10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang Juga Cocok Untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2018)

Selain tripod, akhir-akhir ini banyak juga yang menggunakan monopod, termasuk untuk selfie, karena monopod lebih ringkas dan mudah dibawa. Dibandingkan dengan tripod, monopod dapat membantu menahan goncangan dan lebih trendy digunakan oleh generasi masa kini.

Pada kesempatan ini, kami akan merekomendasikan monopod terbaik yang dapat Anda gunakan untuk keperluan outdoor, travel, event dan kegiatan lainnya. Dengan pilihan monopod yang tepat, kegiatan berfoto Anda tentunya akan lebih menyenangkan.

Daftar isi

Cara memilih monopod

Walaupun sepintas terlihat sama, monopod memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, tergantung bentuknya. Kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih monopod, agar Anda bisa memilih monopod yang tepat.

Pilihlah tipe yang sesuai untuk Anda

Monopod dapat dibagi menjadi 3 tipe, yang kami jelaskan di bawah ini, sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Stand type (single leg & mini tripod)

Stand type (single leg & mini tripod)

Kebanyakan orang berpikir bahwa monopod tidak dapat berdiri sendiri. Namun, sekarang ini banyak dijual monopod dengan kombinasi tripod berukuran kecil. Keunggulan utama dari monopod jenis stand type ini adalah Anda dapat menggunakannya di tempat yang sempit sekalip, seperti saat meliput olahraga, festival dan tempat yang ramai. Selain itu, tipe monopod ini juga ringan dan mudah dibawa. Ini merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh tripod.

Ada juga monopod jenis stand type yang bisa digunakan sebagai tongkat untuk mendaki. Mengenai bagian tripodnya, ada beberapa bagian yang sama seperti tripod biasa (dapat digunakan sebagai tripod untuk kamera). Metode penyimpanannya juga berbeda, tergantung Anda melepas bagian tripodnya atau tidak.

Monopod type

Monopod type

Seperti tripod pada umumnya, tipe monopod ini memiliki tipe penguncian hingga 4-5 tahap. Beratnya juga ringan, sekitar 200 sampai 400 gr sehingga mudah dibawa. Karena panjang monopod ini berkisar antara 130 sampai 170 cm maka Anda dapat menyesuaikannya dengan tinggi badan Anda sendiri.

Banyak yang dilengkapi dengan bagian kepala yang fleksibel sehingga Anda tidak hanya bisa menyesuaikan sudut foto, tetapi juga bisa mengatur posisi foto secara vertikal. Karena mudah diatur, tipe monopod ini paling bagus digunakan untuk sesi foto Anda. Selain itu, bahannya juga kuat dan dapat digunakan di berbagai tempat, dari indoor sampai outdoor.

Self-shooting stick type (selfie type)

Self-shooting stick type (selfie type)

Tipe self-shooting ini biasanya digunakan untuk Anda yang gemar foto selfie. Tipe ini berbeda dengan monopod lainnya dalam hal keringkasan dan kemudahannya untuk diatur. Tipe self-shooting ini memudahkan Anda mengambil foto saat Anda sedang solo travelling.

Biarpun sepintas modelnya terlihat sederhana, tetapi dengan bagian kepala yang mudah diatur, Anda jadi lebih mudah menghasilkan foto yang baik. Di bagian belakangnya, terdapat lubang sekrup untuk memasang tripod. Selain itu, juga ada tipe yang bisa langsung dihubungkan ke tripod, dan banyak juga produk multifungsi lainnya yang beredar di pasaran.

Pilih yang sesuai dengan tujuan Anda

Monopod tipe single leg dapat menguntungkan Anda saat mengambil foto/video di tempat yang sempit, yang tidak bisa dilakukan jika Anda menggunakan tripod. Namun, monopod dapat digunakan secara optimal, tergantung dari tujuan penggunaannya. Kami akan menjelaskan cara memilih monopod yang tepat, yang disesuaikan dengan objek gambar yang Anda ambil.

Untuk pemotretan olahraga/sirkuit

Untuk pemotretan olahraga/sirkuit

Untuk peliputan acara olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, dan sebagainya, biasanya memakan waktu yang cukup lama sehingga Anda membutuhkan monopod yang kokoh. Seperti saat Anda mengambil gambar pertandingan sepak bola, tentunya Anda menggerakan kamera sesuai dengan arah bola. Menggunakan monopod dengan bagian kepala yang mudah diatur juga sangat direkomendasikan.

Untuk pemotretan di arena mobil balap, karena objek fotonya merupakan mobil yang bergerak sangat cepat, membuat Anda harus mengikuti arah mobil dengan menggunakan lensa tele. Walaupun tidak ada pergerakan naik turun seperti saat Anda mengambil gambar pertandingan sepak bola, tetapi dengan penggunaan lensa tele dan dalam jangka waktu yang lama, tentunya Anda membutuhkan monopod dengan stabilitas yang tinggi.

Untuk acara festival dan pertunjukan

Untuk acara festival dan pertunjukan

Untuk pemotretan acara festival dengan kondisi yang ramai, tentunya akan sedikit sulit menemukan ruang yang cukup luas untuk Anda mengambil foto. Karena pengambilan gambar dilakukan pada saat bersamaan, kami merekomendasikan monopod dengan stand type & tripod, supaya Anda leluasa mengambil gambar dengan ruang yang minim.

Untuk pemotretan angkasa dan foto hewan

Untuk pemotretan angkasa dan foto hewan

Untuk keperluan foto bandar udara atau atraksi udara, tentunya Anda akan bergerak cepat mengikuti arah pergerakan objek. Untuk itu, Anda memerlukan monopod yang memiliki bagian kepala yang fleksibel, atau monopod dengan single leg.

Untuk memotret hewan, Anda juga mengikuti pergerakan hewan tersebut, jadi monopod yang memiliki kepala untuk meletakkan kamera sungguh direkomendasikan untuk tujuan ini.

Untuk pemotretan outdoor

Untuk pemotretan outdoor

Untuk pemotretan outdoor, seperti trekking, Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan tripod sehingga Anda bisa melewatkan momen penting untuk diabadikan. Dengan menggunakan monopod, waktu persiapannya lebih cepat dibanding tripod.

Sekarang ini, ada monopod yang juga bisa Anda gunakan sebagai tongkat untuk trekking. Jika Anda melepas tutup clip-nya dan menggunakannya sebagai monopod (kaki satu), Anda bisa memakai monopod sebagai tongkat. Tak perlu lagi menyiapkan tongkat lain ataupun membawa sebuah tongkat dan sebuah monopod. Lebih praktis kan?

Sesuaikan dengan kapasitas beban

 Sesuaikan dengan kapasitas beban

Kapasitas berat ditentukan oleh single leg. Untuk aturan dasar, lebih baik memilih yang beratnya 2 x lipat dari berat kamera dengan berat lensa yang kurang dari kapasitas beban. Kalau mudah goyang atau tidak stabil, terutama saat Anda menggunakan lensa tele maka Anda harus memilih monopod lain yang mampu menahan beban lebih berat.

Ketebalan kaki monopod juga akan berpengaruh untuk keseimbangan. Pada umumnya, semakin tebal kaki maka kaki akan semakin stabil, dan Anda bisa meletakkan perlengkapan Anda yang berat dengan nyaman. Untuk ketebalan yang sesuai dengan perlengkapan Anda, Anda bisa melihat panduan berikut ini

  • Mirrorless camera dengan lensa zoom : diameter 20-25 mm
  • Lensa tele dengan panjang focal sampai 200 mm dengan kamera digital : diameter 25-30 mm
  • Kamera digital dengan panjang focal lensa lebih dari 200 mmm : diameter 30 mm atau lebih

10 Rekomendasi monopod terbaik yang juga cocok untuk selfie

Berikut ini kami akan memperkenalkan beberapa produk monopod terbaik yang bisa Anda gunakan untuk selfie. Produk-produk ini bisa menjadi referensi untuk memilih monopod yang sesuai untuk Anda.

10. Remax Proda PP-P6 Selfie Stick

10. Remax Proda PP-P6 Selfie Stick

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Adanya fitur cermin, membuat Anda bisa touch up sebentar sebelum selfie

Selfie stick yang satu ini, nampaknya lebih pas digunakan untuk Anda yang peduli dengan penampilan. Dengan tambahan cermin di tongkat, Anda bisa berkaca dulu sebelum foto-foto. Ukurannya yang mungil dengan berat yang ringan, membuat Anda mudah menyimpannya di dalam tas Anda.

Adanya fitur wired shutter, membuat Anda tidak perlu set waktu di smartphone Anda. Cukup hubungkan kabel 3,5 mm yang tersedia di tongkat ke smartphone Anda. Praktis untuk Anda yang sering selfie, apalagi warna-warninya bisa Anda pilih sesuai selera.

9. I-one Monopod

9. I-one Monopod

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.800

Bahannya yang anti karat, bisa Anda gunakan di dalam air

Monopod dari I-one ini, selain dapat digunakan untuk smartphone, kamera digital dan DSLR, dapat juga digunakan untuk action camera seperti GoPro dan Xiaomi Yi. Monopod ini dilengkapi dengan sekrup universal 1/4 inci serta pegangan yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengambil foto.

Bahannya kokoh dan kuat, tentunya tahan lama. Terbuat dari titanium yang anti karat, membuat monopod ini bisa Anda gunakan di dalam air. Untuk Anda yang memiliki hobi snorkeling atau diving, Anda bisa mencoba menggunakan monopod ini, untuk selfie di dalam air.

8. Yunteng YT-1288 Bluetooth Selfie Stick

8. Yunteng YT-1288 Bluetooth Selfie Stick

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 79.000

Adanya remote Bluetooth, membuat Anda bebas berekspresi!

Monopod ini bisa digunakan untuk smartphone, kamera digital, dan GoPro. Bahannya yang kokoh bahkan dapat menahan beban kamera DSLR Entry Level. Selain itu, adanya Bluetooth shutter yang cocok dengan iOS dan Android, akan memudahkan Anda untuk mengambil foto dari smartphone Anda.

Monopod ini bisa dikunci sesuai dengan panjang yang diinginkan. Bahan yang anti karat dengan pegangan yang berkualitas dan nyaman dipegang, membuat monopod ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang senang bepergian. Adanya lubang sekrup di bagian bawah, membuat monopod ini bisa disambungkan ke semua jenis tripod.

7. Xiaomi Bluetooth Selfie Stick

7. Xiaomi Bluetooth Selfie Stick

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 239.000

Dengan tambahan tripod, lebih stabil dalam mengabil objek foto/ video

Monopod dari Xiaomi ini juga dilengkapi dengan tripod, membuat Anda lebih leluasa dalam mengambil foto/video. Adanya tambahan tripod yang terpasang, membuat monopod ini bisa digunakan oleh Anda yang gemar membuat video.

Monopod ini juga fleksibel, bisa diputar 360 derajat, memudahkan Anda mengambil foto dari segala sudut. Selain itu, monopod ini dilengkapi juga dengan fitur Bluetooth, agar Anda tidak repot memasang timer di smartphone.  Dengan panjang sekitar 19 cm, Anda dapat menyimpan monopod ini di dalam tas.

6. Brica B-PRO5 Monopod

6. Brica B-PRO5 Monopod

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 90.000

Monopod yang ringan, kokoh dan mudah diatur

Brica B-PRO5 merupakan monopod yang kompatibel dengan action camera dan smartphone. Monopod ini mudah digunakan, ringan sehingga mudah Anda bawa bepergian. Dilengkapi pula dengan holder lipat untuk smartphone Anda.

Monopod ini dapat diatur ukurannya dengan mudah. Tinggal diputar dan tarik untuk memanjangkan atau memendekkan. Selain itu, dengan panjang maksimum 88 cm, membuat Anda lebih leluasa dalam mengambil foto. Desainnya yang kokoh menjadikan monopod ini sebagai pilihan yang tepat untuk Anda yang senang dengan kegiatan outdoor.

5. Huawei Honor AF15

5. Huawei Honor AF15

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Dilengkapi dengan Bluetooth controller yang bisa dilepas sebagai remote

Monopod dari Huawei ini dilengkapi dengan tripod untuk pengambilan foto/video yang lebih stabil, yang bisa dengan mudah Anda ubah menjadi tongkat untuk selfie dengan panjang hingga 66 cm. Monopod ini juga dilengkapi dengan Bluetooth controller yang bisa dilepas menjadi remote.

Monopod fleksibel ini bisa diputar 360 derajat, dapat disesuaikan dengan sudut pengambilan yang Anda inginkan. Dengan berat yang ringan, membuat monopod ini mudah Anda bawa saat Anda sedang travelling. Monopod ini juga terdiri dari 3 pilihan warna, yaitu hitam, putih dan juga merah muda.

4. Smatree SmaPole Y1 Monopod

4. Smatree SmaPole Y1 Monopod

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Adanya fitur WiFi, memudahkan Anda untuk mengambil foto

Monopod ini dilengkapi dengan WiFi yang memudahkan Anda untuk menghubungkannya dengan smartphone atau kamera Anda. Monopod ini juga fleksibel, bisa diputar 360 derajat secara horizontal dan 180 derajat secara vertikal. Dilengkapi juga dengan kaca kecil di sebelah atas, membuat Anda bisa menentukan posisi sebelum mengambil foto.

Dengan panjang dari 17,5 hingga 48,5 inci, Anda dapat mengambil foto secara optimal. Bahannya yang juga kokoh, dengan perawatan dan penyimpanan yang baik, membuat monopod ini bisa Anda gunakan untuk jangka waktu yang lama.

3. GoPro 3 Way 3-in-1 Mount AFAEM-001

3. GoPro 3 Way 3-in-1 Mount AFAEM-001

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 510.000

Monopod khusus untuk pengguna GoPro!

Produk yang dapat digunakan khusus oleh GoPro ini didesain sebagai grip kamera, extention arm sekaligus sebagai mini tripod. Bahannya yang juga anti air, membuat monopod ini aman Anda gunakan di segala kondisi. Tripodnya juga bisa disimpan dengan mudah di bagian handle, membuatnya lebih simpel.

Dengan bahan yang kuat dan kokoh, produk ini lebih tepat digunakan oleh Anda yang senang berpetualang. Ukuran saat dalam kondisi terlipat adalah 19 cm, mudah disimpan di dalam tas dan juga tidak repot untuk dibawa. Untuk Anda yang menggunakan kamera GoPro, tidak ada salahnya mencoba monopod ini.

2. Spigen S520 Selfie Stick

2. Spigen S520 Selfie Stick

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 562.500

Ukurannya yang kecil, bisa disimpan di saku celana Anda

Monopod ini bisa digunakan oleh Anda pengguna iOS maupun Android. Dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, memudahkan Anda untuk menghubungkan monopod ini ke smartphone kesayangan Anda. Desainnya juga sangat fleksibel, disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk mengambil foto dari berbagai sudut.

Bahannya yang ringan dan kokoh, membuat monopod ini anti slip dan juga stabil. Selain itu, monopod ini juga dengan mudahnya bisa Anda simpan di dalam tas, bahkan di saku celana Anda. Untuk Anda yang hobi selfie, monopod ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda.

1. Takara VIM-264 Video LightWeight Monopod

1. Takara VIM-264 Video LightWeight Monopod

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 340.000

Monopod untuk hasil yang menyerupai jepretan foto/video profesional

Monopod ini memiliki kaki seperti tripod, menjadikannya lebih stabil sehingga kualitas foto/video Anda akan lebih fokus dan jelas. Monopod ini cocok digunakan untuk peliputan olahraga, fotografi binatang, video dan film mikro sehingga cocok digunakan oleh Anda yang menginginkan hasil layaknya profesional.

Memiliki bahan yang anti karat dan korosi, membuat monopod ini bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, dengan panjang dari 62 cm-170 cm, tinggi/jarak monopod ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengambilan gambar Anda. Dengan alas karet yang anti slip, monopod ini lebih kokoh untuk diletakkan di segala medan.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih monopod, serta merekomendasikan 10 produk monopod terbaik yang beredar di pasaran.

Monopod dengan satu kaki untuk kamera, tanpa diragukan lagi akan sangat berguna dalam membantu Anda mengabadikan berbagai acara. Anda bisa mengabadikan berbagai foto tanpa membuat kamera bergoyang. Banyaknya tipe monopod yang ada, ukuran, harga dan fungsi yang bervariasi, tentunya membuat Anda bingung. Namun, kami harap setelah membaca penjelasan kami ini, Anda dapat menemukan monopod yang sesuai untuk Anda. Selamat berfoto!