10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik! (Terbaru Tahun 2018)

Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Ternyata, ada bermacam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya? Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas!

Daftar isi

Cara memilih air mineral

Dikonsumsi oleh bayi hingga orang tua, air sangat erat dengan kesehatan kita. Apakah air mineral yang kita konsumsi sehari-hari sudah memiliki kualitas yang baik bagi kesehatan?

Di bawah ini, kami membagi pengetahuan tentang apa saja jenis air mineral, serta poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli air mineral.

Jenis air mineral

Faktanya, banyak orang salah paham dan tidak bisa membedakan jenis air mineral yang murni, air murni, air mineral buatan, dan air minum dalam kemasan (ADMK). Selama air tersebut dikemas dalam botol, maka disangka berjenis sama. Tahukah Anda bahwa air mineral bisa dibagi menjadi empat jenis?

Air mineral alami

Air mineral alami

Air mineral alami diproses dengan keterampilan dan pengendalian mutu terbaik. Umumnya, air mineral jenis ini adalah air tanah yang diambil dari sumber air tertentu. Di dalamnya terkandung komponen mineral seperti besi dan magnesium yang dilarutkan dari bebatuan. Air mineral alami bersumber dari mata air alami, dan tidak mendapat pengolahan tambahan selain hanya melewati proses sterilisasi panas, sedimentasi (disinfeksi), dan filtrasi. Air mineral alami dianggap sangat dekat dengan air murni.

Air murni atau spring water

Air murni atau spring water

Perbedaan antara air murni dan air mineral alami adalah dengan melihat labelnya. Apakah terdapat kata “mineral” atau tidak.

Air murni atau spring water adalah air yang berasal dari bawah tanah, yaitu dari sumber mata air yang mengalir secara alami ke permukaan bumi. Air murni tidak mendapat perlakuan kimia selain sterilisasi panas, sedimentasi, dan filtrasi. Selain itu, air murni tidak mengandung komponen mineral sama sekali.

Air mineral buatan

Air mineral buatan

Seperti halnya air mineral alami, air mineral buatan adalah air tanah yang memiliki komponen mineral dan dikumpulkan dari sumber air tertentu untuk dilarutkan.

Air mineral alami hanya melalui proses sterilisasi panas, presipitasi (desinfeksi), dan filtrasi. Namun, untuk air mineral buatan, pengolahannya menyesuaikan dengan bahan mineral, seperti mencampur beberapa air baku, sterilisasi ozon, serta sterilisasi ultraviolet. Beberapa air mineral buatan juga digunakan sebagai metode pengobatan.

Air minum dalam kemasan (ADMK)

Air minum dalam kemasan (ADMK)

Air minum dalam kemasan, atau yang sering disebut ADMK, di sini mengacu pada air yang bisa diminum, seperti air suling, air keran, air oksigen, air alkali, dan air lainnya yang tidak kami sebutkan di atas. Air minum dalam kemasan umumnya memiliki metode pengolahan yang tidak diterangkan secara khusus.

Dengan demikian, air mineral dapat dibagi menjadi empat jenis. Apabila Anda ingin minum air mineral terbaik, maka yang paling kami rekomendasikan adalah air mineral alami.

Standar TDS air mineral

Cara mengetahui kualitas air mineral yang kita minum adalah mengetahui kandungan TDS-nya. TDS adalah singkatan dari Total Disolved Solid, yaitu jumlah logam yang terlarut dalam air dengan satuan ukuran ppm. Semakin tinggi nilai TDS, semakin banyak jumlah kandungan logam yang terlarut di dalamnya. Maka, air tersebut dinilai keras dan tidak baik bagi kesehatan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), standar kemurnian air layak minum adalah berkadar TDS di bawah 100 ppm. Air yang baik memiliki kadar TDS kurang dari 300-600 mg/liter, yaitu memiliki komponen mineral yang relatif kecil seperti kalsium dan magnesium. Apabila air memiliki kadar TDS sebanyak 900-1200 mg/liter atau lebih, berarti air memiliki kandungan mineral yang relatif besar dan berbahaya bagi kesehatan.

Indonesia juga mengeluarkan standar TDS oleh Departemen Kesehatan RI (Depkes RI) dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Berdasarkan Depkes RI dan SNI, standar TDS yang maksimum adalah 500 mg/liter. Untuk Anda yang tinggal di Indonesia, sebaiknya mengacu kepada standar Depkes RI dan SNI.

Komponen mineral utama yang terkandung di dalam air mineral meliputi kalsium, magnesium, sodium, dan potasium. Sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu bagaimana kadar TDS di dalam air mineral sebelum membelinya. Jangan sampai Anda meminum air berkadar keras karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Ciri-ciri air mineral berkadar TDS tinggi dan rendah

Ciri-ciri air mineral berkadar TDS tinggi dan rendah

Air mineral dengan kadar TDS yang rendah terasa segar, lembut, dan memiliki rasa yang enak. Air jenis ini cocok untuk masakan yang direbus, dan untuk membuat teh.

Di sisi lain, air mineral dengan kadar TDS tinggi terasa ada sedikit rasa kental saat menyentuh tenggorokan Anda. Air jenis ini cocok untuk memasak dan membumbui hidangan daging. Selain itu, air yang mengandung mineral dalam jumlah yang cukup juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.

Air dengan kandungan mineral yang tinggi dapat memberikan efek yang cukup besar pada tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Untuk Anda yang kurang cocok dengan rasanya yang sedikit kental, maka sebaiknya Anda memilih air mineral biasa.

Supaya aman, pilihlah air dengan kadar TDS yang telah direkomendasikan pada poin sebelumnya, terutama apabila Anda berniat meminum air mineral setiap hari.

Bagaimana jika digunakan untuk memasak?

Bagaimana jika digunakan untuk memasak?

Saat menggunakan air mineral untuk memasak, Anda perlu memerhatikan kadar kekerasannya. Apabila ingin memasak nasi yang empuk, Anda bisa memilih air berkadar TDS kurang dari 100 mg/liter, atau 50 mg/liter untuk nasi yang lebih lembut.

Apabila ingin membuat air teh yang nikmat, pilih air dengan kadar TDS 100 hingga 200 mg/liter. Jika kadar TDS terlalu tinggi, bahan mineral akan ikut tercampur dan teh menjadi sulit larut.

Kesimpulannya, kadar TDS untuk air mineral sebesar 100 mg/liter sangat ideal dipakai untuk memasak.

Sumber mata air

Apakah air mineral favorit Anda diambil dari sumber mata air tertentu? Perhatikanlah sumber airnya. Negara seperti Jepang dan Eropa misalnya, memiliki pandangan yang berbeda tentang sumber air.

Eropa memiliki standar lingkungan yang telah ditetapkan. Untuk memberi nama “air mineral alami” di Eropa, syarat utamanya adalah air mineral tersebut harus bersumber dari mata air alami yang tidak mengandung bakteri berbahaya bagi manusia. Selain itu, untuk melindungi air dari polusi, mereka sangat melindungi lingkungan sumber air. Dengan demikian, mereka menetapkan bahwa tidak ada sterilisasi atau desinfeksi yang perlu dilakukan.

Sementara itu, negara seperti Jepang tidak memiliki undang-undang khusus tentang pengolahan air mineral. Tidak ada kewajiban hukum bagi pedagangnya. Tidak ada masalah keamanan tentang produk yang disterilkan. Ada juga air alami yang diambil dari lingkungan alam yang indah di Jepang, tetapi jumlahnya terbatas untuk produksi massal.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia memiliki banyak sekali sumber mata air dari pegunungan yang sangat kaya. Contohnya adalah merek air mineral alami Equil yang diambil dari mata air di Gunung Salak. Beberapa produsen air mineral pun sepakat bahwa kita tidak perlu mengimpor air mineral dari luar negeri, karena keadaan alam di Indonesia yang sudah berkecukupan.

Periksalah labelnya!

Periksalah labelnya!

Sebelum membeli air mineral, perhatikanlah labelnya! Apakah ada tulisan “air mineral alami” atau hanya “air mineral” saja di sana? Label ini bisa memberikan Anda acuan tentang kualitas air mineral terbaik. Apabila ada kata “alami” di kemasannya, berarti air tersebut bersumber dari alam.

10 Rekomendasi mineral water terbaik

Di bawah ini ada sepuluh rekomendasi air mineral lokal yang terbaik, dengan jenis dan rentang harga yang bervariasi. Mari kita mulai dari urutan kesepuluh.

10. OXY Drinking Water

10. OXY Drinking Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.100

Air oksigen aktif pertama di Indonesia

Belakangan ini, air oksigen sangat populer. Salah satu produk paling dicari adalah Oxy Drinking Water yang disebut sebagai activated water pertama di Indonesia. Air minum ini diaktifkan menggunakan sinar alfa melalui proses Molecular Resonance e-Magnetic Technology (MReT).

Air OXY memiliki kandungan oksigen murni yang tinggi, serta kandungan mineral anorganik yang rendah. Manfaatnya untuk meningkatkan daya ingat, mencegah kanker dan berbagai penyakit, meningkatkan metabolisme, mencegah penuaan dini, dan lainnya. Produk ini direkomendasi untuk Anda yang menginginkan air oksigen untuk manfaat kesehatan.

9. Indofood Club Air Mineral

9. Indofood Club Air Mineral

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400

Air mineral dari perusahaan Indofood

Air mineral Club diproses dari mata air alami, dengan mengedepankan proses kebersihan dan teknologi berstandar tinggi. Air minum ini awalnya hanya dipasarkan di daerah Jawa, namun sekarang mudah didapatkan di mana pun, dari swayalan besar hingga warung-warung kecil.

Club diproduksi oleh perusahaan Grup Tirta Bahagia sejak akhir tahun 1980. Kini perusahaan tersebut telah diakuisisi oleh Indofood, dan menjadi salah satu merek air mineral yang patut Anda jadikan pilihan untuk diminum sehari-hari!

8. VIT Air Mineral

8. VIT Air Mineral

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.300

Air mineral yang mudah didapat dan termurah

Selama lebih dari 30 tahun, VIT menggunakan sumber mata air yang telah melalui uji fisika, kimia, dan mikrobiologi untuk memastikan standar kualitasnya tetap tinggi. Air mineralnya higienis dan bersih,  sebab melalui proses filtrasi dan ozonisasi terkontrol yang membuatnya lebih unggul dibanding dengan merek lain.

Air mineral VIT dengan kemasan ukuran 600 ml ideal untuk dibawa di dalam tas. Anda juga bisa membeli satu dus atau ukuran besar untuk dipakai memasak. VIT sangat mudah didapatkan di berbagai supermarket, mini market, dan warung dekat rumah Anda dengan harga yang paling terjangkau.

7. Nestle Pure Life Natural Spring Water

7. Nestle Pure Life Natural Spring Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Air mineral yang ramah lingkungan

Nestle PureLife sebelumnya bernama Aberfoyle Springs sebelum akhirnya dibeli oleh perusahaan Nestle pada tahun 2002. Namanya berganti menjadi Nestle Pure Life Natural Spring Water. Untuk Anda yang mengedepankan gaya hidup eco, Anda bisa memilih produk ini.

Nestle mendapat sertifikat dari Water Stewardship (AWS) International Standard yang menjamin kualitas airnya sangat baik dan ramah lingkungan. Air Nestle Pure Life diproses dengan dua belas langkah pemurnian. Selain itu, kemasan botolnya juga bisa didaur ulang.

6. Mayora Le Minerale Air Mineral

6. Mayora Le Minerale Air Mineral

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.850

Produk dengan teknologi perlindungan air mineral pertama di Indonesia

Hadir sejak tahun 2015, air mineral dalam kemasan ini diproduksi oleh salah satu anak perusahaan Mayora Group. Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih dengan kandungan mineral alami yang baik bagi kesehatan.

Proses pengemasannya menggunakan Mineral Protection System, yang merupakan teknologi perlindungan air mineral pertama di Indonesia. Selain itu, Le Minerale memiliki botol yang secured demi mengantisipasi pemalsuan dan menjaga kandungan air mineralnya tetap utuh. Air mineral ini cocok untuk Anda konsumsi sebagai pilihan yang aman dan menyehatkan.

5. Pristine 8+ Air Mineral

5. Pristine 8+ Air Mineral

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.000

Air mineral yang telah melalui proses ionisasi

Pristine 8+ adalah merek air mineral dalam kemasan yang telah melalui proses ionisasi. Struktur molekul airnya lebih kecil yang cepat diserap oleh tubuh. Selain itu, air ini kaya antioksidan dan efektif menangkal proses oksidasi yang merusak sel tubuh.

Airnya murni dan alami berasal dari mata air di Gunung Gede Pangrango dan diproses menggunakan teknologi Jepang. Pristine 8+ sudah bisa ditemukan di berbagai mini market dan direkomendasikan untuk Anda yang mencari air mineral untuk meningkatkan kesehatan.

4. Eternal Plus Natural Alkaline Water

4. Eternal Plus Natural Alkaline Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.500

Air mineral yang melancarkan proses detoksifikasi

Eternal Plus Natural Alkaline Water adalah air mineral yang mengandung kalsium, magnesium, dan memiliki pH di atas rata-rata. Minuman ini memiliki delapan manfaat kesehatan, antara lain untuk menjaga kebugaran, mencegah penuaan dini, dan melancarkan proses detoksifikasi.

Produk ini dikeluarkan oleh perusahaan Tirta Alkalindo dan telah diekspor ke berbagai negara seperti Singapura. Di Indonesia, produk ini sudah mendapatkan standar SNI dan terdaftar di BPOM sehingga sangat aman dikonsumsi. Eternal Plus Natural Alkaline Water cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet dan ingin menjaga kebugaran.

3. Danone Aqua Air Mineral

 3. Danone Aqua Air Mineral

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Air mineral nomor satu di Indonesia sejak tahun 1973

Siapa yang tidak mengenal merek yang satu ini? Jika ingat air mineral, umumnya orang Indonesia akan langsung menyebutnya. Aqua didirikan oleh Tirto Utomo pada 1973, dan saat ini Aqua telah diakuisisi oleh Danone. Banyaknya varian Aqua, dalam berbagai ukuran, sangat memudahkan Anda untuk meminumnya di segala acara.

Dengan jargon “mempersembahkan masyarakat Indonesia segala kebaikan alam di setiap tetesnya”, Aqua berasal dari sumber mata air pilihan dengan segala kemurnian dan kandungan mineral terbaik. Selain itu, Aqua juga telah dinobatkan sebagai merek air mineral terbesar di Asia Pasifik, dan air minum dalam kemasan nomor dua terbesar di dunia.

2. Danone Evian Natural Mineral Water

2. Danone Evian Natural Mineral Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.000

Premium natural mineral water nomor satu di dunia

Evian adalah produk air mineral alami impor yang juga populer di Indonesia. Berasal dari bebatuan di bawah tanah, air mineral ini sangat alami dan diproses tanpa campur tangan manusia. Selama lebih dari 15 tahun, airnya menjalani proses natural filtration.

Produk ini diklaim telah terjual di lebih dari 140 negara. Botolnya 100% recycleable, sehingga aman bagi lingkungan. Danone Evian Natural Mineral Water direkomendasikan untuk segala umur demi memenuhi asupan air mineral alami sehari-hari.

1. Equil Natural Mineral Water

1. Equil Natural Mineral Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.000

Air mineral alami dari mata air asli Indonesia

Di urutan pertama ada merek air mineral alami lokal yang populer di kalangan menengah ke atas. Equil dikemas dalam botol kaca hijau mewah yang sering mengisi meja restoran bintang lima hingga meja Istana Negara. Diproduksi oleh perusahaan Equilindo Lestari milik Morgen Sutanto sejak 1997, produk yang dibotolkan langsung dari mata air Gunung Salak ini telah mengacu kepada standar layak minum dari FAO dan WHO.

Equil menjadi satu-satunya merek lokal untuk air mineral alami yang mampu bersaing dengan air mineral alami impor. Harganya mahal sebab mengandung mineral anorganik dan kemurnian yang terjamin. Selain itu, produk Equil juga bisa digunakan untuk terapi kesehatan. Varian lainnya, yaitu Equil Sparkling Mineral Water, juga bisa Anda gunakan untuk memasak dan membuat minuman koktail.

Kesimpulan

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi merek air minum terbaik di Indonesia. Manakah yang merupakan merek favorit Anda? Selain minum air minimal delapan gelas setiap hari, pilihlah air mineral yang bukan hanya lezat dan murah, tetapi juga baik bagi tubuh. Sebaiknya air mineral yang dipilih adalah yang paling alami. Mari meningkatkan kualitas kesehatan kita dengan mengonsumsi air mineral terbaik!