• 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Air mineral memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kesehatan tulang. Selain itu, mineral water dapat membantu mengatur sistem tubuh, seperti tekanan darah serta fungsi otot dan saraf.

Kali ini kami akan merekomendasikan produk mineral water dari berbagai merek terbaik, antara lain AQUA, Le Minerale, dan Pristine86+. Namun pertama-tama, simak dahulu cara memilih air mineral yang bagus untuk kesehatan. Temukanlah produk air mineral terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas harian Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Juli 2022
Daftar isi

Perbedaan mineral water dan air putih biasa

Perbedaan mineral water dan air putih biasa

Mineral water atau air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral. Mineral tersebut dapat berupa magnesium, kalsium, natrium, zat besi, dan seng. Meski wujud, warna, dan rasanya mirip, air mineral berbeda dengan air putih biasa. Perbedaan keduanya dapat terlihat dari berbagai hal berikut.


  • Sumber: Air mineral didapat dari sumber air yang berada di wilayah yang kaya dengan mineral. Pada umumnya, air mineral berasal dari sumber mata air pegunungan vulkanis. Sementara itu, air putih biasa dapat bersumber dari sungai, danau, atau sumur.

  • Proses pengolahan: Air putih diolah dengan cara direbus sebelum dikonsumsi. Jika terlalu kotor, air akan melewati proses penyaringan terlebih dahulu. Sementara itu, air mineral melewati proses lebih panjang sebelum bisa dikonsumsi. Meski demikian, dalam prosesnya tidak ditambahkan zat lain demi menjaga kemurniannya.

  • Kandungan: Dalam air mineral terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, air mineral memiliki derajat keasaman atau pH antara 6 hingga 8,5. Sementara itu, air putih hanya mengandung satu hingga dua atom hidrogen dengan pH antara 5 hingga 7,5.

Cara memilih mineral water

Agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal, Anda haruslah memilih mineral water terbaik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara memilihnya. Anda dapat mengikuti panduan cara memilih air mineral yang kami bahas berikut ini.

Kenali standar air mineral di Indonesia

Tidak hanya di Indonesia, air mineral juga banyak dikonsumsi di luar negeri. Di Jepang mineral water yang dijual sudah disterilisasi dengan proses pemanasan. Di Eropa mineral water harus diambil dari sumber mata air yang aman dan bebas dari polusi. Nah, bagaimana standar air mineral di Indonesia?


Air mineral yang dijual di Indonesia haruslah melewati standar mutu SNI dan mendapatkan izin edar dari BPOM. Air mineral harus tidak memiliki rasa, tidak berbau, dan berwarna jernih. Untuk menjaga kualitas, dilakukan pengawasan secara berkala terhadap lokasi produksi, sumber air, dan pengemasan.

 
Mineral water yang dijual di Indonesia kebanyakan berasal dari sumber mata air pegunungan. Hal ini disebabkan air dari pegunungan memiliki kandungan mineral yang tinggi. Contohnya, air mineral merek AQUA diambil dari sumber mata air Cipondok, Subang. Selanjutnya, ada juga mineral water merek Equil yang diambil dari sumber mata air Gunung Salak.

Ketahui jenis air mineral yang ada di Indonesia

Menurut Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, air minum dalam kemasan atau AMDK dibedakan menjadi empat jenis. Setiap jenis tentunya memiliki perbedaan karakteristik. Selain itu, setiap jenis AMDK juga memiliki nomor SNI yang berbeda-beda.


  • Air mineral: Air mineral adalah AMDK yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa adanya penambahan mineral. Nomor SNI untuk air mineral adalah 3553:2015. Jenis AMDK ini menjadi salah satu produk yang mudah ditemukan di pasaran.

  • Air demineral: Air demineral diperoleh melalui proses permunian sehingga hanya memiliki sedikit atau tidak sama sekali kandungan mineral. Kode SNI untuk air jenis ini adalah 6241:2015. Air demineral tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terus-menerus sehingga jarang ditemukan di pasaran.

  • Air mineral alami: Air mineral alami bersumber dari mata air alami atau sumur dalam hasil pengeboran. Proses pengambilannya dilakukan secara terkendali agar tidak tercemar. Kode SNI untuk air mineral alami adalah 6242:2015. Jenis AMDK ini paling mudah ditemukan di Indonesia.

  • Air minum embun: Air minum embun diperoleh dari proses pengembunan uap air udara lembap. Air minum embun memiliki nomor SNI 7812:2013. Jenis air minum dalam kemasan ini kemungkinan juga sulit untuk ditemukan di Indonesia.

Cek kandungan TDS dalam mineral water

Cek kandungan TDS dalam mineral water

TDS adalah singkatan dari total dissolved solids yang artinya jumlah zat padat terlarut. TDS menjadi indikator jumlah partikel, baik yang berupa zat organik maupun nonorganik. Zat terlarut yang biasa ditemukan dalam mineral water adalah natrium, kalsium, dan magnesium.

 
Menurut WHO, kandungan mineral dalam air tidak akan berdampak buruk terhadap kesehatan asalkan air masih dikategorikan tawar. Untuk itu, WHO menetapkan standar kandungan TDS dalam mineral water


  • 0: Air mineral dengan TDS 0 tidak baik untuk dikonsumsi secara rutin. Hal ini karena air tersebut dapat memicu gangguan pada tubuh, seperti sembelit, gangguan fungsi saraf, dan sesak napas.

  • Kurang dari 300 mg/l: Air mineral dengan TDS kurang dari 300 mg/l dikategorikan sebagai air yang baik sekali. Air dengan TDS rendah ini bisa dikonsumsi secara terus-menerus. Jika akan diberikan kepada bayi untuk dicampur dengan susu, sebaiknya hindari yang mengandung kalsium dan magnesium.

  • 300−600 mg/l: Air mineral yang berkategori baik memiliki kandungan TDS sebesar 300−600 mg/l. Air jenis ini masih aman untuk dikonsumsi.

  • 600−900 mg/l: Air dengan TDS 600−900 mg/l masih bisa diminum karena masih aman dan rasanya tetap enak.

  • 900−1.200 mg/l: Air dengan TDS antara 900 hingga 1.200 mg/l tidak layak dikonsumsi karena rasanya kurang enak.

  • Lebih dari 1.200 mg/l: Air dengan TDS lebih dari 1.200 mg/l memiliki rasa yang tidak enak. Selain itu, air ini berbahaya untuk dikonsumsi.

Periksa tingkat keasaman (pH) air mineral

Periksa tingkat keasaman (pH) air mineral

Tingkat keasaman (pH) adalah nilai yang menunjukkan kadar asam atau basa yang dimiliki air. Tingkat keasaman pada air tidak berpengaruh terhadap rasanya. Jadi, pendapat yang menyatakan air ber-pH rendah memiliki rasa yang lebih asam adalah salah. Pendapat yang menyatakan air ber-pH tinggi terasa pahit juga salah.


  • pH 0 sampai 6,9: Air dengan pH 0 sampai 6,9 termasuk ber-pH rendah. Air ini mengandung asam sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

  • pH 7,0: Kandungan pH air minum yang umum dikonsumsi adalah sebesar 7,0. Air yang memiliki pH sebesar 7,0 termasuk air netral.

  • pH di atas 7,1: Air ber-pH di atas 7,1 mengandung basa. Air yang termasuk ber-pH tinggi ini baik untuk kesehatan tubuh. Air ini dapat menjaga hidrasi tubuh, mengendalikan tekanan darah, hingga memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Pertimbangkan air mineral berkarbonasi untuk sensansi lebih segar

Pertimbangkan air mineral berkarbonasi untuk sensansi lebih segar

Air mineral berkarbonasi sering juga disebut sparkling water. Mineral water yang satu ini adalah air yang mengandung karbon dioksida, baik secara alami maupun buatan. Hal ini menjadikan air mineral berkarbonasi terlihat memiliki banyak gelembung.


Mineral water berkarbonasi tentunya berbeda dengan air soda. Air soda tidak hanya ditambahkan karbon dioksida, tetapi juga ditambahkan natrium bikabornat. Selain itu, air soda terkadang juga ditambahkan perasa hingga garam untuk menambah rasa nikmat.


Selain terasa lebih segar, air mineral berkarbonasi juga bermanfaat bagi tubuh. Air mineral ini dapat membantu mengatasi sembelit dan meningkatkan rasa kenyang sehingga cocok dikonsumsi Anda yang sedang diet.

10 Rekomendasi mineral water terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mineral water terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis airAir mineral
Kadar TDS52 mg/l
Tingkat keasaman (pH)8,0
Varian isi220 ml, 330 ml, 600 ml, 1.500 ml, 19.000 ml
9
Jenis airAir mineral
Kadar TDS120 mg/l
Tingkat keasaman (pH)7,8
Varian isi220 ml, 330 ml, 600 ml, 1.500 ml, 19.000 ml
8
Jenis airAir mineral alami
Kadar TDS0
Tingkat keasaman (pH)7,7
Varian isi220 ml, 330 ml. 1.500 ml, 5.000 ml, 19.000 ml
7
Jenis airAir mineral
Kadar TDS66 mg/l
Tingkat keasaman (pH)7,4
Varian isi330 ml, 600 ml, 1.500 ml
6
Jenis airAir mineral alami
Kadar TDS< 38 mg/l
Tingkat keasaman (pH)> 8,0
Varian isi250 ml, 500 ml
5
Jenis airAir mineral alami
Kadar TDS112 mg/l
Tingkat keasaman (pH)7,7
Varian isi240 ml, 330 ml, 450 ml, 600 ml, 750 ml, 1.500 ml, 19.000 ml
4
Jenis airAir mineral alami
Kadar TDS100 - 200 mg/l
Tingkat keasaman (pH)> 8,0
Varian isi400 ml, 600 ml, 1.500 ml, 19.000 ml
3
Jenis airAir mineral alami
Kadar TDS299 mg/l
Tingkat keasaman (pH)8,0
Varian isi330 ml, 600 ml, 1.500 ml, 15.000 ml
2
Jenis airAir mineral alami
Kadar TDS112 mg/l
Tingkat keasaman (pH)7,8
Varian isi380 ml, 750 ml
1
Jenis airAir mineral alami
Kadar TDS89 mg/l
Tingkat keasaman (pH)7,2
Varian isi380 ml, 760 ml

Tabel perbandingan produk mineral water terbaik

Gambar produk
1
EQUIL EQUIL Natural Mineral Water 1

EQUIL

2
Danone AQUA Reflections 1

Danone

3
Tirta Fresindo Jaya Le Minerale 1

Tirta Fresindo Jaya

4
Super Wahana Tehno Pristine8.6+ 1

Super Wahana Tehno

5
Danone  AQUA 1

Danone

6
Eternalplus Alkaline Water E+ 1

Eternalplus

7
Akasha Wira International Nestlé Pure Life 1

Akasha Wira International

8
Amidis Tirta Mulia Pure Water Natural Life 1

Amidis Tirta Mulia

9
Varia Industri Tirta VIT  1

Varia Industri Tirta

10
Indofood  Club Mineral Water 1

Indofood

Nama produk

EQUIL Natural Mineral Water

AQUA Reflections

Le Minerale

Pristine8.6+

AQUA

Alkaline Water E+

Nestlé Pure Life

Pure Water Natural Life

VIT

Club Mineral Water

Keunggulan

Air mineral alami asli Indonesia yang miliki rasa mewah

Kemurnian air pegunungan yang dikemas secara elegan

Diproses menggunakan Mineral Protection System sehingga aman dari sentuhan tangan manusia

Andalkan teknologi Jepang nomor wahid yang mampu menetralkan asam tubuh

Juaranya air mineral di Indonesia, sudah tersebar di mana-mana

Rasakan sensasi kelembutan dalam setiap tegukannya

Lewati 12 tahap pemurnian, terjamin kualitasnya

Diolah dengan Multi Purification Advanced Process untuk menjaga kemurniannya

Telah melalui uji fisika, kimia, dan mikrobiologi untuk memenuhi standar kualitas

Dari produsen ternama tanah air, diproses dengan teknologi filtrasi tinggi

Harga mulai dariRp 18.900,00Rp 13.000,00Rp 2.200,00Rp 3.025,00Rp 2.100,00Rp 5.900,00Rp 1.800,00Rp 2.100,00Rp 1.980,00Rp 1.000,00
Jenis airAir mineral alamiAir mineral alamiAir mineral alamiAir mineral alamiAir mineral alamiAir mineral alamiAir mineral Air mineral alamiAir mineralAir mineral
Kadar TDS89 mg/l112 mg/l299 mg/l100 - 200 mg/l112 mg/l< 38 mg/l66 mg/l0120 mg/l52 mg/l
Tingkat keasaman (pH)7,27,88,0> 8,07,7> 8,07,47,77,88,0
Varian isi380 ml, 760 ml380 ml, 750 ml330 ml, 600 ml, 1.500 ml, 15.000 ml400 ml, 600 ml, 1.500 ml, 19.000 ml240 ml, 330 ml, 450 ml, 600 ml, 750 ml, 1.500 ml, 19.000 ml250 ml, 500 ml330 ml, 600 ml, 1.500 ml220 ml, 330 ml. 1.500 ml, 5.000 ml, 19.000 ml220 ml, 330 ml, 600 ml, 1.500 ml, 19.000 ml220 ml, 330 ml, 600 ml, 1.500 ml, 19.000 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk minuman lainnya di sini

Mineral water memang menjadi pilihan tepat untuk melepas dahaga agar terhindar dari dehidrasi. Namun, Anda juga dapat melepas dahaga dengan jenis minuman lainnya. Anda bisa menemukan produk minuman lain dengan membaca artikel dari tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan kandungan nutrisinya, mineral water memang paling tepat untuk dikonsumsi setiap hari. Tidak sekadar melepas dahaga, air mineral juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, Anda harus memilih mineral water terbaik agar bisa merasakan manfaatnya.


Gunakanlah informasi di atas untuk memilih mineral water yang tepat. Rekomendasi produk dari kami juga layak untuk Anda pertimbangkan sebagai pilihan. Dapatkan produk air mineral yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Instan Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafeina. Sekarang, di pasaran Anda akan menjumpai merek kopi yang bagus dan aman untuk ibu hamil hingga merek kopi instan yang sehat. Kami akan mengulas sepuluh kopi instan dari berbagai merek kenamaan, seperti NESCAFÉ dan JJ Royal Coffee. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Ada juga cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat, lho!
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat kesibukan datang tak kunjung henti, minuman berenergi dapat menjadi andalan untuk menambah stamina dan pemulihan dari rasa lelah. Minuman berenergi bisa dikonsumsi agar stamina lebih tahan lama dan kebugaran tubuh terjaga. Di pasaran, Anda akan menjumpai berbagai merek minuman berenergi, seperti Hemaviton, Kuku Bima, Kratingdaeng, dan Red Bull.Untuk itu, kami akan membahas mengenai minuman berenergi supaya Anda tak salah pilih. Kami juga akan mengulas beberapa produk untuk membantu Anda memilih energy drink yang bagus dan cocok dengan kondisi tubuh. Selamat membaca!
    Minuman instan
  • 10 Kopi Sachet Terenak - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Sachet Terenak - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi sachet merupakan kopi instan yang praktis dinikmati karena dikemas dalam porsi sekali seduh. Selain kopi sachet murni tanpa gula, ada juga kopi sachet dengan tambahan rasa yang enak. Anda bisa memilih kopi gula aren Lokalate, cappuccino instan dari Torabika, hingga kopi arabika sachet 2-in-1 dari Kapal Api. Lantas, kopi sachet mana yang paling enak?Kami akan membagikan tips memilih kopi sachet yang enak dan terlaris untuk Anda. Kami juga akan mengulas merek kopi sachet terbaik pilihan kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!
    Minuman instan
  • 10 Merk Matcha Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Matcha Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi penggemar minuman, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan matcha. Matcha adalah minuman teh hijau asal Jepang yang diolah sedemikian rupa sehingga terasa creamy dan enak. Tidak perlu jauh-jauh ke kafe untuk menikmati matcha karena Anda bisa membuatnya di rumah.Dari matcha powder, Anda bisa berkreasi dengan aneka kue, puding, dan minuman matcha. Bahkan, bubuk matcha juga bisa dibuat untuk masker wajah. Nah, kali ini kami akan mengulas matcha powder yang bagus dari berbagai merk, seperti Herbilogy, ITO EN, dan Otten. Yuk, baca dan dapatkan matcha powder terbaik Anda!
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman coklat instan populer dinikmati berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai merek hot chocolate, seperti Cadbury, Pipiltin, Delfi, hingga Chocolatos berlomba meracik minuman coklat terenak. Anda pun dapat menyajikan minuman coklat dalam keadaan dingin, lho! Nah, untuk Anda yang sedang dalam program diet, beberapa produsen juga menawarkan minuman coklat rendah kalori.Untuk itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek coklat instan terbaik beserta tips cara memilihnya. Ada coklat seduh dalam kemasan saset ataupun pouch berukuran besar. Simak artikel ini untuk membantu Anda memilih coklat instan yang enak!
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Sirup Marjan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sirup Marjan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hari raya atau acara spesial terasa belum lengkap tanpa adanya minuman yang menggugah selera. Saat seperti ini, secangkir minuman segar dari sirup Marjan dijamin akan melengkapi keceriaan suasana. Ada berbagai varian rasa sirup Marjan yang menarik untuk dicoba, seperti Marjan Cocopandan, Marjan Squash, dan Marjan Melon. Namun, manakah yang tepat untuk dipilih? Agar Anda tidak bingung, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih sirup Marjan. Produk-produk sirup Marjan terbaik yang enak untuk dinikmati juga akan kami rekomendasikan di sini. Yuk, simak informasinya dan segera pilih varian sirup Marjan favorit Anda! 
    Minuman instan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori