• 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020)

Beberapa tahun belakangan, banyak orang menggunakan monopod untuk menunjang pemakaian kamera, termasuk untuk selfie. Dibandingkan tripod, monopod lebih ringkas dan mudah dibawa. Selain itu, monopod dapat membantu menahan guncangan, serta lebih trendy bagi generasi masa kini.

Saat ini, telah banyak merek monopod di pasaran, seperti Takara, Spigen, dan GoPro. Agar Anda tidak bingung, di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih monopod. Kami juga bakal  merekomendasikan produk monopod terbaik untuk keperluan outdoor, travel, event dan kegiatan lainnya. Dengan memilih monopod yang tepat, kegiatan berfoto Anda tentu akan lebih menyenangkan.
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 3.069 Views
Daftar isi

Cara memilih monopod yang juga cocok untuk selfie

Walau sepintas terlihat sama, setiap jenis monopod sebenarnya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Kami akan menjelaskan cara memilih monopod agar Anda tidak melakukan kesalahan saat hendak membelinya.

Pilih tipe yang sesuai dengan fungsinya

Monopod dapat dibagi menjadi tiga tipe utama. Setiap tipe memiliki fungsi tersendiri. Mari perhatikan secara saksama mengenai perbedaannya.

Stand type (single leg dan mini tripod) : Hasilkan gambar yang stabil meski di tempat sempit dan ramai

Kebanyakan orang berpikir bahwa monopod tidak dapat berdiri sendiri. Namun, sekarang ini banyak dijual monopod yang dikombinasikan dengan tripod berukuran kecil. Keunggulan utama dari stand type adalah Anda dapat mendirikannya di tempat yang sempit. Anda bisa membawanya saat meliput kegiatan olahraga, festival, atau acara lain yang berlangsung di tempat yang ramai. Selain itu, monopod tipe ini ringan dan mudah dibawa. Ini merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh tripod.

Ada juga monopod tipe ini yang bisa digunakan sebagai tongkat untuk mendaki. Mengenai bagian tripodnya, beberapa produk tampak sama seperti tripod biasa (dapat digunakan sebagai tripod untuk kamera profesional). Namun, beberapa produk lainnya sama sekali berbeda dengan tripod biasa. Metode penyimpanannya pun berbeda. Ada yang disimpan dalam kondisi tripodnya masih terpasang, ada juga yang mengharuskan Anda melepas tripodnya terlebih dahulu.

Single leg type : Fleksibel dan mudah diatur

Single leg type : Fleksibel dan mudah diatur
Seperti tripod, single leg type monopod memiliki tipe penguncian hingga 4-5 tahap. Bobotnya relatif ringan, sekitar 200 gr sampai 400 gr sehingga mudah dibawa. Panjang maksimal monopod tipe ini juga bervariasi antara 130 cm sampai 170 cm. Dengan begitu, Anda dapat memilih yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan penggunanya. 

Single leg type monopod banyak yang dilengkapi dengan bagian kepala yang fleksibel. Jadi, Anda tidak hanya bisa menyesuaikan sudut foto, tetapi juga bisa mengatur posisi foto secara vertikal. Karena mudah diatur, tipe monopod ini paling bagus digunakan untuk sesi foto seseorang atau sekelompok orang. Sebagai tambahan, bagian kaki monopod ini (bagian yang menyentuh lantai) dapat diganti sesuai penggunaan. Contohnya, Anda bisa menggunakan bahan kaki karet untuk di dalam ruangan dan bahan logam untuk di luar ruangan.

Selfie stick type : Untuk Anda yang gemar selfie

Selfie stick type : Untuk Anda yang gemar selfie
Self stick type biasanya digunakan oleh Anda yang suka melakukan selfie. Meski terlihat sederhana, ada beberapa produk dengan tipe ini yang memiliki kualitas seperti monopod. Hal yang membedakan tipe ini dengan monopod lainnya adalah keringkasan dan kemudahannya untuk digunakan. Hanya dengan sekali sentuhan, Anda bisa mengatur panjang dari self stick type monopod. Alhasil, Anda jadi lebih mudah mengambil foto saat sedang solo travelling.

Ada juga beberapa produk yang bagian kepalanya dapat diatur. Hal tersebut akan mempermudah Anda dalam mengatur posisi pengambilan foto. Lebih lanjut, ada self stick type yang di bagian belakangnya terdapat lubang sekrup untuk dihubungkan ke tripod. Selain itu, banyak monopod tipe ini yang dirancang dengan banyak fungsi.

Pilih sesuai dengan tujuan penggunaan

Monopod menguntungkan Anda saat mengambil foto atau video di tempat yang sempit. Hal ini tidak bisa dilakukan bila Anda menggunakan tripod. Namun, agar dapat dipakai secara optimal, Anda harus memperhatikan tujuan penggunaannya. Berikutnya, kami akan menjelaskan cara memilih monopod yang sesuai dengan objek fotonya.

Untuk pemotretan olahraga atau balap mobil, pilih monopod yang kokoh

Untuk pemotretan olahraga atau balap mobil, pilih monopod yang kokoh

Peliputan acara olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan sebagainya, biasanya memakan waktu cukup lama. Untuk itu, Anda membutuhkan monopod yang kokoh dan stabil. Sebagai contoh, saat Anda meliput pertandingan sepak bola, Anda akan menggerakkan kamera sesuai dengan arah bola. Dalam keadaan seperti itu, diperlukan monopod yang stabil, tetapi bagian kepalanya mudah diatur.


Sementara itu, bila Anda meliput di arena balap mobil, Anda akan menghadapi objek yang pergerakannya sangat cepat. Anda mungkin akan mengambil foto dengan melakukan bidikan panning. Meski tidak ada pergerakan naik turun, tetapi Anda akan melakukannya dalam waktu yang lama. Agar hasilnya baik, Anda sebaiknya memakai monopod dengan stabilitas yang tinggi.

Untuk acara festival dan pertunjukan, pilih stand type monopod

Untuk acara festival dan pertunjukan, pilih stand type monopod

Pada saat meliput acara festival dan pertunjukan, biasanya ruang gerak Anda agak terbatas. Selain itu, Anda mungkin harus mengambil foto dan video dalam waktu bersamaan sehingga dibutuhkan lebih dari satu kamera. Untuk mengatasinya, kami menyarankan Anda menggunakan stand type monopod. Dengan begitu, Anda bisa leluasa mengambil gambar dalam ruangan yang minim.

Untuk memotret angkasa dan hewan, pilih monopod yang mendukung mobilitas tinggi

Untuk memotret angkasa dan hewan, pilih monopod yang mendukung mobilitas tinggi
Saat memotret bandar udara atau atraksi udara, tentu Anda harus bergerak cepat mengikuti arah pergerakan objek. Untuk itu, Anda membutuhkan monopod yang dapat mendukung pergerakan Anda. Anda bisa menggunakan single leg type monopod atau monopod yang bagian kepalanya dapat bergerak fleksibel.

Untuk memotret hewan, Anda juga harus mengikuti pergerakan hewan tersebut. Agar tidak merepotkan, gunakan monopod yang bagian kepalanya kompatibel dengan kamera profesional.

Untuk pemotretan saat trekking, pilih monopod yang bisa difungsikan sebagai trekking pole

Untuk pemotretan saat trekking, pilih monopod yang bisa difungsikan sebagai trekking pole

Ketika Anda hendak memotret kegiatan trekking, Anda pasti tak ingin melewatkan setiap momen penting. Jika Anda menggunakan tripod, Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk memasangnya. Karena itu, akan lebih mudah bila Anda memakai monopod.


Tak hanya itu, beberapa produk monopod juga bisa dimanfaatkan sebagai trekking pole. Anda hanya perlu melepas penutup pegangannya, lalu menggunakannya sebagai trekking pole. Lebih praktis, bukan? Anda tak perlu lagi membawa trekking pole.

Pilih berdasarkan kapasitas beban

Pilih berdasarkan kapasitas beban
Setiap produk monopod memiliki kapasitas beban maksimum. Idealnya, Anda memilih monopod yang kapasitas bebannya lebih tinggi daripada 2 kali bobot kamera plus lensa. Mari kita umpamakan bobot kamera adalah A, lalu bobot lensa adalah B. Monopod Anda harus memiliki kapasitas beban yang melebihi 2 x (A + B). Jika tidak, monopod akan mudah goyang, terutama saat menggunakan lensa tele. Jadi, pilihlah yang kapasitas bebannya cukup tinggi.

Ketebalan kaki monopod juga akan berpengaruh pada stabilitasnya. Pada umumnya, makin tebal kakinya, makin stabil pula monopodnya. Dengan begitu Anda bisa meletakkan perlengkapan foto yang berat dengan nyaman. Di bawah ini, kami akan memberi panduan dalam menentukan ketebalan kaki monopod yang pas.


  • Mirrorless camera dengan lensa zoom : diameter 20-25 mm
  • Digital single-lens reflex camera dengan lensa tele yang mampu zoom hingga 200 mm : diameter 25-30 mm
  • Digital single-lens reflex camera yang lensanya memiliki focal length lebih dari 200 mm : diameter 30 mm atau lebih

10 Rekomendasi monopod terbaik yang juga cocok untuk selfie

Berikutnya, kami akan memperkenalkan beberapa produk monopod terbaik yang bisa Anda gunakan untuk selfie. Pilihlah monopod yang paling sesuai untuk Anda!
10

SpigenSelfie Stick Battery Free Wired

S530

Rp 225.000,00

TipeSelfie stick type
Objek fotoSelfie
Berat113 gr
Tinggi minimal-maksimal18-78 cm
Kapasitas bebanTidak disebutkan
MaterialAluminium, plastik
9
TipeSelfie stick type
Objek fotoSelfie
Berat104 gr
Tinggi minimal-maksimal13,5-67 cm
Kapasitas bebanTidak disebutkan
MaterialStainless steel, ABS
8
TipeSingle leg type
Objek fotoSelfie, outdoor
Berat450 gr
Tinggi minimal-maksimal42,5-125 cm
Kapasitas beban1000 gr
MaterialAluminium
7
TipeSelifie stick type
Objek fotoSelfie, panorama, outdoor
Berat135 gr
Tinggi minimal-maksimal23,5-88 cm
Kapasitas beban500 gr
MaterialTidak disebutkan
6
TipeSingle leg type
Objek fotoSelfie, outdoor, panorama
Berat370 gr
Tinggi minimal-maksimal45-165 cm
Kapasitas beban5000 gr
MaterialAluminium alloy
5

XiaomiMi Selfie Stick Tripod (with Bluetooth remote)

Rp 159.000,00

TipeStand type
Objek fotoSelfie, festival
Berat155 gr
Tinggi minimal-maksimal19-51 cm
Kapasitas bebanTidak disebutkan
MaterialAluminium alloy
4
TipeStand type
Objek fotoSelfie, panorama
Berat212 gr
Tinggi minimal-maksimal19-50,8 cm
Kapasitas bebanTidak disebutkan
MaterialTidak disebutkan
3
TipeStand type
Objek fotoSelfie, olahraga, festival, panorama
Berat163 gr
Tinggi minimal-maksimal18,6-66 cm
Kapasitas bebanTidak disebutkan
MaterialAluminium alloy
2
TipeSingle leg type
Objek fotoSelfie, panorama, outdoor
Berat272 gr
Tinggi minimal-maksimal44-123 cm
Kapasitas beban220 gr
MaterialTidak disebutkan
1
TipeStand type
Objek fotoOlahraga, festival, panorama, hewan
Berat1000 gr
Tinggi minimal-maksimal62-170 cm
Kapasitas beban4000 gr
MaterialAluminium

Tabel perbandingan produk monopod terbaik yang juga cocok untuk selfie

Gambar produk
1
Takara  LightWeight Monopod 1

Takara

2
Smatree SmaPole Telescopic Pole 1

Smatree

3
Huawei Travel Tripod (Wireless) 1

Huawei

4
GoPro  3-Way Grip/Arm/Tripod 1

GoPro

5
Xiaomi Mi Selfie Stick Tripod (with Bluetooth remote) 1

Xiaomi

6
Manbily Carbon Fiber Tripod 1

Manbily

7
Brica B-PRO5 Monopod 1

Brica

8
Yunteng Bluetooth Monopod 1

Yunteng

9
Remax Proda Mini Wired Selfstick 1

Remax Proda

10
Spigen Selfie Stick Battery Free Wired 1

Spigen

Nama produk

LightWeight Monopod

SmaPole Telescopic Pole

Travel Tripod (Wireless)

3-Way Grip/Arm/Tripod

Mi Selfie Stick Tripod (with Bluetooth remote)

Carbon Fiber Tripod

B-PRO5 Monopod

Bluetooth Monopod

Mini Wired Selfstick

Selfie Stick Battery Free Wired

Keunggulan

Menghasilkan jepretan foto atau video yang menyerupai profesional

Pegangan sesuai ruas genggaman tangan. Sangat nyaman untuk digenggam!

Foto liburan Anda tak akan pernah gagal

Mengabadikan gambar di dalam air? Bukan masalah!

Tangkap momen indah bersama si kecil

Satu monopod untuk segala jenis kamera

Mudah diatur panjang-pendeknya

Dilengkapi remote bluetooth, membuat Anda bebas berekspresi!

Pilihan warna-warna cantik untuk kepribadian Anda yang unik

Begitu ringkas dan ringan!

HargaRp 330.000,00Rp 199.000,00Rp 350.000,00Rp 950.000,00Rp 159.000,00Rp 325.000,00Rp 89.000,00Rp 42.900,00Rp 49.000,00Rp 225.000,00
TipeStand typeSingle leg typeStand typeStand typeStand typeSingle leg typeSelifie stick typeSingle leg typeSelfie stick typeSelfie stick type
Objek fotoOlahraga, festival, panorama, hewanSelfie, panorama, outdoorSelfie, olahraga, festival, panoramaSelfie, panoramaSelfie, festivalSelfie, outdoor, panoramaSelfie, panorama, outdoorSelfie, outdoorSelfieSelfie
Berat1000 gr272 gr163 gr212 gr155 gr370 gr135 gr450 gr104 gr113 gr
Tinggi minimal-maksimal62-170 cm44-123 cm18,6-66 cm19-50,8 cm19-51 cm45-165 cm23,5-88 cm42,5-125 cm13,5-67 cm18-78 cm
Kapasitas beban4000 gr220 grTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan5000 gr500 gr1000 grTidak disebutkanTidak disebutkan
MaterialAluminiumTidak disebutkanAluminium alloyTidak disebutkanAluminium alloyAluminium alloyTidak disebutkanAluminiumStainless steel, ABSAluminium, plastik
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tripod lainnya di sini

Bila artikel monopod yang kami sampaikan kurang menjawab kebutuhan Anda, mungkin Anda membutuhkan tripod. Kami memiliki artikel lain yang membahas lebih dalam mengenai tripod. Silakan Anda baca pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Monopod, tanpa diragukan lagi, akan sangat berguna untuk membantu Anda mengabadikan berbagai momen. Dalam berbagai acara, Anda bisa mengambil banyak foto tanpa khawatir kamera akan bergoyang. Namun, agar Anda mendapat hasil optimal, pilihlah tipe dan ukuran yang sesuai kebutuhan Anda.


Kami harap, setelah membaca artikel ini, Anda dapat menemukan monopod yang sesuai untuk Anda. Selamat memilih dan memotret!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Produsen seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual banyak tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera terbaik dan juga cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula maupun profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
    7.054 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tripod merupakan alat yang berfungsi untuk menyangga dan mengatur posisi kamera. Tripod juga dapat membantu Anda memotret dengan komposisi yang lebih stabil. Walaupun bentuknya terlihat sama, terdapat perbedaan dari segi tinggi kaki, material, kapasitas, pan head, dan lainnya. Pemilihan tripod juga tergantung pada tipe kamera, baik DSLR, mirrorless, maupun kamera video.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih tripod serta memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Produk dari BEIKE, Attanta, dan Manfrotto bisa menjadi pilihan untuk Anda. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!
    Aksesori kamera
    47.332 Views
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran umumnya sudah dilengkapi dengan flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang cukup terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini mungkin sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan flash kamera eksternal yang tepat. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk yang populer seperti keluaran Canon dan Sony. Dapatkan pencahayaan maksimal dalam tiap sesi pemotretan!
    Aksesori kamera
    8.932 Views
  • 10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    Agar kamera tetap dalam kondisi terbaik, Anda perlu membersihkannya dengan cermat. Jika Anda langsung mengelap lensa kamera saat ada debu yang menempel, hal ini justru berisiko membuat lensa tergores. Nah, Anda bisa menggunakan blower untuk membersihkan debu dari lensa.Saat ini terdapat berbagai jenis blower sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan beberapa poin mengenai cara memilih blower kamera. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk dari merek seperti JJC, Kingjoy, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
    994 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kehadiran tripod mini sangat membantu para pencinta fotografi karena portabilitas dan kenyamanannya untuk traveling atau kegiatan outdoor. Tripod mini juga populer bagi mereka yang aktif di media sosial. Kegiatan memotret aneka barang atau hidangan di atas meja akan lebih mudah dan stabil.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih tripod mini. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk yang layak dipertimbangkan dari berbagai merek, seperti Joby, Manfrotto, dan Sony. Temukan tripod mini yang cocok untuk Anda agar perjalanan dan kegiatan fotografi terasa lebih menyenangkan!
    Aksesori kamera
    4.370 Views
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, SD card menjadi perlengkapan yang dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan. Biasanya, SD card digunakan pada kamera digital atau DSLR. Namun, SD card juga bisa digunakan di ponsel maupun PC untuk menyimpan data.Ada banyak jenis SD card dengan berbagai merek dan kriteria yang tersedia di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas cara memilih SD card untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan produk yang direkomendasikan, seperti Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama setiap poin dan temukan SD card yang tepat untuk Anda. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
    65.571 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Strap atau tali kamera diperlukan saat sedang memotret untuk mencegah kamera jatuh dari pegangan Anda. Ada strap berukuran panjang untuk dipasang di leher, ada juga jenis hand strap yang digunakan di tangan. Akhir-akhir ini, muncul desain cantik untuk hand strap kamera dari berbagai merek seperti Canon, Nikon, atau TFG.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan hand strap kamera terbaik untuk membantu Anda saat memotret. Namun sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih hand strap. 
    Aksesori kamera
    1.626 Views
  • 10 Rekomendasi Camera Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Camera Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Camera grip merupakan item yang berguna dalam fotografi. Item tersebut berperan untuk menstabilkan gambar saat snapshot, video, dan selfie. Namun, karena jenisnya yang beragam seperti jenis strap dan hand grip, Anda pun pasti akan bingung saat memilihnya. Ditambah lagi, setiap brand memiliki keunikannya masing-masing. Kali ini, kami akan memberitahu Anda cara memilih camera grip. Kami juga akan memberikan rekomendasi camera grip dari berbagai produsen seperti Sony, GoPro, Canon, dan Joby. Nah, baca artikel kami sampai habis dan temukan camera grip favorit Anda!
    Aksesori kamera
    498 Views
  • 10 Rekomendasi Mic Terbaik untuk Kamera DSLR (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mic Terbaik untuk Kamera DSLR (Terbaru Tahun 2020)
    Bermula dari handycam, kini orang mulai beralih pada kamera DSLR atau mirrorless untuk merekam video. Kualitas gambar yang lebih mumpuni menjadi alasan mengapa orang mulai beralih pilihan. Sayangnya, kualitas audio dari mikrofon internal kamera DSLR kurang bagus.Penggunaan mikrofon eksternal akan membantu Anda mendapatkan hasil rekaman suara yang baik. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi produk mikrofon terbaik untuk DSLR beserta cara memilihnya di artikel ini. Mulai dari Audio-Technica, Sennheiser, hingga Røde, Anda bisa memilih brand yang sesuai dengan kebutuhan.
    Aksesori kamera
    5.675 Views
  • 10 Rekomendasi Shutter Release / Remote Kontrol Terbaik untuk Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shutter Release / Remote Kontrol Terbaik untuk Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    Shutter release sangat berguna ketika Anda ingin mengambil gambar dari jarak jauh. Beberapa produsen seperti Canon, Nikon, dan Yongnuo juga menjual alat ini. Selain tipe kabel dan wireless, model kamera yang kompatibel serta tipe konektor juga perlu diperhatikan. Apakah Anda sudah tahu tipe yang akan dipilih?Kami akan menjelaskan cara memilih dan memperkenalkan produk shutter release yang populer. Shutter release dapat Anda gunakan untuk mengambil foto resmi dengan tripod, kembang api, pemandangan malam, dan lainnya. Pilih release yang mudah digunakan dan dapatkan hasil foto yang bagus!
    Aksesori kamera
    248 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada era seperti sekarang, microSD sudah menjadi barang yang harus dimiliki. Hal ini karena microSD mempunyai banyak kegunaan, seperti dapat menimpan banyak file hingga membantu proses loading. Namun, masih banyak yang tidak dapat memilih microSD yang sesuai. Belum lagi, ada istilah-istilah dari microSD yang membingungkan bagi orang awam.Jadi, kali ini kami akan mengulas bagaimana memilih microSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Samsung, Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu lagi.
    Aksesori kamera
    57.163 Views
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, SD card menjadi perlengkapan yang dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan. Biasanya, SD card digunakan pada kamera digital atau DSLR. Namun, SD card juga bisa digunakan di ponsel maupun PC untuk menyimpan data.Ada banyak jenis SD card dengan berbagai merek dan kriteria yang tersedia di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas cara memilih SD card untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan produk yang direkomendasikan, seperti Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama setiap poin dan temukan SD card yang tepat untuk Anda. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
    65.571 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tripod merupakan alat yang berfungsi untuk menyangga dan mengatur posisi kamera. Tripod juga dapat membantu Anda memotret dengan komposisi yang lebih stabil. Walaupun bentuknya terlihat sama, terdapat perbedaan dari segi tinggi kaki, material, kapasitas, pan head, dan lainnya. Pemilihan tripod juga tergantung pada tipe kamera, baik DSLR, mirrorless, maupun kamera video.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih tripod serta memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Produk dari BEIKE, Attanta, dan Manfrotto bisa menjadi pilihan untuk Anda. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!
    Aksesori kamera
    47.332 Views
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran umumnya sudah dilengkapi dengan flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang cukup terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini mungkin sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan flash kamera eksternal yang tepat. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk yang populer seperti keluaran Canon dan Sony. Dapatkan pencahayaan maksimal dalam tiap sesi pemotretan!
    Aksesori kamera
    8.932 Views
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Camera stabilizer merupakan penyeimbang dan peredam goyangan pada kamera saat ada pergerakan ketika kita mengambil video. Tidak hanya digunakan oleh fotografer profesional, stabilizer juga populer di kalangan penikmat hobi videografi. Dengan menggunakan stabilizer, Anda bisa mengambil video dengan mulus tanpa risiko blur.Jenis camera stabilizer sangat bervariasi tergantung pada bentuk dan fungsinya. Bahkan sekarang sudah ada stabilizer untuk smartphone! Kali ini kami akan merekomendasikan camera stabilizer dengan pertimbangan beberapa poin penting dalam memilih produk terbaik. Temukanlah camera stabilizer yang paling tepat untuk Anda!
    Aksesori kamera
    21.712 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Produsen seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual banyak tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera terbaik dan juga cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula maupun profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
    7.054 Views
  • 10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    Agar kamera tetap dalam kondisi terbaik, Anda perlu membersihkannya dengan cermat. Jika Anda langsung mengelap lensa kamera saat ada debu yang menempel, hal ini justru berisiko membuat lensa tergores. Nah, Anda bisa menggunakan blower untuk membersihkan debu dari lensa.Saat ini terdapat berbagai jenis blower sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan beberapa poin mengenai cara memilih blower kamera. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk dari merek seperti JJC, Kingjoy, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
    994 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori