• 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?

Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
  • Pembaharuan terakhir: 10 Desember 2019
  • 66.608 Views
Daftar isi

Cara memilih air mineral

Di bawah ini, kami akan berbagi pengetahuan tentang apa saja jenis air mineral. Mulai dari karakteristik tiap merek sampai dengan poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli air mineral.

Jenis air mineral

Faktanya, banyak orang salah paham dan tidak bisa membedakan jenis air mineral yang murni, air murni, air mineral buatan, dan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Selama air tersebut dikemas dalam botol, maka disangka berjenis sama. Tahukah Anda bahwa air mineral bisa dibagi menjadi empat jenis?

Air mineral alami, tidak mengalami pengolahan tambahan, dekat dengan air murni

Air mineral alami, tidak mengalami pengolahan tambahan, dekat dengan air murni
Air mineral alami diproses dengan keterampilan dan pengendalian mutu terbaik. Umumnya, air mineral jenis ini adalah air tanah yang diambil dari sumber air tertentu. Di dalamnya terkandung komponen mineral seperti besi dan magnesium yang dilarutkan dari bebatuan. Air mineral alami bersumber dari mata air alami, dan tidak mendapat pengolahan tambahan selain hanya melewati proses sterilisasi panas, sedimentasi (disinfeksi), dan filtrasi. Air mineral alami dianggap sangat dekat dengan air murni.

Air murni atau spring water, tidak mendapatkan perlakuan kimia, dan tidak mengandung mineral

Air murni atau spring water, tidak mendapatkan perlakuan kimia, dan tidak mengandung mineral
Perbedaan antara air murni dan air mineral alami adalah dengan melihat labelnya. Apakah terdapat kata “mineral” atau tidak.
Air murni atau spring water adalah air yang berasal dari bawah tanah, yaitu dari sumber mata air yang mengalir secara alami ke permukaan bumi. Air murni tidak mendapat perlakuan kimia selain sterilisasi panas, sedimentasi, dan filtrasi. Selain itu, air murni tidak mengandung komponen mineral sama sekali.

Air mineral buatan, pengolahannya disesuaikan dengan bahan mineral, bisa digunakan sebagai metode pengobatan

Air mineral buatan, pengolahannya disesuaikan dengan bahan mineral, bisa digunakan sebagai metode pengobatan
Seperti halnya air mineral alami, air mineral buatan adalah air tanah yang memiliki komponen mineral dan dikumpulkan dari sumber air tertentu untuk dilarutkan.
Air mineral alami hanya melalui proses sterilisasi panas, presipitasi (desinfeksi), dan filtrasi. Namun, untuk air mineral buatan, pengolahannya menyesuaikan dengan bahan mineral, seperti mencampur beberapa air baku, sterilisasi ozon, serta sterilisasi ultraviolet. Beberapa air mineral buatan juga digunakan sebagai metode pengobatan.

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air minum pada umumnya yang bisa diminum

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air minum pada umumnya yang bisa diminum
Air Minum Dalam Kemasan atau yang sering disebut AMDK, di sini mengacu pada air yang bisa diminum, seperti air suling, air keran, air oksigen, air alkali, dan jenis air lainnya. Air minum dalam kemasan umumnya memiliki metode pengolahan yang tidak diterangkan secara khusus.
Dengan demikian, air mineral dapat dibagi menjadi empat jenis. Apabila Anda ingin minum air mineral terbaik, maka yang paling kami rekomendasikan adalah air mineral alami.

Standar TDS air mineral

Standar TDS air mineral
Cara mengetahui kualitas air mineral yang kita minum adalah mengetahui kandungan TDS-nya. TDS adalah singkatan dari Total Disolved Solid, yaitu jumlah logam yang terlarut dalam air dengan satuan ukuran ppm. Semakin tinggi nilai TDS, semakin banyak jumlah kandungan logam yang terlarut di dalamnya. Maka, air tersebut dinilai keras dan tidak baik bagi kesehatan.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), standar kemurnian air layak minum adalah berkadar TDS di bawah 100 ppm. Air yang baik memiliki kadar TDS kurang dari 300-600 mg/liter, yaitu memiliki komponen mineral yang relatif kecil seperti kalsium dan magnesium. Apabila air memiliki kadar TDS sebanyak 900-1200 mg/liter atau lebih, berarti air memiliki kandungan mineral yang relatif besar dan berbahaya bagi kesehatan.
Indonesia juga mengeluarkan standar TDS oleh Departemen Kesehatan RI (Depkes RI) dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Berdasarkan Depkes RI dan SNI, standar TDS yang maksimum adalah 500 mg/liter. Untuk Anda yang tinggal di Indonesia, sebaiknya mengacu kepada standar Depkes RI dan SNI.
Komponen mineral utama yang terkandung di dalam air mineral meliputi kalsium, magnesium, sodium, dan potasium. Sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu bagaimana kadar TDS di dalam air mineral sebelum membelinya. Jangan sampai Anda meminum air berkadar keras karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Ciri-ciri air mineral berkadar TDS tinggi dan rendah

Ciri-ciri air mineral berkadar TDS tinggi dan rendah
Air mineral dengan kadar TDS yang rendah terasa segar, lembut, dan memiliki rasa yang enak. Air jenis ini cocok untuk masakan yang direbus, dan untuk membuat teh.
Di sisi lain, air mineral dengan kadar TDS tinggi terasa ada sedikit rasa kental saat menyentuh tenggorokan Anda. Air jenis ini cocok untuk memasak dan membumbui hidangan daging. Selain itu, air yang mengandung mineral dalam jumlah yang cukup juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.
Air dengan kandungan mineral yang tinggi dapat memberikan efek yang cukup besar pada tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Untuk Anda yang kurang cocok dengan rasanya yang sedikit kental, maka sebaiknya Anda memilih air mineral biasa.
Supaya aman, pilihlah air dengan kadar TDS yang telah direkomendasikan pada poin sebelumnya, terutama apabila Anda berniat meminum air mineral setiap hari.

Bagaimana jika digunakan untuk memasak?

Bagaimana jika digunakan untuk memasak?
Saat menggunakan air mineral untuk memasak, Anda perlu memerhatikan kadar kekerasannya. Apabila ingin memasak nasi yang empuk, Anda bisa memilih air berkadar TDS kurang dari 100 mg/liter, atau 50 mg/liter untuk nasi yang lebih lembut.
Apabila ingin membuat air teh yang nikmat, pilih air dengan kadar TDS 100 hingga 200 mg/liter. Jika kadar TDS terlalu tinggi, bahan mineral akan ikut tercampur dan teh menjadi sulit larut.
Kesimpulannya, kadar TDS untuk air mineral sebesar 100 mg/liter sangat ideal dipakai untuk memasak, dan sesungguhnya memang air mineral bermanfaat untuk kegiatan memasak.

Sumber mata air

Sumber mata air
Apakah air mineral favorit Anda diambil dari sumber mata air tertentu? Perhatikanlah sumber airnya. Negara seperti Jepang dan Eropa misalnya, memiliki pandangan yang berbeda tentang sumber air.
Eropa memiliki standar lingkungan yang telah ditetapkan. Untuk memberi nama “air mineral alami” di Eropa, syarat utamanya adalah air mineral tersebut harus bersumber dari mata air alami yang tidak mengandung bakteri berbahaya bagi manusia. Selain itu, untuk melindungi air dari polusi, mereka sangat melindungi lingkungan sumber air. Dengan demikian, mereka menetapkan bahwa tidak ada sterilisasi atau desinfeksi yang perlu dilakukan.
Sementara itu, negara seperti Jepang tidak memiliki undang-undang khusus tentang pengolahan air mineral. Tidak ada kewajiban hukum bagi pedagangnya. Tidak ada masalah keamanan tentang produk yang disterilkan. Memang ada juga air alami yang diambil dari lingkungan alam yang indah di Jepang, tetapi jumlahnya terbatas untuk produksi massal.
Bagaimana dengan Indonesia?
Indonesia memiliki banyak sekali sumber mata air dari pegunungan yang sangat kaya. Contohnya adalah merek air mineral alami Equil yang diambil dari mata air di Gunung Salak. Beberapa produsen air mineral pun sepakat bahwa kita tidak perlu mengimpor air mineral dari luar negeri, karena keadaan alam di Indonesia yang sudah berkecukupan.

Periksa labelnya!

Periksa labelnya!
Sebelum membeli air mineral, perhatikan labelnya! Apakah ada tulisan “air mineral alami” atau hanya “air mineral” saja? Label ini bertujuan memberikan Anda acuan tentang kualitas air mineral terbaik. Apabila ada kata “alami” di kemasannya, berarti air tersebut bersumber dari alam.

10 Rekomendasi mineral water terbaik

Di bawah ini kami lampirkan sepuluh rekomendasi air mineral lokal terbaik dengan jenis dan rentang harga yang bervariasi. Selamat menyimak rekomendasi dari kami!
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk mineral water terbaik

Gambar produk
1
Equil  Natural Mineral Water 1

Equil

2
Danone Evian Natural Mineral Water 1

Danone

3
Danone  Aqua Air Mineral 1

Danone

4
Eternal Plus  Natural Alkaline Water 1

Eternal Plus

5
Pristine  8+ Air Mineral 1

Pristine

6
Mayora  Le Minerale Air Mineral 1

Mayora

7
Nestle  Pure Life Natural Spring Water 1

Nestle

8
VIT  Air Mineral 1

VIT

9
Indofood  Club Air Mineral 1

Indofood

10
OXY  Drinking Water 1

OXY

Nama produk

Natural Mineral Water

Evian Natural Mineral Water

Aqua Air Mineral

Natural Alkaline Water

8+ Air Mineral

Le Minerale Air Mineral

Pure Life Natural Spring Water

Air Mineral

Club Air Mineral

Drinking Water

KeunggulanAir mineral alami dari mata...Air mineral premium nomor s...Air mineral nomor satu di I...Air mineral yang melancarka...Air mineral dengan teknolog...Produk dengan teknologi per...Air mineral ramah lingkunga...Air mineral yang praktis, m...Produk Indofood yang diprod...Air oksigen aktif pertama d...
HargaRp 19.000,00Rp 14.000,00Rp 2.500,00Rp 8.500,00Rp 3.500,00Rp 1.850,00Rp 2.500,00Rp 1.292,00Rp 1.400,00Rp 6.100,00
Tautan produk

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi air mineral terbaik dari kami. Bagaimana menurut Anda? Mungkin Anda akan sedikit bingung karena banyaknya merek dan jenis yang tersedia di pasaran. Namun, kini Anda tak perlu khawatir karena artikel ini ditulis untuk membantu Anda dalam menemukan yang terbaik.
Selain minum air minimal delapan gelas setiap hari, pilihlah air mineral yang bukan hanya lezat dan murah, tetapi juga baik bagi tubuh. Sebaiknya air mineral yang dipilih adalah yang paling alami. Pilihlah air mineral yang baik dan menyehatkan serta dapat membantu kebutuhan Anda sehari-hari!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    40.583 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    69.680 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    40.445 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    14.665 Views
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    45.513 Views
  • 10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baking powder adalah kunci rahasia untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang renyah, tampilan yang halus, dan tebal. Oleh karena itu, baking powder menjadi item wajib dalam industri makanan. Tak sekadar untuk kue, baking powder juga sering dipakai membuat roti dan fried food.Beberapa merek baking powder terbaik yang bisa Anda pilih adalah baking powder bebas aluminium Bob’s Red Mill hingga merek lokal Koepoe Koepoe! Apa pun mereknya, silakan memilih sesuai dengan frekuensi pemakaian dan kebutuhan Anda.
    Makanan & minuman
    15.960 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori