1. TOP
  2. Kamera
  3. Aksesori kamera
  4. 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2023)

Beberapa tahun belakangan, banyak orang menggunakan monopod untuk menunjang pemakaian kamera, termasuk untuk selfie. Dibandingkan tripod, monopod lebih ringkas dan mudah dibawa. Selain itu, monopod dapat membantu menahan guncangan serta lebih trendi bagi generasi masa kini.

Saat ini ada banyak merek monopod di pasaran, seperti Brica, Sirui, dan GoPro. Agar Anda tidak bingung, di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih monopod yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk monopod terbaik untuk keperluan outdoor, travel, dan kegiatan lainnya. Dengan memilih monopod yang tepat, kegiatan berfoto tentu akan lebih menyenangkan.
Diperbaharui 11-29-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa yang dimaksud dengan monopod?

Apa yang dimaksud dengan monopod?

Baik tripod maupun monopod adalah aksesori yang dibuat untuk membantu proses pemotretan. Namun, kelebihan monopod yang paling menonjol adalah kepraktisannya. Berikut perbedaan tripod dan monopod lebih detail:


  • Perbedaan utama tripod dan monopod terletak pada jumlah kakinya. Tripod menggunakan tiga kaki, sedangkan monopod hanya mempunyai satu kaki (single leg). Karena itu, monopod sering disebut juga sebagai unipod.
  • Monopod memerlukan sedikit ruang daripada tripod yang memiliki tiga kaki. Hal ini membuat monopod ideal digunakan di tempat sempit.
  • Penyetelan dan penyiapan monopod terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Jika menggunakan tripod, Anda harus menyetel tiga kaki dan menyeimbangkan panjangnya. Sementara itu, jika Anda menggunakan monopod, Anda cukup mengatur satu kaki saja.

Beberapa monopod memiliki bentuk ringkas dan bobot ringan untuk keperluan spesifik, contohnya tipe selfie stick. Selfie stick atau tongsis merupakan inovasi dari monopod yang dibuat khusus untuk smartphone atau kamera berukuran kecil. Beberapa produknya bahkan dilengkapi dengan remote Bluetooth shutter untuk kemudahan pengambilan foto.

Cara memilih monopod yang juga cocok untuk selfie

Walau sepintas terlihat sama, setiap tipe monopod sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Kami akan menjelaskan cara memilih monopod agar Anda tidak melakukan kesalahan saat hendak membelinya.

① Pilih berdasarkan tipe

Monopod dapat dibagi menjadi tiga tipe utama. Setiap tipe memiliki fungsi tersendiri. Mari perhatikan secara saksama mengenai perbedaannya.

Stand type (single leg dan mini tripod): Hasilkan gambar yang stabil meski di tempat sempit dan ramai

Stand type (single leg dan mini tripod): Hasilkan gambar yang stabil meski di tempat sempit dan ramai
Kebanyakan orang berpikir bahwa monopod tidak dapat berdiri sendiri. Namun, sekarang ini banyak dijual monopod yang dikombinasikan dengan tripod berukuran kecil. Keunggulan utama dari stand type adalah Anda dapat mendirikannya di tempat yang sempit.

Anda bisa membawa monopod tipe ini saat meliput kegiatan olahraga, festival, atau acara lain yang berlangsung di tempat yang ramai. Selain itu, monopod tipe stand type juga ringan dan mudah dibawa. Monopod tipe ini bahkan ada yang bisa digunakan sebagai tongkat untuk mendaki.


Mengenai bagian tripodnya, beberapa produk tampak sama seperti tripod biasa (dapat digunakan sebagai tripod untuk kamera profesional). Namun, beberapa produk lainnya sama sekali berbeda dengan tripod biasa. Metode penyimpanannya pun berbeda.


Selain itu, saat ini juga ada monopod stand type yang bisa dijadikan tongsis. Umumnya, monopod seperti ini dilengkapi dengan holder untuk HP dan kaki yang bisa dijadikan pegangan. Kaki atau tripod kecil ini dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan Anda.

Single leg type: Fleksibel dan mudah diatur

Single leg type: Fleksibel dan mudah diatur
Seperti tripod, single leg type monopod memiliki tipe penguncian hingga 4–5 tahap. Panjang maksimal monopod tipe ini juga bervariasi antara 158–183 cm. Dengan begitu, Anda dapat memilih yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan penggunanya.


Single leg type monopod banyak yang dilengkapi dengan bagian kepala yang fleksibel. Jadi, Anda tidak hanya bisa menyesuaikan sudut foto, tetapi juga mengatur posisi foto secara vertikal. Karena mudah diatur, tipe monopod ini paling bagus digunakan untuk sesi foto seseorang atau sekelompok orang.


Sebagai tambahan, bagian kaki monopod ini (bagian yang menyentuh lantai) dapat diganti sesuai penggunaan. Contohnya, Anda bisa menggunakan bahan kaki karet untuk di dalam ruangan dan bahan logam untuk di luar ruangan.

Selfie stick type: Untuk Anda yang gemar selfie

Selfie stick type: Untuk Anda yang gemar selfie
Selfie stick type biasanya digunakan oleh Anda yang suka melakukan selfie. Meski terlihat sederhana, ada beberapa produk dengan tipe ini yang memiliki kualitas seperti monopod. Hal yang membedakan tipe ini dengan monopod lainnya adalah keringkasan dan kemudahannya untuk digunakan.

Hanya dengan sekali sentuhan, Anda bisa mengatur panjang dari selfie stick type monopod. Alhasil, Anda jadi lebih mudah mengambil foto saat sedang solo travelling. Bagian kepala selfie stick type juga ada yang dapat diatur. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengatur posisi pengambilan foto.


Saat ini, ada beberapa produk tipe ini yang dilengkapi dengan lubang sekrup di bagian bawah. Fungsinya yaitu untuk menggabungkan selfie stick type dengan kaki tripod. Selain itu, banyak monopod tipe ini yang dirancang dengan banyak fungsi.


Jika Anda masih penasaran dengan selfie stick type, Anda bisa mengunjungi link di bawah ini!

② Sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Monopod menguntungkan Anda saat mengambil foto atau video di tempat yang sempit. Hal ini tidak bisa dilakukan bila Anda menggunakan tripod. Namun, agar dapat dipakai secara optimal, Anda harus memperhatikan tujuan penggunaannya.

Monopod yang kokoh, untuk pemotretan olahraga atau balap mobil

Monopod yang kokoh, untuk pemotretan olahraga atau balap mobil

Peliputan acara olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan sebagainya, biasanya memakan waktu cukup lama. Untuk itu, Anda membutuhkan monopod yang kokoh dan stabil. Sebagai contoh, saat Anda meliput pertandingan sepak bola, Anda akan menggerakkan kamera sesuai dengan arah bola. Dalam keadaan seperti itu, diperlukan monopod yang stabil, tetapi bagian kepalanya mudah diatur.


Sementara itu, saat meliput di arena balap mobil, Anda akan menghadapi objek yang pergerakannya sangat cepat. Anda mungkin akan mengambil foto dengan melakukan bidikan panning. Meski tidak ada pergerakan naik turun, Anda akan melakukannya dalam waktu yang lama. Agar hasilnya baik, Anda sebaiknya memakai monopod dengan stabilitas yang tinggi.

Stand type monopod, cocok untuk acara festival dan pertunjukan

Stand type monopod, cocok untuk acara festival dan pertunjukan

Pada saat meliput acara festival dan pertunjukan, biasanya ruang gerak Anda terbatas. Selain itu, Anda mungkin harus mengambil foto dan video dalam waktu bersamaan sehingga dibutuhkan lebih dari satu kamera. Untuk mengatasinya, kami menyarankan Anda menggunakan stand type monopod. Dengan begitu, Anda bisa leluasa mengambil gambar dalam ruangan yang minim.


Stand type monopod juga dapat Anda gunakan untuk membuat video review, video tips makeup, dan semacamnya. Pasalnya, monopod tipe ini dapat berdiri sendiri sehingga Anda dapat membuat video tanpa perlu memegang kamera.

Monopod yang mendukung mobilitas tinggi, untuk memotret angkasa dan hewan

Monopod yang mendukung mobilitas tinggi, untuk memotret angkasa dan hewan
Saat memotret bandara atau atraksi udara, tentu Anda harus bergerak cepat mengikuti arah pergerakan objek. Untuk itu, Anda membutuhkan monopod yang dapat mendukung pergerakan Anda. Anda bisa menggunakan single leg type monopod atau monopod yang bagian kepalanya dapat bergerak fleksibel.

Untuk memotret hewan, Anda juga harus mengikuti pergerakan hewan tersebut. Agar tidak merepotkan, gunakan monopod yang bagian kepalanya kompatibel dengan kamera profesional.

Monopod yang bisa difungsikan sebagai trekking pole, untuk pemotretan saat trekking

Monopod yang bisa difungsikan sebagai trekking pole, untuk pemotretan saat trekking

Ketika Anda hendak memotret kegiatan trekking, Anda pasti tidak ingin melewatkan setiap momen penting. Jika Anda menggunakan tripod, Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk memasangnya. Karena itu, akan lebih mudah jika Anda memakai monopod.


Tidak hanya itu, beberapa produk monopod juga bisa dimanfaatkan sebagai trekking pole. Anda hanya perlu melepas penutup pegangannya, lalu menggunakannya sebagai trekking pole. Lebih praktis, bukan? Anda pun tidak perlu lagi membawa trekking pole.

③ Cek kapasitas bebannya

Cek kapasitas bebannya
Setiap produk monopod memiliki kapasitas beban maksimum. Idealnya, pilih monopod yang kapasitas bebannya lebih tinggi daripada dua kali bobot kamera plus lensa.

Mari umpamakan bobot kamera adalah A, lalu bobot lensa adalah B. Monopod Anda harus memiliki kapasitas beban yang melebihi 2 x (A + B). Jika tidak, monopod akan mudah goyang, terutama saat menggunakan lensa tele. Jadi, pilihlah yang kapasitas bebannya cukup tinggi.


Ketebalan kaki monopod juga akan berpengaruh pada stabilitasnya. Makin tebal kakinya, makin stabil pula monopodnya. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan perlengkapan foto yang berat dengan nyaman. Di bawah ini, kami akan memberi panduan dalam menentukan ketebalan kaki monopod yang pas.


  • Mirrorless camera dengan lensa zoom: Diameter 20–25 mm
  • Digital single-lens reflex camera dengan lensa tele yang mampu zoom hingga 200 mm: Diameter 25–30 mm
  • Digital single-lens reflex camera yang lensanya memiliki focal length lebih dari 200 mm: Diameter 30 mm atau lebih

10 Rekomendasi monopod terbaik yang juga cocok untuk selfie

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk monopod terbaik yang juga cocok untuk selfie yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Brica

B-Steady Q

Brica B-Steady Q 1枚目

Monopod dengan stabilizer, pilihan terbaik untuk nge-vlog

2

Yunteng

Bluetooth Monopod

Yunteng Bluetooth Monopod 1枚目

Dilengkapi remote Bluetooth untuk membuat Anda bebas berekspresi

3

Bestool

Q10S Tongsis Bluetooth with Fill Light Tripod

Bestool Q10S Tongsis Bluetooth with Fill Light Tripod 1枚目

Ringkas dan ringan! Bisa dimasukkan ke dalam kantong celana

4

Beike

Tripod Monopod Q999H

Beike Tripod Monopod Q999H 1枚目

Monopod 3-in-1 yang dapat dijadikan flat lay dan tripod

5

Excell

Mono 8

Excell Mono 8 1枚目

Hasilkan foto panorama sempurna dengan panoramic ball head

6

Sirui

3T-35 Table Top/Handheld Video Tripod with Ball Head

Sirui 3T-35 Table Top/Handheld Video Tripod with Ball Head 1枚目

Monopod meja untuk para live streamer dan YouTuber

7

Takara

Fluid Head Video Monopod

Takara Fluid Head Video Monopod 1枚目

Rekam video cinematic dengan fluid head monopod

8

GoPro

El Grande

GoPro El Grande 1枚目

Mengabadikan gambar di dalam air? Bukan masalah!

9

Moza

Telescopic Monopod

Moza Telescopic Monopod 1枚目

Menghasilkan jepretan foto dan video yang menyerupai profesional

10

Benro

MSDPL46C SupaDupa Monopod

Benro MSDPL46C SupaDupa Monopod 1枚目

Taklukkan alam liar bersama monopod ini

Perincian produk
Close
No.1

Monopod dengan stabilizer, pilihan terbaik untuk nge-vlog

Kelebihan:

  • Memiliki gimbal stabilizer yang dapat menghasilkan video yang stabil dan halus
  • Dilengkapi fitur Easy Tracking untuk pelacakan objek secara otomatis

Kekurangan:

  • Tinggi maksimal hanya 30 cm
  • Hanya kompatibel dengan smartphone, tidak dapat digunakan dengan kamera profesional

Brica B-Steady Q cocok untuk Anda yang sering membuat vlog karena dilengkapi dengan gimbal stabilizer di bagian kepala. Gimbal tersebut dapat mengurangi guncangan dan getaran saat perekaman video. Jadi, hasil rekaman video menjadi lebih stabil dan halus.


Selain itu, terdapat juga fitur Easy Tracking untuk kemudahan perekaman. Dengan fitur tersebut, Anda dapat menargetkan objek dalam video dan mengarahkan kamera ke objek secara otomatis.

No.2

YuntengBluetooth MonopodYT-1288

Mulai dari Rp44.000,00

Dilengkapi remote Bluetooth untuk membuat Anda bebas berekspresi

Kelebihan:

  • Terdapat cermin yang memudahkan pengambilan foto selfie
  • Dilengkapi remote Bluetooth shutter untuk pengambilan foto jarak jauh
  • Kompatibel dengan smartphone dan kamera

Kekurangan:

  • Holder bawaan mempunyai pegas yang terlalu kuat untuk dipasangkan pada smartphone

Jika Anda sering mengabadikan kegiatan sehari-hari, tidak ada salahnya mencoba monopod yang satu ini. Anda bisa dengan mudah mengganti berbagai perangkat di bagian kepalanya. Produk ini juga dilengkapi Bluetooth shutter yang cocok dengan iOS dan Android. Hal tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk mengambil foto dari smartphone.

No.3

BestoolQ10S Tongsis Bluetooth with Fill Light Tripod

Mulai dari Rp325.000,00

Ringkas dan ringan! Bisa dimasukkan ke dalam kantong celana

Kelebihan:

  • Desainnya ringkas, ringan, dan mudah dibawa ke mana saja
  • Memiliki lampu LED untuk penerangan tambahan

Kekurangan:

  • Holder HP terbuat dari plastik

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, monopod ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini memiliki ukuran yang cukup mungil serta bobot yang ringan sehingga tidak akan membebani Anda, hanya 130 gram! Berkat dimensinya yang kecil pula, Anda bahkan bisa memasukkannya ke dalam kantong celana. Di samping itu, monopod ini juga dilengkapi lampu LED yang dapat dilepas dengan tiga tingkat kecerahan.

No.4

BeikeTripod Monopod Q999H

Mulai dari Rp999.000,00

Monopod 3-in-1 yang dapat dijadikan flat lay dan tripod

Kelebihan:

  • 3-in-1 mode dalam satu produk

Kekurangan:

  • Bobot relatif berat dan bentuknya kurang portabel dibandingkan monopod lain
  • Cenderung kurang praktis karena harus bongkar pasang ketika mengganti mode

Apakah Anda seorang content creator atau reviewer yang sering membuat beragam konten? Jika iya, monopod ini cocok untuk Anda. Beike Tripod Monopod Q999H dapat memaksimalkan pembuatan content Anda dengan mudah.


Produk ini merupakan 3-in-1 monopod yang dapat dijadikan flat lay horizontal dan tripod sekaligus. Jadi, Anda dapat membuat berbagai konten, seperti review produk, video cinematic, video sport, atau video outdoor berbekal satu alat.

No.5

Hasilkan foto panorama sempurna dengan panoramic ball head

Kelebihan:

  • Kepala dilengkapi dengan angle marking untuk memudahkan penentuan sudut bidikan
  • Tinggi maksimal hingga 183,5 cm untuk pemotretan objek dan sudut pengambilan yang lebih tinggi

Kekurangan:

  • Penggunaan dan penyesuaian ball head mungkin lebih sulit dibandingkan tipe kepala monopod lain

Membuat foto panorama yang sempurna dapat dilakukan dengan mudah menggunakan monopod ini. Excell Mono 8 hadir dengan kepala panoramic ball head. Di bagian kepalanya terdapat angle marking atau penanda sudut yang dapat Anda gunakan saat membuat foto panorama.


Dengan monopod ini, Anda dapat menyesuaikan sudut yang tepat untuk menghasilkan foto panorama yang sempurna. Bagi Anda yang suka mengabadikan keindahan saat berada di luar rumah, produk ini patut dicoba.

No.6

Sirui3T-35 Table Top/Handheld Video Tripod with Ball Head

Mulai dari Rp799.000,00

Monopod meja untuk para live streamer dan YouTuber

Kelebihan:

  • Ringkas, cocok diletakkan di meja untuk live streaming
  • Kapasitas beban hingga 4 kg, kuat untuk menopang beragam jenis kamera streaming

Kekurangan:

  • Kurang direkomendasikan untuk outdoor dan festival karena tinggi maksimal produk hanya 34,1 cm

Live streaming di depan meja desktop membutuhkan monopod stand yang ringkas. Hal ini supaya tidak memakan banyak tempat dengan tinggi yang pas. Karena itu, bagi Anda yang sedang mencari monopod untuk kebutuhan live streaming, produk ini merupakan pilihan terbaik.


Monopod dari Sirui ini memiliki bentuk ringkas dan tinggi yang pas ketika diletakkan di atas meja. Dengan begitu, penyetelan dan penyesuaian kamera pun jadi lebih mudah. Selain itu, monopod ini memiliki kapasitas beban hingga 4 kg, lho!

No.7

TakaraFluid Head Video MonopodVIM-274

Mulai dari Rp460.000,00

Rekam video cinematic dengan fluid head monopod

Kelebihan:

  • Dilengkapi fluid head untuk pengambilan video yang lebih halus dan presisi
  • Terdapat pegangan di bagian kepala untuk memudahkan pengaturan arah bidikan

Kekurangan:

  • Holder HP dalam paket penjualan mempunyai pegas yang terlalu kuat sehingga sedikit menyulitkan saat memasang smartphone

Jika Anda ingin membuat cinematic video, diperlukan pengambilan video yang bagus dan presisi. Karena itu, monopod yang stabil dan bagian kepala yang mudah diatur adalah hal yang patut dipertimbangkan.


Fluid Head Video Monopod memiliki stand kaki dan fluid head di bagian atasnya. Fluid head tersebut memungkinkan Anda melakukan bidikan panning dengan lebih halus dan presisi. Sementara itu, pegangan di bagian kepalanya akan memudahkan Anda saat mengatur arah bidikan.

No.8

Mengabadikan gambar di dalam air? Bukan masalah!

Kelebihan:

  • Kepala monopod dapat diputar sampai 360° sehingga memudahkan untuk mengatur sudut pengambilan gambar
  • Antiair, aman untuk kegiatan outdoor

Kekurangan:

  • Hanya kompatibel dengan action camera, tidak dapat digunakan untuk smartphone atau kamera berukuran besar

Salah satu keunggulan monopod ini adalah bahannya yang antiair. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya dalam segala kondisi, termasuk ketika harus merekam di dalam air. Anda tidak bakal kehilangan setiap momen dalam hidup!


Apabila Anda pengguna kamera GoPro, tidak ada salahnya mencoba monopod yang dikhususkan untuk kamera GoPro ini. Selain itu, El Grande didesain dengan ball-and-socket terintegrasi yang dapat diputar hingga 360°. Anda pun dapat mengatur sudut pengambilan gambar tanpa harus melepas kamera dari monopod.

No.9

MozaTelescopic Monopod

Mulai dari Rp1.750.000,00

Menghasilkan jepretan foto dan video yang menyerupai profesional

Kelebihan:

  • Memiliki stand kaki yang dapat dimiringkan 18° dan diputar 360° untuk memperoleh sudut pengambilan terbaik
  • Kapasitas beban hingga 15 kg

Kekurangan:

  • Memiliki dimensi yang besar dan bobot yang berat sehingga terkesan kurang ringkas

Ingin menghasilkan jepretan foto atau video profesional? Produk satu ini layak Anda coba. MOZA Telescopic Monopod hadir dengan beragam kelebihan. Monopod ini memiliki kaki seperti tripod sehingga dapat berdiri lebih stabil. Kaki tersebut dapat dimiringkan hingga 18° dan diputar 360° untuk memperoleh sudut pengambilan terbaik.


Kelebihan lain, Anda dapat memasangkannya ke berbagai jenis kamera, ekstensi tambahan, slypod, dan gimbal stabilizer. Dengan kapasitas beban hingga 15 kg, Anda bisa lebih leluasa menggunakan berbagai perangkat.

No.10

BenroMSDPL46C SupaDupa Monopod

Mulai dari Rp2.765.000,00

Taklukkan alam liar bersama monopod ini

Kelebihan:

  • Dilengkapi sistem penguncian waterproof dan dustproof yang menjadikannya tahan lama

Kekurangan:

  • Harga relatif lebih mahal dibandingkan produk sejenis
  • Sistem penguncian pada kaki monopod sedikit kaku

Anda yang suka bertualang di alam liar dan mengabadikan berbagai keindahannya patut mencoba monopod ini. Produk dari Benro ini dibuat dari bahan carbon fiber kokoh yang dapat diandalkan saat berada di alam liar. Sistem penguncian pada monopod ini juga sudah waterproof dan dustproof  sehingga lebih awet.


Selain itu, kaki monopod ini juga dilengkapi ujung runcing yang berguna untuk menguatkan pijakan. Anda pun tidak perlu khawatir monopod tergelincir dan menggagalkan bidikan foto. Anda juga dapat menggunakan pijakan monopod yang runcing tersebut sebagai trekking pole saat menjelajah alam liar.

Baca juga rekomendasi perlengkapan foto dan video lainnya di sini

Selain membutuhkan monopod, mungkin Anda juga akan membutuhkan berbagai perlengkapan foto dan video lainnya. Kami memiliki artikel lain yang membahas lebih dalam mengenai ring light, software edit video, dan microphone. Silakan Anda baca pada tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Tanpa diragukan lagi, monopod akan sangat berguna untuk membantu Anda mengabadikan berbagai momen. Dalam berbagai acara, Anda bisa mengambil banyak foto tanpa khawatir kamera akan bergoyang. Namun, agar Anda mendapat hasil optimal, pilihlah tipe dan ukuran yang sesuai kebutuhan. Kami harap, setelah membaca artikel ini Anda dapat menemukan monopod yang sesuai. Selamat memotret!

5 Rekomendasi Monopod untuk Selfie! terbaik

No. 1BricaB-Steady Q

No. 2YuntengBluetooth MonopodYT-1288

No. 3BestoolQ10S Tongsis Bluetooth with Fill Light Tripod

No. 4BeikeTripod Monopod Q999H

No. 5ExcellMono 8

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer