyajianSiap saji
7
Neto255 gram, 285 gram, 425 gram, 450 gram, dan 600 gram
JenisBrown sauce
Masakan selain steakSosis dan sandwich
PenyajianSiap saji
6

OttogiBBQ Sauce for Beef Bulgogi

Mulai dari Rp 39.500,00

Neto480 gram, 840 gram
JenisBarbeque sauce
Masakan selain steakKimbab, japchae, topokki, dan sebagainya
PenyajianSiap saji
5
Neto1.000 gram
JenisDemi glace sauce
Masakan selain steakSpaghetti, beef pie, dan sebagainya
PenyajianInstan
4

Lasallefood Del Monte Barbeque Sauce

Mulai dari Rp 17.900,00

Neto250 gram, 330 gram, dan 1.000 gram
JenisBarbeque sauce
Masakan selain steakSosis, ikan, jagung, dan sebagainya
PenyajianSiap saji
3
Neto300 gram, 2.000 ml, 3.000 ml
JenisBlack pepper sauce
Masakan selain steakBerbagai masakan dan saus cocolan
PenyajianSiap saji
2
Neto500 ml
JenisMushroom sauce
Masakan selain steakPasta, grill chicken, cocolan gorengan, dan sebagainya
PenyajianSiap saji, dipanaskan 2–3 menit
1
Neto25 gram
JenisGarlic sauce
Masakan selain steakSosis dan kentang
PenyajianInstan

Tabel perbandingan produk steak sauce terbaik

Gambar produk
1
Jay’s Kitchen  Rosemary Garlic Sauce 1

Jay’s Kitchen

2
Little Maria Mushroom Sauce 1

Little Maria

3
KIKKOMAN  Black Pepper Teriyaki Sauce 1

KIKKOMAN

4
Lasallefood  Del Monte Barbeque Sauce 1

Lasallefood

5
Unilever  Knorr Saus Demi Glace 1

Unilever

6
Ottogi BBQ Sauce for Beef Bulgogi 1

Ottogi

7
Kraft Heinz HP Brown Sauce 1

Kraft Heinz

8
Helena Food Cantine Saus Demi Glace 1

Helena Food

9
Gravox Traditional Gravy 1

Gravox

10
Kraft Heinz A.1. Original Steak Sauce 1

Kraft Heinz

Nama produk

Rosemary Garlic Sauce

Mushroom Sauce

Black Pepper Teriyaki Sauce

Del Monte Barbeque Sauce

Knorr Saus Demi Glace

BBQ Sauce for Beef Bulgogi

HP Brown Sauce

Cantine Saus Demi Glace

Traditional Gravy

A.1. Original Steak Sauce

Keunggulan

Lidah jadi berdecak dengan rasa herbs yang legit

Sensasi nikmat saus dengan 100% bahan-bahan segar alami

Hadirkan cita rasa Jepang di rumah Anda

Harga bersahabat, dijadikan bumbu marinasi pun bisa

Lebih ekonomis dengan neto besar dan mudah disiapkan

Ciptakan cita rasa Korea seperti yang ada di K-drama!

Hadirkan rasa asam manis yang nikmat dan bikin ketagihan

Ekonomis dan ada pasta daging plus lemak sapinya

Bebas berbagai aditif, makin aman untuk dikonsumsi

Bawa cita rasa steak yang klasik di meja makan Anda

Harga mulai dariRp 15.675,00Rp 69.000,00Rp 24.000,00Rp 17.900,00Rp 138.400,00Rp 39.500,00Rp 42.500,00Rp 93.750,00Rp 70.000,00Rp 195.000,00
Neto25 gram500 ml300 gram, 2.000 ml, 3.000 ml250 gram, 330 gram, dan 1.000 gram1.000 gram480 gram, 840 gram255 gram, 285 gram, 425 gram, 450 gram, dan 600 gram800 gram29 gram, 120 gram, 165 gram, 425 gram142 gram, 283 gram, dan 425 gram
JenisGarlic sauceMushroom sauceBlack pepper sauceBarbeque sauceDemi glace sauceBarbeque sauceBrown sauceDemi glace sauceGravy sauceTidak disebutkan
Masakan selain steakSosis dan kentangPasta, grill chicken, cocolan gorengan, dan sebagainyaBerbagai masakan dan saus cocolanSosis, ikan, jagung, dan sebagainyaSpaghetti, beef pie, dan sebagainyaKimbab, japchae, topokki, dan sebagainyaSosis dan sandwichRosemary chicken, burger, dan sebagainyaBerbagai makanan yang dipanggang dan disajikan dalam potonganAyam, ikan, dan sebagainya
PenyajianInstanSiap saji, dipanaskan 2–3 menitSiap sajiSiap sajiInstanSiap sajiSiap sajiSiap sajiSiap sajiSiap saji
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai jenis saus di sini

Saat ini, banyak orang menikmati steak tidak hanya dengan saus steak saja. Saus tomat, sambal, dan berbagai saus lainnya bisa dicampur untuk menikmati steak yang menggugah selera. Kenali lebih jauh berbagai jenis saus tersebut dengan membacanya pada artikel berikut ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan saus steak favorit Anda? Anda juga bisa menambahkan aneka bumbu dapur di saus steak-nya, seperti menambahkan kecap, gula, lada, atau lemon.

Saus steak juga bisa Anda gunakan sebagai bumbu tambahan untuk aneka jenis masakan lainnya. Dengan menambahkan saus steak, cita rasa hidangan steak atau hidangan daging lainnya akan makin lezat dan menggugah selera. Tunggu apa lagi? Mari nikmati steak dengan saus yang enak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang suka makan kue, donat, dan cookies? Rasa manis yang dihasilkan pada beberapa makanan tersebut salah satunya berasal dari gula halus. Wajar saja, banyak orang menjadikan gula halus sebagai bahan dasar adonan kue hingga topping pada donat. Ada banyak produsen yang menawarkan gula halus dengan kualitas jempolan. Ada merek gula halus BOLA Deli, Rose Brand, Claris, hingga produk asal Australia, CSR. Kami akan memberikan rekomendasi gula halus yang bagus beserta tips memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Simak sampai akhir, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori